TEKNIK PENGOPERASIAN CORELDRAW

Gambar 2.1 Tampilan Sistem CorelDraw

3

4 . seperti Rulers. dan status bar. Grid. misalnya berupa toolbar. toolbox. dockers. Maka tampil item toolbar yang menjadi pilihan untuk ditampilkan. 2. • Toolbar adalah berbagai kelompok alat utama untuk membuat gambar. Untuk menampilkan color palettes tersebut. • Dockers adalah berbagai macam kumpulan alat bantu modifikasi/editing. ataupun document window. property. yaitu menu bar. Sistem CorelDraw terdiri atas berbagai bentuk kelompok fasilitas. Untuk menampilkan toolbar tersebut. transform. dapat Anda lakukan melalui menu bar Window | Docker | item docker yang menjadi pilihan untuk ditampilkan. Untuk menampilkan docker-docker tersebut. Selanjutnya dengan memperhatikan Gambar 2. kemudian klik kanan mouse. color palette. text. Grid Origin. dapat Anda lakukan melalui menu bar Window | Color palettes | item color palettes yang menjadi pilihan untuk ditampilkan.CorelDRAW dalam pengoperasiannya mempunyai keterkaitan antara fasilitas yang satu dengan fasilitas yang lainnya.1 Document Window Document window merupakan fasilitas yang di dalamnya terdapat Drawing area (Page layout dan Editing window) yang juga dilengkapi dengan berbagai macam perkakas. • Color Palettes adalah pilihan kelompok warna untuk pewarnaan. dan Guides line. Tentu Anda telah mengerti penjelasan secara singkat mengenai sistem CorelDraw tersebut. Toolbar yang biasanya ditampilkan.1 Anda dapat mempelajari berbagai fasilitas secara detail pada subbab berikut ini. yang dapat disebut sebagai sistem. Pengelompokan fasilitas yang merupakan sistem CorelDraw tersebut kalau dijelaskan secara singkat sebagai berikut. dapat Anda lakukan dengan cara menempatkan kursor dalam salah satu kelompok toolbar yang telah ada di layar monitor.

karena semua itu tergantung berbagai faktor pembuatan gambar. kalau sekadar menentukan ukuran dan orientasinya.Untuk menyeting berbagai fasilitas yang ada di dalam document window tersebut.2 Kotak Dialog Options • Page layout merupakan papan area untuk menyusun gambar. Apabila dilakukan zooming (pembesaran atau pengecilan tampilan). Untuk menyeting page layout tersebut dapat Anda lakukan melalui folder Size yang ada di dalam kotak dialog Options. maka masing-masing page layout dapat Anda isi dengan gambar yang ada di dalam editing window. Area tersebut biasa disebut Editing Window. Apabila Anda membuat beberapa page layout. maka dapat dilihat bahwa area di luar page layout tersebut ternyata lebih luas. Anda dapat melakukannya melalui toolbar Property seperti yang terlihat pada Gambar 2.3 berikut ini. 5 . yang dapat Anda tampilkan melalui menu Layout | Page Setup…. gunakanlah kotak dialog Options seperti yang terlihat pada Gambar 2. Gambar 2.2. karena memang sengaja disiapkan untuk mengedit objek gambar sebelum disusun di dalam page layout. Walaupun begitu. tidak ada larangan bagi penggunanya apabila langsung melakukan editing di dalam page layout. Tapi.

• Grid adalah kisi-kisi yang berfungsi sebagai garis-garis koordinat.4 Tampilan Grid Grid tersebut tidak turut tercetak pada operasi pencetakan. seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. 6 . Rulers tersebut dapat Anda tampilkan atau tidak. Gambar 2.3 Ukuran dan Orientasi • Rulers merupakan mistar yang difungsikan sebagai parameter yang sangat umum dan lazim untuk keperluan desain grafis. melalui menu bar View | Grid. Grid tersebut dapat Anda tampilkan atau tidak. melalui menu bar View | Rulers. Besar-kecilnya kisi-kisi tersebut dapat Anda setting melalui folder Grid yang ada di dalam kotak dialog Options.Gambar 2. • Grid Origin (original grid) tempatnya berada di sudut kiri atas ruler. Satuan yang digunakan parameter tersebut dapat Anda setting melalui combo Units yang ada di dalam kotak dialog Options. seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

5 Origin Grid Original grid merupakan fasilitas untuk menentukan titik koordinat 0. 7 . kemudian drag guides line tersebut ke posisi yang Anda inginkan. yaitu vertikal dan horizontal. kemudian drag (tekan dan seret) ke arah dalam drawing area. Untuk menghilangkan.Gambar 2. Untuk membuatnya. dapat Anda lakukan dengan cara klik (Pick tool) pada Toolbox. maka titik koordinat 0. Guides line tersebut dapat Anda tampilkan atau tidak. Caranya.0 yang baru. tempatkan kursor pada Rulers.6 Tampilan Guides Line • Guides line merupakan garis lurus sebagai alat bantu untuk menentukan suatu posisi pada koordinat tertentu dengan mudah. Anda dapat membuat beberapa guides line. Gambar 2. drag ke luar document window. drag dengan kursor ke dalam page layout. Untuk memindahkan Guides line tersebut.0 akan berada di tempat saat Anda melepaskan drag. melalui menu bar View | Guidelines. Ada 2 macam Guides line.

7 berikut ini.2 Toolbox Toolbox merupakan sekumpulan tool terpenting CorelDraw untuk membuat atau memodifikasi gambar. Kalau tools tersebut diurai dalam bentuk rangkaian.2. maka terlihat seperti pada Gambar 2. Masing-masing tool mempunyai flyout (simbol segitiga) untuk menampilkan tool lainnya. 8 . maka toolbar property langsung berganti tampilan. yang karakter dan fungsinya dianggap sejenis. Kemudian ketika Anda klik di dalam drawing area (page layout atau editing window) maka toolbar transform juga langsung menampilkan data sebagai kontrol proses pembuatan gambar. Setiap Anda mengklik salah satu tool yang berbeda jenis.

Gambar 2.7 Uraian Toolbox 9 .

4. 2. 1. 10 . 3. 5. Tool untuk membuang bagian gambar.Kalau diklasifikasikan berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut. Tool untuk zooming (memperbesar/memperkecil) tampilan. Tool untuk memilih dan transformasi. Tool untuk membuat berbagai macam garis. Tool untuk memodifikasi objek garis.

Tool untuk membuat bentuk kotak. misalnya poligon. 11 . atau awan. 10. Tool untuk membuat garis dan isian yang lembut. Tool untuk membentuk berbagai macam gambar bentuk jadi. Tool untuk membuat berbagai macam bentuk gambar. 8. Tool untuk membuat bentuk lingkaran.6. bintang. baner. diagram alir. misalnya panah. 7. atau spiral. 9.

Tool untuk membuat Connector. Tool untuk membuat teks. 14. 15. Tool untuk membuat Dimensi. Tool untuk memodifikasi bentuk gambar. Tool untuk pewarnaan. 12 . 12. Tool untuk membuat tabel. 16. 13.11.

3 Dockers Ada berbagai fasilitas yang dimasukkan ke dalam kategori docker.17. agar efisien dan efektif penggunaannya. Namun. sebenarnya tujuan jendela docker dibuat adalah untuk menampilkan fasilitas yang dianggap sering digunakan. 18. Shaping (fasilitas boolean antarobjek gambar). 2. Fillet/scallop/chamfer (pemodifikasi sudut). Tool untuk menyeting tebal dan warna garis. Tool untuk pengisian pola tertentu pada bidang gambar. 13 . 19. Fasilitas yang sering ditampilkan tersebut antara lain Transformation (fasilitas transformasi). dan beberapa fasilitas efek. Tool untuk pengisian warna secara interaktif.

Tool ini untuk memindahkan objek gambar ke posisi tertentu dengan atau tanpa menduplikasi.Transformation Docker traformation tersebut adalah seperti yang terlihat pada Gambar 2. Tool ini untuk memutarkan objek gambar ke posisi tertentu dengan atau tanpa menduplikasi. Shaping Docker shaping tersebut seperti yang terlihat pada Gambar 2. Rotate. Tool ini untuk mengubah ukuran objek gambar dengan atau tanpa menduplikasi.9 Docker Shaping 14 . Skew.8 Docker Transformation o o o o o Position. Scale and Mirror. Size. Gambar 2.8. yang di dalamnya terdapat kotak combo. Gambar 2. Tool ini untuk memencengkan objek gambar dengan atau tanpa menduplikasi. Tool ini untuk menskala dan mencerminkan objek gambar dengan atau tanpa menduplikasi.8.

o Intersect. 15 . Tool ini untuk menyisakan bagian objek gambar bertindihan yang ditentukan. o Simplify. Tool ini untuk membuang objek gambar bertindihan. o Trim. kecuali bagian yang ditentukan. o Weld. Misal objek gambar yang akan dilakukan shaping seperti pada gambar yang di sebelah kiri. maka hasilnya terlihat seperti gambar yang di sebelah kanan. Tool ini untuk menggabungkan objek gambar ke dalam bagian yang ditentukan. Tool ini untuk membuang bagian objek gambar yang tertindih. Apabila dipilih objek warna muda (lingkaran) sebagai objek penentu.Melalui kotak combo tersebut Anda dapat melakukan 6 macam shaping seperti pada contoh berikut ini.

Tool ini untuk mengurangi bagian yang menindih dengan yang ditindih. Dalam tabulasi Bitmap tersebut. 2. Tool ini untuk mengurangi bagian yang ditindih dengan yang menindih. o Back minus front.o Front minus back. selain terdapat fasilitas untuk mengonversi objek gambar dari format garis vertek menjadi format bitmap.4 Menu Bar Hal yang menjadikan CorelDraw dipandang mempunyai fasilitas yang sangat baik adalah karena pada menu bar yang disajikan selain terdapat tabulasi Effect yang merupakan fasilitas untuk melakukan efek terhadap objek garis vertek. juga terdapat fasilitas untuk melakukan efek-efek terhadap bitmap tersebut. 16 . juga mempunyai tabulasi Bitmap.

10 Tool Color Palettes Apabila salah satu kotak pilihan warna pada Color Palettes tersebut Anda tekan terus.11 Pilihan Warna Sejenis 17 . seperti yang terlihat pada Gambar 2. kemudian pilihlah Rows.5 Color Palettes CorelDraw dapat menyajikan 1 hingga 3 baris color palettes.2.10. Untuk menampilkannya dapat Anda lakukan dengan mengklik tombol Options yang berada di atas Color Palettes seperti yang terlihat pada Gambar 2. maka tampil kotak pilihan warna sejenis yang lainnya. Gambar 2. Gambar 2.10 berikut ini. selanjutnya pilihlah berapa baris Color Palettes yang ingin Anda tampilkan.

12. Anda tinggal klik ganda tool tersebut.13. Gambar 2. Gambar 2.13 Kotak dialog Uniform Fill dan Outline Pen 18 . seperti yang terlihat pada Gambar 2. Anda dapat memberikan warna secara cepat pada objek gambar yang Anda pilih.Dengan adanya Color Palettes ini.12 Tool Color Editing Apabila Anda ingin mengubah warna garis atau isi objek gambar yang Anda pilih. Pada status bar juga dilengkapi tool untuk mengedit warna garis pinggir dan warna isian. sehingga tampil kotak dialog Uniform Fill atau Outline Pen seperti yang terlihat pada Gambar 2.