WAHANA PONTANG PANTING DARI SEGI FISIKA

r2(kuadrat) Fr=4. Besar sudut miring ini tidak tergantung pada berat penumpang. termasuk satelite buatan manusia. Percepatan gravitasi yang dikenal secara umum adalah 9.Arena The Swing atau ontang-anting menambah pengertian tentang konsep gaya sentrifugal. sudut miring semua kursi sama besar. Keseimbangan gaya.f2(frekuensi kuadrat) . termasuk makhluk hidup. Rumus gaya sentrifugal Fr=m. Ketika ontang-anting berputar.Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.Gaya gravitasi berbeda dengan gaya magnet. dan benda angkasa lainnya.81 m/detik.makin besar gaya sentrifugal sehigga simpangan kursi semakin besar. Percepatan gravitasi di khatulistiwa berbeda dengan di kutub) dan gaya sentrifugal ( Gaya Sentifugal) Gaya sentrifugal ialah sebuah gaya yang bekerja dimana karena adanya gerakan sebuah benda atau partikel yang melalui lintasan lengkung. Namun adake anehan. m adalah massa dan g adalah percepatan gravitasi. seperti bulan. diantaranya antara gaya gravitasi (Gaya Gravitasi) Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. F adalah gaya berat benda tersebut. Semakin besar kumpulan massa semakin besar gaya gravitasinya. berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi bumi. gaya sentrifugal menarik kursi kesamping sehingga kursi membentuk sudut dengan garis vertikal. Hal ini disebabkan karena adanya gejala saling menghapuskan antara gaya 7sentrifugal dan gaya berat. Makin cepat putaran. dan benda benda yang ada di bumi. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut: F = mg. meteor.Contohnya Bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda disekitarnya.Menurut hukum gravitasi Newton.W(omega).pi2(kuadrat). Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada diluar angkasa.

sehingga pada saat benda akan ditarik kebawah untuk jatuh akibat adanya gaya lempar melawan gaya gravitasi (akibat adanya energi kinetik). Ketika Ontang-anting sudah berputar konstan. . Bendabenda yang melakukan gerak melingkar semakin lama arahnya semakin ke luar.f2 atau gaya lempar keluar akibat putaran. azas bandul (pendulum). Setiap benda yang bergerak akan menghasilkan energi kinetik yang besarmya ½ mv2. Laju rata-rata Ontang-anting selama putaran konstan dapat dihitung dengan rumus laju = jarak/waktu. maka keliling lintasan adalah 94.34 m/s. Jari-jari lintasan ketika Ontang-anting sudah konstan adalah 15 m. Contohnya adalah tata surya. kita duduk dikursi dan akan diayunkan berputar-putar mengelilingi tumpunya. Hal ini dapat terlihat pada permainan tong setan. Sedangkan. dihitung menggunakan rumus keliling lingkaran = r x  x 2 = 15 m x 3. Banyaknya putaran saat kecepatan Ontanganting konstan adalah 35 kali.2 m. laju rata-rata Ontang-anting selama putaran konstan adalah = 0. gaya atau energi kinematika. benda ditahan oleh rel yang ada diatasnya sehingga seakan melekat. Energi ini dapat diubah lagi menjadi gaya yang sanggup mengatasi gaya gravitasi.r2 Fr = 4. gaya pegas. tak jatuh kebawah atau terlempar keatas. Jadi.Fr = m. kemiringan tali boneka mengarah ke luar. kereta pontang-panting.WΩ.2 m. gaya gravitasi dan gaya tahan dari rel atau lengan alat (misalnya pada kereta putar horizontal). waktu yang diperlukan untuk berputar dalam 1 kali bermain adalah 280 s. rata-rata waktu yang diperlukan dalam 1 kali putaran 8 s. ayunan. Ketika menaiki wahana Ontang-anting. Mengapa demikian? Karena gaya sentrifugal arahnya juga ke luar. Jadi.¶ 2.14 x 2 = 94. Jadi prinsipnya terjadi keseimbangan antara gaya lempar keluar.

Rumus gaya sentripetal Gaya sentripetal memiliki besar sebanding dengan kuadrat kecepatan tangensial benda dan berbanding terbalik dengan jari-jari lintasan \!F_s = m\frac{v^2}{r} dengan arah menuju pusat lintasan berbentuk lingkaran. Vektor-vektor sesaat gaya sentripetal. Bermacam-macam gaya fisis dapat digunakan sebagai gaya sentripetal.Gaya sentripetal adalah gaya eksternal yang dibutuhkan agar sebuah benda dapat bergerak melingkar. atau gaya dalam arti sebenarnya. tegangan tali. Representasi produk perkalian vektor Atau dapat pula dituliskan sebagai produk dari perkalian vektor \vec{F}_s = -\frac{m v^2}{r} \hat{r} = -\frac{m v^2}{r} \frac{\vec{r}}{r} = -m \omega^2 \vec{r} = m \vec{\omega} \times (\vec{\omega} \times \vec{r} ) . gaya sentripetal dapat dituliskan sebagai \!\vec{F_s} = .m\frac{v^2}{r} \hat{r} Vektor-vektor sesaat gaya sentripetal. yang menunjukkan bahwa terdapat suatu percepatan sentripetal. yaitu centrum ("pusat") dan petere ("mengarah ke luar"). \!F = m a Representasi vektor Dalam notasi vektor dengan sistem koordinat polar. elektrostatik. dengan \!\hat{r}=\frac{\vec{r}}{r} adalah vektor satuan dalam arah radial. yaitu \!a_s = \frac{v^2}{r} apabila dianalogikan dengan hukum kedua Newton. yang umumnya dipilih bernilai positif mengarah ke luar lingkaran. Istilah gaya sentripetal berasal dari kata bahasa Latin. gesekan dan lainnya. melainkan hanya suatu penamaan atau penggolongan jenis-jenis gaya yang berfungsi membuat benda bergerak melingkar. antara lain gaya gravitasi. Gaya ini bukan merupakan gaya fisis.

blogspot.\sin(\omega t)\ \hat{i} + \cos(\omega t)\ \hat{j} \right] Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa \vec{F}_s = m \vec{\omega} \times (\vec{\omega} \times \vec{r} ) = m \vec{\omega} \times \vec{v} = m (\omega \hat{k}) \times \left( \omega r\ \left[ . yang menunjukkan bahwa gaya sentripetal selalu menuju ke pusat lintasan lingkaran.http://id.org/wiki/Gaya_sentripetal .http://tama28.com .\cos(\omega t)\ \hat{i} \right] = m \omega^2 r \left\{ .m \omega^2 \vec{r} seperti dituliskan sebelumnya.\left[ \sin(\omega t)\ \hat{j} + \cos(\omega t)\ \hat{i} \right] \right\} = m \omega^2 r (-\hat{r}) = .\sin(\omega t)\ \hat{i} + \cos(\omega t)\ \hat{j} \right] \right) = m \omega^2 r \left[ . SUMBER : -GOOGLE . Dalam kasus seperti ditunjukkan dalam gambar.\sin(\omega t)\ \hat{j} .http://physicsongames.Dengan arah \vec{\omega} mengikuti aturan tangan kanan. besaran-besaran vektor yang dimaksud bernilai: \!\vec{\omega} = \omega\ \hat{k} \!\vec{r} = r\left[ \cos(\omega t)\ \hat{i} + \sin(\omega t)\ \hat{j} \right] dan sebagai konsekuensinya \!\hat{r} = \cos(\omega t)\ \hat{i} + \sin(\omega t)\ \hat{j} \!\vec{v} = \vec{\omega} \times \vec{r} = \omega r\ \left[ .wikipedia.multiply.com/journal?&page_start=20 (Indonesian people’s site – Article) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful