P. 1
PRESENTASI ANALISIS KARBOHIDRAT

PRESENTASI ANALISIS KARBOHIDRAT

|Views: 45|Likes:
Published by Adhy Suparsa

More info:

Published by: Adhy Suparsa on Dec 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2013

pdf

text

original

Analisis Karbohidrat

OLEH:

HENDRY IGOR SOUHOKA (11-901-002) RASDY YUDARMAWAN(11-901-006) I PUTU ADI SUPARSA (11-901-010) SYAMSUL BAHRI (11-901-017)

Pengertian karbohidrat
 Karbohidrat merupakan senyawa yang

terdiri atas unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Umumnya dimiliki oleh tumbuhan. Tepung atau amilum merupakan salah satu bentuk dari karbohidrat yang merupakan bagian utama dari bahan makanan : gandum, jagung, kentang, ubi, singkong, padi dan lain-lain. Keberadaan amilum didalam bahan makanan diuji dengan pemeberian larutan yodium dalam KL.

Pengertian karbohidrat
 Jadi bahan makanan yang mengandung

amilum akan berubah warnanya menjadi biru-ungu atau biru. Agar perubahan warna itu dapat diidenfikasi hendaknya mengusahakan untuk memilih bahan makanan yang berwarna putih. Hal yang perlu menadapat perhatian dalam penggunaan larutan yodium adalah agar selalu ingat bahwa larutan yodium beracun dan jika terlalu pekat dapat membuat iritasi pada kulit.

Unsur penyusun karbohidrat
 Karbohidrat merupakan senyawa

organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsurunsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida.

Sumber karbohidrat
 Karbohidrat dapat diperoleh dari padi,

jagung, gandum dan biji-bijian lainnya, sagu, ketela pohon, ketela rambat, kentang, bentul

Fungsi Karbohidrat
 Karbohidrat mempunyai beberapa

fungsi penting, diantaranya adalah: 1. Sebagai sumber energi utama. 2. Sebagai bahan pembentuk senyawa kimia lain. 3. Sebagai komponen penyusun gen dalam inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat. 4. Sebagai senyawa yang membantu proses berlangsungnya buang air besar.

Metabolisme Karbohidrat
 Untuk menghasilkan energi, glukosa

mengalami oksidasi. Prosesnya berlangsung bertahap, diawali dengn glikolisi, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.

Sumber karbohidrat
 Karbohidrat dapat diperoleh dari padi,

jagung, gandum dan biji-bijian lainnya, sagu, ketela pohon, ketela rambat, kentang, bentul

ALAT DAN BAHAN
            

Piring plastik Pipet Pisang Apel Nasi Telur rebus (bagian putihnya) Tahu putih Margarin Biskuit Tepung terigu Gula pasir Kentang Kalium Yodida 0,1 M

1 buah 1 buah 1 iris tipis 1 iris tipis 2-3 butir 1 iris tipis 1 iris tipis seujung sendok 1 potong kecil 1 sendok kecil 1 sendok kecil 1 iris kecil 10 ml

CARA KERJA
 Susun dan beri nama bahan-bahan

makanan yang akan di uji di atas piring plastik  Tetesi satu persatu bahan makanan dengan 2-3 tetes larutan yodium dalam Kl/Lugol. Perhatikan dan catat perubahan warna pada bagian makanan yang ditetesi larutan yodium. Catatlah, bahan yang akan di uji manakah yang menunjukan warna ungu biru setelah ditetesi larutan yodium.

TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->