Tugas IPS Jenis-jenis Manusia Purba

1. MEGANTHROPUS PALAEOJAVANICUS Ditemukan oleh G.H.R. Von Koeningswald tahun 1946 dan 1941 di Sangiran (Surakarta) dan Marks tahun 1952.
   

Fosil berupa rahang bawah dan rahang atas. Diperkirakan sebagai manusia purba paling tua. Hidup sekitar 2 juta – 1 juta tahun yang lalu. Disebut sebagai manusia purba tertua di Pulau Jawa Ciri –ciri : a. tubuh kekear b. rahang dan geraham besar c. tidak berdagu d. menyerupai kera

2. PITHECANTHROPUS ERECTUS
    

Ditemukan oelh Eugene Dubois tahun 1890 di daerah Trinil (dekat sungai Bengawan Solo) Pithe artinya kera Anthropus artinya manusia Erectus artinya tegak Pithecanthropus erectus artinya manusia kera berjalan tegak. Ciri-ciri : a. berbadan dan berjalan tegak b. tinggi badan 165 – 170 cm c. diperkirakan hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu.

3. Homo Sapien Manusia purba ini hidup di zaman batu (Zaman Paleolitikum). Fosil manusia purba ini ditemukan di desa Wajak Tulungagung (Jawa Timur) Kira-kira tahun 1890. Homo sapien adalah genus yang termasuk manusia dan kerabat dekatnya. Genus

meski bukti yang ditemukan beberapa waktu lalu memperkirakan bahwa Homo floresiensis hidup sekitar 12.5 juta tahun. Homo neanderthalensis. kerabat terakhir yang hidup. Ciri-ciri manusia purba ini * Volume otaknya antara 1000 – 1200 cc * Tinggi badan antara 130 – 210 cm * Otot tengkuk mengalami penyusutan * Muka tidak menonjol kedepan * Berdiri tegak dan berjalan lebih sempurna . Semua spesies kecuali Homo sapiens telah punah. punah sekitar 30.5 hingga 2.000 tahun lalu.000 tahun lalu.ini diperkirakan berusia sekitar 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful