HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEMIMPIN DENGAN KINERJA ANGGOTA KELOMPOK

RUSYDA IHWANI TANTIA NOVA 10101001048

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA

Latar Belakang
Efektif atau tidaknya kinerja dari anggota kelompok tergantung dari cara pemimpin mengomunikasikan visi dan misi kepada anggota kelompok . Karakteristik pemimpin merupakan salah satu faktor penting yang perlu dibahas untuk memahami caracara pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemimpin yang bersangkutan.

Apa saja karakter yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin?. Bagaimana pengaruh karakter dari seorang pemimpin terhadap kinerja anggota kelompok? Bagaimanakah kelompok yang efektif? .Rumusan Masalah Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan?.

Untuk mengetahui karakter dari seorang pemimpin Dapat mengetahui hubungan antara karakter pemimpin dengan kinerja anggota kelompok. Untuk mengetahui bagaimana kelompok yang efektif. .Tujuan Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kepemimpinan.

Untuk melengkapi tugas Mata Kuliah Dinamika Kelompok di Seemester lima pada tahun 2012. .Manfaat Untuk menambah pengetahuan penulis tentang hubungan antara karakteristik pemimpin dengan kinerja anggota kelompok.

1993).Kepemimpinan Sebuah hubungan yang saling mempengaruhi di antara pemimpin dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya (Joseph C. Rost. ..

Unsur-Unsur Pokok dalam Kepemimpinan Pengaruh Pengikut Tujuan Bersama Keinginan/Niat Tanggung Jawab Perubahan .

Peranan Pemimpin Menciptakan Visi Membangun Tim Memberikan Penugasan Mengembangkan Orang Memotivasi anak Buah .

Karakteristik Seorang Pemimpin “ Tidak ada manusia yang diciptakan tuhan dengan karakter buruk. . Masing-masing dengan kebaikannya yang tak dapat direplikasikan oleh orang lain”. semua diciptakan dalam kondisi karakter yang terbaik dan unik.

.Next... (QS Al-Ahzab:21) . “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”.

“Jauhilah dusta karena dusta akan membawa kepada dosa dan dosa membawamu ke neraka. Biasakanlah berkata jujur karena jujur akan membawamu kepada kebajikan dan kebajikan membawamu ke surga” (HR Bukhari dan Muslim) .Tujuh Karakter Pemimpin Profetik Memiliki karakter shidiq (jujur).

Memiliki karakter amanah Karakter amanah dapat menajamkan kepekaan bathin seorang pemimpin untuk bisa memisahkan antara kepentingan pribadi dan kepentingan publik/organisasi. diamalkan.. Memiliki karakter tabligh Seorang pemimpin itu memerlukan kemampuan komunikasi dan diplomasi dengan bahasa yang mudah dipahami.. dan dialami orang lain (tabligh).. .Next.

. (QS. kompeten... Sosok pemimpin itu harus cerdas.Next. dan profesional (fathanah). “Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”. Memiliki karakter fathanah (cerdas).Al Mujadalah:11) .

pantang menyerah. tekun. disiplin.Next. Memiliki karekter istiqamah (konsisten/teguh pendirian).. dan terbuka terhadap perubahan dan pengembangan.. . bersungguh-sungguh. Pemimpin yang istiqamah adalah pemimpin yang taat azas (peraturan)..

. Memiliki karakter mahabbah (cinta... Memiliki karakter shaleh/ma'ruf (baik. arif.Next.. percaya dan menganut apa yang diinginkannya. bijak). kasihsayang). Seorang pemimpin yang shaleh mempunyai kualitas kepribadian individu yang utuh sehingga menyebabkan orang lain menaruh simpati.

Delapan Perilaku Pemimpin yang Baik Beri teladan tentang arti sukses kepada bawahan. Beri bawahan Anda peralatan yang mereka butuhkan. . Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa memberi contoh kesuksesan yang bisa diraih para bawahannya. Jangan sungkan untuk memuji keberhasilan bawahan.

maka berilah toleransi bagi kesalahan yang dilakukan bawahan..Next. Delegasikan tugas tanpa banyak turut campur Pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu mempercayakan tugas secara penuh kepada bawahannya. . Sesungguhnya kesalahan adalah guru terbaik bagi pembelajaran.. Berikan ruang untuk kesalahan..

Seorang pemimpin yang baik tak perlu menjadi galak untuk bisa tegas dan efektif memanajeri bawahannya. Anda akan selalu bisa melihat sisi positif dari setiap karyawan Anda dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi. Lebih baik bertanya daripada memberi nasihat..Next.. . Bersikaplah ramah.. Dengan bersikap ramah.

dengarkan cerita dan keluh kesahnya. Pada akhirnya. Tak kenal maka tak sayang.. .. Saat bawahan percaya bahwa Anda tulus peduli dengan mereka. mereka akan berusaha lebih baik dalam bekerja. Kenali lebih dekat bawahan Anda..Next. kualitas kepemimpinan seseorang dapat dilihat dari kualitas hubungannya dengan orang-orang di sekitarnya. Kepemimpinan erat terkait dengan hubungan antar manusia.

serta memiliki jiwa kesederhanaan.Karakter Pemimpin dan Kinerja Kelompok Perilaku kepemimpinan (servant leadership) berpengaruh terhadap kinerja. pemberian wewenang kepada bawahan. . perhatian terhadap visi organisasi. Semakin tinggi tingkat perilaku kepemimpinan akan meningkatkan kinerja tim di sebuah organisasi. Nilai-nilai perilaku kepemimpinan ditunjukkan dengan perilaku cinta kasih.

Next.. . perhatian terhadap visi organisasi. pendelegasian wewenang.. Semakin tinggi tingkat perhatian kemanusiaan pemimpin kepada anggota. serta sikap kesederhanaan seorang pemimpin akan berpengaruh positif terhadap kinerja tim..

Kelompok yang Efektif Secara berkala. kelompok menetapkan kinerja. tertarik dan mau mendengarkan yang lain Banyak keputusan yang dihasilkan melalui musyawarah mufakat . Anggota kelompok terlibat. dan prosesnya Tidak ada kezaliman terhadap minoritas (dominating subgroup or individual). tujuan.

Next... Tugas-tugas kelompok dipahami dengan baik dan anggota kelompok memiliki kejelasan tentang tugas dan perannya masing-masing Anggota tidak merasa takut untuk mengajukan ide-ide kreatif dan mengekspresikan perasaaannya Iklim emosional yang bebas dan nyaman ..

. Ada kejelasan siapa yang menjadi fasilitator kelompok.. . Seluruh anggota berpartisipasi dalam diskusi terkait dengan tugas-tugas kelompok Kelompok merasa OK atas ketidaksetujuan. tetapi tidak lantas menguasai kelompok tersebut. dan kritik..Next.

Kesimpulan Karakter seorang pemimpin memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kinerja kelompok yang bersangkutan Pemimpin yang baik akan menciptakan suatu kelompok yang efektif. . Karakteristik pemimpin profetik adalah karakter yang paling baik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Dan kita bisa memilih pemimpin yang lebih baik untuk kedepannya.Saran Penulis berharap dengan selesainya presentasi ini akan dapat meningkatkan pengetahuan penulis maupun orang yang mendengarkan presentasi ini tentang karakteristik pemimpin dan kelompok yang efektif. .

SEKIAN TERIMA KASIH .