P. 1
Contoh Kasus Audit Manajemen

Contoh Kasus Audit Manajemen

|Views: 4,179|Likes:
Audit atas program pelatihan karyawan pada PT Indojewel untuk tahun 2008. Audit kami hanya mencakup di bidang personalia untuk menilai keekonomisan, efisiensi dan efektivitas atas keterampilan karyawan dalam mengoperasikan mesin baru. Kami telah memberikan saran perbaikan atas kelemahan program pelatihan karyawan sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.
Audit atas program pelatihan karyawan pada PT Indojewel untuk tahun 2008. Audit kami hanya mencakup di bidang personalia untuk menilai keekonomisan, efisiensi dan efektivitas atas keterampilan karyawan dalam mengoperasikan mesin baru. Kami telah memberikan saran perbaikan atas kelemahan program pelatihan karyawan sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: 'ayiep' Arief Alhadihaq on Dec 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2015

pdf

text

original

Laporan Hasil Audit Palembang, 01 Juli 2008 No Lampiran Perihal : 099/KAP/VII/2008 : 3 eksemplar : Laporan Hasil

Audit Manajemen

Kepada Yth. Manajer PT Indojewel di Palembang Kami telah melakukan audit atas program pelatihan karyawan pada PT Indojewel untuk tahun 2008. Audit kami hanya mencakup di bidang personalia untuk menilai keekonomisan, efisiensi dan efektivitas atas keterampilan karyawan dalam mengoperasikan mesin baru. Kami telah memberikan saran perbaikan atas kelemahan program pelatihan karyawan sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuan perusahaan. Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi : Bab I :Informasi latar belakang Bab II :Kesimpulan Audit yang didukung dengan temuan audit Bab III :Rekomendasi Bab IV :Ruang lingkup audit Dalam melaksanakan audit kami telah memperoleh banyak bantuan , dukungan , dan kerja sama dari berbagai pihak jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya. Kantor Akuntan Publik & Management Consultant Rawiatmaja & Partner

Tn.Kris Palguna

Indojewel bergerak di bidang produksi perhiasan berbahan dasar mutiara dan emas. Steve Handayana Manajer SDM : Tn. Desain produk sudah cukup dikenal di pasar.Bab I Informasi Latar Belakang PT. Mutiara yang digunakan adalah hasil pembudidayaan sendiri yang terintegrasi dalam rencana bisnis perusahaan.75 triliun untuk membeli peranti keras dan Rp 500 milyar untuk membeli peranti lunak termasuk sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh divisi ke dalam suatu rangkaian operasi dan sistem pelaporan Susunan direksi : Direktur Utama : Tn. Syam Nugroho Sedangkan tujuan dilakukannya audit adalah untuk : 1. merupakan hasil pengembangan dari bagian litbang perusahaan yang dipimpin oleh tenaga ahli di bidangnya Perusahaan memperkerjakan 1. Cecep Mulyadi Direktur Produksi : Tn.500 karyawan tetap dan sekitar 750 karyawan kontrak yang diperkerjakan terutama sebagai staf produksi di divisi budidaya mutiara dan cleaning service di seluruh divisi perusahaan dengan penghasilan rata-rata sebesar 250% dari UMK yang diterapkan pemerintah Perusahaan menerapkan teknologi maju dalam produksi perhiasan dengan investasi sebesar Rp 1. Menurunkan tingkat kegagalan produksi yang disebabkan oleh kurang terampilnya karyawan dalam mengoperasikan mesin baru 2. Kevin Suparno Direktur Akuntansi dan Keuangan : Tn. sedangkan emas diperoleh dari pasar dalam negeri. Menigkatkan keterampilan karyawan dalam mengoperasikan mesin baru melalui program pelatihan karyawan .

Tidak ada dokumen/catatan yang bisa dipertanggungjawabkan atas penilaian hasil pelatihan yang telah dilakukan guna kepentingan evaluasi atas peningkatan kualitas produk yang dihasilkan d. Terlalu singkatnya waktu pelatihan yang diberikan untuk memahami materi pelatihan yang diberikan 2) Kurang signifikannya penurunan produk gagal yang bisa kita lihat pada tahun 2008 menjadi 18% dibandingkan tahun 2007 sebesar 20% . total biaya kegagalan produk sebesar Rp 825.25% selama satu tahun dari laba bersih setelah pajak tahun sebelumnya c. kami dapat menyimpulkan sebagai berikut : Kondisi : 1) Program pelatihan karyawan selama tahun 2008 mengandung beberapa kelemahan diantaranya : a.5% dari total penjualan Kriteria : 1) Pengelolaan pelatihan karyawan harus didukung anggaran yang memadai dan disetujui oleh Direktur Akuntansi dan Keuangan 2) Rencana pelatihan dan pengembangan karyawan harus disusun secara periodik bersama dengan penyusunan anggaran perusahaan 3) Pelaksanaan progam pelatihan penggunaan mesin harus tuntas diselesaikan hingga tahap akhir 4) Adanya benchmarking (patokan) atas persentase kegagalan produk selama proses produksi pada industri yang sama yang lebih berhasil dalam proses produksi .Hal ini bisa kita lihat dari informasi yang diberikan oleh perusahaan. 3) Buruknya kualitas produk yang dihasilkan sehingga banyak pelanggan yang melakukan pengembalian produk sebesar 7. terbukti besarnya anggaran karyawan hanya sebesar 0.Bab II Kesimpulan Audit Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang dilakukan .25 juta. Tidak memadainya anggara biaya pelatihan karyawan. Perusahaan tidak memiliki program rencana pelatihan karyawan secara periodik b.

Direktur Produksi .Manajer SDM .Penyebab : 1) Tidak memadainya anggaran pengelolaan pelatihan karyawan ketidaktuntasan program pengelolaan pelatihan karyawan hingga tahap akhir 2) Ada waktu jeda yang cukup lama dalam proses pengidentifikasian topik pelatihan apa yang dibutuhkan karena tidak adanya rencana pelatihan dan pengembangan karyawan yang disusun secara periodik 3) Karyawan tidak mahir dan terampil untuk mengoperasikan mesin di lapangan sesuai standar manual pelatihan yang di berikan 4) Buruknya pendokumentasian untuk penilaian hasil pelatihan karyawan 5) Banyak kegagalan produk dan pemborosan dalam proses produksi Akibat : 1) Ketidaktuntasan program pengelolaan pelatihan karyawan hingga tahap akhir yang mengarah pada ketidaksempurnaan keterampilan dan kemahiran karyawan dalam mengoperasikan mesin baru 2) Banyanknya produk gagal dalam proses produksi sehingga volume atau output produksi menjadi lebih kecil yang mengarah pada kenaikan harga pokok produksi tanpa peningkatan kualitas terhadap produk yang dihasilkan 3) Tidak ada informasi sebagai umpan balik dalam peningkatkan kualitas produk yang dihasilkan atas pelatihan keterampilan karyawan 4) Menurunnya volume penjualan akibat besarnya pengembalian produk oleh pelanggan Pejabat yang bertanggungjawab : .Direktur Akuntansi dan Keuangan .

Rekomendasi : 1) Perusahaan harus memberikan anggaran yang memadai untuk program pelatihan karyawan agar program tersebut terlaksana hingga tuntas sehingga peningkatan keterampilan karyawan atas pengoperasian mesin baru sesuai dengan yang diharapkan 2) Rencana pelatihan dan pengembangan karyawan harus disusun secara periodik bersama dengan penyusunan anggaran perusahaan 3) Laporan biaya kualitas harus terdokumentasi sebagai umpan balik atas peningkatan kualitas dan produk yang dihasilkan supaya terjadi penurunan yang signifikan atas kegagalan produk dan pengembalian produk oleh pelanggan . maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atas langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Kelemahan ini dapat dikelompokan menjadi : 1) Kelemahan yang terjadi atas ketidaktuntasannya program pelatihan karyawan atas pengoperasian mesin baru karena kurang memadainya anggaran yang diberikan 2) Kelemahan atas kurangnya evaluasi atas peningkatan hasil program pelatihan karyawan guna kepentingan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi.Bab III Rekomendasi Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan dating.

Audit kami mencakup penilaian atas kecukupan rencana program pelatihan karyawan.Bab IV Ruang Lingkup Audit Sesuai dengan penugasan yang kami terima. audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah atas program pelatihan karyawan untuk mengoperasikan mesin baru untuk tahun 2008. pengendalian manajemen atas pengelolaan program pelatihan karyawa dan evaluasi karyawan atas hasil keterampilan yang diperoleh selama pelatihann .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->