PROPOSAL PROYEK PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH

( Tugas Sistem Informasi II )

Oleh Sabila Rusyda 0817032006 Ully Kharisma Putra 1017032046 Harjo Apkuanbo 1017032058

JURUSAN ILMU KOMPUTER FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMPUNG 2012

dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja dan mutu kerjanya. maka sekolah harus melakukan inovasi terutama dalam hal pengembangan sistem sebagai bagian dari peningkaan mutu pelayanan kepada masyarakat. Sekolah. MAKSUD DAN TUJUAN Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah kerja bagian administrasi untuk mengumpulkan dan mengelola informasi yang ada di sekolah. Demi menjawab kebutuhan tersebut. kami menawarkan produk aplikasi Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) berbasis web untuk mempermudah proses pengelolaan informasi sekolah dan penyebaran informasi ke tujuan dan mudah di akses selama pengunjung website memiliki akses internet.1 A. dengan adanya database untuk menyimpan data-data penting tersebut. Guru dan siswa juga dapat memperoleh informasi mengenai jadwal ujian dan nilai. . LATAR BELAKANG Sekolah mengemban tugas untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat khususnya kepada anak-anak berumur di bawah 18 tahun dengan lebih baik dan lebih profesional. maka kemungkinan data hilang dan rusak akan berkurang. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai homepage untuk memperkenalkan segala informasi tentang sekolah. Dalam rangka menghasilkan kinerja dan mutu kerja yang lebih baik ini. khususnya siswa/i dan karyawan. B. Selama ini informasi ujian dan nilai disampaikan secara lisan atau melalui surat pengumuman yang ditempelkan di papan pengumuman. sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan.

mudah dan murah. Meningkatkan pelayanan dan citra sekolah di mata masyarakat sebagai sekolah yang maju dan terdepan dalam bidang teknologi. Dapat menyimpan dan mencetak jadwal serta hasil ujian. 3. Guru : 1. Mempermudah dan mempercepat pekerjaan dari bagian administrasi sekolah. Siswa : 1. Mengurangi kebutuhan akan kertas dan alat tulis. . Proses menyampaikan informasi lebih cepat. 2.2 C. c. 2. Dengan biaya yang murah. Sekolah : 1. 2. Mempermudah guru dalam menyimpan nilai siswa sehingga kemungkinan nilai hilang akibat sumber data (kertas) hilang akan berkurang. 4. data-data penting yang dimiliki sekolah dapat tersimpan dan terolah dengan baik dan mudah. Dapat mengakses informasi dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet. b. serta ruang tempat menyimpan data. KEUNTUNGAN Keuntungan dari menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) adalah sebagai berikut : a.

2. 4. Hemat biaya perawatan dan merupakan bentuk investasi yang berumur panjang. Penggunaan teknologi informasi yang dapat membantu mengurangi penggunaan kertas sebagai bahan pencetak dokumen.3 D. Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan diintegrasikan dengan sistem informasi yang sudah ada. . mudah diakses dan dikelola. KEUNGGULAN SISTEM Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) menawarkan berbagai keunggulan. 3. Penggunaan sistem database komputer akan membuat pekerjaan pengolahan data menjadi lebih efisien dan mengurangi ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan data dan arsip sekolah. 5. Keunggulan dari sistem kami yaitu : 1. yang tentunya akan membantu dan mempermudah proses pengolaha data sekolah serta penyampaian informasi. Data yang lengkap.

Kemudian diterapkan dalam bentuk prototipe. Tahap Perencanaan Pada tahap ini dilakukan pengidentifikasian masalah yang berpotensi ada pada proyek pengembangan sistem dan mengkonfirmasi apakah layak atau tidak. SDLC atau lebih dikenal dengan Siklus Hidup Pengembangan Sistem adalah sebuah proses pembuatan atau pengembangan sebuah sistem dengan menggunakan model dan metodologi tertentu. data dan arsip dikumpulkan sebagai acuan untuk menentukan kebutuhan sistem. Tahap Desain Merancang proses kerja sistem dan tampilan visual dari sistem. 2. METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM Metode yang digunakan dalam proses pengembangan sistem informasi ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle).4 E. Membuat dokumentasi atau reporting. . Penetapan jumlah pekerja dan pegawai yang terlibat serta perencanaan jadwal proyek pengembangan juga ditetapkan pada tahap ini. Lakukan monitoring atau perawatan. yaitu : 1. 3. Tahap Analisis Informasi. Memasukkan dan mengkonversi data ke database. 4. Berikut ini adalah tahapan dari metodologi pengembangan sistem yang dilakukan dengan metodologi prototipe untuk mengembangkan sistem berbasis web SIAS. Tahap Implementasi Menginstal sistem dan melakukan testing dan verifikasi. Membangun prototipe sebagai model awal tampilan sistem.

Kelayakan Penjadwalan Pengerjaan sistem akan selesai dalam waktu dua bulan dan dapat langsung digunakan. Kelayakan Ekonomi Untuk membangun sistem ini diperlukan biaya yang kecil dan biaya maintenance dan support juga murah.5 F. 3. STUDI KELAYAKAN 1. Kelayakan Teknis Sekolah memiliki fasilitas dan sumber yang memadai. seperti untuk pengadaan hardware yang mendukung agar sistem ini dapat berjalan lancar. Kelayakan Operasi Untuk menjalankan sistem ini tidak diperlukan tenaga atau user yang benar-benar ahli. 4. 2. . Sistem mudah dioperasikan bahkan oleh orang yang awam terhadap teknologi.

Guru mendapatkan hak akses untuk menginputkan data nilai siswa dan biodata. namun ketika ingin menginputkan data nilai siswa apabila gurunya berhalangan. Untuk dapat mengolah data dan melakukan kegiatan lainnya melalui sistem ini. Hal ini sebagai upaya untuk monitoring dan tindakan pencegahan agar penyusup atau hacker tidak masuk ke dalam sistem. dan user lainnya. yaitu administrator. maka user diharuskan melakukan login terlebih dahulu. 5. 2. maka admin harus mengaksesnya melalui akun guru mata pelajaran yang bersangkutan. Siswa hanya dapat melihat nilai. Berikut ini adalah proses bisnis dari SIAS : 1. 3. jadwal. jadwal ujian. User tidak memiliki authority untuk mengganti username atau password login dan diharuskan untuk menghubungi admin terlebih dahulu.6 G. Sistem memiliki beberapa user yang memiliki hak akses yang berbeda. diperlukan hardware dan software yang mendukung jalannya sistem tersebut. 6. Administrator atau admin memiliki hak akses penuh akan sistem ini. 4. 7. dan menginputkan biodata. guru. Sistem akan merekam proses penyimpanan data yang berhubungan dengan informasi yang diperlukan dan digunakan oleh sekolah tersebut. Adapun untuk pengembangan aplikasi SIAS ini. RANCANGAN SISTEM Sistem informasi akademik ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan PC (Personal Computer) yang terhubung dengan database. seperti : . siswa.

Data mata pelajaran . Data siswa 2. Data jadwal 5.7 Tabel 1. Data jadwal ujian 7. Data karyawan 3. Spesifikasi Hardware dan Software PC Intel Processor Pentium III dan seri diatasnya OS Windows 2000 / XP / 7 atau Linux Hardware RAM minimal 128 MB Hard Disk 40 GB Printer MySQL Software PHP Data-data yang diperlukan dalam sistem adalah : 1. Data nilai 4. Data ruang 6.

Programmer : membangun sistem seusai dengan desain yang telah dibuat oleh desainer. Sistem analis : berperan dalam proses menganalisis kebutuhan sistem sesuai dengan kebutuhan klien dan user. selain itu juga merencakan pembuatan sistem. STAFF Tenaga kerja atau staff yang terlibat dalam proyek pengembangan sistem ini adalah : 1. 3. . 2.8 H. baik itu proses maupun tampilan. Desainer : mendesain rancangan sistem yang telah dibuat oleh sistem analis.

000.000.000.000.000 1.000 2.000 .000 8. Hardware NO.000 5.500.500.000 Tabel 3. KETERANGAN 1 2 PC Printer TOTAL JUMLAH BARANG 1 1 HARGA (Rp) 4.000.000 1 Tabel 4. Tenaga Kerja HARGA NO.000 2.500. KETERANGAN OS Windows XP (Original) Instalasi 2 APACHE + MySQL TOTAL 2.000. Software NO.000 1 500.000 JUMLAH BARANG 1 HARGA (Rp) 1. Tester TOTAL 4. 1 2 3 KETERANGAN (Rp) Sistem Analis Desainer Programmer.9 I. RANCANGAN BIAYA Berikut adalah rincian dari rancangan biaya pengembangan aplikasi ini : Tabel 2.

print.000 Total Biaya Training D.fotokopi. Testing dan Perawatan 3.000.000 Total Biaya Support.10 Tabel 5. Biaya Kegiatan BIAYA PROYEK A.000 .dll) Konsumsi Transportasi 500.dll) 1. Testing dan Perawatan a b Biaya Personil Biaya Perawatan Perangkat Keras (reparasi.servis) c d Biaya Overhead (listrik.000 250.000.000 Total Tahap Biaya Analisis B.000 1.fotokopi.000 500.000. Biaya Training a b c Biaya Dokumentasi (kertas. Tahap Support.000 Total Biaya Tahap Desain C. supplies) Biaya tidak terduga 500.000 500.print. Tahap Desain a Biaya Dokumentasi (kertas.000.000.000 200. Tahap Perencanaan dan Analisis a b c d Transportasi Komunikasi Konsumsi Biaya Dokumentasi (kertas.000 1.000 1.500.000 900.000 250.fotokopi.000 200.print.000 2.dll) 500.

PENJADWALAN Tabel 6. Penjadwalan Proyek Jadwal Pelaksanaan No Tahapan Pekerjaan 1 1 2 3 4 5 Tahap Perencanaan Tahap Analisis Tahap Perancangan Tahap Evaluasi Tahap Implementasi September 2 3 4 √ √ √ √ √ 1 Oktober 2 3 4 .11 J.

Kelola data siswa Menginput data siswa Mengedit data siswa Menghapus data siswa Melihat data siswa Keterangan . Kandidat Proses Aktor Karyawan Keterangan Karyawan terdiri atas guru dan admin. Admin memiliki hak kelola semua data sedangkan guru hanya bisa memasukkan nilai. Use Case Diagram System Input data Kelola data Edit data Delete data Karyawan Melihat nilai Siswa Melihat jadwal ujian 2. Siswa/i Seseorang yang punya hak akses untuk melihat nilai siswa dan jadwal ujian Aktor Karyawan Login Admin a.12 K. HASIL PENELITIAN 1.

Kelola data karyawan Menginput data karyawan Mengedit data karyawan Menghapus data karyawan Melihat data karyawan e. Kelola data nilai Menginput data nilai Mengedit data nilai Menghapus data nilai Melihat data nilai c.13 b. Kelola data jadwal Menginput data jadwal Mengedit data jadwal Menghapus data jadwal Melihat data jadwal d. Kelola data ruang . Kelola data kelas Menginput data kelas Mengedit data kelas Menghapus data kelas Melihat data kelas g. Kelola data mata pelajaran Menginput data mata pelajaran Mengedit data mata pelajaran Menghapus data mata pelajaran Melihat data mata pelajaran f.

Punya hak akses melihat jadwal dan jadwal ujian b.14 Menginput data ruang Mengedit data ruang Menghapus data ruang Melihat data ruang h. Melihat nilai . Kelola data jadwal ujian Menginput data jadwal ujian Mengedit data jadwal ujian Menghapus data jadwal ujian Melihat data jadwal ujian Login Guru a. Kelola data nilai Menginput data nilai Mengedit data nilai Menghapus data nilai Melihat data nilai Siswa a.

DFD Level 0 (Diagram Konteks) DFD Level 0 Info nilai Info guru Info siswa Info jadwal ujian Karyawan Info jadwal ujian Info nilai Info nilai Info jadwal ujian Sistem Informasi SMSinfo Siswa Info nilai Info jadwal ujian .15 3.

DFD Level 1 DFD Level 1 Info guru Info siswa Info jadwal ujian Info nilai D. Nilai Inf o nil ai Info Info nilai nilai Melihat nilai dw al fo In Siswa ja Inf o fo In ja jad dw wa uj ia al uj lu n ia jia n ad oj Inf wa lu jia n n Melihat jadwal ujian . Guru ru o Inf Info gu D.16 4. Siswa a sisw Karyawan Inf o Kelola data Info jadwal ujian Info nil nilai D. Jadwal Ujian ai D.

PENUTUP Demikianlah proposal pengerjaan proyek pembuatan aplikasi sistem informasi akademik sekolah ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk memperlancar kegiatan akademik di sekolah-sekolah.17 5. Dengan harapan agar sekolah-sekolah di Indonesia dapat lebih maju dan bisa bersaing dalam bidang teknologi. ERD ERD SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH Memiliki 1 Siswa N Ruang Ujian 1 Kelas N Nilai Jadwal Ujian N Jadwal N Login Karyawan 1 Ditanggung jawab Mata Pelajaran 1 L. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.