P. 1
alat ukur tekanan

alat ukur tekanan

|Views: 50|Likes:
Published by Ricko Okta
instrumentasi dan pengendalian proses
instrumentasi dan pengendalian proses

More info:

Published by: Ricko Okta on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

ALAT UKUR TEKANAN “PIPA U”

KELOMPK III REFANDI REFTAIZEN ADE PUTRA RICKO OKTA FURGANI

.TEKANAN Tekanan (pressure) adalah gaya yang bekerja persatuan luas. dengan demikian satuan tekanan identik dengan satuan tegangan. Dalam konsep ini tekanan didefinisikan sebagai gaya yang diberikan oleh fluida pada tempat yang mewadahinya.

Macam – Macam Tekanan 1. . Absolute Pressure (tekanan absolut) Gaya yang bekerja pada satuan luas. Vacum Pressure (tekanan hampa) Tekanan yang lebih rendah dari tekanan atmosfer 4.7 psia) 3. Gauge Pressure (tekanan relatif) Tekanan yang dinyatakan dan diukur relatif terhadap tekanan atmosfer. Differential Pressure (tekanan differential) Tekanan yang diukur terhadap tekanan yang lain. Jadi tekanan relatif adalah selisih antara tekanan absolute dengan tekanan atmosfer (1 atmosfer = 760 mmHg = 14. tekanan ini dinyatakan dan diukur terhadap tekanan NOL. Tekanan absolut = Tekanan gauge + Tekanan atmosfer 2.

fluida B cairan dalam pipa U (air atau merkuri).Pipa U Pipa U terdiri dari air atau raksa yang dalam pipa berbentuk U. dan fluida A adalah gas dengan asumsi rB » rA dan rB » rC . Salah satu ujung dihubungkan dengan tekanan yang ingin diukur dan ujung yang lain dihubungkan dengan tekanan referensi (biasanya tekanan atmosferik). Jika fluida C atmosferik.

Manometer pipa U .

tekanan yang tidak diketahui dapat diperoleh dari ilmu keseimbangan cairan (fluid static).Dengan membandingkan level dari cairan pada kedua sisi dari tabung U. .

Prinsip kerja manometer .

dengan kedua ujung tabung terbuka berisi cairan sama tinggi.Prinsip kerja manometer Gambar a. . Merupakan gambaran sederhana manometer tabung U yang diisi cairan setengahnya.

Gambar b. cairan ditekan kebawah pada kaki tabung tersebut dan naik pada sisi tabung yang lainnya. Perbedaan pada ketinggian. merupakan penjumlahan hasil pembacaan diatas dan dibawah angka nol yang menunjukkan adanya tekanan. . Bila tekanan positif diterapkan pada salah satu sisi kaki tabung. “h”.

Gambar c. cairan akan meningkat pada sisi tersebut dan cairan akan turun pada sisi lainnya. Bila keadaan vakum diterapkan pada satu sisi kaki tabung. . Perbedaan ketinggian “h” merupakan hasil penjumlahan pembacaan diatas dan dibawah nol yang menunjukkan jumlah tekanan vakum.

Kelebihan dan kekurangan pipa U o o o o o o o Biaya murah Sederhana dan cukup baik Respon lambat dan terjadi osilasi Akurasi pengukuran tergantung pada presisi tinggi cairan pada pipa U Tidak dapat digunakan untuk tekanan vakum Cairan dalam pipa U tidak boleh ada interaksi dengan fluida yang diukur Kontaminasi merkuri dan uap air dapat terjadi. terutama pada pengukuran tekanan rendah .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->