P. 1
Phylum Mollusca

Phylum Mollusca

|Views: 50|Likes:

More info:

Published by: مولي ابنة حيي on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

MAKALAH PHYLUM MOLLUSCA

KELOMPOK 5 SARTIKA MUH. YUNUS MULIATI (043) NURBAYA RISAL SANIATI NURLINDA HAMSIAH

Pengertian Mollusca
Mollusca berasal dari kata mollus berarti lunak.Moluska berarti hewan bertubuh lunak. Moluska dapat ditemukan di dalam laut , perairan tawar maupun di darat. filum moluska termasuk filum yang.terdiri atas hewan bertubuh lunak. Ciri khas struktur tubuh mollusca adalah adanya mantel. Mantel merupakan sarung pembungkus bagian-bagian lunak dan melapisi rongga mantel. Jadi phylum Mollusca adalah kelompok hewan invertebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang. Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan dengan menggunakan perutnya.

Mollusca memiliki struktur berotot yang disebut kaki yang bentuk dan fungsinya berbeda untuk setiap kelasnya. Cangkok tersebut berfungsi sebagai rumah (rangka luar) yang terbuat dari zat kapur misalnya kerang. tiram. bilateral simetri. siput sawah dan bekicot. Tubuh hewan ini tripoblastik.KARAKTERISTIK Mollusca adalah hewan lunak yang tidak memiliki ruas. . umumnya memiliki mantel yang dapat menghasilkan bahan cangkok berupa kalsium karbonat.

• Tubuh terdiri dari kaki. • Habitatnya di air maupun darat • Merupakan hewan triploblastik selomata. dan mantel.Ciri-ciri Mollusca • Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang. • Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf • Organ ekskresi berupa nefridia • Memiliki radula (lidah bergigi) • Hidup secara heterotrof • Reproduksi secara seksual . • Struktur tubuhnya simetri bilateral. massa viseral.

Cara hidup Mollusca Mollusca hidup secara heterotrof dengan memakan organisme lain. Habitat Mollusca Mollusca hidup di air maupun di darat. Misalnya ganggan. ikan. Sedangkan yang hidup di darat contohnya Siput. . Mollusca yang hidup di air contohnya sotong dan gurita. ataupun mollusca lainnya.

sistem syaraf terdiri atas cincin syaraf yang mengelilingi mulut dengan dua pasang jala syaraf yang menuju kebagian ventral. . Struktur Tubuh Tubuhnya memanjang seperti elips dengan bagian kepala tereduksi. bilateral simetris. Kelas Amphineura a. mempunyai radula.Klasifikasi Mollusca 1. jenis kelamin terpisah larvanya disebut trochopora. bagian dorsal tubuhnya terdiri atas delapan segmen. kakinya pipih dan terletak di permukaan ventral.

.

dan sebuah sinus.b. aorta. Darah mendapat oksigen dari insang. Sistem Syaraf Sistem syaraf terdiri atas cincin sirkum esophagus. Sistem Peredaran Darah Di bagian posterior terdapat jantung. dan dua cabang syaraf (mensyarafi kaki dan mantel) c. Sistem Pencernaan makanan Sistem pencernaan makanan dimulai dari mulut dan berakhir dengan anus. . d. Pada pencernaan makanan terdapat kelenjar ludah dan kelenjar hati.

kebanyakan berputar ke kanan (dekstral) ada juga yang berputar ke kiri (sinistral). Struktu Tubuh Tubuhnya bercangkok (concha). maka hewan ini mudah ditemukan. a. Kollumella ini tidak terlihat dari luar.000 jenis yang telah menjadi fosil. Bagian tengah yang merupakan sumbu putaran disebut kollumella. Oleh karena banyaknyan jenis Gastropoda.000 spesies Gastropoda yang masih hidup dan 15. Putaran ini berasal dari apeks melalui whorl sampai ke aperture. . Kelas ini mempunyai anggota sekitar 50. Kelas Gastropoda Gastropoda merupakan kelas Mollusca yang terbesar dan popular.2.

.

dipotong-potong oleh rahang zat tanduk (mandibula). Zatzat makanan diserap di dalam intestin. yaitu atrium dan satu ventrikel. terdiri dari dua bagian. Cabang yang berjalan kearah posterior. . dan prankeas. terutama ke kelenjar pencernaan. Cabang yang berjalan kearah anterior. Saluran pencernaan makanan terdiri atas rongga mulut-faring ( tempat dimana terdapat radula)-esofagus-tembolok-lambung-intestin-rektum-anus. 2. ventrikel. kemudian dikunyah oleh radula. mensuplai darah bagian tubuh anterior (kepala) kemudian membelok kea rah ventral menjadi arteria pedalis yang mensuplai darah ke bagian kaki. Sistem Pencernaan Makanan Makanan berupa tumbuh-tumbuhan. mensuplai darah ke viscera. Dari ujung ventrikel keluar aorta yang bercabang dua. hati. Kelenjar pencernaan terdiri atas : kelenjar ludah.b. dan ovotestes. c. Sistem Peredaran Darah Jantung terdapat di dalam cavum pericardi. yaitu 1.

ganglion abdominal (sebelah median) ganglion bukal (sebelah dorsal rongga mulut) . • Statoreseptor (berupa statokist.d. yaitu : • Kemoreseptor (terletak pada tentakel yang pendek) • Photoreceptor (merupakan mata sederhana yang dilengkapi dengan lensa. sel-sel pigmen dan sel-sel reseptor. Sistem Syaraf Sistem syaraf terdiri atas ganglion serebral (sebelah dorsal). ganglion pedal (sebelah ventral). . terdapat pada ganglion pedalis dan mendapat syaraf dari ganglion serebralis) • Selain dari itu seluruh tubuh . e. g. Sistem Ekskresi Alat ekskresi berupa nephridia.ermukaan tubuhnya peka terhadap sentuhan dan stimulus lainnya. ganglion parietal (sebelah lateral). terdapat di dekat jantung dan saluran uretranya terletak dekat anus. Sistem Pernapasan Alat pernapasan berupa paru-paru (modifikasi dari rongga mantel yang kaya dengan kapiler-kapiler). f. Organ Reseptor Terdapat tiga macam reseptor utama.

Ovotestis merupakan kelenjar kecil berwarna putihkemerahan. Mucus ini dihasilkan oleh glandula pedalis dengan salurannya yang bermuara di permukaan ventral di belakang mulut. karena spermatozoa dari induk yang sama tidak dapat membuahi sel telur. pada apek dari masa viscera). yaitu • Duktus hermaproditikus (persatuan saluran halus pada ovotestis) • Spermaviduk. yaitu atrium genital yang mempunyai lubang keluar (porus genitalis). dan • Saluran semen (vasdeferens). terletak melekat di antara kelenjar pencernaan (hepatopankreas. terdiri dari dua saluran. • vagina dan penis mempunyai hubungan terbuka dengan suatu ruangan. Permukaan yang dilalui siput darat akan menunjukkan bekas.ova dan spermatozoa dibentuk bersama-sama ovotestis. Gerakan dan Tingkah Laku Alat gerak ialah kaki. Sistem Reproduksi Achatina fulica hermafrodit. karena adanya deretan mucus yang ditinggalkan dalam perjalannya.h. . berakhir pada penis. Pada waktu aktif permukaan bawah kaki menjadi bergelombang dengan amplitude kecil dikarenakan adanya aktivitas otot-otot dalam dindingnya. tetapi untuk fertilisasi diperlukan spermatozoa dari individu lain. i. Saluran yang terdapat pada ovotestis. yaitu • Saluran telur (oviduk) berakhir pada vagina.

mantel yang dapat membentuk cangkok tubular dan di kedua ujungnya terbuka. ditutupi oleh . Mulut memiliki radula dan tentakel (bertindak sebagai organ sensoris dan berfungsi untuk memegang). Tubuhnya bulat memnajang.3. Tetapi fosil-fosilnya dapat mencapai ukuran 2 kaki. karena cangkoknya berbentuk tubular seperti taring atau gading gajah. Kaki menonjol berbentuk kerucut. atau sewaktu-waktu di laut yang dalam. . Beberapa spesies dapat mencapai ukuran lebih dari 3 inch panjangnya. di laut dangkal. Struktur Tubuh Hewan ini disebut juga cangkok gigi atau cangkok gading atau taring gajah. di dekat kaki terdapat mulut. Kelas Scaphopoda Anggota dari kelas ini hidup dengan cara membenamkan diri di pasir. a.

.

Sistem Ekskresi Sistem ekskresi dilakukan oleh 2 buah kantung menyerupai ginjal dan mempunyai lubang terbuka ke luar dekat anus. larvanya disebut trochopora. d. Sistem sirkulasi hanya terdiri atas sinus yang tersebar di antara organ-organ tubuh. c. Sistem Sirkulasi dan Respirasi Sistem respirasi dilakukan oleh .b. .mantel. Sistem Reproduksi Jenis kelamin terpisah.

Habitatnya di air tawar dan di laut. kaki otot. Pada bagian posterior terdapat sifon ekskuren pada sisi dorsal dan sifon inkuren pada sisi ventral. Hewan ini memiliki dua buah cangkang yang bersatu pada bagian dorsal oleh suatu ligament sendi. Beberapa jenis membenamkan diri di pasir atau di lumpur. Tubuh yang dilindungi cangkang terdiri atas massa visceral. Struktur Tubuh Anadonta woodina memiliki bentuk tubuh oval pada bagian anterior dan menyempit pada bagian posterior. ada juga yang bergerak pelan atau menempel pada objek tertentu a. insang ganda dan mantel. Panjang tubuh berkisar antara 5-10 cm. tiran. dan bangsa kepah lainnya. Kelas Pelecypoda Kelas ini meliputi remis. .4.

.

Ginjal berfungsi membuang limbah dari darah dan dari cairan perikard. Sistem Pencernaan Alat pencernaan makanan terdiri atas mulut di belakang otot aduktor anterior diantara dua palpus palpus labial. rectum. dan dubur. Sistem Ekskresi Sistem ekskresi berua ginjal yang terletak di bawah perikard. Sistem Sirkulasi Sistem sirkulasi terdiri atas jantung. Masing-masing jenis kelamin memiliki sepasang gonad.b. • Sistem Reproduksi Hewan ini bersifat diesius. Esophagus. lambung. f. usus. Sistem Saraf Sistem syaraf terdiri atas tiga pasang ganglion. . c. yakni ganglion cerebral di sisi esophagus. aorta anterior dan aorta dorsal. Sistem Respirasi Anadonta woodina bernapas dengan insang yang berbentuk huruf W yang terdapat pada bagian kanan dan kiri kaki e. ganglion pedal pada kaki dan ganglion visceral di bawah otot adductor posterior. Jantung terletak di bagian dorsal di dalam perikard dan terdiri atas dua aurikel dan ventrikel d.

sotong nautilus (satusatuanya kelas chepalopoda yang mempunyai cangkok luar). a. .5. Kelas Chepalopoda Kelas ini meliputi cumi-cumi. Berdasarkan struktur anatomi cumi-cumi lebih maju dari kepah. octopus (gurita) mempunyai ukuran sangat besar. Struktur Tubuh Tubuh terdiri atas kepala. dan badan yang dihubungkan oleh leher.

.

.

dan anus. Sistem Reproduksi Sel kelaminnya terpisah. Sistem Pencernaan Makanan Saluran pencernaan terdiri atas rongga mulut. posterior. e.b. pancreas. lambung. Pada kebanyakan hewan jantan salah satu tangannya mengalami modifikasi (hektokotilus) yang berfungsi untuk mentransfer kapsul sperma (spermatophores) ke rongga mantel hewan betina . kemudian masuk ke dalam insang melalui saluran ctenidium. stellata. infra bukkalis. yaitu ganglion serebral. intestin. Dari seluruh tubuh darah ditarik kembali masuk ke pembuluh vena besar (vena cava) melalui kapiler. Vena cava bercabang 2. supra bukkalis. c. hati (terletak di bagian akhir faring). sekum. dan sepasang indera pembau. Melalui anteri kapiler darah diedarkan ke seluruh tubuh. Sistem Peredaran Darah Sistem peredaran darahnya disebut peredaran darah ganda. Kelenjar pencernaan terdiri atas kelenjar ludah (terdapat di permukaan sebelah dorsal faring). f. d. dan ganglion oftis. Alat Indera Mata perkembangannya sangat maju. Alat indera yang lain yaitu sepasang statosit (terletak di bawah otak). Sistem Syaraf Sistem syaraf terdiri dalam beberapa pasang ganglia yang umumnya terdapat di daerah kepala. menyerupai mata vertebrata. dan aorta genital). Darah arteri dipompa oleh jantung sistematik melaui 3 aorta (aorta anterior. rectum. esophagus. visceral. Saluran gonad kterletak di rongga mantel dekat anus. pedal. faring (terdapat rahang radula). melalui kedua cabang inilah darah masuk ke arteribrankialis. berfungsi sebagai indera keseimbangan.

merusak kerang-kerang piaran dan bangunan kapal 2. Cangkang dari berbagai mollusca dijadikan bahan industry dan hiasan cantik banyak yang berwarna sangat indah. siput. 2. Mutiara yaitu permata yang dihasilkan sejenis kerang dan merupakan komoditas ekspor non migas yang cukup penting terutama bagi Negara kita. • Mollusca yang merugikan 1. Cumi-cumi. Lymnea javanica sebagai inang perantara berbagai cacing fasciola hepatica . Teredo navalis. 3. kerang dan sotong merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi selain rasanya juga enak.Peranan Mollusca bagi kehidupan manusia • Mollusca Yang menguntungkan 1. tiram.

THE END .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->