P. 1
Sap Gizi Ibu Menyusui Baru

Sap Gizi Ibu Menyusui Baru

|Views: 222|Likes:

More info:

Published by: Tazkiatul Fitriyah Khoerudin on Dec 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2015

pdf

text

original

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Waktu Tanggal Tempat

: Pemenuhan Gizi Ibu Menyusui : Gizi Ibu Menyusui : Ibu Yang Sedang Menyusui : 50 Menit : 4 Desember 2012 : Ruang Nifas Zaitun III RSUD Al-Ihsan

I. Tujuan InstruksionalUmum Setelah diberikan penyuluhan, sasaran mampu memahamitentang kebutuhan gizi ibu menyusui.

II. Tujuan Instruksional Khusus Setelah diberikan penjelasan selama 50 menit diharapkan sasaran dapat : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Menyebutkan pengertian gizi ibu menyusui Menyebutkan manfaat gizi bagi ibu menyusui Karakteristik makanan bagi ibu menyusui Menyebutkan kebutuhan gizi ibu menyusui Menyebutkan dampak apabila ibu menyusui kurang gizi Menyebutkan bahan makanan yang dapat merangsang ASI Menyebutkan hal-hal yang harus dihindari pada ibu yang menyusui Menyebutkan Kandungan Nutrisi yang ada dalam ASI Menyebutkan mengapa harus diberikan ASI secara Ekslusif

III. Pokok Materi 1. Pengertian Gizi Ibu Menyusui 2. Manfaat Gizi Bagi Ibu Menyusui 3. Karakteristik Makanan Bagi Ibu Menyusui 4. Kebutuhan GiziIbu Menyusui

Kontrak waktu 4. Menjelaskan tujuan dari penyuluhan 6. Metode : ceramah dan diskusi 2. Hal-Hal Yang Harus Dihindari Pada Ibu Menyusui 8.5. Waktu Kegiatan Penyuluh Pra Pembelajaran: 1. Faktor yang menyebabkan bayi harus diberikan ASI ekslusif IV. Bahan Makanan Yang Dapat Merangsang ASI 7. dan tempat 2. media. Langkah-langkah kegiatan : No. Memperkenalkan diri 3. 5 Menit Pembukaan : 1. Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam 2. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI 9. Penyuluh menyampaikan materi 2. Kegiatan Belajar Mengajar 1. Sasaran mengajukan Memperhatikan Bertanya dan menjawab pertanyaan Menjawab salam Mendengarkan Memperhatikan Kegiatan Peserta . Sasaran menyimak materi 3. Mempersiapkan materi. 5. Apersepsi 3. Dampak Apabila Ibu Menyusui Kurang Gizi 6. Menyebutkan materi yang akan diberikan. 30 Menit Pelaksanaan : 1.

pertanyaan 4.com/2009/12/satuan-acara-penyuluhan-sapgizi. 5 Menit Evaluasi: 1.blogspot. Jakarta: PT.com/medicine-and-health/nutrition/2093635mengapa-harus-asi-eksklusif/#ixzz2DZzxil6j. Jus Buah & Sayuran untuk Ibu Hamil & Menyusui.blogspot. November 2012. http://mygreatbloggers. Evaluasi    Prosedur Jenis tes Butir soal : Post test : Pertanyaan secara lisan : 5 soal diperoleh tangga 29 . 2011. VI. b. http://lorenatazo. c. Musiatun.html. Buku Seru. Memberikan Pertanyaan 2. d.shvoong.html. Mengucapkan salam penutup Mendengarkan Menjawab pertanyaan Menjawab salam V. Penyuluh dan sasaran menyimpulkan materi Penutup: 1.com/2012/04/sap-pemberian-nutrisiibu-menyusui. http://id. Penyuluh menjawab pertanyaan yang diajukan 4. Diperoleh tanggal 15 November 2012. Media Dan Sumber   Media : Leaflet dan PowerPoint Sumber : a.Diperoleh tanggal 15 November 2012.

Sebutkan pengertian gizi ibu menyusui? Sebutkan manfaat gizi bagi ibu menyusui? Sebutkan kebutuhan gizi ibu menyusui? Sebutkan dampak apabila ibu menyusui kurang gizi? Sebutkan hal-hal yang harus dihindari pada ibu yang menyusui? VII. 3. 5. 4 Desember 2012 Penyuluh Kelompok 3 . 4. Lampiran Materi dan Media Baleendah. 2.1.

Untuk menjaga agar ibu tetap sehat dan produksi ASI cukup C. 5. 2. B. Makanan seimbang seperti kalori. Menghasilkan ASI yang mencukupikebutuhanbayi 4. Mempertahankan sirkulasi yang adekuat bagi ibu selama proses pemulihan 5. protein dan karbohidrat harus memenuhi kebutuhan ibu menyusui.GIZI IBU MENYUSUI A. KesehatanIbumenyusui 3. Menyeimbangkan kebutuhan energi dalam aktivitas ibu dengan peningkatan metabolisme (pembakaran) dalam tubuh. Makanan tidak mengandung bumbu yang merangsang. seperti makanan yang pedas dan terlalu asam. Makanan mengandung banyak sayuran hijau untuk meningkatkan progduksi ASI dan mengatasi masalah pencernaan seperti : sulit BAB. mineral. 3. Meningkatkan pertahanan tubuh selama proses pemulihan 6. Jumlahnya lebih banyak dari makanan ibu hamil. Karakteristik Makanan Bagi Ibu Menyusui 1. . air dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dalam jumlah tertentu selama menyusui. Manfaat Gizi Bagi Ibu Menyusui Gizidiperlukanibumenyusuiuntuk : 1. lemak. Pengertian Gizi ibu menyusui adalah makanan sehat yang seimbang mengandung protein. Kebutuhan air setiap hari lebih banyak 4. 7. Pemulihanenergisetelahpersalinan 2.

Cairan Ibu menyusui cenderung untuk merasa cepat haus karena sebagian air yang diminum dipakai tubuh untuk memproduksi ASI (87% kandungan ASI adalah air). singkong. tempe dan kacang-kacangan. telur. Susu. Konsumsi kalsium yang dianjurkan adalah 1. kentang.Konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung cukup vitamin. 4. dan lain-lain. Zat besi banyak terdapat pada sayuran seperti kangkung. B12.7 mg zat besi dan 204 mg kalsium. kejuadalah sumber kalsium. Suplemen vitamin A.200 mg. jagung. Pastikan kecukupan konsumsi zat besi agar ibu menyusui tidak anemia. bayam dan katuk. Karbohidrat Karbohidrat merupakan sumber kalori yang penting untuk pembentukan energi.D.Kebutuhan protein minimal adalah 1 gram per kg berat badan. niasin dan asam folat sangat diperlukan pada masa menyusui. B1. Katuk merupakan sayuran spesial bagi ibu menyusui. gandum. : Minum 6-8 gelas hari.5 gelas per hari. B2. Sayuran dan Buah-buahan Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin. Protein dan Kalsium Perbanyak makanan yang kaya protein dan kalsium. Magnesium dan zinc juga harus diperoleh karena diperlukan untuk memperlancar penyerapan kalsium. karena dalam 100 g daun katuk terdapat sekitar 2. tahu.Protein dan kalsium sangat diperlukan untuk produksi ASI dan pertumbuhan bayi. Selain air putih. 2.Agar tubuh tidak kekurangan cairan.Protein diperoleh dari daging.roti. Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui 1. susu dan buah juga dapat menjadi sumber cairan. lebih bagus jika frekuensi minum ditambah sebanyak 4. . Kalori diperoleh dari nasi. yoghurt. C. 3.

E. telur dan daging. Kadar lemak dan vitamin dalam ASI cenderung kurang 4. sayuran hijau. dan hipolasia enamel gigi bayi. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan lelah berat.Sumber vitamin D adalah sinar matahari (Badriah. ablasio plasenta dan defect neural tube terutama pada masa organogenesis (Sadler.spina bifida. 6. Bahan Makanan Yang Dapat Merangsang ASI Contoh beberapa jenis makanan yang dapat merangsang ASI. kejang berat. diantaranya : 1. Produksi ASI menurun 2. F. 2000). Keadaan umum dan kesehatan BBL kurang. jeruk. Vitamin D Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan gangguan metabolisme kalsium pada ibu dan janin. Asam Folat Kebutuhan selama hamil dua kali lipat dan bermanfaat untuk perkembangan sel – sel muda. asparagus dan kacang – kacangan. Kekurangan asam folat juga berkaitan dengan BBLR.Gangguan dapat berupa hipokalsemi. 2011:13). dan anemia megaloblastik.5. pembentukan Heme. Bayam 2. sehingga kejadian anensefali. brokoli. Gizi yang didapat bayi tidak optimal 3. gangguan tidur. Jenis makanan yang mengadung asam folat yakni ragi. dan metabolisme energi. pematangan eritrosit. Kedelai . Sumber hewani : ikan. Dampak Apabila Ibu Menyusui Kurang Gizi 1. osteomalasia pada ibu. dan cacat lain yang disebabkan neural tube defects dapat dikurangi. Lea and Febiger (1994) telah membuktikan bahwa pemberian asam folat sebelum konsepsi dan pada permulaan kehamilan dapat mengurangi neural tube defects. sintesis DNA. tetani pada bayi baru lahir.

selain akibat pasif dari efek rokok yang dihisap paru. Pisang 11. .3. Merokok juga dilarang. Daun katuk 6. Daun singkong 4. Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Asi 1. Kacang hijau G. Mangga 7. Daun pepaya 8. Kolostrum .paru bayi. Jeruk 9. Pepaya 5. Makanan yang terlalu asam 3. Makan yang terlalu pedas 2. cairan kental berwarna kekuning kuningan yang dihasilkan pada sel alveoli payudara ibu. Kacang tanah 10. Makanan yang banyak mengandung MSG 4. Jangan minum kopi yang berlebihan. akibatnya bayi keracunan nikotin. karena dapat merangsang ginjal berkerja lebih kuat yang menyebabakan sering buang air kecil padahal selama menyusui memerlukan banyank cairan. Hal-Hal Yang Harus Dihindari Pada Ibu Menyusui 1. nikotin yang ada dalam tembakau mengalir melalui ASI ketubuh bayi. 6. Jambu air 13. Kacang merah 12. Sesuai untuk kapasitas pencernaan bayi dan kemampuan ginjal baru lahir yang belum mampu menerima makanan dalam volume besar. Makanan yang menyebabkan alergi bagi ibu dan bayinya alergi H. 5.

Sebaliknya dengan susu sapi. merupakan karbohidrat utama pada ASI. 5. 10. walaupun zat besi yang terkandung di dalam ASI hanya sedikit. Vitamin A. Berupa asam amino dan berfungsi sebagai neurotransmitter. bayi yang tidak mendapatkan ASI . Laktoferin. lebih banyak menderita penyakit jantung koroner di usia muda. protein dalam ASI terdiri dari casein ( yang sulit dicerna) dan whey ( yang mudah dicerna). Laktobasilus. bermanfaat menghambat bakteri stafilokokus dan jamur kandida. Lebih mudah dicerna karena sudah dalam bentuk emulsi. Penelitian osborn membuktikan. 9. bayi yang mengkonsumsi ASI jarang kekurangan zat besi (anemia). 6. berfungsi menghambat pertumbuhan microorganisme seperti bakteri E-Coli yang sering menyebabkan diare pada bayi. vitamin A ada dengan konsentrasi berkisar 200 IU/dl. Lisozim. Lemak. Taurin. Fungsi lainnya meningkatkan absorbsi kalsium dan merangsang pertumbuhan laktobasilus bifidus. Protein. 3. Zat Besi. hal ini dikarenakan zat besi dalam ASI lebih mudah di serap. 7. protein dalam ASI lebih banyak mengandung whey dari pada casein sehingga protein ASI mudah dicerna. 8. fungsinya sebagai sumber energi. berperan penting dalam maturasi otak bayi. Dapat memecah dinding bakteri sekaligus mengurangi insiden karies dentis dan maloklusi ( kebiasaan lidah yang mendorong kedepan akibat menyusu dengan botol dan dot ) . 4. lemak ASI adalah penghasil kalori ( energi) utama dan merupakan komponen zat gizi yang sangat bervariasi. Laktosa.2.

baik secara pertumbuhan maupun secara psikologis.ASI memiliki kandungan 50+ faktor imunitas yang sudah dikenal. ASI membantu melindungi bayi dari diare. Organisasi WHO. Riset medis membuktikan bahwa ASI eksklusif membuat bayi berkembang dengan baik pada 6 bulan pertama bahkan pada usia lebih dari 6 bulan. c) Menunda pemberian makanan padat memberikan kesempatan pada sistem pencernaan bayi untuk berkembang lebih matang. sudden infant death syndrome/SIDS. FAKTOR – FAKTOR YANG MENYEBABKAN BAYI HARUS DIBERIKAN ASI EKSLUSIF a) ASI adalah satu-satunya makanan sekaligus minuman yang dibutuhkan bayi hingga usia 6 bulan. Kekebalan paling besar diterima bayi saat dia diberikan ASI eksklusif. pada usia 6–9 bulan.Kandungan yang dimiliki ASI membantu menyerapan nutrisi. infeksi telinga.Saat itulah. Bila makanan padat sudah mulai diberikan sebelum sistem pencernaan bayi siap menerima. Evaluasi pada bukti-bukti yang telah ada menunjukkan bahwa pada tingkat populasi dasar. dan infeksi lain. Biasanya bayi siap untuk makan makanan padat. Sebuah studi memperlihatkan bayi yang diberikan ASI eksklusif selama 4 bulan+ mengalami infeksi telinga 40% lebih sedikit daripada bayi yang diberi ASI ditambah makanan tambahan lain. makanan .I. ASI adalah makan bernutrisi dan berenergi tinggi yang mudah dicerna. nutrisi tambahan bisa diperoleh dari makanan padat. b) Menunda pemberian makanan padat memberikan perlindungan pada bayi terhadap penyakit. mengatakan: “ASI adalah suatu cara yang tidak tertandingi oleh apapun dalam menyediakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi. pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan adalah cara yang paling optimal dalam pemberian makan kepada bayi. Bayi terus menerima imunitas melalui ASI selama mereka terus disusui. biasanya bayi membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada yang tersedia dalam ASI.” Setelah 6 bulan.

dapat masuk dalam aliran darah. Amilase. Hal ini menguntungkan bagi bayi yang . enzim yang diproduksi oleh pankreas belum mencapai jumlah yang cukup untuk mencernakan makanan kasar sampai usia sekitar 6 bulan. Tubuh bayi belum memiliki protein pencernaan yang lengkap.tersebut tidak akan dapat dicerna dengan baik bahkan dapat menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan: gangguan pencernaan. isomaltase. termasuk protein dan bakteri patogen.  Bayi bisa “menjumput”. timbulnya gas. dan sukrase belum mencapai level orang dewasa sebelum usia 7 bulan. bayi memiliki “usus yang terbuka”. sehingga pencernaan lemak belum mencapai level orang dewasa. Jumlah lipase dan bile salts juga baru sedikit. Jarak antara sel-sel pada usus kecil akan membuat makromolekul yang utuh. dll. Enzim pencerna karbohidrat seperti maltase. e) Menunda pemberian makanan padat mengurangi resiko alergi makanan Berbagai catatan menunjukkan bahwa memperpanjang pemberian ASI eksklusif mengakibatkan rendahnya angka insiden terjadinya alergi makanan. Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bayi sudah siap untuk menerima makanan padat:  Bayi dapat duduk dengan baik tanpa dibantu. konstipasi. d) Menunda pemberian makanan padat memberikan kesempatan pada bayi agar sistem yang dibutuhkan untuk mencerna makanan padat dapat berkembang dengan baik. Sejak lahir sampai usia antara 4-6 bulan. Asam lambung dan pepsin dibuang pada saat kelahiran dan baru dalam 3 sampai 4 bulan terakhir jumlahnya meningkat mendekati jumlah untuk orang dewasa.  Reflek lidah bayi sudah hilang dan tidak secara otomatis mendorong makanan padat keluar dari mulut.  Bayi kelihatan bersemangat ikut serta pada saat makan dan mungkin mencoba meraih makanan dan memasukkannya ke mulut.  Bayi sudah siap dan mau mengunyah. di mana dia bisa memegang makanan atau benda lainnya dengan jempol dan telunjuknya.

Jangan masukkan dalam gelas plastic minuman kemasan maupun plastic styrofoam. dan penutupan usus biasanya terjadi pada saat yang sama. Bayi mulai memproduksi antibodi sendiri pada usia sekitar 6 bulan. Dalam 4-6 bulan pertama usia bayi. wadah melamin. h) Menunda pemberian makanan padat membuat pemberiannya menjadi lebih mudah. J. mengurangi efisiensi penyerapan zat besi. Pemberian makanan padat terlalu dini sering dihubungkan dengan meningkatnya kandungan lemak dan berat badan pada anak-anak. antibodi (lgA) dari ASI melapisi organ pencernaan bayi dan menyediakan kekebalan pasif. gelas. Cara Penyimpanan Asi Yang Benar 1. Pengenalan suplemen zat besi dan makanan yang mengandung zat besi. mengurangi terjadinya penyakit dan reaksi alergi sebelum penutupan usus terjadi. terutama pada usia enam bulan pertama. Bayi yang mulai makan makanan padat pada usia yang lebih tua dapat makan sendiri dan mempunyai kecendurangan untuk mengalami alergi terhadap makanan yang lebih kecil. atau wadah plastik untuk makanan atau yang bisa dimasukkan dalam microwave. f) Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari anemia kekurangan zat besi. Masukan ASI dalam kantung plastic polietilen (misal plastik gula). Bayi yang sehat dan lahir cukup bulan yang diberi ASI eksklusif selama 6-9 bulan menunjukkan kecukupan kandungan hemoglobin dan zat besi normal. tetapi hal ini juga berarti bahwa protein-protein lain dari makanan selain ASI (yang mungkin dapat menyebabkan alergi) dan bakteri patogen yang bisa menyebabkan berbagai penyakit bisa masuk juga. cangkir keramik. 2.mendapatkan ASI karena antibodi yang terdapat dalam ASI dapat masuk langsung melalui aliran darah bayi. saat usus masih “terbuka”. . g) Menunda pemberian makanan padat membantu melindungi bayi dari risiko obesitas di masa dating.

ASI dikeluarkan oleh ibu dengan tangan. Selama putting susu yang bersangkutan di istirahatkan. Gunakan sebelum batas maksimal yang diijinkan. . Putting susu datar atau terbenam Pijat dengan ibu jari dan telunjuk pada putting susu menuju kearah yang berlawanan. baru masukkan ke freezer (bagian kulkas untuk membekukan makanan). d. Apabila nyeri hebat.3. Beri tanggal dan jam pada masing-masin wadah. 6. 5. putting susu yang sakit di istirahatkan sampai memungkinkan untuk kembali menyusui bayi. 4. Dinginkan dalam refrigerator (kulkas). ASI dapat diperas sedikit dengan tangan. (+ 3-6 bulan) K. c. Masalah dalam Menyusui dan Cara Mengatasinya 1. Kompres dingin dapat mengurangi rasa tidak enak. Bayi disusui sampai payudara harus kosong. 3. ibu bisa terus menyusui bayi. Simpan sampai batas waktu yang diijinkan ( + 2 minggu). Gunakan BH yang dapat menopang dengan nyaman. atau luka makin berat. Jika hendak dibekukan. b. e. 2. putting susu diolesi ASI dan biarkan mengering c. b. Putting susu lecet a. d. Menggunakan BH yang tidak terlalu ketat. frekuensi pengeluaran harus lebih sering. masukkan dulu dalam refrigerator selama semalam. Kalau lecet tidak terlalu berat. Putting susu dan payudara bengkak a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->