LAPORANKARYA WISATA KE PURBALINGGA

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Mata Pelajaran

Disusun Oleh : A.FENDI PRATAMA XII IPA 5 Tahun Pelajaran 2012 - 2013

i

Fendi Pratama ii .LEMBAR PENGESAHAN Diajukan sebagai salah satu kewajiban siswa-siswi SMAN 2 KLATEN untuk membuat laporan KaryaWisata Purbalingga. A. Laporan yang berjudul “LAPORANKARYA WISATA KE PURBALINGGA“ ini telah diterima dan di sahkan pada : Hari : Tanggal : Tempat : SMA N 2 KLATEN Klaten. Juli 2012 Penulis.

Kawit Sudiyono. SPd NIP. 19620205 198903 1 009 iii .196206191986012003 Kepala SMAN 2 Klaten Drs. M.Agus Waryanto NIP.Pd NIP.Mengetahui Pendamping I PendampingII Drs.196203151995121002 Endang Cristanti.

Sebaik-baik orang adalah yang mengerti kesalahan dan melakukan perbaikan dengan kesadaran jiwa lapang. Puncak dari suatu keberhasilan adalah jika orang itu telah menyampaikan dengan segala jerih payah yang dimiliki. 9. 6. Agama tanpa ilmu adalah lemah. Berusaha dengan di iringi doa akan menjadi awal kesuksesan Jangan pernah takut gagal karena itu suatu rintangan Tak pernah suatu yang besar bisa tercapai tanpa adanya semangat yang besar Setiap orang tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain Doa orang tua dan usaha menjadi kunci keberhasilannya Sukses itu tidak kewajiban. 2. 5. 11. 10. tapi berusaha untuk menjadi sukses adalah kewajiban Proses mendapatkan sesuatu lebih indah daripada setelah mendapatkannya iv . 8. 4. 13. 12. Sebaik-baiknya karya manusia pasti akan luput dari kesalahan dulunya. 3. 7. Ibarat gula semakin manis. ilmu tanpa agama menjadi buta. ilmu juga akan terasa manfaatnya jika ilmu itu telah sepa dan dengan kehidupan di dunia. Masa muda hanya sekali oleh karena itu pergunakan sebaik-baiknya.MOTTO 1.

4. v . Para pembaca yang telah menyempatkan membaca karya tulis ini. 7. Orang tua yang telah mengijinkan penulis mengikuti widyawisata ke Purbalingga. Teman-teman di rumah. 2. 6.PERSEMBAHAN Laporan KaryaWisata ke Purbalingga ini penulis persembahkan kepada : 1.Pudyastuti selaku wali kelas XI IPA 5. 3. Serta adik-adik kelas X dan kakak-kakak kelas XII yang penulis cintai dan banggakan. Bapak Kepala SMAN 2 KLATEN. 5. Ibu Drs. Teman-teman di sekolah khususnya kelas XI IPA 5.

dan do’a. Akhir kata semoga Allah SWT memberi balasan dari apa yang telah diberikan kepada penulis. penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Kawit Sudiyono. Juli 2012 Penulis vi . Penulis menyadari bahwa laporan karya wisata ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. sehingga penulis dengan segenap kemampuan dapat menyelesaikan tugas penyusunan laporan karya wisata dengan judul Laporan Karya Wisata ke Purbalingga. Amin. Pada kesempatan ini dengan segala kerendahan hati. Pd. Orang tua penulis yang selalu memberikan motivasi. Klaten. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan karya wisata ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. M. 2. 4. Bapak Drs. oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan karya ilmiah ini. bantuan. 3.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya. selaku kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Klaten. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan dan dorongan dalam penyusunan karya ilmiah ini. selaku pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan dalam penyusunan karya ilmiah ini. dorongan.

.1 SANGGALURI PARK……………………………………………………….2 SARAN………………………………………………………………………3 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………….vii BAB I SEKITAR KARYA WISATA………………………………………………………1 1....DAFTAR ISI COVER……………………………………………………………………………….2 BAB II PENUTUP…………………………………………………………………………..v KATA PENGANTAR………………………………………………………………vi DAFTAR ISI………………………………………………………………………....ii MOTTO…………………………………………………………………………….2 OWABONG…………………………………………………………………...3 2.4 LAMPIRAN…………………………………………………………………………5 vii .i PENGESAHAN…………………………………………………………………….iv PERSEMBAHAN………………………………………………………………….1 KESIMPULAN………………………………………………………………3 2.1 1..

Untuk kunjungan taman reptile rute awal yang di lalui adalah koleksi ular yang banyak terdiri dari ular yang kecil sampai ular yang sangat besar atau ular yang tidak berbisa sampai ular yang mematikan. Kita akan disambut oleh patung ular kobra yang berjajar. Taman Reptil ini memiliki koleksi yang lengkap. Beberapa factor kelengkapan sarana dan prasarana. Kawasan ini terletak di desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari sekitar 5 kilometer dari pusat kota Purbalingga. Anak-anak bisa melihat dan mempelajari lebih dalam tentang dunia reptile dan serangga. mahasiswa dan untuk umum. membuat kawasan ini menjadi kawasan bumi perkemahan paling bagus dan paling nyaman di Jawa Tengah. Bahkan jenis iguana dibiarkan berkeliaran bebas di halaman sehingga anak-anak bisa menyentuh langsung. Jalan menuju kesana relative bagus dan mudah dijangkau. daya tampung. fasilitas camping ground dan sarana lain yang tersedia. Kalau berkunjung ke bumi perkemahan Munjuluhur di sana dapat dijumpai sarana untuk lokasi perkemahan dan outbond yang cukup representatif. Hanya dengan membayar tiket 3000 rupiah. Selain hewan yang masih hidup di sana juga terdapat herbarium (awetan kering ) serangga/insekta kumbang berbagai ukuran dan kupu-kupu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak tentang dunia binatang yang selama ini dikenal menakutkan dan menjijikan. Bagi pengunjung yang berani berinteraksi dengan hewan reptil tersebut juga di sediakan taman yang berisi ular-ular yang jinak dan tidak berbisa sehingga pengunjung dapat berfoto atau sekedar memegang saja.1 SANGGALURI PARK Obyek wisata ini merupakan satu lokasi dengan bumi perkemahan Munjuluhur. Kita bisa langsung masuk ketempat yang memiliki koleksi serangga dan reptile lengkap. 1 . Meskipun dekat dengan kota namun kawasan ini relative merupakan daerah yang teduhdanasri. Begitu memasuki Taman Reptil dan Serangga di Desa Karangbanjar. Purbalingga. Dengan cara ini anak-anak tidak akan takut lagi melihat langsung reptil.BAB I SEKITAR KARYA WISATA 1. Ular-ular itu di tempatkan di dalam akuarium sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas dan juga ada beberapa species kodok yang menarik. bukan saja binatang asli Indonesia. Kecamatan Kutasari. maka lokasi ini dapat dipilih dengan fasilitas yang cukup lengkap. keamanan. karena ditempat ini juga terdapat koleksi pustaka lengkap. namun juga luar negeri. Sebagai sarana perkemahan dan arena petualangan (out bond) bagi pelajar. Tersedia angkutan langsung dari terminal atau pusat kota Purbalingga untuk menuju ke lokasi dengan mengambil jurusan ke Kutasari.

waterboomdanwahana air lainnya.Museum Wayang dan Museum Uang Masih berada di kompleks taman reptil terdapat meseum uang. Disana juga terdapat uang dari berbagai Negara yang tak kalah menarik. arena gokart. Di sana terdapat berbagai macam uang baik uang keluaran baru dan masih banyak beredar maupun uang yang yang sangat kuno dari kerjaan majapahit.8 Ha darisebelumnya yang hanya 1 Ha sajahinggaselesaidandiresmikanpada 1 Maret 2005. Di sana juga terdapat uang logam yang berumur sangat tua sampai menyatu dengan batu. Terletak didesa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalinggapropinsi Jawa Tengah. Berawaldarisebuahkolamrenangpribadi yang dibuatolehwarganegaraBelanda yang dibangunpadatahun 1946. kemudiandiambilalihseorangketurunanTionghoabernamaKwi Sing. Di dalam museum wayang juga terdapat koleksi alat-alat manusia purba yaitu kapak genggam serta satu hal yang sangat menarik adalah koleksi batu mulia.2 Obyek Wisata Air Bojongsari (OWABONG) Obyekwisata air Bojongsariataulebihdikenalsebagai Owabong adalahtempatwisatakeluarga yang memilikiwahanapermainanberupakolamrenang. 1. WaterBoom Flying Fox Kolamsesat PantaiBebasTsunami KolamPesta Air KolamAkhir KanalArus KolamTerapiIkan Arena Gokart 2 . Di dekat museum uang juga ada museum wayang yang memiliki koleksi yang sangat lengkap mulai dari wayang kulit sampai wayang berwujud mirip ninja samurai dari jepang. Koleksi wayang juga terjaga dengan baik. Wahana Permainan yang terdapat di Obyek Wisata Air Bojongsari antara lain :           Kolam Olympic Papanluncur. Satu hal yang sangat menarik adalah salah satu koleksi uang di sana bernilai 50 Milyar. Uang jaman dahulu di dominasi oleh uang logam yang memiliki ciri khas tersendiri dari masing-masing wilayah.Padatahun 2004 dibelioleh PEMDA kabupatenPurbalingga yang akhirnyamembangunnyasebagaisebuahwahanawisatakeluargadandiperluashingga 4.

selainsebagaidokumentasiperpustakaanjugadapatmerupakantambahanbacaanreferensika ryatulislainnya. Jadi. sejarah dan tekhnologi.2. bahwa event sepertiinisangatpositifutukgenerasikedepan agar lebihmatangpersiapannya. Kesimpulan Dari penulisan laporan karya wisata Purbalingga dapat kami simpulkan sebagai berikut: Pada saat kami mengunjungi obyek wisata di Purbalingga. Marilahkitamengunjungiwisatabersamakeluargaanda. sehinggapembuatanLaporan Karya Wisata sederhanainiakanlebihbaikdanbermanfaatbagisemuanyakhususnyasiswa SMAN 2 Klaten. Saran Saran yang dapat kami ajukanmelaluilaporanini. 2. 3 . mengambil manfaatnya untuk kehidupan kita sehari-hari di lingkungan alam sekitar. apalagi tempat-tempat yang kami kunjungi merupakan obyek wisata yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah contohnya dipelajaran biologi.BAB II PENUTUP Marilahkitamengunjungiberbagaiwisatakarenakitawarga Negara wajibmengetahuisejerah-sejarahdanpeninggalannenekmoyangkita yang padazamandahulumemperjuangkandanmempertahankan Negara kitadaripenjajah Negara lain yang inginmenguasai Negara kitadanmencarikekayaanalam Negara Indonesia. pastinya wawasan yang kita dapat bertambah luas dan kita juga dapat. 2.1. kami mendapat banyak pengalaman yang baik dan menyenangkan.

Wisata Melayu http://www.purbalinggakab.com/ Situs tentang Teknologi.com/serba-serbi-rubrik-44/161-mengenalpestisida-nabati-skala-rumah-tangga-untuk-mengendalikan-hama-tanaman.org/wiki/Owabong Situs tentang ensiklopedia informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.wordpress. Wikipedia http://id.wikipedia.html Situs tentang informasi tanaman hias Indonesia. Disbudparpora http://disbudparpora.go.wisatamelayu.com/pariwisata/museum-wayang-dan-artefak Situs tentang informasi tentang kabupaten Purbalingga.id/kebudayaanpurbalingga/purbalingga-miliki-museum-wayang-dan-artefak Situs resmi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga Kota Perwira http://kotaperwira. Blogspot http://cyber4life.kebonkembang.com/2011/04/02/adu-nyali-di-taman-reptilpurbalingga/ Situs tentang teknologi.com/id/news/9921-MuseumWayang-dan-Artefak-Dibangun-di-Purbalingga-Jateng Situs tentang obyek wisata di Indonesia.DAFTAR PUSTAKA Wordpress https://iqmaltahir.blogspot. LAMPIRAN 4 . Kebonkembang http://www.

Koleksi Serangga Awetan : Koleksi Tokek: Koleksi Ular : 5 .

Koleksi Buaya : Koleksi Kura-kura : Koleksi Biawak : Koleksi Wayang : Koleksi Perangko dan Uang : 6 .

Therapy Ikan : Arena Gokart : Kolam Air Hangat : 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful