P. 1
geologi umum

geologi umum

|Views: 394|Likes:

More info:

Published by: Kemal Faizal Hermawan on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Perkembangan dunia pertambangan kini semakin pesat semakin banyak pula materi materi harus kita kuasai. Secara umum geologi umum ini terdiri dari pengertian geologi, peta topografi dan struktur geologi ini semua merupakan dasar dari materi geologi umum yang akan kita pelajari dan akan berguna untuk menunjang pemahaman materi tentang geologi umum ini. Lingkup pemahaman pada materi geologi umum ini meluputi dasar-dasar dari geologi yang akan digunakan sebagai acuan untuk materi materi dasar geologi.

1.2 Maksud dan Tujuan 1.2.1 Maksud
Maksud dari pembuatan laporan ini adalah untuk kita bisa lebih mengetahui pengertian serta penjelasan tentang geologi umum, mulai dari pengertian geologi, pembuatan peta, dan struktur geologi. Hingga kita semua dapat menggunakan makalah ini sebagai acuan untuk mengetahui materi materi dasar dari geologi umum ini.

1.2.2 Tujuan:
1. Untuk mengetahui pengertian geologi 2. Untuk mengetahui pemetaan topografi 3. Untuk mengetahui tahap pemetaan 4. Untuk mengetahui jenis jenis struktur geologi

1

dan sejarah dari bumi merupakan hal utama untuk dapat memahami sejarah dan segala isi bumi.1 Pengertian Geologi Secara bahasa Geologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang artinya bumi dan Logos yang artinya ilmu.BAB II LANDASAN TEORI 2. Karena Bumi terbentuk dari susunan batuan. pengetahuan mengenai isi bumi. Gambar 2. Secara umum Geologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang Bumi. dan sejarah dari bumi. Dengan kata lain batuan merupakan objek utama yang dipelajari dalam geologi. bagaimana terbentuknya. jadi Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. termasuk isi bumi.1 Contoh gambar lapisan bumi 2 . bagaimana terbentuknya .

maka Geologi secara umum dibagi menjadi 2 (dua) bagian. sehingga materi geologi sejarah ini menjelaskan hubungan secara kronologi dari perubahan-perubahan fisik dan biologi yang muncul dalam bidang geologi yang telah lalu.1. Gambar 2.1 GEOLOGI FISIK Geologi fisik merupakan ilmu geologi yang mempelajari tentang elemenelemen yang menyusun sehingga terbentuk bumi dan belajar untuk mengerti serta memahami apa saja proses-proses yang terjadi di bagian dalam dan di permukaan bumi. yaitu Geologi Fisik dan Geologi sejarah. Gambar 2. 2.1.2 Contoh gambar geologi fisik 2.2 GEOLOGI SEJARAH geologi sejarah adalah ilmu geologi yang mempelajari tentang asal mula terbentuknya bumi dan perkembangan bumi seiring dengan berjalannya waktu.3 Karena luasnya bidang-bidang yang ada pada bidang geologi.3 Contoh gambar geologi sejarah .

maka makin banyak pula detil yang akan dapat terlihat pada peta tersebut. maka pada setiap titik yang dilewati oleh kurva tersebut akan mempunyai ketinggian 100m di atas permukaan laut. Peta topografi memiliki fungsi untuk memberikan informasi 3 dimensi sebuah wilayah pada permukan 2 dimensi.000 sampai 1 : 100. misalnya puncak gunung yang berkawah.2 PEMETAAN TOPOGRAFI Peta topografi adalah peta yang banyak digunakan dalam survey geologi dimana peta tersebut mencantumkan garis-garis kontur sebuah wilayah yang menggambarkan bentuk dan elevasi tanah daripada tanah tersebut. Peta topografi digunakan untuk menunjukan kontur tanah dengan menggunakan garis-garis kontur. Contohnya pada sebuah kurva kontur yang mempunyai ketinggian 100m diatas permukaan laut.000. makin besar skala pada sebuah peta. Yang kedua garis kontur yang diberi tanda bergerigi menunjukkan depresi (lubang/cekungan)di puncak. Beberapa ketentuan pada peta topografi yang pertama Makin rapat jarak kontur yang satu dengan yang lainnya menunjukkan daerah tersebut semakin curam. Detail pada peta proporsional tergantung pada skala peta. Sebaliknya semakin jarang jarak antara kontur menunjukkan daerah tersebut semakin landai. Lalu yang ketiga peta topografi menggunakan skala besar.2.4 Contoh Peta Topografi 2 . Gambar 2. antara 1 : 50. Garis kontur adalah kurva yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian yang sama.

Proses deformasi itu sendiri adalah gaya atau dorongan pada batuan yang berakibat langsung pada batuan di dalam bumi yang mengalami perubahan bentuk dan ukuran. contohnya lipatan (fold).3 Struktur Geologi Geologi struktur adalah merupakan bagian dari ilmu geologi yang mempelajari tentang bentuk (struktur) batuan yang merupakan sebagai hasil dari proses deformasi. sebagai bagian dari . dan sebagainya.1 Pemetaan topografi dengan menggunakan grid Penggambaran peta topografi dengan menggunakan membuat garis kotak kotak untuk mempermudah kita melakukan pengerjaan sehingga pada akhirnya gambar yang di hasilkan akan membentuk gambar yang sesuai dengan aslinya dengan akurat dan terperinci detailnya.5 Contoh gambar peta topografi menggunakan grid 2. Gambar 2. sesar (fault). kekar (joint). Beberapa pengamat beranggapan bahwa ilmu geologi struktur lebih menekankan pada studi mengenai unsur-unsur struktur geologi.3 2.2. Gaya tersebut pada dasarnya merupakan proses terjadinya tektonik yang ada di dalam bumi. Secara keseluruhan pengertian umum mengenai geologi struktur adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk batuan sebagai bagian dari kerak bumi dan juga menjelaskan seluruh proses pembentukannya.

Gambar 2.3. rangkaian pegunungan.1 Lipatan (Fold) Lipatan atau Fold yang terjadi di dalam bumi disebabkan oleh. baik itu secara horizontal ataupun vertikal.satuan tektonik (tectonic unit). lantai samudera. gerakan atau perubahan posisi yang menimbulkan gaya tegangan terhadap kerak bumi sehingga terjadilah bentuk bentuk. ini disebut juga dengan gaya endogen. t e n a g a t e k t o n i k m e r u p a k a n t e n a g a y a n g b e r a s a l d a r i d a l a m b u m i y a n g menyebabkan gerakan naik dan turun pada lapisan kulit bumi baik itu secara vertikal ata u pun horizontal. yang mempelajari obyek-obyek geologi diantara lain cekungan sedimentasi. Gerak orogenetik adalah gerak yang menyebabkan lipatan dan patahan. dll. Di dalam gaya endogen terdapat suatu bagian yang dinamakan gaya tektonik.6 Contoh Struktur Geologi 2. Gerak itu sendiri meliputi gerak orogenetik atau gerak orogenesa dan gerak epirogenetik atau gerak epiro genesa. S e d a n g k a n . 2 . sedangkan tektonik dan geotektonik dianggap sebagai suatu studi dengan skala studi yang lebih besar. Tektonisme sendiri adalah tenaga yang berasal dari kulit bumi yang menyebabkan perubahan lapisan permukaan.

3.7 Contoh gambar lipatan 2.2 Rekahan (Fracture) Kekar (joint) secara sederhana dikatakan sebagai rekahan (fracture) secara umum berbentuk teratur pada susunan batuan yang tidak dapat dilihat langsung oleh langsung oleh mata kita. tanpa disadari telah terjadi pergeseran pada kedua sisi-sisinya yang menyebabkan perubahan bentuk dan ukuran.8 Contoh gambar rekahan . Gambar 2.3 Gambar 2.

Fungsi dari adanya kekar pada batuan adalah dapat meningkatkan porositas batuan. yaitu : sesar normal atau normal fault. yang pertama yaitu rekahan yang mebuka disebabkan oleh gaya ekstensi yang arahnya tegak lurus terhadap rekahan atau biasa disebut dengan tarik. Dari ketiga jenis ini berkembang beberapa jenis. yang ke empat adalah kekar tarik tak beraturan maksudnya adalah arah kekarnya tak beraturan yang sering mengakibatkan hydraulic fracturing.3 Sesar (Fault) Sesar atau fault dapat didefinisikan sebagai rekahan/retakan pada batuan penyusun bumi yang telah atau sedang mengalami pergerakan. yang ketiga adalah kekar hibrid yang berbentuk sebagai kekar gerus yang membuka namun dikombinasikan antara kekar gerus dengan kekar tarik. sehingga batuan dapat berfungsi sebagai penyimpan air atau aquifer ataupun hidrokarbon sebagai reservoir.3. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.Pada tahun 1987 oleh Mc Clay rekahan dibedakan menjadi empat macam. Gambar 2. 2 .8 Contoh gambar rekahan 2. sesar naik atau reverse fault dan sesar mendatar atau lateral fault. seperti thrust fault dan oblique normal fault. Sesar dibagi menjadi tiga bagian dibedakan berdasarkan gerak patahannya. Yang kedua ada kekar gerus yang biasanya selalu berpasangan yang terdiri dari suatu set dan lurus sehingga terjadi pergeseran yang diakibatkan oleh gaya kompresi. namun kekurangan nya kekar ini dapat memperlemah kekuatan batuan dan juga mempercepat proses pelapukan batuan.

Pada kenyataannya. namun jika sebaliknya disebut dengan reverse fault. Karena pada iklim tropis ini proses pelapukan batuan berlangsung lebih cepat sehingga dapat merusak dan mengubur tanda-tanda pensesaran di permukaan bumi. ada dua jenis yaitu reverse fault dan thrust fault. Akan tetapi kita masih bisa mendeteksi adanya sesar dengan melihat tanda-tanda adanya sesar . sedangkan foot wall biasanya berada di bawah bidang sesar. Penentuan blok yang mana ditentukan dari posisi bidang sesarnya diantaranya ada foot wall dan hanging wall . Jenis sesar selanjutnya didasarkan pada blok mana yang pergerakannya relatif lebih dekakat dengan pengamat apabila seorang pengamat tersebut berdiri persis pada garis batas foot wall dan hanging wall. Sedangkan oblique fault terjadi apabila gerakan pensesaran selain translasi juga bersifat rotasi. Lateral fault dibagi menjadi dua jenis yaitu left lateral atau mendatar meng-kiri dan right lateral atau mendatar meng-kanan. Lalu jenis sesar lainnya dilihat dari besar sudut kemiringan dari bidang sesarnya. Hanging wall biasanya berada di atas bidang sesar.3 Gambar 2. terlebih lagi iklim di Indonesia ini yang tropis. sangat sulit untuk mendapatkan penampakan sesar yang ideal. Apabila landai disebut dengan thrust fault.9 Gambar penjelasan sesar Di dalam sesar terdapat jenis-jenis sesar.

0 Contoh gambar sesar 2 . perubahan litologi yang tiba-tiba.antara lain melalui : zona hancuran. pengkekaran intensif. gores-garis. breksi sesar. Gambar 3. milonit dan pembelokan sungai secara tiba-tiba. gawir sesar. triangular facet.

lalu geologi sejarah adalah geologi yang mempelajari sejarah terbentuknya bumi dan meneliti perubahan perubahan yang terjadi pada waktu dulu hingga sekarang. Mengetahui fungsi peta topografi 4.3 BAB III KESIMPULAN Dari pembuatan laporan ini dapat disimpulkan bahwa : 1. 2. Struktur geologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk batuan yang terdorong oleh gaya yang menyebabkan lipatan. rekahan. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi diantaranya geologi fisik yang mna merupakan ilmu yang mempelajari isi dan permukaan bumi secara lebih detail. Mengetahui peta yang di pakai dalam survey geologi 3. dan sesar 5. Mengetahui jenis jenis struktur geologi .

id/index.com/doc/51733108/LIPATAN-BUMI http://www.com/2008/12/09/memahami-sesar-fault/ http://langitselatan.com/viewstory/2011/03/14/geologi_fisik/?url=http://dun ia-atas.adipedia.ac.geoscansurvey.com/2010/12/08/definisi-dan-pengertiangeologi/ - http://www.com/2011/03/geologi-fisik.infogue.gc.blogspot.html - http://geodynamics.itb.id/foto-lepas/2012/03/olmsted-point 2 .com/2011/04/mengenal-struktur-geologi-kekardan.html - http://www.php?option=com_content&task=blog category&id=21&Itemid=70 - http://ml.co.com/PT_Geoscanner_Indonesia1/Layanan_Kami_Pemetaan_Topografi.wordpress.com/writing-and-speaking/2160611-pengertiangeologi/#ixzz27aRxUk9w - : http://tanaangga.shvoong.html - http://yudi81.com/2008/01/30/di-epoh-mana-kita-tinggal/ http://nationalgeographic.scribd.wordpress.DAFTAR PUSTAKA - : http://id.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->