3. 2. ALLING ANDINI I PUTU ADI SURYA MAHARDIKA NI PUTU AYU DWIJAYANTI NI KADEK DAHLIANI 1208105001 1208105002 1208105003 1208105004 .OLEH : 1. 4.

. ekonomi. Atau membangun kembali.Arti Reformasi secara etimologis berasal dari kata reformation dengan akar kata reform yang artinya “make or become better by removing or putting right what is bad or wrong”. menata ulang atau menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format atau bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal yang dicita-citakan rakyat. sosial dan budaya yang berbau Orde baru. Reformasi merupakan suatu perubahan yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang diwariskan oleh Orde Baru atau merombak segala tatanan politik. Secara harfiah reformasi memiliki arti suatu gerakan untuk memformat ulang. menyusun kembali.

Butir-butir tuntutan reformasi yang dikumandangkan mahasiswa sepuluh tahun yang lalu adalah: 1. Pemerintahan yang bersih dari KKN . Otonomi daerah yang seluas-luasnya 5. Adili Soeharto dan kroni-kroninya 2. Penghapusan Dwi fungsi ABRI 4. Supremasi hukum 6. Amandemen UUD 1945 3.Proses reformasi di Indonesia telah berlangsung selama sepuluh tahun terhitung sejak mundurnya Soeharto pada 21 Mei 1998 lalu.

ekonomi dan hukum.Banyak hal yang mendorong terjadinya reformasi pada masa orde baru. Krisis hukum 3. 1. Krisis ekonomi 4. Terselubung KKN 6. Krisis kepercayaan 5. Krisis politik 2. terutama ketidak adilan pada bidang politik. Mantan presiden Soeharto yang otoriter .

Keadaan politik yang kacau seperti ini munculnya rasa tidak percaya terhadap pemerintah. Kesannya bahwa kedaulatan rakyat itu berada pada sekelompok tertentu yakni penguasa.Krisis politik ini terjadi karena demokrasi yang dijalankan di Indonesia pada saat itu tidak dijalankan semestinya. .

Pengadilan sangat sulit memberikan keadilan bagi rakyat.Krisis hukum yang terjadi di masa orde baru ini terjadi karena hukum pada saat itu pelaksanaannya terdapat banyak pelanggaran oleh penguasa dan banyak ketidakadilan. . Kekuasaan kehakiman pada saat itu berada di bawah kekuasaan eksekutif. ini sungguh pelanggaran yang sangat berat karena telah melanggar konstitusi negara kita. karena mereka harus tunduk kepada penguasa. .

Pada saat itu nilai tukar rupiah menjadi sangat lemah. Pembangunan tidak merata tampak dengan adanya kemiskinan di sejumlah wilayah yang menjadi penyumbang devisa terbesar seperti Riau. Kalimantan Timur. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga menjadi terpuruk. dan Irian.Krisis moneter yang melanda Asia Tenggara ternyata juga mempengaruhi perkembangan perekonomian Indonesia. Utang luar negeri Indonesia menjadi salah satu penyebab masalah ekonomi. .

Pada saat kepemimpinan presiden Soeharto terjadi krisis kepercayaan terhadap kepemimpinannya. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia telah menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto. .

Sehingga utang luar negeri Indonesia melambung tinggi. Uang hasil pinjaman yang seharusnya digunakan sebaikbaiknya untuk pembangunan dan juga untuk menyejahterakan rakyat Indonesia malah diselewengkan. Puncaknya pada tahun 1997 terjadi KKN yang sudah menjadi budaya pejabat penguasa.Pembangunan ekonomi/keberhasilan ekonomi maupun infrastruktur orde baru ternyata kurang diimbangi dengan pembangunan mental para pejabat pemerintah. . aparat keamanan maupun pelaku ekonomi.

yaitu semakin jauh dari tekad awal orde baru tersebut. Akhirnya berbagai penyelewengan dilakukan.Setelah rezim Soeharto memegang pemerintahan dan memegang pemerintahan. penyimpangan dari nilainilai pancasila dan UUD 1945 banyak dilakukan. muncul suatu keinginan untuk terus-menerus mempertahankan kekuasaannya. . Hal ini tentu menimbulkan pandangan negatif.

.

Om shanti shanti shanti om .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful