P. 1
internet sebagai sumber informasi

internet sebagai sumber informasi

|Views: 55|Likes:
Published by Anas Aff
-kelebihan dan kekurangan
-kelebihan dan kekurangan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Anas Aff on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2013

pdf

text

original

TUGAS BAHASA INDONESIA

Nama : Annas Afifuddin NIM : 115060113111003 Soal 1. 2. 3. Mengapa mahasiswa lebih sering memakai referensi dari internet ? Berikan alasan Apa kelebihan dan kekurangan mengakses informasi sebagai referensi dari internet ? Bagaimana cara saudara memvalidasi, mengklarifikasi, dan mengkonfirmasi informasi dari internet ? Bagaimana cara mencari informasi khusus menggunakan search engine ?

4.

Jawaban 1. Menurut saya ada beberapa alasan mengapa mengapa mahasiswa lebih sering memakai referensi dari internet, diantaranya :  Cepat Mungkin inilah keunggulan utama dari internet yang membuatnya banyak diminati. Untuk mendapatkan informasi, kita cukup memasukkan kata kuncinya dan dalam sekejap informasi yang kita cari akan muncul dari berbagai sumber di internet. Mudah Mencari informasi di internet tidak membutuhkan kemampuan tertentu ataupun pendidikan tinggi, belajar sebentar saja pasti bisa. Para pelajar banyak menggunakannya untuk mencari referensi dalam mengerjakan tugas maupun untuk keperluan lain. a ) Kelebihan Kelebihan internet sebagai sumber informasi kurang lebih sama dengan dengan jawaban nomor satu yang mana menyebabkannya lebih sering digunakan, yaitu :  Cepat dan Efisien, semua informasi yang kita cari akan cepat ditemukan karena kita hanya perlu menginput kata kuncinya saja. Dengan begitu waktu yang diperlukan bisa dihemat ketimbang jika membaca perhalaman pada buku, jurnal, surat kabar atau sumber lain. Internet menyediakan banyak referensi yang bisa digunakan untuk mencari informasi yang paling sesuai dengan yang kita butuhkan. Kita dimudahkan dengan berbagai pilihan yang akan memperluas pengetahuan kita.

2.

b ) Kekurangan Disamping memiliki banyak kelebihan sebagai sumber informasi, mengakses informasi dari internet juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

Tidak adanya filter yang bagus Banyak yang berusaha untuk menyaring atau memfilter informasi di internet tapi pada kenyataannya banyak yang gagal sehingga informasi yang membahayakan dan informasi yang kurang pantas masih bebas beredar di internet. Banyaknya Informasi palsu Begitu banyaknya informasi di internet tentunya tidak semuanya benar dan bermanfaat, banyak sekali informasi-informasi palsu di internet yang tentunya sudah memakan banyak korban.

3.

Saat saya mencari informasi sebagai referensi dari internet, sebisa mungkin saya menghindari informasi yang bersumber dari blog, karena kebanyakan blog isinya hanya copy paste dari web lain yang tidak jelas serta tidak mencantumkan sumbernya. Untuk keperluan mendapatkan referensi saya cenderung mencari e-book yang sudah jelas sumbernya. Namun jika tidak menemukan e-book, informasi dari weblah yang saya pakai. Untuk mencari kebenaran informasi tersebut, biasanya saya mencari sumber informasi tersebut yang biasanya dicanumkan di bagian akhir postingan. Selain itu saya juga membandingkan informasi tersebut dengan dengan informasi dari sumber lain atau referensi lain yang sudah jelas pembuatnya.

4. Mesin pencari web bekerja dengan cara menyinpan hampir semua informasi halaman web yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menetukan cara menindeksnya (misalnya, kata – kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tenteng halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tenteng halaman web itu sendiri. Untuk mencari informasi khusus melalui search engine ada beberapa hal yang harus diperhatikan :  Jangan gunakan keyword yang terlalu umum. Apabila kita hanya memasukkan kata kunci suatu barang secara umum dalam mesin pencari akan banyak hasil pencarian yang diperoleh. Namun akan berbeda hasilnya apabila kita menggunakan kata kunci berupa jenis ataupun merek barang tersebut.  Masukkan keyword secara singkat namun jelas. Banyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian. Menuliskan kata kunci seperti biography of rider Valentino Rossi, akan mengeluarkan setumpuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Rossi biography. Disamping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.  Gunakan operator Boolean. Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Misalnya pada keyword Rossi AND biography NOT motogp akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi Valentino Rossi dan menghindari masuknya halaman tentang race motogp dengan nama yang sama pada hasil pencarian tersebut.  Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh.

Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Misalnya, penggunaan kata kunci Rossi Biography dengan “Rossi Biography” akan memberikan keluaran yang berbeda. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip juga dapat dikombinasikan dengan operator Boolean untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, misalnya “Rossi Biography” AND launch.  Manfaatkan fitur khusus dari search engine. Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Untuk mencari file dengan format tertentu pada search engine kita bisa mencantumkan format file tersebut di akhir kalimat, misalnya “ jurnal teknik sipil.pdf ”. Ataupun bisa juga dengan memilih kategori yang sudah disediakan oleh search engine semisal kategori video, web, audio, dan lain-lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->