P. 1
Reproduksi Sel

Reproduksi Sel

|Views: 105|Likes:
Published by Thomas Jonathan

More info:

Published by: Thomas Jonathan on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

1. Jelaskan yang dimaksud Reproduksi Sel ?

Setiap sel dapat memperbanyak diri dengan membentuk sel-sel baru melalui proses yang disebut pembelahan sel atau reproduksi sel . Pada organ-isme bersel satu ( uniseluler ), seperti bakteri dan protozoa, proses pem-belahan sel merupakan salah satu cara untuk berkembang biak. Proto-zoa melakukan pembelahan sel dari satu sel menjadi dua, dari dua sel menjadi empat, dan dari empat sel menjadi delapan, dan seterusnya. Pada dasarnya, pembelahan sel dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan secara langsung (amitosis) dan pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis) 2. Sebutkan fase – fase pembelahan ? Fase Reproduksi Sel adalah : a) Profase b) Metafase c) Anafase d) Telofase 3. Jelaskan tahap – tahap mitosis disertai gambar? Tahapan-tahapan pembelahan mitosis, secara umum terdiri atas 4 tahap yakni : profase metafase - anafase dan telofase.

Ciri-ciri utama masing-masing tahapan mitosis, adalah sebagai berikut : Tahap Profase :

  

benang-benang kromonema memendek dan menebal membentuk kromosom homolog dengan duplikatnya. Sehingga tampak jumlah kromosom 2 kali lebih banyak. membran inti dan nukleolus menghilang sentriol membelah menjadi dua, dan bergerak saling menjauh menuju ke arah 2 kutub berlawanan dari masing-masing sentriol, menjulur benang-benang spindel ( benang gelendong )

Setiap kutub memperoleh campuran acak kromosom dari ibu bapak. Diakinesis. 3. kromosom yang sama bentuknya atau kromosom homolog berdekatan atau bergandengan.Anafase Benang gelendong pembelahan dari masing-masing kutub menarik kromosom homolog sehingga setiap pasangan kromosom homolog berpisah bergerak ke arah kutub berlawanan. .    2. Metafase Tetrad berkumpul di bidang ekuator.Tahap Metafase :  masing-masing kromosom homolog dengan duplikatnya berjajar disepanjang bidang metafase / dataran metafase Tahap Anafase :  masing-masing kromosom homolog memisahkan diri dengan duplikatnya. Meiosis I Fase-fasenya meliputi: 1. tetapi masih dalam satu ikatan. Diplonema. setiap bagian kromosom homolog menganda. Profase   Leptonema. kromatid dari masing-masing belahan kromosom memendek dan membesar. Gerakan ini disebabkan oleh adanya kontraksi / gaya tarik dari benang spindel Tahap Telofase :     kromosom homolog maupun kromosom duplikat mencapai kutub sel nya masingmasing mulai terlihat adanya membran inti sel dan nukleolus pada bagian tengah sel mulai terbentuk adanya sekat pemisah terbentuk dua buah sel anak 4. benang-benang kromatin menjadi kromosom. Zigonema. yang dikenal dengan meiosis I dan meiosis II. Pakinema. jelaskan tahap – tahap meiosis disertai gambar ? Pembelahan sel Meiosis berlangsung melalui dua tahap pembelahan tanpa melalui interfase. sentrosom membentuk dua sentriol yang masing-masing membentuk benang gelendong pembelahan. dan bergerak menuju ke arah dua kutub yang berlawanan.

4. Belum terjadi pembelahan. dan nukleolus muncul lagi. 3. Metafase Kromosom berada di bidang ekuator. kemudian sitokinesis berlangsung. selubung inti terbentuk. 4. Bersamaan dengan itu membran inti dan anak inti terbentuk kembali. .Telofase Kromatid memadat. Anafase Kromosom melekat pada kinetokor benang gelendong. Profase Sentrosom membentuk dua sentriol yang letaknya pada kutub yang berlawanan dan dihubungkan oleh benang gelendong. Telofase Kromatid berkumpul pada kutub pembelahan lalu berubah menjadi kromatin kembali. Proses pembelahan sel pada tahap meiosis I sebagai berikut: Meiosis II Fase-fase dalam tahap pembelahan meiosis II meliputi: 1. kromatid berkelompok dua-dua. 2. dan sekat pemisah semakin jelas sehingga akhirnya terjadilah dua sel anakan. lalu ditarik oleh benang gelendong ke arah kutub yang berlawanan yang menyebabkan sentromer terbelah.

Sebutkan Perbedaan Mitosis dan Meiosis? Perbedaan-perbedaan Mitosis dan Meiosis antara lain : 1. 5. Pada meiosis 1 sel induk mengalami satu kali pembelahan . sedangkan pada meiosis sel anak bersifat haploid ( n ).Proses pembelahan sel pada tahap meiosis II sebagai berikut: 5. sedangkan pada meiosis 1 sel induk mengalami dua kali pembelahan. Mitosis terjadi di jaringan meristematis ( pd tumbuhan di ujung akar dan batang ). Pada mitosis 1 sel induk akan menghasilkan 2 sel anak yang memiliki jumlah kromosom sama dengan jumlah kromosom sel induk. sedangkan meiosis berlangsung melalui tahapan : profase I – metafase I – anafase I – telofase I – profase II – metafase II – anafase II – telofase II tanpa interfase 4. sedangkan pada meiosis 1 sel induk akan menghasilkan 4 sel anak dengan jumalh kromosom separuh dari jumlah kromosom sel induk 6. Mitosis bertujuan untuk perbanyakan sel untuk proses pertumbuhan. Pada mitosis sel anak bersifat diploid ( 2n ). sedangkan meiosis membentuk sel gamet ( pada hewan dan tumbuhan berbiji ) dan spora pada tumbuhan berspora dam brfungsi mengurangi jumlah kromosom agar keturunan mempunyai jumlah kromosom yang sama dari generasi ke generasi 2. sedangkan meiosis terjadi di dalam organ kelamin jantan dan betina 3. . Mitosis berlangsung melalui tahapan : profase-metafase-anafase dan telofase diselingi oleh interfase.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->