P. 1
Kerupuk

Kerupuk

|Views: 161|Likes:
Published by Di Sini Adaa Lyly

More info:

Published by: Di Sini Adaa Lyly on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2015

pdf

text

original

Tips Saat Menyimpan Kerupuk

Siapa yang tidak suka memakan kerupuk? Ya rasanya yang gurih dan renyah memang sulit untuk dilewatkan bergitu saja. Mulai dari pelengkap menu makanan kita seperti nasi goreng, gado-gado, soto ayam hingga menjadi camilan disaat anda sedang ingin mengemil.

Selain rasanya yang enak, kerupuk juga nikmat karena harganya yang sangat terjangkau. Cukup dengan beberapa ratus rupiah saja, anda sudah bisa menikmati sebuah kerupuk yang gurih dan renyah.

Rata-rata anda tentu tidak akan membeli satu atau dua buah saja, namun kerupuk biasanya dibeli dalam jumlah yang banyak sekaligus. Namun, anda harus benar-benar hati-hati dalam penyimpanannya, jangan sampai kerupuk menjadi melempem dan tidak enak dimakan lagi. Biasanya, penyimpanan yang salah menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kerupuk menjadi melempem.

Lalu bagaimana caranya untuk menyimpan kerupuk dengan baik? Menurut penuturan beberapa chef, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba agar kerupuk kesukaan anda tidak melempem.

Disimpan dalam wadah yang tertutup rapat Seperti yang sudah anda ketahui, musuh utama kerenyahan pada kerupuk adalah angina dan air. Bila sekali saja kerupuk terkena air ataupun air setelah digoreng, maka dijamin kerupuk akan melempem dan tidak renyah lagi. Maka dari itu, sediakan wadah yang bisa tertutup rapat untuk menyimpan kerupuk, misalnya seperti toples atau kaleng makanan.

Jangan terlalu sering membuka tutup wadah kerupuk Agar tak melempem, sebaiknya hindari terlalu sering membuka dan menutup wadah tersebut. Jika Anda terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

Menyimpan di lemari pendingin Anda tentunya bingung mengapa kerupuk bisa diletakkan di lemari pendingin agar tetap renyah? Kelembapan udara dalam lemari pendingin yang cukup rendah akan membuat kadar air kerupuk tetap rendah. Untuk itu, Chef Ragil mengatakan bahwa Anda bisa menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin untuk mempertahankan kerenyahannya.

Caranya, simpan kerupuk dalam plastik putih dan ikat rapat-rapat. Kemudian simpan dalam lemari pendingin, khusunya di bagian freezer sampai waktunya disantap. Saat akan dimakan, Anda bisa keluarkan dari lemari es dan tunggu sampai uap dinginnya menghilang. Selain itu, dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

Itulah cara agar membuat kerupuk tetap renyah saat ingin Anda santap. Kerupuk yang melempem tentunya akan membuat cita rasa kerupuk tersebut berkurang. Selain itu, kerupuk melempem juga akan membuat Anda menjadi tak selera untuk memakannya. Kenikmatan kerupuk adalah rasa gurih dan renyahnya yang membuat orang ketagihan untuk memakannya.
Anonim. 2012. http://carapedia.com/tips_saat_menyimpan_kerupuk_info3491.html. Diakses pada 10 Desember 2012.

Kerupuk berharga murah seperti kerupuk aci atau kerupuk mlarat hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu rendah sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak goreng panas. Kerupuk bertekstur garing dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado. melainkan dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. dikeringkan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan sebelum dipotong tipis-tipis.Kerupuk Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Kerupuk kulit (kerupuk jangek) adalah kerupuk yang tidak dibuat adonan tepung tapioka. cari Kerupuk Kerupuk yang sudah digoreng Informasi Asal Nusantara Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng. Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang sulit mengembang perlu digoreng sebanyak dua kali. dan vetsin. bahan pewarna makanan. Kerupuk udang dan kerupuk ikan adalah jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di Indonesia. .

Daftar isi     1 Jenis-jenis kerupuk 2 Galeri gambar kerupuk 3 Lihat pula 4 Pranala luar Jenis-jenis kerupuk              Kerupuk udang Kerupuk ikan Kerupuk aci Kemplang Kerupuk bawang putih Kerupuk bawang Kerupuk kulit Kerupuk mlarat Kerupuk gendar Kerupuk sanjai Rengginang Rempeyek Rambak http://id. seperti dilemari dapur.org/wiki/Kerupuk CARA MENYIMPAN KERUPUK YANG BAIK Sebagai penikmat kerupuk. 2.wikipedia. Pilih tempat yang kering dan tidak lembab. berikut adalah tips cara menyimpan kerupuk. tidak jarang kita ingin merasakan kerupuk yang tidak lazim di pasaran. padahal kondisi yang berlaku biasanya kerupuk yang kita beli itu tidak habis dalam sekali penggorengan dan kita harus menyimpannya lagi untuk dinikmati di lain waktu. Hal ini bisa dimaklumi karena yang namanya hobi makan kerupuk. Simpan kerupuk mentah dalam wadah yang bersih. Udara yang dibiarkan masuk akan merubah kerupuk menjadi lembab dan berjamur sehingga lembek dan tidak bagus lagi ketika digoreng. kering dan tertutup rapat. dalam arti kata kita pingin untuk merasakan kerupuk mentah yang kita jumpai dipasar atau di supermarket. . bila melihat barang yang baru maka akan tergoda untuk menikmatinya. 1.

sebaiknya menggunakan bahan plastik sehingga bisa menjamin kedap udara. Tutup yang rapat agar bisa menjamin kerupuk kita tidak dihinggapi hewan-hewan kecil seperti kecoa atau serangga lainnya. dengan senang hati saya akan menerima informasinya. 6. jangan menggunakan karung yang dari plastik yang banyak lubang nya. Kalau ada tips lain dari teman-teman yang hobi makan kerupuk seperti saya. hal ini guna mendapatkan kerupuk yang baik kelembaban BAB I PENDAHULUAN .3. sehingga memudahkan kerupuk selalu berinteraksi dengan udara. dan akan saya tambahkan dipostingan saya. 7. hendaknya selalu menutup rapat tempat kerupuk supaya tidak bereaksi dengan oksigen yang dapat menimbulkan melempem/lembek. Kalau di simpan di dalam kantong. 5. untuk memastikan kondisinya masih segar. Setelah digoreng. misalnya kerupuk udang ya harus masih terasa bau udang nya. Lakukan pengecheckan ulang dengan cara di bau sebelum kita menggorengnya. Jangan lupa menjemur nya lagi beberapa kali sebelum di goreng untuk menjamin tidak terjadi kelembaban 4.

. ataupun budidaya tanaman holtikultura dsb. Dimana kelembapan udara merupakan bagain dari komponen iklim yang memiliki pengaruh terhadap lingkungan. Latar Belakang Kelembapan udara adalah kadar uap air yang ada di udara. tingginya laju transpirasi akan meningkatkan laju penyerapan air oleh akar hingga pada batas tertentu. Kelembaban udara memiliki pengaruh pada proses transpirasi tanaman. kondisi kelembaban dan temperatur pada nilai tertentu merupakan nilai yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan hama dan penyakit tanaman. terkhusus pada pertanian. Disamping itu juga kelembaban udara bersama dengan temperatur juga memiliki pengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan hama dan penyakit. Hal ini terjadi karena. perkebunan. Kelembaban udara relatif (atau RH. Pengertian lain dari RH adalah perbandingan antara jumlah uap air yang terkandung dalam udara pada suatu waktu tertentu dengan jumlah uap air maksimal yang dapat ditampung oleh udara tersebut pada tekanan dan temperatur yang sama. dan lentisel 80% air yang ditranspirasikan berjalan melewati lubang stomata. Maka kelembaban udara dipengaruhi dan memengaruhi laju transpirasi tanaman.A. lubang kutikula. Dalam konteks budidaya tanaman dalam ruang lingkup pertanian baik berupa budidaya tanaman pangan. Relative Humidity). namun jika terlalu tinggi melampaui laju penyerapan dan terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanaman mengering. adalah rasio antara tekanan uap air aktual pada temperatur tertentu dengan tekanan uap air jenuh pada temperatur tersebut. Kelembapan udara disuatu tempat dapat berpengaruh pada semua aktivitas yang kita lakukan. Transpirasi adalah proses hilangnya air dalam bentuk uap air dari jaringan hidup tanaman yang terletak di atas permukaan tanah melewati stomata.

Alat yang digunakan untuk mengukur . Mahasiswa/ Praktikan dapat mengetahui penggunaan alat untuk mengukur kelembaban. jika kita mengetahui kelembaban suatu tempat. dengan mengetahui kelembaban dan juga temperatur pada suatu wilayah. Tujuan Adapun tujuan dari praktikum mengenai kalambaban udara adalah sebagai berikut: 1. Sebab. Mahasiswa dapat mengetahui definisi dan juga alat yang digunakan untuk kelembaban.Oleh karena itu. Pengertian Kelembaban Kelembapan udara (humidity gauge) adalah jumlah uap air diudara (atmosfer). mengukur BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kedua komponen iklim ini memiliki pengaruh pada konidisi lingkungan suatu tempat. 3. Mahasiswa/ Praktikan bisa menentukan kelemababan udara disuatu wilayah 2. kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut. maka kita dapat menentukan tanaman apa yang tepat untuk dibudidayakan pada nilai kelembaban yang kita ketahui. Kelembaban udara selalu memiliki korelasi ataupun hubungan dengan temperatur. maka kita dapat menentukan langkah antisipatif untuk budidaya tanaman. Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara. B.

1. Udara yan mengandung uap air sebanyak yang dapat dikandungnya disebut udara jenuh. sedangkan kelembapan rendah adalah jumlah uap air yang sedikit diudara. maupun defisit tekanan uap air. Defisit tekanan uap air adalah selisih antara tekanan uap jenuh dengan tekanan uap aktual. Kelembapan nisbi (relatif) adalah perbandingan kandungan (tekanan) uap air actual dengan keadaan jenuhnya (g/kg).kelembapan disebut dengan Higrometer. Uap air berubah menjadi titik-titik air. Sebuah humidistat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan udara dalam sebuah bangunan dengan sebuah pengawal lembap (dehumidifier).Kelembapan absolut adalah kandungan uap air yang dapat dinyatakan dengan massa uap air atau tekanannya per satuan volume (kg/m3). Kelembapan udara dapat dinyatakan sebagai kelembapan udara absolut. kelembapan nisbi (relatif). Konsentrasi air di udara pada tingkat permukaan laut dapat mencapai 3% pada 30 °C (86 °F). dan tidak melebihi 0.5% pada 0 °C (32 °F). Dapat dianalogikan dengan sebuah termometer dan termostat untuk suhu udara. Ada dua istilah kelembapan udara yaitu kelembapan tinggi dan kelembapan rendah. Kalau udara banyak mengandung uap air didinginkan maka suhunya turun dan udara tidak dapat menahan lagi uap air sebanyak itu. . Kelembapan tinggi adalah jumlah uap air yang banyak diudara. Kelembapan absolut Kelembapan absolut mendefinisikan massa dari uap air pada volume tertentu campuran udara atau gas. Perubahan tekanan sebagian uap air di udara berhubungan dengan perubahan suhu. Kelembaban udara adalah tingkat kebasahan udara karena dalam udara air selalu terkandung dalam bentuk uap air. Kandungan uap air dalam udara hangat lebih banyak daripada kandungan uap air dalam udara dingin. dan umumnya dilaporkan dalam gram per meter kubik (g/m3).

Misalnya pada suhu 270C. Kelembaban relatif / Nisbi Kelembapan Relatif / Nisbi yaitu perbandingan jumlah uap air di udara dengan yang terkandung di udara pada suhu yang sama.2. Rasio tersebut dapat ditulis sebagai berikut: 3. Kelembaban nisbi membandingkan antara kandungan/tekanan uap air aktual dengan keadaan jenuhnya atau apda kapasitas udara untuk menampung uap air. per kilogram udara. 4. mw. ma . Kelembapan spesifik diekspresikan dalam rasio kilogram uap air. udara tiap-tiap 1 m3 maksimal dapat memuat 25 gram uap air pada suhu yang sama ada 20 gram uap air. Kelembapan spesifik Kelembapan spesifik adalah metode untuk mengukur jumlah uap air di udara dengan rasio terhadap uap air di udara kering.maka lembab udara pada waktu itu sama dengan .(kelembaban mutlak) ρv = mv /V Ρv = kerapatan uap air (kg m-3) . Kerapatan Uap Air Massa uap air per satuan volume udara yang mengandung uap air tersebut.

yaitu massa udara kering (md) bersama-sama uap air tersebut (mv) q = m/(md + mv) .Mv= massa uap air (kg) pada volume udara sebesar V V = volume udara (m3) Pada daerah lembab seperti di daerah tropis. Kelembaban Spesifik Perbandingan antara massa uap air (mv). ρv akan lebih tinggi daripada daerah temperate yang relatif kering terutama pada musim dingin (winter). serta ρv = mv /V. Pada musim dingin kapasitas udara untuk menampung uap air menjadi kecil.3143 J K-1 mol -1) T = suhu mutlak (K) V = volume udara (m3) Jumlah mol adalah n = m/Mv dan Mv = 18. Tekanan Uap Air Hukum Gas Ideal : ea = n R T/V ea = Tekanan uap air (mb) R = Tetapan gas umum (8. 5.016 untuk uap (H2O). 6. maka berdasarkan persamaan di atas. maka tekanan uap ditentukan oleh kerapatan uap air (ρv ) serta suhu udara (T). dengan massa udara lembab.

Alat – alat pengukur kelembaban udara Thermometer Maximum . massa uap air dibandingkan dengan massa udara kering B.Minimum digunakan untuk mengukur suhu maximum minimum.Nisbah campuran (r) (mixing ratio). Thermometer jenis ini menggunakan dua macam cairan sebagai indikator pengukuran suhu pada suatu daerah. Pengukuran dengan alat ini akan menunjukan angka yang akurat 10 . dan hasil pengukuran akan terlihat pada display. Hasil . Sedangkan pada thermometer maksimum menggunakan cairan air raksa.15 menit setelah ON. HASIL DAN PEMBAHASAN A. Pada thermometer minimum menggunakan cairan alcohol sebagai indikator penentuan suhu. Kelembaban Relatif & Thermometer HD 8501 Type HD 8501 adalah alat ukur kelembaban udara dan temperatur dengan sensor yang dapat merespon secara cepat.

2 24 25 25. 00 07. 30 09.1 28 29 87 – 91 91 – 95 100 100 95 – 100 82 91 – 95 29.3 28. 00 06. 30 10. 00 10. 30 08. 00 08. 30 07. Pada umumnya alat yang digunakan adalah psikrometer.2 30. 00 30.9 24.2 31 33 32 Suhu BB 28. 30 11.3 29. 30 18. 03 29.6 29. 30 12.2 28. Alat pengukur kelembapan lain adalah .Adapun hasil dari pengamatan kelembapan dapat dilihat pada tabel dibawah ini: Kelembaban Nisbi No Waktu (WIB) Suhu BK 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17.2 28.3 25. Pembahasan Ada beberapa tipe dan prinsip kerja alat pengukur kelembapan udara. Alat ini terdiri dari dua termometer yang disebut termometer bola basah dan termometer bola kering.5 87 – 91 91 100 83 – 87 80 – 83 65 74 – 77 KR % B. Kelembapan udara sebanding dengan selisih kedua termometer yang dapat dicari melalui tabel atau rumus.9 28.4 24 25 24. 00 17. 00 09.1 27 28 25.3 26.1 26 26. 00 06.8 27. 00 11.

Konsentrasi air di udara pada tingkat permukaan laut dapat mencapai 3% pada 30 °C (86 °F). sedangkan kelembapan rendah adalah jumlah uap air yang sedikit diudara. Kandungan uap air dalam udara hangat lebih banyak daripada kandungan uap air dalam udara dingin. Kelembapan nisbi (relatif) adalah perbandingan kandungan (tekanan) uap air actual dengan keadaan jenuhnya (g/kg). Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut. Alat pengukur kelembapan udara tipe ini disebut higrometer. maupun defisit tekanan uap air. Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara.sensor rambut. kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Udara yan mengandung uap air sebanyak yang dapat dikandungnya disebut udara jenuh.5% pada 0 °C (32 °F). Kelembapan tinggi adalah jumlah uap air yang banyak diudara. Uap air berubah menjadi titik-titik air. Prinsipnya bila udara lembab rambut bertambah panjang dan udara kering rambut menyusut. .Kelembapan absolut adalah kandungan uap air yang dapat dinyatakan dengan massa uap air atau tekanannya per satuan volume (kg/m3). Defisit tekanan uap air adalah selisih antara tekanan uap jenuh dengan tekanan uap aktual. Kalau udara banyak mengandung uap air didinginkan maka suhunya turun dan udara tidak dapat menahan lagi uap air sebanyak itu. Kelembapan udara dapat dinyatakan sebagai kelembapan udara absolut. Alat untuk mengukur kelembapan disebut higrometer. kelembapan nisbi (relatif). Kelembaban udara dapat didefinisikan yaitu tingkat kebasahan udara karena dalam udara air selalu terkandung dalam bentuk uap air. dan tidak melebihi 0. Perubahan panjang ini secara mekanis dapat ditransfer ke jarum penunjuk pada skala antara 0 sampai 100 %. Sebuah humidistat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan udara dalam sebuah bangunan dengan sebuah pengawalembap (dehumidifier). Ada dua istilah kelembapan udara yaitu kelembapan tinggi dan kelembapan rendah. Perubahan tekanan sebagian uap air di udara berhubungan dengan perubahan suhu. Dapat dianalogikan dengan sebuah termometer dan termostat untuk suhu udara.

Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut.Dari hasil praktikum yang dilaksanakan di Balai Penelitian Agro Techno Park (ATP) mengenai kelembaban. Perubahan yang terjadi setiap 30 menit sekali juga dipengaruhi keadaan suhu daerah tersebut. Kelembaban udara merupakan komponen iklim yang dapat mempengaruhi produksi suatu tanaman. sehingga hal ini mengakibatkan kelembaban pada daerah tersebut mengalami perubahan setiap 30 menit. Pengamatan dilakukan selama 30 menit sekali. Dari hasil pengamatan setiap 30 menit sekali diperoleh hasil sebagaimana yang tertera pada table pengamatan. Alat yang digunakan untuk mengukur kelembapan disebut dengan . Dalam hal ini kelembaban udara membantu tanaman dalam menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan. Kelembapan adalah jumlah uap air diudara (atmosfer).00. Pengamatan dilaksanakan sebanyak 16 kali. Setiap tanaman yang dibudidayakan pasti memiliki kisaran kelembaban udara yang berbeda. kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Kelembaban merupakan salah satu komponen iklim yang memiliki pengaruh dalam budidaya tanaman terkhusus tanaman pertanian. Yang mana dilaksanakan pada pukul 17. Karena hal ini.00 sampai dengan 12. Dari hasil yang tertera pada tabel maka kita dapat memberikan gambaran ataupun bisa disebut penjelasan bahwasanya setiap 30 menit kelembaban pada daerah tersebut mengalami perubahan. Kami melakukan pengamatan atau bisa dikatakn pengukuran kelembapan udara pada daerah tersebut dengan menggunakan thermometer bola basah dan bola kering. kemudian disambung keesokkan harinya yaitu pada pukul 06. Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara.00. jadi setiap 30 menit pengamatan dilakukan. Oleh karena itu.00 sampai 18. perlu untuk dipahami dan juga diketahui cara penentuan kelembaban udara suatu tempat. akan memperkecil kegagalan dalam budidaya tanaman.

Kelembaban udara adalah tingkat kebasahan udara karena udara mengandung uap air. Dalam pengukuran curah hujan harian perlu diperhatikan waktu pengukuran harus tepat waktu yaitu 30 menit sekali. 4. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Adapun kesimpulan dari praktikum mengenai kelembaban udara adalah sebagai berikut ini: 1. Sekali lagi perlu kita ketahui 2 kelembapan udara yaitu kelembapan tinggi dan kelembapan rendah. Salah satu alat pengukur curah hujan yaitu Termometer bola basah dan bola kering 2. 3. sedangkan kelembapan rendah adalah jumlah uap air yang sedikit diudara. 5. Kelembapan tinggi adalah jumlah uap air yang banyak diudara. Sebuah humidistat digunakan untuk mengatur tingkat kelembapan udara dalam sebuah bangunan dengan sebuah pengawal lembap (dehumidifier). kelembaban harian adalah kelembaban yang ada pada suatu wilayah selama satu hari. meskipun ada yang sama. .Higrometer. Kelembaban udara pada pengamatan setiap 30 menit sekali sebanyak 16 kali memiliki hasil yang berbeda.

B. Rizaldi. Yogyakarta.Buku Ajar Meteorologi Dan Klimatologi. Saran Adapun ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan dalam pengukuran kelembaban udara yaitu mengetahui cara penggunaan alat yang kita gunakan. 2003.infoplease.Badung Http: www.com/ce6/weather/A0870158. Pengaruh iklim terhadap pertanian.com.Universitas Lampung:Bandar Lampung Google. KMIT Jurusan Tanah Fakultas Pertanian UGM. Selain itu juga. agroklimatologi. .2009. waktu yang kita jadwalkan dalam pengukuran kelembaban udara haruslah sesuai dan tepat waktu pada saat pengukuran kelembaban udara.html (diakses tanggal 2 mei 2011 pukul 19. Penyimpangan Iklim Di Indonesia. Makalah Seminar Nasional Ilmu Tanah. DAFTAR PUSTAKA Subarjo M. Dan yang tidak kalah penting adalah pemasangan ataupun penempatan alat harus tepat. 05 WIB) Boer.

htm (diakses pada tanggal 3 mei 2011 pukul 07. Jakarta http://artikeldanmakalah-agusra. Benyamin.blogspot. 2002. Raja Grafindo Persada. Ketika udara tidak bisa "menahan" semua kelembaban.Http : file:///C:/Users/UNSRI/Desktop/index. Kelembaban relatif adalah jenuh. persentasi kelembaban jenuh .com/2011/06/kelembaban. umumnya dihitung dalam hubungannya dengan kepadatan uap Satuan paling umum untuk mengukur kepadatan uap adalah gm / m contoh. Kelembaban relatif adalah rasio kelembaban mutlak saat ini untuk kelembaban absolut tertinggi (yang tergantung pada suhu udara saat ini). Sebuah membaca dari 100 persen kelembaban relatif berarti bahwa udara benar-benar jenuh .3 maka kelembaban relatif nya Kelembaban relatif adalah jumlah uap air di udara dibandingkan dengan apa udara dapat "tahan" pada suhu itu. 35 WIB) Lakitan. Sebagai pada 20 ° C adalah: dibandingkan dengan kepadatan uap saturasi pada saat suhu tersebut yaitu 17. Cetakan Ke-dua. Dasar-Dasar Klimatologi. 3 3. jika kepadatan uap yang sebenarnya sebesar 10 g / m g / m 3.html Jumlah uap air di udara pada suatu waktu tertentu biasanya kurang dari yang dibutuhkan untuk menjenuhkan udara. maka mengembun seperti embun.

Orang cenderung merasa paling nyaman pada kelembaban relatif sekitar 45 persen. kita merasa jauh lebih panas daripada suhu sebenarnya ketika kelembaban relatif tinggi Kelembaban relatif Dari Wikipedia bahasa Indonesia. kita merasa jauh lebih panas daripada suhu sebenarnya ketika kelembaban relatif tinggi. cari . keringat tidak akan menguap ke udara. kita merasa seperti itu 80 derajat (27 C) keluar.dengan uap air dan tidak bisa menahan lagi. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. keringat tidak akan menguap ke udara. Jika suhu udara adalah 75 derajat Fahrenheit (24 C) dan kelembaban relatif adalah 100 persen. menciptakan kemungkinan hujan. Akibatnya. Jika kelembaban relatif rendah. Manusia sangat sensitif terhadap kelembaban. Sebagai contoh. Ini tidak berarti bahwa kelembaban relatif harus 100 persen dalam rangka untuk itu untuk hujan . humidifier dan dehumidifiers membantu untuk menjaga kelembaban dalam ruangan pada tingkat yang nyaman. Akibatnya. jika suhu udara adalah 75 derajat Fahrenheit (24 derajat Celcius) dan kelembaban relatif adalah nol persen. pendinginan kita off. Jika udara berada pada 100-persen kelembaban relatif. tetapi kelembaban relatif dekat tanah bisa jauh lebih sedikit.itu harus 100 persen di mana awan yang membentuk. suhu udara terasa seperti 69 derajat Fahrenheit (21 C) untuk tubuh kita. Jika udara berada pada 100-persen kelembaban relatif. Proses berkeringat adalah upaya tubuh untuk tetap tenang dan menjaga suhu saat ini. sebagaimana kulit bergantung pada udara untuk menyingkirkan kelembaban. kita bisa terasa lebih sejuk daripada suhu yang sebenarnya karena keringat menguap dengan mudah.

.Higrometer digunakan untuk mengukur kelembaban udara. Kelembaban relatif menggunakan satuan persen dan dihitung dengan cara berikut: di mana: adalah kelembaban relatif campuran. Daftar isi     1 Definisi 2 Referensi 3 Lihat pula 4 Pranala luar Definisi Kelembaban relatf dari suatu campuran udara-air didefinisikan sebagai rasio dari tekanan parsial uap air dalam campuran terhadap tekanan uap jenuh air pada temperatur tersebut. Kelembaban relatif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah uap air yang terkandung di dalam campuran air-udara dalam fase gas.

org/wiki/Kelembaban_relatif Anonim. http://id. diakses pada 10 Desember 2012. .com/tips_saat_menyimpan_kerupuk_info3491. 2012. Diakses Anonim.org/wiki/Kerupuk.adalah tekanan parsial uap air dalam campuran. dan adalah tekanan uap jenuh air pada temperatur tersebut dalam campuran. 2012. pada 10 Desember 2012.html.wikipedia.wikipedia. http://id. http://carapedia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->