P. 1
Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

|Views: 196|Likes:
Published by Fatur Parker

More info:

Published by: Fatur Parker on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/19/2015

pdf

text

original

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

:
1. Menurut Erastothenes Geografi adalah penulisan tentang bumi. Definisi ini sesuai denganperkembangan geografi pada masa itu yang membicarakan keadaan daerah lain (geo = bumi; graphein = penulisan atau uraian). 2. Menurut Claudius Ptolomaeus geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. 3. John Mackinder John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya. 4. Ekblaw Dan Mulkerne Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati. 5. Strabo Strabo , Menyebutkan bahwa geografi erat kaitannya dengan karakteristik tertentu mengenai suatu tempat dengan memperhatikan juga hubunganantara berbagai tempat secara keseluruhan. Geografi sejak perkembangannya,dimulai dari menceritakan tentang daerah lain, sudah lebih di khususkan lagi dan sudah adanya konsep region yaitu daerah yang sudah mempunyai cirikhas tersendiri dan adanya hubungan antardaerah (tempat). 6. Bintarto Bintarto (1977) Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaanbumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi, baik secarafisik maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannyamelalui pendekatan keruangan, ekologi, dan regional untuk kepentinganprogram, proses, dan keberhasilan pembangunan 7. Preston E. James Preston E. James, mengemukakan geografi berkaitan dengan sistem keruangan, ruang yang menempati permukaan bumi. Geografi selalu berkaiatan dengan hubungan timbal balik antara manusia dan habitatnya. 8. Ullman Menurut Ullman (1954), Geografi adalah interaksi antar ruang

sebab akibat dan gejala menurut ukuran nilai. Dari pengertian di atas Vernor & Glen menitikberatkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah dari masa ke masa. motif yang hasilnya dapat dibandingkan. Dalampandangan Hartshorne. Hartshorne Hartshorne (1950) . Karl Ritter Karl Ritter. Geografi ialah studi tentang daerah yang berbeda-beda di permukaanbumi (Different areal) dalam keragamannya. 16. Maurice Le Lannou Maurice Le Lannou (1959) mengemukakan bahwa Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi 10. Geografi adalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandangannya tentang hal yang selalu berubah dan dinamis. tidak statis dan tetap. 12. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam. Geografi adalah pengetahuan yang menyelidiki persebaran gejalagejalafisik biologis dan antropologis pada ruang di permukaan bumi. Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsiyang teliti. 15. Geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi. Vernor E. beraturan. 14. . dan rasional. Paul Claval Paul Claval (1976) berpendapat bahwa Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan 11. Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. geografi adalah ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional. John Hanrath John Hanrath . beraturan. 13. Dalam pandangan Yeates. Alexander Alexander (1958). geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti. dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Finch dan Glen Trewartha (1980).9. Finch Dan Glen Trewartha Vernor E. Yeates Yeates (1963).

sebab . sains dalam penggunaan tana 20.Depdikbud (1989) Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi. di mana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia mengelola alam ini. satu kajian perhubungan ruang 3.17. iklim. Bisri Mustofa (2007) Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi. Geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya. tapi dari argumen dan akibat 24. suatu hal yang tidak nama belaka.James Fairgrive (1966) Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. penduduk. dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut. penduduk. Von Rithoffen Von Rithoffen (1905). iklim. dan alasan. Paul Vidal de La Blace Paul Vidal de La Blace (1915). 19. 18. faquna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi. 21. UNESCO UNESCO (1956) mendifinasikan geografi sebagai : 1. Geografi adalah studi tentang kualitas negara-negara. satu agen sintesis 2. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi. flora. flora. fauna. Herioso Setiyono (1996) Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi 23. serta hasil yang diperoleh dari bumi 22.William Hughes Geografi adalah ilmu.

menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam. 29. Kant tertarik pada geografi karena menurutnya ilmu itu dekat dengan filsafat. hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi 28.Friederich Ratzel (1844–1904) Ratzel adalah guru besar geografi di Leipzig. Anehnya.Alexander von Humboldt (1769–1859) Pada mulanya Humboldt adalah seorang ahli botani. Ia mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Kant juga seorang filsuf. Ia menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan perilaku Bumi dalam ruang angkasa. baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia 30. serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer. Belanda. Geographia Generalis.Frank Debenham (1950) Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta.25. gejala cuaca dan iklim di dunia. Menurutnya. dia adalah lulusan Ilmu Kedokteran Universitas Leiden. Semua gagasan Kant tentang hakikat geografi dapat ditemukan dalam buku Physische Geographie yang ditulisnya.Karl Ritter (1779–1859) Seperti halnya Humboldt. Ritter juga dianggap sebagai peletak dasar geografi modern. Ia diakui sebagai peletak dasar geografi fisik modern.Immanuel Kant (1724–1821) Selain sebagai seorang geograf. 27. ia mengatakan bahwa geografi adalah campuran dari matematika yang membahas kondisi Bumi beserta bagian-bagiannya juga tentang benda-benda langit lainnya. Konsep itu diberi nama Lebensraum yang . Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi. menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik. geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda. Ia tertarik geografi ketika ia mulai mempelajari tentang batuan. Dalam bukunya. tipe-tipe permukaan Bumi dan proses terjadinya.Bernard Varen (1622–1650) Bernard Varen atau lebih dikenal dengan Varenius adalah seorang geograf asal Jerman. 26. Ia menyatakan geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Profesor geografi Universitas Berlin ini mengatakan bahwa geografi merupakan suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia.

m. Hubungan antarareal. Keunikan areal. Keunggulan komparatif. dan region (wilayah).artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. Lokasi relatif. l.Daldjoeni Nama Daldjoeni dikenal karena buku-bukunya yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan geografi. e. Adapun dalam hal region. Manusia sebagai faktor ekologi dominan. Persamaan antarareal. Kondisi ini menimbulkan penyebaran mata pencaharian yang secara langsung terkait dengan jumlah penduduk yang bekerja pada tiap mata pencaharian 33. Kewilayahan. g. Sumber daya dibatasi secara budaya. Menurutnya. yaitu spasial (ruang). Perbedaan antarareal. Kemudian dalam hal ekologi. j. d. Dalam hal spasial. Perubahan yang kontinu. Whiple Geografi mulai dari adanya perbedaan bentang alam (terkait dengan variasi wilayah alamiah) berpengaruh pada proses terbentuknya suatu mata pencaharian. ekologi. geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya 32. h. geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. b. Warman Konsep esensial yang diungkapkan oleh J. f. J. k. Warman adalah: a. geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka Bumi. Lapisan hidup atau biosfer. c. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki 31. Persebaran areal. geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok. n. Penyajian kenampakan permukaan Bumi pada bidang datar . Globalisme atau Bumi sebagai planet. i.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->