1

PENGARUH GIZI TERHADAP PROSES PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN ANAK USIA DINI Agil Prsetyaningarum 1 Abstrak

Gizi merupakan unsur dasar dalam perkembangan dan pertumbuhan manusia. Tak terkecuali pada anak usia dini yang sangat memerlukan asupan gizi yang cukup dalam perkembangannya. Pemberian gizi pada masa kehamilan sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin, selain itu pemberian stimulasi juga penting untuk merangsang perkembangan otak janin. Gizi dan stimulasi sangat berkaitan erat kerana keduanya menunjang dalam proses perkembangan dan pertumbuhan agar tercipta anak yang berkualitas.

Kata kunci : gizi, stimulasi, janin, anak usia dini.

Pendahuluan Gizi merupakan unsur dasar dalam perkembangan dan pertumbuhan manusia. Tidak terkecuali pada anak usia dini yang sangat memerlukan asupan gizi yang cukup dalam perkembangannya. Asupan gizi tersebut diperoleh anak pada saat masih di dalam kandungan, masa bayi dan masa-masa pertumbuhannya. Pada umumnya orangtua di Indonesia berpikir bahwa pemberian gizi yang cukup itu diberikan pada anak saat anak sudah lahir ke dunia. Mereka tidak berpikir bahwa pemberian asupan gizi yang cukup juga diperlukan pada masa kehamilan. Di masa kehamilan, janin memerlukan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya,
1

Penulis adalah mahasiswa prodi PG-PAUD (S1 2010 B) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Berdasarkan penjelasan di atas. Pemberian gizi yang cukup dan stimultan dapat membantu perkembangan anak secara positif. Pemberian asupan gizi dan pemberian stimulasi akan berjalan selaras dan berkesinambungan dengan baik apabila orang tua berperan aktif dalam pelaksanaannya. Stimulasi-stimulasi pada janin lebih menekankan pada rangsangan kerja otak janin untuk berkembang lebih optimal.2 terutama perkembangan otak yang merupakan kunci kesuksesan anak di masa mendatang. (3) bagaimana pengaruh asupan gizi ketika menyusui?. dapat dirumuskan beberapa masalah antara lain (1) bagaimana pengaruh asupan gizi pada masa kehamilan?. kemudian berikan stimulasi-stimulasi selanjutnya sesuai usia untuk mengembangkan bibit-bibit kecerdasan yang telah ada agar tereksplorasi dengan maksimal. (4) bagaimana pengaruh asupan gizi anak pasca kelahiran?. anak sudah memiliki bibit-bibit kecerdasan. dan (5) bagaimana pengaruh pemberian stimulasi pada anak usia dini?. sehingga ketika anak sudah lahir. (2) bagaimana pengaruh pemberian stimulasi terhadap janin pada masa kehamilan?. Pemberian gizi yang cukup tidak akan berjalan optimal tanpa adanya stimulasi-stimulasi pada anak. Asupan gizi pada anak pasca kelahiran juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. pemberian stimulasi pada janin juga harus dilakukan oleh ibu hamil. Pembahasan atas beberapa masalah tersebut akan dibahas pada bagian selanjutnya. . Selain itu.

Pada Trimester I. (2) protein.web.dan (6) mineral. kalori meningkat secara minimalis. Adapun penambahan kebutuhan gizi pada masa kehamilan meliputi (1) kalori.lusa. dan pertumbuhan janin. pertumbuhan uterus. kebutuhan kalori semakin meningkat lagi untuk pembentukan janin dan plasenta.3 Protein berfungsi dalam pembentukan jaringan baru baik plasenta dan janin.32 3 Trimester merupakan suatu fase dalam proses kehamilan yang dibagi menjadi 3 fase sesuai dengan pertumbuhan fisik janin.2 Menurut Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VII 2004 tambahan kalori yang dibutuhkan sekitar 3000 Kkal/hari. plasenta. karena dibutuhkan untuk pertumbuhan rahim. payudara. (3) lemak. air ketuban. pembentukan cadangan darah. . Kebutuhan Gizi Ibu Hamil. serta persiapan masa menyusui.id/kebutuhan-gizi-ibu-hamilpart-1/. Pada Trimester II. peningkatan kebutuhan gizi hamil menurut Huliana (2001) sebesar 15 persen. kebutuhan kalori dalam tubuh akan meningkat untuk penambahan volume darah.3 Pengaruh Gizi Terhadap Proses Perkembangan dan Pertumbuhan Anak Usia Dini Kebutuhan gizi pada masa kehamilan berbeda dengan masa sebelum kehamilan. Selanjutnya pada Trimester III. dan lemak. diakses dari http://www. Menurut Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VII 2004 2 Huliana. pada 25 Mei 2011 pukul 19. pertumbuhan dan diferensiasi sel. (4) karbohidrat. (5) vitamin. payudara.

Vitamin C juga berfungsi dalam penyerapan zat besi. serta meningkatkan asupan serat untuk mencegah terjadinya konstipasi. (vitamin D berfungsi mencegah hipokalsemia. Vitamin yang diperlukan antara lain (1) vitamin A. Lemak disimpan oleh tubuh untuk persiapan menyusui. (5) vitamin E. (Vitamin B banyak sekali macamnya. Asam folat juga merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio. niasin. (vitamin C merupakan antioksidan untuk melindungi jaringan dari kerusakan dan dibutuhkan untuk kolagen serta menghantarkan sinyal ke otak.4 menganjurkan penambahan 17 gram setiap hari. Karbohidrat komplek mengandung vitamin dan mineral. mineralisasi tulang dan gigi serta mencegah osteomalacia pada ibu). serta penglihatan imunitas). Asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang. (4) vitamin D. Vitamin B6 dan B12 dibutuhkan untuk pembentukan DNA dan sel darah merah. Pemenuhan kebutuhan protein dapat diperoleh di dalam daging. Menurut Widyakarya Pangan dan Gizi VI 2004 menganjurkan mengkonsumsi asam folat sebesar 5mg/kg/hr (200mg) ). Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh. kacang-kacangan. (Vitamin A berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio. (3) vitamin C. . (2) vitamin B kompleks. Pada umumnya kadar lemak akan meningkat ketika memasuki Trimester III. telur. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi 85 miligram/hari). vitamin B2. dan asam pantotenat yang dibutuhkan untuk proses metabolisme. Sedangkan lemak menjadi simpanan energi dalam tubuh. dan ikan. membantu penyerapan kalsium dan fosfor. antara lain vitamin B1.

seng. . Jenis mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan otak adalah sodium. besi. abortus. kematian neonatal. resiko lainnya yaitu persalinan sebelum waktunya atau yang dikenal dengan premature. dan terkena penyakit infeksi. berat badan ibu tidak bertambah secara normal. kalsium. Selama kehamilan dianjurkan mengkonsumsi 2 miligram/hari). (kekurangan vitamin K dapat mengakibatkan gangguan pendarahan pada bayi). dan (6) vitamin K.5 (vitamin E dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan jaringan serta integrasi sel darah merah. pendarahan setelah persalinan. cacat bawaan. Sebaliknya apabila kekurangan asupan gizi pada masa kehamilan akan berdampak buruk baik terhadap ibu maupun bayinya. lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Mineral adalah unsur pelengkap yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Asupan gizi yang cukup pada masa kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak dan pertumbuhan fisik janin. persalinan dengan operasi cenderung meningkat. pendarahan. bayi lahir mati. Hal ini juga akan mempersulit proses persalinan sehingga memakan waktu yang lama. Anak yang diberi asupan gizi cukup akan tumbuh lebih optimal dari pada anak yang kekurangan gizi. potassium. Sedangkan pada pertumbuhan janin akan mengakibatkan keguguran. iodium. Gizi kurang pada ibu hamil akan beresiko anemia. Mineral lain yaitu zat besi yang berguna untuk pemrosesan informasi dan kecerdasan. dan klorida. serta untuk kecepatan penghantaran saraf.

Stimulasi ini berfungsi untuk merangsang perkembangan otak. Mengajak bicara janin merupakan salah satu stimulasi sederhana yang dapat diberikan oleh orangtua.6 Selain pemberian gizi yang cukup. Peran orangtua sangat besar dalam pemberian stimulasi. Ini merupakan kesempatan ibu untuk melakukan pendekatan batin dengan si janin. merangsang perkembangan sistem saraf dan indra janin. Janin akan mengenali siapa saja yang biasa mengajaknya bicara. terutama ibu. janin menyimpan kata-kata ibu dalam memorinya. Ibu dapat bercerita atau membacakan dongeng sambil memberikan sentuhan lembut pada perutnya. Banyak penelitian membuktikan bahwa pemberian musik klasik dapat merangsang kecerdasan otak dan kepekaan suara. Semakin sering dilakukan maka semakin baik karena hal ini dapat mempererat hubungan batin antara janin dan orangtuanya. Sejak dalam kandungan pun. Musik klasik sudah terkenal digunakan untuk menstimulasi kehamilan. Saat ritme denyut jantung menjadi aktif. pemberian stimulasi pada janin juga menjadi hal yang sangat penting. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa suara ibu dapat mempercepat denyut jantung janin. Inilah yang disebut stimulasi kognitif. janin sudah dapat menerima stimulasi sederhana. tapi begitu mendengar suara orang lain denyut jantungnya melambat. Stimulasi ini dapat merangsang kepekaan suara serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada janin. Suatu penelitian menyatakan bahwa bayi yang .

laktiferin. tidak perlu terlalu ketat dalam menjaga asupan gizinya. Di dalam ASI terdapat kandungan laktobasilus fibidus. Oleh karena itu. antibodi.com/tag/stimulasi-suara-ibu-hamilterhadap-janin/. Makanan yang baik bagi bayi yang baru lahir adalah ASI.7 sejak dalam kandungan diberi stimulasi musik klasik. Selain itu ASI memiliki efek psikologis yang baik. Ibu menyusui. Pemberian ASI dapat mulai dilakukan sejak satu jam setelah bayi lahir. ASI yang keluar pada hari pertama sampai hari ke tiga setelah melahirkan adalah ASI yang merupakan sumber antibodi yang sangat penting bagi bayi. Penelitian terakhir membuktikan bahwa bayi yang diberikan ASI mempunyai IQ lebih tinggi daripada bayi yang diberikan susu formula. dan kasih sayang. inisiasi menyusui sini (IMD). asupan gizi ibu harus sangat diperhatikan karena mempengaruhi kualitas ASI. antistreptokokus. Kebutuhan kalori selama menyusui. lebih cepat merespon atau bereaksi terhadap suara musik yang biasa diputarkan untuknya 4. Asupan gizi pasca kelahiran erat kaitannya dengan pemberian ASI. yang perlu diperhatikan adalah makanan yang menjamin pembentukan air susu agar tetap berkualitas dengan jumlah yang cukup.wordpress. proposional dengan jumlah air susu ibu yang dihasilkan dan lebih tinggi selama menyusui dibanding selama hamil. komplemen C3 dan C4. Kontak kulit antara ibu dan bayi dapat memberikan rasa aman. diakses dari https://babyorchestra. imunitas seluler. nyaman. guna memberikan colostrum. ASI memiliki banyak keunggulan dibanding dengan susu formula.39 . pada 25 Mei 2011 pukul 19. dan tidak menimbulkan alergi. lisozim. Rata-rata 4 Menstimulasi Janin.

MPASI dapat diberikan berupa buah-buahan yang dihaluskan. Ibu dianjurkan minum 2-3 liter/hari dalam bentuk air putih. (Dudek. dan kira-kira 85 kal diperlukan oleh ibu untuk tiap 100 mili yang dihasilkan. Pemberian MPASI berfungsi sebagai makanan pendamping. Nutrisi lain yang diperlukan adalah asupan cairan. mencukupi kebutuhan zat ASI yang kurang. Ibu menggunakan kurang lebih 640 kal/hari untuk 6 bulan pertama dan 510 kal/hari selama 6 bulan kedua untuk menghasilkan susu normal. Rata-rata ibu harus mengkonsumsi 2300-2700 kal ketika menyusui. MPASI juga dapat berfungsi untuk menstimulasi anak. Pastikan alat-alat makan yang akan digunakan benar-benar bersih. Makanan pendamping ASI (MPASI) dapat diberikan apabila bayi telah berusia 6 bulan. serta merangsang indra pengecapnya. Dalam pemberian MPASI perlu memperhatikan beberapa hal antara lain kebersihan dan kualitas makanan yang akan diberikan pada anak. 2001) Protein yang harus dikonsumsi ibu memerlukan tambahan 20 gram diatas kebutuhan normal ketika menyusui. Jumlah ini hanya 16% dari tambahan 500 kal yang dianjukan.8 kandungan kalori ASI yang dihasilkan ibu dengan nutisi baik adalah 70 kal/100 mili. mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan. dan makanan bayi dalam kemasan. dan jus buah. gunakan alat-alat makan yang tidak mengandung . bubur. susu.

42 . Untuk mengetahuinya dapat dilihat dari berat badannya.21 6 Susilo Rahmawati. kemudian periksa makanan yang akan diberikan apakah masih bagus (tidak busuk) dan tidak kadaluarsa. diakses dari http://geasy.5 Tumbuh kembang anak harus terus dipantau apakah ia telah mendapatkan kecukupan gizi atau belum.worspress. Tidak hanya itu. akan mencegah terjadi gizi buruk. Oleh karena itu ibu dianjurkan untuk rutin membawa balita ke posyandu. ibu akan diberi pengarahan yang tepat mengenai perkembangan dan pertumbuhan balita. asupan gizi yang ideal bagi ibu hamil. dan pengetahuan mengenai 5 Gizi Seimbang Bagi Bayi.web. telah ditentukan oleh WHONCHS atau dapat juga dilihat di Kartu Menuju Sehat (KMS) tumbuh kembang balita. gizi seimbang untuk balita.lusa. diakses dari http://www.id/gizi-seimbang-bagi-bayi/ . di posyandu. pada 26 Mei pukul 18.6 Dengan pemantauan berkala. pada tanggal 26 Mei pukul 18.9 bahan berbahaya. Berat badan ideal (BBI) anak usia 0-12 bulan dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut: BBI 0-12 bulan = BBI 1-10 tahun = (usia 2) + 8 Sebenarnya untuk mengukur berat badan normal anak. Kartu ini dipakai oleh posyandu dan puskesmas untuk memantau tumbuh kembang balita. diberi penyuluhan yang berisi tentang pengetahuan kesehatan. Menghitung Berat Badan Ideal.com/2007/06/15/menghitung-berat-badan-ideal/.

Pada umumnya. Contoh lain . Rangsangan stimulasi harus tetap diberikan kepada anak untuk merangsang semua sistem indra. Akibatnya potensi yang seharusnya ada dalam diri anak. Banyak masyarakat berpendapat makanan yang mewah itu makanan yang bergizi. untuk memberikan pemenuhan gizi yang ideal saja masih sulit apalagi untuk memberikan stimulasi. hal ini di akibatkan karena kurangnya pengetahuan mengenai kebutuhan gizi dan pentingnya stimulasi. Penyuluhan merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi status gizi buruk. ibu di Indonesia belum memberikan gizi yang seimbang bagi dirinya pada masa kehamilan dan bagi balitanya. Jangan pernah paksakan anak untuk melewati tahap perkembangan sebelum pada waktunya. Orangtua tidak tahu bahwa anak terlahir dengan potensi. tidak dapat tereksplorasi dengan optimal. Dalam pemberian stimulasi harus memperhatikan tahap-tahap perkembangan anak. Pada usia ini anak masih belajar untuk duduk. jangan pernah paksakan dia untuk belajar berjalan karena ini akan berakibat fatal bagi perkembangan fisik anak. merangsang saraf motorik kasar dan halus agar dapat berfungsi secara sempurna.10 stimulasi-stimulasi yang dapat harus diberikan ketika dalam kandungan maupun ketika sudah lahir. namun potensi tersebut tidak pernah diketehui karena tidak pernah dirangsang. Di Indonesia. Padahal untuk mendapatkan makanan yang bergizi itu tidak sulit dan tidak harus mahal. Setelah pemberian gizi dan stimulasi pada masa kehamilan. bukan berarti semuanya cukup sampai di situ. Misalnya ketika anak usia 6 bulan.

membunyikan berbagai suara atau musik. tepuk tangan. Ketika nanti anak memasuki sekolah dasar. anak sudah dapat mengoceh. Pemberian stimulasi harus disesuaikan menurut usia anak. dan berdiri berpegangan. mengulingkan bayi ke kanan dan kiri. Usia 9-12 bulan. Memasuki usia 6-9 bulan. berjalan maju dan mundur. cara belajar anak ialah dengan bermain. berikan tambahan permainan cilukba. karena ini akan berpengaruh terhadap perkembangan otaknya. sendok. aman. melempar mainannya. latih berdiri dan berjalan dengan berpegangan. dirangsan untuk meraih dan menggenggam mainan. Latih berjalan tanpa berpegangan. bacakan cerita dongeng. rangsang anak untuk belajar duduk. bermain dengan boneka. puzzle. Pada usia 0-3 bulan. lempar ini!). gelas. stimulasi dapat diberikan dengan mengusahakan rasa nyaman. Ajarkan melakukan perintah-perintah sederhana (pegang ini!. membanting. ambil itu!. rangsang anak dengan memanggil namanya. ia akan jenuh. dan menyebut nama. Mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata . menggerak-gerakkan benda berwana mencolok. menunjuk sesuatu. piring. menaiki tangga. ajak bersalaman. Pada usia ini. Usia 12-18 bulan. mengajak berbicara. tersenyum. menyusun kubus. Jangan memaksakan anak untuk belajar membaca dan menulis layaknya pendidikan formal seusia sekolah dasar. Pada usia 18-24 bulan. dan menyenangkan.11 ketika anak memasuki usia 3-5 tahun. Usia 3-6 bulan. rangsang anak untuk tengkurap dan terlentang. menggenggam. tambah rangsangan dengan latihan mencorat-coret dengan menggunakan pensil warna. latih berbicara dengan mengulang kata mama dan papa. ajak bermain menggelindingkan bola.

cacat bawaan. kematian neonatal. Kemampuan motoriknya mulai berkembang. tambah rangsangan dengan mengenal dan menyebutkan warna. abortus. pada 25 Mei 18. diakses dari http://duniaanak. Latih kebiasaan-kebiasaan baik seperti mencuci tangan. Ajak bicara mengenai kegiatan sehari-hari (makan. Sedangkan stimulasi berfungsi untuk merangsang dan menggali potensi yang ada 7 Stimulasi Dini Balita.melompat. mengerti perintah sederhana. dan kemandirian (tidak selalu minta ditemani orang tua). tangan. Di usia ini. misalnya dengan menunjukkan mata. latihan berdiri satu kaki. buang air kecil dan air besar di toilet. menggambar garis. bernyanyi). berlari. dan lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). berdoa. bermain. Kenalkan nama-nama binatang dan benda-benda di sekitarnya. tetapi juga dapat mengakibatkan keguguran. stimulasi diarahkan untuk persiapan bersekolah diantaranya kemampuan menggenggam pensil. bayi lahir mati. memakai baju. dan mengucapkan salam. Kekurangan gizi pada masa kelahiran maupun pasca kelahiran tidak hanya dapat menurunkan kecerdasan otak pada anak. minum.rawins. telinga. menyikat gigi.12 walaupun belum jelas. menghitung benda.7 Penutup Dari uraian di atas.11 .html. berbagi dengan teman. menyebutkan nama teman bermain. Setelah umur 3 tahun.com/2008/12/stimulasi-dini-balita. dapat disimpulkan bahwa gizi dan stimulasi sangat berpengaruh terhadap kualitas perkembangan anak usia dini. mulut. dan kaki. orang tua dapat mengenalkan anggota tubuh. Pemberian gizi seimbang berfungsi untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Usia 2-3 tahun.

(Online). (Online). Kebutuhan Gizi Ibu Hamil. terlahir dengan potensi yang beragam yang harus dikembangkan. 2010.id/giziseimbang-bagi-bayi/ . diakses pada 26 Mei pukul 18. (Online). Karena setiap anak. diakses dari. (https://babyorchestra. agar mendapatkan hasil yang optimal. 2009.39) Anonim.com/tag/stimulasi-suara-ibu-hamilterhadap-janin/. (http://www.32) Anonim.worspress.13 dalam diri anak agar dapat tereksplorasi dengan maksimal. (http://geasy. Pemberian gizi dan stimulasi lebih baik dilakukan sejak masa kehamilan dan harus dijalankan selaras. Daftar Rujukan Huliana. pada tanggal 26 Mei pukul 18.42) .web.web. Menghitung Berat Badan Ideal. diakses pada 25 Mei 2011 pukul 19. diakses pada 25 Mei 2011 pukul 19.(Online). Gizi Seimbang Bagi Bayi. Menstimulasi Janin.lusa.com/2007/06/15/menghitung-berat-badan-ideal/.21) Rahmawati.id/kebutuhan-gizi-ibu-hamil-part-1/. (http://www.lusa. Susilo.wordpress.