P. 1
SOSIOANTROPOLOGI

SOSIOANTROPOLOGI

|Views: 318|Likes:
Published by Agil
Definisi Sosiologi Antropologi, Hakikat, Kajian, Karakteristik, Teori
Definisi Sosiologi Antropologi, Hakikat, Kajian, Karakteristik, Teori

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Agil on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

03/07/2015

$4.99

USD

pdf

text

original

SOSIO ANTROPOLOGI

Disusun oleh : Agil Prasetyaningarum

101684060

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 2012

Berikut ini adalah beberapa pengertian Sosiologi pendidikan menurut para ahli :   F. Robbins. memfokuskan perhatian kepada hubungan sosial dalam berbagai peranan dan fungsinya.P.SOSIOANTROPOLOGI I. Definisi Sosiologi Ilmu Sosial yang secara khusus mempelajari interaksi sosial ini disebut sosiologi. Fairchild dalam bukunya “Dictionary of sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang di terapkan untuk memecahkan pendidikan yang fundamental. “Sosiologi secara kasar dapat didefinisikan sebagai studi ilmiah tentang tentang interaksi umat manusia”. sebagian menekankan hubungan pada hubungan di antara mereka sendiri seperti interaksi. . H. Hanskins (Fairchild. P.: 1982:302) lebih rinci mengemukakan : Sosiologi yaitu studi ilmiah tentang fenomena yang timbul dari hubungan kelompok umat manusia. dkk. Aliran sosiologi yang berbeda menentukan penekanan yang bervariasi berkenaan dengan faktor-faktor yang berhubungan.Ellwood. Sosiologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari atau menuju melahirkan maksud hubungan semua pokokpokok masalah antara proses pendidikan dan proses sosial. Studi tentang manusia dan lingkungan instansinya dalam hubungan satu sama lain. asosiasi.  Charles A. G. Menurut Brown & Brown (1980:35). H. SOSIOLOGI A. sedangkan aliran yang lain menekankan pada umat manusia dalam huungan sosialnya. Sedangkan Frank H. Sosiologi pendidikan sosiologi khusus yang mengkaji sruktur dan dinamika proses pendidikan. dan seterusnya.

Masalah kewenangan. Drs. yaitu dengan kronologis. Sosiologi mempersatukan sata yang beragam dari beberapa ilmu pengetahuan lain sebagai dasar pengetahuan. Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepridian individu untuk lebih baik. C. Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berkaitan dengan produksi.      Merupakan ilmu pengetahuan yang murni (pure science) dan bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai (applied science) Merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak dan bukan merupakan ilmu pengetahuan yang konkrit Bertujuan untuk menghasilkan pengertia-pengertian dan pola-pola Merupakan pengetahuan yang empiris dan rasional Merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan ilmu pengetahuan yang khusus. misalnya usaha dan kegiatan manusia beserta prestasinya yang berdokumentasikan. 2. 3. yaitu pihak-pihak yang membuat kebijakan berkaitan dengan apa yang dialami warganya. Hakikat Sosiologi   Sosiologi adalah suatu ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan kerohanian. Nasution M. A. . san penggunaan sumber-sumber kekayaan alam. B. Prof. distribusi. Persoalan sejarah. Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Sosiologi mengkaji beberapa hal.. artinya sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi dewasa ini dan bukan mengenai apa yang terjadi atau seharusnya terjadi. diantaranya: 1. Sosiologi bukan disiplin yang normative akan tetapi adalah suatu disiplin yang kategoris.

5. bukan ilmu kealaman ataupun humaniora 2. 4. Tujuan Sosiologi Pendidikan Menurut George S. Untuk memahami peraturan tentang penelitian dalam masyarakat dan sekolah sebagai instrument dan faktor sosial atau kemajuan sosial yang mempengaruhi sekolah. Merupakan ilmu pengetahuan murni (pure science). 6. bukan mempersoalkan baik-buruknya fakta sosial tersebut. Untuk memahami kekuatan sosial efek mereka atas individu. Bandingkan dengan pendidikan agama atau pendidikan moral. 4. Merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat umum. 2. Herrington mengemukakan lima tujuan sosiologi pendidikan. Dalam hal ini sosiologi selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Untuk menggunakan teknik penelitian dan pemikiran kritis untuk mencapai tujuan. Merupakan ilmu sosial. artinya bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola-pola umum dari interaksi antar-manusia dalam masyarakat. bukan normatif atau etik. 3.D. Karakteristik Sosiologi Sebagai ilmu. bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science) 5. isi dan struktur masyarakat. sosiologi memiliki sifat hakikat atau karakteristik sosiologi: 1. Untuk memahami ideology yang demokratis kultur kita dan kecenderungan sosial dan ekonomi dalam hubungan dengan kedua agen pendidikan informal dan formal. Bersifat empirik-kategorik. bentuk. yaitu: 1. Kurikulum masyarakat. 3. Merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak atau bersifat teoritis. artinya sosiologi berbicara apa adanya tentang fakta sosial secara analitis. Abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang . Pokok-pokok penelitian sosiologi penelitian. E. dan juga tentang sifat hakikat.

Dari definisi-definisi tersebut. II. Berikut adalah beberapa definisi antropologi menurut para ahli:  William A. Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat tidak manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna. Antropobiologi memilki dua holistic dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi kemanusiaannya. Definisi Antropologi Antropologi berasal dari Yunani. dan “logos” berarti ilmu. dan untuk . berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk untuk memperoleh pengertian yang lengkap tantang keanekaragaman manusia. yaitu ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berperilaku.tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebabakibat sehingga menjadi teori. nilai-nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Ruang Lingkup Antropologi Antropologi adalah studi tentang umat manusia. Haviland. ANTROPOLOGI A.Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan antropologi dan disiplin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan/ perbedaan budaya antar manusia. Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia. tradisi-tradisi. Koentjaraningrat. yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya. bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan. yaitu dari kata “antrophos” berarti manusia. dapat disusun pengertian sederhana antropologi. Antropologi adalah studi tentang manusia.   David Hunter. B.

masalah sejarah terjadinya berbagai ragam manusia dari segi ciri-ciri fisiknya. dan kebudayaan menjadi kajian pokok antropologi. dan terjadinya beragam kebudayaan di dunia. dan kita juga tahu masyarakat sudah pasti berkebudayaan. masalah mengenai asas-asas kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat suku bangsa di dunia. ilmu antropologi terbagi ke dalam 5 cabang ilmu yaitu: 1. Paleoantropologi 2. Berdasarkan penggolongan masalah tersebut. tetapi berhubungan erat. 4. yaitu: 1. masalah sejarah asal. Antropologi Fisik. 3. serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia. perkembangan. masalah sejarah asal dan perkembangan manusia dilihat dari ciri-ciri tubuhnya secara evolusi yang dipandang dari segi biologi. 2. Keduanya lebih dikenal sebagai Antropologi Fisik dalam arti “luas” 3. masalah perkembangan. Objek kajian sosiologi adalah masyarakat.memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. namun perlu diingat antara masyarakat dan kebudayaan tidak sama. Sedangkan yang menjadi kajian antropologi adalah kebudayaan. Prasejarah 4. Ketiga terakhir secara luas dikenal dengan sebutan Antropologi Budaya atau Antropologi Sosial. penyebaran. 5. . Etnologi. Dalam hal ini masyarakat menjadi kajian pokok sosiologi. Ruang lingkup dan kajian antropologi memfokuskan kepada lima masalah di bawah ini. yakni sosiologi dan antropologi. Etnolinguistik 5. HUBUNGAN ANTARA SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI Sosioantropologi merupakan gabungan dari dua cabang ilmu. III.

tetapi tidak berkebudayaan. Adapun bidang yang menjadi bahan kajian meliputi hal-hal berikut: 1. kata masyarakat menunjukkan pada segolongan manusia yang pandai dan bekerja sama. penekanan antara keduanya berbeda. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat lebih mendasar dan merupakan tanah dimana kebudayaan itu tumbuh. Dengan kata lain. Masalah terjadi persebaran dan perkebangan berbagai kehidupan diseluruh dunia. 4. Kedua spesialisasi ini sering digabungkan menjadi satuan bagian. Hanya saja. keduanya baik masyarakat dan kebudayaan penting bagi sosiologi dan antropologi. 3. . Karena itu. Sejarah terjadinya berbagai bahasa manusia diseluruh dunia dan penyebarannya. kebudayaan berhubungan dengan isi corak dengan hubungan yang ada.Hal ini disebabkan hubungan erat antara kebudayaan dan masyarakat diibaratkan semut dan lebah bermasyarakat. sedangkan kebudayaan adalah cara fungsi itu dilaksanakan. Sejarah terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis. 2. masyarakat merupakan fungsi-fungsi yang asasi dalam hubungan manusia. Menurut Ralph Linton. sedangkan kata kebudayaan menunjukkan pada cara hidup yang khas dari golongan tersebut. Masalah dasar kebudayaan dalam kehidupan manusia dari suku-suku bangsa yang tersebar dimuka bumi sampai sekarang. Masyarakat berhubungan dengan susunan dan proses hubungan antar manusia dan golongan. Kebudayaan selalu berbentuk atau bercorak sesuai dengan masyarakatnya.

diunggah pada 23 September 2012 pukul 05.html. diunggah pada 23 September 2012 pukul 05.com/2012/04/07/sosiologi-antropologi-pendidikan/. diunggah pada 19 September 2012 pada 07.wordpress.com/2009/07/13/konsep-dasar-sosiologi/.com/2010/01/07/ringkasan-pengantar-antropologi/.wordpress.27 http://piyakpiyek.07 http://agsasman3yk.53.com/2009/12/antropologi-sosial-budaya. http://etno06.blogspot.wordpress. diunggah pada 19 September 2012 pada 08.32.DAFTAR PUSTAKA http://wawan-junaidi. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->