P. 1
Etik Profesi

Etik Profesi

|Views: 3|Likes:
Published by pintoleonardo901532

More info:

Published by: pintoleonardo901532 on Dec 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab: Moral dapat diartikan sebagai semangat atau dorongan batin dalam diri seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Moral atau moralitas ada dalam diri seseorang karena berdasarkan pada nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh orang tersebut sebagai sesuatu yang baik atau buruk, sehingga orang tersebut dapat membedakan mana yang patut dilakukan dan mana yang tidak sepatutnya dilakukan. Berdasarkan asal katanya, etika dapat berarti kebiasaan, watak, cara bergaul dan cara berperilaku yang baik. Etika merupakan pola perilaku atau kebiasaan baik yang dimiliki seseorang atau organisasi dan dapat diterima oleh lingkungan sosial di mana orang atau organisasi tersebut berada. Etika dapat juga diartikan sebagai nilai-nilai normatif yang dimiliki seseorang atau sebuah organisasi sebagai suatu kelaziman yang dapat diterima umum dalam interaksi dengan lingkungannya. Berdasarkan pemahaman di atas, dapat disimpulkan bahwa moral atau moralitas lebih cenderung berkaitan dengan nilai-nilai yang diyakini dan menjadi semangat dalam diri seseorang atau suatu organisasi untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Moralitas dapat menjadi landasan atau hal yang melatarbelakangi etika seseorang atau suatu organisasi. Sedangkan etika lebih ditunjukkan dalam tindakan nyata yang mencerminkan nilai-nilai perilaku yang dimiliki seseorang atau suatu organisasi tertentu dalam interaksinya dengan lingkungan. Contoh dalam kehidupan sehari-hari: Dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan istilah etika banyak dikembangkan dalam suatu sistem organisasi sebagai norma-norma yang mengatur dan mengukur profesionalisme seseorang. Misalnya Etika Kedokteran, Etika Jurnalistik, Etika Hukum dan sebagainya. Moral merupakan dorongan batin untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Misalnya, ada seorang pasien ingin melakukan aborsi dan meminta penanganan medis oleh seorang dokter. Dalam etika kedokteran ada beberapa hal yang mengatur tentang aborsi terhadap seorang pasien. Ada ketentuan-ketentuan yang mengatur pada kasus seperti apakah kandungan seorang pasien boleh digugurkan atau diaborsi. Tetapi sang pasien berjanji akan memberikan bayaran yang sangat banyak kepada dokter tersebut jika dia mau mengaborsi kandungan sang pasien meskipun melanggar etika kedokteran. Di sinilah moral dokter tersebut diuji, apakah dia memiliki dorongan batin yang cukup kuat untuk tetap mematuhi etika kedokterannya atau justru melanggarnya.

Referensi: http://af008.wordpress.com/etika-etiket-dan-moral/ http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=18&ved=0CFwQFjA HOAo&url=http%3A%2F%2Ftendik.kemdiknas.go.id%2Fid%2Fdownload%2Fdoc_downlo ad%2F50-etika-organisasi-pemerintaha&ei=dlV4T6HSNYm0rAeONGeDQ&usg=AFQjCNEV0oAgXxG6uDfzvtKAeFHqnJMlg&sig2=BpqQoOtIGXl5jWe0IGzNmQ

pengedar narkoba tersebut harus dihukum agar masyarakat sekitar tidak menjadi korban atau menjadi pemakai narkoba. dan memandang setiap orang sebagai subyek moral. Proses hukum yang dilakukan juga merupakan tanda bahwa setiap pihak (baik pihak yang benar atau pun pihak yang salah) diakui sebagai subyek moral yang memiliki hak untuk dibela jika benar dan berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum jika berbuat salah. pengedar narkoba tersebut harus dihukum tepat sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Paham utilitarianisme tidak mengutamakan siapa yang benar dan siapa yang salah. Bahkan jika hukuman yang diberikan sangat parah (misalnya penjara seumur hidup atau hukuman mati) maka hukuman tersebut tetap dibenarkan. Referensi: . Bagi seorang penganut paham kantianisme. objektif. daripada beresiko menimbulkan korban-korban pemakai narkoba yang baru. Manfaat yang diperoleh akan lebih besar bila si pengedar narkoba tersebut dihukum. setiap orang harus diperlakukan sebagaimana mestinya. Bagi seorang penganut paham utilitarianisme. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa? Jawab: Paham kantianisme merupakan paham yang memandang suatu permasalahan secara tegas. suatu keputusan harus diambil berdasarkan asas manfaat. Orang yang berpikir berdasarkan pemahaman ini dalam mengambil keputusan akan berpedoman pada alternatif manakah yang dapat memberikan manfaat yang paling banyak bagi seluruh pihak. Menurut paham ini. Contoh paham kantianisme: Seorang pengedar narkoba yang tertangkap pihak kepolisian maka harus dihukum. Hal ini berdasarkan pemikiran bahwa akan jauh lebih bermanfaat dan berdampak positif jika seorang pengedar narkoba dihukum. Menurut paham ini. Para profesional dan insinyur di bidang keteknikan umumnya lebih mengutamakan pengambilan keputusan yang dapat memberikan manfaat yang paling banyak bagi semua pihak dengan pengorbanan sekecil-kecilnya. Paham yang lebih banyak dianut oleh para profesional atau insinyur di bidang keteknikan adalah paham utilitarianisme. Hal ini disebabkan karena paham ini berpedoman pada pemikiran manfaat manakah yang lebih besar. bila seseorang salah maka harus dihukum namun tetap tidak melanggar hak-hak dasarnya sebagai manusia dan tidak mempermalukannya. bila seseorang benar maka harus dibela hak-haknya dan diperlakukan sebagai pihak yang benar. Contoh paham utilitarianisme: Seorang pengedar narkoba yang tertangkap pihak kepolisian maka harus dihukum. Paham ini berpusat pada pemenuhan manfaat bagi banyak orang.2. Bila tidak dihukum. penganut kantianisme akan merasa hal tersebut adalah hal yang salah dan sama seperti menghukum orang yang tidak bersalah.

Dilema moral merupakan keadaan serba salah. yaitu sang perempuan tersebut atau anaknya saja. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia! Jawab: Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia pada dasarnya adalah keterampilan analitis dan keterampilan memecahkan masalah. Referensi: http://bidansiapsiaga. Seorang Sarjana Teknik Industri di dalam dunia kerja berperan sebagai pemberi solusi untuk masalah-masalah yang ada di perusahaan. Jakarta: Grasindo. Suami dari perempuan tersebut kemudian diminta oleh dokter untuk mengambil keputusan.com/2011/08/pengambilan-keputusan-dalam-menghadapi.blogspot. Selain itu. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. hanya salah satu saja yang dapat diselamatkan. Kompetensi penunjang bagi seorang Sarjana Teknik Industri Indonesia pada intinya dapat disebut sebagai soft skills yang sangat diperlukan dan penting untuk dapat mengimplementasikan kompetensi utama. Kompetensi penunjang merupakan kompetensi yang dapat membantu proses implementasi kompetensi utama. tentunya dibutuhkan suatu pola pikir yang kritis dalam menganalisis dan memecahkan masalah. Berdasarkan analisis medis dari sang dokter. tetapi dia harus memilih yang manakah yang akan dipertahankan untuk tetap hidup oleh sang dokter. Oleh sebab itu. sehingga seseorang sangat sulit dalam mengambil keputusan. Kompetensi penunjang yang tergolong ke dalam soft skills antara lain kemampuan berkomunikasi. keterampilan dalam memanfaatkan segala ilmu yang dimiliki untuk memberi solusi bagi suatu masalah juga merupakan kompetensi utama bagi Sarjana Teknik Industri Indonesia. timbullah dilema moral dalam diri sang suami tersebut.Wattimena. keterampilan dalam memanfaatkan teknologi . kemampuan dalam bekerja secara team. di mana terdapat dua pilihan yang seimbang. Pada kondisi ini. sama-sama berharga baginya. A. kemampuan untuk berpikir kreatif. Contoh dilema moral dalam kehidupan sehari-hari: Seorang dokter sedang menangani seorang perempuan yang akan melahirkan. Bagaimana pun dua-duanya sama-sama bernyawa. istrinya yang diselamatkan ataukah anaknya yang diselamatkan. Jelaskan yang dimaksud dengan dilema moral. Reza A. Filsafat dan Sains sebuah Pengantar. 3. beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari! Jawab: Dilema moral dapat diartikan sebagai situasi dimana seseorang dihadapkan pada dua alternatif pilihan dimana tidak ada jalan keluar yang memuaskan pada masalah tersebut. Tetapi kondisi kesehatan perempuan tersebut sangat lemah oleh karena sesuatu hal dan proses melahirkan justru membahayakan keselamatannya.html 4.

saudara ataupun orang yang dicinta. Sehingga pengertian etika profesi adalah suatu ilmu mengenai hak dan kewajiaban yang diladasi dengan pendidikan keahlian tertentu salahnya dalam bidang keteknikan. Kehilangan kepercayaan berdampak sangat buruk. etika profesilah yang sangat penting. Dengan kejadian tersebut pelanggan tersebut terpaksa harus mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki mobilnya. Beri contoh minimal tiga kasus pelanggaran etika profesi yang pernah terjadi di bidang profesi keteknikan! Apa dampak yang ditimbulkan? Jawaban: Bidang keteknikan pada bidang teknik mesin. Sehingga pada aplikasinya etika profesi bidang keteknikan ini merupakan suatu ilmu tentang hak dan kewajiban untuk menyelesaikan masalah dalam suatu pekerjaan. Akibat pelanggaran . Ketidakadilan yang dirasakan oleh orang lain akan mengakibatkan kehilangan kepercayaan. montir tersebut mengetahui apa saja kerusakan pada mesin mobil tersebut. karena kepercayaan merupakan suatu dasar atau landasan yang dipakai dalam suatu pekerjaan. Profesionalisme sangat penting dalam suatu pekerjaan. dimana dalam bidang pekerjaan disini akan ada banyak orang yang tergabung. Bidang keteknikan tergabung atas berbagai bidang. etika juga merupakan ilmu tentang hak dan kewajiban moral atau akhlak. salah satu contohnya montir mobil. sehingga tidak terjadi ketidakadilan. Etika sangat penting dalam menyelesaikan suatu masalah dalam bidang keteknikan. namun montir tersebut berbohong dengan mengatakan ada bagian lain yang harus diganti juga. sehingga bila suatu profesi keteknikan tanpa etika akan terjadi penyimpangan-penyimpangan yang mengakibatkan terjadinya ketidakadilan. Dia tau bahwa pelangganya tidak begitu merti mengenai mobil. Sehingga tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang menyebabkan ketidaksesuain dengan bidang tersebut. Sedangkan. penguasaan bahasa-bahasa asing. Sehingga. seorang montir memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki mesin. Sehingga ketika hendak mengambil keputusan tidak terjadi penyimpangan. profesi atau bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian tertentu. maka pelangga itu tidak percaya lagi dengan bengkel tersebut dan tidak akan kembali ke bengkel tersebut. Salah tetap salah dan benar tetap benar. Dasar ini merupakan hal yang diperlukan dalam bidang keteknikan. serta memiliki etika dan moral yang baik sehingga dapat mendukung kompetensi utama yang dimiliki. Ketika pelanggan tersebut pindah ke bengkel lain dan mengetahui kenyataannya. Bagian yang rusak dari mobil itu sebenarnya hanya ada satu bagian. tidak menutup kemungkinan terdapat teman.informasi. sehingga dia melakukan hal tersebut. bukan hanya loyalitas. Bidang keteknikan merupakan suatu bidang yang berorientasi dalam menyelesaikan masalah. TUGAS 1 ETIKA PROFESI Nama : Iffah Mawaddatunnisa NPM : 31408024 Kelas : 3 ID 01 Jelaskan alasan perlunya etika profesi dalam bidang keteknikan! Apa yang akan terjadi bilamana profesi keteknikan tanpa etika? Jawaban: Pengertian etika ialah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk. oleh sebab itu etika disini sangat dibutuhkan.

kemungkinan kejadian tersebut akan tersebar keorang lain sehingga bengkel tersebut berdampak menjadi sepi pelanggan. yaitu dalam jangka pendek dapat menyebabkan keracunan dan dalam jangka panjang dapat menyebabakan penyakit kanker. Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut adalah dengan membumihanguskan instalasi riset tersebut dengan bom. Paham tersebut mengartikan bahwa etika profesi yang harus dilakukan adalah menjalankan kewajiban. Kantianisme b. salah satu jaringan komunikasi terkenal diindonesia membuat iklan yang luar biasa untuk menarik pelanggan. Namun demikian. makanan tersebut mengunakan pewarna agar menarik anak-anak. Utilitarianisme Jawaban: Kantianisme adalah etika non-konsekuensialisme. studi kasus di bidang teknik mesin . memproduksi jajanan makanan sekolah. Sebaliknya. Iklan tersebut berisi janji-janji. Pembuat makanan tersebut melakukan hal nakal dengan menganti pewarna makanan tersebut dengan pewarna baju atau rodamin B. bengkel tersebut kehilangan satu pelanggan. namun bagi pelangga itu tidak berlaku. secara teori memang dengan biaya murah kecepatannya pasti berkurang. yang jahat atau buruk adalah yang tak bermanfaat. Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan dilemma moral tersebut menurut faham: a. tak berfaedah. Dalam waktu singkat telah jatuh 10 korban jiwa. karena penekanannya pada kewajiban. namuan pewarna makanan yang asli warnanya tidak begitu menarik dan mahal. Dimana dari kasus tersbut kerugian yang didapat lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang didapat. dilakukan isolasi terhadap fasilitas tersebut.yang dilakukan. Namun. Dalam sebuah laboratorium riset dengan 50 orang peneliti telah terjadi kebocoran yang menyebabkan terinfeksinya para pekerja oleh bakteri mematikan. Untuk menghambat penyebaran bakteri yang belum ditemukan obat penangkalnya. Paham ini mengartikan bahwa dalam pengambil keputusan untuk penyelesaian dari kasus tersebut harus dilihat dari sisi untung dan ruginya. Etika profesi tidak digunakan sama sekali oleh mereka. maka pemeliharaan sebagai etika kewajiban. Hal itu dilakukan karena pewarna baju lebih menarik warnanya dan harganya lebih murah. Bidang keteknikan pada bidang teknologi. berfaedah. sebuah industri makanan dijakarta. dan ini merugikan pelanggan. sehingga kejadian tersebut dianggap sebagai penipuan publik. dan merugikan. gratis sms. walapun sudah mengetahui hal tersebut dia tetap mencampurkan zat berbahaya tersebut kedalam jajanan anak-anak tersebut. Namun jaringan tersebut membuat suatu masalah dengan mengecilkan kecepatan. sehingga dengan begitu keputusan terbaik adalah membumi hanguskan instalasi riset tersebut. dimana disini diwajibkan untuk membumi hanguskan instalasi riset tersebut dengan cara dibom untuk menolong jumlah manusia yang lebih banyak. baik biaya telepon murah. potensi ancaman kematian masih menghantui 100 ribu penduduk kota tersebut. karen mereka sudah tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dia lakukan dan tidak meperdulikan kesehatan anak-anak. dan lain-lain. Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna. yang akan meluluhlantakkan fasilitas tersebut termasuk para peneliti di dalamnya. Bidang keteknikan dibidang industri. Pembuat makanan tersebut padahal tau bahaya dari pewarna tersebut. dan menguntungkan.

sebagai wadah berhimpunnya para Sarjana Teknik dan Sarjana Pertanian yang berprofesi di dunia keinsinyuran (engineering). dapat dicantumkan oleh penyandangnya di depan namanya. atau Sarjana Farmasi (SF). atau Apoteker. Sebutan profesi Insinyur ini. ada perbedaan antara : Gelar Akademis yaitu gelar yang diperoleh setelah menamatkan pendidikan akademis. yang disertifikasikan pada penyandang Sebutan Profesi Insinyuryang : • Mempunyai dasar pengetahuan kesarjanaan (knowledge base) untuk profesi keinsinyuran. Seperti diketahui. • Telah mengumpulkan pengalaman dan kemampuan profesi keinsinyuran yang cukup untuk memenuhi suatu persyaratan bakuan kompetensi (competency standard) yang ditetapkan PII. . • Mandiri dalam mengemban tanggungjawab profesinya. yang disingkat Ir. yaitu Insinyur dan Sertifikatkeprofesionalan yang baru. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. seperti misalnya Sarjana Hukum (SH). Sertifikat Keprofesionalan Selanjutnya PII akan pula meluncurkan sertifikat keprofesionalan Insinyur Profesional. PROGRAM SERTIFIKASI INSINYUR PROFESIONAL-PII Sebutan Profesi Persatuan Insinyur Indonesia (PII).dengan Sebutan Profesi seperti misalnya Pengacara/Notaris/Jaksa/Hakim. berdasarkan rekomendasi Organisasi Profesi yang bersangkutan. selain dapat bekerja dalam bidangbidang industri dan produksi juga dapat bekerja pada bidang lainnya. dimulai oleh Pengurus Pusat masa bakti 1994 – 1999. yaitu sebutan bagi para penyandang gelar akademis yang mempraktekkan hasil pendidikan akademisnya itu sebagai profesinya sehari-hari. Ketentuan Pemerintah mengenai Sebutan Profesi ini menyebutkan bahwa penetapan mengenai suatu sebutan profesi dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan cq. Dan umumnya sebutan profesi ini diperoleh setelah yang bersangkutan memenuhi beberapa persyaratan kemampuan dan pengalaman profesional yang ditambahkan atas pendidikan akademisnya. Dengan mengikuti ketentuan sedemikian itu. yaitu Insinyur Profesional. menyelenggarakan apa yang disebut sebagai Program Insinyur Profesional. serta Gelar Akademis lanjutan seperti S-2 (Magister) dan S-3 (Doktor) yang menunjukkan tingkat kemampuan akademis dan penelitian (riset).. maka PII. Beberapa lapangan pekerjaan bagi lulusan Teknik mesin antara lain: • Industri otomotif • Minyak bumi dan gas • Industri maritim • Industri berat dan ringan • Pendidikan pengajaran dan penelitian • Pegawai di berbagai instansi pemerintah dan swasta.Berbagai jenis profesi bidang Teknik Mesin dan Sertifikasi Profesi : Insinyur Profesional dan sertifikasi internasional Posted: 28 Mei 2011 in Uncategorized 0 Jenis Profesi Bidang Teknik Mesin dan Sertifikasi Profesi Insinyur Profesional Jenis Profesi Bidang Teknik Mesin Lapangan pekerjaan sarjana Teknik Mesin sangat luas. akan meluncurkan sebutan profesi Insinyurbagi para anggotanya. Dalam program ini akan diperkenalkan ke dalam masyarakat :Sebutan (gelar) profesi yang baru.

perencanaan. perbaikan. pesawat. manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. informasi. • Sistem Manufaktur Sistem Manufaktur adalah sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas. kinematik. peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Sistem Manufaktur ini antara lain adalah Sistem Produksi. yaitu dapat berupa konstruksi mesin sebuah kendaraan. dan pemerintah. • Memelihara kemutakhiran kemampuan profesionalnya. produktivitas. Bidang keilmuan yang dipelajari di dalam Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri. Sertifikasi International dan Profesi diberbagai bidang industri serta sertifikat keahlian Teknik industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan. materi. Untuk itu teknik mesin ini dapat dibagi – bagi dalam beberapa bagian yaitu : • Perancangan Mekanik dan Konstruksi • Proses Manufaktur dan Sistem Produksi • Konversi energi • Ilmu Bahan / Metalurgi Maka dapat disimpulkan dari keterangan di atas. ilmu Teknik Industri diklasifikasikan ke dalam tiga bidang keahlian. dan informasi melalui proses perancangan. • Manajemen Industri Bidang keahlian Manajemen Industri adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. mesin. energi. Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin). dan Ergonomi. desain. DI ITB dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Manajemen Industri. Dari dua jenis bidang keahlian tersebut dapat dibedakan untuk profesi lebih baik ke bidang industri karna bidang industri bias berbagai macam dan bias termasuk ke bidang teknik mesin . implementasi. pabrik industri. peralatan. bahan baku. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanik. Contoh lain dalam Negara kita yaitu Bapak Habibie merupakan insinyur penerbangan yang dimana keahliannya dapat membuat pesawat. Jenis bidang keilmuan yang dipelajari dalam Manajemen Industri antara lain adalah Manajemen Keuangan. Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik. dan proses. Manajemen Kualitas. dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis. bahwa contoh profesi dari Profesi Teknik mesin dapat berupa Profesi dari keahlian dari masing – masing bagian dari teknik mesin diatas. pengendalian. termodinamik dan energi. energi. Contoh profesi teknik mesin dalam bidang konstruksi. Logika Pemrograman. dan Sistem Basis Data Teknik Mesin atau teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa. Manajemen Sumber Daya Manusia. dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya. teknologi. yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisa pembuatan kendaraan. pemeliharaan. masyarakat. yaitu Sistem Manufaktur. Manajemen Pemasaran. Sistem Logistik. material.• Melaksanakan tugas-tugas keinsinyuran itu sebagai profesinya sehari-hari. Manajemen Inovasi. dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia. • Sistem Industri dan Tekno Ekonomi Bidang keahlian Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja. dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. energi. pengetahuan. pengoperasian. dan evaluasi sistem integral dari manusia. Pemodelan Sistem. Perancangan Tata Letak Pabrik. Operational Research.

Mampu melakukan pembinaan kemampuan profesional bagi para anggotanya sehingga setara dengan para Insinyur di negara lain. Kiranya panduan ini dapat menjadi bahan acuan bersama bagi mensukseskan Program Sertifikasi Insinyur Profesional PII. • Sertifikasi Profesi Insinyur Internasional Status profesional didefinisikan secara hukum dan dilindungi oleh sebuah badan pemerintah. Dalam rangka memenuhi tujuan yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar PII. • Sertifikasi Profesi Insinyur Profesional Pengantar Sertifikasi Insinyur Profesional Persatuan Insinyur Indonesia merupakan salah satu organisasi profesi yang mendapat tempat yang terhormat dalam masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat ilmu pengetahuan dan teknologi pada khususnya. Salah satu program utama Pengurus Pusat PII adalah melaksanakan Program Sertifikasi Insinyur Profesional Indonesia. Yang kedua adalah Insinyur Profesional Madya. Untuk memberikan panduan pada semua pihak yang berminat dan atau berkepentingan pada Program Sertifikasi Insinyur Profesional. . telah disusun Petunjuk Pelaksanaan ini. Yang membedakan seorang insinyur profesional berlisensi adalah kewenangan untuk mengambil tanggung jawab hukum untuk pekerjaan engineering. gambar. yaitu para pemegang sertifikat Insinyur Profesional Pratama yang sudah bekerja dan membuktikan kompetensinya selama paling sedikit lima tahun setelah ia memperoleh sertifikat Insinyur Profesional Pratama. Di beberapa wilayah hukum hanya terdaftar atau insinyur lisensi diizinkan untuk menggunakan gelar insinyur atau praktek rekayasa profesional. Sebagai contoh. serta sudah mengumpulkan pengalaman kerja yang cukup dalam bidang keinsinyuran yang ditekuninya. Yang terakhir adalah Insinyur Profesional Utama. Program ini merupakan langkah strategis PII untuk lebih mengedepankan pembinaan kemampuan profesional anggota dalam memasuki era persaingan globalisasi. bercap atau berstempel dokumentasi teknis seperti laporan. dan perhitungan.pula. Pada dasarnya Sistem Sertifikasi ini merupakan pengakuan resmi atas kompetensi keprofesionalan seorang insinyur. Dengan demikian masyarakat konsumen memperoleh perlindungan karena mereka yang sudah memperoleh sertifikat Insinyur Profesional adalah yang kompetensinya sudah benar-benar terbukti berdasarkan bakuan yang mengacu pada kaidah-kaidah internasional. Mampu memperjuangkan aspirasi dan melindungi kepentingan insinyur Indonesia sehingga hak dan kewajiban profesionalnya dapat terpenuhi dalam rangka berperan serta secara aktif dalam Pembangunan Nasional. yaitu para insinyur yang sudah bekerja lebih dari tiga tahun sejak mencapai gelar kesarjanaannya dan sudah mampu membuktikan kompetensi keprofesionalannya. yang sudah menempuh pendidikan sarjana teknik atau pertanian. yaitu para pemegang sertifikat Insinyur Profesional Madya yang telah bekerja dan membuktikan kompetensinya selama paling sedikit delapan tahun setelah ia memperoleh sertifikat Insinyur Profesional Madya. seorang insinyur berlisensi mungkin bertanda. Sertifikat Insinyur Profesional diberikan dalam tiga jenis. Yang paling awal adalah Insinyur Profesional Pratama. yang sekaligus juga menunjukkan jenjang kompetensi yang dimilikinya. serta mempunyai reputasi keprofesionalan secara nasional. Citra ini terbentuk sebagai hasil jerih payah perjuangan tak kenal lelah yang dilakukan oleh Pengurus PII terdahulu. citra tersebut perlu ditingkatkan agar selanjutnya PII menjadi sebuah organisasi profesi yang : Mampu memberikan pelayanan yang bermanfaat bagi para anggota.

Bisa bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan dalam bidang teknik mesin. suku. 8. Berikut ini adalah salah satu contoh etika yang telah disepakali oleh suatu organisasi. Berfikir mempunyai arti mencari sebuah jawaban yang tepat dan lengkap dari suatu pertanyaan atau masalah yang sedang kita hadapi. Bisa memperbaiki segala macam bentuk kesalahan yang telah terjadi dalam pekerjaan. 2. Bisa bersikap adil terhadap sesama tanpa membeda-bedakan ras. Untuk bisa lebih memahami Kode Etik Profesi Sarjana Teknik Mesin maka diperlukan kesadaran sepenuhnya akan tanggung jawab sebagai warga negara maupun sebagai sarjana : 1. atau analisis. Bisa membantu sesame rekan sepekerjaan untuk bisa lebih memajukan perusahaan tempat dia berkerja. dll. Berusaha untuk tidak merugikan orang lain demi maksud kepentingan pribadi. salah satunya karena adanya etika. Bisa menolak segala macam bentuk sogokan yang bisa merugikan perusahaan atau pihak lain. Etika menjadi pedoman dasar manusia untuk bias hidup dengan segala prilaku yang baik agar tidak merugikan orang lain. agama. 4. 3. sumber : internet Kode etik sarjana teknik Etika menjadi atribut pembeda yang membedakan manusia dengan mahluk hidup yang lain. 9. 6. 7. Manusia dikatakan sebagai mahluk yang memiliki derajat yang tinggi di dunia ini. Bisa menerima kritik dan saran dari orang lain agar perusahaan tempat dia bekerja tidak mendapat kerugian. Semoga menjadi contoh buat kita semua.perkiraan desain studi. Bisa mengembangkan ilmu pengetahuan tentang teknologi. Manusia dikatakan sebagai mahluk yang memiliki derajat yang tinggi di dunia ini. 5. Bisa jujur dalam menyatakan klaim atau perkiraan menurut data yang tersedia. salah satunya karena adanya etika. akan panggilan pertumbuhan dan pengembangan pembangunan di Indonesia maka kami Sarjana Teknik Industri dan . dan sadar sepenuhnya akan tanggung jawab sebagai warga negara maupun sebagai sarjana. Sarjana Teknik mesin Indonesia Untuk lebih menghayati Kode Etik Profesi Sarjana Teknik mesin Indonesia dalam operasionalisasi sesuai bidang masing-masing. Di dalam pendidikan seorang Sarjana adalah orang yang mempunyai kemampuan berfikir tingkat tinggi.

dan akan selalu mendayagunakan disiplin Teknik mesin akan dapat lebih dioptimalkan dalam upaya mencapai hasil terbaik. Sarjana Teknik mesin akan senatiasa menghormati dan menghargai keterlibatan mereka. PASAL 2 : Dalam melaksanakan tugas yang melibatkan disiplin dan pengetahuan lain. .Manajemen Industri bersepakat untuk lebih mempertinggi pengabdian kepada Bangsa. Negara dan Masyarakat. Selaras dengan dasar negara yaitu “PANCASILA” maka disusunlah kode etik profesi berikut ini yang harus dipegang dengan keyakinan bahwa penyimpangan darinya merupakan pencemaran kehormatan dan martabat Sarjana Teknik dan Manajemen Industri PASAL 1 Indonesia. : Dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya Sarjana Teknik mesin akan selalu mengerahkan segala kemampuan dan pengalamannya untuk selalu berupaya mencapai hasil yang terbaik didalam keluhuran budi dan kemanfaatan masyarakat luas secara bertanggung jawab.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->