MINYAK ATSIRI PADA CENGKEH

OLEH: HAFSHAH HASIB 0922100007

OUTLINE PENGERTIAN SENYAWA AROMATIK  PENGERTIAN MINYAK ATSIRI  CENGKEH  .

. Dan mempunyai bau yang khas.PENGERTIAN SENYAWA AROMATIK Senyawa Aromatik adalah senyawa siklik yang digambarkan dengan rumus yang mengandung ikatan tunggal dan rangkap.

Namun. Dalam keadaan segar dan murni. minyak atsiri umumnya tidak berwarna. Untuk mencegahnya. ditutup rapat. sulingan minyak atsiri dikenal sebagai bibit minyak wangi. Minyak atsiri merupakan kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. minyak atsiri harus disimpan dalam bejana gelas yang berwarna gelap. Minyak atsiri merupakan bahan dasar dari wangiwangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Di dalam perdagangan. minyak esensial karena pada suhu kamar mudah menguap. diisi penuh.PENGERTIAN MINYAK ATSIRI Minyak atsiri adalah zat berbau yang terkandung dalam tanaman. serta disimpan di tempat yang kering dan sejuk. . pada penyimpanan lama minyak atsiri dapat teroksidasi. Minyak ini disebut juga minyak menguap. minyak eteris. Istilah esensial dipakai karena minyak atsiri mewakili bau dari tanaman asalnya.

CENGKEH  Sejarah Cengkeh Pada abad yang keempat. Cengkeh. Bersama itu diambil alih juga perdagangan cengkih dengan perjanjian Tordesillas dengan Spanyol selain itu juga dengan perjanjian dengan sultanTernate. Pada akhir abad ke-15. Orang Portugis membawa banyak cengkih yang mereka peroleh dari kepulauan Maluku ke Eropa. orang Portugis mengambil alih jalan tukar menukar di Laut India. pala dan merica sangatlah mahal di zaman Romawi. Pada saat itu harga 1 kg cengkih sama dengan harga 7 gram emas . agar harumlah napasnya. Cengkih menjadi bahan tukar menukar oleh bangsa Arab di abad pertengahan. pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk sebelumnya menguyah cengkih.

Pohon cengkeh yang dianggap tertua yang masih hidup terdapat di Kelurahan Tongole. Sampai sekarang cengkeh menjadi salah satu bahan yang diekspor ke luar negeri. berdiameter 198 m. Akhirnya cengkeh dibudayakan di Guyana. sekitar 6 km dari pusat kota Ternate. Brasilia dan Zanzibar. Pohon yang disebut sebagai Cengkih Afo ini berumur 416 tahun. Dengan susah payah orang Prancis berhasil membudayakan pohon Cengkeh di Mauritius pada tahun 1770.60 m. tinggi 36.Perdagangan cengkeh akhirnya didominasi oleh orang Belanda pada abad ke-17.26 m. Sebab cengkeh disana dijadikan salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi warga dan sekitarnya yang mengkonsumsi tanaman cengkeh tersebut. dan keliling batang 4. Setiap tahunnya ia . Pada abad ke17 dan ke-18 di Inggris harga cengkih sama dengan harga emas karena tingginya biaya impor. Kecamatan Ternate Tengah.

Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar. . dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.Pengertian Cengkeh Cengkeh (Syzygium aromaticum. banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. adalah tangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. syn. India. selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia. dalam bahasa Inggris disebut cloves. Eugenia aromaticum).

 Klasifikasi Ilmiah Kerajaan :Planta Filum :Angiosperms Ordo :Myrtales Famili :Myrtaceae Genus :Syzygium Spesies :S. aromaticum Nama binomial: Syzygium aromaticum .

 Kandungan Cengkeh 1) Minyak astiri: komponen minyak astiri daun cengkeh terdiri atas eugenol (80. 10% terdiri dari zat samak tipe gallat. dan vanilin. 2) Kuncup bunga: 16-23% mengandung minyak astiri yang terdiri dari 64-85% eugenol. metil gallat. asetil eugenol. kuersetin.11% terdiri dari asam gallat.asam . sianidin ramnoglukosida merupakan pigmen utama bunga.1%). kaemferol. kariofilen. 3) Daun: 0.6-85. mirisetin. dan isokuersitrin. turunan triterpen.

kalsium.eugenin (suatu senyawa ester dari epifriedelinol dengan suatu asam lemak rantai panjang). C27H55C00H Kandungan kimia pada cengkeh adalah karbohidrat. dan eugenol . zat besi. friedelin. epifriedelinol. vitamin B1. protein. sitosterim. fosfor. lemak.4) Kulit batang: asam betulinat.

merupakan turunan guaiakol yang mendapat tambahan rantai alil. Eugenol sedikit larut dalam air namun mudah larut pada pelarut organik. Eugenol Eugenol (C10H12O2). Aromanya menyegarkan dan pedas seperti bunga cengkeh kering. Terdapat pula pada pala. Warnanya bening hingga kuning pucat. Sumber alaminya dari minyak cengkeh. kulit manis. kental seperti minyak . dikenal dengan nama IUPAC 2-metoksi-4-(2propenil)fenol. dan salam. sehingga sering menjadi . Ia dapat dikelompokkan dalam keluarga alilbenzena dari senyawa-senyawa fenol.

sedangkan untuk industri dibutuhkan minyak dengan kadar eugenol paling rendah 90 %.Minyak daun cengkeh hasil penyulinan mempunyai kadar eugenol berkisar antara 70-78 %. Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh yaitu 120-130 mg eugenol bagi setiap gram bunga cengkeh kering .

Eugenol termasuk senyawa fenol. Prinsip ini dipakai untuk memisahkan eugenol dari senyawa lainnya yang terdapat dalam minyak cengkeh. Rumus Eugenol . akan bereaksi dengan alkali hidroksida membentuk senyawa fenolat yang meningkat kelarutannya dalam air.

penyedap. Ia juga menjadi komponen utama dalam rokok kretek. . dan farmasi sebagai penyuci hama dan pembius lokal. eugenol dapat dipakai untuk membuat vanilin. minyak atsiri.Senyawa ini dipakai dalam industri parfum. Campuran eugenol dengan seng oksida (ZnO) dipakai dalam kedokteran gigi untuk aplikasi restorasi (prostodontika). Dalam industri.

terutama minyak cengkeh. rumus: . Beta-Caryophyllene Beta-Caryophyllene adalah sesquiterpene bisiklik alam yang adalah konstituen dari minyak atsiri.

dan fenol. Rumus:  . eter.VANILIN Vanilin adalah aldehid fenolik. senyawa organik dengan rumus molekul C8H8O3. Kelompok fungsional meliputi aldehida.

 Manfaat Cengkeh Menyembuhkan Sakit gigi Menghilangkan Bau Mulut Mengatasi kembung Nyeri Haid Mengatasi sinusitis Demam akibat Malaria Obat batuk Menghitamkan Alis .

WB .…….SEKIAN…… ASSALAMU ALAIKUM WR.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful