P. 1
logam tembaga.pdf

logam tembaga.pdf

|Views: 2,562|Likes:
Published by Yeni Setiawati

More info:

Published by: Yeni Setiawati on Dec 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/25/2014

pdf

text

original

WINTER LOGAM

Template

01

TEMBAGA.. . (Cu)

02
KELAS NON REGULER A
Kelompok 2 :

1. Ega Dwi Ifaafah
2. Juni Purwanti

P07133111047
P0713311104

3. Nur Rohmad
4. Ratna Ariandini 5. Yeni Setyawati

P0713311104
P0713311104 P0713311104

03
Tembaga Keracunan Tembaga

• Pengertian Tembaga •Rumus Kimia & •Sifat-Sifat Tembaga
•Manfaat Tembaga •Bahaya Tembaga Bentuk- bentuk Keracunan Cu

Pencegahan Keracunan Tembaga

Menurut Jane Wertheim dkk, tembaga merupakan logam transisi pada periode 4 tabel berkala. Berwarna merah coklat, logam lunak tetapi kuat yang terdapat di alam pada batuan tertentu. Menurut Dr. A. Siswanto dalam bukunya yang berjudul Toksikologi Industri, tembaga adalah suatu logam yang berwarna kemerah-merahan dan mengkilap (redish lustrous metal); persenyawaan tembaga berwarna biru. Menurut wikipedia, tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29.

NEXT

Rumus Kimia Tembaga dikenal juga dengan lambang Cu dalam tebel periodik. Unsur ini juga bisa bersenyawa dengan unsur lain, misalnya : pirit tembaga ((CuFe)S2) dan malasit (CuCO3Cu(OH)2)

Sifat Fisika •Tembaga merupakan logam yang berwarna kuning kemerahan seperti emas kuning seperti pada gambar dan keras bilati dak murni.
•Mudahditempa (liat) dan bersifat mulur sehingga mudah dibentuk menjadi pipa, lembaran tipis, dankawat.

•Konduktor panas dan listrik yang baik, kedua setelah perak. Titikleleh : 1.0830 C, titikdidih : 2.3010 C Berat jenis tembaga sekitar 8,92 gr/cm3

NEXT

Sifat Kimia •Tembaga merupakan unsur yang relatif tidak reaktif sehingga tahan terhadap korosi.
•Padakondisi yang istimewa yakni pada suhu sekitar 300 °C tembaga dapat bereaksi dengan oksigen membentuk CuO yang berwarnahitam. Sedangkan pada suhu yang lebih tinggi, sekitar 1000 ºC, akan terbentuk tembaga(I) oksida (Cu2O) yang berwarnamerah

•Tembaga tidak diserang oleh air atau uap air dan asam-asam nooksidator encer seperti HCl encer dan H2SO4encer. Tetapi asam klorida pekat dan mendidih menyerang logam tembaga dan membebaskan gas hidrogen. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya ion kmpleks CuCl2¯(aq) yang mendorong reaksi kesetimbangan bergeser ke arah produk.
•Asam nitrat encer dan pekat dapat menyerang tembaga.
NEXT

•Tembaga tidak bereaksi dengan alkali, tetapi larut dalam amonia oleh adanya udara membentuk larutan yang berwarna biru dari kompleks Cu(NH3)4+

Manfaat Tembaga Tembaga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya:

a. b. c. d. e. f.

Sebagai bahan baku pembuatan kabel listrik. Pengelasan logam yang mengandung tembaga Sebagai bahan campuran cat (antifouling paints). Algacide (pembasmi ganggang). Campuran logam. Essensial bagi kehidupan (dalam jumlah kecil).

NEXT

Bahaya Tembaga Selain memiliki manfaat, tembaga juga memiliki bahaya bagi manusia,diantaranya:
a. b. c. d. Dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Mencemari sumber air. Sebagai salah satu sumber pencemar udara. Mencemari tanah.

NEXT

KeracunanAkut

Gejala-gejala yang dapat dideteksi sebagai akibat keracunan akut tersebut diantaranya: 1.Adanya rasa logampadapernafasanpenderita. 2. Adanya rasa terbakar pada epigastrum dan muntah yang terjadi secara berulangulang.
Keracunankronis

Pada manusia, keracunan Cu secara kronis dapat di lihat dengan timbulnya penyakit Wilson dan kinsky.Gejala dari penyakit Wilson ini terjadinya hepati c cirrhosis, kerusakan pada otak dan demyelinasi, serta terjadinya penurunan kerja ginjal dan pengendapan Cu dalam kornea mata. Penyakit kinsky dapat diketahui dengan terbentuknya rambut yang kaku dan berwarn akemerahan pada penderita.Sementara pada hewan seperti kerang, bila dalam tubuhnya telah terakumulasi dalam jumlah tinggi, maka bagian otot tubuhnya akan memperlihatkan warna kehijauan. Hal itu dapat menjadi petunjuk apakah kerang tersebut masih bisa dikonsumsi oleh manusia.
NEXT

Pencegahan Keracunan Tembaga a. Pengolahan limbah industri tembaga sebelum dibuang ke lingkungan.

b. Penggunaan alat pelindung kerja bagi pekerja di industri tembaga.
c. Mempelajari ciri-ciri atau karakteristik bahan makanan yang telah terakumulasi oleh logam tembaga.

NEXT

11

NEXT

12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->