P. 1
konsep pemasaran

konsep pemasaran

|Views: 32|Likes:
Published by bella
pemasaran farmasi
pemasaran farmasi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: bella on Dec 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

PEMASARAN FARMASI

OLEH : DRA. SARMALINA SIMAMORA, APT., M.KES

1

Pemasaran Sehari-hari

  

Pertukaran antara uang dengan barang atau/dan jasa Tenaga kerja mendapat upah Petani menjual hasil pertaniannya Industri mengolah bahan baku, menggaji karyawan dan menjual produknya

2

3 .

4 .

Pemasaran adalah segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi 5 .PENGERTIAN PEMASARAN   Charles F dan Philips ………..pemasaran adalah segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen (rumah tangga dan industri) Maynard dan Beckman…….

dan pemasaran adalah memindahkan barang ke tangan konsumen  6 .pemasaran adalah usaha yang mempengaruhi pemindahan pemilikan barang dan jasa termasuk distribusinya  Paul D Converse dan Fred M.Rayburn (1962)………. yaitu produksi dan pemasaran.Jones (1958)….dunia bisnis dibagi dua.

menganstisipasi dan memuaskan pelanggan secara menguntungkan  7 .Kotler (1972)….pemasaran adalah sekumpulan dan aktivitas manusia yang ditujukan untuk memfasilitasi dan melaksanakan pertukaran  Chartered institue of marketing (1977)…pemasaran adalah proses manajemen untuk mengidentifikasi.

implementasi dan pengendalian dari program yang dirancang secara hati-hati untuk pertukaran nilai dengan target pasar untuk mencapai tujuan organisasi target pasar dan harga.Menurut Levey Pemasaran adalah analisis. komunikasi dan distribusi yang efektif 8 . perencanaan.

penawaran dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholder nya 9 .Era tahun 2000-an  Hermawan Kertajaya………pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan.

taktik untuk dilaksanakan Bisnis berarti semua kegiatan usaha.       Strategi berarti konsep. baik profit maupun non-profit Mengarahkan berarti membuat panduan bagi setiap aktifitas yang ada Menciptakan berarti adanya panduan untuk produksi Menawarkan adalah panduan untuk proposisi Mempertukarkan berarti panduan untuk transaksi Inisiator berarti yang memiliki inisiatif (perusahaan) 10 .

menciptakan peluang yang memuaskan individu dan sesuai dengan tujuan organisasi 11 . promosi.harga.Menurut Kotler (2002) dapat dilihat dari 2 sudut pandang :   Sudut pandang sosial : pemasaran adalah proses dimana seseorang atau kelompok dapat memenuhi need dan want melalui penciptaan. penawaran dan pertukaran barang dan jasa Sudut pandang manajerial : pemasaran adalah proses merencanakan konsepsi. dan distribusi ide.

tv. mesin cuci.majalah. konsultasi manajemen. internet dll) Ada berbagai kelompok untuk tempat bertukar informasi 12 .PEREKONOMIAN BARU (dari sisi konsumen)     Kemudahan pembeli dalam membandingkan harga dan mendapatkan barang Barang dan jasa yang tersedia lebih beragam dan dapat dibeli via internet (mebel. konsultasi medik dll) Banyak informasi praktis tentang apa saja dalam berbagai bahasa (koran.

PEREKONOMIAN BARU (dari sisi perusahaan)     Perusahaan memanfaatkan web sebagai saluran informasi yang jangkauannya sangat luas Perusahaan dapat melakukan riset pemasaran dengan lebih mudah dengan cara-cara baru Perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan dengan lebih efisien Perusahaan dapat menyesuaikan tawaran dan layanan sesuai kebutuhan pelanggan 13 .

Pengertian sederhananya Bagaimana mempengaruhi orang dalam hal waktu dan permintaan sehingga membantu pencapaian tujuan perusahaan 14 .

Yaitu mengadakan keseimbangan antara buyers dan makers.Tujuan Pemasaran 1. Yaitu memberi kepuasan kepada konsumen 15 .antara produsen dan konsumen. antar negara/daerah . saling mengisi mengadakan pertukaran antar negara/daerah yang surplus dengan yang minus 2.

hukum. teknologi dan demografi) Lingkungan khusus (suplier. pelanggan. pendidikan. sosial. pesaing.Lingkungan Pemasaran   Lingkungan umum (politik. teknologi) 16 . budaya.

Lingkungan PEMASARAN Pelaku dan kekuatan yang berada di sekeliling perusahaan yang tidak dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan. 17 . tetapi dapat mempengaruhi kegiatan dan kinerja pemasaran dan bisnis perusahaan.

LINGKUNGAN PEMASARAN TERDIRI MAKRO & MIKRO Lingkungan Mikro Merupakan pelaku dan kekuatan di sekitar perusahaan.meliputi:  Pemasok  Distributor  Pesaing  Pelanggan  Pasar/Masyarakat. yangs secara langsung mempengaruhi kemampuan bisnis dan kinerja pemasaran perusahaan. 18 .

LINGKUNGAN PEMASARAN MAKRO & MIKRO Lingkungan Makro Merupakan kekuatan yang melingkupi dan berpengaruh secara langsung / tidak langsung terhadap perusahaan serta lingkungan mikro secara keseluruhan.meliputi:  Demografi  Ekonomi  Politik  Sosial Budaya Hukum Teknologi Alam 19 .

LINGKUNGAN PEMASARAN SKEMA 20 .

Memandang perubahan sebagai peluang. 21 . Tantangan persaingan global.LINGKUNGAN PEMASARAN LINGKUNGAN YANG PENUH PERSAINGAN    Keanekaragaman pasar (market diversity): Dimensi perubahan.

4. 2. 5. Tempat Property Organisasi Informasi Gagasan 22 . 2. 5. Barang Jasa Pengalaman Event Orang 1.Lingkup Pemasaran 1. 3. 4. 3.

Pimpinan : penekanan pada analisis sturktur pasar. orientasi.Tingkat Pemasaran    Tk. price. dukungan pelanggan dan posisi perusahaan Tk. 23 . Bisinis : penekanan pada segmentasi dan target pasar. place . promotion dsbnya. Karakteristik produk penting agar sesuai need dan wants dari konsumen Tk Operasional :penekanan bisa pada produk.

perencanaan. implementasi dan pengendalian) Kegiatannya mengikuti permintaan bukan ditebak Ada pertukaran nilai. saling menguntungkan Mengutamakan permintaan Kegiatan penentuan harga dan komunikasi yang efektif 24 .Kesimpulan :      Pemasaran merupakan proses manajemen (analisis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->