Disusun oleh 1. Bramardian 2. Noriga L U 3. Rico pradipta P 4. Dedit aditya 5.

Heru Lestarianto B 100090144 B 100090151 B 100090161 B 100090162 B 100090173

.Motivasi produksi dalam islam  Produksi merupakan salah satu pelaksanaan fungsi manusia sebagai khalifah. Seorang muslim harus menyadari diciptakan msnudis termasuk dirinya adalah sebagai khalifah fill ardhi (pemimpin di bumi) yang harus mampu mengarahkan amal perbuatan manusia yang mampu menciptakan kebaikan dan kemaslahatan di muka bumi ini.dalam surat .Al-jaatsiyah:13 “dan dia memudahkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya. (sebagai rahmat) daripada-nya. Sebagaimana firman Allah SWT. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tandatanda (kekuasaan allah) bagi kaum yang berfikir”.

 Berproduksi merupakan ibadah adalah sebagai seorang muslim berproduksi sama artinya dengan mengakualisasikan salah satu ilmunya Allah yang telah di berikan kepada manusia.Bukhori)  Beberapa riwayat hadis juga menjelaskan tentang anjuran .R. berproduksi. (H. sebuah hadis dari Nabi Saw menjelaskan: “Tidaklah baik seseorang memakan makanan daripada ia mamakan dari jerih payah dirinya. sesungguhnya Nabi Daud selalu makan dari jerihpayahnya sendiri”.

 Tujuan Penciptaan Dunia Sebagai Sarana Pencapaian Akherat adalah Allah Swt telah menundukkan segala yang ada dilangit dan bumi. sesungguhnya dia adalah maha pengampun.awan yang membawa titik-titik air dan mengisi samudra dan sungai untuk membantu manusia. Firman Allah Swt dalam surat Nuh ayat 10-11 : “ maka aku katakan pada mereka :’mohonlah ampun kepada Tuhanmu.  Demilkian juga Allah Swt menurunkan hujan. bulan . niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat”. .proses ini di tunjukkan untuk membantu manusia dalam berproduksi. menundukkan matahari . semua yang ada di darat dan semua yang terdapat di laut untuk keperluan manusia.

2. Berproduksi sebagai wujud usaha optimal kemampuan akalnya. maksimum tetapi karena manfaat dan maslahat. pasar gelap dan spekulasi . 5.PRINSIP PRODUKSI DALAM ISLAM 1. 4. Motivasi dan Keyakinan Positif. Dalam berproduksi masyaratkan adanya sikap tawazun ( keberimbangan ) Dalam berproduksi seorang muslim harus yakin dan optimis Seorang muslim dalam berproduksi menghindari praktek produksi yang mengandung unsur haram atau riba. 6. Berproduksi tidak semata mencari keuntungan 3.

Pertanian dan Perkebunan.BIDANG . 3. Perdagangan (tijaroh). Industri . 2.BIDANG PRODUKSI 1.

kebanyakan berprovesi pedagang selain seorang da’i.1. Allah Saw berfirman dalam Al surat Albaharah :275: “padahal Allah menghalalkan jual beli ( perdagangan ) dan mengharamkan riba. Perdagangan (tijaroh)  Dasar Hukum. Perdagangan adalah usaha produktif yang utama yang telah di contohkan Nabi Saw dan para sahabat r. .hum.

. Kepentingan Perdagangan Kepentingan perdagangan sangatlah banyak. . sehingga orang orang merah itu ( bukan arab ) tidak menjadi halangan bagimu dalam urusan keduniaan. Berkata :”aku nasihatkan kepadamu untuk berdagang.demikian hikmah perdagangan akan membangun sistem perekonomian yang kuat dan mantab. terutama berkaitan dengan mata pencaharian yang paling utama di dalam islam. Diriwayatkan oleh Imam Malik dari Umar ra.

apabila membeli mereka tiak mencela barang di belinya. apabila di beri amanah tidak khianat. Etika Pedagangan Dalam berbagai riwayat terdapat etika atau sifat seorang pedagang.jika disuruh membayar hutang mereka tidak berdalih dan apabila yang membayar hutang lambat pembayarannya. .Rasulullah Saw bersabda tentang keutamaan perdagangan yang mepunyai sifat mulia. apabila berjanji tidak mengingkari. “ sesungguhnya mata pencaharian yang baik adalah berdagang yang apabila berbicara tidak berdusta. dalam riwayat Al Asbahani dan Baihaqi. mereka tidak menyempitkan orang yang berhutang (Hr.al Asbahani dan Al Baihaqi dari Muadz bin Jabbal dalam at Targhib 3: 586 ). apabila menjuan tidak memuji barang yang di jualnya.

karena itu mohonlah ampunan-Nya. Huud : 61: “dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya. Pertanian dan Perkebunan  . Sesungguhnya tuhanku amat dekat ( rahmad-Nya ) lagi memperkenankan (do’a hambaNya). Dasar hukum Allah Saw telah berfirman dalam Qs.2. .

. semua ini menunjukkan betapa besarnya karunia Allah yang di berikan kepada manusia sebagai pengelolanya. Dalam ayat ini Allah menyebutkan air dan tanam tanaman dan proses pengembangbiakan. Kepentingan Pertanian.Al Anam : 99 ). Dalam Alqur’an Allah menceritakan kepentingan usaha pertanian ( Qs. Keuntungan pertanian banyak di sebutkan dalam Alqur’an dan al Hadits.

. asal perindustrian . hal ini menjadikan dasar hukum.3. dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong ( agama ) Nya dan rasul rasulNya padahal Allah tidak melihatnya. Industri  Dasar Hukum menciptakan unsur unsur tertentu untuk di gunakan manusia menghasilkan sesuatu yang bermanfaat ( produk ).sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.sebagai mana dalam surat al Hadid ayat 25: “ sesungguhnya telah mengutus rasul rasul dengan membawa bukti bukti yang nyata dan telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca ( keadilan ) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manmaaf bagi manusia.

Industri Konstuksi 3. Industri Perkapalan 4. Macam Macam industri. 1. Industri Pakaian 2. Industri Besi Baja .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful