RANGKAIAN PENGGANTI IC 555

Vcc Ra

Rb

5K Comparator_1 S 5K R Comparator_2 Q Vout Q

C

5K

(Gambar 1. Rangkaian Pembangkit pulsa dengan IC 555)

Rangkaian di atas merupakan rangkaian pembangkit pulsa IC 555 dengan komponen luar yaitu Ra, Rb, dan C serta komponen pengganti IC 555 yang terdiri dari 1 transistor dimana fungsinya adalah sebagai saklar, 1 RS flip – flop sebagai penentu pembangkit, 2 op – amp sebagai komparator (pembanding) tegangan, dan 3 resistor yang nilainya sama sebagai pembagi tegangan Vcc.

Prinsip Kerja Rangkaian :
Pada rangkaian di atas kapasitor berfungsi menyimpan dan membuang muatan. Arus dari Vcc mengalir melewati Ra dan Rb mengisi kapasitor. Jika Vc < 1/3 Vcc maka pada komparator 1 V+ < Vsehingga Vo=0 (low), sedangkan pada komparator 2 V+ > V- sehingga Vo = Vcc (High). Dengan menggunakan RS Flip-flop keluaran dari komparator 1 menjadi input S dan keluaran dari komparator 2 menjadi input R. Pada kondisi awal dimana Vc < 1/3 Vcc. Komparator 1 dengan logic 0 dan komparator 2 dengan logic 1. Menurut tabel kebenaran RS Flip – flop (gambar 2), input S=0 dan input R=1 maka outputnya Q=0 dan not Q=1, artinya dalam hal ini transistor belum bisa bekerja dan Vout berlogic 1. Selama tegangan di kapasitor belum mencapai lebih dari 2/3 Vcc maka arus dari Vcc akan terus mengisi kapasitor sampai tegangan di kapasitor lebih dari 2/3 Vcc.

maka Vo=0 (logic 0) sehingga keluaran not Q = 0 (vout=0). sedangkan pada komparator 2 dengan kondisi V+ < V. Komparator 1 dengan V+ > V.Pada kondisi kedua.artinya Vo = Vcc (logic 1) maka keluaran Q berlogic 1 sehingga transistor bekerja (ON) dan arus dari Vcc langsung mengalir ke ground hanya melewati Ra dan muatan dari kapasitor dibuang ke ground melewati Rb ke transistor. ketika Vc > 2/3 Vcc. R R Q H L H H S L H L H Q Q L H H H L H Forbiden KET S Q (Gambar 2 Tabel kebenaran RS flip – flop ) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful