P. 1
MAKALAH SUMBER DAYA KONVENSIONAL

MAKALAH SUMBER DAYA KONVENSIONAL

|Views: 1,318|Likes:
Published by Annisa Rofie'ah
Pada masa kini perkembangan Teknologi sangat pesat dan maju sehingga berdampak pada persaingan yang sangat ketat untuk menciptakan alat yang serba canggih antar negara. Dan eksploitasi alam secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa meninjau ulang dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut. Di samping itu pertumbuhan penduduk di muka bumi ini terus bertambah, sedangkan muka bumi tidak mengembang. Hal ini menyebabkan ledakan penduduk yang tidak terkontrol dan berdampak tidak seimbangnya antara manusia dan alam. Oleh alasan itu para ahli terus mengembangkan dan mencari alat yang serba canggih untuk menciptakan atau mencari sumber daya alam baru karena sumber daya yang ada semakin menipis dan tidak bisa diperbaharui. Maka hal ini menjadi suatu masalah yang sangat pelik dan rumit sehingga membutuhkan kajian. Secara singkat padat dan jelas akan diuraikan dalam pokok pembahasan selanjutnya.
Pada masa kini perkembangan Teknologi sangat pesat dan maju sehingga berdampak pada persaingan yang sangat ketat untuk menciptakan alat yang serba canggih antar negara. Dan eksploitasi alam secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa meninjau ulang dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut. Di samping itu pertumbuhan penduduk di muka bumi ini terus bertambah, sedangkan muka bumi tidak mengembang. Hal ini menyebabkan ledakan penduduk yang tidak terkontrol dan berdampak tidak seimbangnya antara manusia dan alam. Oleh alasan itu para ahli terus mengembangkan dan mencari alat yang serba canggih untuk menciptakan atau mencari sumber daya alam baru karena sumber daya yang ada semakin menipis dan tidak bisa diperbaharui. Maka hal ini menjadi suatu masalah yang sangat pelik dan rumit sehingga membutuhkan kajian. Secara singkat padat dan jelas akan diuraikan dalam pokok pembahasan selanjutnya.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Annisa Rofie'ah on Dec 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Pada masa kini perkembangan Teknologi sangat pesat dan maju sehingga berdampak pada persaingan yang sangat ketat untuk menciptakan alat yang serba canggih antar negara. Dan eksploitasi alam secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa meninjau ulang dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut. Di samping itu pertumbuhan penduduk di muka bumi ini terus bertambah, sedangkan muka bumi tidak mengembang. Hal ini menyebabkan ledakan penduduk yang tidak terkontrol dan berdampak tidak seimbangnya antara manusia dan alam. Oleh alasan itu para ahli terus mengembangkan dan mencari alat yang serba canggih untuk menciptakan atau mencari sumber daya alam baru karena sumber daya yang ada semakin menipis dan tidak bisa diperbaharui. Maka hal ini menjadi suatu masalah yang sangat pelik dan rumit sehingga membutuhkan kajian. Secara singkat padat dan jelas akan diuraikan dalam pokok pembahasan selanjutnya.

B. Rumusan Masalah 1. Bagaimana pengaruh teknologi masa depan terhadap kelangsungan hidup manusia? 2. Cara apa saja yang dilakukan untuk menanggulangi sehubungan dengan menipisnya sumber daya alam konvensional? 3. Energi apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sumber daya alam konvensional? 4. Bagaimana usaha manusia untuk melestarikan eksistensinya?

C. Tujuan Penulisan. 1. Guna memenuhi tugas-tugas terstruktur Mata kuliah ILMU KALAM
2. Dari membaca dan mendiskusikan makalah yang membahas mengenai ILMU ALAMIAH DAN
TEKNOLOGI MASA DEPAN SEHUBUNGAN DENGAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA di harapkan

makalah yang kami buat ini dapat memberikan pengetahuan yang mempuni. Sehingga diaplikasikan untuk dapat melestarikan kelangsungan hidup manusia.

dapat

1|Makalah Ilmu Alamiah dasar

BAB II PEMBAHASAN

Setelah kita mengetahui peranan dan dampak Ilmu Alamiah dan Teknologinya terhadap kehidupan manusia dan sumber daya alam, maka diperlukan penilaian kembali pemanfaatan Ilmu Alamiah dan Teknologi. Penilaian kembali itu terutama terhadap semakin menipisnya sumber daya alam unrenewable atau konvensional dan dampak negative pemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar. Sehubungan dengan menipisnya sumber daya alam konvensional itu, perlu diadakan usaha-usaha mencari sumber daya alam baru atau memanfaatkan sumber daya alam renewable atau nonkonvensional secara maksimal, sedangkan usaha mengatasi dampak negatifnya adalah erat sekali hubungannya dengan keseimbangan alam, baik dalam arti pengurangan polusi dan jumlah makhluk di bumi ini, terutama jumlah manusia, atau masalah kependudukan. Maka dari itu berkembang biaknya manusia perlu dibatasi. Secara singkatnya, manusia harus berusaha melestarikan ek-sistensinya dengan bermacam-macam jalan. A. Pencarian Sumber Daya Alam Nonkonvensional Pencarian Sumber Daya Alam Nonkonvensional yang hangat pada saat ini adalah pemanfaatan energy matahari, energi panas bumi, energi angin, dan energi biogas. 1. Energi Matahari Hidup kita di dunia ini hampir sepenuhnya berkat energi matahari karena apa yang kita makan sebenarnya energinya berasal dari Matahari yang tersimpan dalam tumbuhan maupun hewan. Pemanfaatan energi matahari sebenarnya telah kita lakukan misalnya untuk mengeringkan jemuran. Namun, masalah yang kita hadapi sekarang ialah energi pengganti minyak bumi. Maka, yang harus dipikirkan adalah bagaimana memanfaatkan energi Matahari itu sehingga dapat menggerakan mesin di pabrik-pabrik, kereta api, mobil dan sebagainya. Kita harus dapat mencari teknik mengubah energi Matahari menjadi bentuk energi listrik.

2|Makalah Ilmu Alamiah dasar

Listrik dapat timbul dari cahaya Matahari bila energi matahari itu dapat mempengaruhi atom. Atom itu terdiri dari inti atom dan kulit atom. Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan listrik positif dan neutron yang tidak bermuatan listrik, sedangkan kulit atom terdiri dari elektron yang bermuatan listrik negatif dan bergerak mengelilingi inti atom itu. Teori atom itu yaitu bahwa jumlah elektron dalam sebuah atom sama dengan jumlah protonnya sehingga atom itu bermuatan listrik netral. Dalam keadaan demikian atom itu stabil. Namun bila terdapat energy tambahan, maka akan terganggu kestabilannya sebab elektron-elektron menjadi kelebihan energi. Dalam keadaan kurang stabil terdapat kecenderungan atom untuk mengeluarkan electron sehingga jumlah muatan negatifnya berkurang, maka atom menjadi bermuatan positif. Namun banyak juga atom yang justru cenderung menangkap electron lebih banyak lagi sehingga atom bermuatan negatif. Bila kedua unsur yang cenderung positif (X) dan cenderung negatif (Y) kita dekatkan kemudian dipanaskan, maka akan terjadi aliran electron dari unsure X ke Y. aliran electron tersebut dinamakan Listrik. Prinsip inilah yang digunakan untuk membuat fotosel atau sel pembangkit listrik dengan bersumber dari cahaya. Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa unsur silikon merupakan unsur yang efektif untuk digunakan lempengan fotosel. Silicon yang merupakan unsur utama bahan gelas atau kaca untuk dibuat menjadi lempengan fotosel harus dalam bentuk Kristal yang murni, selanjutnya dipotong-potong dan digosok sehingga menjadi tipis (0,3 mm). kemudian disatu sisinya dilapisi unsur Boron, sedangkan di sisi lain dilapisi Arsen. Boron mempunyai sifat cenderung melepaskan electron bila kena sinar, sedangkan Arsen cenderung untuk menerima electron lebih banyak. Sebaliknya, silicon bersifat sebagai semi konduktor, artinya hanya dapat menghantarkan arus listrik ke satu arah. Dengan demikian, sekeping silicon berlapis Boron dan Arsen itu merupakan fotosel yang bila terkena cahaya akan menimbulkan aliran electron dari Boron mengarah ke Arsen.

3|Makalah Ilmu Alamiah dasar

Sebuah fotosel tentu saja hanya dapat menghasilkan aliran listrik yang sangat kecil.untuk meningkatkan voltasenya, fotosel itu harus dirangkaikan secara seri. Bila terdapat n buah fotosel dihubungkan secara seri, maka akan menghasilkan voltase n kali juga. Sebuah fotosel tentu saja hanya dapat menghasilkan aliran listrik yang sangat kecil. Untuk meningkatkan voltasenya, fotosel itu harus dirangkaikan secara seri. Bila terdapat n buah fotosel dihubungkan secara seri, maka akan menghasilkan voltase n kali juga. Arus listrik dapat dibesarkan dengan jalan dihubungkan secara paralel. Gambar 48 menunjukan tiga buah fotosel yang dihubungkan secara parallel. Bila terdapan n buah fotosel yang dihubungkan secara parallel, maka akan dihasilkan kuat arus n kali juga. Arus listrik dapat ditingkatkan dengan jalan menyusun beribu-ribu fotosel baik secara seri, maupun secara parallel. Susunan semacam itu akan dihasilkan listrik dengan tegangan 4 kali sebuah fotosel dan dengan kuat arus sebesar 3 kali sebuah fotosel. Guna mempertinggi efektifitas, fotosel-fotosel itu dirangkaikan dengan menggunakan logam yang memiliki daya hantar listrik yang tinggi. Susunan itu berbentuk alur seperti jalan-jalan kecil yang kemudian tergabung pada jalan besar seperti system lalu lintas, dimana pada jalan besar itu aliran listriknya menjadi besar.

4|Makalah Ilmu Alamiah dasar

Untuk memperoleh aliran listrik dari matahari seperti cara diatas telah digunakan pada satelit komunikasi, misalnya satelit palapa. Energy listrik dapat disimpan dalam accumulator, yang setiap saat dapat dimanfaatkan kembali. Pada saat ini orang telah merintis kendaraan (mobil) yang menggunakan energy listrik yang tersimpan dalam accumulator. Mobil itu dengan sendirinya tidak menimbulkan polusi suara dan gas seperti mobil yang saat ini dipakai. Energy Matahari dapat diubah menjadi energi panas yang dapat digunakan dalam bentuk kompor yang berprinsip sebagai berikut: Cahaya Matahari ditampung dengan sebuah cermin cekung yang bergaris tengah +3m. Dengan cermin cekung itu, matahari akan terkumpul dalam satu titik api. Pada titik api tersebut, diletakkan suatu lempengan logam, maka lempengan itu akan menjadi panas.

2. Energi Panas Bumi Energi geothermal atau energi panas adalah energi yang berasal dari inti bumi. Inti bumi merupakan bahan yang terdiri dari berbagai jenis logam dan batu yang berbentuk cair yang memiliki suhu tinggi. Dengan menggunakan Ilmu Alamiah, energi geothermal dapat digunakan untuk kesejahteraan manusia. Saat ini panas bumi (geothermal) mulai menjadi perhatian dunia karena energi yang dihasilkan dapat dikonversi menjadi energi listrik, selain bebas polusi. Beberapa pembangkit listrik bertenaga panas bumi telah terpasang di manca negara seperti di Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Italia, Swedia, Swiss, Jerman, Selandia Baru, Australia, dan Jepang. Amerika saat ini bahkan sedang sibuk dengan riset besar mereka di bidang geothermal dengan nama Enhanced Geothermal Systems (EGS). EGS diprakarsai oleh US Department of Energy (DOE) dan bekerja sama dengan beberapa universitas seperti MIT, Southern Methodist University, dan University of Utah. Proyek ini merupakan program jangka panjang dimana pada 2050 geothermal meru-pakan sumber utama tenaga listrik Amerika Serikat. Program EGS bertujuan untuk meningkatkan sumber daya geothermal, menciptakan teknologi ter-baik dan ekonomis, memperpanjang life time sumur-sumur produksi, ekspansi sumber daya, menekan harga listrik geothermal menjadi seekonomis mungkin, dan keunggulan lingkungan hidup. Program EGS telah mulai aktif sejak Desember 2005 yang lalu. a. Terjadinya Lumpur Panas dan Panas Bumi
5|Makalah Ilmu Alamiah dasar

Energy geothermal yang dapat kita manfaatkan saat ini adalah panas bumi yang berasal dari magma. Magma adalah batuan cair atau panas yang terdapat dalam kerak Bumi. Bila magma sampai ke permukaan Bumi, maka disebut Lava. Lava inilah yang membentuk gunung-gunung di permukaan bumi. Gunung-gunung dibedakan menjadi gunung yang aktif dan gunung yang tidak aktif. Gunung yang aktif disebut gunung berapi, yaitu gunung yang mulutnya berhubungan dengan magma. Di dalam kulit bumi ada kalanya aliran air dekat sekali dengan batu-batuan panas di mana suhu bisa mencapai 1480C. Air tersebut tidak menjadi uap (steam) karena tidak ada kontak dengan udara. Bila air panas tadi bisa keluar ke permukaan bumi karena ada celah atau terjadi retakan di kulit bumi, maka timbul air panas yang biasa disebut dengan hot spring kadang-kadang air panas alami tersebut keluar sebagai geyser. Air panas alam (hot spring) ini biasa dimanfaatkan sebagai kolam air panas, dan banyak pula yang sekaligus menjadi tempat wisata. Di Indonesia banyak juga air panas alami yang dimanfaatkan sebagai sarana pemandian dan tempat wisata seperti Ciater, Cipanas-Garut, Sipoholon dan Desa Hutabarat di Tarutung, Lau Debuk-debuk di Tanah Karo, dan beberapa tempat lainnya di penjuru tanah air. Bila yang menyembur itu uap air panas, adalah sangat menguntungkan karena dapat langsung dimanfaatkan untuk memutar turbin uap. Turbin ini dikaitkan dengan generator pembangkit listrik.

Saat ini terdapat tiga macam teknologi pembangkit panas bumi (geothermal power plants) yang dapat mengkonversi panas bumi menjadi sumber daya listrik, yaitu dry

6|Makalah Ilmu Alamiah dasar

steam, flash steam, dan binary cycle. Ketiga macam teknologi ini pada dasarnya digunakan pada kondisi yang berbeda-beda. 1. Dry Steam Power Plants Pembangkit tipe ini adalah yang pertama kali ada. Pada tipe ini uap panas (steam) langsung diarahkan ke turbin dan mengaktifkan generator untuk bekerja menghasilkan listrik. Sisa panas yang datang dari production well dialirkan kembali ke dalam reservoir melalui injection well. Pembangkit tipe tertua ini per-tama kali digunakan di Lardarello, Italia, pada 1904 dimana saat ini masih berfungsi dengan baik. Di Amerika Serikat pun dry steam power masih digunakan seperti yang ada di Geysers, California Utara.

2. Flash Steam Power Plants

Flash Steam Power Plant

Panas bumi yang berupa fluida misalnya air panas alam (hot spring) di atas suhu 1750 C dapat digunakan sebagai sumber pembangkit Flash Steam Power Plants. Fluida panas tersebut dialir-kan kedalam tangki flash yang tekanannya lebih rendah sehingga terjadi uap panas secara cepat. Uap panas yang disebut dengan flash inilah yang menggerakkan turbin untuk mengaktifkan generator yang kemudian menghasil-kan listrik. Sisa panas yang tidak terpakai ma-suk kembali ke reservoir melalui injection well. Con-toh dari Flash Steam Power Plants adalah CalEnergy Navy I flash geothermal power plants di Coso Geothermal field, California, USA.

7|Makalah Ilmu Alamiah dasar

3. Binary Cycle Power Plants (BCPP)

BCPP menggunakan teknologi yang berbe-da dengan kedua teknologi sebelumnya yaitu dry steam dan flash steam. Pada BCPP air panas atau uap panas yang berasal dari sumur produksi (production well) tidak pernah menyentuh turbin. Air panas bumi digunakan untuk memanaskan apa yang disebut dengan working fluid pada heat exchanger. Working fluid kemudian menjadi panas dan menghasilkan uap berupa flash. Uap yang dihasilkan di heat exchanger tadi lalu dialirkan untuk memutar turbin dan selanjutnya menggerakkan genera-tor untuk menghasilkan sumber daya listrik. Uap panas yang dihasilkan di heat exchanger inilah yang disebut sebagai secondary (binary) fluid. Binary Cycle Power Plants ini sebetulnya merupakan sistem tertutup. Jadi tidak ada yang dilepas ke atmosfer. Keunggulan dari BCPP ialah dapat dioperasikan pada suhu rendah yaitu 90-1750C. Contoh pene-rapan teknologi tipe BCPP ini ada di Mammoth Pacific Binary Geo-thermal Power Plants di Casa Di-ablo geothermal field, USA. Diper-kirakan pembangkit listrik panas bumi BCPP akan semakin banyak digunakan dimasa yang akan datang. Dengan jalan itu, kita akan memperoleh energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Air panas itu dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan lain. Pemanfaatan energi panas bumi di indonesia juga telah dicoba di dataran tinggi Dieng (Jateng) dan di dataran tinggi Kamojang (Jabar).

8|Makalah Ilmu Alamiah dasar

4. Energi Angin Udara yang bergerak disebut angin dan dapat terjadi karena perbedaan tekanan disuatu tempat dengan tempat yang lain. Selama terjadi perbedaan suhu di permukaan bumi, maka akan terjadi angin. Pemanfaatan angin merupakan salah satu cara menghemat energi yang berasal dari minyak bumi. Energy angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi energy listrik yang prinsipnya sangat sederhana, yaitu angin “di tangkap” oleh baling-baling atau katakanlah rotor bersayap. Energi putaran (Energi Mekanis) diteruskan untuk memutar generator pembangkit listrik. Pada Prinsipnya kincir angin bekerja sebagai "Penerima Energi", artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik. Angin yang datang akan menumbuk sayap kipas (balingbaling) pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar. Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin). Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan) untuk menaikan tegangannya. kemudian listrik dapat di distribusikan/disalurkan ke tempat yang membutuhkan. Pengubahan energy angin menjadi energy listrik ini sangat menguntungkan untuk tempat-tempat yang memang terdapat angin banyak seperti untuk dibangun PLTA.

5. Energi Pasang Surut Energi pasang surut adalah energy yang bersumber dari tenaga yang ditimbulkan oleh daya tarik antara bumi dengan bulan. Karena adanya daya tarik menarik antara bumi yang berhadapan dengan bulan akan tertarik sedangkan bagian yang lain tidak. Yang tertarik itu mengakibatkan air laut menjadi pasang. Karena Bumi mengadakan rotasi selama 24 jam sekali putar, maka waktu pasangya juga 24 jam sekali.
9|Makalah Ilmu Alamiah dasar

Di daerah pasang surut yaitu daerah pantai dipasang semacam bendungan air. Air laut yang pasang akan masuk ke dalam bendungan itu melalui pintu-pintu air yang dapat diatur pembukaannya. Demikian pula pada saat air surut, air dari bendungan itu mengalir kembali ke laut melalui pintu-pintu itu lagi. Pada pintu-pintu air itu dipasang turbin air untuk menggerakan generator listrik.

6. Energi Biogas Biogas adalah gas yang dihasilkan dari sisa-sisa makhluk yang diuraikan oleh mikroba melalui proses penguraian. Sebagai bahan dasar proses penguraian adalah sisasisa makhluk berupa sampah pertanian, yaitu batang pohon jagung, jerami, sisa ampas kelapa atau tumbuhan lain. Sebagai bahan yang mengandung mikroba pengurai digunakan kotoran sapi. Kemudian, kedua bahan itu diberi air lalu diaduk. Agar proses penguraian berjalan cepat, maka sampah organic itu dapat dipotong-potong. Proses penguraian berjalan optimal pada suhu 35 derajat – 37 derajat celcius. Adukan tidak boleh bersifat asam, maupun basa dan tidak boleh terbuka atau tidak boleh kemasukan udara dan tidak boleh terkena sinar matahari karena pengurai akan mati sehingga proses penguraian tidak berjalan lancar. Gas yang timbul akibat penguraian itu sebagian besar adalah gas Methan (CH4) yang sangat mudah terbakar, dan gas lain yaitu karbon dioksida (CO2) yang kirakira seperempat bagian. Gas itu dapat dinaikan mutunya dan dihilangkan baunya dengan jalan dicuci, yaitu dengan jalan mengalirkan melalui air yang dibubuhi sedikit kapur. Biogas yang dihasilkan itu dapat di tampung dalam tangki penampung gas dan dapat dialirkan kerumah untuk memasak atau keperluan lainnya. Pengembangan gas ini masih dalam taraf penelitian.

7. Energi Biomasa Biomasa adalah segala jasad makhluk hidup yang digunakan untuk menghasilkan energi bila dibakar, yaitu berupa sampah-sampah organic sebagai sisa-sisa produk pertanian. Sisa-sisa yang tidak berharga dapat digunakan sebagai sumber energy karena ia masih menyimpan energi matahari. Biomasa yang dapat dipakai sebagai bahan bakar tidak selalu berupa sampah, terkadang berupa tanaman yang cepat tumbuh seperti angsana, akasia.
10 | M a k a l a h I l m u A l a m i a h d a s a r

Pengambilan biomasa prinsipnya adalah membakar biomasa itu dalam tungku pembakar. Panas yang timbul digunakan untuk mendidihkan air, dan dari air mendidih itu timbul uap yang dapat digunakan untuk menggerakan turbin uap. Turbin uap dapat menggerakan generator listrik. Energy listrik dapat didistribusikan untuk berbagai macam keperluan. PEMANFAATAN ENERGI BIOMASSA Agar biomassa bisa digunakan sebagai bahan bakar maka diperlukan teknologi untuk

mengkonversinya. Terdapat beberapa teknologi untuk konversi biomassa, dijelaskan pada Gambar 2. Teknologi konversi biomassa tentu saja

membutuhkan perbedaan pada alat yang digunakan untuk mengkonversi biomassa dan menghasilkan perbedaan bahan bakar yang dihasilkan. Secara umum teknologi konversi biomassa menjadi bahan bakar dapat dibedakan menjadi tiga yaitu pembakaran langsung, konversi termokimiawi dan konversi biokimiawi. Pembakaran langsung merupakan teknologi yang paling sederhana karena pada umumnya biomassa telah dapat langsung dibakar. Beberapa biomassa perlu dikeringkan terlebih dahulu dan didensifikasi untuk kepraktisan dalam penggunaan. Konversi termokimiawi merupakan teknologi yang memerlukan perlakuan termal untuk memicu terjadinya reaksi kimia dalam menghasilkan bahan bakar. Sedangkan konversi biokimiawi merupakan teknologi konversi yang menggunakan bantuan mikroba dalam menghasilkan bahan bakar.

B. Usaha Manusia Untuk Melestarikan Eksistensinya
Usaha manusia untuk mencari energy pengganti demi mendapatkan bahan alternatif untuk mempertahankan eksistensinya di muka bumi ini seperti halnya pencarian energy pengganti minyak bumi, minyak bumi merupakan sumber daya yang sangat penting bagi
11 | M a k a l a h I l m u A l a m i a h d a s a r

kehidupan sehari-hari meskipun kita ketahui bahwa sumber daya alam tersebut tidak dapat diperbaharui dan jumlahnya pun sangat terbatas. Dengan demikian manusia perlu berusaha mencari sumber energy lain untuk mempertahankan eksistensinya di masa yang akan datang. Timbulah masalah yang sangat serius berkenaan dengan cara manusia dalam melestarikan eksistensinya yaitu penggunaan energi yang mempunyai manfaat dan dampak yang tak kalah besarnya. Seperti penggunaan energi nuklir yang maha dahsyat. Keuntungannya sangat besar tetapi bahaya nuklir terutama dibom atom maupun bom hydrogen yang bisa memusnahkan umat manusia serta isi muka bumi, hal ini bukannya dihapuskan tetapi justru malah menjadi perlombaan yang berujung terhadap perang nuklir. Perkembangan teknologi yang sangat maju menggugah manusia mengadakan eksplorasi ke antariksa mencari kemungkinan dapat melakukan migrasi ke planet lain. Namun sepanjang penyelidikan tidak ada kemungkinan bila hanya dibandingkan dengan dugaan-dugaan yang tidak ada kepastian. Maka dari itu hanya bumi kita inilah satu-satunya harapan hidup anak cucu kita dimasa mendatang. Oleh karena itu semua manusia bertanggung jawab atas kelestariannya berarti eksistensi manusia ditentukan oleh manusia sendiri. Masalah lain timbul ke permukaan yaitu masalah kependudukan yang erat hubungannya dengan eksistensi atau kelestarian manusia, bila jumlah penduduk semakin lama semakin besar sedangkan muka bumi tidak membesar maka akan terjadi ketidakseimbangan antara manusia dengan lingkungannya. Maka dari itu berbagai macam penelitian demi menangani ledakan penduduk yang tidak terkendali. Ditemukanlah cara yang paling ampuh adalah membatasi laju pertumbuhan penduduk. Keikutsertaan kita semua dalam program KB merupakan sumbangsi kita semua untuk kelestarian manusia dimuka bumi ini. Usaha lain yang dilakukan manusia untuk melestarikan eksistensinya, antara lain: 1. Pemanfaatan Biogas seperti eceng gondok, kotoran sapi sebagai pengganti Gas LPG 2. Pemanfaatan Buah Jarak sebagai pengganti minyak tanah 3. Back to nature seperti obat-obatan, bahan makanan dan lain sebagainya. Keunggulan Ilmu Alamiah dan Teknologi dalam bidang komunikasi sebenarnya tergantung pada manusia itu sendiri yang berada atau yang menguasai alat itu.

12 | M a k a l a h I l m u A l a m i a h d a s a r

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan Jadi yang dapat kita simpulkan dari materi Ilmu Alamiah dan Teknologi Masa Depan sehubungan dengan kelangsungan hidup manusia. Kita sebagai umat manusia mempunyai kewajiban untuk terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru untuk mencukupi kebutuhan demi kelangsungan hidup. Dengan tidak mengabaikan keselamatan atau keseimbangan alam. Dengan cara meninjau ulang hasil penemuan-penemuan teknologi baru dengan memperhatikan manfaat dan dampak yang akan di timbulkannya. Kita sebagai manusia yang mempunyai akal tentunya harus bisa memilih teknologi yang bisa menjaga keseimbangan lingkungan disamping untuk mempertahankan kelangsungan hidup kita. Alam menyediakan kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusia dalam jumlah yang banyak, akan tetapi andaikan alam itu terus dipergunakan maka tidak menutup kemungkinan akan habis. Disisi lain hal ini tidak bisa diperbaharui secara singkat. Maka dari itu kita sebagai manusia wajib menjaga eksistensi alam dimuka bumi ini dengan cara Pencarian Sumber Daya Alam Nonkonvensional, seperti pemanfaatan energi matahari, energy panas bumi, angin, pasang surut, biogas dan biomasa.

B. Saran Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis senantiasa dengan lapang dada menerima bimbingan dan arahan serta saran dan kritik yang sifatnya membangun demi perbaikan karya-karya berikutnya.

13 | M a k a l a h I l m u A l a m i a h d a s a r

DAFTAR PUSTAKA

http://thesunpower-akira.blogspot.com/ http://www.alpensteel.com/article/51-113-energi-lain-lain/3524--pengembangan-pltpanas-bumi.html http://dunia-listrik.blogspot.com/2008/09/pembangkit-listrik-panas-bumi-2.html http://www.indoenergi.com/2012/06/biomassa-sumber-energi-yangmenakjubkan.html http://oferiachacha.blogspot.com/2012/02/teori-semikonduktor.html http://www.pantonanews.com/668-pembangkit-listrik-pribadi http://teknosiana.blogspot.com/2010/06/panel-surya-mengubah-sinar-matahari.html

14 | M a k a l a h I l m u A l a m i a h d a s a r

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->