STANDAR KOMPETENSI (MENULIS

)
Kompetensi Dasar

4.2 Menulis surat

pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi dan bahasa.

.Tujuan Pembelajaran 1. Siswa mampu menyunting surat pribadi. 3. Siswa mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi. 2. Siswa mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif.

lampiran. Surat pribadi 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 Tidak memiliki kop surat Tidak memiliki nomor. hal Memiliki tanggal penulisan Memiliki alamat tujuan surat Memiliki salam pembuka Memiliki pengantar isi Memiliki bagian inti isi surat Memliki bagian penutup Memiliki identitas pengirim Mencantumkan jabatan/pangkat pengirim Terdapat stempel Terkadang ada tembusan Terkadang ada inisial pengetik . hal Memiliki tempat dan tanggal penulisan Memiliki alamat tujuan surat Memiliki salam pembuka Memiliki pengantar isi Memiliki bagian inti isi surat Memliki bagian penutup Memiliki identitas pengirim Tidak mencantumkan jabatan/pangkat pengirim Tidak memerlukan stempel Tidak ada tembusan Tidak terdapat inisial pengetik Surat resmi Memiliki kop surat Memiliki nomor.Komposisi surat pribadi dan surat resmi No. lampiran.

Hormat Saya. Putri . sampai di sini. 11 Tuban Salam jumpa. 1 Agustus 2007 Temanku Tia Risna yang baik Jalan Panglima Sudirman No. Kutunggu balasan suratmu secepatnya. Hei. apa kabar. apa kabar. Ris? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat dan baik-baik seperti keadaanku di Malang saat ini! Terkejut ya. Ris? Mudah-mudahan dalam keadaan sehat walafiat dan baik-baik seperti keadaanku di Malang saat ini! Terkejut ya. Lain kali kita sambung lagi. Sekian dulu suratku. menerima suratku ini! Aku rindu dan sering teringat waktu kita masih di SD dulu sehingga kusempatkan waktu sedikit untuk menulis surat ini. Sudah ya. menerima suratku ini! Aku rindu dan sering teringat waktu kita masih di SD dulu sehingga kusempatkan waktu sedikit untuk menulis surat ini. Hei.Contoh surat pribadi (1) Malang.

pemberitahuan ini kami sampaikan. 55 Batu Dengan hormat. mohon diizinkan tidak masuk hingga sehat kembali. Demikian. 20 Januari 2008 Yth. Yulis . Untuk itu. Bersama ini kami lampirkan pula surat keterangan dokter yang merawatnya. Hormat kami.Contoh surat pribadi (2) Batu. Atas perhatian Bapak. 20 Januari 2008 tidak dapat mengikuti pelajaran karena sakit.Ed. Wali kelas IIA SMP Negeri I Batu Jalan Agus Salim No. Bapak Santoso. M. kami ucapkan terima kasih. kami beritahukan bahwa anak kami yang bemama Gita Sri Wardhani kelas 7A pada hari ini. Senin.

. pengurutan kata. 3. dan penggunaan tanda baca). 2. penurulisan huruf besar. Komposisi Isi Bahasa : apakah bagian-bagian surat sudah tertata dengan baik? : apakah isinya sesuai dengan yang dikehendaki? : apakah bahasanya sudah baik (sesuai dengan orang yang disurati dan situasi pembicaraan) dan benar (sesuai dengan kaidah bahasa. pemilihan kata.Ada tiga hal yang perlu diperhatikan saat melakukan penyuntingan terhadap surat pribadi 1. huruf kecil.