JAHE GAJAH VARIETAS CIMANGGU 1

SK Menteri Pertanian Nomor : 109/Kpts/TP.240/2/2001 Tanggal : 8 Februari 2001

Deskripsi Produksi rimpang 17-37 ton/ha, populasi rumpun 35.000-45000/ha, berat rimpang 300-2000 g/rumpun, jumlah sisir 3-5, panjang rimpang 15-35 cm, lebar rimpang 7-19 cm, tebal rimpang 1, 5-2, 8 cm, warna kulit rimpang coklat keputihan, bentuk ruas panjang pipih besar, panjang ruas pertama 3-8 cm, jumlah ruas 3-5 /rimpang, warna daging rimpang putih kekuningan, rasa daging rimpang hangat, aroma rimpang kurang menyangat, diameter akar 0, 1-0,28 cm, panjang akar 12-20 cm, batang semu berair (herbacious) bentuk batang bulat, warna hijau, jumlah batang 3-5 rumpun, lilit batang 3-5 cm, tinggi batang semu 40-80 cm, bunga majemauk, tangkai bunga tumbuh langsung dari rimpang terpisah antara batang dan daun, bentuk bunga spika, jumlah bunga 0-6/rumpun.aroma daun lembut. Daerah Pengembangan:

250-1000

m

dpl

Peneliti M. Hadad EA, N. Bermawie, O.Rostiana, Hobir, Taryono, S. Fatimah, Nur Ajizah dan U. Rasiman

http://balittro.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=201:j ahe-gajah-varietas-cimanggu-1&catid=29:varietas-unggul diunduh hari jumat 28 des 2012 pukul 8:54 pm

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Posted by doni on February 7, 2012

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempahrempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kataYunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Sejarah Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hinggaTimur Tengah. Kemudian pada zaman

5 hingga 5 cm dan lebar 1. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia. jahe dibersihkan dan dijual kepasaran.kolonialisme. Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran. Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3. Bunga berwarna hijau kekuningan. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Jahe segar Selain dipasarkan dalam bentuk olahan jahe. jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Untuk mendapatkan rimpang jahe yang berkualitas. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. juga dipasarkan dalam bentuk jahe segar. jahe dipanen pada umur tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua. terutama yang dipanen pada umur yang masih muda tidak bertahan lama disimpan di gudang. yaitu: Jahe kering . dan Afrika. Tangkai daun berbulu halus.5 hingga 1. yaitu setelah panen. Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis. Pengolahan dan pemasaran Rimpang jahe. Bibir bunga dan kepala putik ungu.75 cm. penanamannya hanya bsia dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara. Ciri morfologis Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Tangkai putik berjumlah dua. Brasil. Untuk itu diperlukan pengolahan secepatnya agar tetap layak dikonsumsi.

Bubuk jahe diperlukan untuk keperluan farmasi. Beberapa jenis olahan jahe ini disukai konsumen dari daerah Asia dan Australia. dan jahe instan. Yang paling sering ditemui di pasaran adalah. Bentuknya berupa cairan cokelat dengan kandungan minyak asiri 15 hingga 35%. alkohol dan jamu. minuman. Jenis ini sangat populer di pasar tradisional. jahe dikeringkan selanjutnya digiling dengan kehalusan butiran bubuk yang ditentukan. acar. Bubuk jahe Merupakan hasil pengolahan lebih lanjut dari jahe menggunakan teknologi industri. Habitat .Awetan jahe Jahe bubuk Minyak jahe Oleoresin jahe Jahe kering Merupakan potongan jahe yang dikeringkan dengan irisan memotong serat irisan tipis (digebing). asinan. Oleoresin jahe Adalah hasil pengolahan lebih lanjut dari tepung jahe. Biasanya menggunakan bahan baku jahe kering. Awetan jahe Merupakan hasil pengolahan tradisional dari jahe segar. tingting jahe (permen jahe). sirup.

kecuali jenis jahe gajah di ketinggian 500 hingga 950 meter. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning. Jahe kuning Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan. serat lebih besar dibanding jahe biasa. .Jahe tumbuh subur di ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Tanah yang digunakan untuk penanaman jahe tidak boleh tergenang. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih. Sirup jahe disenangi masyarakat Tiongkok. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah.5 hingga 7. dibutuhkan curah hujan 2500 hingga 3000 mm per tahun. sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Produk jahe Di masyarakat barat. Jahe merah Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas. yaitu: Jahe gajah/jahe badak Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Varietas Terdapat tiga jenis jahe yang populer di pasaran. terutama untuk konsumsi lokal. Untuk bisa berproduksi optimal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Eropa dan Jepang.0 dan unsur hara tinggi. ginger ale merupakan produk yang digemari. kelembapan 80% dan tanah lembap dengan PH 5. Sementara Jepang dan Tiongkok sangat menyukai asinan jahe.

untuk memperoleh 1 pon ( setengah kilogram) jahe. Tidak ada yang tahu persis asal mulanya tanaman jahe alias zingiber officinale telah dikenal sebagai bumbu dapur yang berkhasiat obat sejak ratusan tahun yang lalu. jahe segar di anggap berbeda dengan jahe kering. harus mengeluarkan uang yang nilainya setara sengan seharga seekoor domba. Negara-negara barat juga banyak yang memanfaatkan jahe sebagai obat traditional. bandrek. juga dipakai untuk mengatasi jantung berdebar-debar. diare. Bahkan NASA. Di india jahe segar juga dimanfaatkan untuk mengobati mual. Dua abad kemudian. terutama di daerah pegunungan. yang dikabarkan telah mengenal jahe 2000 tahun sebelum masehi adalah india. asma. jahe kering telah dipakai sebagai bahan baku obat oleh seorang tabib yang hidup pada zaman kaisar Shen Nong. batuk dan rematik. batuk dan rasa nyeri yang hebat dan mendadak. karena terbukti manjur mengusir berbagai penyakit. Di cina. Selain di negeri tirai bamboo. pernah tertarik meneliti khasiat jahe untuk mengatasi mabuk para awaknya. SEJARAH PENGOBATAN Di cina. setelah lada hitam. lebih dari sekedar bumbu dapur. Di cina juga di temukan dua buku kedokteran yang pertama kali membahas khasiat jahe segar pada tahun 500 masehi. gangguan . Setidaknya itu dibuktikan dengan bahasan khasiat tanaman jahe yang tertulis pada buku kedokteran anglo saxon yang terbit pada abad ke 11. sekoteng. dan wedang jahe merupakan minuman yang digemari karena mampu memberikan rasa hangat di malam hari. nyeri perut. Sementara jahe kering di pakai untuk menyembuhkan kekurangan‘hawa dingin’ pada nyeri lambung .Di Indonesia. jahe merupakan bumbu dapur yang sangat popular di inggris. Ahli pengobatan sering memakai jahe segar untuk mengusir ‘hawa dingin’ atau ‘ racun’ dan mengurangi rasa mual. yang hidup 2000 tahun sebelum masehi. Bahkan ada seorang ahli tumbuhan kuno yang mengira jahe berasal dari dua tanaman yang berbeda. Jahe. Harga bumbu dapur ini juga ketika itu selangit.

luka serta gangguan lambung. menunjukan bahwa jahe segar ampuh untuk meredakan nyeri dan infeksi. sedangkan untuk meredakan mual. baik dari jahe segar maupun jahe kering. pada abad ke 19. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum dua atau tiga cangkir penuh teh jahe dapat mengurangi gejala gout (penyakit radang sendi akibat kelebihan asam urat). Tumbuhan rimpang ini memiliki khasiat antikoagulan (anti pembekuan darah) yang lebih hebat dari pada bawang putih atau bawang merah. PENELITIAN TERBARU Peneliti-peneliti modern ternyata memberi dukungan terhadap penggunaan ‘ramuan tradisional’ jahe ini. Jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Untuk obat batuk. Selain itu jahe juga memiliki khasiat memperlancar peredaran darah. nafsu makan menurun dan rematik bahkan . Kebanyakan orang eropa minum teh jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan. . kejang. Penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli di jepang memperlihatkan bahwa jahe dapat menurunkan tekanan darah dengan jalan mengurangi laju aliran darah perifer (aliran drah tepi). yaitu ekstrak yang tidak kehilangan rasa dan aroma jahe yang tajam. jahe segar ditambah sedikit madu dan sejumput bulu burung merak bakar. kemudian di aduk hingga berbentuk pasta dan dioleskan di pelipis untuk meredakan sakit kepala. infeksi jamur. ekstrak jahe. sari jahe menjadi obat asma dan batuk yang popular di india. Penelitian terhadap binatang percobaan tikus yang di lakukan di cina dan Negara – Negara barat. Bubuk jahe segar juga bisa di campur air. dan juga menghambat pertumbuhan dari kuman. sari jahe di campur jus bawang putih segar dan madu. Ekstrak jahe yang di teliti adalah sesuai standard gingerol. Jahe juga bermanfaat untuk sirkulasi darah. Dari hasil penelitian. nyeri. tumor. berkhasiat dalam mengatasi infeksi bakteri. perut kembung atau gangguan pencernaan (akibat terlalu banyak minum minuman keras ). kram dan reaksi alergi. Percobaan in vitro (laboratorium) memperlihatkan bahwa jahe menghambat oksidasi (= bersifat antioksidan) sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kanker.pencernaan.

Penelitian terbaru menunjukan ekstrak aseton dan methanol yang berasal dari jahe memiliki efek yang kuat untuk menghambat terjadinya tukak ( luka) pada lambung. Selain itu. namun rimpang jahe juga banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan hingga pemberi aroma roti. Para produsen obat juga banyak yang menggunakan jahe sebagai bahan baku produk mereka setelah mengetahui bahwa manfaat jahe bagi kesehatan sangatlah baik. sirup. hingga minyak wangi. Pengujian ini di dorong terapi ayurveda untuk mengobati gangguan pada sistem saraf. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kemampuan untuk memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Manfaat Jahe – Tak Hanya Sekedar Minuman Penghangat Badan Manfaat jahe tidak hanya dapat digunakan sebagai minuman penghangat badan. usus halus dan mencegah muntah. maupun kue. Penelitian lainnya menunjukan bahwa gingerol mampu mengatasi afek toksisitas (keracunan) pada hati dengan jalan meningkatkan asam empedu. Penelitian lainnya menyatakan bahwa akar jahe kering aakan memperkuat lambung. lalap. hasil penelitian yang dilakukan terhdap manusia menunjukan bahwa minuman yang terbuat dari jahe segar dapat menurunkan sekresi asam lambung selama beberapa jam. Khasiat jahe sebagai obat migren ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. saat ini banyak petani cabe yang memanfaatkan jahe untuk pestisida alami bagi tanaman mereka. Di negeri cina. . Karena hal tersebut. darah dapat mengalir lebih cepat dan lebih lancar. acar.Para ahli juga ada yang mencoba jahe untuk mengobati migren. Bahkan. manfaat jahe juga dapat diolah menjadi asinan.  Jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kemudian meningkat kembali setelah beberapa lama. Pada umumnya penelitian jahe diutamakan untuk mengetahui efeknya terhadap pencernaan.

Mereka memanfaatkan jahe merah sebagai obat tradisional. mengatasi berbagai masalah pencernaan. mengatasi batuk. Manfaat jahe merah sangat baik untuk kesehatan sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu dan obat herbal. namun jika Anda memiliki masalah dengan penyakit maag maka Anda harus berhati-hati. Sedangkan. Hindari Jahe Merah Jika Anda Penderita Maag Meski manfaat jahe merah sangat baik untuk pengobatan berbagai penyakit. dll.  Jahe dapat mengobati mual dan muntah. Manfaat jahe ini dapat kita peroleh karena jahe memiliki kandungan minyak gingerol yang dapat memblok serotonin dan menjadi bau harum khas jahe.  Jahe dapat mencegah penggumpalan darah. menambah nafsu makan. manfaat jahe merah oleh bangsa arab banyak digunakan untuk menghangatan badan.  Jahe dapat menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh karena jahe juga memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi. ginjal. dll. hingga memperbaiki fungsi limpa. Manfaat Jahe Merah Tahukah anda bahwa manfaat jahe merah (Zingiber officinale varietas rubrum) dapat meningkatkan gairah seks dan obat penyakit impoten/lemah syahwat? Jahe merah adalah salah satu jenis varian jahe yang memiliki ukuran rimpang paling kecil namun mengandung minyak asiri sangat tinggi serta memiliki rasa yang paling pedas. Hal ini dikarenakan jahe memiliki beberapa kandungan enzim protease dan lipase yang dapat mencerna protein serta lemak dalam tubuh. Jahe dapat membantu memperlancar proses pencernaan. memperkuat otot usus. melembutkan perut.  Jahe dapat membantu membersihkan tubuh dari darah kotor dengan membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. misalnya untuk mengobati sakit lambung. Jahe mengandung Gingerol yang menjadi antikoagulan (pencegah penggumpalan darah). Jahe merah . Manfaat jahe merah telah diketahui sejak lama oleh bangsa cina.

Jahe Merah untuk Mengobati Batuk. Jahe Merah untuk Mengobati Sakit Kepala. hingga tiap daerah di Indonesia mempunyai sebutan sendiri-sendiri bagi jahe. Karena zat yang terdapat dalam jahe merah ada yang bersifat menggugurkan kandungan. Di Aceh jahe disebut halia. kemudian rebus dalam 2 gelas air bersih. jahe.mengandung gingerol yang dapat membuat lambung terasa panas. Selain itu. yang nama ilmiahnya Zingiber officinale. kemudian cuci hingga bersih. Rimpang jahe mengandung senyawa kimia berupa Ginger oil. lalu bakar dan kuliti jahe tersebut. gatal-gatal. Tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 1 gelas. antikarsinogen dan anti-tumor. Minum air rebusan jahe tersebut sebanyak 2xsehari. gigitan ular serta meningkatkan daya tahan tubuh. alfalinolenat dan tepung kanji. . Sediakan 3 rimpang jahe merah seukuran ibu jari. Begitu akrabnya kita dengan tanaman ini. Selain itu. dan jhai. Beberapa Manfaat Jahe Merah Untuk lebih jelasnya. minyak terbang. Minum air rebusan ini 2x Jahe. Sunda dan Madura sebutannya adalah jae. limonele. 3. di Batak Karo dikenal dengan bahing. beberapa manfaat jahe merah dapat Anda peroleh dengan beberapa resep sebagai berikut: 1. 2. Khasiat jahe di antaranya sebagai anti-inflamasi. susu segar. Masyarakat Sumatera Barat menamainya sipadeh atau sipodeh dan di Lampung disebut jahi. luka lecet. Memarkan rimpang itu lalu rebus dengan dicampur sehari. jahe juga dapat menyembuhkan batuk kering menahun. Sediakan 2 rimpang jahe merah seukuran ibu ihjari dan 2 gelas susu. banyak digunakan sebagai bumbu dapur maupun obat-obatan. Sementara orang Bugis dan Irian menyebutnya pese dan lali. Bakar jahe merah tersebut dan memarkan. Kemudian campur dengan sedikit madu atau gula aren dan seduh menggunakan 1 gelas air kemudian minum. Di Jawa. Cuci rimpang jahe hingga bersih. anti-tromotik. Jahe Merah untuk Mengatasi Pegal-Pegal. lalu cuci hingga bersih. luka tikam. bagi Anda Ibu hamil juga harus berhati-hati untuk mengkonsumsi jahe merah. Siapkan 3 rimpang jahe merah. luka bakar.

penyebab utama stroke. Kedua. yaitu senyawa kimia pembawa pesan. lipase yang berfungsi memecah lemak. kerja jantung memompa darah lebih ringan. Misalnya pada orang yang mengalami mabuk perjalanan. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan. Senyawa ini menyebabkan perut berkontraksi. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Jadi. sehigga timbul rasa mual. Tubuh pun menjadi lebih hangat. Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Bisa meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. ada baiknya minum wedang jahe sebelum bepergian.Merangsang pelepasan hormon adrenalin. Membuat lambung menjadi nyaman. atau kalau tahan. protease yang berfungsi memecah protein. . Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. Pertama. dan membantu mengeluarkan angin. makan dua kerat jahe mentah. memperlebar pembuluh darah.sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Abu Nu’aim meriwayatkan dari hadits Abu Said Al Khudri RA bahwa ia menceritakan. Memblok serotonin. masukkan dalam satu gelas air panas. Akibatnya. Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang 1 ruas jari. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk. “Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah SAW satu karung jahe. yaitu mencegah penggumpalan darah. tekanan darah menjadi turun. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan. dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan”. lalu minum. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan. dan serangan jantung. untuk mencegah mabuk perjalanan. Membantu tubuh melawan pilek dan flu. Beri madu secukupnya. Al-Qur’an menyebut jahe dengan zanjabil dan dikisahkan kelak para penghuni surga akan diberikan minuman yang campurannya adalah jahe dari mata air surga (salsabil).

Hal ini dilakukan Nabi karena beliau mengetahui khasiat jahe dan ingin semua sahabatnya merasakan manfaat dari tanaman ini. Dan apabila kamu melihat di sana (surga). mengobati hati yang membengkak. mengulum permen jahe. Cara lain adalah dengam menumbuk bersama cengkeh. Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam. mutiara yang bertaburan. dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik. Apabila kamu melihat mereka. (QS Al Insaan: 17-20). kemudian diminum airnya. atau menambahkan jahe saat pada soto. atau rendang. serta gigitan ular. terkena duri. sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. sakit kepala. Allah berfirman. Bisa juga minum wedang ronde. Caranya. minum wedang jahe 3 kali sehari. niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar”. batuk dan demam.  Memperkuat pencernaan makanan dan mengusir gas di dalamnya.  Mengobati luka karena lecet. jatuh. dan migren. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.  Mengobati rematik. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara dan kemudian ditumbuk. ditikam benda tajam. semur. Jahe sebagai Obat Praktis  Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe (yang berasal dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. kamu akan mengira mereka. .  Daun jahe juga berkhasiat. Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda.

jahe juga merupakan kelompok rempah-rempah yang dianggap sebagai stimulan. Konsumsi jahe atau Zingiber offinale bisa membantu mnegurangi lemak berbahaya di bagian perut. Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition tahun 2006. seperti makan berlebihan.  Mengobati luka bekas gigitan ular beracun. pengurangan hormon terkait usia. yang memiliki efek mirip kafein. jahe dapat mengurangi nafsu makan melalui efek regulasi terhadap gula darah dan serum kolesterol. . Lemak menumpuk di daerah perut karena berbagai alasan. Sebagai bantuan pencernaan. Jahe Untuk Mengkuruskan Kegemukan Saat musim hujan dan udara dingin. minum wedang jahe sebelum makan pun efektif untuk melancarkan pencernaan serta mencegah dan mengempeskan perut buncit. banyak orang suka minum wedang jahe untuk menghangatkan badan. menurut Dr Susan Brown dalam artikelnya ‘Ten Steps to Better Digestion‘. Meski studi tersebut tidak konklusif. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu digunakan sebagai obat gosok. kurang olahraga dan stres. Beberapa iris jahe segar yang direbus dengan secangkir air dan dikonsumsi sebelum makan dapat merangsang pencernaan. Mengobati gatal karena sengatan serangga. kemudian ditempelkan pada luka bekas gigitan ular beracun (hanya sebagai pertolongan pertama sebelum penderita dibawa ke dokter). Tak hanya itu. Caranya dengan menumbuk rimpang dan diberi sedikit garam. Selain itu. menunjukkan bahwa jahe memiliki efek pada regulasi gula darah. kolesterol dan lipid (lemak). namun air hangat dapat meningkatkan manfaat wedang jahe.

Dr. Namun jumlah episode muntah menurun pada . Sebanyak 70 orang wanita dengan usia kehamilan kurang dari 17 minggu diberikan jahe 1 gram per hari ataupun vitamin B6 40 mg perhari selama 4 hari. Ensiyeh dan Dr.selanjutnya dinilai beratnya rasa mual dengan menggunakan skala analog dan dicatat jumlah episode muntah dalam 24 jam. pertama dengan memasukkan parutan jahe ke dalam cangkir yang kemudian di seduh dengan air mendidih diatasnya. hal in iterungkap dari salah satu studi tentang jahe yaitu yang dilakukan oleh Dr. Iran yang membandingkan jahe (ginger) dan vitamin B6 dalam pengobatan terhadapat keluhan mual dan muntah pada wanita hamil dan telah dipublikasikan dalam journalMidwifery 2009. ensiyeh menilai dan membandingkan efektivitas jahe dan vitamin B6 dalam mengurang dan menghilangkan gejala mual dan muntah pada wanita dengan kehamilan awal. Peningkatan tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat membakar kalori dan meratakan perut. Jahe juga hanya sedikit mengandung kalori. Hasil dari studi tersebut menunjukkan terjadinya penurunan tingkat keluhan mual dan muntah secara bermakna pada kelompok yang mendapatkan jahe (ginger) tersebut jika dibandingkan dengan kelompok yang mendapat vitamin B6. Selain itu juga aman diberikan pada wanita hamil. Jahe Bermanfaat untuk Mengatasi Mual dan Muntah pada Awal Kehamilan Jahe sering juga disebut ginger mempunyai efek menekan muntah. Sakineh dari Departemen Kebidanan.Mengkonsumsi 4 gram atau sekitar 2 sendok teh jahe per hari dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. Ada beberapa cara membuat wedang jahe. Cara lain dengan memasukkan irisan atau potongan jahe ke dalam panci berisi dan dididihkan hingga air berubah warna menjadi kuning keemasan. Universitas Touyserkan. sehingga tidak akan berkontribusi untuk menaikkan berat badan. Dalam studi ini. yaitu sekitar 1 kalori per gram.

com/2011/05/03/khasiat-jahe/ http://www. http://www.detikhealth.id/health-news/21323/jahe-bermanfaat-untuk-mengatasi-mual-danmuntah-pada-awal-kehamilan.com/22-gingerbon-permen-jahe. Dan keduannya aman diberikan pada wanita hamil.html Sumber : Wikipedia.com/2297/manfaat-jahe-merah/ http://jualherbalkolesterol.co.cobadulu.com/2012/02/07/jahe-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/ diunduh pada Jumat 28 des 2012 pukul 9:01 pm .kesehatan123.html http://www. dan tidak terdapat perbedaan yang bermakna diantara kedua kelompok.kedua kelompok (jahe & vitamin B6).wordpress.com/khasiat-tanaman-jahe.cobadulu.wikipedia.org/wiki/Jahe http://duniatanaman. http://id.kalbe.html http://news.com/read/2012/02/01/071357/1830951/766/perut-buncit-kempesdengan-minum-wedang-jahe-sebelum-makan http://www. Peneliti dalam kesimpulan menyebutkan bahwa berdasarkan hasil penelitian tersebut jahe (ginger)lebih efektif jika dibandingkan vitamin B6 dalam mengurangi beratnya gejala mual dan mempunyai efektivitas yang sebanding dalam mengurangi episode muntah selama kehamilan awal.

juga ada senyawa oleoresin (gingerol. shogaol).Minggu. senyawa paradol yang turut menyumbang rasa pedas ini. 05 Agustus 2012 Manfaat Jahe Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Selain zingeron. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. . Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah.

Zingeron ialah suatu pemblok βadrenoseptor sehingga dapat menghambat oksidasi lipid. Bau zingeron pada jahe tidak kuat namun ekor hidrokarbonnya memberikan rasa pada jahe ketika ini kontak dengan reseptornya. Filipina. Sedangkan di Eropa pada abad pertengahan.ic.html). serta berbagai minuman (bandrek. Diantaranya sebagai bumbu masak. penanaman jahe berdasarkan daerah asalnya.uk/local/projects/lyerWebsite5/Medicine.Zingeron (4-(4-hidroksi-3-metoksifenil)-2-butanon) Zingeron memiliki berat molekul 194.ac. Berat molekulnya yang besar dan gugus karbonil yang polar pada rantainya membuat molekul zingeron saling tarik menarik secara kuat. Jahe merupakan rimpang dari tanaman bernama ilmiah Zingiber Officinale Roscoe. Banyak manfaat yang kita dapat dari penggunaan jahe. Di dunia perdagangan. Ini menyebabkan zingeron memiliki efek kardioprotektif sehingga dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakitt kardiovaskular. masuk angin. sehingga tiap daerah di Indonesia mempunyai sebutan sendiri- .ch. Jahe juga dapat digunakan pada obat tradisional sebagai obat sakit kepala. Di Malaysia. Zingeron digunakan sebagai perasa buatan (www. diuretik. misalkan jahe Afrika. kembang gula. dan Indonesia jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional. obat batuk. Jahe sering kita temui sehari-hari.html). sekoteng. Sejak 250 tahun yang lalu. menghilangkan rasa sakit. dan sirup). kue. jahe digunakan sebagai aroma pada bir. zingeron tidak mudah menguap. biscuit. Tanaman jahe berasal dari Asia Pasifik dan tersebar dari India sampai Cina. jahe Chochin atau jahe Jamika.ac.ch. sebagai penawar racun ular dan sebagai obat luar untuk mengobati gatal digigit serangga. obat antimual dan mabuk perjalanan.untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan. rematik.ic. Zingeron juga memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang berguna bagi kehidupan manusia (www. di Cina Jahe sudah digunakan sebagai bumbu dapur dan obat. karminatif (mengeluarkan gas dari perut). bengkak serta memar. dan rasa pada roti. sakit tenggorokan. Jahe. stimulansia. difteria.uk/local/projects/lyerWebsite5/Spice. kolera. neuropati. Hasilnya. diare. begitu akrabnya kita. keseleo.22 g/mol. pemberi aroma. titik leleh 40-410C dan titik didih 187-1880C pada 14 mmHg.

berakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Jahi (Lampung). jae (Jawa). officinale Commelinids Plantae Monocots Zingiber officinale merupakan tumbuhan herba menahun yang tumbuh liar di ladang-ladang berkadar tanah lembab dan memperoleh banyak sinar matahari dan dapat berumur tahunan. Nama-nama daerah bagi jahe tersebut antara lain halia(Aceh). bahing (Batak karo). jhei (Madura). Batangnya tegak tersusun dari helaian daun yang pipih memanjang dengan ujung lancip. pese (Bugis).sendiri bagi jahe. Jahe (sunda). dan lali (Irian). Tumbuhan semak berbatang semu ini . sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat). Klasifikasi ilmiah Kerajaan: (tidak termasuk) (tidak termasuk) Ordo: Famili: Genus: Spesies: Nama binomial Zingiber officinale Zingiberales Zingiberaceae Zingiber Z.

Bentuk daun bulat panjang dan tidak lebar. tiga jenis Jahe jahe yang populer gajah/jahe di pasaran. Jahe yaitu: badak Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning. Rasa dan aromanya cukup tajam. Di negara Malaysia.akar jahe) yang berupa umbi Zingerber officinale mengandung 6% bahan obat-obatan yang sering dipakai sebagai rumusan obat-obatan atau sebagai obat resmi di 23 negara. Menurut Farmakope Belanda. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan warna merah.1 m . berbentuk lanset dengan panjang antara 15 . . penanamannya hanya bsia dilakukan di daerah katulistiwa seperi Asia Tenggara. tidak terlalu pedas. Zingiber Rhizoma (Rhizoma Zingiberis. jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia. terutama untuk konsumsi lokal. Menurut daftar prioritas WHO. sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. dan Afrika. Bentuknya besar gemuk dan rasanya b. Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis. Jahe merah Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak asiri tinggi dan rasa paling pedas. Saat ini Equador dan Brasil menjadi pemasok jahe terbesar di dunia.tingginya bisa mencapai 30 cm . c. Biasanya jahe di tanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi (daerah subtropis & tropis) di ketinggian 1500 m di atas permukaan laut. Bunga ini muncul pada ketiak daun dengan posisi duduk. Brasil. Bunganya terdiri dari tandan bunga yang berbentuk kerucut dengan kelopak berwarna putih kekuningan.28 mm. Varietas Terdapat a. Dengan serat lebih besar dibanding jahe biasa. kuning Jahe Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan. Berdaun tunggal. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih. Rimpang jehe berkulit agak tebal membungkus daging umbi yang berserat dan berwarna coklat beraroma khas. Bunganya memiliki 2 kelamin dengan 1 benang sari dan 3 putik bunga.

sedangkan zingiberol mengandung gugus hidroksida. tapi keduanya adalah senyawa berbeda. fosfor 0. shogaol). sehingga perlu dilakukan uji secara ilmiah pula.-OH). Jika kita menumbuk seruas jahe.5% karbohidrat.03%. linalool. kamfena. zingiberal (ada yang menyebut zingiberol. 66. Minyak astiri merupakan senyawa volatil atau mudah menguap. dan jika kita hirup akan memberi suasana hangat di hidung kita. Selain itu. disebutkan bahwa jahe dapat mencegah dan mengobati migrain. geranial.7% abu. sineol. Aroma khas ini berasal dari minyak atsiri yang terkandung didalamnya. ada juga kandungan asam-asam . maka akan timbul aroma khas yang kuat. zingiberena. zingeron). kalsium 0.borneol. enzim proteolitik (zingibain) (www. hepatotoksik.15 %.herbal-home-remedies. Dalam jahe. luka bakar. limonene. 5. baik jurnal ilmiah dan majalah popular. semua khasiat jahe tersebut masih belum cukup bukti ilmiah. Meski demikian. juga ada kandungan senyawa lain.011%. 8. vitamin B2 0. Minyak atsiri dalam jahe merupakan gabungan dari senyawa terpenoid yang terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpena. potassium 1.6 % protein. 5.com). yaitu golongan senyawa volatil (mudah menguap) dan golongan non-volatil. dan mengobati impotensi. sodium 0. vitamin B1 0.org). sehingga baunya tercium oleh hidung kita. besi 0. sakit kepala. Kandungan senyawa dalam jahe ada 2 golongan senyawa berdasarkan kemudahan menguap. Senyawa yang menyebabkan pedas di atas merupakan senyawa non-volatil. zingiberal mengandung gugus aldehid.4 % lemak.9% serat. sitral.4%. senyawa fenol (ada sumber yang menyebut polifenol)(gingeol. vitamin A 175 IU/100 g. bisabolena.9% dan vitamin C 12 mg/100g(www.05 mg/100 g.friedli. Minyak ini juga menyebabkan rasa jahe yang khas.1%. menurunkan kadar kolesterol. 6. antidepresi. niasin 1. obat rematik. Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe antara 1 sampai 3 %.13 mg/100 g. felandren (phellandrena). Berdasarkan beberapa referensi. such as: senyawa oleoresin (gingerol. tukak lambung. sitronellol.Filipina dan Indonesia telah banyak ditemukan manfaat therapeutis.

penurun panas. Zat pedas dari jahe melepaskan zat P dari serat sensori. Z. dan Liu. reseptor M dan H1 inaktif untuk sementara dan tidak dapat dieksitasi oleh agonis.uk/local/projects/lyerWebsites/Medicine. dan akhirnya bisa menyanyi dengan lancar.asam hidroksibutanadioat]. asma.drug and medicine. S. Ini bertujuan agar setelah M tereksitasi oleh zat P.memiliki efek tonik pada hati.html). D. dan analgetik. Penelitian selanjutnya menunjukkkan bahwa jahe dapat menurunkan tingkat kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol di darah dan hati (www. Anda ingat dengan iklan di TV yang menampilkan seseorang yang audisi IDOL. Jahe dapat menurunkan tekanan darah dengan membatasi aliran darah di daerah periferal tubuh. terus dia batuk dan terus makan permen jahe.ch. dipsepsia.com). rimpang jahe digunakan untuk mengobati penyakit kedinginan. S. batuk. Dikutip dari blog bimbelbestteacher bahwa: Ilmuwan cina secara eksperimen mendapatkan bahwa jahe memiliki efek memperkuat perut dimana jahe lembut untuk perut dan menstimulasi usus. Banyak bukti yang mendukung bahwa jahe menurunkan penderitaan dan durasi mual yang dirasakan setelah kemoterapi maupun setelah pembedahan. Itu mungkin efek dari oleoresin. Penelitian pendahuluan menyarankan bahwa jahe aman dan efektif untuk mual dan muntah pada kehamilan jika digunakan dengan dosis yang direkomendasikan dalam waktu kurang dari 5 hari (www.ac.organik seperti asam malat [yang sering disebut sebagai asam apel. Zat P yang dilepaskan menstimulasi cholinergic dan histaminicneurin untuk melepaskan Ach dan histamin sendiri-sendiri atau memproduksi kontraksi otot langsung dengan mengaktifkan reseptor M dan H1 secara korespondensi. Jahe memproduksi aksi antimual dan antimabuk karena efek antihistamin dan anticholinergic pada peripheral dan pusat. Karena itu jahe menghambat aksi anticholinergic dan antihistaminic (Qian. rematik dan kehilangan nafsu makan. Di India. kolik. COOHCH2CH(OH)COOH . Penelitian dengan binatang telah membuktikan bahwa jahe memiliki efek analgesik dan aktivitas antiperadangan. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa jahe .ic. 1992). dan asam oksalat. Senyawa Oleoresin dalam jahe digunakan sebagai zat aktif untuk mengobati batuk. mual. Rimpang .

indohafi. obat parasit usus. obat anti bengkak. neuropati dan sebagai penawar racun ular (Heyne.com). penyakit hati. obat psoriasis pada kulit. pendarahan. antikejang.com). malaria. luka bakar pada kulit. demam dan tekanan darah . afrodisiak.borneol. geranial. meningkatkan penyerapan obat dan metabolisme. oleoresin dari jahe yang mengandung gingerol dan shogaol sering terkandung dalam antitusif. 1987). zingiberena. dismenorrhea (menstruasi yang menyakitkan). sitral. mengobati peradangan sendi.friedli. Ini membuat jahe berfungsi sebagai penangkap radikal bebas. pegal pada kaki.com). menghambat oksidasi kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh (www. dapat melindungi lemak/membran dari oksidasi. kanker. sebagai pasta gigi (www. linalool. kecanduan alkohol. borok. kamfena (www. phellandrena. pengurang rasa pegal. antifungi. infeksi saluran pernafasan. masalah sekresi empedu. antimutagenic (www. Ini membuat jahe cocok sebagai obat untuk kedinginan. 1987). Minyak atsiri jahe mengandung bisabolena. panu. Ini berarti jahe memiliki aktivitas anti radang. antiflatullen dan senyawa antasida (www. Selain itu. sebagai stimulan kekebalan tubuh. asam-asam amino dan sebagainya. sineol. C. migrain. penyakit cacing gelang dan gatal karena digigit serangga (www. mengeluarkan gas dari perut. Aktivitas antioksidan dari jahe disebabkan oleh oleoresin. gonarthritis. limonene.jahe juga digunakan untuk mengobati masuk angin.friedli.com). eksem. kebotakan.indohafi. (www. disentri.com).com). 1996 tentang efek analgetika minyak atsiri dan ekstrak etanol rimpang jahe dengan metode Writhin Test pada mencit Mus musculus disimpulkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang jahe memilki efek analgetika yang lebih kuat daripada ekstrak etanol rimpang jahe dengan kandungan minyak atsiri yang sama. vitiligo.com). obat hipothermia karena serotonin. Kombinasi dari menstimulasi sirkulasi darah dan keringat menyebabkan jahe menggerakkan darah ke peripheral. antinyamuk. obat infeksi Helicobacter pylori. obat nyeri punggung. sebagai antasida. sakit lambung. Jahe memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. zingiberol. mengobati bronkitis. atherosclerosis. rematik dan obat sakit kepala (Heyne. Jahe dapat berfungsi sebagai obat nyeri lambung dan radang sendi karena jahe mengandung sejumlah zat gizi seperti vitamin . mengobati kolera. sebagai penipis darah. penyakit ginjal. sakit perut. flu. sebagai insektisida.asiamaya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Khotimah. impoten. antioksidan.drugandmedicine.drug andmedicine. diare. antivirus. B1. depresi. sitronellol. difteria. terkilir.

depresi. Ini juga digunakan sebagai intermediet kimia. Titik didih 198-199 derajat celcius. hipertensi. shampoo dan lotion.com). Ini digunakan sebagai scent pada sabun. lemah otot. A. lesu mental. Pemberian jahe terhadap pasien dengan penyakit arteri koroner menyebabkan pasien tersebut menghasilkan penurunan dalam agregasi platelet (Bordia.edu.25 g/mol.wikipedia. mual.wikipedia.589 g/L (www. Linalool ( 2. detergen. Kelarutan dalam air sebesar 1. et al. kelemahan otot. Titik leleh < 20 derajat celcius. kebingungan. Titik leleh 30-32 derajat celcius. Kandungan Kimia .38 g/mol. kekurangan koordinasi dan penyakit gastrointestinal. et al.chem. Gingerol dapat mereduksi nausea yang dikarenakan mabuk atau kehamilan dan juga dapat mengurangi migraine.com). 1997). Potasium juga mengatur tekanan darah dan detak jantung. struktur 2. Berat molekul linalool 154.html). kelumpuhan. kerusakan ginjal dan kerusakan hati. (www. (www. Produk downstream dari linalool yang umum ialah vitamin E. Jahe menghambat agregasi platelet sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke (Srivastava. kalsium dan fosfor berfungsi bersama-sama dalam pembentukan tulang.struktur Gingerol dapat mengalami transformasi dengan panas menjadi shogaol.JM:1104/lectures/ginger. paradol (dari hidrogenasi shogaol) dan zingeron. sterilitas. Magnesium. Gingerol dapat dijumpai sebagai minyak kuning pungent dan padatan kristal dengan titik leleh rendah. Tingginya kandungan potassium dalam jahe akan melindungi tubuh dari kedinginan. Gingerol ((S)-5-hidroksi-1-(4-hidroksi-3-metoksifenil)-3dekanon) Gingerol atau [6]-gingerol ialah penyusun aktif dari jahe segar.6-dimetil-2. Berat molekul gingerol 294.uwimona. Tingginya kandungan mineral ini dalam jahe membuat jahe cocok sebagai obat kejang otot.tinggi (Srivastava. kontraksi otot dan transmisi syaraf. 1964). perubahan kepribadian. kebingungan.7-oktadien-6-ol ) Linalool ialah terpena alcohol yang terjadi secara alamiah. Berikut beberapa senyawa yang terkandung dalam jahe: 1. Memasak jahe mengubah gingerol menjadi zingeron yang lebih tidak pungent dan memiliki aroma manis. 1964).

Shogaol meningkatkan konsentrasi kalsium intraselluler. Kamfena (3. 2006). Sedangkan S-limonen digunakan sebgai pewangi pada produk pembersih. Selain digunakan sebagai perasa.com). Kamfena dapat menurunkan berat badan. 8411 g/cm3. et al. titik leleh -95.20C dan titik didih 1760C ini termasuk dalam golongan terpena.Senyawa Limonen (1-metil-4-prop-1-en-2-il-sikloheksena) Senyawa dengan berat molekul 136. Rlimonen digunakan sebagai insektisida tanamaan. Sitral (3. [10]-shogaol ialah komponen yang tidak pedas pada jahe namun meningkatkan sekresi adrenalin dengan mengaktivasi TRPV1 (transient receptor potential vanilloid subtype 1) (Iwasaki.6-oktadienal) Sitral ialah suatu senyawa terpenoid dimana isomer transnya bernama geranial. digunakan untuk sintesis vitamin A dan efek feromon pada serangga (www. Bau lemon geranial lebih kuat daripada neral. Limonen sangat umum digunakan dalam produk kosmestik. .3-dimetil-2-metilen-norkamfana) Kamfena termasuk golongan monoterpen bisiklik yang menguap pada temperature ruang dan berbau tajam atau pedas.wikipedia.com). 2006). Senyawa Shogaol Shogaol bertanggungjawab terhadap khasiat jahe yang dapat meningkatkan suhu tubuh.wikipedia. 24 g/mol.7-dimetil-2. et al. [6] shogaol mengurangi peradangan di lutut dan melindungi tulang rawan pada tulang paha dari kerusakan (Levy. Bau senyawa ini seperti jeruk. Sedangkan. sedangkan isomer cis nya bernama neral. kerapatan 0. sitral juga memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. meningkatkan berat hati dan tidak memiliki efek mutagenic (www.

Phellandrena digunakan sebagai pemberi aroma (www. Borneol digunakan dalam pengobatan tradisional cina sebagai Moxa (www.Zingiberena Zingiberena ialah seskuiterpen monosiklik yang menyusun secara dominant minyak jahe (www.com).wikipedia. 10.com).wikipedia. Borneol Borneol ialah sebuah terpena dan senyawa organic bisiklik. Phellandrena Phellandrena ialah nama untuk sepasang senyawa organic yang memiliki struktur molekul yang mirip dan sifat kimia yang mirip. . yaitu αphellandrena dan β-phellandrena.com). Borneol mudah teroksidasi menjadi keton menghasilkan kamfor.wikipedia.

mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma. Senyawa aseton (sebenarnya saya ragu dengan aseton.Adapun Khasiat Jahe antara lain : 1. Senyawa ini juga merangsang ereksi. karena tidak bereaksi dengan asam) dan methanol pada jahe juga mampu menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan. 7. Tak salah jika orang pun menjulukinya sebagai aphrodisiac food atau makanan pendongkrak gairah seksual. Karena aseton dan metanol dapat bereaksi dengan asam lambung (HCl. Jahe Juga mengandung senyawa cineole dan arginine yang mampu mengatasi ejakulasi dini. Mencegah kanker kolon. Reaksi antara metanol dengan asam klorida merupakan reaksi substitusi gugus OH dengan gugus Cl] Manfaatnya. 3. Dalam sistem pengobatan China. darah mengalir lebih lancar dan tekanan darah menurun. jahe juga digunakan untuk mengatasi kram akibat menstruasi. nyeri lambung bisa dikurangi dengan mengkonsumsi jahe. kandungan enzim protease dan lipase yang terkandung dalam jahe berfungsi memecah protein dan lemak. 5. Sifatnya yang menghangatkan tubuh juga dipercaya mengurangi rasa mual. Jahe terbukti berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga mampu mengobati masuk angin. Penelitian lain menyebutkan. Peradangan pada arthritis/radang sendi juga bisa ditanggulangi dengan banyak mengkonsumsi jahe karena jahe menghambat produksi prostaglandin. asam klorida). 9. Jahe merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Pengobatan kanker indung telur. Karena jahe juga bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker . batuk dan gejala flu ringan. hormon dalam tubuh yang dapat memicu peradangan. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tubuh menjadi hangat. 2. 6. Jahe juga melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung. istimewa bukan? 8. 4. Kandungan phenol yang bersifat anti-radang dan sudah terbukti dalam berapa penelitian dapat meredakan radang sendi dan ketegangan otot. Enzim inilah yang membantu mencerna dan menyerap makanan sehingga meningkatkan napsu makan.

Sedangkan di Indonesia jahe dapat ditemukan dalam bentuk minuman seduh dan salah satu komponen jamu. Jahe di pasaran dikemas dalam bentuk kapsul yang mengandung 500 mg serbuk jahe atau dalam bentuk Kristal jahe. Agustus 05.blogspot. Hasil review dari beberapa studi menunjukkan. 10. Penelitian menemukan. 12. jahe bisa meredakan rasa sakit migrain dengan cara menghentikan kerja prostaglandin. Beberapa hasil pengolahan jahe lain yang terdapat di pasaran. Meredakan migraine. Penyembuhan mual akibat hamil. Mencegah rasa sakit akibat diabetes. tikus yang diberikan jahe mengalami penurunan kejadian rasa sakit akibat diabetes.com/2011/02/khasiat-kandungan-bahan-kimia-di-dalam.html Diposkan oleh Fikry Ekawardhana di Minggu. yaitu: •Jahe segar •Jahe kering •Awetan jahe •Jahe bubuk •Minyak jahe •Oleoresin jahe Sumber: http://logku. Di Asia.kolorektal.blogspot. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus penderita diabetes menemukan. jahe juga sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi mual yang dipicu oleh kehamilan.html diunduh jumat 28 des 2012 pukul 9:13 pm . jahe diolah dalam bentuk minuman seduh atau kembang gula.com/2012/08/manfaat-jahe. 2012 http://simpleknowl. 11. penyebab rasa sakit dan peradangan si pembuluh darah.

shvoong.com/exact-sciences/chemistry/2120330-pengertian-konsentrasi-larutan/ diunduh pada sabtu. Contoh beberapa satuan konsentrasi adalahmolar.Pengertian konsentrasi larutan Definisi konsentrasi larutan. Konsentrasi larutan adalah perbandingan antara massa zat terlarut dengan larutnya (zat dengan pelarutnya). komposisi larutan dapat dinyatakan sebagai encer (berkonsentrasi rendah) atau pekat (berkonsentrasi tinggi). Konsentrasi larutan menyatakan secara kuantitatif komposisi zat terlarut dan pelarut di dalam larutan. ppm). Sementara itu. dan bagian per juta (part per million. secara kualitatif. Sumber: http://id.com/exact-sciences/chemistry/2120330-pengertian-konsentrasilarutan/#ixzz2GOM32GjV http://id. Konsentrasi umumnya dinyatakan dalam perbandingan jumlah zat terlarut dengan jumlah total zat dalam larutan. molal.shvoong. 29 des 2012 pukul 6:22 am . atau dalam perbandingan jumlah zat terlarut dengan jumlah pelarut.

1 Beberapa Subsistem Agribisnis di Indonesia 4 Referensi . biji-bijian. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Minyak goreng Minyak goreng adalah minyak yang berasal dari lemak tumbuhan atau hewan yang dimurnikan dan berbentuk cair dalam suhu kamar dan biasanya digunakan untuk menggoreng makanan.[1].[1] Minyak goreng dari tumbuhan biasanya dihasilkan dari tanaman seperti kelapa.Minyak goreng Dari Wikipedia bahasa Indonesia. kacang-kacangan.1 Faktor yang memengaruhi ketahanan 2 Sumber 3 Kebijakan Pemerintah o  3. Daftar isi [sembunyikan]  1 Kerusakan o   1. kedelai.jagung. dan kanola.

Minyak kelapa dapat digunakan untuk menggoreng karena struktur minyaknya yang memiliki ikatan rangkap sehingga minyaknya termasuk lemak tak jenuh yang sifatnya stabil.[2] Minyak nabati dengan kadar asam lemak jenuh yang tinggi akan mengakibatkan makanan yang digoreng menjadi berbahaya bagi kesehatan.[2] Jika digunakan berulang kali.[4] suhu --> Suhu yang semakin tinggi juga akan mempercepat proses oksidasi.4 kali penggorengan. minyak dapat menjadi rusak karena penyimpanan yang salah dalam jangka waktu tertentu sehingga ikatan trigliserida pecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas. Suhu yang semakin tinggi dan semakin lama pemanasan.[2] Dengan demikian minyak tersebut dapat dikatakan telah rusak atau dapat disebut minyak jelantah.[3]. ikatan rangkap yang terdapat pada asam lemak tak jenuh akan putus membentuk asam lemak jenuh.[5] antioksidan --> membuat minyak lebih tahan terhadap oksidasi. Penggunaan minyak berkali-kali akan membuat ikatan rangkap minyak teroksidasi membentuk gugus peroksida dan monomer siklik.[6].[3] [sunting]Faktor yang memengaruhi ketahanan Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kerusakan minyak adalah:  oksigen dan ikatan rangkap-->Semakin banyak ikatan rangkap dan oksigen yang terkandung maka minyak akan semakin cepat teroksidasi.[1] Selain karena penggorengan berkali-kali.[1] Saat penggorengan dilakukan. minyak akan berubah warna. Minyak yang baik adalah minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan kandungan asam lemak jenuhnya.[2]. asam lemak yang terkandung dalam minyak akan semakin jenuh. kadar asam lemak jenuh akan semakin naik.[4]. 5 Lihat pula [sunting]Kerusakan Minyak goreng biasanya bisa digunakan hingga 3 .[5]    [sunting]Sumber Minyak goreng umumnya berasal dari minyak kelapa sawit.[3] Cahaya dan ion logam --> berperan sebagai katalis yang mempercepat proses oksidasi.[1] Selain itu . minyak yang seperti ini dikatakan telah rusak dan berbahaya bagi kesehatan.[1] Setelah penggorengan berkali-kali.

pemerintah Indonesia melakukan campur tangan dalam berbagai bentuk kebijakan. 6. Corat-coret anak desa berprofesi ganda. Makarova NP. alokasi bahan baku untuk pasar domestik 2. 5.[1] Beberapa minyak yang dipakai untuk menggoreng selain minyak kelapa sawit adalah minyak palm kernel.al. Bahan bakunya adalah Crude Palm Oil (CPO). 2008. ^ ^ ^ ^ a b a b Herlina N. Kor J Chem Eng 24(2). ^ a b c (Inggris) Hou X. Institut Pertanian Bogor. Lewis acid-catalyzed transesterification and esterification of high free fatty acid oil in subcritical methanol. palm stearin. 2001. penetapan pajak ekspor. Determination of the hydrocarbon composition of crude oils. Dibalik Gurihnya Minyak Goreng Jelantah. 7.[6] Selain itu terdapat juga minyak lain seperti minyak biji anggur. Lemak dan Minyak Diakses pada 4 April 2010. dan linoleat. 3. 2005.Hlm. 2. operasi pasar 3. IPB. 1. 2007. [sunting]Beberapa Subsistem Agribisnis di Indonesia   CCO (crude coconut oil). 2002. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.53.2009. bunga matahari. Disertasi Doktor. dan zaitun. 2008.et. 4. ^ a b c d e f (Inggris) Tomskaya LA.[2] [sunting]Referensi a b c d e f g h 1. Pengembangan Sistem Agroindustri Kelapa sawit dengan Pola Perusahaan Agroindustri Rakyat.[1] Asam lemak tersebut adalah asam palmitat. sektor produksi kelapa sawit. S. Hlm. Ryabov VD. a b c d a b Basdabella. Ginting M.Nature’s Beauty SecretDiakses pada 4 Apr 2010. dan Tallow. Hendra S. sektor produksi kelapa.[6] Minyak-minyak ini kurang cocok apabila digunakan untuk menggoreng namun minyak-minyak ini memiliki kandungan asam lemakyang tinggi dan biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada salad dan makanan lainnya. palm olein. Chem Tech Fuel Oil 44:280-283. 15-18. (Inggris) Falardeau. Secara umum kebijakan pemerintah bertumpu pada tiga instrumen: sebagai berikut[7]: 1. TBS (tandan buah segar).pada minyak kelapa terdapat asam lemak esensial yang tidak dapat disintesis oleh tubuh.[6] [sunting]Kebijakan Pemerintah Dalam upaya menjaga stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri. Cet. . ^ Sitepoe M.[2]. oleat. Bogor: Program Pascasarjana.[7]. Merangsang Kanker Kolon Diakses pada 4 Apr 2010. kedelai. stearat. Andree.

org/wiki/Minyak_goreng di unduh pd Sabtu. 29 des 2012 pukul 7:06 am .http://id.wikipedia.

menetapkan bahwa stadar mutu minyak goreng kelapa antara lain : Persyaratan No 1 1.Standar Mutu Minyak Goreng Kelapa APRIL 13. 2010 4 KOMENTAR 5 Votes Memulai suatu usaha industri di masyarakat sering mendapat halangan. Produsen aman berproduksi.1 Kriteria uji Keadaan Bau Normal Normal Satuan Mutu I Mutu II . saya akan menerangkan tentang keamanan proses pembuatan minyak goreng kelapa yang memenuhi standar mutu minyak goreng kelapa.. apalagi yg berhubungan dengan industri pangan. halalkah apa yang kita konsumsi.? Maukah konsumen menerima produksi kita. pertanyaan yang sering muncul pertama kali saat seseorang mencoba membuat industri baru. SNI ini merupakan revisi dari SNI 013741-1995. tetapi perlu pengakuan dari lembaga yang kredibel. Berdasarkan rumusan yang ada dari BSN (Badan Standarisasi Nasional) tentang minyak goreng tentang SNI Standar Nasional Indonesia yaitu SNI 01-3741-2002. Pada kesempatan kali ini. Tak terkecuali dalam membuat industri minyak kelapa premium. memang segala pertanyaan tersebut HARUS dijawab tuntas. Baiklah. Karena teknik pembuatan dan produk yang bagus tidak menjamin adanya pengakuan publik. Amankah apa yg kita produksi. agar hilang keraguan.? kira-kira begitulah.. masyarakat tenang mengkonsumsi dan tentunya barakahlah yang kita dapatkan.

apakah masuk ke dalam kelas mutu 1 atau mutu 2.2 Rasa Normal Normal 1.1 maks 0.3 5. kuning pucat sampai kuning maks 0.1 maks 0.1 maks 40. Adanya parameter ini akan menjawab pertanyaan produsen dan calon konsumen terkait mutu dan keamanan produk.0*/250 maks 0. untuk mengukur sejauhmana kualitas produk.0*/250 maks 0. Standar keamanan produk pun bisa dilihat dari kriteria cemaran logam.1 maks 40.1 maks 0.1 % maks 2 maks 2 mg/kg maks 0.3 3 Bilangan asam Asam linoleat (C18:3) dalam komposisi asam lemak minyak Cemaran logam Timbal (pb) maks0.1 negatif maks 0.6 maks 2 4 5 5.05 maks 0.05 maks 0.1 negatif 5.3 2 Warna Kadar Air % b/b mg KOH/gr Putih.2 5.4 6 7 Timah (Sn) Raksa (Hg) Tembaga (Cu) Cemaran Arsen (As) Minyak Pelikan** mg/kg mg/kg mg/kg mg/kg Catatan * Dalam kemasan kaleng Catatan ** Minyak pelikan adalah minyak yang tidak dapat disabunkan Standar mutu yang telah diterapkan oleh BSN ini dapat menjadi rujukan bagi produsen.1. sehingga semuanya berjalan lancar. .

lalu bagaimana agar standar SNI itu bisa kita penuhi dan diterapkan. seperti izin depkes atau ingin memperoleh pengakuan halal dari lembaga sertifikat halal LPPOM MUI.wordpress. IPB dan lainnya. http://produkkelapa.com/2010/04/13/standar-mutu-minyak-goreng-kelapa-2/ diunduh pada SAbtu 29 des 2012 pukul 8:02 am . Selanjutnya perijinan lainnya bisa diurus sesuai kebutuhan.. tempatnya bisa di Laboratorium Perguruan tinggi seperti UGM. atau di Lab Pangan dan Gizi milik pemerintah di Kementrian Perindag atau lainnya.? Upaya pertama yang kita lakukan adalah pergi ke LAB yang bisa menguji parameter diatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful