BERIKUT INI ADALAH PENGERTIAN DAN DEFINISI LISTRIK DAN SEGALA HAL YANG BERKAITAN DENGAN LISTRIK: * TEGANGAN

LISTRIK Adalah sebuah dorongan yang ditimbulkan oleh sumber listrik. Satuan dari tegangan listrik adalah Ampere * DAYA LISTRIK Adalah banyaknya jumlah tenaga listrik yang dibutuhkan per satuan waktu. Satuan daya listrik adalah Watt * HAMBATAN LISTRIK Adalah sesuatu yang sifatnya menghambat aliran listrik. Satuan dari hambatan listrik adalah Ohm. * ENERGI LISTRIK Adalah tenaga listrik yang digunakan pada waktu tertentu. Satuan dari energi listrik adalah Joule * KEJUTAN LISTRIK Adalah gejala terjandinya aliran arus listrik melalui tubuh dengan magnituda tertentu yang dapat memberikan efek - efek yang membahayakan atau mencederai * GAYA LISTRIK Adalah gaya yang bekerja diantara muatan listrik * MEDAN LISTRIK Merupakan ruang - ruang yang berada di sekitar muatan listrik dimana jika muatan listrik tersebut diuji dengan cara diletakkan pada ruang / medan tersebut maka akan mengalami gaya listrik * POTENSIAL LISTRIK Adalah sebuah usaha untuk memindahkan muatan positif dari satu titik ke titik yang lainnya * INDUKSI LISTRIK Merupakan pemisahan muatan listrik di dalam suatu pengantar karena pengantar itu didekati oleh benda yang memiliki muatan listrik. Kuat Arus Listrik Kuat arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Secara matematis dituliskan :

keterangan : I = Kuat arus listrik (ampere)

Sehingga. Rangkaian tunggal pada rangkaian tunggal sumber tegangan berlaku persamaan : atau b. Simulasi mengenai "Kuat Arus Listrik" silahkan [klik di sini] Beda Potensial Listrik Beda Potensial listrik adalah banyaknya energi untuk memindahkan muatan listrik dari satu titik ke titik lain. Rangkaian seri . Secara matematis dituliskan : V = beda potensial (volt) W = energi listrik (joule) Q = muatan listrik (coulomb) Rangkaian sumber tegangan a.Q = muatan listrik (coulomb) t = waktu (sekon) Arus listrik hanya mengalir pada rangkaian tertutup. ketika saklar dimatikan maka arus listrik akan terhenti.

pada rangkaian seri sumber tegangan berlaku persamaan : c. Rangkaian paralel pada rangkaian paralel sumber tegangan berlaku persamaan : keterangan : E = GGL sumber tegangan (volt) I = Kuat arus listrik (ampere) R = Hambatan luar (ohm) r = hambatan dalam (ohm) n = jumlah GGL/baterai Hukum Ohm Hukum Ohm menyatakan bahwa kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu penghantar sebanding dengan beda potensial pada ujung-ujung penghantar. .

keterangan : V = beda potensial (volt) I = kuat arus listrik (ampere) R = hambatan listrik (ohm) Hukum I Kirchoff Hukum I Kirchoff menyatakan “Jumlah kuat arus yang masuk pada rangkaian bercabang besarnya sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan” secara matematis dituliskan : I = I1 + I2 + I3 = I’ Rangkaian Hambatan a. Rangkain Seri pada rangkaian hambatan seri berlaku persamaan : .

Rangkaian Paralel pada rangkaian hambatan paralel berlaku persamaan : keterangan : I = kuat arus total (A) I1 = kuat arus pada R1 (A) I2 = kuat arus pada R2 (A) I3 = kuat arus pada R3 (A) V = tegangan total (A) V1 = tegangan pada R1 (A) V2 = tegangan pada R2 (A) V3 = tegangan pada R3 (A) Rs = Hambatan pengganti seri (ohm) Rp = Hambatan pengganti parallel (ohm) .b.

Tahukah anda bahwa besarnya tegangan listrik yang berasal dari petir dapat menghidupkan jutaan kendaraan? Kehidupan manusia sering terhubung dengan listrik.Cara CEPAT !!! Jika 2 buah hambatan dirangkai paralel. maka hambatan penggantinya : BAB I PENDAHULUAN Konsep Dasar Listrik Statis Ledakan petir merupakan contohnyata keberadaan listrik. Listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang berada dalam keadaandiam (statis). Tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah benda bermuatan listrik adalah bentuk dari gaya listrik yang dikenal juga sebagai gaya coulom . Elektron merupakan muatan dasar yang menentukan sifat listrik suatu benda. Muatan listrik timbul karena adanya elektron yang dapat berpindah dari satu benda ke benda yang lain. Berdasarkan konsep muatan listrik. Dua buah benda yang memiliki muatan sejenis akan saling tolak menolak ketika didekatkan satu sama lain. Energy yang dilepaskan petir sangat besar sehingga menimbulkan cahaya panas dan bunyi gelegar yang sangat keras.Gejala tarik menarik antara dua buah benda seperti penggaris plastik dan potongan kecil kertas dapat dijelaskan menggunakan konsep muatan listrik. sedangkan benda yang kelebihan electron dikatakan bermuatan negatif. Petir merupakan hasil pelepasan muatan listrik di awan. ada dua macam muatan listrik. bagaimana kehidupan di bumi jika tidak ada listrik? Dari manakah listrik ini berasal? Listrik yang kita gunakan sehari-hari adalah listrik yang mengalir (dinamis). Dapatkah anda bayangkan. Adapun dua buah benda dengan muatan yang berbeda (tidak sejenis) akan saling tarik menarik saat didekatkan satu sama lain. Benda yang kekurangan elektron dikatakan bermuatan positif. Listrik statis dapat menjelaskan bagaimana sebuah penggaris yangtelah digosok-gosokkan ke rambut dapat menarik potongan-potongan kecil kertas. yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Materi tersusun atas molekul-molekul. untuk mrmbedakan muatan -muatan yang menyebabkan gaya tolak-menolak dengan gaya tarik-menarik. Didalam inti atom terdapat proton yang bermuatan positifdan neutron yang tidak (bermuatan netral). Besaran ini disebut muatan listrik Satu perbedaan dari kedua gaya tersebut adalah pada gaya listrik terdapat dua macam gaya. . Dua benda yang bermuatan sejenis akan melakukan gaya tarik-menarik. Muatan positif merupakan muatan-muatan yang sejenis dengan muatan pada batang kaca yang digosokkan dengan kain sutra. Molekul unsure tersusun atas atom-atom. Demikian pula halnya pada gaya listrik antar muatan. Cirri yang dimaksud adalah massa benda. Adapun dari gaya Grafitasi Nweton tidak terdapat gaya tolak menolak. Hokum coulomb 1. sedangk an muatan negative adalah muatan-muata yang sejenis dengan muatan pada penggaris plastic yang digosokkan dengan kain wol. yaitu gaya tarik-menarik dan gaya tolakmenolak. Gaya listrik antarmuatan terjadi akibat adanya besaran besaran yang menjadi cirri dari kedua muatan tersebut. Interaksi Elektostatis antar dua muatan listrik Di kelas XI anda telah mempelajari hokum Gr afitasi Newton yang menyatakan bahwa gaya tarik-menarik antara dua benda sebanding dengan hasil kali dua besaran yang menjadi cirri dari kedua benda tersebut.BAB II PEMBAHASAN A. Benjamin Franklin menyarankan agar muatan lisrtik diberi nama muatan positif dan muatan negative. Cara terbaik dalam mempelajari gejalah kelistrikan diawali dengan pengetaahuan secara umum tentang pertikel -partikel penyusun materi. hanya ada gaya tari-menarik. Atom terdiri atas inti yang bermuatan positif dan dikelilingi oleh sejumlah electron yang bermuatan negative sehingga muatan total atom sama denagn nol.

B. Cara pandang lain melihat gaya listrik yaitu. gaya total yang bekerja pada sebuah muatan merupakan resulan (panjumlahan vector) dari gaya -gaya yang bekerja pada muatan tersebut akibat interaksi dengan muatan -muatan yang ada disekitarnya. electron dari kain wol berpindah kepenggaris plastic sehingga batang plastik menjadi kelebihan elektrondan bermuatan negatif. . Oleh karena partikel yang dibahas menghasilkan gaya listrik. Pada penggaris plastik digosok dengan kain wol. Gaya Coulomb antar Dua Muatan Titik Telah kiketahui bahwa gaya listrik terjadi akibat adanya muatan listrik. 3. Benda yang tidak bermuatab (netral) adlah benda yang jumlah muatan positifnya sama dengan jumlah muatan negatifnya. 2. menggunakan konsep medan.Suatu benda dikatakan bermuatan listrik negatif jika benda tersebut kelebihan electron. Seorang ahli fisika berkebangsaan Prancis b ernama Charles Augustin de Coulomb untuk kali pertama menyelidiki hubungan antar dua muatan listrik. dalam penelitiannya tersebut ia menggunakan neraca punter. Saat batang kaca digsok dengan kain sutra maka electron elektron dari batang kaca berpindah ke kain sutra sehingga batang kaca kekurangan electron dan bermuatan positif. maka medan disekitar partikel itu disebut medan listrik. Kuat Medan Listrik Gaya antar dua buah partikel bermuatan yang dipisahkan oleh suatu jarak tertentu tampak kontak antar keduanya disebut sction at a distance. Jenis muatan menentukan gaya listrik tersebut tarik -menarik atau tolak-menolak. sedangkan suetu benda dik atan bermuatan listrik positif jika benda tersebut kekurangan elektron. Medan adalah ruang disekitar benda dimana se tiap titik didalam ruang tersebut akan berpengaruh oleh gaya yang ditimbulkan oleh benda. Resultan Gaya Coulomb pada Sebuah Muatan Akibat Pengaruh Muatan Muatan Lain Secara umum.

b. penting untuk diperhatikan bahwa setiap muatan listrik selalu menghasilkan garis gaya listrik yang senantiasa menuju kepada muatanyang lebih .602 X 1O-19 C. Benda yang bermuatan listrik berlainan jenis. Dalam literatur biasa digunakan huruf q atau Q untuk menyatakan jumlah kelebihan muatan positif atau negatif pada suatu benda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap muatan Q besar atau kecil. sebaliknya tempat dimana garis-garis gaya medan listrik merenggang menunjukkan medan listrik yang lemah. Sekelompok partikel bermuatan.Medan listrik dapat digambarkan denagn garis -garis listrik yang menjahui (keluar dari) muatan positif dan mendekati (masuk ke) muatan negative. Sifat muatan listrik yaitu : a) b) Benda yang bermuatan listrik sejenis. Tempat dimana garis-garis gaya medan listrik rapat menunjukkan medanlistrik yang kuat. selalu menempati suatu volume tertentu. Garis gaya medan listrik tidak pernah berpotongan satu dengan yang lainnya. Jika ukuran volume yang ditempati partikel-partikel bermuatan tersebut sedemikian kecilnya dibandingkan dengan jarak-jarak lain dalam persoalan yang dibicarakan. saling tolak -menolak. Benda yang kelebihan sejumlah elektron akan bermuatan negatif dan yang kelebihan sejumlah proton dikatakan bermuatan positif. saling tarik menarik. Selain hal di atas. Dengan mencermati sifat-sifat dari garis gaya medan listrik maka kita akanmen dapatkan tiga karakteristik garis-garis gaya medan tersebut sebagai berikut. maka partikel bermuatan tersebut dikatakan muatan titik. Apabila dalam suatu ruang terdapat dua buah benda bermuatanb listrik yang sama besar. Di sini e adalah muatan untuk satu elektron dan Coulomb (C) adalah satuan muatan listrik. misalnya atom-atom. positif atau negatif adalah merupakan kelipatan dari: e =1. Kerapatan garis-faris gaya listrik menggambarkan besarnya kuat medan listrik. c. a. Garis-garis gaya medan listrik selalu mengarah radial ke luar menjauhi muatan positif dan ke dalam menuju muatan negatif. atau elektron-elektron. Benda bermuatan listrik ialah benda yang mempunyai kelebihan sejumlah elektron atau proton.

Fluks Listrik Apabila terdapat garis-garis gaya listrik dari suatu medan listrik homogeny yang menembus tegak lurus suatu bidang luas A. Oleh karenanya kuat medan listrik di alam senantiasa memberi pengaruh kepada muatan-muatan lainnya termasuk terhadap muatan listrik yang adadalam tubuh kita. 2. Arah kuat medan listrik di suatu titik selalu searah dengan gaya yang dialami oleh muatan uji positif di titik tersebut sehingga arah kuat medan di suatu titk oleh muatan positif akan menjauh. anda dapat menggunakanHukum Gauss. Kuat Medan Listrik pada Pelat Kondu ktor . bagaimanakah cara menentukan kuat medan listrik akibat suatu distribusi muatan yang tersebar dalam suatu benda? Untuk menentukan kuat medan listrik akibat distribusi muatan tertentu. Jika kekuatan medan listrik (dan juga kuat medan elektromagnet) melebihi ambang batas dapat membahayakan kesehatan manusia. Syarat muatan ujio seperti ini bertujuan agar muatan uji tidak mempengaruhi kuat medan yang akan di ukur. Hukum Gauss Setelah anda mengetahui cara menentukan kuat medan listrik akibat partikel-partikel bermuatan. 2. Kuat Medan Listrik Akibat Sebuah Muatan Titik Efek medan listrik suatu muatan sumber q dapat ditinjau dengan meletakkan suatu muatan di sekitar medan listrik yang jauh lebih kecil dari pada muatan yang akan di hitung kuat medannya.negatif. Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1987 menyebutkan bahwa kuat medan listrik di bawah 104 V/m atau 104 N/C tidak membahayakan manusia 1. Kuat Medan Listrik Akibat Dua Muatan Titik C. 1. sedangkan muatan negative akan mendekat. jumlah garis-garis gaya listrik yang menembus tegak lurus bidang tersebut didefinisikan sama dengan perkalian antara E dean A. Hokum Gauss dinyatakan dalam banyaknya garis medan yang keluar dari suatu permukaan tertutup.

gun akan konsep Hukum Gauss sehingga harus dibuat terlebih dahulusuatu permukaan tertutup. Energi potensial Listrik dan Potensial Listrik 1. Permukaan tertutup yang memudahkan perhitungan untuk kasus ini adalah berbentuk slinder. Energi Potensial Listrik Penjelasan mengenai energy potensial listrik serupa dengan penjelasan mengenai energy potensial akibat adanya medan gravitas. Potensial Listrik a. maka muatan tersebut akan menyebar merata di permukaan bola sehinnga di dalam bola tidak terdapat muatan.Dalam suatu konduktor ada banyak sekali partikek - partikelbermuatan. Besarnya energy potensial yang timbul pada muatan sebanding denagn usaha yang diperlukan untuk melawan gaya Coulomb. Untuk menghitung kuat medan listrik pada suatu jarak tertentu. D. 2. Perubahan energy potensial yang terjadi sama dengan isaha yang dilakukan oleh gaya coulomb untuk berpindah dan dapat dinyatakan dengan persamaan. b. yang didistribusinya tersebar didalan konduktor sehingga untuk menentukan kuat medannya dapat digunakan Hukum Gauss. Kuat Medan Listrik pada Bola Konduktor Berongga Jika sebuah bola konduktor berongga atau kulit bola yang berjari-jari diberi muatan listrik. 3. Potensial Listrik oleh Sebuah Muatan Titik Potensial Listrik oleh Beberepa Muatan Titik Potensi listrik adalah besaran skalar (tidak memiliki arah) sehingga potensial listrik total di suatu listrik akibat beberapa muatan lainnya merupakan penjumlahan aljabar biasa dari potensial listrik setiap muatan tersebut. Energy potensial listrik akan timbul jika subuah muatan uji didekatkan pada subuah muatan. .

yaitu: a. Pada perinsipnya. Pada pembahasan sebelumnya. Kapasitor Kapasito adalah komponen listrik yang memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan listrik. dimana kuat medan listrik di dalam bola sama dengan nol. Untuk menghilangkan percikan api pada sistem pengapian mobil. pada partikel tersebut berlaku hukum kekekalan Energi Mekanik. c. Dapat disimpulkan bahwa potensial listrik dalam bola konduktor berongga sama dengan potensial listrik di permukaan bola resebut. b. Kapasitas suatu kapasitor didefinisikan sebagai perbandingan tetap antara muatan yang tersimpan dalam kapasitor dan beda potensial antara kedua pelat konduktornya. Untuk menyimpan muatan listrik dan energi listrik. Oleh karna potensial di seluruh ruang dalam bola konduktor berongga sama. Sebagai perata tegangan dalam catu daya ( power supply). 1. Untuk memiliki frekuensi pemancar pada pesawat radio. Fungsi kapasitor dalam berbagai rangkaian listrik. kapasitor terdiri atas du permukaan konduktor yang dipisahkan oleh suatu bahan isolator sehingga kedua permukaan konduktor tersebut memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan listrik. dapat dikatakan bahwa bidang di dalam bola adalah bidang ekipotensial. Suatu kapasitor . Satuan kapasitas kapasitor adalah farad (f). 3. Hukum Kekekalan Energi Mekanik dalam Medan Listrik a) Sebuah pertikel Dipengaruhi oleh Potensial Listrik Apabila ada partikel hanya terdapat resultan gaya yang berasal dari gaya coulomb. d. b) Sebuah partikel di Antara Dua Pelat Sejajar E. telah dipelajari sebelumnya bahwa pada dua buah benda yang bermuatan tidak sejenis akan terdapat gaya elektrostatis yang tarikmenarik. Kapasitas Kapasitor Kemampuan kapasitor untuk memperoleh dan menyimpan muatan listrik disebut kapasitor atau kapasitansi. Potensial listrik pada Bola Konduktor Berongga anda telah mempelajari tentang kuat medan listrik pada bola konduktor berongga pada pembahasan sebelumnya.c. Bidang ekipotensial adalah bidang yang setiap titik pada bidangtersebut memiliki potensial listrik sama.

Jika pada awalnya beda potensial antara kedua plat kapasitor sama dengan nol. b. Rangkaian Paralel kapasitor Tujuannya yaitu untuk merangkai seri paralel kapasitor yang di rangkai secara paralel. Kapasitas kapasitor pelat sejajar Dielektrik Dielektrik adalah bahan isolatoryang digunkan untuk memisahkan kedua pelat konduktor pada suatu kapasitor pelat sejajar. Rangkaian Seri Kapasitor Tujuan Merangkai Seri kapasitor yaitu untuk mendapatkan kapasitas kapasitor yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan. Energi yang Tersimpan Dalam Kapasitor Salah Satu Fungsi kapasitor yaitu untuk menyimpan energi listrik. Efisiensi relatif suatu bahan sebagai deiletrik di tujukan oleh konstanta dieletrik (K) dan permitivitas bahan. 3. a. maka kapasitor tersebut tidak akan menyimpan muatan. Setelah kapasitor tersebut di hubungkan dengan baterai maka kapasitor akan terisi oleh muatan hingga beda potensial antara kedua plat kapasitor sama dengan beda potensial baterai. 2. Pemasangan dielektrik tersebut dapat meningkatkan kapasitas kapasitor. . Maka dapat di simpulkan bahwa kapasitas kapasitator pelat sejajar bergantung pada dimensi kapasitator (luas pelat dan jrak pelat) serta bhan yang mengisi ruang antara kedua pelat.memiliki kasitansi satu farad apabila beda potensial sebesar satu volt menghasilkan muatan sebesar satu coulomb pada kapasitor tersebut. Perlu di ketahui pula bahwa kapasitas kapasitor tidak bergantung pada muatan yang tersimpan di dalam kapasitor dan beda potensial antara kedua pelatnya. Rangkaian Kapasitor a. b. Konstanta dieletrik suatu baan di definisikan sebagai perbandingan antara kapasitas kapasitor pelat sejajar yang menggunakan dieletrik dari bahan tersebut dan kapasitor pelat sejajajr yang mengggunakan udara sebagai dieletriknya. Sedangkan untuk mendapatkan kapasitas yang lebih besar maka kapasitor di rangkai secara paralel.