Problem Solving

By : Ahmad K.

Profil - 1
1985 1982
Lulus MTsN Lulus 1965 MI Lahir 1979 Lulus PGAN 1991 Lulus S-1 IAIN

Profil .2 Guru SDN • 1987 • 2002 Guru SMPN • 2002 • 2009 Guru SMKN • 2009 • sekarang .

Profil .3 1991 1985 1982 Lulus MTsN 1979 Muslim Lulus PGAN Muslim Lulus S-1 IAIN Muslim Lulus MI 1965 Lahir Muslim Muslim .

Definisi Problem Solving (Pemecahan masalah)  sebagai suatu proses penghilangan perbedaan atau ketidaksesuaian yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil-hasil yang diinginkan ( Hunsaker.2005 ). .

menganalisa situasi.Mu’Qodin ( 2002 ) : problem solving  adalah merupakan suatu keterampilan yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi. mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif tindakan. . kemudian mempertimbangkan alternatif tersebut sehubungan dengan hasil yang dicapai dan pada akhirnya melaksanakan rencana dengan melakukan suatu tindakan yang tepat.

Simpulan : bahwa problem solving merupakan suatu keterampilan yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi. menganalisa situasi dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan keputusan untuk mencapai sasaran. .

D’Zurilla dan Sanna (2004) a) Rational Problem Solving Sebuah bentuk problem solving yang konstruktif yang didefinisikan seperti rasional. .Bentuk Problem Solving menurut Chang. berunding dan aplikasi yang sistematik dalam kemampuan menyelesaikan masalah.

4 TAHAPAN Model Rational Problem Solving ke-1 1) Identifikasi Masalah Problem solver mencoba mengelompokkan dan mengerti masalah yang dihadapi dengan mengumpulkan banyak spesifikasi dan fakta konkrit tentang kemungkinan masalah. mengidentifikasi permintaan. . rintangan dan tujuan yang realistik dalam menyelesaikan masalah.

4 TAHAPAN Model Rational Problem Solving ke-2 2) Mencari Solusi Alternatif Fokus pada tujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan mencoba untuk mengidentifikasi banyak solusi yang memungkinkan termasuk yang konvensional. .

4 TAHAPAN Model Rational Problem Solving ke-3 3) Mengambil Keputusan Problem solvers mengantisipasi terhadap keputusannya dalam solusi yang berbeda. mempertimbangkan. . membandingkan dan kemudian memilih yang terbaik atau solusi yang efektif yang paling berpotensial.

.4 TAHAPAN Model Rational Problem Solving ke-4 4) Mengimplementasi Solusi dan Pembuktian Seseorang harus berhati-hati dalam menerima dan mengevaluasi solusi yang menjadi pilihan setelah mencoba untuk melaksanakan solusi tersebut kedalam situasi masalah dalam kehidupan nyata.

sangat cepat. berhati-hati. tetapi usaha ini menyempit. dan tidak lengkap. Mengabaikan Kata Hati salah satu pola karakteristik penyelesaian masalah yang difungsional dalam usaha aktif yang digunakan dalam strategi menyelesaikan masalah dan tekhniknya. implosif.Bentuk Problem Solving-2 b). .

pasif atau tidak melakukan apapun dan ketergantungan.Bentuk Problem Solving-3 c) Bentuk Menghindari Masalah salah satu karakteristik penyelesaian masalah yang disfungsional berupa penundaan. .

kebiasaan . . . .motivasi.Faktor yang mempengaruhi Problem Solving Menurut Rahmat (2001)  4 faktor mempengaruhi proses dalam problem solving : .dan emosi.kepercayaan dan sikap yang salah.

. sedangkan motivasi yang tinggi akan membatasi fleksibilitas.Faktor Yang Mempengaruhi Problem Solving a) Motivasi Motivasi yang rendah akan mengalihkan perhatian.

Kerangka rujukan yang tidak cermat menghambat efektifitas pemecahan masalah. kita akan mengalami kesulitan ketika memecahkan penderitaan batin kita.Faktor Yang Mempengaruhi Problem Solving b) Kepercayaan dan Sikap yang Salah Asumsi yang salah dapat menyesatkan kita. Bila kita percaya bahwa kebahagiaan dapat diperoleh dengan kekayaan material. .

lawan dari pemikiran yang fleksibel ( flexible mental set ). Ini menimbulkan pemikiran yang kaku ( rigid mental set ). atau kepercayaan yang berlebihan dan tanpa kritis pada pendapat otoritas menghambat pemecahan masalah yang efisien.Faktor Yang Mempengaruhi Problem Solving c) Kebiasaan Kecenderungan untuk mempertahankan pola pikir tertentu atau melihat masalah hanya dari satu sisi saja. .

Faktor Yang Mempengaruhi Problem Solving d) Emosi Dalam menghadapi berbagai situasi. . kita tidak dapat mengesampingkan emosi. barulah kita menjadi sulit untuk berpikir efisien. Emosi ini mewarnai cara berpikir kita sebagai manusia yang utuh. kita tanpa sadar terlibat secara emosional. Tetapi bila emosi itu sudah mencapai intensitas yang begitu tinggi sehingga menjadi stress.

... !!!! “Mengatasi Masalah dengan Tanpa Masalah” .Cara Mengatasi Masalah Perhatikan Slogan ini .

TUGAS PESERTA : Identifikasi & Mengatasi Masalah  Kelompok 1 : Masalah Organisasi SKI  Kelompok 2 : Masalah Masjid SMKN 6 Surabaya  Kelompok 3 : Masalah Etika  Kelompok 4 : Masalah Sikap Muslim  Kelompok 5 : Masalah Pergaulan  Kelompok 6 : Masalah Aplikasi Al-Qur’an .

!!!! Perhatikanlah Firman Allah SWT QS...” . AthThalaq [65] : 2. ِْ َ َ ِ َْ ِِ ْ ِ ‫من كان يُؤمن بِاللَّه والْيَ وِم اآلخر ومن يَتَّق اللَّهَ َيعل لَهُ َْرجا‬ ‫َْ َ ْ َم‬ ًَ َْ َ َ ُ “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar..Ambil Kitabullah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times