P. 1
2 Perdata Hukum Tentang Orang (Subyek Hukum)

2 Perdata Hukum Tentang Orang (Subyek Hukum)

|Views: 203|Likes:
Published by Aufar Najid

More info:

Published by: Aufar Najid on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2015

pdf

text

original

HUKUM TENTANG ORANG (SUBYEK HUKUM

)
Makalah Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah

“ Hukum Perdata ”

Oleh:

M. Najid Aufar Rabi’atul Adawiyah Akrom Auladi

: C51211146 : C51211155 : C51211160

Dosen Pengampu : Arif Wijaya, M.Hum.

JURUSAN AL-AHWAL AS-SYAKHSIYAH FAKULTAS SYARI’AH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI SUNAN AMPEL SURABAYA 2012

3. Mengetahui definisi subyek hukum. Hukum perdata disebut pula hukum privat atau hukum sipil sebagai lawan dari hukum publik. Latar Belakang Di Indonesia ini banyak sekali bermunculan masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian hukum dengan peraturan-peraturan yang jelas. Terjadinya hubungan hukum antara pihak-pihak menunjukkan adanya subyek sebagai pelaku. . Mengetahui definisi hukum tentang orang. 2. Tujuan Pembahasan 1. kecakapan. Apakah yang dimaksud dengan subyek hukum? 3. Setiap orang atau subyek hukum mempunyai kecakapan hukum (rechtsbekwaamheid) atau kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum (rechtsbevoegdheid). salah satu contohnya adalah tentang hukum perdata. Mengetahui wewenang dan kecakapan subyek hukum manusia.BAB I PENDAHULUAN A. Bagaimana definisi hukum tentang orang? 2. Hukum Perdata adalah salah satu bidang hukum yang mengatur hak dan kewajiban yang dimiliki subyek hukum. Dalam hukum perdata dikenal adanya subyek hukum yaitu manusia biasa (natuurlijk person) dan badan hukum (rechtspersoon). B. kewenangan serta faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Bagaimana definisi dan ketentuan dalam subyek hukum badan hukum? C. Mengetahui definisi dan ketentuan dalam subyek hukum badan hukum. Maka dari itu disini kami mencoba untuk memaparkan apa yang dimaksud dengan subyek hukum. Subyek hukum merupakan segala sesuatu yang dapat mempunyai hak dan kewajiban untuk bertindak dalam hukum. 4. Bagaimana wewenang dan kecakapan subyek hukum manusia? 4. Rumusan masalah 1. akan tetapi juga tidak semua subyek hukum mempunyai kecakapan serta kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum.

peraturanperaturan perihal kecakapan memiliki hak dan kewajiban untuk bertindak sendiri.4 Dengan demikian. manusia adalah gejala dalam masyarakat. Arti dari wewenang adalah hak dan kekuasaan dari seseorang dalam hukum untuk melakukan perbuatan hukum. manusia atau person adalah pusat perhatian dari hukum. Pokok-pokok Hukum Perdata. Intermasa.20. Dan dalam masyarakat. B. 4 Salim H. Seluk Beluk Dan Asas-Asas Hukum Perdata. kecakapannya.1 Istilah hukum tentang orang adalah terjemahan dari Personenrecht (Belanda) atau Personal Law (Inggris). melaksanakan hak-hak itu serta hal-hal yang mempengaruhi kecakapannya itu. 3 Subekti. Subyek hukum Istilah subjek hukum diambil dari terjemahan bahasa Belanda rechtsubject. ( Bandung: PT Alumni. ada 2 unsur dalam definisi hukum orang yaitu wewenang subyek hukum dan ruang lingkup pengaturan hukum orang. 41. Hukum Perdata Dalam Sistem Hukum Nasional. diantaranya: Menurut Subekti.3 Adapun Salim. yaitu manusia dan badan hukum. Secara umum rechtsubject diartikan sebagai pendukung hak dan kewajiban. dan catatan sipil. dalam Titik Triwulan Tutik. (Jakarta : PT.BAB II PEMBAHASAN A. mendefinisikan hukum orang dengan keseluruhan kaidah-kaidah hukum yang mengatur tentang subyek hukum dan wewenangnya. 2006). 2010). Hukum Orang Manusia dalam pengertian biologis ialah gejala biologika yaitu makhluk hidup yang mempunyai pancaindera dan mempunyai budaya. 1984). Sedangkan dalam pengertian yuridis. Hukum Perdata. domisili.S. Hukum tentang orang dalam BW diatur dalam buku I yang berjudul Van Personen (Tentang Orang).2 Pengertian hukum orang ada beberapa pendapat ahli yang dapat kami kutip. 39. 1 2 Riduan Syahroni. peraturan tentang manusia sebagai subyek dalam hukum. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 39. Titik Triwulan Tutik. .

6 Manusia sebagai pendukung hak dan kewajiban (subyek hukum) mulai sejak dia dilahirkan dan akan berakhir jika dia meninggal dunia.5 Subjek hukum mempunyai peranan dan kedudukan yang penting dalam bidang hukum. 8 Titik Triwulan. subjek hukum adalah manusia yang berkepribadian hukum. Objek hukum dalam perdata dibahas secara khusus dalam hukum benda. dan segala sesuatu yang berdasarkan tuntutan kebutuhan masyarakat demikian itu oleh hukum diakui sebagai pendukung hak dan kewajiban. Menurut ketentuan hukum dikenal dua macam subjek hukum. Titik Triwulan. khususnya hukum keperdataan karena subjek hukum tersebut yang dapat mempunyai wewenang hukum. Pasa 3 BW menyatakan: “Tiada suatu hukumanpun mengakibatkan kematian perdata atau kehilangan segala hak perdata”. 7 Riduan Syahroni. merupakan satu kesatuan. . Artinya selama seseorang masih hidup. setiap manusia diakui sebagai subyek hukum yaitu pendukung hak dan kewajiban. golongan. 41. Dalam hukum perdata yang dimaksud objek hukum adalah benda dengan ketentuan : memiliki nilai uang yang efektif. dikenal istilah objek hukum. ataupun rakyat biasa. warganegaraa maupun orang asing. Seluk Beluk.8 C. seperti hukum yang berlaku sekarang di Indonesia. kelamin. Artinya diakui sebagai orang atau persoon. selama itu pula ia mempunyai kewenangan berhak. 41. Hak dan kewajiban perdata tidak tergantung pada agama. semuanya sama. wewenang ini dibagi menjadi 2 yaitu wewenang untuk memiliki hak (rechtsbevoegheid) dan wewenang untuk melakukan (menjalankan) perbuatan hukum dan 5 6 Chaidar Ali dalam Titik Triwulan Tutik. penguasa. Wewenang dan Kecakapan Subyek Hukum Setiap manusia dalam kedudukannya sebagai subyek hukum mempunyai wewenang hukum.Menurut Chaidar Ali.7 Menurut hukum modern. 43. yaitu manusia dan badan hukum. hukum perdata. Karena itu. dan bisa dikuasai manusia. Demikian pula hak dan kewajiban perdata tidak bergantung pula kepada kaya atau miskin. setiap manusia diakui sebagai manusia pribadi. umur. kedudukan tinggi atau rendah dalam masyarakat. Selain subjek hukum. 41-42. Hukum Perdata. hukum perdata.

seperti hak mengarang. Adapun syarat-syarat seseorang dinyatakan cakap hukum adalah:12 9 Ibid. diantaranya adalah : 1. 11 Soetojo Prawirohamidjojo dan Marthalena Pohan. 1974). dimana orang itu masih berada didalam kandungan. di mana hak-hak keperdataan tersebut tidak tergantung atau digantungkan kepada hak-hak kewarganegaraan.10 Atau secara detail harus memenuhi beberapa syarat. 20. 2. 39-40.. yaitu hak-hak subyektif yang dapat dilaksanakan terhadap setiap orang. Untuk kepentingannya. Bahwa ia lahir hidup 3. asal saja kemudian ia dilahirkan hidup. bahwa seseorang mulai membawa hak sejak dia dilahirkan sampai meninggal dunia. namun ada pengecualian. Hukum Orang dan Keluarga. Ada 3 syarat-syarat yang harus dipenuhi.faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hak-hak atas barang-barang inmaterial. seperti hak eigendom. Pokok-pokok Hukum Perdata.9 Dalam wewenang untuk mendapatkan hak subyektif. Bahwa anak itu telah lahir 2.11 Selanjutnya. meskipun setiap orang tanpa terkecuali sebagai pendukung hak dan kewajiban atau disebut subyek hukum (rechtspersoonlijkkheid). dapat dihitung mulai orang itu berada didalam kandungan. badan. bahwa hak mutlak ini dapat dibagi 4. hal mana penting sekali berhubungan dengan warisan yang terbuka pada suatu waktu. kehormatan dan nama Beberapa hak kekeluargaan seperti hak orang tua. Selanjutnya dikatakan. dibalik wewenang daripada yang mempunyai hak. Mutlak. baik atas benda berujud ataupun tidak berujud. Telah disebutkan diatas. Nisbi. Subekti. 3. terdapat kewajiban bagi setiap orang lain untuk menghormati hak tersebut. tetapi tidak semuanya cakap untuk melakukan perbuatan hukum. Bahwa kepentingannya itu membawa serta tuntutan akan hak-haknya. hak otroi dsb. hak perwalian dan hak marital hak-hak kebendaan (sebagian dari hak kekayaan). Hak-hak subyektif yang dimilki oleh setiap manusia dapat dibedakan menjadi 2 jenis. yaitu:     Hak-hak kepribadian atas jiwa. yaitu hak-hak kekayaan dan kekeluargaan yang tidak termasuk sebagai hak mutlak. (Surabaya: Airlangga University Press. 10 . yaitu : 1.

seluk beluk dan asas-asas hukum perdata. atau pengampunya (curator). yaitu orang-orang dewasa dalam keadaan dungu. Soeroso.. Orang-orang yang dilarang undang-undang untuk melakukan perbuatan-perbuatan hukum tertentu. mata gelap. Selanjutnya dalam pasal 872 ayat (2) R. 145. . gila. 14 Ridwan Syahroni. (Jakarta : Sinar Grafika. Maka 12 13 R. 1 Tahun 1974). 1995). 143.44 16 R. yaitu anak yang belum mencapai umur 18 tahun atau belum pernah melangsungkan perkawinan (pasal 1330 BW jo pasal 47 UU No.Rv.Rv. Berjiwa sehat & berakal sehat. walinya. dinyatakan.    Seseorang yang berusia dibawah 18 tahun tetapi pernah menikah. hukum perdata.: tentang peksaan badan dilakukan terhadap orang asing.14  Seorang wanita yang bersuami (Pasal 1330 KUH Perdata). Seseorang yang sudah dewasa (berumur 18 tahun). Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hukum positif Indonesia. Perbandingan hukum perdata. untuk semua hutang yang dibuat guna kaula negeri Belanda. bukan penduduk senegara.   Orang yang ditaruh dibawah pengampuan. kepada orang asing bukan penduduk negara tidak diberikan izin cuma-cuma.kecuali jikalau dengan perjanjian tegas-tegas diperjanjikan berlainan. Faktor-faktor tersebut secara garis besarnya adalah sebagai berikut:16 1.15 Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kewenangan bertindak seseorang. tetapi tidak bersifat membedakan. misalnya orang dinyatakan pailit (pasal 1330 BW jo Undang-undang Kepailitan). yaitu pasal 580 sub.45 15 Titik Triwulan. Ibid. Seseorang yang sedang tidak menjalani hukum. 9 R. Soeroso. dan pemboros (pasal 1330 BW jo pasal 433 BW). orang-orang yang ditaruh dibawah pengampuan (curatele) dalam melakukan perbuatan hukum diwakili oleh orang tuanya. Nationeliteit atau kebangsaan Kebangsaan seseorang akan mempengaruhi kewenangan berhak seseorang. Sedangkan orang-orang yang menurut undang-undang dinyatakan tidak cakap untuk melakukan perbuatan hukum adalah :13  Seseorang yang belum dewasa.

4. 41 Tahun 1964 (tambahan pasal 3a s/d 3c) jo pasal 10 ayat (2) UUPA disebutkan larangan pemilikan tanah pertanian oleh orang yang bertempat tinggal diluar kecamatan tempat letak tanahnya.edu/Direktori/FPIPS/JUR.H. misalnya di Inggris ada kalangan kewenangan berhak seseorang dibatasi misalnya terhadap seseorang yang berasal dari negara musuh.dengan adanya orang asing yang tidak boleh membeli tanah. tetapi hanya kaula dalam keadaan perang. 31-32.. Tingkah laku atau perbuatan Misalnya dalam pasal 380 ayat (1) KUH Perdata: Seseorang yang berkelakuan tidak hormat tidak dapat menjadi wali.pptx._PEND. 3.. . Juga wanita tidak wajib menerima kalau ditunjuk sebagai curatrice. Oleh karenanya disyaratkan agar wali tersebut dapat melaksanakan tugas kewajibannya dengan baik. bahwa wanita dapat menolak untuk menjadi wali. 1992).upi. menyatakan bahwa seorang wanita yang telah kawin dan diangkat menjadi wali. Tempat tinggal Misalnya dalam pasal 3 Peraturan Pemerintah No. (Jakarta : Rajawali.. tidak wajib untuk menerima pengangkatan tersebut.. 9 KUH Perdata dinyatakan. 5. makadia harus mempunyai kelakuan yang terhormat. Jenis kelamin Asasnya tidak menimbulkan perbedaan kewenangan berhak dalam lapangan hukum Perdata./PIH_7. dalam hukum Internasional.A Vollmar. Ini berarti membatasi wewenang berhak seseorang untuk menjadi wali. sebagaimana diatur dalam pasal-pasal sebagai berikut :  Pasal 332 KUH Perdata.18 Hanya menimbulkan sekedar perbedaan-perbedaan. Selanjutnya dalam pasal 337 no. 17 18 H. misalnya pejabat hukum tidak diperbolehkan memperoleh barang-barang yang masih dalam berperkara.17 2. Seorang wali adalah bertugas untuk membimbing anak yang belum dewasa melaluipendidikan yang positif. Orang yang mempunyai kedudukan tertentu dalam masyarakat Yaitu karena kedudukannya tidak boleh memperoleh barang-barang tertentu.F. 24 Tahun 1960 dalam pasal 1 peraturan Pemerintah No. file. Pengantar Studi Hukum Perdata.

harta kekayaan yang disendirikan untuk tujuan tertentu.19 D. dan dikenal dengan yayasan. 145. badan hukum dapat melakukan perbuatan hukum sebagaimana manusia. badan hukum tersebut diperlakukan sepenuhnya selayaknya manusia. di dalam hukum juga ada badan hukum atau perkumpulan-perkumpulan dipandang sebagai subjek hukum. walaupun ini juga tidak menjamin 100%. Definisi Badan Hukum Dalam pergaulan ditengah-tengah masyarakat. sedangkan bagi wanita minimal berusia 15 tahun. Menurut Sri Soedewi Masjhoen. sedangkan kewenangan hukum adalah syarat untuk melakukan perbuatan hukum. dimana bagi seorang perempuan dipersyaratkan minimal berusia 16 tahun. dalam arti ukuran kedewasaan seseorang dilihat dari usia. badan hukum adalah sekumpulan orang-orang yang bersama-sama bertujuan mendirikan suatu badan. Perkumpulan-perkumpulan tersebut dinamakan badan hukum (rechtpersoon). Perbandingan hukum perdata. yang berarti orang yang dciptakan oleh hukum. Badan Hukum 1. Hal ini berarti pula bahwa badan hukum adalah orang ( badan-badan atau perkumpulan ) yang ditetapkan oleh hukum merupakan subjek didalam hokum. sedangkan bagi laki-laki 19 tahun barubdapat melangsungkan pernikahan. maka orang yang cakap untuk melakukan perbuatan hukum tidak selalu berwenang untuk melakukan perbuatan hukum. yaitu berwujud himpunan.S mengatakan bahwa badan hukum adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu. Selanjutnya lebih jelas Salim H. harta kekayaan. Hal ini berdasarkan perbedaan kodrat. disamping manusia sebagai pembawa hak. Begitu juga dalam undang-undang perkawinan yang sekarang berlaku di Indonesia. di mana seorang laki-laki baru boleh menikah pada saat minimal berusia 18 tahun. yaitu undang-undang nomor 1 tahun 1974. Pasal 29 KUH perdata: yang menentukan saat kapan seseorang itu boleh kawin. 19 R. Dengan demikian. Soeroso. . Dengan demikian kecakapan hokum adalah syarat umum. serta hak dan kewajiban. Selanjutnya apabila dihubungkan dengan kecakapan hukum (rechtbekwaamheid) dan kewenangan hukum (rechtsbevoegdheid). Atau dengan kata lain.

kabupaten/kota. koperasi. Misalnya Daerah Provinsi.20 2. keagamaan dan kemanusiaan. badan hukum privat didirikan oleh perseorangan. dan mempunyai hak untuk digugat dan menggugat. mempunyai hak dan kewajiban. Bank-bank yang didirikan oleh Negara atau sebagainya 2. Badan hukum publik didirikan oleh pemerintah atau negara.47. organisasi agama dan yang lainnya. maka dapat dikemukakan unsur. dan lain sebagainya. gereja. mempunyai harta kekayaan. tetapi mempunyai hak-hak dan kewajiban tersendiri yang terpisah dengan hak-hak dan kewajiban para anggotanya. seperti Perseroan Terbatas (PT). Pembagian Badan Hukum Menurut pasal 1653 BW badan hukum dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu: 1. 20 Titik Triwulan. 3. Ditinjau dari segi wujudnya. Misanya : Perseroan Terbatas (PT). Badan hukum yang diadakan oleh pemerintah/kekuasaan umum. Badan hukum privat Di Indonesia untuk membedakan badan hukum publik dan privat dapat di lihat dari 2 aspek. antara lain: mempunyai perkumpulan. hukum perdata.Berdasarkan uraian diatas. Badan hukum publik 2. Korporasi (corporatie) adalah gabungan atau kumpulan orang-orang yang dalam pergaulan hukum bertindak berama-sama sebagai suatu subyek hukum tersendiri.unsur badan hukum. misalnya perkumpulanperkumpulan. yaitu: 1. Berdasarkan terjadinya. Badan hukum juga dapat dibagi menjadi 2 yaitu: 1. maka dapat dibedakan menjadi dua macam: 1. Jadi dalam yayasan tidak ada anggota yang ada hanyalah pengurusnya. Badan hukum yang diakui oleh pemerintah/kekuasaan umum. Badan hukum yang didirikan untuk suatu maksud tertentu yang tidak bertentangan dengan undang-undang dan kesusilaan. koperasi dan sebagainya 2. . mempunyai tujuan tertentu. Yayasan (stichting) adalah harta kekayaan yang ditersendirikan untuk tujuan tertentu yaitu untuk kepentingan sosial. Karena itu korporasi ini merupakan badan hukum yang beranggota.

hukum perdata. badan hukum dapat melakukan perbuatan hukum dengan perantara organnya.56. Berdasarkan lapangan kerjanya.bagaimana tata cara organ badan hukum yang terdiri dari manusia itu bertindak mewakili badan hukum. Dengan demikian badan hukum mempunyai organisasi.1870 No. Jadi bukan tujuan untuk kepentingan satu atau beberapa anggota. dan sebagainya tu diatur dalam anggaran dasar dan peraturan-peraturan lain atau keputusan rapat anggota. Adanya harta kekayaan ini dimaksudkan sebagai alat untuk mencapai apa yang menjadi tujuan badan hukum. Bank Negara. sedangkan bila untuk kepentingan kepentingan perseorangan maka termasuk badan hukum privat. himpunan/perkupulan/badan usaha itu harus mendapatkan “pengesahan” dari pemerintah c. Syarat-syarat badan hukum a) Adanya harta kekayaan yang terpisah Harta ini diperoleh dari peranggotaan maupun perbuatan pemisahan yang dilakukan seseorang untuk tujuan tertentu. Contoh badan hukum privat yaitu: Perseroan Terbatas. bagaimana organ badan hukum itu dipilih. Daerah propinsi. diganti. Syarat mutlak untuk diakui sebagai badan hukum. c) Mempunyai kepentingan tersendiri Dalam mencapai tujuannya. b) Mempunyai tujuan tertentu Tujuan tertentu ini dapat berupa tujuan idiil maupun tujuan komersil yang merupakan tujuan tersendiri daripada badan hukum. seluk beluk dan asas-asas hukum perdata.22 21 22 Ridwan Syahroni. d) Ada organisasi yang mengatur Badan hukum adalah konstruksi yuridis.2. Daerah Kabupaten. yayasan.21 3. Mentri Kehakiman (d/h gubernur Jendral Pasal 1 stb. Contoh badan hukum publik yaitu: Negara RI. 64).q. badan hukum mempunyai kepentingan sendiri yang dilindungi oleh hukum. Karena itu sebagai subyek hukum selain manusia. Kalau lapangan pekerjaannya utnuk umum maka termasuk badan hukum publik. .54-56. Kepentingan-kepentingan tersebut merupakan hak-hak subjektif sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa hukum. koperasi. Titik Triwulan.

Secara umum rechtsubject diartikan sebagai pendukung hak dan kewajiban. yaitu manusia dan badan hukum. atau pengampunya (curator). Arti dari wewenang adalah hak dan kekuasaan dari seseorang dalam hukum untuk melakukan perbuatan hukum. Sedangkan syarat-syarat seseorang dinyatakan cakap hukum adalah:  Seseorang yang sudah dewasa (berumur 18 tahun). 2.KESIMPULAN 1. antara lain: mempunyai perkumpulan. mempunyai tujuan tertentu. Istilah hukum tentang orang adalah terjemahan dari Personenrecht (Belanda) atau Personal Law (Inggris).    Seseorang yang berusia dibawah 18 tahun tetapi pernah menikah. mempunyai hak dan kewajiban. mempunyai harta kekayaan. dan mempunyai hak untuk digugat dan menggugat. 4. Berjiwa sehat & berakal sehat. Ada 2 unsur dalam definisi hukum orang yaitu wewenang subyek hukum dan ruang lingkup pengaturan hukum orang. Subyek Hukum adalah terjemahan dari bahasa Belanda rechtsubject. Wewenang subyek hukum ini dibagi menjadi 2 yaitu wewenang untuk memiliki hak (rechtsbevoegheid) dan wewenang untuk melakukan (menjalankan) perbuatan hukum dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam badan hukum ada beberapa unsur. 3. walinya. Adapun syarat-syarat badan hukum adalah a) Adanya harta kekayaan yang terpisah b) Mempunyai tujuan tertentu c) Mempunyai kepentingan tersendiri d) Ada organisasi yang mengatur . Seseorang yang sedang tidak menjalani hukum. orang-orang yang ditaruh dibawah pengampuan (curatele) dalam melakukan perbuatan hukum diwakili oleh orang tuanya.

Titik Triwulan Tutik. 2010. Hukum Perdata Dalam Sistem Hukum Nasional. Intermasa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 1984. 2006. 1974. Soetojo Prawirohamidjojo dan Marthalena Pohan. 1995.F. Surabaya: Airlangga University Press. Subekti._PEND.pptx.. .A Vollmar. Soeroso. Perbandingan hukum perdata. Bandung: PT Alumni.. Pengantar Studi Hukum Perdata. Jakarta : Sinar Grafika. Jakarta : Rajawali. Seluk Beluk Dan Asas-Asas Hukum Perdata. Hukum Orang dan Keluarga./PIH_7.edu/Direktori/FPIPS/JUR.DAFTAR PUSTAKA H.. Jakarta : PT. Riduan Syahroni.upi. Pokok-pokok Hukum Perdata. file. 1992..H.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->