P. 1
gtumo

gtumo

|Views: 35|Likes:
Published by Hari Mukti
esoterik
esoterik

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Hari Mukti on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

salam, wah udah lama milis ini sepi ya... mau ikut corat-coret ah...

bagaimana jika seseorang pemula mau mempelajari gTumo: IMHO, sebelum mepelajari gTumo, sebaiknya cari tahu dulu info ttg gTumo, karena msing2 praktisi (termasuk para VMG, mungkin) punya konsep yang berbeda akan gTumo ini... kita bicara gTumo 'tradisional' atau 'modern'? 1. "gTumo tradisonal" saya istilahkan dgn kata 'tradisonal' karena gTumo jenis ini mengacu pada pelajaran tantra yg sangat eksklusif dkalangan para penganut tantra buddha seperti aliran2 Nyingma, Kargyudpa, Sakya and Gelugpa dll. maksudnya, untuk mempelajari gTumo tradisional ini, seseorang harus mmeengikuti aturan2 baku tantrayana sesui alirannya, dmulai dengan abhiseka dasar untuk menjadi seorang tantrika. konon jika sesseorang sudah menerima abhiseka masuk tantra, ia tdk bisa keluar sampai menyelesaikanya pelajarannya sampai terjadi kontak batin. gTumo tradisional ini dalam prakteknya menggabungkan unsur mantra, visualisasi, pernafasan, asanas, dll menjadi satu kesatuan. didalamnya telah ada sebuah sistem yang sangat jelas dimulai dengan latihan pembersihan nadi, pembangkitan prana, pembangkitan candali, pembukaan-pembersihan-pengaktifan chakra, peleburan bindu, kontak batin dengan para sesuci, dll sampai akhirnya pencerahan sorruba samadhi. sistemnya sangat jelas dan ditransmisikan secara lisan, rahasia dan turun temurun dari seeorang vajra master kepada muridnya (lineage/garis ajar-nya pun jelas, murid bisa tahu guru-nya, kekaek gurunya, buyut gurunya dst sampei ke founder gTumonya, silsilah ini bersifat sangat rahasia yang harus dijaga ketat oleh murid. dan silsilah ini juga yang membedakan gtumo tradisional dan modern, klo gtumo modern, silsilahnya banyak yg ga jelas.. hehehe).. ini tidak mudah, membutuhkan waktu yang sangat lama dan pengorbanan... konon,, untuk mendapatkan abisheka/angkur-nya saja setara dengan beberapa ribu bahkan juta dollar us.. bahkan seorang naropa belajar pada tilopa butuh pengorbanan yang sangat berat.. begitupun yang dialami oleh milarepa murid Marpa. itulah untuk tipe tradsional... dalam cerita tentang naropa dan tilopa, konon seorang naropa dengan ilmu gTumo-nya bisa terbang diudara, berjalan cepat (terbang), kebal, bahkan menciptakan makanan sendri... tapi untuk kemampuan2 itu sepertinya tdk mudah, badannya kurus kering melakukan latihan2 gTumo, tdk seperti sekarang, baru aja diangkur gtumo, belagunya minta ampun.. hahahahaha... just kidding... contoh dari gTumo tipe ini adalah gTumo yg diajarkan oleh naropa (six yoga naropa) dll.. disitu gTumo adalah langkah awal untuk mencapai pencerhanan batin dengan membuka potensi energi tubuh secara maksimal... sampai skrg pun gTumo tradsional ini masih dipraktekkan di Tibet dan India, bahkan di teliti oleh para ilmuwan barat, para Lama Tibet suka latihan gTumo ini di malam hari atau pagi hari (subuh), bisa menciptakan api setinggi 8 cm, panas yang ditimbulkan begitu besar sampai-sampai salju disekeliling mereka mencair... Ada seorang teman saya yang pernah bertemu dengan salah seorang lama dari dharamsala - Tibet, pada waktu itu ia menanyakan tentang keberadaan Shamballa dll serta gTumo kepada Sang Lama, tentang gTumo Sang Lama menjawab bahwa pengetahuan ini sangat rahasia dan latihannya sangat berat, ia bercerita, suatu ketika, gurunya Lama tersebut menerima transmisi ajaran gTumo silsilah Milarepa, pada prakteknya guru dari Sang Lama ini (klo gasalah Rinpoche juga) melakukan sadhana (latihan spiritual) gTumo disebuah gua di pegunungan Himalaya-Tibet selama beberapa tahun, dan memakan batu! kenapa makan batu? karena teknik pernafasan dalam gTumo yang tradisional ini akan membuat perut seseorang begitu cekung! hampir-hampir prut depannya menempel ke bagian belakang! takut ususnya rapet kali ya?? hehe.. serius...! 2. "gTumo modern" saya istilahkan 'modern' karena menurut saya, sudah berbeda jauh dgn sistem gTumo tradsional, misal: - tatacara abhiseka/angkurnya siapa yang tahu tatacara angkur gTumo tradisonal? saya kira ga ada yang tahu, kecuali mereka yang masuk dalam tantra dan telah menerima transmisi ajaran gTumo secara utuh dari gurunya. nah, gTumo modern ini IMHO, 'menciptakan' sendiri aliran gTumonya dan menciptakan sendiri juga materi, aturan, pembagian level serta teknik angkurnya... ada yang menggunakan simbol-simbol dalam teknik angkurnya, ada yang menggunakan niat saja, ada yg menggunakan pola energi, ada yg menggunakan bola energi, ada yang menggunakan tubuh eteriknya untuk meng-angkur orang ;p (hehe), ada yang menggunakan totokan dengan TD dititik-titik tertentu, ada yang menggunakan rajah-rajah tertentu dll... buanyak sekali...!!!!!! males gua nulisnya ;P loh kok bisa banyak gitu ya? lah, itulah manusia.... Sebagai Khalifah dimuka bumi, manusia diberi kesempatan dan sedikit kekuasaan untuk memanipulisir energi di alam semesta, karena Tuhan Maha Kreatif, manusia juga ketitisan sifat kreatifnya... hehehe... (kali...) lah klo gitu angkurnya sah ndak pak? lah tergantung dari sisi mana ngeliat nya mas.,., bisa dikatan tidak sah, klo yang liat orang2 tantra murni! kenapa pak? karena menurut mereka gTumo-nya asal-asalan! harusnya gTumo memenuhi kriteria yang telah ditetapkan guru penemunya yang telah diturunkan turun-temurun (menjaga materi dan silsilah dengan baik)... TAPI klo diliat dari sisi energikal, SAH SAH SAJA! kenapa sah pak? karena para VMG aliran modern ini memperkaya khazanah metafisik kita.... mereka yg buat rules, nah klo sudah memenuhi rules mereka ya sah aja (menurut mereka.... ;p ) - tahapan2, aturan2 & pembagian levelnya naaaaahhh,,,, seperti apa yang sudah saya singgung diatas, siapa yang tahu pembagian level dan tahapan2 gTumo sampai pencerahan??? ndak ada yg tahu kecuali apa??? ya betuuullll!!! kecuali yang ikutan tantra murni hehehe... yaaa... setidaknya mbah Anand Krishna menyinggung sedikit masalah ini... dalam buku tantra yoga-nya mbah anand bilang dalam 6 yoga naropa terdiri dari 6 tingkatan yang sambung menyambung, dimulai dari bawah: 1. CANDALI (atau gTumo dalam bahasa Tibet yang dibaca TUMO) Tilopa memberi angkur kepada Naropa, angkur hanya sekedar tahap awal loh, mau sakti ya mesti latian!! ga ada istilah jadi sakti gara2 diangkur doangan... bullshit! begitupun dengan Naropa, setelah diangkur gTumo oleh Tilopa, ia latihan selama setahun, he becames man of miracles! bisa ini bisa itu...! klo diliat dari penjelasan anand krishna didalam bukunya tantra yoga ini, keliatan jelas, bahwa gTumo yang dimaksudkan disini adalah energi Tejas yang berunsur api dan melatih chakra pusar lebih kuat. pertanyaannya sejak kapan ada istilah gTUMO EXOTERIC, ESOTERIC dan MISTIC???? apakah sejak dulu seudah ada??? ataukah ada oknum yang 'mengarang indah'??? klo diliat lagi, pengertian gTumo Exoteric adalah energi dari luar tubuh (mirip reiki , bahkan ada yang bilang dengan yakin, ini adalah bentuk nenek moyang reiki ;p ) biasa dipakai untuk penyembuhan dll... sedangkan gTumo esoteric adalah penguasaan napas, dan mistik penguasaan meditasi rahasia dan penguasaan mantra rahasia... NAH LOH?!? didalam buku anand krishna sih sepertinya tersirat gTumo ini 1 bentuk, ga ada 3 istilah itu... sedangkan dalam buku alexandra david neel (magic and mystery in tibet, halaman 217) disebutkan: The word tumo signifies heat, warmth, but is not used in Tibetan language to express ordinary heat or warmth. It is a technical term of mystic terminology, and the effects of that mysterious heat are not confined to warming the anchorites who can produce it. Tibetan adepts of the secret lore distinguish various kinds of tumo:

  

exoteric tumo, which arises spontaneously in the course of peculiar raptures and, gradually, folds the mystic in the "soft, warm mantle of the gods";

esoteric tumo, that keeps the hermits comfortable on the snowy hills;

mystic tumo, which can only claim a distant and quite figurative connection with the term "warmth," for it is the experience of "paradisiac bliss" in this world.

apa ini sengaja dipisah2 ama seseorang/sekelompok orang atau emang bener2 terpisah??? WHO KNOWS?!? itu salah satu kelebihan gTumo tradisonal maupun modern, PENUH 'MISTERI' 2. MAYAKAYA Wujud Ilusif! ini maksudnya! salah satu manfaat paling kecil adalah seseorang bisa melakukan OOBE, keluar dari tubuh fisik! dan melakukan time travel! ke masa lalu, atau dimensi ini (masa sekarang) bahkan dengan sedikit konsentrasi do'i akanbisa melihat masa depan seseorang! wow! 3. SVAPNA 'yoga mimpi' 4. PRABHASVARA "suara yang bercahaya' 5. ANTARBHAVA 6. MAHAMUDRA nah ditahap inilah perjalan spiritual Sang Naropa baru dimulai! jelas toh tahap-tahapannya?! ya jelas beda lah dengan gTumo modern, yang nguomonge seenak

perutnya aja jual pencerahan... ;p dlm kasus ini banyak aliran gTumo modern yang menjanjikan pencerahan, tapi klo ditanya 'how can i get the enlightment?' sang VMG hanya bisa bilang, "banyak-banyak latihan aja", tanpa diajari bagaimana membuka tabir tubuh eterik (termasuk hati nurani) maupun fisik dan mengolahnya untuk menciptkan kesempurnan batin), dll. menyedihkan.... hiks entah kapan atau siapa orang yang memulai gTumo modern ini ;p , setahu saya sih gTumo modern ini muncul pada saat mulai merebaknya teknik penyembuhan alterntive/komplementer modern yang alamiah seperti Reiki ;p huahahahahahaha,,,, oh ya omong2 masalah pembagian level di gTumo, siapa ya yng menciptakan gTumo itu ada 4 level? qiqiqiqiqi... kebanyakan aliran gTumo modern kan ada 4 level walopun sekarang2 ada yang jadi 5 level, 9 level, 12 level bahkan konon ratusan qiqiqiqi.... klo bicara gTumo tradisonal gTumo setau aku sih cuman 1 level yaitu level RESPA, ga ada istilah sampai Vajra Master of gTumo... huahahahahahaha... silahkan liat buku alexandra david neel utk referensi... TAPI SAH SAH AJA KOK... anda yang buat aturan kan? anda yang berkuasa dong, anda bisa bilang sah atau bisa bilang tidak sah, semuanya ditangan anda pak VajraMaster! hehe... dan serunya lagi, gTumo modern sepertinya mengikuti tradisi inisiasi tradisional, didalam tantra (klo ndak salah) klo diinisiasi suatu ajaran spiritual atau sudah melewati fase tertentu pasti dikasih nama spiritual oleh gurunya... nah ini sepertinya diadopsi juga oleh para VMG aliran modern... para yogi para lama para cendikiawan dulu sangat hati2 loh memberi nama seseorang, ga bisa asal2an pak! nama itu berpengaruh ke yang bersangkutan! menciptakan vibrasi tertentu! nama bagus tapi klo ga cocok dgn orangnya ya bisa keberatan nama loh...! wah klo liat nama spiritual para VMG modern keren2 bo' tujuannya apa? maksudnya apa? misinya apa? konsekwen dong dengan nama spiritual nya! jangan numpang keren ajah! hehe ada juga yang ga kalah seru! ada sebagian vmg modern yang melibatkan barang2 eterik! misal, seorang VMG bisa dapet senjata2 vajra, jubah vajra, tongkat vajra, gelang vajra, kendi vajra, anting vajra, perisai vajra, atau bahkan cangkul, coet, taplak, sedotan, gunting, korek kuping sekalian??? huahahahahahahahahahaa... BUAT APA??????????? yah balik lagi ke statement saya sebelumnya, SAH SAH SAJA.... dan memang semua itu (mungkin) bisa saja terjadi... tapi kenapa harus ada embel2 vajra? karena level vajra? atau karena ada misi terntentu? misi apa? tujuannya apa? emang berani nanggung misi itu? KONSEKWEN DONG! konon para vmg aliran modern ini membagi gtumonya menjadi 3 bagian: 1. gTumo Esoteris konon gTumo Esoteris ini merupakan suatu teknik yang berupa penguasaan napas dan mantra, merupakan sebuah teknik yang membuat seseorang mampu bertahan terhadap suhu yang amat dingin. Seseorang yang menguasai gTumo Esoteris ini dengan baik, ia bisa membuat bola energi sekehendak hatinya dengan tujuan sesuai yang diinginkan pula. Bagi mereka yang masih ingin bergelut dengan kesaktian atau yang masih berkesadaran rendah, biasanya sangat menyukai teknik ini. konon Teknik ini tidak ada hubungannya dengan spiritualitas. 2. gTumo Exoteric, konon merupakan cikal bakal dari seluruh aliran besar Reiki di dunia dengan ciri peletakan tangan yang tidak berpindah-pindah melainkan cukup pada bagian dada dan perut (untuk diri sendiri) dan di medula oblongata/pundak dengan ibu jari pada Visudha Chakra (untuk orang lain). Dalam gTumo ini ada 18 buah Pola Energi mistik yang dapat dipergunakan untuk mendukung di dalam berbagai kegiatan dalam segala aspek kehidupan. 3. gTumo Mistik, konon gTumo Mistik merupakan sebuah teknik Meditasi yang berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Meditasi gTumo Mistik terbagi menjadi 4 tingkatan. gTumo mistik tidak mengenal Pola Energi, melainkan Mantra Mistik. Mantra yang diucapkan menuju kepada Mantra Caitanya (pemahaman arti mantra) sehingga dihasilkan Mantra Gatha (kekuatan dari mantra). konon dengan melakukan meditasi gTumo Mistik secara terus menerus kesadaran akan meningkat sscara bertahap, sehingga praktisi akan merasakan kebahagiaan batin yang tanpa batas. ada juga yang 'oknum2' yang membagi gTumo menjadi 2 bagian: 1. "gtumo kuil" konon gtumo kuil ini adalah gtumo tradisional, atau gtumo asli yg diajarkan secara rahasia. ada beberapa orang VMG yg konon bisa memmberikan angkur gTumo kuil ini, tapi alangkah baiknya jika tidak hanya pen-transmisian secara energikal saja, tetapi secara lengkap sesuai idengan sistem aslinya. untuk apa angkur energi, tanpa transmisi sistem secara utuh? hehe.... 2. "gtumo pasar" konon gtumo jeniis ini adalah teknik gtumo dgn penguasaan nafas, agar aman dari rasa dingin saja. nah, melihat bagian2 itu memang terlihat agak ribet... bahkan banyak praktisi yang masih bingung,"klo pake simbol2 itu jenisnya eksoterik atau isoterik ya?", "apakah angkur masing2 jenis terpisah2?, apakah saya sudah dapet gtummo mistik?", "klo tdk dapet gtumo mistik apakah bisa dikatakan belum sempurna gtummonya?" "apakah ketiga jens gtumo itu bisa dgabung?" dsb hehehehe... IMHO, dari deskripsi diatas terlihat jelas gtumo modern kebanyakan fokusnya ke masalah kesehatan dan mungkin kesaktian.. kalau di gtumo tradisional, IMHO tdk ada 'pola energi' atau hal2 aneh lainnya. di gtumo tradisionalpun sangat jelas sistem pengajarannya, misal (seperti yg diutarakan oleh master Lu): "boddhi putih seorang tantrik akan turun dari chakra dahi, dpanaskan oleh chandali, sehingga berubah menjadi merah dan naik ketas, jika kedua boddhi itu bertemu di chakra hati (cairan mengalir ke bawah dan chandali mengangkatnya ke atas), maka sebuah bunga teratai akan mekar di hati seorang tantrik, jika dia dapat membawa 'Sang Buddha' yang terbentuk di chakra hati ini dengan energinya melalui jalur tengah ketempat dimana 'Dia' bersemayam, maka ia akn mmendapatkan pencerhaan pada saat itu juga." sistematika seperti ini yang setahu saya tidak diajarkan di gtumo modern.. mungkin karena vmg gtumo modern-nya saja tdk memperoleh pengetahuan seperti ini dari vmgnya terdahulu entah karena tdk tahu, entah karena hanya sekedar chanelling energinya saja tdk lengkap dengan pengetahuannya, entah karena dia dapet gtumo-nya karena sedang ngetren sehingga dianggap gaya bgt menyandang gelar VMG. TAPI, mungkin saja ada vmg yg mengajarkannya, walau kemungkinan sangat selektif dan esklusif,,, menurut saya, seeseorang sah2 saja mempelajari berbagai jenis aliran gtumo (untuk hal ini saya berbicara di gtumo modern) hal tersebut untuk memperkaya pengetahuan metafisik kita pasti akan banyak manfaat yang dapat. dan saya setuju dengan pendapat salah seoorang VMG saya yaitu VMG PANDE sebaiknya selesaikan dulu pelajaran Vajranya, karena pengetahuan Vajra itu tak terbatas (brarti ga seleai-selasai dong pak vajra???? huahahahahaha) . jika seseorang menerima angkur/abisheka gtumo level tertinggi sekalipun, jika tidak ditindak lanjuti dengan latihan sungguh2 dan refleksi nyata di kehidupan maka akan SIA-SIA... tidak ada gunanya... hanya bicara gelar dan energi... IMHO, abhiseka/angkur adalah sebuah PERMULAAN. Yang terpenting adalah proses dari abhiseka/angkur menuju pada pencapaian (keberhasilan), karena mnurut saya, abhihseka/angkur bukan hanya sekedar membuka inti api tubuh to', tapi merupakan proses awal membuka potensi mansuia secara energikal sampai akhirnya iluminasi spiritual. kalau memang gTumo ini diartikan sebagai salah satuy teknik mencapai kesadaran spiritual, angkur/abihseka yang diberikan seorang VMG kepada kita IMHO seharusnya merupakan sebuah otoritas dan sebuah proses pemberkatan diri untuk membuka potensi tubuh yang dapat digunakan untuk mencapai realisasi diri. Tetapi kita harus benar-benar memperoleh pencapaian, baru bisa disebut VMG beneran. ini idealnyaa... banyak juga kok VMG yg msih jauh dari ideal seperti saya, ini juga sah-sah saja sih ;p , krn banyak kok VMG yg ngajarin gtumo hanya energikal tok, banyak juga VMG yg benar2 ngajari energikal untuk spiritual. aduh... ngalor-ngidul lagii... ya intinya klo anda mau belajar gTumo: - tentukan main goal nya... (mau jadi VMG atau hanya untuk healing, klo mau jadi VMG ya harus konsekwen, harus open minded atas info2 yang ada, harus mau terus mengupgrade diri, ga hanya itu-ituuuu2 aja omongannya... dll klo untuk menjadi healer, ga sah sampei VMG juga bisa kok...) - kenali aliran gTumo yang akan anda pelajari (tak kenal maka tak sayang... halah! maksa!) - kenali calon VMG anda (ini penting! klo main goal anda adalah utk mnjadi seorang vMG, anda harus cari VMG yang cocok dengan anda, ada loh guru2 yang mau duitnya ajah, tapi ga mau ditanya-tanya! huahahahahaha... klo menjawab-pun suka marah-marah ga jelas... maksudnya apa coba? mau nunjukkin wibawa? ga perlu marah2 kaleeee... kecuali yang nanyanya NYEBELIN BGT! ga tau diri... huahahahahahahaha... - lakukan latihan dengan tekun - selalu up-grade diri sendiri - jangan batasi diri anda! you're unlimited! - perankan peran-mu sebaik-baiknya! - jadilah teratai di kolam yang kotor... wah udah ah, udah subuh nih, saatnya bobo.... hehehe oh ya, saya mohon maaf klo kata2 saya ada yg menyinggung, ada yg salah, sok tahu, kurang ajar dll... klo ada yg keliru mohon kesediaan para VMG untuk

meluruskannnya, ga usah ngomongin dibelakang... thnx... salam uhui selalu, Sarvabodha Dwijendra [salah akan menjadi bahan benar jika mau mengakui dan memperbaiki kesalahannya dengan sportif]

-Sarvabodha Dwijendra-

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->