PENERAPAN ALAT PERAGA PELUANG PUTARAN UNTUK MATERI STATISTIKA DAN PELUANG DALAM ILMU MATEMATIKA

PROPOSAL untuk memenuhi tugas mata kuliah workshop

Disusun Oleh: 1. 2. 3. 4. Rizma Meitarusi Rani Kurnia Pratiwi Itabiul Masyitoh Yainatun Kaifatina (10310280) (10310294) (10310299) (10310300)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

IKIP PGRI SEMARANG 2012
IKIP PGRI SEMARANG Page 1

Sebagai bahan pengantar. Semua pihak yang telah membatu penyusunan proposal workshop ini. selaku Rektor IKIP PGRI Semarang. Rasiman. Oleh sebab itu. Drs. M. Akhirnya penyusun berharap proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama dalam dunia pendidikan matematika. selaku dosen pembimbing Mata Kuliah Workshop. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Matematika. makin banyak alat peraga yang peserta didik tahu.Pd. 3. Muhdi.Hum. 4.Kata Pengantar Alat peraga PELUANG PUTARAN secara ‘manual’ (tidak online atau menggunakan peralatan multimedia) diharapkan dapat dijadikan panduan dalam memahami pelajaran matematika khususnya materi statistika dan peluang agar peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya kelas IX semester 1. 3 Oktober 2012 IKIP PGRI SEMARANG Tim Penyusun Page 2 . semua alat peraga ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh peserta didik di semua jenjang pendidikan serta bermanfaat juga untuk para mahasiswa IKIP PGRI Semarang untuk mengembangkan kreativitasnya dalam menciptakan atau mengoptimalkan alat peraga sebagai media pembelajaran yang akan dapat diterapkan oleh peserta didik. M. Dr. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada: 1. S. 5. selaku Dekan FPMIPA. Semarang. Buchori. M. diharapkan makin lengkap pula pemahamannya terhadap suatu materi dalam ilmu matematika.Pd. Nizarudin..Pd. 2..

Salah satu keterampilan yang dapat dijadikan sebagai pendukung untuk dapat hidup khususnya di dalam dunia pendidikan adalah kemampuan menguasai ilmu pengetahuan. Dengan demikian. Adanya alat peraga itulah maka peserta didik dapat menghayati atau memahami suatu materi di dalam statistika dan peluang yang diajarkan oleh guru secara optimal. pembelajaran konvensional. alat peraga ‘manual’ peluang putaran masih sangat diperlukan. 1 Latar Belakang Untuk bisa bertahan hidup dan sukses dalam era globalisasi ini diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dan mendukung untuk dapat hidup di era ini (Hamied 2009: http://jurnal. Dipilih alat peraga PELUANG PUTARAN secara ‘manual’ (tidak online atau menggunakan perelatan multimedia) agar para peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) khususnya kelas IX semester 1 dapat lebih tertarik dan fokus pada kegiatan pembelajaran yang diprogram oleh guru.ac.id/_berkas/jurnal/9. dan beralih pada pemahaman yang disertai alat peraga agar peserta didik lebih jelas dan gamblang dalam memahami materi statistika dan peluang. Penguasaan ilmu pengetahuan hendaklah disertai dengan adanya alat peraga untuk memahamkan peserta didik mengenai salah satu materi terutama pada pelajaran statistika dan peluang di dalam ilmu matematika.ump. Meskipun terdapat media atau alat peraga secara online (mengingat makin menjamurnya sistem komputer dan fitur handphone yang telah dilengkapi dengan situs jaringan internet). yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa disertai alat peraga dalam usaha memahamkan peserta didik dapat ditinggalkan. IKIP PGRI SEMARANG Page 3 .pdf).BAB I PENDAHULUAN 1.

Mendeskripsikan hasil pembelajaran menggunakan alat peraga peluang putaran untuk memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang. Bagaimana bentuk dan wujud alat peraga peluang putaran untuk memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang? 2.4 Manfaat Adapun manfaat yang ingin dicapai dalam penulisan proposal ini yaitu: 1. 2. 1. 2. Pengajaran semacam ini sangat bermanfaat untuk penanaman konsep (dalam jangka waktu lebih lama) pada ingatan para peserta didik. Mendeskripsikan bentuk dan wujud alat peraga peluang putaran untuk memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang. Mengetahui bentuk dan wujud alat peraga peluang putaran untuk memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan. Mengetahui hasil pembelajaran menggunakan alat peraga peluang putaran untuk IKIP PGRI SEMARANG memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang.Demi mengefektifkan waktu pembelajaran. penulis memilih alat peraga Peluang Putaran untuk membantu pemahaman peserta didik dalam pemahaman konsep probabilitas empiris(berdasarkan hasil percobaan) dengan mencari frekuensi relatifnya. Bagaimana hasil pembelajaran menggunakan alat peraga peluang putaran untuk memahamkan peserta didik dalam materi statistika dan peluang? 1. permasalahan yang akan dibahas yaitu: 1. Page 4 .3 Tujuan Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini antara lain: 1. 1.

IKIP PGRI SEMARANG Page 5 . 2. 2.2 Cara Pembuatan 1. Cat segi-n dan diberi angka setiap sisinya.  Ulangi percobaan beberapa kali untuk melihat kecenderungan proporsi atau perbandingan banyak kemunculan tiap sisi yang ditandai oleh nomor tersebut dengan banyak percobaan (peluang tiap sisi). Membuat pusingan dari kayu untuk menjadi pusat segi-n. Alat peraga sudah siap untuk digunakan. lalu perhatikan sisi nomor berapa yang akhirnya menempel d lantai. Gambar pada kayu tersebut menjadi segi-n 3.BAB II PEMBAHASAN 2. 5. maka kolom angka1 diberi tanda cek (v) sementara angka 2 dan angka 3 diberi tanda strip (-).1 Alat dan Bahan Adapun alat atau bahan yang digunakan untuk membuat alat peraga Peluang Putaran.  Catatlah hasil yang terjadi itu pada sebuah daftar atau tabel seperti contoh segitiga berikut ini: (pada saat putaran ke-1 misalnya muncul sisi. yakni : Alat:  Gergaji  Cat  Kuas  Spidol  Meteran  Palu Bahan:  Lem FOX  Paku  Kayu 2. 4.3Cara Penyajian  Putar batang sebuah pusingan. Lukis sketsa yang akan dibuat pada kayu yang sudah disediakan dengan ukuran yang sudah ditentukan.

4 Ilustrasi Berikut merupakan ilustrasi pembelajaran materi statistika dan peluang dengan menggunakan alat peraga peluang putaran IKIP PGRI SEMARANG Page 6 .Putaran ke- Kemunculan angka1 Kemunculan angka 2 Kemunculan angka 3 1 2 3 4 5 Jumlah Atau. dapat pula menggunakan bentuk tabel yang berikut Kejadian muncul angka1 muncul angka 2 muncul angka 3 Turus atau tally Jumlah Berdasarkan percobaan tersebut di atas. siswa diberi pemahaman mengenai konsep probabilitas empiris kemudian kaitannya dengan konsep probabilitas secara teoritis. 2.

Putaran ke- Kemunculan angka 1 Kemunculan angka 2 Kemunculan angka 3 1 2 IKIP PGRI SEMARANG Page 7 . lalu perhatikan sisi nomor berapa yang akhirnya menempel d lantai. maka kolom angka 1 diberi tanda cek (v) sementara kolom angka 2 dan angka 3 diberi tanda strip (-).  Siswa mencatat hasil yang terjadi itu pada sebuah daftar atau tabel seperti contoh berikut: (pada saat putaran ke-1 misalnya muncul angka 1. Sesuai dengan gambar Pusingansegitigaberaturan Pusingansegilima Pusingansegidelapan  Siswa mengulangi percobaan beberapa kali untuk melihat kecenderungan proporsi atau perbandingan banyak kemunculan tiap sisi yang ditandai oleh nomor tersebut dengan banyak percobaan (peluang tiap sisi). Siswa memutar batang sebuah pusingan.

dapat pula menggunakan bentuk tabel yang berikut Kejadian muncul angka 1 muncul angka 2 muncul angka 3 Turus atau tally Jumlah Berdasarkan percobaan tersebut di atas. tentukan peluang munculnya angka genap pada gangsing pertama dan angka ganjil prima pada gangsing kedua! Jawab: Misal. siswa diberi pemahaman mengenai konsep probabilitas empiris kemudian kaitannya dengan konsep probabilitas secara teoritis. maka kejadiansemacam ini disebut dua kejadian saling bebas. Pada percobaan pemutaran dua buah gangsing berbentuk segi-8.5 UraianMateri PeluangDuaKejadianSalingBebas Bila kejadian A tidak mempengaruhi terjadinya B dan sebaliknya. Peluang dua kejadian saling bebas dirumuskan : Contohsoal : 1. makaP(A) = 3/6 B IKIP PGRI SEMARANG = kejadian munculnya angka ganjil prima pada dadu II = {3.3 4 5 Jumlah Atau. 4. 5}. A = kejadian munculnya angka genap pada dadu I = {2. makaP(B) = 2/6 Page 8 . 2. 6}.

Karena kejadian A tidak mempengaruhi kejadian B. maka keduanya disebut kejadian bebas. Sebuah gangsing segi-3 dan segi-5 diputar sekali secara bersama – sama di atas meja. sehingga Peluang munculnya kejadian A dan B adalah: P(A ∩ B) = P(A) x P(B) = 3/6 x 2/6 = 1/6 2. Tentukan peluang munculnya angka 2 pada gangsing segi-3 dan munculnya angka 3 pada gangsing segi-5! Jawab : P(A) = Peluan gmunculnya angka 2 pada gangsing segi-3 = P(B) = Peluang munculnya angka 3 pada gangsing segi-5 = P(A ∩ B) = P(A) x P(B) = 1 1 x 3 5 1 15 1 3 1 5 = IKIP PGRI SEMARANG Page 9 .

scribd.org/search/alat+peraga+peluang+putaran http://www.Daftar Pustaka http://ebook.docstoc.com/docs/26765563/DAFTAR+ALAT+PERAGA+MATEMATIKA www.com/doc/52891962/Alat -Peraga-Matematika-2 IKIP PGRI SEMARANG Page 10 .p4tkmatematika.

Lampiran Foto – Foto Pembuatan Alat Peraga IKIP PGRI SEMARANG Page 11 .

IKIP PGRI SEMARANG Page 12 .

IKIP PGRI SEMARANG Page 13 .

IKIP PGRI SEMARANG Page 14 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful