P. 1
Bab 1( Study Analisis Pengaruh Silika Fume Dan Gula Terhadap Kuat Lentur Beton

Bab 1( Study Analisis Pengaruh Silika Fume Dan Gula Terhadap Kuat Lentur Beton

|Views: 28|Likes:
Published by Edho Idho

More info:

Published by: Edho Idho on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1

. Latar Belakang Dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan hunian dan

bangunan konstruksi lainnya yang menggunakan beton sebagai bahannya membuat kebutuhan akan beton yang berkualitas ikut meningkat. Beton itu sendiri adalah materi bangunan yang terbuat dari campuran semen, agregat kasar, agregat halus air dan terkadang diberi bahan tambahan atau zat adiktif. Perpaduan bahan – bahan tersebut perlu adanya suatu komposisi agar beton yang dihasilkan berkualitas. Beton yang berkualitas tentunya akan ikut berperan dalam menunjang kualitas dari bangunan atau suatu konstruksi. Perencanaan komposisi beton juga dilihat dari tujuan bangunan itu dibangun, apakah bangunan itu untuk tempat air, jembatan, pondasi atau bangunan lainnya. Sehingga perlu disesuaikan kebutuhan betonnya, apakah beton ringan, beton normal atau beton mutu tinggi. Dalam pelaksanaannya khusus beton mutu tinggi yang memiliki kekuatan lebih dari 40 Mpa perlu ditambahan bahan aditif dalam proses pembuatannya. Adapun salah satu bahan aditif yang akan dibahas dalam penulisan ini yaitu silica fume dan gula. Dimana silica fume digunakan untuk menguatkan mutu beton pada beton mutu tinggi sedangkan penggunaan gula sebagai retarder untuk memperlambat waktu pengikatan sehingga campuran beton akan tetap mudah dikerjakan untuk waktu yang lebih lama. Pemakaian silika fume dan gula ini dalam pencampuran beton yang akan dibahas adalah untuk menambah kekuatan mutu beton khususnya dilihat dari sisi kuat lentur beton dan dari sisi ekonomis
1

1. Identifikasi Masalah dan Perumusan Masalah Berdasarkan bahasan latar belakang diatas maka identifikasi masalah dan perumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Apakah ada pengaruh silika fume dan gula dalam peningkatan mutu kuat lentur beton ? 2. Dilihat dari sisi ekonomi. manakah campuran komposisi beton yang paling ekonomis dengan melihat perbandingan harga yang dikeluarkan terhadap kualitas yang didapatkan ? 1.3 . Batasan Masalah Dalam penelitian beton ini mengambil ruang lingkup permasalahannya sebagai berikut : 2 .penggunaan bahan – bahan pembuat beton tersebut dengan pebandingan komposisi yang beragam. Berapa banyak campuran atau komposisi dari silika fume dan gula yang menghasilkan kuat lentur beton maksimum ? 4. Seberapa besarkah pengaruh silika fume dan gula dalam peningkatan mutu kuat lentur beton dibandingkan dengan kuat lentur beton normal ? 3.2 .

Maksud dan Tujuan Penelitian beton ini memiliki maksud dan tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh silikafume dan gula terhadap mutu kuat lentur beton. Persentase silicafume yang digunakan ……. Admixture menggunakan Superplastisizier 4. Tinjauan pengujian terhadap kuat lentur beton umur 28 hari.2002 1. 2. Persentase gula yang digunakan ……. Air yang digunakan adalah air PDAM 14.500 8. Mix desaign 13. Mutu beton rencana K .4. 12. 10. Dengan perbandingan komposisi campuran beton yaitu : 3 .1. Agregat halus ( pasir ) yang akan digunakan adalah pasir…… 7. Agregat kasar yang digunakan adalah batu pecah 6. Peraturan yang digunakan dalam pencampuran beton yaitu SNI 03 – 2847 . Persentase superplastisizier………… 11. Gula ya digunakan adalah gula pasir yang dihaluskan dan dilarutkan. Bahan aditif yang digunakan adalah silika fume dan gula 3. Semen yang digunakan adalah semen Portland tipe 1 merk Gresik 5. 9.

% Beton dengan tambahan silika fume …% dan gula…% Beton dengan tambahan silika fume …% dan gula…% Dari keempat perbandingan komposisi campuran beton tersebut akan dilihat beton dengan campuran manakah yang memiliki kuat lentur terbesar atau maksimum dan campuran manakah yang memiliki nilai paling ekonomis dengan melihat perbandingan harga terhadap kualitas yang dihasilkan dari masing – masing campuran. Dari komposisi campuran beton dengan silika fume …% dan gula … %. 3. Beton normal Beton dengan tambahan silika fume…% dan gula…. Dari komposisi campuran beton dengan silika fume …% dan gula … %. 2. beton dengan silika fume …% dan gula …%.1.5. dan beton normal yang paling ekonomis adalah beton normal. beton dengan silika fume …% dan gula …%. beton dengan silika fume …% dan gula …%. 2. 4. Hipotesa Hipotesa dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah 1. dan beton normal yang menghasilkan kuat lentur paling baik adalah beton dengan kadar bahan aditif tertinggi yaitu beton dengan silika fume …% dan gula …%. 1. beton dengan silika fume …% dan gula …%. 4 .

3. Pemakaian gula dalan pencampuran menyebabkan waktu perekatan campuran mnejadi lebih lama dari beton normal sehingga pelepasan cetakanpun menjadi lebih lama dari pelepasan cetakan beton biasa yang hanya 24 jam. 5 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->