P. 1
jam belajar di SD bertambah

jam belajar di SD bertambah

|Views: 10|Likes:
Published by Agit Ci Dragon
Jam belajar
Jam belajar

More info:

Published by: Agit Ci Dragon on Dec 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

10/08/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

Tugas Kurikulum SD

Nama : Anggit permono Kelas : 3E NIM : 11 015 189

PENAMBAHAN JAM BELAJAR PERLU di EVALUASI
Pertimbangan Aktivitas Anak Setelah Sekolah
JAKARTA, KOMPAS – Penambahan jam belajar dalam kurikulum baru 2013 perlu dipertimbangkan berbagai konsekuensinya. Penambahan jam belajar di SD dari 26 jam menjadi 30 jam per minggu, sementara di SMP dari 32 jam menjadi 38 jam per minggu. Pokok persoalan yang mengemuka dalam pembahasan Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 di Jakarta, Jumat(30/11). Uji publik dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia pada 29 November-23 Desember dan dibuka secara online melalui halaman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada acara pembukaan, kamis malam mengatakan, penambahan jam belajar tidak akan bermasalah. Justru jika dibandingkan dengan negara-negara lain, jam belajar di Indonesia lebih rendah. Di negaranegara maju, jam belajar siswa SD mencapai 30-36 jam per minggu. Siskandar, dosen Universitas Negeri Semarang , mengatakan penambahan jam belajardi SD perlu diperhitungkan implementasinya pada sekolah-sekolah yang masih menerapkan double shift atau kelas pagi dan siang. Darmaningtyas, pemimpin kelompok guru, kepala sekolah, dan pengawas , mengatakan soal kebosanan anak terhadap aktivitas belajar yang semakin panjang perlu diperhatikan. Demikian juga dampaknya pada aktivitas anak sesuai sekolah. Selain penambahan jam belajar, hal lain yang dikritisi adalah integrasi IPA dan IPS pada mata pelajaran lain di tingkat SD. Nuh mengatakan kurikulum 2013 merupakan kurikulum minimal. Pengembangan kurikulum 2013 ini menuntut kreativitas guru dalam pembelajaran.

KOMENTAR : Menurut saya memang perlu dievaluasi dalam penambahan jam belajar, karena dalam penambahan jam belajar ada resiko-resiko seperti kobosanan anak dalam aktivitas pembelajaran, dan resiko untuk sekolah seperti menyediakan makan/snack, jika tidak ada penyediaan snack, itu akan menambah beban bagi orang tua anak.

.JAM PELAJARAN DITAMBAH Kemdikbud Lakukan Sosialisasi Kurikulum Baru Jakarta. Mata pelajaran IPA dan IPS di tingkat SD. Sosialisasi Nuh membantah anggapan setiap ganti menteri. Setelah kurikulum baru disepakati. pada saat pembelajaran berubah disitulah ketidakefektifan dalam pembelajaran terjadi contoh : guru harus berlatih untuk metode pengajaran yang mampu mendorong siswa untuk kreatif dan berani berbicara. menurut Nuh tidak dihapuskan. Komentar : menurut saya memang benar penyempurnaan kurikulum harus dilakukan untuk kebutuhan dan tantangan pendidikan pada masa mendatang. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Suyanto mengatakan. Namun. ganti kurikulum. jumlah mata pelajaran di SD dipadatkan dari 10 mata pelajaran menjadi 6 mata pelajaran. Menurut dia penyempurnaan kurikulum merupakan amanat undang-undang. Jam pelajaran di SD dari 26 jam menjadi 30 jam per minggu. Mata pelajaran lain adalah Olahraga dan Kesehatan Jasmani serta Seni Budaya dan Prakarya. Guru-guru segera disiapkan untuk menerapkan kurikulum ini mulai tahun ajaran 2013. tetapi dituntut mampu mendorong siswa untuk kreatif dan berani berbicara. tetapi materinya dimasukkan ke pelajaran bahasa indonesia. dan Matematika sebagai mata pelajaran pokok. Di SD nantinya hanya ada pelajaran Agama. Guru tidak lagi berdiri di depan kelas memberikan materi. Metode tersebut membutuhkan waktu yang agak lama untuk bisa seperti itu. Bahasa Indonesia. Kurikulum harus selalu disempurnakan dengan melihat kebutuhan dan tantangan pendidikan pada masa mendatang. Tetapi kita juga harus melihat kebelakang dengan bergantinya kurikulum pembelajaran juga akan berubah. PPKN. Oleh karena itu dalam penggantian kurikulum harus dilakukan secara matang-matang. Kompas – Dalam rancangan kurikulum baru yang disosialisasikan kementerian pendidikan dan kebudayaan. jam belajar bertambah 4 jam per minggu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->