P. 1
Struktur dan Fungsi Asam Nukleat

Struktur dan Fungsi Asam Nukleat

|Views: 362|Likes:
Published by Fatwa Pranata
Asam Nukleat
Asam Nukleat

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Fatwa Pranata on Dec 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2014

pdf

text

original

Nama NIM Jurusan

: Fatwa Pranata Karso : 1108505019 : Farmasi

TUGAS : Buatlah 10 (sepuluh) pertanyaan yang berkaitan dengan “struktur” dan “fungsi” asam nukleat (DNA dan RNA) !

1. Jelaskan fungsi dari Gen ! Jawab: Fungsi Gen adalah sebagai unit informasi dalam sistem kehidupan yang berfungsi untuk menghasilkan produk biologi yaitu protein. 2. Jelaskan fungsi DNA ! Jawab: Fungsi DNA adalah untuk membawa informasi genetik dari setiap sel dan jaringan yang ada pada organisme. 3. Sebutkan komponen penyusun struktur DNA serta ikatan kimia antar komponenya ! Jawab: Struktur DNA yaitu gugus pospat, gula yang termodifikasi (deoksiribosa), dan basa nitrogen yaitu basa purin (adenin dan guanin) serta basa pirimidin (sitosin, dan timin). Dimana pada nukleosidanya setiap basa diikatkan dengan gula menggunakan ikatan kovalen, dan setiap nukleosida dihubungkan melalui ikatan kovalen juga untuk membentuk nukleotida. 4. Apa arti 5’ dan 3’ pada 5’A-U-G3’ dan gambarkan strukturnya ?! Jawab: arti 5’ dan 3’ pada 5’A-U-G3’ yaitu 5’ sebagai kepala, dan 3’ sebagai ekor. Jadi gugus pospat terikat pada C5-gula Adenosin, dan pada C3-gula Adenosin gugus hidroksinya dilepaskan untuk mengikat gugus pospat yang terikat pada C5-gula Urasil dan pada C3-gula Urasil gugus hidroksinya dilepaskan untuk mengikat gugus pospat yang terikat pada C5-gula Guanin namun pada C3-gula Guanin gugus hidroksinya tidak dilepaskan untuk mengikat basa lain. Adapun strukturnya adalah sebagai berikut:

5. dan interaksi hidrogen antara sitosin dengan guanin sebanyak 3 ikatan. transfer. oleh karena itu struktur DNA menjadi rusak dan DNA menjadi tidak aktif lagi. Basa Nitrogen pada C2. dan gula deoksiribosa yang terikat dengan nukleosida lain melalui ikatan kovalen dengan melepaskan gugus hidroksilnya. Struktur DNA dapat diperbaiki dengan cara mendinginkan kembali DNA yang telah mengalami pemutusan ikatan hidrogen tersebut. 6. Diantara basa nitrogen yang satu dengan yang lainnya dalam nukleotida yang berbeda direkatkan dengan interaksi hidrogen. Temperatur yang tinggi ini dapat memutuskan ikatan hidrogen. dan besarnya jumlah ikatan hidrogen ditentukan oleh kesamaan jumlah tangan yang dimiliki oleh basa notrogen tersebut untuk membentuk ikatan hidrogen. dan ribosomal RNA 9. mRNA merupakan RNA jenis pertama yang dibuat secara langsung oleh DNA yang berfungsi untuk membawa informasi genetik berupa template yang kemudian diperoses lebih lanjut oleh RNA lainnya. Sebutkan jenis RNA dan jelaskan fungsi dari setiap jenis RNA tersebut ! Jawab: Fungsi dari setiap jenis RNA adalah sebagai berikut A. Sitosin selalu berinteraksi dengan Guanin. Jelaskan bagaimana struktur doubel helix dapat terjadi di DNA ! Jawab: Struktur dobel heliks dari DNA disebabkan oleh adanya interaksi hidrogen antara basa nitrogen penyusun DNA tersebut. Faktor yang dapat merusak struktur DNA yaitu kerana DNA diberi temperatur yang tinggi. 7. Adenin selalu berinteraksi hidrogen dengan Timin. mRNA terdiri dari beberapa kodon yang dapat dikenali oleh antikodon untuk diperoses sehingga dapat dihasilkan protein. Jelaskan bagai mana komponen penyusun DNA membentuk ikatan satu kompen dengan komponen lainnya ! Jawab: Komponen penyusun DNA adalah gugus Pospat pada atom C5. Adakah faktor yang dapat merusak struktur DNA ? jika ada jelaskan ! Jawab: Faktor yang merusak struktur DNA ada namun tidak bersifat permanen. Interaksi hirdogen antara Adenin dengan Timin sebanyak 2 ikatan. dan ribosomal RNA DNA Terdapat gugus hidroksi pada C2 Dua strand Mengandung Timin Tidak ada messenger. . Satu Kodon adalah satu asam amino yang terdiri dari deretan 3 basa. Sebutkan perbedaan struktur antara DNA dan RNA ! Jawab: RNA Tidak terdapat gugus hidroksi pada C2 Satu strand (umumnya) Tidak mengandung Timin Ada messenger. 8. transfer.

B. organisme ini memiliki daerah promotor yang dapat mengendalikan lebih dari satu gen. tRNA merupakan RNA jenis kedua yang terdiri dari antikodon dan asam amino. Antikodon tertentu membawa asam amino tertentu. 10. Terminator = daerah 3’ Pada organisme prokariotik. Namun pada organisme eukariotik. Sebutkan struktur dari “Gen lengkap” dan jelaskan perbedaannya antara stuktur gen lenkap dari organisme eukariotik dengan organisme prokaritotik fungsinya ! Jawab: Struktur Gen lengkap adalah sebagai berikut: 1. daerah 5’) 2. promotor organisme hanya dapat mengendalikan satu gen. C. Antikodon ini berfungsi untuk mengenali kodon. Daerah promoter (daerah pengendali. rRNA merupakan RNA jenis ketiga yang berfungsi sebagai pencocokan kodon dengan antigon untuk dihasilkan sebuah poli-asam amino. . Bagian struktural (bagian untuk memproduksi protein) 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->