Alat Diatermy

Diathermi A. Pengenalan alat

Peswat Diathermi adalah suatu alat elektromedic yang digunakan untuk mengobati suatu penyakit tertentu dengan cara menggunakan efek panas. Diatermi berasal dari kata “Dia” yang berarti dalam tubuh dan “Therm” berarti panas. Jadi, Diatermi adalah pemansan didalam bagian tubuh dengan tujua untuk penyembuhanb penyakit.

Ø Proses terjadinya panas Terapi dengan Diathermi mempunyain kelebihan dibanding dengan terapy dengan sumber panas lainnya, misalnya kompres air panas, sinar infra merah dan panas kimiawi / balsem dan lainnya. Karena dengan pesawat Diathermy panas dapat disalurkan kedalam badan atu anggota badan dengan efek panas yang konstan dan merata, jumlah kondisi panas dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Apabila suatu listrik dialirkan melalui suatu tahanan, maka dalam tahanan tersebut akan timbul panas. Semua zat mempunyai resistansi atau menahan terhadap aliran arus listrik. Dalam jarinfan tubuh mempunyai nilai resistansi yangh berbeda- beda, yaitu : a. b. Elemen yang banyak air mempunyai tahahn kecil. Elemen yang sedikit air mempunyai nilai resistan yang besar.

Pada Diathermy yang menggunakn frekuensi tinggi elktroda- elektroda tidak perlu melekat langsung pada kulit tetapi dapt dipasdang dengan jarak tertentu. Meskipun demikian arus listrik frekuensi tinggi akan dapat mengalir melaluio udara diantara elektrode- elektrode dengan kulit dan bahan isolator yang membungkus elektrode. Ø Metode penyaluran panas Energi gelombang frekuensi tinggi dapat disalurkan kebadan/ anggota tubuh pasien, dengan cara : a. Metode Kapasitif

Dengan metode kapasitif, dipergunakan elektrode berupa 2 buah plat logam yang dibungkus dengan bahan isolator dan diletakan sejajar seperti halnya kapasitor. b. Metode Induktif

Metode induktif menggunakan elektrode yang berupa kabel gulung dan diletakan padacsebuah tempat dari isolator, dan bentuknya bermacam- macam. c. Metode Radiasi

Dalam metode radiasi, energi frekuensi tinggi dipancarkan seperti halnya dalam pemancar dengan antena Dipole atau Waveguide.

B.

Macam – Macam pesawat Diathermy

Pesawat Diathermy ada bermacam – macam yaitu Short wave diatermy(Gel.Pendek dan Micro wave diatermy(Gel.Micro),dibedakan menurut frekuensi yang digunakan. Pada prinsipnya pesawat Diathermi adalah pembangkit frekuensi tinggi. Yang dapat digolongkan sebagai arus listrik yang mempunyai frekuensi 1.000 Hz. Arus listrik frekuiensi tinggi ada yang tetap dan ada yang berubah – ubah atau teredam.

Perbedaan micro wave dengan short wave 1. Penetrasi gel. Mikro lebih dalam ; tp tidak dapat melewati jaringan yang padat seperti yang dapat dilakukan oleh gel. Pendek. 2. Gel. Mikro kurang berhasil mengobati struktur yang dalam dibanding dengan diatermi gel. Pendek.

Efek diatermi gel. Pendek (Short wave diathermy) :

Menghasilkan panas & peningkatan efek fisiologis * Meningkatkan metobolisme * Meningkatkan darah * Menurunkan eksitasi saraf * Menurunkan relaksasi ottot, meningkatkan usaha otot * Menurunkan tekanan darah karena vasodilatasi * Meningkatkan aktivitas kel. Keringat Mempunyai efek pengobatan * Terhadap daerah peradangan => oksigenasi meningkat * Efek terhadap infeksi bakteri => leukosit & antibodi meningkat

* Kehilangan nyeri => panas disebabkan saraf sensoris sedatif * Terhadap daerah yang patah => meningkatkan absorpsi & aliran darah C. Prinsip kerja dari Pesawt Diathermi Elektroda diletakkan pada masing-masing sisi yang akan diobati & dipisahkan dari kulit dengan bahan isolator. Ø Rangkaian Output merupakan rangkaian dari pesawat dimana rangkaian ini berfungsi untuk menguatkan frekuensi tinggi yang disalurkan. Ø Rangkaian sumber daya didalam rangkaian ini teganagn PLN 50/60 Hz diubah menjadi frekuensi tinggi sebesar 2450 MHz oleh rangkaian Oscilator. Ada elektroda yang harus berpasangan dan ada juga yang menggunakan elektrode tunggal. b. Elektrode ini mempunyai bentuk bermacam.alat pengontrol.macam yang dimaksud denganm elektrode adalah suatu alat yang digunakan untuk disesuaikan dengan bentuk bagian tubuh dan penggunaannya. . Sakelar utama Lamp control Timer Tombol pengatur Output/ intensitas Ø Elektrode Menyalurkan arus dari frekuensi tinggi yang dihasilkan dari pesawat Diathermi. Kabel penghubung elektrode berfungsi untuk menghubungkan pesawat dengan elektrode. D. Perlengkapan Pesawat Diathermi Pada panel kontak Diathermi umumnya terdapat alat. c. sebagai berikut: a. Ø Rangkaian Oscilator disebut juga pembangkit listrik frekuensi tinggi. d.

b. Ø Elektrode Diplode Elektrode Diplode disebut juga elektrode kontur. Cara penggunaanya elektrode kabel dililit pada bagian tubuh yang akan diterapi. b. Elektrode ini termasuk elektrode induktif panas yang ditimbulkan secara perlahan. Panas yang terjadi di kulit hanya kecil. Elektrode bentuk khusus ada bemacam. Elektrode Kapasitif Elektrode Induktif Ø Elektrode Piringan Disebut elektrode piringan sebab bentuknya bulat seperti piring. Ø Elektrode dengan bentuk khusus Elektrode ini dibuat untuk pemakaian pada bagian yang menggunakan elektroda biasa . Elektrode untuk vagina dan dubur Elektrode untuk ketiak Ø Elektrode Kabel Elektrode ini bentuknya seperti kabel. sehingga terasa nyaman bagi pasien.lahan untuk kemudian menembus kulit. Ø Elektrode Bantalan Elektrode bantalan ini terbuat dari lembaran logam yang lunak/ fleksibel dibungkus dengan suatu lapisan karet. yang terbuat dari metal dan dibungkus dengan bahan isolasi.macam : a. .Ø Macam – macam Elektrode Elektrode dapat dibedakan menjadi 2 macam: a.

Jangan menggunakan pesawat pada saat tegangan tidak sesuai dengan kebutuhan pesawat.Ø Elektrode Monode Elektrode Monode ini semacam dengan elektrode Dsip[lode. n. Ø Elektrode Pengarah Adalah Elektrode yang dipergunakan pada Diathermi yang menggunakan gelombang Mikro. Periksa sumber daya listrik yang tersedia dan harus sesuai dengan kebutuhan pesawat. Periksa kabel sumber daya apakah dalam keadaan siap pakai. h. Ø Elektrode Minode Elektrode Minode ini sama dengan elektrode Monode. g. Periksa pasien dengan teliti sehingga tidak ada unsur logam yang dipakai pasien. Pengoperasian Pesawat Ambil pesawat dari penyimpanan. Aturlah waktu therapi sesuai dengan kebutuhan. Biarkan pesawat hidup selama + 1 menit untuk pemanasan pesawat. Atur posisi Elektrode supaya dalam keadaan siap pakai. yaitu menggunakan kabel yang digulung didalam suatu tempat. l. m. c. f. . k. Setelah proses terhapi selesai. e. matikanlah pesawat dengan menekan power switch pada posisi OFF. i. Kemudian hidupkan pesawat dengan power switch pada posisi On. Aturlah besar intensitas panas output sampai pasien merasakan hangat. Pilih dan pasang elektrode sesuai dengan obyek yang akan ditewrapi. a. j. Persiapkan pasien yang akan diterapi. hanya bentuknya saja berbeda. Bagian yang diterapi harus bebas dari luka atau basah. Bentuk Elektrode ini lebih kecil dan agak lebih panjang dibandingkan dengan elektrode Minode. b. E. d.

dari RS Internasional Bintaro. lari. berdiri. Bersihkan pesawat dari debu dan bekas – bekas telapak tanagan yang mengandung keringat.. Lepaskan Elektrode yang jarang dipakai. terapis akan mengajarkan pasien bagaimana melakukan gerakan tubuh yang benar. Fisioterapi juga diberikan kepada penderita penyakit yang berhubungan dengan saraf. http://apri-impossible." Di klinik fisioterapi. Menurut dr. Salah satunya terapi fisik yang disebut fisioterapi. jalan. Peni Kusumastuti. dan lainnya. seperti duduk. sumbatan saluran di otak. a. gerakan-gerakan itulah yang nantinya harus diaplikasikan sendiri oleh pasien. dan sebagainya. Ada begitu banyak bentuk pengobatan yang bisa diberikan pada pasien.com/2012/01/alat-diatermy. Perbaikilah pesawat dari kerusakan – kerusakan ringan. d. radang selaput otak. Sp. . f. c. Banten. Pemeliharaan Pesawat Setelah selesai menggunakan pesawat putarlah parameter pada posisi minimum. misalnya penyakit yang menyebabkan pola jalan salah dan otot lemah.html Mengenal 7 Jenis Fisioterapi T erapi fisik yang tepat dapat meminimalkan efek samping penggunaan obat telan. Lepaskan kabel sumber daya dari pesawat dan simpanlah pada tempatnya. e.blogspot. penderita yang mengalami gangguan pada saraf tepi. Tangerang. Perannya adalah memperbaiki fungsi gerak motorik akibat adanya gangguan pada otot dan rangka tubuh setelah patah tulang. tentu dengan rujukan dokter yang mengetahui kondisi kesehatan pasien. Nah. Pasien bisa mendapatkannya di rumah sakit yang memiliki klinik fisioterapi. b.F.RM . Aturlah poisisi tangakai elektrode. atau pascaoperasi tulang. termasuk anak. "Semua penyakit itu akan mengganggu pergerakan motorik anak.

dokter atau terapis harus mengetahui dulu riwayat kelahiran dan catatan klinisnya. 2."Fisioterapi merupakan pelayanan yang diberikan kepada pasien guna mengembangkan. MACAM-MACAM FISIOTERAPI 1. Mengenai frekuensi. Terapis sebaiknya bekerja sama dengan dokter yang terkait. contohnya. lari kecil. Lain hal kalau orang tua sudah mengantisipasinya sejak dini. Exercise Therapy atau Terapi Latihan Terapi ini dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi sekaligus memberi penguatan dan pemeliharaan gerak agar bisa kembali normal atau setidaknya mendekati kondisi normal. melangkah. tak ada patokan berapa kali seorang anak harus menjalani fisioterapi. Bila datang dalam kondisi parah atau kronis. Latihan-latihan yang diberikan bertujuan mempertahankan kekuatan otot-otot dan kemampuan fungsionalnya dengan mempertahankan sendi-sendinya agar tak menjadi kaku. dimulai dengan berdiri. akan dilanjutkan dengan latihan mobilisasi. tentu membutuhkan terapi lebih lama. sehingga kekuatannya pun berkurang. Kepada anak. Heating Therapy atau Terapi Pemanasan . akan diberikan latihan memegang maupun menggerakkan tangan dan kakinya. Hal ini perlu dilakukan karena kaki patah yang dipasangi gips umumnya akan mengalami pengecilan otot. Bila sudah diketahui latar belakang penyakitnya. akan dilakukan fisioterapi secara bertahap. kapan si anak harus sedikit menapak sampai bisa menapak penuh." simpul Peni. memelihara." Yang tak kalah penting. Pada kasus patah kaki. Lewat terapi yang dilakukan sambil bermain akan kelihatan bagian mana yang mengalami penurunan fungsi. dan mengembalikan kemampuan dan fungsi gerak secara maksimal sepanjang kehidupannya. berjalan. barulah dipilihkan fisioterapi yang tepat. Setelah mampu. "Tergantung kondisinya. dan seterusnya. sebelum menganjurkan fisioterapi.

Terapi pemanasan biasanya diberikan bersamaan dengan jenis terapi lain. maupun jaringan tubuh bagian dalam lainnya. 4. Bila hanya sampai di bagian kulit. Electrical Stimulations Therapy atau Terapi Stimulasi Listrik Terapi yang menggunakan aliran listrik bertenaga kecil ini cocok diterapkan pada anak yang menderita kelemahan otot akibat patah tulang ataupun kerusakan saraf otot. sehingga akan mempercepat proses penyembuhan. terapi ini memanfaatkan kekuatan panas yang biasanya digunakan pada kelainan kulit. Penggunaannya tentu saja disesuaikan dengan tingkat keluhan. 5. pada nyeri otot maupun sendi. maka pemanasannya pun hanya diperuntukkan bagi kulit saja dengan menggunakan Infra Red Radiation (IRR) atau radiasi infra merah. Bila dikombinasikan dengan bentuk pengobatan lain tentu lebih menguntungkan karena dosis obat yang harus diminum anak jadi lebih kecil untuk meminimalisir efek negatifnya. Cold Therapy atau Terapi Dingin Terapi dingin biasanya diberikan bila cedera anak masih akut sehingga proses peradangan tidak menjadi kronis. jika gangguan muncul di bagian terdalam seperti rangka tubuh. sirkulasi darah di rongga dada dan saluran pernapasan menjadi lebih lancar. orang tua sering mengompresnya dengan air dingin. terapi ini pun bisa digunakan untuk pengobatan. ketika anak terjatuh dan bagian tubuhnya ada yang benjol.Sesuai dengan namanya. maka yang digunakan adalah short wave diathermy atau diatermi gelombang pendek. justru dapat merusak jaringan. 3. Efeknya. otot. Chest Physiotherapy atau Terapi Bagian Dada . Itulah kenapa. sehingga dapat membantu relaksasi serta membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. Cara penggunaannya. terapi dingin ini pun berguna mengurangi bengkak. Pada pasien anak yang menderita gangguan pernapasan. Namun terapi dingin harus dengan pengawasan ketat karena kalau fase akutnya sudah lewat. Terapi ini umumnya hanya diperuntukkan bagi otot saja. jenis terapi yang dilakukan akan disesuaikan dengan hasil diagnosis. digunakanlah micro diathermy atau diatermi mikro. Sementara. Bila gangguan terjadi pada otot. Terapi ini bertujuan untuk mempertahankan massa otot dan secara tidak langsung merangsang regenerasi saraf. tapi masih terus diberi terapi. biasanya akibat terjatuh dan mengalami memar. Seperti pada terapi inhalasi untuk anak-anak dengan masalah lendir pada saluran napas. Intinya. Nah. dengan menempelkan aliran listrik pada otot-otot untuk mengatasi rasa nyeri.

Keuntungan cara ini. hingga lendir yang menyumbat saluran pernapasan sulit dikeluarkan. pengencer dahak. maupun tingkat kesulitan yang dialami. terutama gangguan gerak akibat spastisitas. Obat-obat inhalasi yang umum diberikan adalah obat untuk melonggarkan saluran napas. merangkak sampai berdiri. lakukan tindakan suction atau penyedotan lendir dengan alat khusus lewat hidung atau mulut. partikel obat dipecah terlebih dulu dalam sebuah alat yang disebut nebulizeer hingga menjadi molekul-molekul berbentuk uap. Khusus pada bayi atau anak di bawah usia 2 tahun. Untuk bisa berjalan. . Bisa di sisi kanan. 6. dosis obat jauh lebih kecil. tentu saja sebelum diterapi mereka akan dievaluasi dulu baik dari usia. Ini akan menguntungkan karena biasanya anak tak bisa meludah. hingga dapat mengurangi efek samping obat. tingkat kemampuan. Sedangkan pada anak yang terlambat berjalan. bila perlu. depan dada. Biasanya anak tidak akan langsung diajarkan berjalan bila tahap sebelumnya belum mampu ia lakukan. Tepukan dilakukan secara kontinyu dan ritmik. Uap inilah yang kemudian dihirup anak. semisal anak ditengkurapkan dengan posisi kepala lebih rendah dari badan. Bisanya tindakan ini dilakukan pada bayi dimana refleks batuknya belum cukup kuat untuk mengeluarkan lendir. hingga obat akan langsung masuk ke saluran pernapasan. vibrasi dan postural drainage . kiri. anak tentu saja harus melalui berbagai tahapan yang dimulai dengan tengkurap. Inhalasi yaitu memasukkan obat-obatan ke dalam saluran pernapasan melalui penghirupan. Hydro Therapy atau Aquatik Therapy Terapi dengan air berguna bagi anak-anak yang mengalami gangguan.Anak dengan keluhan batuk-pilek biasanya mendapat chest physiotherapy yang bermanfaat membersihkan saluran pernapasan dan memperbaiki pertukaran udara. antara lain clapping atau tepukan pada dada dan punggung. Yang termasuk dalam fisioterapi ini di antaranya inhalasi/nebulizer . hingga lendir tersebut dapat mengalir ke cabang pernapasan utama sekaligus lebih mudah untuk dibatukkan. Sertai pula dengan pengaturan posisi anak (postural drainage) . misal pada anak CP (Cerebral Palsy) . clapping . duduk. Jadi. Sedangkan lamanya setiap inhalasi cukup sekitar 10 menit. Tindakan lanjut untuk membantu pengeluaran lendirnya. dan NaCl sebagai pelembab saluran napas.

Umumnya ditujukan untuk kalangan dewasa karena kasusnya jarang sekali terjadi pada anak.com/Nova/Kesehatan/Anak/Mengenal-7-Jenis-Fisioterapi TEKNOLOGI RUMAH SAKIT Assalamu'alaikum. Fiosioterapi ini dilakukan dalam bentuk latihan-latihan gerakan. Pada bayi. Fisioterapi ini bisa diterapkan sejak bayi berusia 2 minggu. tapi terapi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif.Pada anak yang mengalami kesulitan bergerak karena spastisitas/kekakuan. Untuk mengurangi rasa nyeri. post fracture (retak). tergantung pada bagian mana terserangnya. banyak profesional medis telah menemukan bahwa ada beberapa cara untuk membantu pasien mereka dalam penyembuhan tanpa menggunakan atau dengan membatasi penggunaan obat penghilang rasa sakit yang digunakan dalam jangka panjang. Meskipun tidak semua anak dengan gangguan tersebut dapat diberikan hidro terapi air. keseleo. . Orthopedhic dan Rheumathoid Arthritis Sebetulnya fisioterapi ortopedik ini dilakukan untuk mengatasi gangguan tulang dan otot akibat patah tulang. Ini bisa dilakukan pada anak usia 4-5 tahunan. Dengan demikian diharapkan spastisitas anak akan berkurang mengingat adanya bantuan berupa dorongan air yang sifatnya bisa melenturkan gerak tubuh. atau terkilir.tabloidnova. ketika di air. artritis sendi. SHORT WAVE DIATERMI (SWD) Dalam beberapa dekade terakhir atau lebih. 7. umumnya dia akan lebih mudah bergerak. terapi ortopedik ini akan dipakai jika ia mengalami proses pemendekan otot leher (lehernya jadi miring) akibat pembengkakan otot leher yang membuat ototnya tertarik ke satu arah. Bisa juga dibarengi dengan ultrasound (gelombang suara berfrekuensi lebih tinggi dari yang dapat didengar manusia) dan pemanasan untuk melepaskan perlengketan/gumpalan di leher. dan peregangan. pijat. terapi dingin diberikan saat akut dan selanjutnya diberikan terapi panas dengan electrical stimulations therapy .. Fisioterapi rheumathoid arthritis dilakukan pada anak dengan keluhan kaki bengkak atau mengalami gangguan sendi. www.

Untuk keamanan dari kabel dapat diganti dengan drums dan pads. dan terapi ultrasound telah merevolusi cara komunitas medis dalam membantu penyembuhan pasien. pergerakan mesin dapat mengurangi panas. Pasien diletakan mesin dan dilindungi dari luka dengan mengoperasikan sirkuit dengan rangsangan maksimum. vaginal probe diletakan dibelakang servix pada fornix posterior dan eksternal pad digunakan untuk melengkapi sirkuit. CW SWD digunakan apabila tujuan dari terapi adalah untuk memanaskan.1. Jenis teknologi lain yang telah menunjukkan nilai riil dalam bidang klinis adalah diatermi gelombang pendek. tetapi sesungguhnya dapat menembus jaringan sampai dalam tergantung dari jaringan yang dilewati. keset kaki semi fleksibel mengandung coil yang terhubung dengan sebuah mesin swd. yang mana beberapa diantaranya terhubung dengan penggantung untuk dilalui mengelilingi region seperti bahu. Probe diletakan dengan hati-hati. Mesin SWD pada dasarnya adalah sebuah radio transmitter yang dioperasikan seperti radio transmiter lainya. dan mialgia dinding pelvis. Melihat lebih dekat pada praktek kita berharap bahwa diatermi gelombang pendek ini bisa dimasukkan sebagai bagian dari teknologi medis SWD adalah Suatu alat terapi yang menggunakan pemanasan yang pada jaringan dengan merubah energi elektromagnet menjadi energi panas.6oC.2. Ada beberapa jenis aplikator inductive.75 m dan sering digunakan pada low back pain. Kabel aplikator mengandung kabel yang terbungkus karet yang digunakan dengan mengelilingi sekitar ekstremitas dan mengelilingi seluruh tubuh. frekuensi dan karakteristik dari aplikator. 3. Metode ini berfungsi untuk mengendalikan rasa sakit dan meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah otot yang rusak dengan tindakan panas yang sampai ke dalam jaringan (deep heat). stimulator neuromuskuler. Pad dapat berdimensi 0. PRINSIP KERJA Gelombang radio dilemahkan saat melewati jaringan. Temperatur maksimal cenderung muncul pada jaringan yang kurang kandungan cairan seperti lemak. Drum aplikator terdapat pada container yang kaku. pasien diletakan diantara dua elektroda. cronic prostatitis. dan sebagai pengatur dan penghasil temperature tinggi di jaringan yang kaya akan cairan.Hal-hal seperti terapi pijat. Aplikator induktif meningkatkan pusaran medan magnet di jaringan. Pada kebanyakan pengaturan kapasitas. Sekali rangkaian maksimal dikerjakan. Dalam hubungannya dengan obat-obatan berbasis non terapi. dan dapat memungkinkan untuk membakarnya. 3. Mesin SWD dapat menghasilkan pulsa sama baiknya dengan Continous Wave output.5x0. Pada aplikator umumnya sudah tersedia. BAGIAN-BAGIAN DIATERMI . SWD dapat meningkatkan suhu lemak subkutan sampai 15oC dan pada kedalaman kedalaman 4-5 cm dengan panas 4oC. Aplikator rectal dan vagina digunakan sebagai probe untuk pemanasan pelvis. Probe yang di tahan oleh pasien dan sekarang jarang digunakan meskipun dulu digunakan untuk penyakit pelvic inflamatori disease. Kapasitator melengkapi aplikator yang meningkatkan panas dari medan listrik. seperti mesin automatis pada mesin SWD yang modern. diatermi gelombang pendek dapat membantu sejumlah besar pasien dengan berbagai tingkat cedera serta berbagai jenis cedera. menginduksi dengan tinggi jaringan seperti otot.

EFEK PANAS DARI DIATERMI Kemampuan dari sebuah alat diatermi untuk menghasilkan panas di jaringan tergantung dari besarnya energi yang dihasilkan dari panas. yang timbul didekat objek yang sedang di terapi akan terkonsentrasi diantara dua elektroda. potensi dari menghasilkan efek panas pada alat ini tergantung dari energy utama yang disalurkan ke jaringan dengan secara berturut-turut. energy yang deperlukan berkisar antara 80-120 W. Meskipun range dari puncak arus energy yang dihasilkan dari alat short wave diatermi berkisar antara 1001000W. 3. karena kebanyakan SWD digunakan untuk meningkatkan suhu dijaringan dengan terapi range yang ekfektif berkisar antara 40oC -44oC. energy utama tertinggi yang dapat disalurkan pada pulsasi SWD (80W) lebih rendah dibandingkan dengan energy yang dihasilkan dari pemakaian kontinyu SWD secara berkelanjutan untuk pengobatan. dengan panjang gelombang lebih dari 11 m. Seperti telah disebutkan diawal. Pada jaringan pasien yang terdapat antara dua elektroda. Sirkuit pasien : dihubungkan dengan sirkuit mesin dengan inductor dan mengalirkan energi listrik ke pasien dalam bentuk medan elektrostatik ataupun elektromegnetik. Untuk alat SWD yang berkerja kontinyu energy panas yang dihasilkan berkisar anatara 55-500 W. medan akan terkonsentrasi antara di jaringan. Gelombang radio pada pita gelombang pendek berfrekuensi antara 10 Mhz sampai 100 Mhz. Medan listrik.12 Mhz.3. .2. 2. Pada metode induktotermi. Gelombang yang digunakan pada sort wave diatermi untuk fisioterapi pada frekuensi 27. Ada 2 sirkuit utama yang digunakan : 1. Sirkuit mesin : bertugas menghasilkan arus frekuensi tinggi dan meningkatkan intensitasnya. 2. Sebagai arus dengan frekuensi tinggi yang teradapat di kabel suatu medan elektromagnet dipasang mengelilingi pusat dari kabel. electrode yang digunakan kabel tipis tertutup yang dilengkapi dengan sirkuit dari mesin.1. Pada metode medan kondensor. Medan Elektrostatik.3. dua medan akan terkonsentrasi di jaringan. Dua electrode digunakan. Medan Elektromagnet. Karena didekat jaringan pasien. dengan jarak antara elektrode dan kulit.1. Energi yang dihasilkan dari diatermi sangat adekuat. medan elektrostatik di buat dengan memasukan jaringan pasien pada sirkuit pasien sebagai bagian dari condenser. Peningkatan arus dengan frekuensi tinggi digunakan pada elektrode. Kabel dirangkai tertutup berhubungan dengan jaringan dipisahkan oleh jarak. 2.2. Penghasil Short Wave Diatermi. yang mana ketika medan elektrostatik dipasang diantara ujungnya.

3. Pada penggunaan 2450 Mhz microwave diatermi menghasilkan peningkatan aliran darah otot vastus lateralis sebesar 400%. sesuai penelitian Harris mengenai clearance radio-sodium dari sendi lutut. Ini semua akan muncul setelah pemaparan selama 8 menit dengan energi yang dihasilkan disesuaikan pada tingkat kenyamanan pasien.3. menghilangkan nyeri yang dalam dan kekakuan otot. Ini akan meningkatkan sel darah putih dan antibody untuk melawan organism infeksi. 3. Keram Otot: Dapat di kurangi secara langsung menggunakan SWD atau dapat berkurang karena hilangnya nyeri.2oC. Penurunan ini di bandingkan dengan penurunan sirkulasi pada pengobatan dengan hidrokortison. dan meningkatkan dari sirkulasi pembuluh darah kulit.3. Pada penelitian yang sama rasio muscle – clearence meningkat sebesar 36%. ligament dan sendi kecil bagian permukaan.Efek dari pemanasan SWD terhadap arus darah kulit pada manusia telah dipelajari di Millard.5.4. yang dihasilkan dari rata-rata peningkatan suhu sekitar 5. Efek terapi dari diatermi dapat digunakan untuk pengobatan organ dalam maupun luar. Apabila ateriol ataupun capiler tidak dapat meningkat secara signifikan maka pemanasan dapat diberikan pada bagian proximal luka yang masih baik aliran darahnya. Penyembuhan Luka: Untuk memicu penyembuhan luka dari luka terbuka. Infeksi : Pengobatan SWD dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan akibat infeksi dengan meningkatkan aliran darah pada daerah yang terkena infeksi. 3. 3. Nyeri: Penghilang nyeri menggunakan ShortWave diatermi berguna pada pengobatan traumatic dan kondisi rematik yang mempengaruhi bagian permukaan dari otot. Efek dari penggunaan SWD pada sirkulasi lutut meningkat sebesar 100 %. yang menunjukan pembuangan dari sodium radioaktif meningkat sekitar 150 % setelah pemaparan.3.3oC. Haris mengatakan SWD dapat digunakan secara rasional pada pemanasan ringan terapi di rematoid arthritis dengan inflamasi akut dari sendi.2. yang mana pada kebanyakan pengobatan akut rheumatoid lutut didapatkan penurunan dari sirkulasi. Penghilang nyeri juga dipengaruhi oleh hilangnya kekakuan otot. dengan peningkatan suhu otot sekitar 5. Fibrosis : .3. peningkatan aliran darah dan diikuti dengan resulusi inflamasi. energy dari medan elektromagnetik alat wave diatermi diikuti oleh penigkatan panas pada organ dalam dibandingkan dengan penggunaan pada alat pemanasan yang superficial. Sama seperti penggunaan SWD untuk pengobatan kronik rheumatoid di lutut menunjukan peningkatan sirkulasi sekitar 60%.3.1. 3. penurunan kekakuan sendi. Pada umumnya. Logikanya pada pemilihan SWD atau MWD akan tepat ketika keinginan hasil pengobatan untuk menigkatkan kelenturan jaringan kolagen yang dalam. 3.

maka penggunaannya perlu hati-hati untuk menghindari luka bakar.450 Mhz untuk keperluan diathermy dan pemakaian radar. khususnya pada pasien yang cedera dan telah terjadi penurunan sensitivitas terhadap panas. diatermi dapat mempengaruhi fungsi alat pacu jantung dan pasien wanita yang menerima perawatan di punggung bawah atau daerah panggul dapat mengalami peningkatan aliran menstruasi. Kemudian tahun 1929 menggunakan listrik dengan frekuensi 30 Mhz untuk pemanasan yang di sebut short wave diathermy. tahanan. kapsul sendi. http://rasyanto. Artikel ini adalah lanjutan dari “Biolistrik untuk Penyembuhan” semoga teknik yang dijabarkan dapat membantu dalam terapi proses penyembuhan.4.D.blogspot. Frekuensi Arus Listrik .Dibaca: 1738 kali | Komentar: 3 Senin.html Terapi Listrik Kategori: Kesehatan .09:06:15 WIB Sejak dua abad belakangan ini perkembangan teknologi kelistrikan begitu pesat. Arsonval telah menggunakan listrik berfrekuensi rendah untuk menimbulkan efek panas. Berikutnya tahun 1950 telah di perkenalkan penggunaan gelombang mikro dengan frekuensi 2. Prinsip kelistrikan terutama menyangkut tegangan. arus dan frekuensi. Pada Frekuensi di atas 20 Hz otot – otot menjadi kendor dan frekuensi 30 – 50 Hz di gunakan dalam kedokteran olahraga untuk memulihkan otot – otot sesudah kontraksi luar biasa. EFEK SAMPING PENGGUNAAN SWD Beberapa pasien mungkin mengalami luka bakar dangkal.Pemanasan telah terbukti dapat memperbaiki kelenturan jaringan yang mengalami fibrosis.com/p/short-wave-diathermi-swd. seperti pada tendon. Selain itu. 3. Karena terapi melibatkan panas. 26 Desember 2011 . termasuk di dalamnya upaya pengembangan peralatan berbasis elektrik. Pada tahun 1890 Jacques A.

Selain frekuensi yang di perhatikan.C. Alat – alat yang menghasilkan listrik berfrekuensi rendah yaitu : Stimulator yang rangkaiannya terdiri dari multivibrator dan asastable multivibrator. pengulangan dalam pemakaian sangat penting serta pemilihan bentuk gelombang manakah yang di pakai. triangular. trapezoidal. Untuk penderita celebral palsy.tetapi pada klinik . dan lemah atau hilang otot persarafan misalnya pada kaum manula.Efek yang di timbulkan arus listrik di bagi dalam 2 bentuk. Listrik Berfrekuensi Tinggi Frekuensi arus listrik di atas 500. maka dapat di pakai arus faradik. stroke . Tipe – tipe impuls yang telah di modifikasi : rectangular. yaitu Listrik berfrekuensi rendah dan Listrik berfrekuensi tinggi. Arus AC serupa dengan arus DC . merangsang saraf motoris dan berefek Kontraksi Otot Kemampuan dan efek yang di timbulkan Arus AC serupa dengan Arus DC.000 Hz) tergolong listrik berfrekuensi tinggi.Untuk pemakaian dalam jangka waktu singkat dan bersifat merangsang persarafan otot.000 Hz dapat memberikan efek merangsang saraf dan otot sehingga terjadi kontraksi otot. mempunyai kemampuan merangsang saraf sensoris. arus AC juga dapat di gunakan dengan Frekuensi 50 Hz. bisa memakai arus listrik yang interuptur (terputus putus) atau arus DC yang telah di modifikasi dapat merangsang otot yang telah hilang persarafan.000 siklus perdetik (500. Dasar – dasar memproduksi arus listrik frekuensi tinggi.klinik modern Arus AC (Sinusoidal) jarang di pakai. Untuk memperoleh frekuensi tinggi di pergunakan sirkuit osilator yang mengandung rangkaian kondensator dan induktor yaitu suatu lingkaran L . . Selain arus DC. Listrik berfrekuensi rendah Frekuensi rendah antara 20 Hz sampai dengan 500. saw – tooth dan depolarized.

Frekuensi tinggi ini mempunyai sifat memanaskan. undemping (tidak meredam). Metoda Capasitance (Kondensor) dengan prinsip elektroda di letakkan pada masing – masing sisi yang akan di obati dan di pisah kan dari kulit dengan bahan isolator.kecuali di lakukan rangsangan dengan pengulangan yang lama. Panas yang timbul dapat di nyatakan dengan rumus : H = V. yaitu : Metoda Capasitance (Metoda Kondensor) dan Metoda Inductance (Metoda Induksi=metoda kabel). Penggunaan listrik berfrekuensi tinggi : Listrik berfrekuensi tinggi tidak mempunyai sifat merangsang saraf motoris atau saraf sensoris. unsustain (tidak terus menerus) .Tindakan osilasi bisa dalam bentuk sustain (terus menerus). Apabila kedua elektroda di aliri arus listrik maka akan tercipta medan listrik di antara kedua elektroda tersebut.Subtansi yang berada di dalam medan listrik akan mengalami vibrasi.24 (Hukum Joule) Ukuran dan jarak eletroda perlu di perhatikan.i.syarat yang perlu di perhatikan bahwa elektroda harus lebih besar dari pada struktur yang akan di obati dan jarak penempatan elektroda harus sama terhadap kulit. .berdasarkan sifat ini maka frekuensi tinggi di gunakan dalam bidang kedokteran di bagi dalam 2 bagian : short wave diathermy (diatermi gelembung pendek) dan mikro wave diathermy (diatermi gelembung mikro) Short Wave Diathermy (diatermi gelembung pendek) Pada diatermi ini terdapat dua metoda yang di pakai untuk memperoleh gelombang elektromagnetis agar masuk ke dalam badan.elektrolit mengalami dipol dan timbul panas. demping (redam) .T / 0.

Ada juga kemungkinan yang lain yaitu mendefinisikan gelombang desimeter.Ada pula menggunakan panjang gelombang 69 cm. di mana akan terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan oksigen dan pengangkut makanan untuk sel – sel. tetapi batasan yang di berikan yaitu gelombang dengan panjang gelombang antara 1 meter dan 1 sentimeter di klasifikasikan sebagai gelombang mikro.25 sentimeter dan suatu frekuensi dari 2. Efek pada Saraf. Efek terhadap infeksi bakteri : di sini peningkatan sel darah putih dan antibodi pada daerah infeksi. Penurunan tekanan darah yang di sebabkan oleh pelebaran pembuluh darah. Terhadap daerah yang patah.sehingga terjadi detruksi jaringan.mengurangi eksitasi saraf apabila kurang begitu panas. frekuensi 433. Efek diatermi gelombang pendek Menghasilkan panas dan peningkatan efek fisiologis sebagai akibat dari peningkatan temperatur yaitu : Meningkatkan metabolism (Perubahan struktur kimia yang di sebabkan kenaikan temperatur .peningkatan aliran darah. Oleh karena pemanasan maka terjadi koagulasi. atau grid.Struktur yang akan di obati lebih besar dari elektroda. .Penempatan elektroda yang benar adalah Penempatan elektroda pada kulit dengan jarak yang seimbang. Ada beberapa variasi dalam definisi tentang gelombang mikro. dikenal dengan Hukum Vantt Hoff). Dengan meningkat nya temperatur mengurangi relaksasi otot dan meningkatkan efisien usaha otot. Metoda ini bisa timbul efek medan listrik atau medan magnet pada saat yang bersamaan. double heliks .peningkatan absorpsi. Menghilangkan rasa sakit oleh karena panas menyebabkan saraf sensoris mengalami sedaktif. Micro Wave Diathermy (diatermi gelombang mikro) Gelombang mikro merupakan gelombang elektromagnetis dengan panjang gelombang antara sinar merah infra dan gelombang yang di hasilkan diathermi gelombang pendek. Mempunyai efek terapeutik (pengobatan) : Terhadap daerah peradangan.450 Mhz yang sering di pakai. Gelombang dengan panjang gelombang 12. lilitan nya bisa berupa heliks tunggal. Metoda Induksi (metoda Kabel).garis gaya listrik (medan listrik) yang di timbulkan cendrung menyebar. Otot akan kontraksi dan relaksasi semakin meningkat. Teknik pemasangan kabel : kabel di lilitkan pada daerah yang akan di obati. Meningkatkan aktivitas kelenjar keringat.92 Mhz.sebagai akibat dari meningkat nya metabolism. Suplai darah meningkat.

dapat mengakibatkan pendarahan. Semoga artikel ini dapat membuat keluarga penderita celebral palsied. Efek Pengobatan : Gelombang mikro di pakai untuk mengobati penderita yang mengalami ruda paksa (Trauma) dan peradangan. reumatik. gelombang mikro otot lebih banyak menyerap energi gelombang mikro dari pada jaringan lemak. Efek yang timbul tergantung jumlah energi radiasi yang di serap. bisul . memperoleh informasi yang mencerahkan. "Kecerdasan sejati bukanlah ilmu pengetahuan . Efek yang di timbulkan oleh gelombang mikro mencakup : Efek Fisiologis : Menimbulkan panas pada jaringan jaringan yang banyak mengandung air banyak pula mendeposit energi. Perbedaan antara gelombang mikro. Pada penderita TBC dan tumor ganas.Hasil yang di timbulkan : Diatermi dengan mempergunakan gelombang mikro merupakan iradiasi jaringan dengan mempergunakan sinar Hertzian (shorter wireless). gelembung . dan lemah sistim persarafan.lebih dalam dari pada sinar merah infra. tetapi tidak dapat melewati jaringan yang padat sebagaimana di lakukan oleh diatermi gelombang pendek. stroke. trombosis dan flebitis. melainkan imajinasi bisa melebihi kecerdasan.tidak di perkenankan pengobatan dengan gelombang mikro. Imajinasi akan membawa Anda kemana pun yang anda inginkan " . Logika akan membawa Anda dari A ke B. Imajinasi lebih berharga daripada ilmu pengetahuan.Juga di pakai dalam pengobatan terhadap penderita yang merasa nyeri dan spasme otot . Diatermi gelombang mikro kurang berhasil mengobati struktur yang dalam di bandingkan dengan diatermi gelombang pendek. gelombang pendek dan sinar merah infra : Penetrasi gelombang mikro. Bahaya dan kontra indikasi : Gelombang mikro tidak dapat di pakai pada penderita gangguan sirkulasi.

00 – 20.00) yang terletak di lantai 1A      Fluroskopi Mammografi Panoramic Uroflowmetri Ultrasonografi o Pemeriksaan abdomen atau rongga perut .innerbody.5 Tesla MSCT 64 Slices X-Ray Konvensional atau umum Setiap hari kerja (08. dr.Gabriel.scribd. Departemen Fisika Universitas Udayana Denpasar.pantonanews. Sumber Gambar: http://www.brownchiro. Bali.html Fisika Kedokteran.com/798-terapi-listrik Fasilitas dan Pelayanan INSTALASI GAWAT DARURAT Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 1A RADIOLOGI Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 1A    MRI 1. Penerbit Buku Kedokteran EGC.Sumber : http://www.F.htm http://www.com/doc/24110660/biolistrik http://www.com/htm/body.J.com/physicaltherapy.

memperkecil . rasa sakit pada kanker.00) yang terletak di lantai 2B Fibro Scan Suatu Alat Diagnostik untuk mengetahui progesivitas dan hasil terapi pada kasus penyakit hati kronik dengan cara mengukur elastisitas jaringan hati Laser Kulit Suatu tindakan terapi pada kelainan kulit dengan menggunakan sinar. Berbagai kelainan kulit yang dapat diterapi anatara lain bercak kulit (freckles). dan pinggang).5 Tesla Pain Clinic MSCT 64 Slices Fluroscopy Pelayanan untuk mendiagnosa dan mengobati rasa sakit akut yang berasal dari rasa sakit di sepanjang tulang belakang (leher. Setiap Selasa s/d Jum’at (09.  TACI (Trans Arterial Chemotherapy Infusion) Suatu tindakan pemberian khemoterapy langsung pada area tumor melalui pembuluh darah MRI 1.00 – 12.punggung. tungkai Trans Cranial Doppler (TCD) Pemeriksaan Mammae atau Payudara Pemeriksaan Ginekologi atau Kandungan Pemeriksaan Thyroid atau Kelenjar Gondok Pemeriksaan Prostat Dengan perjanjian yang terletak di lantai 1A  TAE (Trans Arterial Embolization) Suatu tindakan pengobatan kanker dengan menggunakan bahan kimia tertentu untuk memblok pembuluh darah yang memberi makan sel-sel kanker tersebut. pelebaran pembuluh darah (hemangioma). dll.o o o o o o Pemeriksaan Doppler Carotis. menghilangkan bulu/rambut yang tidak diinginkan. rasa sakit estela operasi. tatto.

kantung mata. memperhalus bekas jerawat.00 – 20.4B                Penyakit Dalam Penyakit Jantung Penyakit Ginjal Penyakit Hati dan Saluran Cerna Penyakit Paru Penyakit Darah & Onkologi Medis Penyakit Tropis & Infeksi Penyakit Alergi & Imunologi Kebidanan & Kandungan Penyakit Mata Penyakit Saraf Penyakit THT Penyakit Kulit & Kelamin Gizi Klinik Bedah Umum . perawatan kulit dll ESWL (Extracorporel Shock Wave Lithotripsy) Penggunaan gelombang kejut (SHOCK Wave) untuk memecah batu ginjal menjadi fragüen yang lebih kecil sehingga pecahan batu bisa keluar sendiri bersama Air seni.00) yang terletak di lantai 2B.00) yang terletak di lantai 1A  Patologi Anatomi Farmasi Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 2B Rawat Jalan Poliklinik Spesialis Setiap hari kerja (08.00 – 20.3B. LABORATORIUM Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 1A   Patologi Klinik Bank Darah Setiap hari kerja (08.

00 – 20.00) yang terletak di lantai 4B Gigi Khusus Setiap hari kerja (08.00) yang terletak di lantai 2B      Kulit Estetik Akupunktur Gigi Estetik Gizi Bedah Plastik Klinik Onkologi Hematologi Setiap hari kerja (08.00 – 20. Bedah Khusus : o o o o o o o o o Saluran Cerna Urologi Tulang Pembuluh Darah Thorax dan Jantung Tumor Saraf Anak Plastik Klinik Cantik Setiap hari kerja (08.00) yang terletak di lantai 4B   Periodonti (Gusi & Jaringan sekitarnya) Endodonti (Saluran Akar Gigi) .00 – 20.00) yang terletak di lantai 2B        Khemoterapi Transfusi Phlebotomi Pemeliharaan akses vena FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy) Bedah biopsy sederhana BMP (Bone Marrow Punction) Gigi Umum Setiap hari kerja (08.00 – 20.

00 – 20.30 – 19.00) yang terletak di lantai 6A  Diatermi Terapi dengan pemanasan gelombang pendek/tinggi .00) yang terletak di lantai 2B Farmasi Lantai 2B Poliklinik Klinik Cantik HEMODIALISIS Setiap hari kerja (07.00 – 20.      Konservasi (Penambalan Gigi) Prostodonti (Gigi Palsu) Oral Surgery (Bedah Mulut) Maxilo Facial Rehabilitation (Rehabilitasi Muka & Rahang Atas) Orthodonti (Pemasangan bracket atau Bel) Penyakit Mulut Poliklinik Umum Setiap hari kerja (08.00) yang terletak di lantai 4A Ruang Hemodialisis REHABILITASI MEDIS Fisioterapi Setiap hari kerja (08.

00) yang terletak di lantai 6A Rawat Inap       Perawatan Umum Perawatan Bayi & Anak Perawatan Intensif (ICU) Perawatan Intensif Jantung (ICCU) Perawatan Intensif Anak (PICU) Perawatan Intensif Neonatus (NICU) KAMAR BERSALIN DAN KAMAR TINDAKAN KEBIDANAN Pelayanan 24 jam yang terletak di lantai 2A  CTG (Cardiotechography) Pemeriksaan aktivitas jantung bayi dikaitkan dengan kontraksi kandungan ibu   Ibu Melahirkan Dilatasi & Curetage (dengan perjanjian) . Menengah  Traksi Servikal/Lumbal Terapi penguluran jaringan sekitar ruas tulang leher/punggung   Nebulizer (Terapi Inhalasi) Terapi Manual Speech Therapy (Terapi Wicara) Setiap hari kerja (08. Terapi Ultrasonic Terapi dengan getaran suara tinggi  Faradisasi/Galvanisasi Terapi dengan efek arus listrik frekuensi rendah  Interferensi Terapi dengan efek penyilangan arus listrik frek.00 – 20.

Hemoklip Suatu tindakan untuk menghentikan perdarahan di lambung  Endoscopic Polipektomi Pengangkatan polip secara endoskopik tanpa operasi  ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography) .00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 1A  Gastroskopi Untuk memeriksa kelainan lambung  Kolonoskopi Untuk memeriksa kelainan usus besar  Rektoskopi Untuk memeriksa kelainan saluran pembuangan (Rectum)  Endoscopic Skleroterapi.00 – 20.ANGIOGRAPHY (Cath Lab) Setiap hari kerja (08. Ligasi.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 2A    Kateterisasi jantung Arteriografi Prifer PCI (Percutaneous Coronary Intervention) Tindakan pelebaran pembuluh darah jantung tanpa operasi  T/PPM (Temporary / Permanent Pace Maker) Pemasangan alat pacu jantung sementara/permanen  AICD (Automatic Implantable Cardioverter Defibrilator ) Tindakan pemasangan alat kardioversi defibrilasi otomatis yang ditanam didalam tubuh  ASD/VSD Closure Tindakan penutupan kebocoran sekat jantung tanpa operasi ENDOSKOPI Setiap hari kerja (08.00 – 20.

00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B ECHOCARDIOGRAPHY Setiap hari kerja (08.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 4B  Colposcopy Suatu metode pemeriksaan ginekologis untuk mengevaluasi sekaligus terapi pada leher rahim dan vagina Gastroscopy ERCP Alat Endoscopy EKG (Elektro Kardiografi) Metode pemeriksaan jantung dengan merekam aktivitas listrik jantung Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B    Konvensional Echo Doppler TEE (Trans Esophageal Echocardiography) EEG (Electro Encephalography) .00) yang terletak di lantai 3B HOLTER EKG Metode pemeriksaan EKG secara terus menerus selama 24 jam Setiap hari kerja (08.00 – 20.00) yang terletak di lantai 3B TREADMILL Pemeriksaan jantung dengan cara merekam aktivitas listrik jantung pada keadaan latihan fisik.00 – 20.Untuk pemeriksaan dan terapi endoskopik pada pankreas dan saluran empedu. (misal : batu empedu) Setiap hari kerja (08. Setiap hari kerja (08.00 – 20.

silindris) Setiap hari kerja (08.00 – 18. minus.00) LAPARASCOPY Suatu teknik operasi dengan menggunkan peralatan canggih (Laparaskop dan Videokamera) sehingga tidak menimbulkan luka yang besar pada dinding perut.00 – 20. kista .00 – 20.00) yang terletak di lantai 4B AUTOREFRACTOMETRY Pemeriksaan kelainan refraksi mata secara otomatis (pemeriksaan mata plus. Tindakan ini dilakukan pada kasus-kasus usus buntu (Laparaskopi Appendiktomi).00) dengan perjanjian AUDIOMETRY Pemeriksaan fungsi pendengaran Setiap hari kerja (08.00) yang terletak di lantai 3B ENMG (Electro Neuromyography) Suatu teknik pemeriksaan dan perekaman fisiologi otot dan saraf melalui potensial listrik yang dihasilkan saraf dan otot baik saat diam maupun saat terjadi aktivitas. Setiap hari kerja (08.00 – 20.Pemeriksaan dengan cara merekam aktivitas listrik otak Setiap hari kerja (08.00) yang terletak di lantai 3B BRONCHOSCOPY Pemeriksaan dan terapi saluran pernapasan secara endoscopic dengan memasukan scope yang dilengkapi dengan video kamera Setiap hari kerja (08.00 – 18.00) dengan perjanjian yang terletak di lantai 3B SPIROMETRY Pemeriksaan Paru Setiap hari kerja (08.00 – 18.00) yang terletak di lantai 4B TONOMETRY Pemeriksaan tekanan bola mata Setiap hari kerja (08.00 – 18.

denyut jantung dan gerakan anggota gerak selama tidur Dengan perjanjian yang terletak di lantai 3A TMS (Transcranial Magnetic Stimulation) Metode non infasif dengan alat yang menginduksi stimulus magnetic yang digunakan untuk terapi pasien yang memiliki gangguan saraf seperti Stroke. Parkinson. dan saluran empedu (Laparaskopi Cholesistektomi) Dengan perjanjian yang terletak di lantai 2A MCU Medical Check Up Setiap hari kerja (07. . pernapasan.00 – 14.00) & Sabtu (08.00) yang terletak di lantai 4B MCU BONE DENSITOMETRY Pemeriksaan kekeroposan tulang MCU Senin-Jumat (08.ovarii (Laparaskopi Kistektomi). untuk mengetahui adanya gangguan selama tidur dengan mencatat aktivitas listrik otak.00) yang terletak di lantai 3B AMBULANCE Pelayanan 24 jam dan atas permintaan MEDICAL EVACUATION Pelayanan evakuasi pasien dalam/luar kota dan luar negeri Pelayanan 24 jam dan atas permintaan SLEEP & SNORING CLINIC (Polysomnography) Metode pemeriksaan pola tidur.00 – 12.00 – 20. Migrain.

Dengan perjanjian yang terletak di lantai 4B http://www. alat untuk melihat kehamilan.php?option=com_content&view=article&id=158 . Dengan perjanjian yang terletak di lantai 3B IPL (Intense Pulsed Light) Laser Kulit Dengan perjanjian yang terletak di lantai 2B ALMA LASERS Laser Kulit Dengan perjanjian yang terletak di lantai 2B USG 4D Ultrasonography 4 Dimensi.medistra. .Vertigo.com/index. gangguan saraf tepi. serta gangguan psikiatri seperti Skizophrenia dan Depresi. Fibromyalgia Syndrome. nyeri pinggang akut/kronik. kesemutan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful