P. 1
sabuk dan rantai (belt and chain)

sabuk dan rantai (belt and chain)

|Views: 4,468|Likes:
Published by mzlathan_ibrhakhim
elemen mesin
elemen mesin

More info:

Published by: mzlathan_ibrhakhim on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/10/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

MAKALAH ELEMEN MESIN “sabuk dan rantai”

Diajukan sebagai tugas mata kuliah Elemen mesin

Disusun oleh: Maulana haris hidayat / TAB 0420120061

POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA
JL.GAYA MOTOR RAYA NO.8 SUNTER II JAKARTA UTARA

dimana makalah ini merupakan salah satu dari tugas mata kuliah elemen mesin . . karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT. oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun.yaitu sabuk dan rantai. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan.

............. Block atau bush chain (rantai ring)...................1...............................................1................................................................................. jenis ........................................ 2................ A...1..... 3...................1. Keuntungan dan kerugian rantai..........3................................belt. A.. Sabuk datar (flat belt)....................................................................................................................1..... Bush roller chain (rantai roll ring)......................jenis Rantai..................... A......................2........................ A.. Rantai...... B.......... Kelebihan dan Kelemahan dari Transmisi Sabuk Datar... A...1........2...... Macam – macam sabuk datar .................... Silent chain (rantai sunyi).......... 5...................... Belt drive with idler pulleys.........................1...............................2......... 3...........1........1.................1........................................... BAB II ISI A......................................................................... Fast and loose pulley drive....... Open Belt drive.... 1.......................... 2..................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1............... Sabuk (belt) A.3.................................................. LATAR BELAKANG RUMUSAN MASALAH BAB III PENUTUP ................. A... A......... jenis – jnis sabuk (belt).........2......... 4............... Keuntngan dan kerugian v – belt. V... Sabuk Gilir (timing belt)............................... Kelebihan dan Kekurangan Sabuk Gilir (Timing Belt)..........1.. B....... 1.......1..............................1.... 1...................1..................1................................ B..................... Quarter turn belt drive............................1......................................... Stepped or cone pulley drive..................... 6............................................................2... Crossed or twist belt drive..

Dalam pemilihan elemen-elemen dari mesin juga harus memperhatikan kekuatan bahan. Teori komponen berfungsi untuk memberi landasan dalam perancangan ataupun pembuatan alat.BAB I PENDAHULUAN 1. dan ketahanan dari berbagai komponen tersebut. Dalam merencanakan sebuah mesin harus memperhatikan faktor keamanan baik untuk mesin itu sendiri maupun bagi operatornya. .1 Latar belakang Dalam perancangan suatu alat dibutuhkan beberapa komponen pendukung. safety factor. Ketepatan dan ketelitian dalam pemilihan berbagai nilai atau ukuran dari komponen itu sangat mempengaruhi kinerja dari alat yang akan dirancang Mesin merupakan kesatuan dari berbagai komponen yang selalu berkaitan dengan elemen-elemen mesin yang bekerja sama satu dengan yang lainnya secara kompak sehingga menghasilkan suatu rangkaian gerakan yang sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Adapun elemen tersebut diantaranya adalah sabuk dan rantai.

2. Kecepatan poros penggerak dan poros yang digerakkan 2. Besarnya daya yang ditransmisikan tergantung pada faktor berikut: 1. . 3. 4. 3.BAB II ISI A. Rasio kecepatan reduksi. 4.1. Kecepatan belt. Sabuk (belt) Gambar 1. Pemilihan belt yang akan dipasang pada pulley tergantung pada faktor sebagai berikut: 1. Kondisi belt yang digunakan. Daya yang ditransmisikan. Tarikan belt yang ditempatkan pada pulley. Jarak antara pusat poros. Luas kontak antara belt dan pulley terkecil. sabuk (belt) Belt (sabuk) atau rope (tali) digunakan untuk mentransmisikan daya dari poros yang satu ke poros yang lain dengan memakai pulley yang berputar pada kecepatan yang sama atau pada kecepatan yang berbeda.

2. Layout poros. Circular belt A. 2. sabuk (belt) dibedakan menjadi 3 yaitu: Gambar 1.1 SABUK DATAR (FLAT BELT) Flat belt umumnya dipakai pada crowned pulleys. 6. V – belt c. Light drives (penggerak ringan). JENIS – JENIS SABUK (BELT) Jenis belt biasanya diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok sebagai berikut: 1. jenis – jenis sabuk (belt) a. 7. Ini digunakan untuk mentransmisikan daya yang lebih kecil pada kecepatan belt sampai 10 m/s seperti pada mesin pertanian dan mesin perkakas ukuran kecil. Flat belt b.5. Heavy drives (penggerak besar).1. Ini digunakan untuk mentransmisikan daya yang berukuran besar pada kecepatan belt di atas 22 m/s seperti pada mesin kompresor dan generator. Kondisi pelayanan. Menurut bentuknya.1. sabuk ini lebih tenang dan efisien pada kecepatan tinggi. Ini digunakan untuk mentransmisikan daya yang berukuran sedang pada kecepatan belt 10 m/s sampai 22 m/s seperti pada mesin perkakas. dan juga mampu mentransmisikan sejumlah daya yang besar pada jarak pusat pulley yang panjang . A. Medium drives (penggerak sedang). Ketersedian tempat. 3.

Open Belt drive belt jenis ini digunakan dengan poros sejajar dan perputaran dalam arah yang sama.1. Crossed or twist belt drive belt jenis ini digunakan dengan poros sejajar dan perputaran dalam arah yangberlawanan. Dalam kasus ini. Gambar 1.3.Gambar 1. seperti pada Gambar. sabuk datar (flat belt) A. penggerak menarik belt dari satu sisi (yakni sisi RQ) dan meneruskan ke sisi lain (yakni sisi LM). Open Belt drive 2. Jadi tarikan dalam belt RQ akan lebih besar dari pada sisi belt LM. . Belt sisi bawah (karena tarikan lebih) dinamakan tight side sedangkan belt sisi atas (karena tarikan kecil) dinamakan slack side.1.4. penggerak A menarik belt dari satu sisi (yakni sisi RQ bawah) dan meneruskan ke sisi lain (yakni sisi LM atas).1 Macam-Macam Transmisi sabuk datar (Flat Belt) 1. Jadi tarikan pada sisi bawah akan lebih besar dari pada sisi belt yang atas (karena tarikan kecil). Belt RQ (karena tarikan lebih) . Dalam kasus ini.

5. Gambar 1.dinamakan tight side sedangkan belt LM (karena tarikan kecil) dinamakan slack side.4 kali lebar sabuk. Belt drive with idler pulleys Dinamakan juga jockey pulley drive seperti ditunjukkan pada Gambar . seperti pada Gambar. Lebar pulley harus lebih dari 1. Quarter turn belt drive Untuk poros yang bersilangan tegak lurus dan berputar dalam arah tertentu. Crossed or twist belt drive 3. Gambar 1.6. Quarter turn belt drive 4. Jenis ini . digunakan dengan poros parallel dan ketika open belt drive tidak dapat digunakan akibat sudut kontak yang kecil pada pulley terkecil.

Ketika poros mesin dihentikan. Pulley yang dikunci ke poros mesin dinamakan fast pulley dan berputar pada kecepatan yang sama seperti pada poros mesin.8. Fast and loose pulley drive . Loose pulley berputar secara bebas pada poros mesin dan tidak mampu mentransmisikan daya sedikitpun.7. Gambar 1. Belt drive with idler pulleys 5. Gambar 1. Fast and loose pulley drive Jenis ini digunakan ketika poros mesin (poros yang digerakkan) dimulai atau diakhiri kapan saja diinginkan tanpa mengganggu poros penggerak.diberikan untuk mendapatkan rasio kecepatan yang tinggi dan ketika tarikan belt yang diperlukan tidak dapat diperoleh dengan cara lain. belt ditekan ke loose pulley oleh perlengkapan batang luncur (sliding bar).

tidak bisa bekerja di tempat berminyak dan kotor . faktor slip besar karena puli yang datar 2. Stepped or cone pulley drive A. kecepatan yang ditransmisikan tidak besar 3.6.1. bisa mengubah arah putaran pada puli yang digerakkan 4.1. Kelebihan dan Kelemahan dari Transmisi Sabuk Datar ( Flat Belt ) Kelebihan : 1.2. dapat mentransmisikan daya dari poros ke poros yang lain yang memiliki sumbu jarak yang panjang 2. tidak bising 3.9. bisa menggerakkan poros yang tegak lurus Kelemahan : 1. Stepped or cone pulley drive Digunakan untuk mengubah kecepatan putaran poros yang digerakkan sementara putaran poros penggerak tetap Gambar 1.

Untuk menaikkan daya out put. Gambar 1. V – BELT V-belt lebih banyak digunakan pada bengkel-bengkel dan pabrik-pabrik dimana sejumlah besar daya yang ditransmisikan dari pulley satu ke pulley lain jarak antar pulley adalah sangat dekat. v.2. V-belt dioperasikan secara berganda (side by side). Ini perlu dicatat bahwa dalam Vbelt ganda. seluruh belt membentang pada laju yang sama sehingga beban yang diberikan juga sama pada setiap belt. Penampang V-belt dan alur V pada pulley Celah (clearance) harus diberikan pada bagian bawah alur seperti ditunjukkan pada (b). agar mencegah goresan pada bagian bawah yang bisa menjadikan penipisan karena aus.11.1. Sudut untuk V-belt biasanya dari 30 sampai 40 . Belt dicetak ke sebuah bentuk trapezoidal (bentuk penampangnya) dan dibuat tidak berujung. Daya yang ditransmisikan diakibatkan oleh aksi desak (wedging) antara belt dan alur V dalam pulley. V-belt dibuat dari rajutan benang (fabric) dan tali (cord) yang didalamnya terdapat karet (rubber) dan ditutup dengan fabric dan karet seperti ditunjukkan pada Gambar 1 (a).10. Gambar 1. V-belt sangat cocok untuk o o transmisi jarak pendek.belt .A.

Posisi garis pusat bisa horizontal. 6. Tarikan sentrifugal mencegah penggunaan V-belt pada kecepatan di bawah 5 m/s dan di atas 50 m/s. 4.A. 6. Konstruksi pulley untuk V-belt lebih rumit dari pada pulley dari belt datar. 7.1. 3. Mempunyai rasio kecepatan yang tinggi (maksimum 10). Mempunyai umur yang lebih lama. V-belt tidak bisa digunakan untuk jarak pusat yang panjang. tarikan belt yang tidak tepat dan panjang belt yang tidak seimbang.2. V-belt tidak bisa tahan lama sebagaimana pada belt datar. Karena V-belt mendapat sejumlah creep tertentu. karena slip antara belt dan alur pulley diabaikan. Penggerak V-belt lebih kokoh akibat jarak yang pendek diantara pusat pulley. Kerugian V-belt: 1. Belt mempunyai kemampuan untuk melindungi beban kejut ketika mesin di-start. 2. Aksi desak belt dalam alur memberikan nilai rasio tarikan yang tinggi. Lebih mudah dipasang dan dibongkar. oleh karena itu tidak cocok untuk penerapan kecepatan konstan. dengan sisi tight belt pada bagian atas atau bawah. Karena V-belt dibuat tanpa ujung dan tidak ada gangguan sambungan. Gerakan adalah pasti. 8. Keuntngan dan kerugian v – belt Keuntungan V-belt: 1. 3. . yaitu 3 sampai 5 tahun. 9. oleh karena itu pergerakan menjadi halus. sudut kontak dan tarikan yang sama dalam belt. 2. karena berat per unit panjang yang besar.1. vertical atau miring. Oleh karena itu daya yang ditransmisikan oleh V-belt lebih besar dari pada belt datar untuk koefisien gesek. Umur belt sangat dipengaruhi oleh perubahan temperature. 5. 5. 4. V-belt dapat dioperasikan dalam berbagai arah.

Sabuk Gilir (timing belt) Transmisi sabuk mempunyai kekurangan dibandingkan dengan transmisi rantai dan roda gigi. timing belt . Sabuk gilir dibuat dari karet neopron atau plastic poliuretan sebagai bahan cetak dengan inti dari serat gelas atau kawat baja.A.3. dapat dipakai untuk puli berukuran besar. paduan sinter dalam kelompok tembaga besi. Besi cor kelabu (FC 20-30). Karena itu. yang lebih tinggi daripada sabuk-V dan daya yang dapat ditransmisikan adalah sampai 60 (kw). maka gerakan dengan perbandingan putaran tetap dapat diperoleh. yaitu karena terjadi slip antara sabuk dan puli. Akhir-akhir ini telah dikembangkan macam sabuk yang dapat mengatasi macam sabuk yang dapat mengatasi kekurangan tersebut yaitu sabuk gilir atau timing belt. Karena sabuk gilir dapat melakukan transmisi mengait seperti pada roda gigi atau rantai. Gambar 1. serta gigi-gigi yang dicetak secara teliti dipermukaan sebelah dalam dari sabuk. Batas maksimum kecepatan sabuk gilir kurang lebih 35 (m/s).1. atau baja karbon konstruksi mesin. Bahan puli dan profil gigi harus tahan pada tarikan maksimum. Baja rol konstruksi umum. umumnya dipakai sebagai bahan puli. macam transmisi sabuk biasa tidak dapat dipakai bilamana dikehendaki putaran tetap atau perbandingan transmisi yang tetap.13.

Sprocket di sini mempunyai gigi dengan bentuk khusus dan terpasang pas ke dalam sambungan rantai seperti ditunjukkan pada Gambar . sepeda motor. Dapat memindahkan daya yang konstan b. Rantai dibuat dari sejumlah mata rantai yang disambung bersama-sama dengan sambungan engsel sehingga memberikan fleksibilitas untuk membelit lingkaran roda (sprocket). dan lain-lain. Sprocket dan rantai dipaksa untuk bergerak bersama-sama tanpa slip dan rasio kecepatan dijamin sempurna. Dapat digunakan pada kecepatan yang tinggi dari pada sabuk V atau sabuk rata Kelemahan : a. rolling mills. Gambar 1. Biayanya mahal b. maka rantai baja yang digunakan.14. Tidak dapat bekerja di tempat yang kotor dan berminyak B. Kelebihan dan Kekurangan Sabuk Gilir (Timing Belt) Kelebihan : a.A. Untuk menghindari slip. mesin pertanian (tracktor). Rantai . Faktor koefisien gesek yang tinggi karena permukaan gesek pada pulley yang cukup besar c.1. konveyor.3. Rantai bisa juga digunakan untuk jarak pusat yang panjang hingga 8 meter. RANTAI Dalam bab sebelumnya bahwa penggerak belt dapat terjadi slip dengan pulley. gambar rantai Rantai lebih banyak digunakan untuk mentransmisikan daya dari poros satu ke poros lain ketika jarak pusat antara poros adalah pendek seperti pada sepeda.1.

B. Karena rantai dibuat dari logam. 2. B. 7. Mempunyai kemampuan untuk mentransmisikan gerak ke beberapa poros hanya dengan satu rantai. 4.jenis Rantai 1. Keuntungan dan kerugian rantai Keuntungan: 1. Tipe ini digunakan sedemikian luas seperti rantai conveyor pada kecepatan rendah.15. Block atau bush chain (rantai ring). 9. jenis . Dapat digunakan untuk jarak pusat yang pendek dan panjang. di sini rasio kecepatan yang sempurna dapat dicapai. Rantai mempunyai fluktuasi kecepatan terutama ketika terlalu longgar. Memberikan efisiensi transmisi yang tinggi (sampai 98%). Rasio kecepatan yang tinggi dari 8 sampai 10 dalam satu tahap. Biaya produksi rantai relatif lebih tinggi (harga lebih mahal). Rantai membutuhkan pemasangan yang akurat dan perawatan yang hati-hati. Dapat dioperasikan pada kondisi atmosfir dan temperatur yang lebih besar. pelumasan yang istimewa dan memperhatikan kelonggaran. 3. Dalam beberapa kasus. . Gambar 1. Mentransmisikan daya yang lebih besar disbanding belt. transmisi daya yang lebih tinggi juga memungkinkan menggunakan rantai. tipe ini menghasilkan suara berisik ketika bergesekan dengan gigi sprocket. 5. maka rantai menempati ruang yang kecil dalam lebar dari pada belt. Kerugian : 1.digunakan untuk kecepatan hingga 25 m/s dan untuk daya sampai 110 kW. Memberikan beban yang kecil pada poros. 6. 3. Block atau bush chain (rantai ring).2. Tidak slip selama rantai bergerak.1. Seperti pada Gambar. 2. 8.

ada simplex chain. jenis rantai rol . Gambar 1. Gambar 1.16. Rantai rol distandarisasi dan diproduksi berdasarkan pitch. Bush roller chain (rantai roll ring). bush (ring) dan rol. pin. plat dalam.17. Suara berisik yang ditimbulkan sangat kecil akibat impak antara rol dengan gigi sprocket. terdiri dari plat luar. Bush roller chain (rantai roll ring). bush dan rol dibuat dari paduan baja. Rantai ini tersedia dalam bermacam-macam deret (baris). duplex chain.2. Rantai ini hanya memerlukan pelumasan yang sedikit. dan triplex chain. Pin. Seperti pada Gambar .

3. rantai ini dirancang untuk menghilangkan pengaruh buruk akibat kelonggaran dan untuk menghasilkan suara yang lembut (tak bersuara). Gambar 1. Silent chain (rantai sunyi). Seperti pada Gambar . Silent chain (rantai sunyi). .18.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->