Teknis Penyusunan

Standard Operating Procedure
(SOP)
Oleh Toni Heryana

bagaimana dan kapan harus dilakukan.SOP Adalah serangkaian instruksi yang tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan aktivitas organisasi. dimana dan oleh siapa dilakukan. .

Manfaat SOP 1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugasnya. 4. sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan. . Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas. 2. 3.

. 6.Manfaat SOP (Lanjutan) 5. Memastikan pelaksanaan tugas dapat berlangsung dalam berbagai situasi. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara kongkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan. 7. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas.

4. Keselarasan. Berorientasi pada pengguna (mereka yang dilayani). Keterukuran.Prinsip Penyusunan SOP 1. Dinamis. . 3. Kepatuhan hukum. Kepastian hukum. 8. 6. Kemudahan dan kejelasan. Efisiensi dan efektivitas. 7. 2. 5.

Seluruh unsur memiliki peran penting. Komitmen. 6. Mengikat. 4.Prinsip Pelaksanaan SOP 1. Terdokumentasi dengan baik. Perbaikan berkelanjutan. 3. 2. 5. . Konsisten.

Jenis SOP SOP TEKNIS SOP teknis adalah standar prosedur yang sangat rinci dan bersifat teknis. Setiap prosedur diuraikan dengan sangat teliti sehingga tidak ada kemungkinan-kemungkinan variasi lain. SOP ADMINISTRATIF SOP administratif adalah standar prosedur yang diperuntukkan bagi jenis-jenis pekerjaan yang bersifat administratif. .

Tentukan Format SOP SOP dapat dibuat dalam bentuk narasi maupun menggunakan simbol flowchart.Penyusunan SOP 1. 3. Identifikasi Aktivitas/Kegiatan Aktivitas merupakan serangkaian kegiatan yang berurutan mulai dari awal hingga akhir yang ditandai dengan dicapainya tujuan aktivitas (output) . 2. Tentukan Nama SOP Nama SOP mencerminkan batasan kegiatan awal yang ditandai dengan input dan batasan akhir yang ditandai dengan output.

yaitu jumlah satuan waktu yang diperlukan untuk melakukan kegiatan c. Output adalah hasil dari kegiatan. Keterangan/penjelasan singkat. Kelengkapan. d. adalah tambahan informasi untuk memperjelas kegiatan. . Isi Mutu Baku dan Keterangan a. yaitu bahan yang diperlukan dalam proses kegiatan. Identifikasi Pelaksana Pelaksana adalah orang/jabatan/kelompok orang (tim)/unit organisasi yang aktif secara langsung terlibat dalam pelaksanaan kegiatan (Sumber utama: Struktur Organisasi dan uraian kerja) 5. surat yang telah diparaf. contoh: laporan. Waktu.Penyusunan SOP (Lanjutan) 4. contoh: surat permohonan b.

Dasar Hukum SOP i. Tanggal efektif berlakunya SOP f. Tanggal revisi SOP e. Nama SOP h. Peralatan/perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan SOP . Nomor SOP c. Nama unit kerja tempat SOP diberlakukan b. Tanggal pembuatan SOP d. Isi Identitas SOP a. Pengesahan SOP g.Penyusunan SOP (Lanjutan) 6.

Contoh Form SOP .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful