P. 1
Aplikasi Penerimaan Siswa Baru

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru

|Views: 946|Likes:
Published by Andi Adzin 'Ridwan'

More info:

Published by: Andi Adzin 'Ridwan' on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

Aplikasi Penerimaan Siswa Baru

Disusun oleh : Project Manager Muahazin Uswandi Anggota Budi Pratama Putra M. Syahrul Ramadhan F1b 009 003 F1B 009 013 F1B 009 069

TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MATARAM
2012

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi yang begitu pesan membuat masyarakat dihampir seluruh dunia beralih menggunakan sarana-sarana berbasis teknologi komunikasi, dimana yang dulu orang menyimpan data dalam rak-rak yang hamper memenuhi seluruh ruangan, sekarang hanya tinggal menyimpannya dalam sebuah perangkat yang memiliki berbagai macam aplikasi salah satu contoh aplikasi yang digunakan sebagai sarana penyimpanan informasi adalah DataBase. Dengan kemajuannya teknologi yang luar biasa tersebut maka setiap orang

hamper diseluruh dunia berlomba-lomba mengembangkan suatu aplikasi yang mudah digunakan, dikelola maupun mudah pengoprasiannya. Berbekal dari itu, maka kami menawarkan sebuah project perangkat lunak (SoftWare) yang dapat digunakan untuk melakukan registrasi pendaftaran siswa baru, dimana dengan adanya aplikasi ini, calon siswa tidak perlu bersusah payah datang ke lokasi pendaftaran yang dibuka olaeh pihak sekolah, tapi cukup dengan koneksi ke internet, maka sicalon siswa dapat mendaftarkan diri mereka. Kami juga melihat peluang dimana Sekolah-sekolah Negeri masih menjadi pilihan utama dan terdepan dalam pilihan masyarakat untuk menyekolahkan dan menitipkan putra putrinya. Kejadian-kejadian berburu sekolah favorit tersebut masih menjadi ritual tahunan terutama sekolah yang menyandang RSBI (Rintisan Sekolah Berstandart

Internasional). Oleh sebab itu Penerimaan Siswa Baru Secara Online sangat dibutuhkan dan akan sangat membantu jalannya proses jika dilakuka secara benar.

1. 1.3 Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam pengembangan project sistem inforamasi penerimaan siswa baru ini adalah : 1. Pengembangan project ini tidak membahas sisi komersial dan implementasi sistem. Membuat sistem informasi penerimaan baru berbasis desktop yang memudahkan dalam proses pendaftaran calon siswa baru. 2. Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis aplikasi desktop 2. Dapat mempermudah untuk melakukan proses administrasi pendaftaran siswa baru. 1. 2.2 Rumusan Masalah Dari latar belakang permasalahan diatas dapat kita rumuskan pengembangan project dari sistem informasi ini adalah sebagai berikut : 1. Pengembangan project ini hanya sebatas aplikasi desktop dan tidak berbasis client server. Bagaimana merancang sistem informasi penerimaan siswa baru yang dapat membantu dalam proses pendaftaran yang lebih cepat dan mudah digunakan.4 Tujuan dan Manfaat Adapun tujua dari pembuatas project sistem informasi penerimaan siswa baru ini adalah : 1. .

2. Menurut Kadir (2003 : 29). perbedaan antara data dan informasi sering menjadi titik awal untuk memahami sistem informasi. kejadian.1. bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. 2. tempat. Data dan Informasi Prahasta (2005 : 30) mengatakan bahwa istilah data dan informasi seringkali digunakan secara bergantian dan saling tertukar. .BAB II PEMBAHASAN 2. meskipun kedua istilah ini sebenarnya merujuk pada masing-masing konsep yang berbeda. sumber daya. sistem adalah kumpulan objek seperti orang. berikut saling keterhubungannya (inter-relasi) dalam mencapai tujuan atau sasaran bersama.1 Pengertian Sistem Informasi 2. et al (2004 : 23). ide. Menurut Prahasta (2005 : 37). et al (2005 : 54). Menurut Kendall & Kendall (2003 : 469). data adalah fakta mentah mengenai orang. Data Menurut Whitten. konsep dan prosedur yang dimaksudkan untuk melakukan suatu fungsi yang dapat diidentifikasi atau untuk melayani suatu tujuan.1 Pengertian Sistem Menurut Turban.2 Pengertian Data dan Informasi 1. sistem adalah serangkaian subsistem yang saling terkait dan tergantung satu sama lain. sistem adalah sekumpulan objek.1. dan hal-hal yang penting dalam organisasi.

konsep. staf atau orang lain di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Informasi Menurut Whitten. simbol-simbol pengganti lain yang disepakati oleh umum dalam menggambarkan objek. manajer. et al (2004 : 23). Hubungan Data dan Informasi Hubungan data dan informasi dapat disajikan dalam bentuk bagan sebagai berikut : Gambar 2. data merupakan bahasa. 4. . peristiwa. 3. Singkatnya data merupakan suatu kenyataan apa adanya.1 Hubungan Data dan Informasi. informasi adalah data yang telah diproses atau diorganisasi ulang menjadi bentuk yang berarti. aktivitas. manusia.Menurut Prahasta (2005 : 30). informasi adalah data yang telah di organisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang. Menurut Prahasta (2005 : 30-31). Informasi dibentuk dari kombinasi data yang diharapkan memiliki arti ke penerima.

2. sistem informasi adalah suatu sistem manusia-mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi. et al (2004: 10). yaitu kepada Owner. memproses. . yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu. Pada organisasi tersebut. Jadi dapat dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu rangkaian tanggung jawab yang berhubungan erat satu sama lainnya. dapat mengarahkan. Skill apa sih yang harus di butuhkan bagi seorang Proyek Manager? Skill yang dibutuhkan ada 4 titik. Organisasi tersebut berfungsi sebagai wadah untuk menuangkan konsep. baik meloby dan bujuk rayu. 2. Agar proses manajemen berjalan lancar.2 Pengertian Manajemen Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana individu-individu sebagai bagian dari organisasi yang dilibatkan untuk merencanakan. dan tentunya manajerial skill harus dimiliki. diperlukan sistem serta struktur organisasi yang solid. Terakhir ketika berbicara dengan lingkungan dalam hal ini pemerintah / lingkungan. Menurut Whitten.1. Ketika berbicara dengan user. menjalankan dan mengendalikan aktifitas-aktifitas.3 Pengertian Sistem Informasi Menurut Pustaka (dalam Prahasta. seluruh aktifitasnya haruslah berorientasi pada pencapaian sasaran. 2005 : 40). sistem informasi adalah pengaturan orang. seta resiko kedepan yang akan dihadapi. data. dapat mengajak untuk menggunakan hasil dari proyek. User. dan Team. Lalu ketika berbicara dengan team tentunya harus memiliki keahlian tehnik. mengorganisasikan. proses dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan. dan menyediakan sebagai output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi. dapat meminta persetujuan/ izin akan adanya pengadaan proyek tersebut. Maksudnya. Ketika seorang proyek manager berurusan dengan owner (komisaris perusahaan) dapat memberikan informasi berupa biaya/budget dari segi finansial. manajemen dan pengambilan keputusan organisasi. Lingkungan. ide-ide manajemen. menyimpan.

Bahasa Java merupakan bahasa berorientasi objek yang diturunkan dari C++ dengan banyak penyempurnaan. Java pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah bahasa komputer yang ditulis satu kali dan dapat dijalankan di banyak sistem komputer berbeda tanpa perubahan kode berarti.2. . Java dikembangkan pertama kali oleh James Gosling dari Sun Microsystem pada tahun 1990-an.3 Pengertian Java Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang populer dikalangan para akademisi dan praktisi komputer.

Secara umum flowchart program PSB dapat di gambarkan sebagai berikut : . tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai sistem tersebut. Gambar 3.BAB III Perancangan 3.2 Perancangan Proses Alur proses dari aplikasi yang akan dibuat dirancang dengan menggunakan flowchart yang menggambarkan bagaimana aplikasi tersebut akan berjalan.1 Perancangan Sistem Perancangan sistem merupakan gambaran secara umum mengenai alur kerja sistem yang akan dibuat. Flowchart merupakan metode yang banyak digunakan karena lebih rinci dan jelas untuk setiap alur proses pada aplikasi.1 Gambaran Umum Sistm 3.

3.Gambar 3.1 Perancangan Administrasi Aplikasi PSB Merupakan perancangan antar muka Program Aplikasi PSB yang nantinya akan berjalan pada piranti computer client.2 Flowchar Proses 3.3 Perancangan User Interface 3. gambaran perancangan antar muka ini adalah: .

3 Rancangan Form Administrasi Data 3.4 berikut.Gambar 3.3.4 Form Log In Administrator . Gambar 3.2 Rancangan Administrasi Log In Gambaran Form log in untuk aplikasi adalah seperti yang terlihat pada gambar 3.

3.6 Form Home / Selamat Datang . Selemat Datang Pada Layanan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Tampil Data Mendaftar Keluar Gambar 3.3.3 Rancangan Form Data Calon Siswa Data-data yang terdapat pada database akan ditapilkan didalam sebuah form. berikut Gambaran form yang akan menampilkan data dari calon siswa baru. Gambar 3.3.5 Form data Calon Siswa Baru 3.4 Rancangan Interface Home / Interface Selamat Datang Berikut gambar perancangan untuk interface pada home atau form tulisan selamat datang pada aplikadsi penerimaan siswa baru.

4.1 ERD (Entity Relationship Diagram) Gambar 3.4 Perancangan DataBase 3.6 Rancangan ERD .3.

pil_jurusan. ipa. . alamat.2 Rancangan Table Untuk pembuatan tabel database akan digunakan mySql 1. status. jk.3. yang mendaftar lebih awal memiliki no peserta lebih kecil. tanggal. Rancangan Tabel Table Pendaftaran *no pendataran nama pendaftar tmp_lahir tgl_lahir jk agama alamat asal_sekolah no_sttb alamat_asalmtk b_indo b_ing ipa rata2_bobot pil_jurusan tanggal status Keterangan table : Pada table diatas yang mennjadi primary key adalah no pendaftaran dimana untuk masing-masing peserta memiliki no pendaftaran yang urut sesuai waktu saat masingmasing peserta mendaftar. Peserta akan diminta untuk memasukkan : nama. asal_sekolah. no_sttb. tmp_lahir. alamat_asalmtk. tgl_lahir.4. b_ing. agama . rata2_bobot. b_indo.

akan dibuat table pendaftaran untuk aplikasi penerimaan siswa baru. tes_fisik varchar(20) not null. asal_sekolah varchar(50) not null. Setelah membuat database penerimaan siswa baru. primary key(no_pendaftaran)). nama_pendaftar varchar(30) not null. agama varchar(20) not null. no_sttb varchar (30) not null. nilai_ing double not null. rata_bobot double not null. jen_kel varchar(1) not null. nilai_ipa double not null. pil_jur varchar(20) not null. tmp_lahir varchar(500 not null. alamat varchar(50) not null. nilai_mtk double not null. dalam hal ini disingkat menjadi (psd): create database psd. Berikut pembuatan table penerimaan siswa baru pada database : create table pendaftaran( no_pendaftaran int(11) not null. tanggal date not null. . tgl_lahir date not null. alamat_asal varchar(50) not null.Berikut pembuatan databasenya : Membuat database penerimaan siswa baru. nilai_indo double not null.

Berikut tampilan pada DataBase setelah dilakukan pembuatan dataBasenya : +----------------+-------------+------+-----+---------+-------+ | Field | Type | Null | Key | Default | Extra | | NO | PRI | NULL | | | | | | | | | | | | | | | | | | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | NULL | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | +----------------+-------------+------+-----+---------+-------+ | no_pendaftaran | int(11) | tmp_lahir | tgl_lahir | jen_kel | agama | alamat | asal_sekolah | no_sttb | alamat_asal | nilai_mtk | nilai_ing | nilai_indo | nilai_ipa | rata_bobot | pil_jur | tanggal | tes_fisik | nama_pendaftar | varchar(30) | NO | varchar(50) | NO | date | varchar(1) | NO | NO | varchar(20) | NO | varchar(50) | NO | varchar(50) | NO | varchar(30) | NO | varchar(50) | NO | double | double | double | double | double | date | NO | NO | NO | NO | NO | NO | varchar(20) | NO | varchar(20) | NO +----------------+-------------+------+-----+---------+-------+ .

Tampilan pada mySql .

Gambar 3.1 Pembuka Layana Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Gambar diatas adalah tampilan awal ketika baru masuk aplikasi penerimaan siswa baru yang apabila menekan tombol masuk.7) yang merupakan Interface untuk memulai layanan pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru. .7. maka dapat dibuatkan suatu Interface untuk tiap-tiap form yang telah dirancang berikut masing-masing Interface dari gambaran rancangan yang telah dibuat : 3.1 Interface Pembuka Layanan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berikut ini adalah gambar (Gambar 3.3.5 Pembahasan Interface Sistem Berdasarkan perancangan sistem diatas. akan langsung ke aplikasi pembuka layanan seperti ynag Nampak pada gambar berikut dibawah.5.

yang merupakan log in untuk calon siswa baru.2 Interface Log In sebelum Administrasi Berikut adalah gambar (Gambar 3. maka pengguna aplikasi akan langsung masuk pada interface selanjutnya yaitu melakukan administrasi yang sebelumnya akan diminta memasukkan nama dan password untuk bisa melakukan administrasi. 3.2 Pembuka Layana Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Interface pembuka layanan aplikasi penerimaan siswa baru seperti yang Nampak pada gambar 3.5.7 akan menampilkan pilihan kepada pengguna aplikasi yaitu apabila memilih tombol “mendaftar” . .8) yang merupakan Interface Log In sebelum melakukan administrasi.Gambar 3.7.

3. .3 Interface Administrasi pada Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berikut adalah gambar (Gambar 3.9) yang merupakan Interface untuk melakukan administrasi untuk calon siswa baru. maka pengguna diminta untuk memasukkan nama dan password untuk dapat log in sebelum melakukan administrasi. Setelah menentukan mendaftar pada saat pembuka awal pada layanan aplikasi penerimaan siswa baru yang telah di jelaskan sebelumnya.5.8 Interface Log In untuk Calon Siswa Baru.Gmabar 3.

5. calon siswa diminta untuk mengisi kelengkapan dari biodata. sekolah asal dan hasil nilai Ujian Nasional yang akan disimpan dalam database dan pada Interface ini calon siswa diminta untuk mengisi kelengkapan Administrasi dengan informasi yang falid.6 Interface Pesan Berhasil Berikut adalah gambar (Gambar 3.9 Interface Administrasi untuk Calon Siswa Baru Pada Interface Administrasi diatas.10) yang merupakan interface pesan berhasil yaitu Interface ini akan muncul jika calon siswa baru telah mengisi atau melakukan administrasi. . 3.Gamabr 3.

10 . tetapi apabila tidak ingin melanjutkan administrasi atau keluar maka akan muncul pesan sepert yang nampak pada gambar dibawah berikut. Gambar 3.11 Interface Log In Petugas .2 pesan keluar dari interfaceAdministrasi 3.1 pesan Berhasil Melakukan Administrasi Gambar diatas akan muncul ketika telah sukses melakukan administrasi.10.11) yang merupakan Interface untuk Log In petugas Gambar 3.Gambar 3.5.5 Interface Log In petugas Berikut adalah gambar (Gambar 3.

Gambar 3.Interface diatas adalah Log In untuk petugas yaitu Interface yang akan muncul jika ingin melihat informasi data dari setiap calon siswa baru. . 3.5. dimana data-data calon siswa baru ini tersimpan didalam database.12 Interface Informasi Data Tiap Calon Siswa Baru Interface diatas adalah tampilan atau Informas dari data untuk setiap calon siswa baru yaitu akan menampilkan data-data dari calon siswa baru.6 Interface Informasi Data Calon Siswa Berikut adalah gambar (Gambar 3. 3.12) yang merupakan Interface untuk melihat Informasi Dari data calon siswa baru. dimana interface ini hanya untuk petugas ddan hanya dapat dibuka oleh petugas karena hanya petugas yang memiliki password untuk melihat Informasi dari setiap data calon siswa Baru.7 Interface Informasi Keluar dari Aplikasi Berikut adalah gambar (Gambar 3.13) yang merupakan Interface bahwa aplikasi telah selesai dan akan keluar secara otomatis.5.

13 Interface Keluar dari Apliaksi .Gambar 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->