P. 1
Struktur Atom Dan Molekul

Struktur Atom Dan Molekul

|Views: 63|Likes:
Published by yunita_trisnasari

More info:

Published by: yunita_trisnasari on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

STRUKTUR ATOM DAN MOLEKUL

Kimia Anorganik
Semester 1
Rumpun :

Dosen : Prof. DR. dr. H. Zainal Arifin Nang Agus, SU.
Editor : Yunita Dewi Trisnasari Angkatan 2009

Atom adalah suatu elemen atau zat yang paling kecil dan tidak dapat dipecah-pecah lagi dan tidak dapat kehilangan sifatnya.     Simbol suatu atom menunjukkan juga atomnya. Contohnya : elemen besi dengan sifat-sifatnya sebagai bagian terkecil dari besi (atom besi). Bagian terkecil dari cuprum adalah atom cuprum Setiap elemen memiliki atom berbeda Berbagai atom dapat membentuk 1 molekul kimia, sehingga bila ada 100 macam elemen maka juga ada 100 macam atom yang berbeda. TEORI ATOM DALTON 1. Unsur disusun oleh partikel yang tidak terlihat. 2. Semua atom terdiri dari 1 elemen yang sama, tetapi bila elemen berbeda maka atomnya juga lain. 3. Atom dari beberapa elemen dengan ratio tertentu dapat membentuk suatu senyawa. 4. Suatu reaksi kimia merupakan penggabungan atom 5. Atom tidak dapat dibentuk atau dirusak. Berdasarkan teori diatas, sifat senyawa dapat diterangkan :   Besarnya atom sangat kecil, dapat diukur 1/1000000cm Massa atom sangat kecil : 18 billiun atom hydrogen

SPESIFIKASI ATOM   Atom merupakan partikel sangat kecil Terdiri dari nucleus berisi proton dengan sekitarnya massa kosong.

   

Berat = 1 unit massa atom (atomic mass unit/ amu) Proton (p) = bermuatan positif (1 amu) Electron (e) = bermuatan negative (1 amu) Neutron (e) = tidak bermuatan (netral)

NOMOR ATOM Tiap elemen memiliki nomor atom yang menunjukkan jumlah proton dalam nucleus. Atom bersifat netral, artinya memiliki proton (+) dan electron (-) dalam jumlah yang sama. Nomor atom ditulis sebagai subscript di kanan symbol, sehingga 6C menunujukkan atom karbon mempunyai nomor atom Nomor atom helium 2 dan nomor massanya 4, artinya : mempunyai proton 2 dan electron 2. Neutron = nomor massa – nomor atom Sodium (natrium) menurut tabel memiliki nomor atom 11 dan nomor massa 23, proton dan electron jumlahnya sama dengan nomor atom yaitu 11.

MASSA ATOM Massa 1 atom tidak dapat dideteksi, tapi massa tiap atom dapat ditentukan dengan tepat melalui pengukuran jumlah banyak atom-atom. Atom karbon 12 sama dengan massanya 120.000 amu, massa atom oksigen 16 dan sodium 23 NOMOR MASSA Nomor massa = proton + neutron di dalam nucleus Ditulis sebagai subscript dari simbolnya C menunjukkan nomor atom karbon 6 dan nomor massa 12 JUMLAH NEUTRON DALAM NUKLEUS Semua massa atom ada di nucleus Jumlah massa menunjukkan jumlah total proton gan neutron dalam nucleus Jumlah neutron di tulis subscript sebagai jumlah atom dari elemen

ISOTOP
Adalah atom dari suatu elemen yang mempunyai nomor atom sama tetapi berbeda massa. Contoh : klorida mempunyai nomor atom 17 dan nomor massa 35,5. Artinya mempunyai 17 proton dan 17 elektron di luar nucleus dan 18,5 neutron (35,5-17) dalam nucleus. Isotop Khlor : nomor atom 17 dan nomor massa 37, artinya p = 17, e = 17 diluar nucleus, n = 20 di dalam nucleus.

17 p 18 n
Cl

17 e

17 p 20 n
Cl

17 e

Tanda lingkaran menunjukkan nucleus dari atom P = proton, e = electron, n = nucleus Atom klorida ada 2 isotop

ATOM KARBON ADA 3 ISOTOP

6P 6n

6P 7n

6P 8n

Ada karbon ada 3 isotop, nomor massa 12, 13, 14     Sedangkan nomor atomnya 6, artinya ada 6 proton adalam nucleus dan 6 elektron di luar nucleus. Nomor isotopnya 12, artinya mempunyai 6 neutron dalam nucleus Nomor isotopnya 13, artinya mempunyai 7 neutron dalam nucleus Nomor isotopnya 14, artinya mempunyai 8 neutron dalam nucleus.

Karbon ada yang mempunyai nomor 12, artinya terkecil.

STRUKTUR ATOM
Sebagai contoh : atom Hidrogen mempunyai nomor atom 1 dan nomor massa 1, artinya mempunyai 1 proton dalam nucleus dan 1 elektron dan tidak mempunyai neutron, sehingga ditulis :

1p 0n

1 e Hidrogen

H

Helium : He, mempunyai 2 proton dalam nucleus, 2 elektron di luar nukleus

2p
2 e Helium He

2n

Potasium (Kalium) : mempunyai 19 proton dalam nucleus, 19 elektron diluar nucleus dan 20 neutron dalam nukleus

19 e Potassium

K

19 20

TABEL PERIODIK
 Zaman modern sekarang, tabel periode menempatkan elemen menurut nomer dan susunan electron pada atomnya. Tiap elemen menempati satu kotak yang disusun vertical dan horizontal. Semua ada lebih dari 100 elemen. Maka ada juga 100 macam atom.  Tiap kotak mempunyai symbol dengan nomor di atas dan berat atom dibawahnya.

8 Oksigen 16.00

GROUP :
Elemen I A disebut sebagai Metal aktif : Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr. Semuanya metal kecuali Hidrogen. Bersifat sebagai konduktor panas dan listrik serta bereaksi kuat dalam air. Mempunyai satu electron dengan energy tertinggi disebut electron valensi. Semua elemen satu group mempunyai sifat kimia yang sama sebab nomer valensi elekktronnya sama. Elemen group sama dapat membentuk senyawa yang sama dan dapat saling bertukar satu dengan yang lainnya. Elemen II A : Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra disebut elemen alkali bumi. Semuanya metal dengan 2 elektron lapis luar. Elemen III A : B, Al, Ga, In, Ti, mempunyai 3 elektron di lapisan luar. Group VII A : F, Cl, Br, I, At disebut halogen non metal dengan 7 elektron di lapisan luar Group VIII A : Group 0 elemen disebut Noble Gasses, mempunyai 8 elektron kecuali He, tidak reaktif. Pada baris horizontal hanya ada 2 elemen : H dan He. Mempunyai 1 elektron pada lapis energy pertama. Pada group IA titik leburnya menurun, semuanya metal sedangkan VIIA non metal, titik leburnya naik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->