P. 1
Gender Dan Seksualitas

Gender Dan Seksualitas

|Views: 54|Likes:
Published by Alexandra Ava

More info:

Published by: Alexandra Ava on Jan 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

Alexandra A. V.

A (1006688546) Aufa Apriliani (1206246206) Syubbanur Rijal (1206253426)

dan budaya antara laki-laki dan perempuan (Giddens)  Seksualitas/jenis kelamin bersifat biologis dan dibawa sejak lahir sehingga tidak dapat diubah (Kerstan) . sosial.Gender dan Seksualitas   Gender adalah perbedaan psikologis.

Gender dan Sosialisasi   Gender terbentuk karena adanya proses sosialisasi dan dapat berubah.  Agen sosialisasi gender: o Keluarga o Sekolah o Media massa .  Sosialisasi gender adalah proses sosialisasi yang membentuk persepsi diri dan aspirasi gender.

 Media massa: terdapat iklan tentang keperluan rumah tangga yang diperankan oleh perempuan dan iklan yang mempromosikan produk mewah diperankan oleh laki-laki. paduan studi.Fenomena Isu Gender dalam Keluarga. dan pilihan karir. Sekolah. .  Sekolah: adanya pemisahan antara siswa dengan siswi agar mendapat pelajaran yang berbeda. dan media masa  Hal-hal yang dipaparkan oleh Macionis:  Keluarga: saat seorang anak lahir terdapat pertanyaan apa jenis kelamin anak tersebut dan cara penanganan anak untuk menciptakan kepribadian didalam dirinya.

2. Pola asuh dalam keluarga. Sosial budaya yang dianut. terbagi menjadi:  Patriarki  Matriarki Seksisme . sekolah.Faktor-faktor Isu Gender  Faktor-faktor yang berpengaruh atas isu gender yang timbul dalam keluarga. dan media massa antara lain: 1.

dan Media Massa  Keluarga Perempuan  Laki-Laki Diperlakukan lemah lembut Diberikan benda berwarna terang Diperlakukan secara tegas Diberikan benda berwarna gelap  Sekolah Perempuan Mempelajari hal-hal ekonomi rumah tangga Mengarah ke ilmu sosial humaniora Laki-Laki Mempelajari hal-hal di bidang teknik pertukangan Mengarah ke ilmu pengetahuan alam . Sekolah.Contoh Gender dalam Keluarga.

Lanjutan..   Media Massa Perempuan Iklan produk keperluan rumah tangga Menempati peran pada posisi jabatan rendah seperti resepsionis Laki-Laki Iklan produk mewah Menempati peran pada posisi jabatan tinggi seperti presiden direktur .

 Macam-macam stratifikasi: • Gender dan Pendidikan • Gender dan Pekerjaan • Gender dan Penghasilan • Gender dan Kekuasaan. dan privilise antara laki-laki dan perempuan (Macionis).Gender dan Stratifikasi   Stratifikasi gender adalah ketimpangan dalam pembagian kekuasaan. kekayaan. Dalam hal ini terbagi lagi menjadi:  Gender dan Politik  Gender dan Keluarga .

 Sekolah • Adanya perbedaan hak siswa dan siswi. Adanya perlakuan istimewa untuk laki-laki dibandingkan dengan perempuan  Media Massa • . mulai dari pilihan studi sampai batas mengenyam pendidikan. Adanya KDRT. Adanya ketimpangan antara kekuasaan istri dan suami.Dampak Ketidaksetaraan Gender   Keluarga • • • Adanya diskriminasi perlakuan terhadap anak laki-laki dan perempuan.

 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->