Rangkuman Sejarah I. Perkembangan kekuasaan barat di Indonesia 1. VOC a.

Faktor Kemunduran VOC - Korupsi merajalela di pegawai VOC - Pegawai tidak berkualitas - Menanggung utang yang besar - Kemerosotan moral di kalangan penguasa - Tidak jalannya penyerahan wajib dan aturan priangan b. VOC dibubarkan tanggal 31 Desember 1799 2. Masa pemerintahan Daendels a. Berkuasa sejak 1808 b. Untuk memperkuat pertahanan Daendels melakukan : - Penambahan jumlah dan kesejahteraan prajurit - Membangun pabrik senjata dan kapal-kapal baru di Batavia dan Surabaya - Membangun jalan Anyer – Panarukan c. Pembaruan yang dilakukan Daendels - Mengganti system pemerintahan feodal dan menjadi sistem barat modern - Mengurangi wewenang bangsawan - Memebagi pulau jawa menjadi 9 prefektur - Menjadikan Batavia menjadi pusat pemerintahan - Membentuk pengadilan keliling dan pengadilan untuk orang pribumi - Memberantas korupsi dan penyelewengan dalam pungutan kontingenten dan penyerahan wajib - Menyederhanakan upacara di Keraton Yogyakarta dan Surakarta d. Karena hubungan yang tidak harmonis dengan para penguasa di Indonesia Daendels diganti kedudukannya oleh Jansens 3. Masa pemerintahan inggris a. Berkuasa setelah adanya perjanjian Tuntang 1811 yang berisi : - Seluruh kekuatan militer belanda yang ada di Asia tenggara deiserahkan kepada inggris - Utang pemerintah belanda tidak diakui oleh inggris - Semua pangkalan Belanda di luar Jawa menjadi kekuasaan Inggris b. Mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai letnan gubernur dan Lord Minto sebagai wakil raja di Indonesia c. Membuat Land Rent system, pokok-pokoknya adalah : - Segala bentuk penyerahan wajib dan wajib kerja dihapuskan - Semua tanah menjadi milik pemerintah colonial dan petani sebagai penyewa - Penyewaan tanah di beberapa daerah dilakukan berdasarkan kontrak dan batas waktu

Sangir.Nama orangnya Fransiscus Xaverius .Tokohnya yaitu : Douwes dekker dan Baron Van Hoevel . Penyelewengan . Masa pemerintahan kolonial belanda a.Douwes dekker membuat buku bernama Max Havelar dan memakai nama samaran Multatuli .1870 semua tanam paksa dihapuskan kecuali tanam paksa kopi di Priangan 5.Menyebarkan di Maluku. Dampak .Yang tidak memiliki tanah wajib bekerja selama 66 hari dalam setahun di kebun milik pemerintah c. pulau siau.Kerusakan tanaman dan gagal panen yang bukan disebabkan oleh petani akan diganti oleh pemerintah . NTT.Tanaman wajib debayar dengan upah yang sangat rendah d.Di Cirebon timbul bencana kelaparan .Tanah yang disediakan petani untuk menanam tanaman wajib cenderung melebihi tanah yang ditetapkan .Sewa tanah sedapat mungkin dibayar dengan uang . Katolik .Tanah garapan untuk tanaman ekspor dibebaskan dari pajak tanah . Reaksi .Hasil panen diserahkan kepada pemerintah dengan harga yang ditentukan pemerintah .1865 tanam paksa teh dan nila dihapuskan .Petani diwajibkan menanam seperlima tanahnya dengan tanaman yang laku di dunia .Penyebar disebut misi ..Sistem kekuasaan tradisional yang berciri turun temurun dihapuskan 4. 19 agustus 1816 indonesia dikembalikan kepada belanda b.Baron van Hoevel menjadi anggota parlemen belanda dan menggalang kelompok yang memperjuangkan f. isi pokoknya : . dan Sulawesi Utara .Ada saat portugis . Membuat tanam paksa. Penyebaran agama Kristen di Indonesia a.1860 tanam paksa lada dihapuskan .Tenaga dan waktu yang digunakan untuk menanam tanaman wajib tidak boleh melebih tanaman padi .Tanaman wajib harus selalu didahulukan .Di demak dan grobongan ratusan penduduk meninggal karena kelaparan .Bencana kelaparan dan wabah penyakit di jawa tengah e. Dampak .Rakyat belum beradaptasi dengan tanaman wajib tersebut .

Perang Paderi ( 1821 – 1837 ) a. Perang Diponegoro ( 1825-1830 ) a. dan Tapanuli Mendirikan NZG.Panglima Polim . dan Hernius . belanda di perundingan mengangkap diponegoro dan mengasingkannya 4. Perang berakhir dengan adanya perundingan. Nomensen. Sebabnya karena belanda membuat jalan yang menerobos makam leluhur diponegoro b. Sebastian Danchaerts. d. dan Daniel Sorbach b. Perang Saparua ( 1817 ) a.1830-1837 : ditandai dengan perlawanan paderi yang meningkat dan penyerbuan belanda secara besar-besaran d. Pada 24 Oktober 1829 Sentot menyerah e. Tokoh yang memimpin .Kegiatan : Menyebarkan di Maluku. Philip Latumahina. Diawali dengan kaum paderi yang ingin kaum adat kembali ke islam yang benar b. Timor.Cut Nyak Dien . Awal agustus 1817 Benteng Duurstede direbut kembali oleh belanda d. Perang Aceh ( 1873 – 1904 ) a.Teuku cik Ditiro . Protestan . Dipimpin oleh Thomas Matulesia. Kaum adat dibantu dengan belanda dan bentrok dengan paderi c. Perlawanan berakhir setelah Tuanku nan Alahan menyerah 3. Terdiri atas 3 bagian . Pada 21 September 1837 pusat paderi di bonjol dikuasai oleh belanda dan menangkap dan mengasingkan Tuanku Imam Bonjol e. Pada 1828 Kyai Maja menyerah. Sangir. b. Anthony Reebok.1825-1830 : ditandai dengan meredanya pertempuran Karena belanda berhasi mengadakan perjanjian dengan kaum paderi . Awal perang ditandai dengan letusan meriam belanda di Tegalrejo pada tanggal 20 Juli 1825 c.1821-1825 : ditandai dengan meluasnya perlawanan rakyat ke seluruh daerah minangkabau . yaitu perkumpulan yang berusaha menyebarkan agama Kristen protestan Mendirikan sekolah yang menitikberatkan pada ajaran Kristen Reaksi Rakyat terhadap kolonialisme belanda 1.Tokohnya : Dr. Talaud. Perang berakhir dengan Thomas Matulesia dihukum mati 2. Menyerbu benteng Duurstede pada tanggal 16 mei 1817 dan Van den Bergh tewas c.Penyebar disebut zending .II.

Snouck Hugronje melebur di kalangan aceh dan menyelidiki kelemahannya e. Internal . Karena sengketa mengenai Hak Tawan Karang ( menguasai kapal yang karam di wilayahnya ) b.Desa Bendungan ( 1907/ Dermojoyo c. Pada 1862 Pangeran Hidayat menyerah e. Sejak mei 1898 kedudukan aceh semakin terdesak contohnya : .Teuku Imam Leung Bata . Pada 1904 Van Heutz mengeluarkan plakat pendek yang berisi mengenai kedaulatan belanda di aceh 5. Dipimpin oleh jenderal michiels pada 1849 berhasil merebut Klungkung.III. Perang Banjar ( 1858 – 1866 ) a. Perang Jagaraga ( 1849 – 1906 ) a.Sultan ditawan . Gerakan Keagamaan . Tahun 1859 perlawanan dipimpin oleh pangeran antasari dan menyerang pos-pos belanda c.Teuku Ibrahim b.Panglima Polim Menyerah . 14 April 1873 belanda yang dipimpin jenderal kohler merebut masjid Baiturahman c. Dr.Idris) . Pada 1848 belanda menyerbu istana buleleng dan berhasil merebut istana buleleng c. dan Gianyar d.Teuku Umar gugur di pertempuran Meulaboh .Sidoarjo ( 27 mei 1903 / Kasan Mukmin ) .Blora ( Samin Surosentiko/Raden Kahar .Tangerang ( pada 1924 dipimpin oleh Kaiin ) b. Kekuatan rakyat banjar melemah Karena meninggalnya pangeran antasari d. Diawali karena belanda mencampuri urusan politik di Banjar b. . Gerakan Ratu Adil .Budia ( Mohammad Rifangi ) Kesadaran Nasional 1. Kesadaran bersama untuk membentuk Suatu Bangsa 2.Condet ( Batavia ) ( pada 1916 dipimpin oleh entong gendut ) . Karangasem. Gerakan Perlawanan Sosial a. Pada 1906 seluruh bali dapat dikuasai belanda 7.Ciomas ( pada 1924 dipimpin Moh.Teuku Umar . 19 April 1873 aceh merebut masjid Baiturrahman d. Gerakan Protes Petani . Faktor a. 4 tahun setelahnya peperangan di Banjar mereda 6.Cut Nyak Dien ditangkap f.

Sarekat Islam ( 1912 ) .Kemenangan jepang atas rusia 3.Kongres pertama pada 5 oktober 1908 menghasilkan keputusan : Merumuskan Tujuan Budi Utomo Pusat Berlokasi di Yogyakarta Kegiatan ditujukan untuk pendidikan dan kebudayaan Ketua adalah raden tumenggung tirtokusumo.Muncul fase kesadaran pentingnya semangat nasional dan perasaan senasib . bupati karanganyar Wilayahnya meliputi jawa dan Madura .Tokoh : dr. Dipelopori oleh Van Deventer b. Eksternal . Organisasi Awa a. Tirtoadisuryo pada 1909 di Batavia dan Bogor - . Perlakuan diskriminatif dari kolonial dan imperialis barat Adanya kenangan kejayaan masa lalu Timbulnya kaum cerdik pandai akibat politik etis Lahirnya kelompok terpelajar islam Kesadaran bangsa akan harga dirinya sebagai suatu bangsa yang ingin hidup bebas b.Pemindahan . Isi : .Kegiatan di bidang politik : Ikut dalam anggota Indie Weerbaar dan dikirim ke Belanda pada tahun 1916-1917 Mengusulkan dibentuknya Volksraad bagi bumiputera Berpatisipasi dalam pembentukan Komite Nasional Aktif sebagai anggot Volksraad Mengemukakan program politiknya 1927 bergabung dengan Permufakatan Perhimpunan – Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia ( PPPKI ) Mendirikan Studieclub yang membahas masalah – masalah politik b.Pengairan . Politik Etis a.M.Lahirnya nasionalisme di asia dan afrika .Didirikan oleh R.Pendidikan Perkembangan Pergerakan Kemerdekaan di Indonesia 1.Bergerak di bidang social budaya sampai tahun 1915 dan mulai bergerak di bidang politik . Budi Utomo ( 20 Mei 1908 ) .Muncul dorongan untuk melawan imperialism barat . wahidin sudirohusodo dan dr. Sutomo .Peristiwa perang dunia 1 .IV.

Didirikan oleh A. Sunardi bernama Tri Koro Darmo .Tokoh yang terkenal Moh.Awalnya bergerak di Sosial Budaya lalu di bidang politik c.Berdiri pada bulan September 1914 .S.Didirikan oleh tiga serangkai yaitu Douwes Dekker ( dr.Didirikan karena para pengurusnya tidak puas dengan kinerja Budi Utomo .SI merah yang sudah berbau komunis dipimpin Semaun dan Darsono .Pada tahun 1921 SI mengalami perpecahan karena masuknya paham komunis . Pasundan . Sarekat Sumatera .Pada 1927 SI berganti nama menjadi Partai Sarekat Islam .Tujuan untuk melindungi hak-hak dagang pribumi muslim dari monopoli pedagang besar Tionghoa . Hatta.Haji Samanhudi mendirikan Sarekat dagang islam di bogor pada 1911 .Tujuan untuk membangun patriotism semua bangsa Indonesia . Danudirja Setiabudi ). Patty pada 9 mei 1920 di Semarang . dan R. Wiryosanjoyo. Jong Java . Sutan Syahrir dan Muh. Indische Partij .Didirikan 9 Desember 1917 oleh orang – orang Sumatera yang ada di Batavia .SI putih yang tetap pada asas islam dipimpin Abdul Muis . Cipto Mangunkusumo .Merupakan kumpulan dari : Perkumpulan Wilhemina didirikan di Magelang pada 1 September 1909 Ambon’s Bond didirikan pada 1911 di Amboina Mena Muria didirikan di Semarang 1913 Sou Maluku Ambon didirikan di Ambon d. Suwardi Suryaningrat ( Ki Hajar Dewantara ).Cokroaminoto pada 10 september 1912 berganti nama menjadi Sarekat Islam .Atas saran dari H. Yamin b.1913 mengajukan permohonan kepada belanda untuk mendapat pengakuan badan hukum tapi ditolak 2. Sarekat Ambon .Mengalami kemunduran karena perpecahan dari dalam c.Didirikan pada 7 maret 1915 oleh R.Pada 1918 berubah nama menjadi Jong Sumatranen Bond .SI terbagi dua menjadi SI merah dan SI putih . R.20 Januari 1913 diadakan kongres pertama yang menetapkan bahwa SI bukan organisasi politik . Organisasi Daerah a.O.Pada 12 Juni 1918 namanya diubah menjadi Jong Java - .S.Pada 1927 PSI berubah nama menjadi PSII .Merupakan organisasi politik pertama di Indonesia . Satiman. dr. Kadarman.Tujuan untuk mempererat hubungan antara pelajar – pelajar sumatera .

Didirikan oleh K.Tujuannya untuk menegakkan syariat islam berdasarkan mazhab syafii c.Sejak tahun 1932 berubah menjadi partai politik . dan Kesehatan g. Rukun Minahasa . Muhammadiyah .Tokoh Permi adalah Mukhtar Luthfi .Pada 25 April 1919 berubah nama menjadi Jong Minahasa aras prakarsa dari Ratu Langie f. Muda Kristen Djawi .ekonomi. sosial 3. Kerajinan. dan politik h. Persatuan Murid-Murid Diniyah School - .Dibentuk pada tahun 1921 .Tujuan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya b. Ammolio . Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada 18 November 1912 .H.Pada awalnya permi bergerak di bidang sosial . Nahdatul Ulama . perdagangan.Tujuan untuk mencapai kemajuan di bidang ekonomi. Perkumpulan Orang – Orang Madura .W.Tujuan untuk memajukan pengajaran.Didirikan oleh K.Tujuan untuk mendukung anggota dan mempertinggi keadaan golongan timor dalam bidang kebudayaan.Tokohnya adalah J. Perkumpulan Kaum Betawi .Didirikan pada Agustus 1912 oleh pemimpin masyarakat Minahasa .H. sosial. Organisasi Agama a.Tujuan : Menumbuhkan Ikatan Persaudaraan Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya Membangkitkan perasaan untuk segala bahasa dan budaya Indonesia e.Didirikan pada 1 januari 1925 oleh Syamsuridjal . Persatuan Muslim Indonesia .Lahir dari penggabungan Sumatera Thawalib .Didirikan pada 1 Januari 1923 . Hasyim Asy’ari di Surabaya pada 21 Januari 1926 .Didirikan di Surabaya pada 1920 .Tujuan untuk mencapai derajat hidup yang layak bagi rakyat Minahasa .Pada 11 Oktober 1937 Permi dibubarkan d. Perkumpulan Orang-Orang Timor .Tujuan untuk memajukan agama islam bagi anggotanya dan mempererat hubungan di kalangan pemuda islam f. Jong Islamieten Bond .Didirikan pada tahun 1920 e.

kebebasan pers.PNI baru lahir pada tahun 1931 . Partai Komunis Indonesia .F. Serikat Sumatera.Tokohmya : Amir Syarifuddin.Didirikan oleh Zainuddin Labay El Yunasy di Padang Panjang ( SumBar) pada 10 Oktober 1915 4. Perhimpunan Indonesia . dan Mr.Muncul tokoh nasional Sutan Syahrir yang diminta Drs.J.Didirikan pada tahun 1908 oleh pelajar Indonesia di Belanda . Partai Nasional Indonesia .Pada tahun 1936 Partindo dibubarkan oleh Mr.Pada 1922 dikenal sebagai Perhimpunan Indonesia b. Sutomo . dr. Organisasi Kooperatif a. Partai Indonesia Raya ( Parindra ) . Sneevliet .Didirikan pada 4 Juli 1927 oleh Ir.Merupakan gabungan dari Budi Utomo. Sartono dan PNI Baru yang dipimpin oleh Drs. Mohammad Hatta d.H.Tujuan untuk memperjuangkan kebebasan berkumpul dan berserikat. Partai Celebes. Bergsma . .Didirikan pada 25 Desember 1935 oleh dr. Partai Indonesia ( Partindo ) . Gerakan Indonesia Raya ( Gerindo ) .Didirikan pada 24 Mei 1937 sebagai pengganti Partindo . Dekker.Tujuannya adalah bekerja untuk meraih kemerdekaan Indonesia berdasarkan kepercayaan sendiri dan memperbaiki keadaan ekonomi.Nama awalnya Indische Sociaal Democratiesce Vereeniging . dan politik dengan kekuatan sendiri. Sunario.Tujuan adalah memperbaiki dan meningkatkan kepentingan bersama orang Indonesia di negeri belanda dan memelihara hubungan dengan Hindia Belanda . Mr. . dan P.Bubar pada tahun 1936 e. Soekarno. Cipto Mangunkusumo. dan memberantas buta huruf . Sartono b.Pada 1920 ISDV berganti nama menjadi Partai Komunis Hindia lalu berubah lagi menjadi Partai Komunis Indonesia c. Pendidikan Nasional Indonesia ( PNI Baru ) .Awalnya bernama Indische Vereeniging atau Perhimpunan Hindia . Muhammad Yamin. Sartono 5.W. Budiarto. dan Persatuan Pemuda Sultan Ageng Tirtayasa - . dan Mr.Dipimpin oleh Mr.Tujuannya adalah kemerdekaan . sosial. Organisasi Nonkooperatif a.Pada 25 april 1931 PNI terbagi dua yaitu Partindo yang dipimpin Mr. mengusahakan perkumpulan tani. Mohammad Hatta untuk memimpin PNI Baru . Perhimpunan Bangsa Indonesia.M.Didirikan oleh H. Sartono .

Merupakan gabungan dari Parindra. dan Pergerakkan Pasundan .Faktornya : Krisis Ekonomi pada 1921 dan krisis gula akibat terjadinya Perang Dunia I di Kawasan Eropa Adanya pergantian pemerintah dari Jenderal de Jonge menjadi Jenderal de Fock yang bersifat reaksioner b. Gabungan Politik Indonesia ( GAPI ) .Pada 1935 mengadakan fusi dengan beberapa organisasi pergerakan daerah ke dalam Parindra d. Persatuan Minahasa. dan Abikusno Cokrosuyoso dan berdiri tanggal 21 Mei 1939 . Bersifat Kooperatif . Perhimpunan Bangsa Indonesia ( PBI ) .Tujuannya adalah mewujudkan Indonesia mulia dengan sifat gerakannya yang kooperatif .Pada 24 Desember GAPI mengadakan konggres dan menghasilkan keputusan Penetapan bendera merah putih Lagu Indonesia raya Pemakaian Bahasa Indonesia 6.Pada tanggal 24 – 27 Desember 1938 diadakan kongres kedua untuk menunjuk K. Partai Katolik Indonesia.R. Amir Syarifuddin. Bersifat Nonkooperatif . ilmu pengetahuan. Husni Thamrin.Aksi Terbesar berupa tuntutan yaitu “Indonesia Berparlemen” pada tanggal 4 Juli 1939 .Tujuan untuk mencapai kedaulatan bangsa dan tanah air yang sempurna .Perkembangan dari Indonesische Studie Club di Bogor dan Sarekat Madura pada Januari 1931 . PSII.Kegiatan : Memperkuat semangat persatuan dan rasa kebangsaan Indonesia Menjalankan aksi politik sehingga diperoleh pemerintahan yang berdasarkan demokrasi dan nasionalisme Meningkatkan kesejahteraan rakyat di bidang ekonomi dan sosial dengan bekerja keras . Bentuk perjuangan pergerakan nasional Indonesia a. mengadakan lapangan kerja dan kebudayaan . Partai Islam Indonesia.H.Sutomo yang telah wafat c. saran kesehatan.Faktor : Adanya pembatasan kegiatan untuk berserikat dan berkumpul bagi organisasi pergerakan oleh pemerintah Belanda Penangkapan dan pengasingan sebagian besar tokoh pergerakan nasional - .Caranya adalah mengembangkan Pendidikan.Dipelopori oleh Muh.M. Mr. Gerindo. Wuryaningrat sebagai ketua pengganti dr.

Faktor yang menyebabkan PPPKI Runtuh Adanya perbedaan pendapat antara PSI dengan PNI Keluarnya PSI dari keanggotaan PPPKI Adanya intervensi terhadap partai yang bersikap nonkooperatif b. PPPKI . Sumpah Pemuda . sosial. Sutomo Otto Iskandardinata Haji Omar Said Cokroaminoto Mr. Memperjuangkan melalui Volksraad .Tokohnya : Mohammad Husni Thamrin Kyai Haji Agus Salim Dr. ekonomi.Kongres Pertama ( 30 April – 2 Mei 1926 ) Nama Jong Indonesia diubah menjadi Pemuda Indonesia Pemuda Indonesia menyetujui usul PPPI tentang penggabungan organisasi lainnya yang berasaskan kebangsaan dan nasionalisme Bahasa melayu dijadikan bahasa pengantar dalam organisasi Pemuda Indonesia .Suroso Dr. Ratulangi Sukarjo Wiryapranoto Sutardjo Hardikusumo . Muhammad Yamin R. Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa a.c. seperti sang merah putih.Membentuk Fraksi Nasional yang bertujuan : Mengusahakan perubahan ketatanegaraan Menuntut agar undang-undang yang melarang berdirinya sekolah swasta nasional dicabut oleh pemerintah belanda Mengahpus perbedaan politik. lagu Indonesia raya.Dibentuk atas usul Ir. dan bahasa Indonesia .Tujuan : Mencegah perselisihan antar partai atau organisasi Menyatukan arah dan cara bereaksi dalam perjuangan menuju kemerdekaan Mengembangkan persatuan kebangsaan Indonesia dengan berbagai lambangnya.Dibentuk tanggal 18 mei 1918 .Kongres Kedua ( 27 – 28 Oktober 1928 ) Naskah Sumpah Pemuda . Soekarno . dan intelektual dalam menghadapi belanda 7.P.