TUGAS ILMU SOSIAL DAN BUDAYA MANUSIA DAN PERADABAN

TASYA FELICIA MACELLIN 201210330311160 FAKULTA KEDOKTERAN UNIVRSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

1. PERADABAN

Peradaban adalah memiliki berbagai arti dalam kaitannya dengan masyarakat manusia. Seringkali istilah ini digunakan untuk merujuk pada suatu masyarakat yang "kompleks": dicirikan oleh praktik dalam pertanian, hasil karya dan pemukiman, berbanding dengan budaya lain, anggota-anggota sebuah peradaban akan disusun dalam beragam pembagian kerja yang rumit dalam struktur hirarki sosial. 1. 2. 3. Menurut Oswalg Spengl :Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami perubahan dan menekankan pada kesejahteraan fisik dan material. Menurut Anne Ahira : Peradaban adalah kebudayaan yang mengalami kemajuan yang tinggi. Menurut KBBI : Peradaban adalah kemajuan yang menyangkut sopan santun, budi bahasa dana kebudayaan suatu bangsa.

PERJALANAN PERADABAN Perkembangan peradaban akan selalu menimbulkan benturan, ini adalah pandangan dari abang Huntington. Ia menyebutnya sebagai Clash Civilization. Perkembangan peradaban akan selalu seiring dengan timbulnya benturan-benturan seperti peradaban barat dan peradaban timur. HUBUNGAN MANUSIA DAN PERADABAN Manusia dan peradaban adalah hal yang tidak bisa terpisahkan karena manusia itu memiliki cipta, rasa dan karsa. Cipta, rasa dan karsa itu akan menimbulkan perkembangan pengetahuan yang berasal dari suatu budaya. Nah, dari hal itulah kebudayaan akan mengalami kemajuan sehingga dikatakan sebagai peradaban. Contoh : zaman dahulu, manusia menanam karet dan hanya menunggu hasil berdasarkan kemampuan alam untuk memproduksi. Tetapi sekarang tidak lagi karena ada perkembangan seperti pupuk, dan itu akan menumbuhkan karet dengan cepat. Yang dapat di jadikan indicator seseorang/masyarakat yang beradab adalah : 1. Kesadaran fungsi moral 2. Mampu membuat keputusan moral 3. Bertingkah laku bermoral 4. Bernilai intrinsik dalam hubungan sosial 5. Simpati dan Empati 6. Manusiawi dan mampu hidup sebagai makhluk bermoral 7. Kesadaran pertimbangan moral (Duska, Higgins, Downwy & Kelly)

2. 3 PERADABAN DI DUNIA

2.1 PERADABAN MESOPOTAMIA A. Letak Geografis dan Sejarah awal Mesopotamia Mesopotamia merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Letak Mesopotamia berada di wilayah perlembahan yang terletak di antara dua sungai Tigris dan Eufrat. Hulu kedua sungai tersebut berasal dari dataran tinggi yang bergunung-gunung di Asia Kecil yang mengalir ke arah tenggara secara pararel menyisir hamparan terbuka. Hanya kurang dari dua ratus mil, kedua sungai itu saling mendekat. Daerah yang dilalui kedua sungai itu pada umumnya subur. Sebab daerah itu merupakan daerah yang berupa tanah hasil endapan air yang dihasilkan dari sungai Tigris dan Eufrat. Hal ini menyebabkan rakyat disekitar sungai Tigris dan Eufrat hidup makmur dan sejahtera. Kesuburan dan kemakmuran itu membuat iri hati pada bangsa-bangsa lain yang tinggal di tepi-tepi lembah sungai. Timbullah serbuan-serbuan dari luar yang ingin memperebutkan air irigasi dan tanah yang baik. Bangsa yang mencapai peradaban yang layak pertama kali itu di lembah sungai Efrat dan Tigris menamai dirinya bangsa Sumeria. Adapun penduduk asli di situ ditakhlukkan menjadi budak yang kemudian dikawini pula. Bangsa Sumeria dating dari gurun dan pegunungan di luar Mesopotamia. Sejarah Mesopotamia diawali dengan tumbuhnya sebuah peradaban, yang diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia, oleh bangsa Sumeria. Bangsa Sumeria membangun beberapa kota kuno yang terkenal, yaitu Ur, Ereck, Kish, dll. Kehadiran seorang tokoh imperialistik dari bangsa lain yg juga mendiami kawasan Mesopotamia, bangsa Akkadia, dipimpin Sargon Agung, ternyata melakukan sebuah penaklukan politis, tapi bukan penaklukan kultural. Bahkan dalam berbagai hal budaya Sumer dan Akkad berakulturasi, sehingga era kepemimpinan ini sering disebut Jilid Sumer-Akkad. Campur tangan Sumer tidak dapat diremehkan begitu saja, pada saat Akkad terdesak oleh bangsa Gutti, bangsa Sumer-lah yg mendukung Akkad, sehingga mereka masih dapat berkuasa di "tanah antara dua sungai" itu.

B.

Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Ekonomi Pada dasarnya yang disebut dengan peradaban Mesopotamia adalah peradaban Sumeria itu sendiri. Dikatakan demikian sebab secara umum, sebagaian besar peradaban Mesopotamia dibentuk oleh bangsa Sumeria. Bangsa-bangsa yang lain yang datang sesudahnya hanyalah meneruskan dan mengembangkan peradaban yang dicapai oleh bangsa Sumeria. Pola ekonomi bangsa Sumeria lebih sederhana. Negara memberikan kesempatan yang

Di atas itu semua. 2. Hasil pertanian diangkut dengan kendaraan beroda sehingga memungkinkan mobilisasi yang cepat terhadap hasil pertanian. untuk diubah menjadi produk siap pakai dan lalu mengekspor ke daerah-daerah lain yang luas. bangsa Sumeria adalah masyarakat bisnis yang pragmatis. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Sosial 1. C. Barang–barang kerajinan yang terbuat dari logam mulia. Aktifitas ekonomi sebagaian besar bertumpu pada produksi pertanian. petani. Raja dalam sistem pemerintahan Mesopotamia berperanan sebagai: a. Bukti telah ada hubungan antara Mesir dan Mesopotamia dapat dijelaskan dengan adanya keasamaan pada budaya tertentu antara keduanya. Bahkan penemuan terakhir menujukan bahwa Mesopotamia telah mengadakan kontak dagang dengan india. Hanya sedikit dari mereka yang memiliki dan mengembangkan ekonomi atas nama mereka sendiri.diciptakan oleh tenaga-tenaga yang terampil dan ahli. singgah di Mesopotamia untuk membawa produk-produk industry maupun pertanian bangsa Sumeria. Yakni menggunakan sejenis senjata perang yang berbentuk bnuga yang ditemukan dalam seni dekorasi. Demikian juga dalam bidang perdagangan maupun industri tidak di monopoli pemerintah. terutama bahan manufaktur. Dengan kendaraan beroda yang berhasil diciptakan. Rakyat  Terdiri daripada rakyat bebas. serta tersedianya tenaga-tenaga yang terampil dan ahli menjadikan pertanian menjadi sektor utama devisa negara. Hanya saja karena sebagian besar rakyat berstatus sebagai budak mereka tidak memiliki kesempatan mengembangkan ekonomi secara bebas. artisan. Ketua kerajaan/pemerintah dan dianggap sebagai tuhan atau wakil tuhan dan pemilik negara kota. Para saudagar dan pelancong yang datang dari arah utara dan barat melalui daerah “bualan sabit subur” menuju ke Timur Mediterrania dan Mesir. dan pedagang. dikenali teokrasi. Alat tukar perdagangan yang sudah digunakan ialah logam mulia seperti emas dan perak. ketua Tentera dan orang bangsawan. Mereka dengan mudah mengimpor bahan-bahan mentah yang didatangkan dari negara tetangga sebelah Utara. Organisasi sosial masyarakat Mesopotamia terbahagi dua golongan yaitu : a.lebih luas kepada usaha yang bersifat individual. Kredit dan pinjaman diatur secara hati-hati. perekonomian bangsa sumeria bukan berarti tidak berkembang dengan baik. Meskipun industri bukan tumpuan utama. .  Hamba daripada tawanan perang. Kekayaan tidak secara eksklusif menjadi milik penguasa baik dalam praktek maupun teori. Golongan Pemerintah Terdiri daripada Raja. Segala perjanjian ditulis dan ditandatangani oleh saksi. Karena kondisi tanah yang subur dan pengairan yang sangat baik sekali. Ketua pendeta. b.

Bangsa Akkad memuja banyak dewa. Bangsa Ubaid Merupakan bangsa pertama yang telah tinggal di Mesopotamia selama bertahun-tahun. seperti cerita tentang Adopa. 3.b. Tempat untuk memuja para dewa tersebut adalah ziggurat. b. Pemimpin bangsa Akkadia adalah raja Sargon. Berkuasa dalam bidang ekonomi. Uruk (Dewa Langit). Bangsa ini menganut kepercayaan politeisme atau mempercayai adanya banyak dewa. Bangsa-Bangsa Pendukung Peradaban Mesopotamia a. hasil pertanian dan perniagaan. Bangsa Sumeria adalah bangsa yang pertama mendiami Mesopotamia. Ketua Tentara Ketua pendeta/agama Berkuasa melantik pembesar terutama ahli keluarga dalam memegang jawatan di Zigurat. dan juga memiliki cerita-cerita dongeng tentang kepahlawanan. dan Gilgamesh. Namun berbeda dengan para pendahulunya bangsa Sumeria memperbaharui sistem irigasi dengan membuat waduk-waduk agar ketika musim kemarau mereka tetap akan bisa melakukan pengairan ke ladang-ladang mereka. yaitu tulisan paku. Bangsa Sumeria juga sudah mengenal tulisan. f. antara lain. Dari segi kebudayaan bangsa Akkadia meniru kebudayaan bangsa Sumeria yang sudah maju sehingga berkembanglah budaya baru yang disebut budaya Sumer Akkad berbahasa semit. Etana. Dewa-dewa tersebut. Memilih Agade sebagai ibukotanya. c. d. Bangsa Sumeria (± 3000 SM) Merupakan bangsa yang ada setelah bangsa Ubaid telah punah. Kota yang dihuni tertua adalah Ur dan kemudian Sumer. Mereka menanam biji-bijian dengan memanfaatkan air sungai sebagai sarana irigasi pertanian ini dilakukan di daerah yang subur. Bangsa Akkad adalah rumpun bangsa Semit. e. c. Bangsa ini bermata pencaharian sebagai petani. Bangsa Babilonia (±1900 SM) . Bangsa Akkad (± 2350 SM) Memasuki tahun 2800 SM. Ketua pemerintahan dan dibantu golongan bangsawan yang ada ikatan kekeluargaan. Masyarakatnya tidak menyembah raja saebagai Tuhan kecuali dalam zaman Raja Naramsin di Akkad – gelar diri Raja Empat Penjuru Alam. g. Bangsa ini bermata pencaharian sebagai petani yaitu dengan cara melanjutkan pertanian yang dilakukan oleh bangsa Ubaid. Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Akkadia. setelah berhasil mengalahkan bangsa Sumeria. Kebudayaan bangsa Sumeria akhirnya berakhir setelah pada tahun 2350 SM diserang oleh bangsa Akkad di bawah pimpinan Sargon. pengutipan cukai tanah. Setelah dikeringkan daerah tersebut menjadi pemukiman yang dihuni oleh kelompok masyarakat yang teratur. d. dan Eridu (Dewa Air). Mula-mula daerah tersebut berupa rawa-rawa. Nippur (Dewa Bumi).

Irak selatan. Raja Sennacherib. Pada masa pemerintahannya ia meninggalkan 22000 buah lempengan tanah liat yang tersimpan di perpustakaan Niniveh. Selain kehidupannya yang bercorak militer. Salah seorang raja Assyria yang terkenal adalah Assurbanipal. gigi ganti gigi.Kerajaan Babilonia didirikan oleh bangsa Amorit yang disebut juga Babilonia. maka undang-undang itu dipahatkan pada tugu batu setinggi 8 kaki yang ditempatkan di tengah ibukota. Raja Babilonia yang terbesar adalah Hammurabi (1948-1905 SM). Setelah Hammurabi meninggal dunia. bangsa Assyria merupakan penakluk daerah-daerah di sekitarnya sehingga berhasil membentuk imperium yang besar. Agar dapat dibaca oleh masyarakat. Babilon menjadi pemerintahan (ibukota). Pemerintahan bangsa Assyria bercorak militer. Dengan demikian keteraturan masyarakat tercapai karena ketaatan pada hukum. di tepi sungai Eufrat. Menurut kepercayaan. perdagangan dan keagamaan. e. Bangsa Assyria (±1200 SM) Bangsa Assyria termasuk rumpun bangsa Semit. undang-undang tersebut berasal dari pemberian Dewa Marduk. Gelar tersebut di dapat karena seperti bangsa Romawi. Mereka membangun kota Asshur dan Niniveh. Kata Babilonia berasal dari kata babilu yang berarti gerbang menuju Tuhan. Wilayah Assyria membentang dari teluk Persia sampai Laut Tengah. Untuk memperlancar hubungan antara ibukota dan daerah maka dibangunlah jalan raya yang bagus. Lempengan (tablet-tablet) tersebut memuat tulisan tentang masalah keagamaan. Hal ini diketahui oleh bangsa Chaldea yang berkembang di daerah . kekuasaan Babylonia terbentang dari Teluk Persia sampai seberang wilayah Turki sekarang dan dari Pegunungan Zagros di timur sampai Sungai Khabur di Siria. Tetapi. Wilayah kerajaan dibagi menjadi beberapa propinsi dan setiap propinsi diperintah oleh gubernur yang bertanggungjawab kepada Raja. sepeninggal Hammurabi wilayah Babylonia terpecah-balah dan akhirnya Babylonia (Lama) runtuh karena serangan dari bangsa Hitti (Hittit). Mereka sangat ditakuti oleh bangsa lain karna pasukan infantri. pengobatan. Pada masa pemerintahan Hammurabi. Selanjutnya Mesopotamia diduduki dan diperintah oleh bangsa Kassi (Kassit). Babilon terletak ± 97 kilometer di selatan kota Baghdad sekarang. Inti dari hukum Hammurabi adalah pembalasan. Penerapan hukum itu sangat keras. dan antaranya Raja Sargon I I. matematika. misalnya mata ganti mata. dan Raja Assurbanipal. bangsa Assyria juga membangun negerinya menjadi sangat maju antara lain di bidang pendidikan. sastra. Kota Niniveh yang terletak di tepi sungai Tigris dijadikan ibukota. contoh: “Jika seseorang melakukan pencurian di sebuah rumah. kavaleri dan tentara dengan kereta perangnya sangat kuat. ilmu pengetahuan alam. Raja-raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Assyria. maka ia harus dibunuh dan dibakar di muka rumah tempat ia melakukan pencurian”. Raja Hammurabi terkenal sebagai pembuat Undangundang. kira-kira tahun 1900 SM Babilonia ditaklukkan oleh bangsa Hittit dari dataran tinggi di sebelah utara Mesopotamia. Lambat laun Kerajaan Assyria semakin lemah. kamus dan sejarah. Bangsa Assyria digelari sebagai bangsa Roma dari Asia.

Setelah Raja Cambysses meninggal ia digantikan oleh Raja Darius. rumput dan bunga-bungaan. kemah raja Sulaiman dibakar dan menjarah tanah Yudea. Kerajaan Persia mencapai masa kejayaannya. Ibukota Yerusalem direbutnya. Bentuknya berupa podium bertingkat yang ditanami pohon. Hal kedua yang menarik adalah pembuatan taman gantung yang dipersembahkan untuk isterinya. Ada air terjun buatan berasal dari air sungai Eufrat yang dialirkan ke puncak bukit lalu mengalir melalui saluran buatan. Bahkan pada tahun 525 SM Cambysses berhasil menaklukkan negeri Mesir. Sesudah Nebukadnezar meninggal dunia tak lama yaitu tahun 539 SM. Raja Cambysses berhasii mengembalikan ketentraman dalam negeri Persia. Menghitung lewatnya waktu dengan jam air (water clock) dan jam matahari (sundial). Pada tahun 612 SM. suatu pemandangan yang sangat menakjubkan. Namun dalam pertempuran melawan bangsa Tura. Bangsa ini menyerang Kerajaan Assyria. Mereka percaya bahwa masa depan dapat diketahui dengan mempelajari bintangbintang. Taman itu dibangun di atas bukit buatan. Di bidang pengetahuan bangsa Khaldea telah mengembangkan astronomi dan astrologi. Tingginya 107 meter. berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukkan Babylonia Baru dan daerah Asia Kecil. Raja Cyrus terbunuh. Raja Cyrus menguasai sebagian dari daerah India bagian barat.Bangsa Babilonia Baru Tampilnya suku bangsa Khaldea mengangkat kembali keperkasaan Babilonia yang dulu pernah jaya. Peristiwa itu disebut masa pembuangan Babilon dari tahun 586-550 SM yang sangat membekas bagi bangsa Israel. Di bawah pemerintahannya. f. Raja bangsa Khaldea yang terkenal adalah Nebukadnezar. Ada dua hal yang menarik di kota Babilonia yaitu menara Babel dan taman gantung. Ibu Kota Niniveh berhasil dikuasai sehingga mengakibatkan runtuhnya Kerajaan Assyria. Ia kemudian digantikan oleh anaknya yang bernama Cambysses. Babilonia Baru ditaklukkan oleh bangsa Persia. Sebuah catatan penting mengenai Nebukadnezar adalah peristiwa penaklukan kerajaan Yudea dan Palestina. Selain meramal nasib seseorang juga ramalan tentang gerhana. Mereka membagi minggu dalam tujuh hari. satu hari ke dalam 12 jam ganda (1/2 hari siang/terang dan 1/2 hari malam/gelap). g. Bangsa Persia Di bawah pimpinan Cyrus berdirilah Kerajaan Persia. Jika dilihat dari jauh seolah-olah taman itu menggantung. Menara babel yang tingginya mencapai 90 meter berfungsi sebagai keindahan kota serta mercusuar bagi para pedagang di sekitarnya yang akan menuju ke kota Babilonia. Bangsa Israel termasuk para pemimpinnya diangkut ke negerinya dijadikan budak dan tawanan. Pada masa itu dibangun istana yang megah dan indah di . Ia membangun kembali kota Babilon dan menjadikan kota tersebut sebagai ibukota sehingga disebut Babilonia Baru.Mesopotamia Selatan (bekas kekuasaan Kerajaan Babylonia Lama).

Bangsa Sumeria memuja dewa-dewa yang menguasai alam. Dewa Enlil (Dewa Bumi). ada kekuatan dan keberanian. Dewa yang memiliki peranan penting dalam kepercayaan bangsa Sumeria adalah dewa yang berhubungan dengan terciptanya dunia. mereka membagi dan mempersingkat waktu ke dalam jam. Ketiga dewa itu mendapat pemujaan tertinggi dari bangsa Sumeria. Pengetahuan tentang perputaran waktu dan musim berguna untuk menentukan saat yang tepat dalam melaksanakan aktivitas kehidupannya.. dan Dewa Istar (Dewa Perang dan Asmara). yang dimaksudkan untuk mengenal perputaran waktu dan musim. ada sifat dua pertiga tuhan. dan sebagainya. Orang-orang Sumeria sudah mengenal sistem penanggaian atau sistem kalender. Huruf-huruf paku itu antara lain ditemukan pada sebuah prasasti yang berisi tentang hukum dan undang-undang yang berlaku untuk mengatur kerajaan. ~embagian waktu terus dikembangkan ke dalam bentuk yang lebih khusus melalui sistem penanggalan atau sistem kalender. yaitu 24 jam menjadi 1 hari. Tentang kepahlawanan Gilgamesh. Kitab Suci Awesta ini merupakan firman-dewa dengan perantara nabi diturunkan kepada bangsa Persia. Kepercayaan bangsa Sumeria ini terus berkembang dan dianut oleh masyarakat yang tinggal di daerah Mesopotamia. kisah Falsafah dan cara hidup masyarakat Mesopotamia. seperti Dewa Anu (Dewa Langit).Kota Suza. Tradisi kesusasteraan Epik Gilgamesh. Wajah tampan. perdagangan. Tetapi ketika bangsa Persia menguasai daerah Mesopotamia. berkembanglah ajaran agama Persia. dan Dewa Ea (Dewa Air). Pada masyarakat bangsa Sumeria terdapat . Undang-undang dan peraturan-peraturan hukum itu disebut dengan Undang-Undang Hammurabi (Codex Hammurabi). Bangsa Sumeria juga menyembah Dewa Sin (Dewa Bulan). dan 12 bulan menjadi 1 tahun. satu pertiga manusia. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Budaya Orang-orang Sumeria sudah mengenal abjad yang berupa huruf paku. Kerajaan Persia hancur ketika mendapat serangan dari Iskandar Zulkarnaen. E. Untuk mempermudah memahami pengetahuan tentang perputaran waktu dan musim. dan detik. 30 hari menjadi 1 bulan. Dewa Samas (Dewa Matahari). Bangsa Sumeria juga menyembah Tammuz (Dewa Tumbuh-tumbuhan) untuk memajukan pertanian. Dewa Marduk adalah lambang usaha bangsa Sumeria di dalam menciptakan daerah pertanian. yaitu Dewa Marduk. Istana di Persepolis terkenal karena mempunyai tangga raksasa untuk memasuki istana tersebut. baik untuk bercocok tanam. Telah memerintah dan memberikan perlindungan kepada Kota Uruk. Menceritakan juga kehidupan yang kekal dan kesaktian. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Religi/Kepercayaan Berkembangnya kepercayaan di Mesopotamia berawal dari kepercayaan bangsa Sumeria. D. menit.

masyarakat akan dapat hidup dengan hidup yang tertib dan menjadikan Raja Hammurabi sebagai raja yang besar. . Hukum tersebut berupa prasasti batu yang tingginya delapan kaki atau sekitar 2. Tidak percaya kehidupan selepas mati tetapi hanya jatuh ke dalam gua yg penuh debu. 2. bijaksana. Dengan peraturan hukum seperti itu. Cerita itu pada hakikatnya mempunyai kesimpulan bahwa hidup abadi di dunia ini tidak ada. Prasasti itu ditemukan kembali oleh pada ahli Prancis di Kota Susa (Persia) pada abad ke-20. Hukum itu terdiri dari 300 pokok undang-undang. 3. dan termasyhur namanya. Dalam kitab hukum atau undang-undang itu ditulis tentang peraturanperaturan yang menyangkut bidang pertanian. hukumannya denda satu uang perak. Kod ini mengandungi 282 undang-undang yang dipahat pada tembok. Jika bangsawan cedera atau patahkan tulang rakyat. e. Raja sebagai wakil tuhan. Pendeta ketuai upacara agama di Zigurat. Raja Hammurabi bertindak dengan keras dan tegas. d.    1. pemerintahan. Raja Hammurabi telah memperkenalkan sistem hukuman dalam kehidupan masyarakat yang peraturannya didasarkan atas nilai-nilai tradisional. Aspek keagamaan dan kepercayaan masyarakat Mesopotamia dapat dilihat berdasarkan ciri berikut: Mengamalkan kepercayaan banyak tuhan atau politiesme. c. kepercayaan. 5. sehingga terwujud ketertiban dan keamanan. Contoh: Jika rakyat patah tulang bangsawan juga tulangnya akan dipatahkan. Dasar perundangan tamadun Mesopotamia. dan kemasyarakatan. Pada setiap bagian dengan jelas tercantum jenisjenis pelanggaran dan hukumannya. Hal ini dijelaskan dalam cerita Gilgamesh. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang HANKAM Sejak awal pemerintahannya. perdagangan.5 meter dan ditempatkan di tengah-tengah ibu kota Kerajaan Babylonia.a. Aspek undang-undang ini dapat dicirikan dengan: Mengenalkan Kod Undang-Undang Hammurabi Berteraskan hak rakyat terhadap keadilan. agama. b. Hukum itu dikenal dengan Hukum atau Undang-Undang Hammurabi (Codex Hammurabi) dan merupakan hukum atau undangundang tertulis pertama di dunia. Hukuman adalah setimpal dengan kesalahan. 4. Berjaya mengelakkan wujudnya permasalahan di kalangan masyarakat pelbagai kaum dan susun lapis masyarakat. bahwa manusia setelah mati akan hilang. Pemerintahan oleh tuhan atau wakil tuhan berasaskan hukum agama dan bersifat ketuhanan/teokrasi. F. hukuman juga berbeda mengikuti susunan lapisan masyarakat. Dalam menjalankan undang-undang itu.

G. Sebagai contoh ialah istana para raja (3500 SM ) dibangun berdasarkan perencaan yang rumit. Wujudkan perpaduan dan mengukuhkan organisasi. orang Sumeria membangun kotanya menurut tata aturan kota yang terencana. lembah di barat daya Mesopotamia. Telah memerintah dan memberikan perlindungan kepada Kota Uruk. Bangunan umumnya terbuat dari batu bata dan tanah liat.lukisan para penguasa yang terlukis dalam peta. Wajah tampan. Akan tetapi karna tidak adanya batu besar di Mesopotamia membuat bangunan-bangunan seperti itu kurang berkembang. ada kekuatan dan keberanian. Dari lembah inilah bahasa Aramaik berkembang menjadi bahasa utama masyarakat Mesopotamia dan menembus Imperium Assyria dan Babylonia. ada sifat dua pertiga tuhan. "Makanya. tongkat-tongkat. yang kemudian menjadi salah satu keajaiban dunia H. dan perlengkapan senjata lainnya. Manusia yang kekar adalah bentuk khas seni pahat yang paling digemari oleh bangsa Sumeria. Aramaik mengalami penyesuaian dengan tradisi lokal. Tradisi kesusasteraan Epik Gilgamesh. Istilah Aramaik diambil dari kata Aram.6. kuil-kuil maupun dalam gundukan-gundukan tanah yang tertutup oleh benda-benda yang tidak berharga. satu pertiga manusia. Bangunan terdiri dari tangga yang besar dan tembok-temboknya dihiasi dengan relief-relief dengan bentuk binatang dan manusia. Seni pahat bangsa Sumeria terdiri dari relief-relief yang digunakan untuk dekorasi dan isinya berupa cerita-cerita yang berupa bentuk badan manusia ataupun binatang. dan penulisannya yang tak berhenti pada satu pakem. dan Syria sejak 900 tahun sebelum Masehi. perkakas dari tembikar dan tembaga. Selama 15 abad perjalanannya. kapak. cucu Nabi Nuh dari anak kelimanya. Kemampuan mengolah logam. Mereka juga pandai membuat pakaian lenan. dari pengolahan logam dihasilkan cermin. Tentang kepahlawanan Gilgamesh. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Kesenian Peninggalan bangsa Sumeria yang antara lain berupa lukisan . yang dihuni anak-cucu Aram. Bahasa ini pertama kali berkembang di Padan Aram. bahasa Aramaik terbelah dalam dua . kisah Falsafah dan cara hidup masyarakat Mesopotamia. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Kesenian Bahasa Aramaik merupakan bahasa yang digunakan masyarakat Assyria. Dan mereka berhasil mengungkapkan karateristik kebudayaan bangsa Sumeria dalam bidang arsitektur Sumeria terletak pada tingkat kerumitannya yang khas. Begitu pula dialek. Sebagai bahasa yang terus berkembang. Sam. Ceritakan juga kehidupan yang kekal dan kesaktian. Idiom yang digunakan bercampur dengan budaya setempat. ada yang menyebut bahasa Aram. Bidang arsitektur. Kaldynia. pengucapan.Mesopotamia pada zaman Babylonia (Baru) terkenal dengan “taman gantung”. Sebenarnya orang-orang Sumeria lebih familiar dengan bangunan-bangunan yang berbentuk kubah. serta perhiasan dari emas. Yahudi.

Kaldynia. bukan berarti ia punah sama sekali. Beberapa huruf bisa disambung dengan huruf lain untuk membentuk kata. Bahasa Aramaik ternyata masih digunakan dalam ritual peribadatan 130 tokoh Katolik Maronit di Kormakiti. Kemampuan mengolah logam. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang IPTEK Peradaban Mesopotamia telah memperlihatkan keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagaimana bahasa Ibrani bagi Yahudi dan bahasa Arab bagi penganut Islam. Harian The Christian Science Monitor. yang disebut Aramaik Mutakhir. antara abad ke-2 sampai ke-7. orang Sumeria membangun kotanya menurut tata aturan kota yang terencana. Aliran ini muncul berdasarkan dialek utama masyarakat yang menggunakannya. I. Bangsa Israel dalam bahasa Arab disebut "bany Israil". Mereka juga pandai membuat pakaian lenan. Kosakata yang dimiliki tiga bahasa ini juga berdekatan. Kata "tidak" dalam bahasa Aramaik disebut "la". Fase terakhir inilah yang diyakini sebagai bahasa sehari-hari Yesus selama hidupnya. Siprus. Talmud. "Tiga bahasa itu menjadi bahasa spiritual tiga agama Semit karena berasal dari rumpun yang sama. Fase ini diyakini pula sebagai fase puncak perkembangan." Dalam perkembangan selanjutnya. Babylonia. kapak. Jangan heran jika tiga bahasa tersebut punya kemiripan dari berbagai sisi. menemukan fakta menarik. Huruf dalam bahasa Aramaik dan Ibrani punya beberapa kemiripan bentuk." kata Franz Rosenthal. Aramaik Barat dan Aramaik Timur. Sedangkan Aramaik Timur muncul berdasarkan dialek Syriak di wilayah Assyria. Beberapa kosakata Arab dan Ibrani juga punya kemiripan. Ada beberapa fase perkembangan bahasa Aramaik. Keunggulan-keunggulan tersebut tampak dalam bidang-bidang berikut : Bidang arsitektur. dari pengolahan logam dihasilkan cermin. Aramaik Barat bersandar pada dialek Yahudi yang berkembang di Yerusalem. Sedangkan Ibrani menyebutnya "benei Yisra'il. Dialek mereka terpengaruh dialek Arab sehingga bahasa Aramaik dari Kormakiti ini disebut gaya Arab Maronit Siprus. Bangunan umumnya terbuat dari batu bata dan tanah liat. tongkat-tongkat. perkakas dari tembikar dan tembaga. 29 Januari 2004. Fase keempat. Kini bahasa Aramaik "cuma" menjadi wilayah kajian tentang peradaban Mediterania. sejak didiami oleh bangsa Sumeria (tahun 3000 SM). Namun. profesor studi bahasa kuno dalam Journal Near Eastern. dan perlengkapan senjata lainnya. Mereka tetap mendaras doa sebagaimana bahasa yang digunakan Yesus semasa hidup. Bahasa Aramaik menjadi bahasa utama spiritual dan intelektual penganut agama samawi alias kaum Semit masa itu. Hal serupa juga bisa ditemukan dalam bahasa Arab.aliran besar. bahasa Aramaik lambat-laun berkurang.   . dan Talgum. Skala penggunaannya juga menyempit pada ritual peribadatan yang bersumber dari Kitab Perjanjian Baru yang ditulis dalam bahasa Aramaik. dan Mundai. Sama persis dengan kosakata Arab. serta perhiasan dari emas.

Perkembangan ilmu astronomi. Penerapan hukum itu sangat keras. Inti dari hukum Hammurabi adalah pembalasan. Irak selatan. masing-masing raja memilki otoritas penuh baik sebagai pemimpin politik. misalnya mata ganti mata. Sistem pemerintahan bersifat despotik. Babilon menjadi pemerintahan (ibukota). gigi ganti gigi. Namun tidak jarang juga terjadi persaingan dan ingin saling menguasai di antara Negaranegara kota sendiri. Persatuan diperlukan hanya dalam bidang militer ketika mendapatkan serangan dari luar. Agar dapat dibaca oleh masyarakat. Mungkin lebih tepat bangsa Sumeria menganut sistem pemerintahan dan bentuk negara “kondefenderasi terbuka”. yang kemudian menjadi salah satu keajaiban dunia Kewujudan Sistem Tulisan Sistem pendidikan telah melahirkan juru tulis. Kata Babilonia berasal dari kata babilu yang berarti gerbang menuju Tuhan. maka ia harus dibunuh dan dibakar di muka . K. Hubungan Peradaban Mesopotamia dengan Peradaban/Kerajaan Lain Kerajaan Babilonia (±1900 SM) Kerajaan Babilonia didirikan oleh bangsa Amorit yang disebut juga Babilonia. Kebebasan intelektual hanya sedikit diberikan. Epik Gilgamesh merupakan hasil kesusasteraan yang tertua di dunia serta mengandungi falsafah dan cara hidup orang Mesopotamia. Menurut kepercayaan. di tepi sungai Eufrat.     Bidang ilmu pengetahuan. menciptakan kalender berdasarkan sistem solar yang mengandungi 12 bulan dalam satu tahun. Perkembangan ilmu matematik dan geometri. Ashurbanipal. Kerajaan Assyria mementingkan kesihatan anggota tenteranya 500 jenis 0bat-0batan termasuk herbal dan ramuan perobatan. J. serta cara mengobati. Menggunakan jalan laut. bangsa Sumeria berada di bawah kekuasaan tunggalnaya. Mesopotamia pada zaman Babylonia (Baru) terkenal dengan “taman gantung”. undang-undang tersebut berasal dari pemberian Dewa Marduk. Babilon terletak ± 97 kilometer di selatan kota Baghdad sekarang. pemimpin Assyria. perdagangan dan keagamaan. contoh: “Jika seseorang melakukan pencurian di sebuah rumah. supervisor irigasi maupun pemimpin keagamaan. maka undang-undang itu dipahatkan pada tugu batu setinggi 8 kaki yang ditempatkan di tengah ibukota. membangun perpustakaan tertua di dunia. Raja Hammurabi terkenal sebagai pembuat Undang-undang. Perkembangan Peradaban Mesopotamia di Bidang Politik Bentuk bangsa adalah “Negara Kota” yang masing-masing Negara kota dipimpin oleh seorang raja. Sebagian besar penduduknya merupakan budak atau dianggap sebagai budak yang hidup dalam sebuah tirani yang secara terpaksa harus rela menerima setiap kehendak raja. Sebagaimana telah disinggung di muka. Perkembangan ilmu perobatan. Raja berkedudukan sebagai dewa yang memerintah manusia di bumi. Sebagai contoh ialah ketika Dungi berkuasa. Raja Babilonia yang terbesar adalah Hammurabi (1948-1905 SM).

rumah tempat ia melakukan pencurian”. kira-kira tahun 1900 SM Babilonia ditaklukkan oleh bangsa Hittit dari dataran tinggi di sebelah utara Mesopotamia. Dengan demikian keteraturan masyarakat tercapai karena ketaatan pada hukum. Setelah Hammurabi meninggal dunia. Tetapi. Pada masa pemerintahan Hammurabi. sepeninggal Hammurabi wilayah Babylonia terpecah-balah dan akhirnya Babylonia (Lama) runtuh karena serangan dari bangsa Hitti (Hittit). Selanjutnya Mesopotamia diduduki dan diperintah oleh bangsa Kassi (Kassit). kekuasaan Babylonia terbentang dari Teluk Persia sampai seberang wilayah Turki sekarang dan dari Pegunungan Zagros di timur sampai Sungai Khabur di Siria. .

Kemudian. Banyak Firaun pergi berperang ketika daerah mereka diserang atau ketika mereka ingin menjajah daerah lain. Tidak seperti kebanyakan bahasa modern yang biasa dibaca dari kanan atau kiri.Untuk mengetahui dari arah mana pembacaan harus dimulai. Mesir memiliki tanah yang paling subur di Afrika dan salah satu dari Negara tersubur di sekitar Laut Mediterania. pada awal Zaman Perunggu. dan Osiris dewa kematian dan penguasa dunia kematian. Firaun adalah pemimpin politik dan agama para masyarakat Mesir. Pada periode awal Mesir. Bila Firaun memenangkan perang. Mesir kuno adalah sebuah peradaban kuno di bagian timur Afrika Utara. tanda kata. Masyakat .hieroglif Mesir kuno dapat dibaca baik dari kanan ke kiri ataupun dari kiri ke kanan. tembikar. raja Kerajaan Mesir Atas berhasil menguasai Kerajaan Mesir Bawah dan menyatukannya menjadi kerajaan baru. penulis akan mengatur posisi gambar tersebut sehingga menghadap ke arah yang benar. Dahulu ada dua kerajaan di Mesir. Saat ini. orang-orang yang terjajah harus mengakui Firaun sebagai penguasa mereka dan memberikannya barang terbaik dan paling berharga dari tanah mereka.2. Ada juga fakta-fakta menarik mengenai hieroglif. Orang-orang Yunani dan Ibrani pada dasarnya menggunakan istilah „Firaun‟. Ra dewa matahari. mengumpulkan pajak. Kata par’o pada bahasa Ibrani memiliki arti rumah yang besar. Kerajaan Mesir Atas yang terletak di Selatan dan Mesir Bawah yang terletak di Utara. Horus dewa langit. Hieroglif tidak memiliki huruf vokal. Namun. dan gambar suatu objek yang mengarahkan pembaca. semua huruf hieroglif adalah konsonan. Masyarakat Mesir kuno percaya kepada banyak dewa-dewi. Kira-kira terdapat 700 dewa-dewi yang berbeda. Kemudian. Mesir disebut sebagaiKemet yang berarti tanah hitam. kerajaan ini terbagi lagi menjadi enam macam periode. Hal ini diyakini bahwa masyarakat Mesir pertama kali mengembangkan sistem penulisan pada sekitar 3000 SM. Bahasa pertama Mesir kuno adalah Hieroglif. menbuat hukum. Sebagai penguasa dari Mesir Atas dan Mesir Bawah. Sistem penulisan hieroglif sangat kompleks dan padat karya. Dia membuat ritual dan kuil-kuil untuk menyembah para dewa. Peradaban ini dimulai pada tahun 3150 SM di bawah pemerintahan Firaun pertama. kata Mesir sering disebut Misr yang berarti negara. penduduk Mesir menyebut kerajaan mereka sebagai Hwt-ka-Ptah. yang berarti kuil untuk Ka dan Ptah. Peradaban Mesir kuno adalah salah satu peradaban yang pertama kali menggunakan bahasa tulis. Firaun menguasai semua tanah.2 Peradaban Mesir Kuno Kata Mesir memiliki tiga arti yang berbeda berdasarkan tiga periode waktu. Dan sebagai imam tertinggi dari setiap kuil. Sebuah hieroglif terdiri dar gambar. selama pemerintahan Kerajaan Tua. Mereka menulis pada makam. Berikut adalah beberapa contoh dari dewa-dewi Mesir kuno yang paling terkenal: Anubis dewa kematian. dan kertas papyrus yang terbuat dari alang-alang yang ditenun. Orangorang memanggil penguasa dari Kerajaan Baru ini Firaun. tanda suku kata. yaitu tanda abjad. Hieroglifpertama digunakan pada bangunan dan makam. Tidak ada tanda baca digunakan dalan hieroglif. Firaun mewakili dewa bumi. Banyak orang datang dan bermukim di Mesir karena Mesir sangat subur. Hieroglif dibagi menjadi empat kategori. dewa yang paling penting dalam Mesir kuno. Firaun adalah orang terkuat di mesir kuno. dan melindungi Mesir dari bangsa asing. Mesir kuno terkenal dengan kehidupan social dan budayanya.

Sekarang kita menyebut proses ini mumifikasi. Mereka akan memerlukan semua benda yang mereka gunakan ketika masih hidup. Firaun bertanggungjawab atas semua aspek kehidupan Mesir. Orangorang Mesir yang miskin dikuburkan di dalam pasir sedangkan orang-orang Mesir yang kaya dikuburkan di dalam makam. Orang-orang Mesir kuno awal menguburkan orang-orang mati di dalam lubang kecil di padang pasir. Orang-orang Mesir dikubur bersama-sama dengan harta benda mereka dan dinding makam dilukis tentang kehidupan orang yang telah meninggal. raja-raja Mesir dimakamkan dalam piramida. kemudian pembungkusan dan penguburan jenazah. mempertahankan perdamaian. Mumi adalah tubuh seseorang atau binatang yang telah dipertahankan setelah kematian. menciptakan mumi yang natural. banyak orang tidur di atas atap supaya merasa sejuk. sekitar 95% populasi Mesir masih tinggal di lembah Nil. Dahulu. Selama musim panas. Karena itu. dan lain sebagainya. mumifikasi dilakukan untuk mempertahankan tubuh. dan pengrajin. Salah satu dari aspek kepercayaan Mesir yang paling terkenal adalah pemikiran tentang kehidupan setelah kematian. . Sekarang. orang-orang Mesir kuno mengembangkan sebuah metode pengawetan tubuh sehingga jenazah dapat lebih bertahan lama. Panas dan kekeringan dari pasir mengeringkan tubuh dengan cepat. petani. mereka akan melakukan perjalanan ke dunia lain di mana mereka akan memulai kehidupan yang baru. Namun. Seperti menjaga irigasi agar teratur. Kemudian. Dalam Kerajaan Mesir Tua dan Menengah. Hati tidak dikeluarkan dari dalam tubuh karena hati adalah pusat dari intelegensia dan perasaan. sehingga keluarga mereka akan menaruh semua benda-benda tersebut di dalam makam mereka. mereka menyadari bahwa tubuh yang ditaruh dalam peti mati membusuk ketika tidak terkena pasir gurun yang panas dan kering. orang-orang Mesir kuno mulai mengubur orang mati dalam peti mati untuk menjaga jenazahnya dari binatang-binatang liar di padang pasir. Proses ini meliputi pembalseman mayat. Mereka menanam sendiri sebagian dari makanan mereka dan menukar sebagian makanan dan barang yang tidak mereka produksi dengan desa lain. Kata „Nil‟ berasal dari bahasa Yunani yang berarti lembah. Masyarakat Mesir membayar uang yang sangat banyak untuk mengawetkan tubuh mereka dengan baik. Banjir tahunan dari Sungai Nil menyuburkan tanah dan menghasilkan panen yang baik dan kemakmuran bagi penduduknya. Hal ini disebabkan organ-organ dalam adalah yang paling cepat terurai. Sungai Nil memiliki panjang 6695 kilometer dan menjadi sungai terpanjang di dunia. Orang-orang Mesir percaya bahwa ketika mereka mati. Mereka percaya bahwa tubuh fisik harus dipertahankan untuk mempersiapkan tempat bagi jiwa mereka untuk menetap setelah kematian. Kehidupan sehari-hari pada Mesir kuno berlangsung sekitar Sungai Nil dan tanahnya yang subur di sekitar aliran sungai. membuat hukum. Kayu sulit didapatkan di Mesir sehingga orang-orang Mesir membuat rumah mereka dari batu bata lumpur yang dikeringkan. Organ-organ dalam tubuh orang mati dikeluarkan dalam prosesnya. Rumah-rumah memiliki beberapa kamar dan jendela ditutup dengan tirai untuk mencegah lalat dan debu. Sebagian besar masyarakat Mesir kuno bekerja sebagai buruh sawah. Mumimumi tersebut adalah orang-orang Mesir yang sanggup membayar untuk proses pengawetan yang mahal. dan orang tersebut akan membutuhkannya dalam kehidupan yang akan dating. Lalu.Mesir menganggap Firaun lebih dari seorang raja. organ-organ dalam yang dikeluarkan dimasukkan ke dalam guci. mengarahkan pasukan. Mereka menghormati Firaun sebagai dewa.

dibangun dengan kurang baik. hijau. hanya piramida Khafre memiliki bagian yang terbuat dari batu kapur yang dipoles dekat puncaknya. yang juga dikenal dengan sebutan The Great Pyramid. Prestasi Imhotep yang sangat penting menjadikannya sebagai dewa bagi masyarakat Mesir kemudian. Hasilnya adalah piramida susun Djoser yang didesain sebagai tangga raksasa untuk jiwa Firaun yang meninggal sehingga mereka dapat menuju surga. Giza adalah lokasi dari piramida Khufu. otoritas menjadi kurang terpusat. Lukisan Mesir pada dasarnya didedikasikan untuk orang yang telah mati. Pembangunan piramida yang paling produktif terjadi pada saat pemerintahan terbesar Firaun. Piramida Khafre lebih kecil dari piramida Khufu diukur dari tinggi dan volumenya. Giza telah menjadi objek wisata yang popular bagi para turis sejak zaman dahulu dan dipopulerkan pada zaman Hellenistic ketika piramida dicatat sebagai salah satu keajaiban dunia. kemudian piramida lebih kecil. seringkalu dibangun dengan terburu-buru. Beberapa dari piramida Giza dihitung sebagai struktur terbesar yang pernah dibangun. Piramida Mesir paling awal ditemukan di Saggara. Piramida kedua yang didokumentasikan dalam sejarah diatributkan kepada Imhotep. Warna primer yang digunakan dalam lukisan adalah merah.Orang-orang Mesir kuno memiliki cara yang unik dalam menggambar orang. Semakin berjalannya waktu. Mereka menggambar pundak dan dada seperti dilihat dari depan. Banyak gambar yang menunjukkan perjalanan panjang sebelum kematian. Piramida ini dan kompleks sekitarnya dirancang oleh seorang arsitek bernama Imhotep. emas. Pada saat inilah piramida yang paling terkenal. mata. Terdapat 138 buah piramida yang ditemukan di Mesir. Paling awal diantaranya adalah piramida Dioser yang dibangun selama dinasti ketiga. Pada masa dinasti awal dalam sejarah Mesir. biru. kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya yang diperlukan untuk pembangunan skala besar menurun. dan kaki dalam posisi seperti dilihat dari samping. Terdapat piramida yang lebih kecil yaitu piramida Khafre. Mereka menggambar kepala. Piramida adalah sebuah struktur batu bata kuno berbentuk pyramid yang terletak di Mesir. dan yang lebih kecil lagi adalah piramida Menkaure. Sekarang. Gambar-gambar seperti ini dapat ditemukan di dalam makam dan bangunan. Piramida Menkaure dikelilingi oleh piramida-piramida kecil yang disebut sebagai Queen’s Pyramid dan juga The Great Sphinx. Seniman-seniman Mesir menggunakan grid untuk membantu mereka menggambar orang. Sebagian besar dibangun sebagai makam untuk para Firaun dan permaisuri mereka pada periode Kerajaan Tua dan Kerajaan Pertengahan. Giza terletak di pinggir kota Kairo. Mereka memiliki norma sendiri dan telah ditetapkan sejak zaman Kerajaan Tua. barat laut Memphis.Piramida Mesir yang paling terkenal adalah piramida yang ditemukan di Giza. Di sekitarnya juga terdapat banyak piramida-piramida kecil. orang-orang penting dimakamkan di dalam struktur yang berbentuk seperti bangku dikenal sebagai mastabas. Dari ketiga piramida terbesar. menciptakan sebuah bangunan yang terdiri dari langkah-langkah menurun dalam ukuran menuju puncaknya. Aspek lain yang penting dari lukisan Mesir adalah penggambaran binatang. Piramida-piramida ini pada umumnya dianggap sebagai struktur monumental tertua di dunia yang dibangun dari batu yang dihias. Imhotep adalah arsitek yang pertama kali menyusun gagasan untuk menaruh mastabas di atasnya satu sama lain. . Salah satu dari pekerjaan seni dan arsitektur terbesar di Mesir kuno adalah piramida. piramida Giza adalah satu-satunya keajaiban dunia yang masih ada. Giza dan sekitarnya dibuat. dan hitam.

Khafre adalah anak dari Khufu dan memiliki piramida kedua terbesar di Mesir. Drama sejarahnya dimulai ketika menjelang tahun 3400 SM. Yunani (Hellenisme). lalu terbentuklah masyarakat baru. Piramida Khufu menakjubkan dari ukuran dan presisi matematika. Sehingga sifat nomaden berubah menjadi sikap menetap. Piramida Giza adalah piramida terbesar di Mesir. Alasnya berbentuk persegi yang hampir sempurna dengan sisi 230 meter dan perbedaan dari keempat sisinya hanya dalam satuan sentimeter.Piramida Menkaure adalah piramida terkecil dibandingkan dengan dua piramida utama lainnya di Giza. Khufu memerintah ketika Kerajaan Tua sedang dalam puncak kejayaannya. hanya sepuluh kaki lebih kecil daripada piramida Khufu. Sebagai mahasiswa desain dan teknik perencanaan. Piramida Khufu di Giza termasuk bangunan teraksasa yang pernah ada di dunia sejak 4500 tahun yang lalu. apalagi Pyramid dan Sphinx (salah satu dari tujuh keajaiban dunia) sudah ribuan tahun sebelum Masehi berdiri kokoh menjadi saksi bisu lahirnya peristiwa-peristiwa bersejarah di lembah Nil. Piramida ini terbuat dari batu kapur yang sangat halus. kerajaan kecil itu terkelompok menjadi dua kertajaan besar. yaitu Mesir Hulu di daerah Selatan dengan ibukota Thebes (kini Luxor) dan Mesir Jilir di bagian Utara . Wisata Mesir Dengan peradaban yang telah dimulai sejak sekitar 7000 tahun yang lampau. setiap jengkal tanah yang dipijak akan mengisahkan peristiwa sejarah tersendiri. Seakan-akan kita sedang berjalan menelusuri sebuah museum raksasa yang menyimpan ribuan peninggalan sejarah berbagai peradaban. sudut atasnya terlalu lancip dan keempat sudut lainnya tidak tersusun dengan benar hingga ke sudut atasnya. Piramida ini tidak presisi. Bagian atasnya sedikit bengkok. Mesirmenempatkan dirinya dalam urutan atas negara-negara tujuan wisata dunia. mempelajari seni dan arsitektur Mesir sangatlah bermanfaat sebab kebudayaan Mesir adalah cikal bakal dari kebudayaan di seluruh dunia. romawi hingga peradaban Islam yang pernah ada dan berkembang di negeri Ardhul Kinanah ini. Fir'aun (pharaoh). Khafre mecoba untuk membuat ilusi pada piramidanya sehingga terlihat lebih tinggi daripada piramida ayahnya. Dia menyuruh untuk menyusun bagian bawah dan atas piramidanya denga batu granit. Telah ditemukan sarkofagus di dalam piramida ini dan dikirim ke Inggris menggunakan kapal. begitulah kira-kira. Piramida Khufu dikatakan terbuat dari dua koma tiga juta blok batu. Kala itu di Mesir timbul revolusi kebudadyaan yang merupakan titik-tolak kemajuan zaman. Hal ini tidak aneh. Keempat sisi piramida ini berbentuk lancip ke arah tengah secara akurat. Menjelang tahun 3000 SM. Setelah kian berkembang akhirnya tersusun kerajaan-kerajaan kecil. Piramida ini memiliki dua ruangan utama. Jangan pula heran bila anda melangkah di negara ini. mulai dari Mesir Kuno (coptic). yaitu dimulainya budaya bercocok tanam. Setelah pembuatan piramida selesai. Mesir memiliki salah satu kebudayaan tertua di dunia yang sangat menarik. Pembuatnya menyusun bagian bawah piramida ini dengan granit untuk membedakannya dengan piramida lainya. tetapi di tengah perjalanan kapal ini tenggelam dan melenyapkan sarkofagus yang dibawanya.

dengan ibukota Memphis.Masjid Bersejarah .The Egyptian Ancient Thebes . Meskipun administrasinya dijalankan di Tehbes.Benteng Salahudin . dan Coptic yang merupakan terjemahan antara satu sama lainnya.250 tahun.). terbacalah nama Ptolemy dan Cleopatra. Setelah itu datang Iskandar Agung. dan ditetapkanlah Memphis sebagai ibukota.Pyramid dan Sphinx . Sejak saat itu huruf Hieroglyphics dapat dibaca.Aswan . Diantara warisan sejarah Mesir yang berada di sekitar Cairo sebagai berikut: [klik pada tempat wisata yang ingin anda kunjungi. Prasasti tersebut memuat dekrit Ptolomeus V dari Yunani. sakkara itu sendiri dibangun untuk raja Zoser dari dinasti ke-3.Sinai . selanjutnya raja Mesir Hilir yang bernama Menes bisa menyatukan dua kerajaan tersebut.Faiyoum . tahun 320 SM. atau selama 2. terletak di dekat Sakkara. Kerajaan awal dari dinasti pertama didirikan di kota ini. Dekrit itu terdiri atas tiga tulisan. Hingga tahun 332 SM. Bahkan.) maupun kuburan hampir semua raja dinasti kedua. Dalam penyelidikan Champollion selama puluhan tahun atas prasasti itu. Sememnjak berdirinya kerajaan baru (1570-332 SM.Iskandariyah . Usaha Menes rupanya tak cuma itu. Romawi. Rangkaian sejarah ini sejalan dengan ungkapan bangsa Yunani yang menyebut Memphisuntuk sebuah nama ibukota Mesir Kuno (2615-1990 SM. yaitu: Hieroglyphics. dan tersingkaplah rahasia sejarah Mesir Kuno. tapi kebanyakan pegawai pemerintahan tetap tinggal di Memphis dan dikuburkan di Sakkara. ibukota Mesir Kuno lalu berpindah dari Memphis ke Thebes. dan disitu juga banyak kuburan para pemamgku dinasti pertama (3200 SM. Demotic. Seorang budayawan bernama Champollion yang mengikuti ekspedisi Napolen Bonaparte ketika menduduki Mesir tahun 1798 berusaha menyelidiki sebuah batu bertulis (prasasti) yang ditemukan di kampung Rasyid (belakang dikenal dengan Rosetta Stone).Port Said .Museum Mesir di Tahrir . . dan Islam yang dibawa oleh panglima 'Amru bin 'Ash pada tahun 641 M. pada zamannya pula berhasil diciptakan jenis huruf atau lambang Hieroglyphics. Yunani. Mesir Kuno telah diperintah oleh 330 Fir'aun yang terbagi menjadi 31 dinasti.).

dan pohon beringin. sapi. 5) Saluran air dibuat sesuai perencanaan kota modern. dewa langit. Sir John Marshal. dan patung pujaan: dewa bumi. Kebudayaan Indus berhasil diteliti oleh seorang arkeolog Inggris.2. yang dibantu Banerji (orang India). berkulit hitam. 3) alat perhiasan berupa kalung. harimau. dewa bulan. wujudnya berupa kota kuno Mohenjo Daro dan Harappa. Benda kuno yang terdapat di kota Mohenjo Daro dan Harappa. 3) Rumah-rumah dibuat dari batu bata. gelang.3 Peradaban India Kuno A. dan ikat pinggang dari tembaga. . 7) Ditemukan perhiasan kalung emas dan perak dihias dengan permata. berambut keriting. antara lain: 1) lempeng tanah (terra cotta) yang berbentuk persegi dan bergambar binatang atau tumbuhan. seperti gajah. Kebudayaan Indus ini didukung oleh bangsa Dravida yang berbadan pendek. badak. Hasil peradaban lembah sungai Indus. 8) Ditemukan senjata yang terbuat dari batu dan tembaga. 2) Terdapat bangunan besar sebagai tempat pertemuan rakyat. serta dewa api. Peradaban Lembah Sungai Indus Peradaban Lembah Indus terdapat di India sekarang berada diwilayah negara Pakistan. antara lain : 1) Kota Mohenjo Daro dan Harappa dibangun berdasarkan pola kota terencana yang modern. Kebudayaan Indus (Sindhu) berkembang antara tahun 3000 SM – 1000 SM. 6) Ditemukan bekas permandian. dewa air. berhidung pesek. 2) tembikar yang berbentuk periuk belanga dan pecah-belah semacam piring dan cangkir. 4) Jalan-jalan dibuat lebar-lebar. 4) gambar dewa yang bertanduk. patung dewi Ibu (dewi kesuburan).

3) bangunan tidak ada yang menjorok ke depan. dan patung Dewi Ibu yang dianggap lambang kesuburan. Peradaban Lembah Sungai Gangga perencanaan kota . binatang yang dipuja adalah gajah dan buaya. 2) karena diserang bangsa Arya. A. Kebudayaan Indus runtuh pada tahun 1000 SM disebabkan oleh: 1) adanya bencana banjir dari Sungai Indus (Sindhu). serta kebersihan dan kesehatan dari dapat dibuktikan dengan adanya: 1) bangunan rumah dibuat tinggi berdasarkan petunjuk kesehatan. yang dibuktikan dengan ditemukannya cangkul. Dalam perdagangan terlihat adanya hubungan dengan Sumeria di Lembah Eufrat dan Tigris. Sudah mengenal sistim kepercayaan menyembah banyak dewa (politeisme) serta segala sesuatu yang dianggap keramat. kapak. Hasil pertanian berupa gandum dan kapas. 2) bangunan rumah dibuat seragam dari batu bata. yang diperdagangkan adalah keramik dan permata. Contohnya adalah pohon pipal dan beringin yang oleh umat Buddha dianggap pohon suci.Mata pencaharian bangsa Dravida adalah bercocok tanam. Sudah ada saluran irigasi untuk mencegah banjir serta untuk pengairan sawah-sawah rakyat. dan 4) saluran air dibangun sesuai dengan syarat kesehatan. Tata kota. sanitasi.

diculik oleh . Kitab sucinya disebut Weda. b. Agama yang berkembang di India meliputi: a. Agama Buddha diajarkan oleh Sidarta Gautama. Kasta Sudra ialah golongan buruh kasar dan hamba sahaya. Namun. Kasta Brahmana ialah golongan para ahli agama dan ilmu pengetahuan. itulah yang disebut “Bodh”. Golongan ini paling dihormati dan biasanya menjadi penasihat raja. Untuk membatasi adanya percampuran ras. Mereka berasal dari sekitar Laut Kaspia yang datang memasuki India sekitar 2000 SM di daerah India Utara. mengeluarkan keringat untuk menghasilkan perbekalan yang diperlukan oleh semua golongan. c. Dewa Wisnu sebagai pemelihara alam. a. putra mahkota kerajaan Kapilawastu di India Utara. Mereka merupakan golongan yang berusaha. Kasta Ksatria ialah golongan ningrat dan para prajurit. Agama Buddha. serta Lembah Indus. artinya tanah orang Hindu. dan Dewa Syiwa sebagai perusak alam. Menceritakan kisah putra mahkota bernama Rama putra Raja Dasaratha. Bangsa Arya menguasai daerah subur di sekitar Sungai Gangga bahkan seluruh daerah di sekitar Lembah Indus. artinya orang yang memperoleh “Bodh”. Rama harus menjalani pengembaraan ke hutan. Sidarta Gautama memperoleh pencerahan tentang masalah kehidupan. Perkawinan antarkasta menjadi salah satu penyebab seseorang dikeluarkan dari kasta. sejak itu ia disebut “Budha”. Karena ulah ibu tirinya. ksatria. Kitab sucinya Tripitaka. Lembah Yamuna. Dewi Sinta. d. bangsa Dravida terdesak dan menyingkir ke India Selatan. Kasta Waisya ialah golongan pedagang dan petani. Agama Hindu. Orang Arya berada pada kasta brahmana. b. dan sedikit pada kasta waisya. maka diciptakanlah Kasta serta kewajiban sattie (wanita ikut suami di waktu upacara pembakaran mayat). Golongan inilah yang memegang kekuasaan dan menjalankan pemerintahan. dalam pengembaraannya itu istrinya.Pendukung kebudayaan Gangga adalah orang-orang Arya. Mereka menyebutnya sebagai daerah Arya Warta atau daerah Hindustan. Akibat kedatangan bangsa Arya. tidak dapat dihindari terjadinya percampuran antara dua kebudayaan yang akhirnya melahirkan hinduisme. Kitab Ramayana Kitab ramayana merupakan karangan Resi Walmiki. Daerahnya meliputi sekitar Sungai Gangga. Hasil kesusastraan India yang berupa wiracarita antara lain: a. Agama Hindu memuja dewa-dewa. ada tiga dewa yang paling terkemuka Dewa Brahma sebagai pencipta alam.

Rahwana dicegat oleh Jatayu. Lampung. Dengan pertolongan kera Sugriwa dan Hanoman. Mula-mula keluarga pandawa menjalani hukuman dibuang ke hutan selama 12 tahun. agama Hindu dan Buddha. Aspek-aspek kebudayaan dari India yang diterima oleh nenek moyang bangsa Indonesia benar-benar barang baru. Bahkan di masa kemudian aksara Pallava itu kemudian “dinasionalisasikan” oleh berbagai etnis Indonesia. Dengan bantuan bala tentara kera akhirnya Rahwana dapat dikalahkan dan Dewi Sinta dapat diselamatkan. Akhirnya terjadi perang saudara yang hebat antara dua turunan itu di medan perang Kuruksetra. dalam pembuangan itu keluarga Pandawa memperoleh gemblengan ilmu. yaitu perang antara kejahatan (pihak Kurawa) dengan kebaikan (pihak Pandawa). Terbitnya prasastiprasasti dari kerajaan-karajaan kuna. Sunda Kuna. Bentuk kesenian lain yang turut terpacu sehubungan dengan pesatnya kehidupan agama Hindu-Buddha dalam masyarakat adalah seni sastra. raja raksasa dari negeri Alengka (Sri Lanka). misalkan aksara Pallawa. tetapi dapat dikalahkan oleh Rahwana. berkembang dan menghasilkan bentuk-bentuk baru kebudayaan Indonesia kuna yang pada akhirnya pencapaian itu diakui sebagai hasil kreativitas penduduk kepulauan Indonesia sendiri. Perang tersebut terkenal sebagai perang Bratayudha. Hal yang dapat diamati secara nyata terjadi dalam bidang seni arca dan seni bangun (arsitektur). . Akhirnya. maka muncullah antara lain aksara Jawa Kuna. Kebudayan India diterima oleh penduduk kepulauan Indonesia melalui proses perdagangan. Setelah diterimanya agama Hindu-Buddha oleh penduduk kepulauan Indonesia terutama Jawa. serta dokumentasi tertulis lainnya adalah berkat dikenalnya aksara Pallava. penggubahan karya sastra dengan berbagai judul. Dewi Sinta dilarikan sampai istana Alengka. b. Menceritakan kisah keadaan keluarga besar Bharata.Rahwana atau Dasamuka. Juga diuraikan perihal ajaran agama yang dianyam dengan cerita-cerita yang melibatkan para ksatrya dan kerajaankerajaan atau kehidupan pertapaan. Peradaban India memiliki pengaruh yang besar bagi bangsa Indonesia. sehingga kuat lahir dan batin. Pandawalah yang menang. maka banyak aspek kebudayaan yang dihubungkan dengan kedua agama itu menjadi turut berkembang pula. Batak. dan penghitungan angka tahun Saka. Bali Kuna. Melalui aksara Pallawa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mendokumentasikan pengalaman dalam kehidupannya. Banyak karya sastra dansusastra yang digubah dalam masa Hindu-Buddha selalu dilandasi dengan nafas keagamaan Hindu atau Buddha. dan Bugis. yang tidak mereka kenal sebelumnya. Sri Rama dapat menyerbu Kerajaan Alengka. Dua keturunan itu adalah Kurawa dan Pandawa saling memperebutkan tahta kerajaan. Kitab Mahabharata Kitab Mahabharata karangan Resi Wiyasa. burung garuda raksasa. yang memerintah di kerajaan Hastina. Melalui ketiga aspek kebudayaan dari India itulah kemudian peradaban nenek moyang bangsa Indonesia terpacu dengan pesatnya.

Inilah penilaian sejarah yang paling jujur. Jenis manusia purba di luar indonesia      Sinantropus Pekinensis di Cina Homoheidel Bergensis dan Homo neander thalensis di Jerman Grimaldi dan Cro magnon di Perancis Pittdown dan Susscexs di Inggris Homo Afrikanus di Afrika 2. Keterkaitan ini begitu dekat dan nyata. budaya jurnalistik yang berarti adalah budaya ilmiah atau budaya berilmu pengetahuan. 1. meliputi :  Pithecantropus Robustus  Pithecantropus Soloensis  Pithecantropus Erectus  pithecantropus Dubois  Hom sapiens : manusia yang sudah cerdas ditemukan oleh Von Rietschoten  Megantropus Palaeojavanicus : ditemukan oleh Von Koningswald di Sangiran 3. Zaman kehidupan manusia purba  Zaman Paleolitikum Zaman paleolotikum berarti zaman batu tua.gua atau di atas pohon ) . Zaman Prasejarah paling akhir adalah zaman logam atau disebut juga Masa Perundagian yang ditandai dengan keterampilan melebur logam dan pembuatan bendabenda dari logam. Jenis manusia purba di Indonesia  Pithecantropus atau manusia kera. Zaman ini ditandai dengan penggunaan perkakas yang bentuknya sangat sederhana dan primitif. PERADABAN PRASEJARAH INDONESIA Zaman Prasejarah di Indonesia berakhir pada abad ke-5 . Kita akan menjelaskan banyak hal dibagian ini nanti. Setelah itu Indonesia memasuki apa yang disebut zaman sejarah yang dimulai dengan sebutan sebuah zaman yang disebut zaman kuno hingga 1500 M. Pembagian peradaban dunia ini sangat menarik karena sejarah umat manusia dibagi dalam pengenalannya dalam budaya tulis-menulis. 4. Prasejarah adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan atau diebut juga masa praaksara . Zaman sejarah adalah zaman ketika manusia sudah mengenal tulisan.Ciri – ciri kehidupan manusia pada zaman paleolotikum yaitu hidup berkelompok ( tinggal disekitar aliran sungai. Manusia Purba manusia purba adalah manusia yang hidup sebelum ditemukannya tulisan.3.

dan Aborigin.Filipina.sulawesi utara.Gua abris souche roche menyerupai ceruk untuk dapat melindungi diri dari panas dan hujan.maluku.zaman mesolitikum mendapat makanan dengan cara berburu dan menangkap ikan.sulawesi selatan.serta batu penggiling di Gua Lawa dekat Sampung Ponorogo dan Madiun.Pada masa Neolitikum.  Zaman Mesolitikum Zaman mesolitikum disebut juga zaman batu madya / tengah.zaman Neolitikum dimulai sekitar 1.Pabble culture dan alat berburu dari tulang hewan.Seperti halnya zaman palaeolitikum.manusia purba selalu berpindah – pindah dari satu tempat ke tempat yang lain ( nomaden ).500 SM.Zaman ini disebut pula zaman mengumpulkan makanan ( food gathering ) tingkat lanjut.beliung persegi menyebar di Indonesia bagian barat diperkirakan budaya ini disebarkan dari yunani di Cina Selatan yang berimigrasi ke Laos dan selanjutnya ke Indonesia.manusia purba telah membuat lumbung – lumbung guna menyimpan padi dan gabah.Oleh karena itu.Pada masa itu manusia sudah mulai menetap di rumah panggung untuk menghindari bahaya binatang buas.Pada masa ini ditemukan juga kjokken moddinger yaitu dapur kulit kerang dan siput setinggi 7 meter di sepanjang pantai timur Sumatra.Peralatan yang ditemukan di tempat itu adalah kapak genggam Sumatra.yang ditemukan oleh Ny.manusia purba telah mengenal 2 jenis peralatan yakni beliung persegi dan kapak lonjong.Yang dimulai pada akhir zaman es.Heeren Palm pada 1950.Jenis manusia purba Indonesia yang hidup pada zaman ini antara lain Pithecanthropus erectus.dan mengandalkan makanan dari alam dengan cara mengumpulkan ( food gathering ) serta berburu.Kapak lonjong tersebar di Indonesia bagian timur yang didatangkan dari Jepang kemudian menyebar ke Taiwan.irian.Sakai.Di indonesia.Tradisi seperti ini masih ditemukan di daerah badui di banten.Para ahli memperkirakan manusia yang hidup pada zaman ini adalah bangsa melanesoid yang menyerupai nenek moyang orang Papua.Aeta.Mereka tinggal di gua – gua di bawah bukit karang ( abris soucheroche ) .  Zaman Neolitikum Zaman neolitikum berarti zaman batu muda.sekitar 10.Van Stein Callenfels menemukan alat 0 alat tajam berupa mata panah.tepi pantai dan ceruk pegungungan.000 tahun yang lalu.dan kepulauan Melanesia  Zaman Megalitikum .flakes.Hasil peninggalan manusia pada masa itu adalah menyerupai alat – alat kesenian yang ditemukan di gua – gua dan coretan pada dinding gua seperti di gua leang – leang.Cara hidup untuk memenuthi kebutuhan hidupnya mengalami perubahan pesat dari cara food gathering menjadi food producting yaitu dengan cara bercocok tanam dan memelihara ternak.pithecantropus robustus dan Meganthropus palaeojavanicus.Selanjutnya hidup berbagai jenis homo ( manusia ) diantaranya Homo soloensis dan Homo wajakensis.

Pada mata kapak ini terdapat hiasan kepala manusia atau topeng dengan kedua telapak tangan terbuka disamping pipinya.Sumatra selatan.Yakni golongan undagi.Sulawesi Tenggara dan Kalimantan dalam bentuk menhir.Salah satu bentuk yang menarik adalah kapak candrasa yangditemukan di Jawa dan Kapak – Kapak upacara lain yang ditemukan di bali dan Roti.Adanya kepercayaan manusia terhadap kekuatan alam dan bentuk mahkluk halus dapat dilihat dari penemuan bangunan kepercayaan primitif.Pembuatan alat besi memerlukan tehnik khusus yang mungkin hanya dimiliki oleh sebagian anggota masyarakat.berdasar dari bukti arkeologis.dan mata tombak.kuburan batu adalah lempeng batu yang disusun untuk mengubur mayat.Di luar Indonesia.manusia sudah mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme.5 cm. .yaitu dengan cara memperlakukan orang yang meninggal dengan diperlakukan secara baik sebagai bentuk penghormatan.Kapak – kapak perunggu yang dibuat di Indonesia terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran.sabit.Disebut zaman perunggu karena pada masa ini manusianya telah memiliki kepandaian dalam melebur perunggu.sebelum manusia menggunakan logam besi.sungai gunung dan senjata tajamSementara itu.sarkofagus.Kebudayaaan zaman perunggu merupakan hasil asimilasi dari antara masyarakat asli Indonesia ( proto melayu ) dengan bangsa mongoloid sehingga membentuk ras deutro melayu ( melayu muda ).kuburan batu.Di kawasan asia tenggara penggunaan logam dimulai tahun 3000-2000 SM.Sumba.Masa menggunakan logam di kehidupan manusia purba Indonesia disebut masa perundagian.Animisme merupakan kepercayaan terhadap roh nenek moyang yang mendiami benda – benda seperti pohon.Pada zaman in.dipadu dengan hiasan pola garis – garis.Diperkirakan manusia pada zaman megalitikum ini mengenal kepercayaan rohaniah.Alat besi yang banyak ditemukan di Indonesia berupa alat keperluan sehari – hari seperti pisau.Alat yang terkenal pada zaman ini adalah nekara yang digunakan sebagai genderang perang dan keperluan upacara keagamaan.dolmen.Tehnik peleburan besi ini berasal dari budaya Dongson di Tonkin ( vietnam ).mereka telah mengenal logam tembaga dan perunggu terlebih dahulu.sarkofagus adalah bangunan berbentuk lesung yang serupa peti mati.Mengolah bijih menjadi logam lebih mudah untuk temgbaga daripada besi.Dinamisme adalah bentuk kepercayaan bahwa segala sesuatu memiliki kekuatan atau tenaga gaib yang daoat mempengaruhi terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam kehidupan manusia.Punden berundak adalah bangunan bertingkat sebagai tempat pemujaan sedangkan arca adalah perwujudan dari subjek pemujaan yang menyerupai manusia atau hewan  Zaman Perunggu Zaman perunggu hanyalah untuk menyatakan jika manusia lebih banyak menggunakan alat – alat dari perunggu.pedang.punden berundak – undak serta arca.Mengapa zaman Megalitikum karena pada zaman ini ditemukan peralatan yang terbuat dari batu – batu besar.Candrasa dari pulau roti dibuat dari perunggu berukuran 78 x 41.batu.Flores.Peninggalan yang bersifat rohaniah ini ditemukan di Nias.dolmen adalah meja untuk menaruh sesaji.Menhir adalah tugu batu sebagai tempat pemujaan.mata kapak.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca Budha yang terbuat dari perunggu diberbagai daerah di Indonesia antara lain Sempaga(Sulsel). Mengenai siapa yang membawa atau menyebarkan agama Hindu . diutarakan oleh Prof. berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke Indonesia. Untuk itu Indonesia ikut berperan aktif dalam perdagangan tersebut. arca tersebut berasal dari langgam Amarawati (India Selatan) dari abad 2 .Moens berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu ke Indonesia adalah kaum ksatria ataugolongan prajurit. bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang Indonesia. tidak dapat diketahui secara pasti.4. Pada abad 1 Masehi. Peta jalur perdagangan laut Asia Tenggara.5 Masehi. Dilihat ciricirinya.N. dan Indonesia dengan Cina. yaitu terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Indonesia dan Pasifik) yang merupakan daerah persimpangan lalu lintas perdagangan dunia. PERADABAN MASA KERAJAAN DI INDONESIA Indonesia sebagai negara kepulauan letaknya sangat strategis. Kutai (Kaltim). walaupun demikian para ahli memberikan pendapat tentang proses masuknya agama Hindu . Untuk penyiaran Agama Hindu ke Indonesia. silahkan Anda amati gambar peta jaringan perdagangan laut Asia Tenggara berikut ini: Gambar 1.Krom.Budha ke Indonesia. maka terjadilah kontak/hubungan antara Indonesia dengan India. Bukit Siguntang (Sumsel). dan diperkirakan abad 2 Masehi agama Budha masuk ke Indonesia. diutarakan oleh Dr. Untuk agama Budha diduga adanya misi penyiar agama Budha yang disebut dengan Dharmaduta. terdapat beberapa pendapat/hipotesa yaitu antara lain: 1. Hipotesis Ksatria.J.J.Dr. jalur perdagangan tidak lagi melewati jalur darat (jalur sutera) tetapi beralih kejalur laut.Ir. karena adanya .Budha atau kebudayaan India ke Indonesia.L. Hipotesis Waisya. sehingga secara tidak langsung perdagangan antara Cina dan India melewati selat Malaka. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab masuknya budaya India ataupun budaya Cina ke Indonesia. Untuk lebih jelasnya. Jember (Jatim). 2. Dan di samping itu juga ditemukan arca perunggu berlanggam Gandhara (India Utara) di Kota Bangun. Akibat hubungan dagang tersebut.

Dari kebenaran maupun kelemahan tersebut. maka prajurit yang kalah perang terdesak dan menyingkir ke Indonesia. bahkan diduga mendirikan kerajaan di Indonesia. diutarakan oleh J. Kerajaan Majapahit KERAJAAN KUTAI Kutai adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya 4. Waprakesmara adalah tempat suci untuk memuja dewa Syiwa. seperti yang dijelaskan dalam prasasti Yupa. Kerajaan Kadiri 8. yang kalau di pulau Jawa disebut dengan Baprakeswara. keberadaan kerajaan tersebut diketahui berdasarkan sumber berita yang ditemukan yaitu berupa prasasti yang berbentuk Yupa/tiang batu berjumlah 7 buah. dengan demikian agama Hindu lebih cepat dan mudah tersebar di Indonesia. Kerajaan Sunda 7. KERAJAAN-KERAJAAN INDONESIA YANG BERCORAK HINDU-BHUDA 1. Kehidupan Sosial Dalam kehidupan sosial.C. maka orang-orang tersebut dapat menyebarkan agama Hindu dengan bahasa mereka sendiri. Kerajaan Mataram Kuno 5. maka dapat disimpulkan bahwa. Dengan adanya penyebaran agama Hindu tersebut maka mendorong orang-orang Indonesia untuk menambah ilmunya mempelajari agama Hindu di India sekaligus berziarah ke tempat-tempat suci. Kedatangan Kaum Brahmana tersebut diduga karena undangan Penguasa/Kepala Suku di Indonesia atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu ke Indonesia. Kerajaan Tarumanegara 3. yang diperkirakan muncul pada abad 5 M atau ± 400 M. Hipotesis Brahmana. Kerajaan di Bali ( Singhamandawa dan Rajakula Warmadewa ) 6. Dan golongan Brahmana walaupun menguasai bahasa Sansekerta tetapi menurut kepercayaan Hindu kolot tidak boleh menyebrangi laut. .kekacauan politik/peperangan di India abad 4 . Perihal ini diketahui bahwa terjalin hubungan yang harmonis/erat antara Raja Mulawarman dengan kaum Brahmana.000 ekor sapi kepada kaum Brahmana di dalam tanah yang suci bernama Waprakesmara. Dan sekembalinya dari India tersebut.Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana karena hanyalah kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci Weda. masuknya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana yang tidak kolot atas undangan raja dan orang Indonesia yang belajar ke India. 3. Kerajaan Kutai 2. Kerajaan Singosari 9. Sedangkan bahasa Sansekerta adalah bahasa sastra tertinggi yang dipakai dalam kitab suci Weda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa agama yang dianut Mulawarman adalah Hindu aliran Syiwa artinya dewa yang dipuja adalah Syiwa.5 M. bahwa raja Mulawarman memberi sedekah 20. Pada dasarnya ketiga teori tersebut memiliki kelemahan yaitu karena golongan ksatria dan waisya tidak mengusai bahasa Sansekerta.

Ia juga menghadiahkan segunung minyak kental dengan lampu. Prasasti Ciarunteun atau prasasti Ciampea ditemukan ditepi sungaiCiarunteun. peternakan dan perdagangan. Dan di samping itu juga terdapat lukisan laba-laba serta sepasang telapak kaki Raja Mulawarman yang diibaratkan kaki dewa Wisnu.000 ekor sapi. Gambar 3. . Cap telapak kaki melambangkan kekuasaan raja atas daerah tersebut (tempat ditemukannya prasasti tersebut). KERAJAAN TARUMANAGARA Bukti-bukti adanya kerajaan Tarumanegara diketahui melalui sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Sumber dari dalam negeri berupa 7 buah prasasti batu yang ditemukan lima di Bogor. a. satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten. yang didasarkan kepada pertanian. seperti yang tertulis dalam prasasti. dekat muara sungai Cisadane Bogor prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta yang terdiri dari 4 baris kalimat yang ditulis dalam bentuk puisi India. Mata pencaharian tersebut di atas dimungkinkan karena raja Mulawarman menghadiahkan kepada kaum Brahmana 20. Ini dapat dijadikan indikasi bahwa populasi ternak cukup besar pada waktu itu. Hal ini tidak dijelaskan secara pasti dalam prasasti. Telapak Kaki pada Prasasti Ciarunteun Gambar telapak kaki pada prasasti Ciarunteun mempunyai 2 arti yaitu: 1. tetapi para ahli sejarah berpendapat bahwa dengan adanya sedekah 20.Kehidupan Ekonomi Sedangkan dalam kehidupan ekonomi.000 ekor sapi membuktikan perekonomian Kutai sudah kuat pada masa itu.

2. Isi prasasti tersebut mengagungkan keberanian raja Purnawarman. Prasasti Tugu di temukan di daerah Tugu. Prasasti Cidanghiang atau prasasti Lebak. kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang Banten. Prasasti Muara Cianteun. Prasasti ini dipahatkan pada sebuah batu bulat panjang melingkar dan isinya paling panjang dibanding dengan prasasti Tarumanegara yang lain. kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Prasasti Kebun Kopi ditemukan di kampung Muara Hilir kecamatanCibungbulang. yaitu gajah tunggangan dewa Wisnu. sekitar 30 km sebelah barat Bogor. Prasasti ini baru ditemukan tahun 1947 dan berisi 2 baris kalimat berbentuk puisi dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. e. . Di India. cap telapak kaki melambangkan kekuasaan sekaligus penghormatan sebagai dewa. f. tertulis dalam aksara ikal yang belum dapat dibaca. Prasasti Jambu atau prasasti Koleangkak. ditemukan di bukit Koleangkak di perkebunan jambu. prasasti ini juga menggunakan bahwa Sansekerta dan huruf Pallawa serta terdapat gambar telapak kaki yang isinya memuji pemerintahan raja Mulawarman. Hal ini berarti menegaskan kedudukan Purnawarman yang diibaratkan dewa Wisnu maka dianggap sebagai penguasa sekaligus pelindung rakyat. d. g. yang disamakan dengan tapak kaki gajah Airanata. c. ditemukan di Bogor. b. sehingga ada beberapa hal yang dapat diketahui dari prasasti tersebut. ditemukan di kampung lebakdi tepi sungai Cidanghiang. Prasasti Pasir Awi ditemukan di daerah Leuwiling. Yang menarik dari prasasti ini adalah adanya lukisan tapak kaki gajah. juga tertulis dalam aksara ikal yang belum dapat dibaca.

Prasasti Tugu juga menyebutkan anasir penanggalan walaupun tidak lengkap dengan angka tahunnya yang disebutkan adalah bulanphalguna dan caitra yang diduga sama dengan bulan Pebruari dan April. Prasasti Tugu menyebutkan nama dua buah sungai yang terkenal diPunjab yaitu sungai Chandrabaga dan Gomati. Prasasti Tugu Hal-hal yang dapat diketahui dari prasasti Tugu adalah: 1. Prasasti Tugu yang menyebutkan dilaksanakannya upacara selamatan oleh Brahmana disertai dengan seribu ekor sapi yang dihadiahkan raja. 2. Sehingga secara Etimologi (ilmu yang mempelajari tentang istilah) sungai Chandrabaga diartikan sebagai kali Bekasi. menceritakan bahwa tahun 528 dan 535 telah datang utusan dari To.Gambar 4.lomo yang terletak di sebelah selatan. Dengan adanya keterangan dua buah sungai tersebut menimbulkan tafsiran dari para sarjana salah satunya menurut Poerbatjaraka. 2. yang banyak adalah orang-orang yang beragama Hindu dan sebagian masih animisme. Berita Fa-Hien. Berita Dinasti Sui. Sumber dari Luar Negeri Sedangkan sumber-sumber dari luar negeri yang berasal dari berita Cina antara lain: 1. 3. tahun 414 M dalam bukunya yang berjudul Fa-Kao-Chi menceritakan bahwa di Ye-po-ti hanya sedikit dijumpai orang-orang yang beragama Budha. .

3. juga menceritakan bahwa tahun 666 dan 669 telah datang utusaan dari To-lo-mo. Dengan demikian. Sumber-sumber dari dalam negeri . rakyat akan hidup makmur. India bahkan Arab. Barang-barang yang diperdagangkan antara lain: cula badak. Hal ini dapat dibuktikan melalui berita-berita tentang barang-barang perdagangan dari kerajaan Tarumanegara. Dari tiga berita di atas para ahli menyimpulkan bahwa istilah To-lo-mo secara fonetis penyesuaian kata-katanya sama dengan Tarumanegara.13 M). KERAJAAN SRIWIJAYA Sriwijaya adalah nama kerajaan yang tentu sudah tidak asing bagi Anda. dalam Prasasti Tugu juga disebutkan adanya penggalian Saluran Candrabhaga. Pembangunan itu mempunyai arti ekonomis bagi rakyat karena dapat dipergunakan sebagai sarana pengairan dan pencegahan banjir. Di samping Saluran Gomati. Berita Dinasti Tang. pelayaran dan perdagangan. Sumber-sumber sejarah kerajaan Sriwijaya selain berasal dari dalam juga berasal dari luar seperti dari Cina. karena Sriwijaya adalah salah satu kerajaan maritim terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara pada waktu itu (abad 7 . maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu sumber-sumber sejarah yang membuktikan keberadaan kerajaan tersebut. gading gajah dan kulit penyu. aman dan sejahtera. Jika Anda ingin mengetahui perkembangan Sriwijaya hingga mencapai puncak kebesarannya sebagai kerajaan Maritim. Barang tersebut diperoleh dari usaha perburuan dan perikanan. Kehidupan Sosial Dengan adanya kehidupan ekonomi yang kompleks tersebut. maka kehidupan sosial masyarakatnya cukup baik. Kehidupan Ekonomi Kehidupan perekonomian masyarakat Tarumanegara adalah di samping utamakan bidang pertanian. Selesai penggalian. Maka berdasarkan sumber-sumber yang telah dijelaskan sebelumnya maka dapat diketahui beberapa aspek kehidupan tentang kerajaan Tarumanegara. sehingga masing-masing golongan masyarakat yang ada pada masa itu dapat saling bekerja sama dan tercipta jalinan kehidupan yang baik. Raja Purnawarman mengadakan selamatan dengan memberikan hadiah 1. juga perburuan dan perikanan mendapatkan perhatian.000 ekor sapi kepada para brahmana. Hal ini juga dapat diketahui dari isi Prasasti Tugu yakni tentang pembangunan atau penggalian Saluran Gomati yang panjangnya 6112 tombak (12 km) dan selesai dikerjakan dalam waktu 21 hari.

Dari berita-berita Arab dijelaskan tentang kekuasaan dan kebesaran serta kekayaan Sriwijaya. Nama kerajaan Sriwijaya dalam berita Cina tersebut. Prasasti Karang Berahi ditemukan di Jambi Hulu berangka tahun 608 Saka. Keempat Prasasti yang disebut terakhir yaitu Prasasti Telaga Batu. Prasasti Palas Pasemah ditemukan di Lampung Selatan tidak berangka tahun. c. Prasasti Telaga Batu ditemukan di Telaga Batu dekat Palembang tidak berangka tahun. dan Palas Pasemah menjelaskan isi yang sama yaitu berupa kutukan terhadap siapa saja yang tidak tunduk kepada raja Sriwijaya. Untuk mengetahui keberadaan prasasti tersebut. simaklah uraian materi berikut ini! a.000 orang.Sumber dari dalam negeri berupa prasasti yang berjumlah 6 buah yang menggunakan bahasa Melayu Kuno dan huruf Pallawa. Kehidupan Ekonomi . Prasasti ini menceritakan pembuatan Taman Sriksetra untuk kemakmuran semua makhluk dan terdapat doa-doa yang bersifat Budha Mahayana. e. diperoleh dari I-Tshing seorang pendeta Cina yang sering datang ke Sriwijaya sejak tahun 672 M. Sumber Berita Asing Di samping prasasti-prasasti. Prasasti tersebut menjelaskan pendirian Wihara olehBalaputradewa raja Sriwijaya. keberadaan Sriwijaya juga diperkuat dengan adanya beritaberita Cina maupun berita Arab. serta telah menggunakan angka tahun Saka. berita dari dinasti Sung yang menceritakan tentang pengiriman utusan dari Sriwijaya tahun 971 992 M. sedangkan dari berita Arab Sriwijaya disebut dengan Zabag/Zabay atau dengan sebutan Sribuza. disebut dengan Shih-lo-foshih atau Fo-shih. yang menceritakan bahwa di Sriwijaya terdapat 1000 orang pendeta yang menguasai agama seperti di India dan di samping itu juga. Untuk itu prasasti tersebut. Prasasti Kota Kapur ditemukan di kota Kapur pulau Bangka berangka tahun 608 Saka. Dari perjalanan tersebut berhasil menaklukkan beberapa daerah. Kota Kapur. Berita Cina. diberi namaPrasasti Ligor. Sumber-sumber prasasti Sumber yang berupa prasasti ditemukan di Semenanjung Melayu berangka tahun 775 M yang menjelaskan tentang pendirian sebuah pangkalan di semenanjung melayu. di tepi sungai Tatang dekat Palembang. f. berangkat dari Minangatamwan dengan membawa tentara sebanyak 20. Isi prasasti tersebut menceritakan perjalanan suci/Sidayatra yang dilakukan Dapunta Hyang. Prasasti Talang Tuo ditemukan di sebelah barat kota Palembangberangka tahun 606 Saka. d. b. Karang bukit. Prasasti Kedukan Bukit ditemukan di Kedukan Bukit. berangka tahun 606 Saka. daerah Ligor. Prasasti berikutnya ditemukan di India di kota Nalanda yang berasal dari abad ke 9 M.

Kerajaan Sriwijaya memiliki letak yang strategis di jalur pelayaran dan perdagangan Internasional Asia Tenggara. Dengan letak yang strategis tersebut maka Sriwijaya berkembang menjadi pusat perdagangan dan menjadipelabuhan Transito sehingga dapat menimbun barang dari dalam maupun luar. Dengan demikian kedudukan Sriwijaya dalam perdagangan sangat baik hal ini juga didukung oleh pemerintahan raja yang cakap dan bijaksana seperti Balaputradewa, Sriwijaya memiliki armada laut yang kuat yang mampu menjamin keamanan di jalur-jalur pelayaran yang menuju Sriwijaya, sehingga banyak pedagang dari luar yang singgah dan berdagang di wilayah kekuasaan Sriwijaya tersebut. Dengan adanya pedagang-pedagang dari luar yang singgah maka penghasilan Sriwijaya meningkat dengan pesat. Peningkatan diperoleh dari pembayaran upeti, pajak maupun keuntungan dari hasil perdagangan dengan demikian Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur. Kehidupan Sosial Faktor lain yang menjadikan Sriwijaya menjadi kerajaan besar adalah kehidupan sosial masyarakatnya meningkat dengan pesat terutama dalam bidang pendidikan dan hasilnya Sriwijaya terbukti menjadi pusat pendidikan dan penyebaran agama Budha di Asia Tenggara. Hal ini sesuai dengan berita I-Tshing pada abad ke 8 bahwa di Sriwijaya terdapat 1000 orang pendeta yang belajar agama Budha di bawah bimbingan pendeta Budha terkenal yaituSakyakirti. Di samping itu juga pemuda-pemuda Sriwijaya juga mempelajari agama Budha dan ilmu lainnya di India, hal ini tertera dalam prasasti Nalanda. Kemajuan di bidang pendidikan yang berhasil dikembangkan Sriwijaya bukanlah suatu hasil perkembangan dalam waktu yang singkat tetapi sejak awal pendirian Sriwijaya, raja Sriwijaya selalu tampil sebagai pelindung agama dan penganut agama yang taat. Sebagai penganut agama yang taat maka raja Sriwijaya juga memperhatikan kelestarian lingkungannya (seperti yang tertera dalam Prasasti Talang Tuo) dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran rakyatnya. Dengan demikian kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Sriwijaya sangat baik dan makmur, dalam hal ini tentunya juga diikuti oleh kemajuan dalam bidang kebudayaan. Kemajuan dalam bidang budaya sampai sekarang dapat diketahui melalui peninggalanpeninggalan suci seperti stupa, candi atau patung/arca Budha seperti ditemukan di Jambi, Muaratakus, danGunung Tua (Padang Lawas) serta di Bukit Siguntang (Palembang).

Kebesaran dan kejayaan Sriwijaya ternyata banyak mengundang kerajaan lain menjadi tidak senang dan menyerang Sriwijaya sehingga mengalami kemunduran dan keruntuhan akibat serangan dari kerajaan lain. - Serangan pertama dari Raja Dharmawangsa dari Medang, Jatim tahun 990 M. Pada waktu itu raja Sriwijaya adalah Sri Sudarmaniwarnadewa.Walaupun serangan tersebut gagal tetapi dapat melemahkan Sriwijaya. Serangan berikutnya datang dari kerajaan Colamandele (India Selatan) yang terjadi pada masa pemerintahan Sri Sangramawijayatunggawarman pada tahun 1023 dan diulang lagi tahun 1030 dan raja Sriwijaya ditawan. - Tahun 1068 Raja Wirarajendra dariColamandele kembali menyerang Sriwijaya tetapi Sriwijaya tidak runtuh bahkan pada abad 13 Sriwijaya diberitakan muncul kembali dan cukup kuat sesuai dengan berita Cina. Keruntuhan Sriwijaya terjadi pada tahun 1477 ketika Majapahitmengirimkan tentaranya untuk menaklukan Sumatra termasuk Sriwijaya.

KERAJAAN MATARAM KUNO Kerajaan Mataram Kuno atau disebut dengan Bhumi Mataram. Pada awalnya terletak di Jawa Tengah. Daerah Mataram dikelilingi oleh banyak pegunungan dan di tengahnya banyak

mengalir sungai besar diantaranya sungaiProgo, Bogowonto, Elo, dan Bengawan Solo. Keadaan tanahnya subur sehingga pertumbuhan penduduknya cukup maju. Sumber-sumber Prasasti Mengenai bukti yang menjadi sumber sejarah berlangsungnya kerajaan Mataram dapat diketahui melalui prasasti-prasasti dan bangunan candi-candi yang dapat Anda ketahui sampai sekarang. Prasasti-prasasti yang menjelaskan tentang keberadaan kerajaan Mataram tersebut yaitu antara lain: a. Prasasti Canggal ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir di desaCanggal berangka tahun 723 M dalam bentuk Candrasagkele. Prasasti Canggal menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta isinyamenceritakan tentang pendirian Lingga (lambang Syiwa) di desaKunjarakunja oleh Raja Sanjaya dan di samping itu juga diceritakan bahwa yang menjadi raja mula-mula Sanne kemudian digantikan oleh Sanjayaanak Sannaha (saudara perempuan Sanne). b. Prasasti Kalasan, ditemukan di desa Kalasan Yogyakarta berangka tahun 778 M, ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta. Isinya menceritakan pendirian bangunan suci untuk dewi Tara dan biara untuk pendeta oleh raja Panangkaran atas permintaan keluarga Syaelendra dan Panangkaran juga menghadiahkan desa Kalasan untuk para Sanggha (umat Budha). c. Prasasti Mantyasih ditemukan di Mantyasih Kedu, Jateng berangka tahun 907 M yang menggunakan bahasa Jawa Kuno. Isi dari prasasti tersebut adalah daftar silsilah raja-raja Mataram yang mendahului Bality yaitu Raja Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Rakai Watuhumalang, danRakai Watukura Dyah Balitung. Untuk itu prasasti Mantyasih/Kedu ini juga disebut dengan prasasti Belitung. d. Prasasti Klurak ditemukan di desa Prambanan berangka tahun 782 M ditulis dalam huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta isinya menceritakan pembuatan arca Manjusri oleh Raja Indra yang bergelar Sri Sanggramadananjaya. Menurut para ahli bahwa yang dimaksud dengan arca Manjusri adalah Candi Sewu yang terletak di Komplek Prambanandan nama raja Indra tersebut juga ditemukan pada Prasasti Ligor danPrasasti Nalanda peninggalan kerajaan Sriwijaya. Sumber berupa Candi Selain prasasti yang menjadi sumber sejarah adanya kerajaan Mataram juga banyak bangunan-bangunan candi di Jawa Tengah, yang manjadi bukti peninggalan kerajaan Mataram yaitu seperti Candi pegunungan Dieng,Candi Gedung Songo, yang terletak di Jawa Tengah Utara. Selanjutnya di Jawa Tengah bagian selatan juga banyak ditemukan candi antara lain Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Plaosan, Candi Prambanan, Candi Sambi

Sari, dan masih banyak candi-candi yang lain. Kehidupan Politik Kerajaan Mataram diperintah oleh dua dinasti atau wangsa yaitu wangsa Sanjaya yang beragama Hindu Syiwa dan wangsa Syaelendra yang beragama Budha. Pada awalnya mungkin yang berkuasa adalah wangsa Sanjaya, hal ini sesuai dengan prasasti Canggal. Tetapi setelah perkembangan berikutnya muncul keluarga Syaelendra. Menurut para ahli, keluarga Sanjaya terdesak oleh Keluarga Syaelendra, tetapi mengenai pergeseran kekuasaan tersebut tidak diketahui secara pasti, yang jelas kedua-duanya sama-sama berkuasa di Jawa Tengah dan memiliki hubungan yang erat, hal ini sesuai dengan prasasti Kalasan. Raja-raja yang berkuasa dari keluarga Syaelendra seperti yang tertera dalam prasasti Ligor, Nalanda maupun Klurak adalahBhanu, Wisnu, Indra, dan Samaratungga atau Samaragrawira. Sedangkan raja-raja dari dinasti Sanjaya yang tertera dalam prasasti Mantyasih. Berdasarkan candi-candi peninggalan kerajaan Mataram yang berasal dari abad 8-9 yang bercorak Hindu yang terletak di Jateng bagian utara dan yang bercorak Budha terletak di Jateng selatan , untuk itu dapatlah disimpulkan bahwa kekuasaan dinasti Sanjaya di Jateng bagian utara, dan kekuasaan dinasti Syaelendra di Jateng selatan. Kedua dinasti tersebut akhirnya bersatu dengan adanya pernikahan Rakai Pikatan dengan Pramudyawardani yang bergelar Sri Kahulunan. Pramudyawardani tersebut adalah putri dari Samaratungga. Raja Samaratungga selain mempunyai putri Pramudyawardani , juga mempunyai putera yaitu Balaputradewa (karena Samaratungga menikah dengan keturunan raja Sriwijaya). Kegagalan Balaputradewa merebut kekuasaan dari Rakai Pikatan, maka menyingkir ke Sumatera menjadi raja Sriwijaya. Untuk selanjutnya pemerintahan kerajaan Mataram dikuasai oleh dinasti Sanjaya dengan rajanya yang terakhir yaitu Wawa. Pada masa pemerintahan Wawa sekitar abad 10, Mataram di Jateng mengalami kemunduran dan pusat penerintahan dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok. Dengan adanya perpindahan kekuasaan dari Jateng ke Jatim oleh Mpu Sendok, maka Mpu Sendok mendirikan dinasti baru yaitu dinasti Isyana dengan kerajaannya adalah Medang Mataram. Berdasarkan prasasti Calcuta, maka silsilah raja-raja yang memerintah di kerajaan Medang Mataram dapat diketahui. Untuk mengetahui silsilah tersebut, simaklah bagan berikut ini!

Dari bagan silsilah raja-raja Medang di atas, maka yang diberi tanda itulah raja-raja yang memerintah. Pada tahun 1017 M kerajaan Medang pada masa Dharmawangsa mengalami pralaya/kehancuran akibat serangan dariWurawari dan yang berhasil meloloskan diri dari serangan tersebut adalahAirlangga. Tahun 1023 Airlangga dinobatkan oleh pendeta Budha dan Brahmana (pendeta Hindu) menjadi raja Medang menggantikan Dharmawangsa. Pada awal pemerintahannya Airlangga berusaha menyatukan kembali daerah-daerah yang pernah dikuasai oleh Dharmawangsa, dan melakukan pembangunan di dalam negeri dengan memindahkan ibukota kerajaan Medang dari Wutan Mas ke Kahuripan tahun 1031, serta memperbaiki pelabuhan Hujung Galuh, dan membangun bendungan WringinSapta. Dengan demikian usahausaha yang dilakukan oleh Airlangga mendatangkan keamanan dan kemakmuran bagi rakyatnya. Tetapi kemudian tahun 1041 Airlangga mundur dari tahtanya dan memerintahkan untuk membagi kekuasaan menjadi 2 kerajaan. Kedua kerajaan tersebut adalah Jenggala dan Panjalu. Pada awalnya pembagian kerajaan tersebut dalam rangka menghindari perebutan kekuasaan diantara putera-putera Airlangga. Tetapi ternyata hal ini yang menjadi penyebab kerajaan Medang mengalami kehancuran. Kehidupan Ekonomi Berdasarkan bangunan candi yang ada, baik yang bercorak Hindu maupun Budha jumlah cukup banyak dan tempat atau lokasinyapun ada yang berdampingan, maka hal ini membuktikan bahwa kehidupan sosial masyarakat Mataram sangat religius dan dilandasi oleh rasa gotong royong yang baik, dan juga mempunyai rasa toleransi antara pemeluk agama Hindu dan pemeluk agama Budha itu sendiri. Dalam lapangan ekonomi, kerajaan Mataram mengembangkan perekonomian agraris karena letaknya di pedalaman dan daerah yang subur tetapi pada perkembangan berikutnya, Mataram mulai mengembangkan kehidupan pelayaran, hal ini terjadi pada masa pemerintahan Balitung yang memanfaatkan sungai Bengawan Solo sebagai lalu lintas perdagangan menuju pantai utara Jawa Timur. Dengan adanya pengembangan

pucang (pinang). maka timbul dugaan bahwa dipindahkannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur karena alasan tersebut. ahani. kapulaga. Prasasti Tengkulak E menyebutkan : Amarawati-Acarama. hartak (kacang hijau). cabya (nurica). pemotong dan lain sebagainya. Goris yang . Macam-macam tanaman yang merupakan hasil perkebunan antara lain adalah nyu (kepala). durryan (durian). kemudian mluku (membajak tanah). yaitu dimulai dengan mbakaki (pembukaan tanah). kelapa kering (kopra). Dalam prasasti-prasasti ada disebutkan nama-nama antara lain. pisang atau byu. sarwa wija atau sarwabija (padi-padian). bawang bang (bawang merah). kapir (kapuk randu). mula phala (wartel dan umbi-umbian lainnya). Proses belajar dan mengajar antara seorang guru dengan muridnya dilakukan pula di asrama-asrama pendeta yang telah banyak ada pada zaman Bali kuno. pertanian khususnya pengolahan tanah di Bali telah maju. sarwaphala (buah-buahan). mantum (menyiangi padi). pemahat. kamiri (kemiri). tanem (menanam padi). tals (ales. Salah satu asrama yang paling terkenal pada zaman Bali kuna ialah Asrama Amarawati. prasasti Tengkulak C menyebutkan : Katyagan i hani Songan Tambahan. bahkan mungkin pula pada masa sebelumnya. hano (enau). lunak atau camalagi (asam). Dalam prasasti Songan Tambahan salah sebuah prasasti dari raja Marakata ada disebutkan istilah-istilah yang berhubungan dengan cara mengolah sawah dan menanam padi yaitu : amabaki. kasumbha (kesumba). amantum. Pendidikan Karena terbatasnya sumber mengenai keadaan pendidikan pada zaman Bali kuno maka untuk mengetahuinya akan dicoba menelusuri dari segi kehidupan masyarakat pada masa itu. atanem.perekonomian. Mengingat bahwa pada masa itu telah dikenal keahlian-keahlian khusus seperti : pande. damar (damar). Dari keterangan di atas jelaslah bahwa pada masa pemerintahan Raja Marakata. jeruk.prasasti Tengkulak A menyebutkan : Sang Hyang mandala ring Amarawati. pipakan (jahe). kapas. Umumnya penduduk pulau Bali sejak zaman dahulu hidup terutama dari bercocok tanam. KERAJAAN DI BALI ( SINGHAMANDAWA DAN RAJAKULA WARMADEWA ) Kehidupan ekonomi dan sosial budaya Mata pencaharian Dari beberapa prasasti yang dikeluarkan oleh raja-raja Bali kuna dapat diketahui mengenai kehidupan dan mata pencaharian masyarakat Bali kuna. anutu. Hidup berkebun juga telah umum pada masa itu. maka tentunya keahlian tersebut didapat dengan cara belajar. ahani (menuai padi) dan nutu (menumbuk Padi). undagi. Proses penanaman padi pada waktu itu disebut sebagai berikut. yang menurut pendapat R. keladi).

Pada zaman itulah datang ke Bali Danghyang Nirartha (Pedanda Sakti Wau Rauh) yang mengarang banyak kitab-kitab kesusastraan. Kenyataan lahiriah (kesenian/karya seni). Hasil-hasil kesusastraan yang diciptakan di Bali baru mulai bermunculan pada waktu pemerintahan Dalem Waturenggong (1460 . maka perlu mengetahui hubungan sejarah dan kekeluargaan antara Bali dan Jawa Timur pada masa itu. wariga (ilmu perbintangan). itihasa (parwa. Pada zaman itulah datang ke Bali Danghyang Nirartha (Pedanda Sakti Wau Rauh) yang menciptakan banyak kitab-kitab kesusastraan. b. Pada zaman pemerintahan Dalem Waturenggong inilah disusun bermacam-macam lontar tentang ke Tuhanan.1550). Jadi pengertian kesenian dan keindahan berbauran saja tanpa ada pembatasannya. Aktivitas (tindakan yang memungkinkan lahirnya karya seni). Nama-nama . seni suara/vokal. geguritan) dan lain sebagainya. Dari pembacaan teks prasasti-prasasti yang telah ditemukan sampai saat ini dapat diketahui bahwa pada zaman Bali kuno telah hidup beberapa cabang kesenian seperti seni tari. seni tabuh dan berbagai jenis kesenian yang dipentaskan.dimaksud adalah kompleks Candi Gunung Kawi sekarang. Hasil-hasil kesusastraan yang diciptakan di Bali baru mulai bermunculan pada waktu pemerintahan Dalem Waturenggong (1460-1550). sebab ada keindahan yang merupakan atau yang tidak termasuk karya seni. Macam-macam Karya Seni (Kesenian) Kesenian atau keindahan seni dalam arti luas meliputi seni sastra. lawak. Lebih-lebih setelah perpustakaan Majapahit dibawa ke Bali. Secara garis besarnya hasil kegiatan estetika manusia itu meliputi tiga kegiatan seni antara lain: a. Sebenarnya tidak semua yang indah itu bernilai seni. c. usada (pengobatan). Tetapi nama-nama kesenian atau tontonan yang disebutkan didalam prasasti-prasasti tidaklah seluruhnya dapat kita identifikasikan dengan cabang-cabang kesenian atau tontonan yang masih hidup sampai dewasa ini. Perasaan yang bersangkutan dengan karya seni. Kesusastraan Untuk mengetahui mengenai keadaan dan perkembangan kesusastraan pada zaman Bali kuno. Ketika itulah kesusastraan Bali mengalami zaman keemasannya. seni bangunan. babad (sejarah). seni arca. Lebih-lebih setelah pustakaan Majapahit banyak dibawa ke Bali. seni tabuh. atau sebaliknya tidak semua kesenian (karya seni) itu indah. sesana (kesusilaan). Kita sering pula berpendapat bahwa semua yang indah itu bernilai seni. seni tari. seni suara/vokal. pengertian kesenian (seni) sering disamakan begitu saja dan malah sering dikacaukan dengan keindahan. Kesenian Dalam pandangan masyarakat pada umumnya. dan beberapa jenis seni tontonan lainnya.

Seni bangunan atau arsitektur yang terlihat pada bangunan-bangunan meliputi : bentuk bangunan. 666-669 M). Selain jenis bangunan tersebut. Semua jenis bangunan yang merupakan peninggalan dari zaman kuno itu beberapa diantaranya masih dapat ditemukan sampai saat ini antara lain : Prasada di Pura Magening (Tampaksiring). Sri Maharaja Linggawarman Atmahariwangsa Panunggalan Tirthabumi (memerintah hanya selama tiga tahun. Seni bangunan Prasasti-prasasti cukup banyak menyebutkan nama-nama bangunan khususnya bangunan suci keagamaan. disamping itu juga bangunan suci sebagai pedharman seorang raja atau pejabat tinggi kerajaan atau juga seorang permaisuri kerajaan. menikah dengan Déwi Ganggasari dari Indraprahasta. Tetapi sayang banyak tempat yang disebutkan dalam prasasti sebagai tempat lumah (wafat) seorang raja atau permaisuri raja belum diketahui lokasinya hingga sekarang. yang keduanya perempuan.cabang kesenian yang paling banyak diketahui ialah dari prasasti-prasasti yang dikeluarkan oleh raja Anak Wungsu. Istilah-istilah tersebut memberikan suatu gambaran bahwa pada masyarakat Bali kuno sudah ada orang mempunyai keahlian di bidang seni pahat dan seni lukis. sedangkan yang kedua. Setelah Linggawarman meninggal. Hal . yang selanjutnya mendirikan kerajaan Sriwijaya. Déwi Manasih. sebelum berdiri sebagai kerajaan yang mandiri. Sunda merupakan bawahan Tarumanagara. juga ditemukan jenis bangunan yang disebut wihara atau pertapaan. menikah dengan Dapuntahyang Sri Janayasa. tata letak dan penentuan atau pemilihan lokasi. Hanya saja data-data mengenai hal ini tidak banyak kita temukan dalam sumber-sumber tertulis seperti prasasti pada umumnya. Sobakancana. menikah dengan Tarusbawa dari Sunda. Wihara-wihara/pertapaan-pertapaan di sepanjang sungai Pakerisan dan Kerobokan dan lain sebagainya. Dari Ganggasari. beliau memiliki dua anak. putri sulungnya. kekuasaan Tarumanagara turun kepada menantunya. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia istilah-istilah tersebut berarti : pemahat patung untuk istilah Culpika dan pelukis untuk istilah Citrakara. Hanya beberapa prasasti yang memuat tentang seni tersebut. Goa Gajah. Raja Tarumanagara yang terakhir. kompleks percandian Gunung Kawi. Tarusbawa. KERAJAAN SUNDA Menurut Naskah Wangsakerta dari Cirebon. Dari bangunan-bangunan tersebut dapat diketahui bahwa ada unsur keindahan yang mewarnai gaya bangunan atau arsitektur. Seni Pahat dan Seni Lukis Selanjutnya kesenian lainnya yang dikenal ialah semacam kesenian yang disebut Culpika dan Citakara. Aspek-aspek arsitektur ini kemudian sangat menentukan rasa puas atau tidaknya si pemilik bangunan baik lahir maupun bathin.

dekat Bogor saat ini. Menurut F. 2. Pada saat Dinasti Sung Selatan. Chan Ju-kua mengumpulkan laporan dari para pelaut dan pedagang yang . Dan tidak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk melanggar aturan ini. Beliau dinobatkan sebagai raja Sunda pada hari Radite Pon. bulan Yista. dengan batas kerajaanya yaitu sungai Citarum (Sunda di sebelah barat. dengan kode D 73 (Cicatih). Wretikandayun (612-702) memberontak. Kaliwon. Sumber Berita Asing 1. 9 Suklapaksa. bulan Kartika pada hari 12 pada bagian terang. Prasasti ini terjemahannya sebagai berikut: Batu peringatan ini adalah ucapan Rakryan Juru Pangambat. wuku Tambir. melepaskan diri dari Tarumanagara. hari Hariang. Sumber-sumber Prasasti 1. Prasasti Kebon Kopi II tahun 458 Saka (536 Masehi). Isi prasasti (menurut Pleyte): Perdamaian dan kesejahteraan. Jadi tulisan ini dibuat. dan dada dibelah dua. Dibuat oleh Sri Jayabupati Raja Sunda. namun.ini menyebabkan penguasa Galuh. Galuh di sebelah timur). Sukabumi. ditegakkan dengan sumpah. Sekarang keempat prasasti tersebut disimpan di Museum Nasional Jakarta. Hari ini adalah hari ketika raja Sunda Maharaja Sri Jayabupati Jayamanahen Wisnumurti Samarawijaya Sakalabuwanamandaleswaranindita Haro Gowardhana Wikramattunggadewa. membuat tanda pada bagian timur Sanghiyang Tapak ini. Pada tahun Saka 952 (1030 M). pada tahun 458 Saka. dan selanjutnya memindahkan kekuasaannya ke Sunda. di era Kerajaan Tarumanagara (358-669 AD ). darahnya diminum. inspektur perdagangan dengan negaranegara asing. Dalam bagian sungai dilarang menangkap ikan. hari pertama. tahun 519 Saka (kira-kira 18 Mei 669 M). Siapa pun yang melanggar aturan ini akan dihukum oleh makhluk halus. serta mendirikan Kerajaan Galuh yang mandiri. Prasasti Sanghyang Tapak yang terdiri dari 40 baris yang ditulis pada 4 buah batu. Hirt dan WW Rockhill. Sampai perbatasan Sanghyang Tapak ditandai oleh dua pohon besar. Tarusbawa juga menginginkan melanjutkan kerajaan Tarumanagara. Prasasti-prasasti tersebut ditulis dalam bahasa Kawi. D 96. ada sumber-sumber berita Cina tertentu mengenai Kerajaan Sunda. Prasasti itu ditulis dalam aksara Kawi. Empat batu ini ditemukan di tepi sungai Cicatih di Cibadak. Beberapa orang berpendapat bahwa tahun prasasti tersebut harus dibaca sebagai 854 Saka (932 Masehi) karena tidak mungkin Kerajaan Sunda telah ada pada tahun 536 AD. bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu Kuno. mati dengan cara mengerikan seperti otaknya disedot. usus dihancurkan. bahwa tatanan pemerintah dikembalikan kepada kekuasaan raja Sunda. di hulu sungai Cipakancilan dimana di daerah tersebut sungai Ciliwung dan sungai Cisadane berdekatan dan berjajar. D 97 dan D 98. di daerah suci Sanghyang Tapak dekat sumber sungai. Sunda dan Galuh ini berbatasan. Sedangkan Tarumanagara diubah menjadi bawahannya.

Cigede. sebagian lagi mengatakan bahwa Kerajaan Sunda luasnya sepertiga dari pulau Jawa dan ditambah seperdelapannya. mereka kemudian mengikuti pantai (melewati Tanjung Indramayu). Dalam laporannya tentang negara Jauh. hal itu juga dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakatnya yang senang berpindah-pindah. Watak masyarakat Sunda yang senang berpindahpindah terlihat dari kegiatan berladang mereka. Tidak heran jika ibu kota Kerajaan Sunda sering berpindah-pindah. Komoditas yang diperdagangkan antara lain: lada. melewati Cirebon. Dengan demikian. Negara ini menghasilkan labu. Laporan Eropa berasal dari periode berikutnya menjelang jatuhnya Kerajaan Sunda oleh kekuatan Kesultanan Banten. Para pedagang dari kerajaan Sunda sudah mampu melakukan transaksi perdagangan dengan pedagang asing dari kerajaan-kerajaan lain. rumah-rumah mereka dibangun diatas tiang (rumah panggung) dan dengan atap jerami dengan daun pohon kelapa dan dindingdindingnya dibuat dengan papan kayu yang diikat dengan rotan. Lada yang tumbuh di bukit (negeri ini) bijinya kecil. Buku berbahasa Cina "shun-feng hsiang-sung" dari sekitar 1430 AD mengatakan: Dalam perjalanan ke arah timur dari Sunda. kehidupan ekonomi masyarakat di Kerajaan Sunda dapat digambarkan. Menurut berita tersebut. Berdasarkan . Salah satu penjelajah itu adalah Tome Pires dari Portugal. tetapi berat dan lebih tinggi kualitasnya dari Ta-pan (Tuban. kapal dikemudikan 97 1/2 derajat selama tiga jam untuk mencapai Kalapa. akhirnya dikemudikan 187 derajat selama empat jam untuk mencapai Cirebon. Kegiatan perdagangan antarpulau itu didukung oleh pelabuhan-pelabuhan yang dimiliki Kerajaan Sunda yaitu Kelapa.1515)" ia menulis bahwa: Beberapa orang menegaskan bahwa kerajaan Sunda luasnya setengah dari seluruh pulau Jawa. Jawa Tengah dan Timur. melewati Indramayu. dan memotong rambut mereka sampai panjangnya setengah inci. Banten. 2. Untuk mendukung dan kelancaran perdagangan dari pesisir ke pedalaman. Sumatra. Kerajaan Sunda pun mengembangkan sektor pertanian yaitu berladang. telur kacang dan tanaman. Kehidupan ekonomi dan sosial budaya Berdasarkan berita yang diperoleh dari bangsa Portugis. yang ditulis dalam tahun 1178-1225 Masehi. Pontang. seperti Malaka. Kapal dari Banten berjalan ke arah timur sepanjang pantai utara Jawa. ibu kota Kerajaan Sunda terletak di pedalaman. Laki-laki dan perempuan membungkus pinggangnya dengan sepotong kain katun. Orangorang tersebut bekerja dalam bidang pertanian. buah-buahan. Chufan-chi. hewan ternak. melewati Kalapa. kegiatan perekonomian pada sektor perdagangan di Kerajaan Sunda cukup maju. Makassar. sejauh dua perjalanan dari pesisir pantai utara. Jawa Timur). Selain sektor perdagangan.benar-benar mengunjungi negara-negara asing. Dalam laporannya "Summa Oriental (1513 . tebu. menyebutkan pelabuhan air di Sin-t'o (Sunda). beras. sepanjang pantai utara Jawa. sayuran. maka dibangunlah jalan yang baik. Chu-fan-chi melaporkan bahwa: Orang-oarang tinggal di sepanjang pantai.

juga ditemukan berita Cina yang banyak memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat dan pemerintahan Kadiri yang tidak ditemukan dari sumber yang lain. Pembagian jerajaan tersebut dilakukan oleh seorang Brahmana yang terkenal akan kesaktiannya yaituMpu Bharada.naskah Sahyang Siksakanda ng Karesian. sebenarnya ada lagi prasasti-prasasti yang lain tetapi tidak begitu jelas. bhayangkara dan prajurit. sedangkan Panjalu kemudian dikenal dengan nama Kadiri meliputi Kediri. maling. Prasasti Banjaran berangka tahun 1052 M menjelaskan kemenangan Panjalu atas Jenggala. dan copet. mantri. Kedua kerajaan tersebut dikenal dengan sebutan Jenggala dan Panjalu. selain ditemukannya prasasti-prasasti juga melalui kitabkitab sastra. Kerajaan Jenggala meliputi daerah Malang dan delta sungai Brantas dengan pelabuhannya Surabaya. dan ibukotanya Daha. begal. Selain dari prasasti-prasasti tersebut di atas. dimenangkan oleh Jenggala tetapi pada perkembangan selanjutnya Panjalu/Kadiri yang memenangkan peperangan dan menguasai seluruh tahta Airlangga. Sumber-sumber Prasasti Prasasti-prasasti menjelaskan kerajaan Kadiri antara lain yaitu: a. Dengan demikian di Jawa Timur berdirilah kerajaan Kadiri dimana bukti-bukti yang menjelaskan kerajaan tersebut. Pada awalnya perang saudara tersebut. Berita Cina tersebut disusun melalui kitab yang berjudul Ling-mai-tai-ta yang ditulis oleh Cho-ku-Fei tahun 1178 M dan kitab Chu-FanChi yang ditulis oleh Chau-Ju-Kua tahun 1225 M. Dan yang banyak menjelaskan tentang kerajaan Kadiri adalah hasil karya berupa kitab sastra karena pada masa Kadiri kesusastraan berkembang dengan pesat. Dengan demikian melalui prasasti. Prasasti Hantang berangka tahun 1052 M menjelaskan Panjalu pada masa Jayabaya. yang dibatasi oleh gunung Kawi dan sungai Brantas. Salah satu hasil karya sastra tersebut adalah kitab Kakawin Bharatayuda dengan ditulisMpu Sedah dan Mpu Panuluh tahun 1156 M yang menceritakan tentang kemenangan Kadiri/Panjalu atas Jenggala. . Di samping kitab sastra maupun prasasti tersebut di atas. pahuma. b. kitab sastra maupun kitab yang ditulis orang-orang Cina tersebut perkembangan Kadiri dalam berbagai aspek kehidupan dapat diketahui. dan Pasuruhan. kelompok rohani dan cendkiawan. penggembala. Madiun. Rembang. Raja Airlangga memerintahkan membagi kerajaan menjadi dua bagian. Berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan masing-masing kerajaan saling merasa berhak atas seluruh tahta Airlangga sehingga terjadilah peperangan. ibukotanya Kahuripan. pemungut pajak. KERAJAAN KADIRI Pada tahun 1041 atau 963 C. susunan masyarakat terbagi ke dalam berbagai kelompok ekonomi yaitu: pandai besi.

Dengan alasan tersebut. Dengan kemenangannya maka Ken . dan berlantai ubin yang berwarna kuning. Kitab Pararaton isinya sebagian besar adalah mitos atau dongeng tetapi dari kitab Pararatonlah asal usul Ken Arok menjadi raja dapat diketahui. selain seperti yang telah dijelaskan pada uraian materi sebelumnya juga masih banyak kitab sastra yang lain yaitu seperti kitab Kariwangsa danGatotkacasraya yang ditulis Mpu Panuluh pada masa Jayabaya. Kehidupan Sosial Bahkan berdasarkan kedua kitab tersebut diceritakan bahwa kehidupan sosial masyarakat Kadiri cukup baik karena kesejahteraan rakyat meningkat masyarakat hidup tenang. dan pertanian. Semuanya itu dihasilkan pada masa pemerintahan Kameswara. kitab Lubdaka dan Wertasancaya karyaMpu Tan Akung. Dengan kehidupan masyarakatnya yang aman dan damai maka seni dapat berkembang antara lain kesusastraan yang paling maju adalah seni sastra. KERAJAAN SINGOSARI Keberadaan kerajaan Singosari dibuktikan melalui candi-candi yang banyak ditemukan di Jawa Timur yaitu daerah Singosari sampai Malang. dan rapi. dan hijau serta orang-orang Kadiri telah memakai kain sampai di bawah lutut. Keinginannya terpenuhi setelah kaum Brahmana Kadiri meminta perlindungannya. Sebelum menjadi raja. juga melalui kitab sastra peninggalan zaman Majapahit yang berjudulNegarakertagama karangan Mpu Prapanca yang menjelaskan tentang raja-raja yang memerintah di Singosari serta kitab Pararaton yang juga menceritakan riwayat Ken Arok yang penuh keajaiban. sehingga Kertajaya mengalami kekalahan pada pertempuran di desa Ganter. Demikian keterangan yang diperoleh berdasarkan kitab Chi-Fan-Chidan kitab Ling-wai-tai-ta. kerajaan Kadiri sudah cukup makmur. hal ini terlihat dari rumah-rumah rakyatnya yang baik. menanam kapas dan memelihara ulat sutra. Hal ini terlihat dari kemampuan kerajaan memberikan penghasilan tetap kepada para pegawainya walaupun hanya dibayar dengan hasil bumi.Kehidupan Ekonomi Dalam kehidupan ekonomi diceritakan bahwa perekonomian Kadiri bersumber atas usaha perdagangan. Selanjutnya ia berkeinginan melepaskan Tumapel dari kekuasaan kerajaan Kadiri yangdiperintah oleh Kertajaya. kitab Simaradahana karya Mpu Darmeja. Dengan demikian dipandang dari aspek ekonomi. Kadiri terkenal sebagai penghasil beras. Ken Arok berkedudukan sebagai Akuwu (Bupati) di Tumapel menggantikan Tunggul Ametung yang dibunuhnya. Hal ini terlihat dari banyaknya hasil sastra yang dapat Anda ketahui sampai sekarang. kitab Kresnayana karya Mpu Triguna dan kitab Sumanasantaka karya Mpu Monaguna. maka tahun 1222 M/1144 C Ken Arok menyerang Kadiri. karena tertarik pada Ken Dedes istri Tunggul Ametung. peternakan. bersih. Hasil sastra tersebut.

Gambar 6. Raja pertama sampai ketiga yang diberi tanda (*) mati dibunuh karena persoalan perebutan tahta dan balas dendam. maka yang perlu Anda ketahui bahwa nama yang diberi nomor dan diberi kotak/dalam kotak itulah urutan raja-raja Singosari. Dari kelima raja Singosari tersebut. Peta kekuasaan Singosari . maka simaklah silsilah berikut ini: Dengan memperhatikan silsilah tersebut di atas. karena dibawah pemerintahan Kertanegara Singosari mencapai puncak kebesarannya. raja Kertanegaralah yang paling terkenal.Arok dapat menguasai seluruh kekuasaan kerajaan Kadiri dan menyatakan dirinya sebagai raja Singosari dengan gelar Sri Ranggah Rajasa Bhattara Sang Amurwawabhumi. Sebagai raja pertama Singosari maka Ken Arok menandai munculnya dinasti baru yaitu dinasti Rajasa atau dinasti Girindrauntuk menambah pemahaman Anda tentang keturunan dinasti Rajasa. Kertanegara bergelar Sri Maharajaderaja Sri Kertanegara mempunyai gagasan politik untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

Kehidupan Ekonomi . c. b. Sedangkan ancaman yang lain dari dalam yaitu adanya serangan dari Jayakatwang dari Kadiri tahun 1292 yang bekerja sama dengan Arya Wiraraja Bupati Sumenep yang tidak diduga sebelumnya. bahkan pada akhir pemirintahan Kertanegara ketika diserang oleh Jayakatwang. Dari tindakan-tindakan politik Kertanegara tersebut. e. Membangun Singasari menjadi pusat pemerintahan dan berusaha menyingkirkan lawanlawan politiknya seperti Kebo Arem (Raganatha) dijadikan adhyaksa di Tumapel. mungkin di satu sisi Kertanegara berhasil mencapai cita-citanya memperluas dan memperkuat Singasari. yang perlu Anda ketahui bahwa kekuasaan tersebut dapat dicapai oleh Kertanegara karena tindakan politiknya yaitu seperti: a. tetapi dari sisi yang lain muncul beberapa ancaman yang justru berakibat hancurnya Singasari. Dan mengawinkan saudaranya dengan raja Campa yaitu raja Jaya Singhawarman IV dalam rangka mencari persekutuan/aliansi dengan kerajaan Campa. Wijaya dan putri yang lain dengan Ardharaja putra Jayakatwang dari Kediri dalam rangka memperkuat kedudukannya sebagai raja Singasari. Ancaman yang muncul dari luar yaitu dari tentara Kubilai-Khan dari Cina Mongol karena Kertanegara tidak mau mengakui kekuasaannya bahkan menghina utusan Kubilai-khan yaitu Meng-chiyang dibuat cacat mukanya. Setelah Kertanegara meninggal maka didharmakan/diberi penghargaan di candi Jawi sebagai Syiwa Budha. Ajaran Tantrayana berkembang dengan baik sejak pemerintahan Wisnuwardhana dan mencapai puncaknya pada masa Kertanegara. di candi Singasari sebagai Bhairawa. Sehingga Kertanegara terbunuh. Menumpas pemberontakan Mahisa Rangkah. Mengirimkan ekspedisi ke luar pulau Jawa antara lain ekspedisi ke Malayu/ Pamalayu tahun 1275 untuk menjalin persahabatan dengan kerajaan Malayu dan ekspansi ke Bali tahun 1284 karena Bali tidak mau tunduk kepada Singasari.Setelah Anda menyimak gambar peta kekuasaan Singasari tersebut. Arya Wiraraja (Banyak Wide) dijadikanBupati Madura. Agama ini dipimpin oleh Dharma Dyaksa. sedang melaksanakan upacara Tantrayana bersama Mahamantri dan pendeta terkenal. Menyatukan agama Syiwa dan Budha menjadi agama Tantrayana (Syiwa Budha). Melakukan politik perkawinan yaitu mengawinkan salah satu putrinya denganR. Di Sagala sebagai Jina Dalam kitab Pararaton maupun Negara Kertagama diceritakan bahwa kehidupan sosial masyarakat Singosari cukup baik karena rakyat terbiasa hidup aman dan tenteram sejak pemerintahan Ken Arok bahkan dari raja sampai rakyatnya terbiasa dengan kehidupan religius. d. maka jatuhlah Singasari di bawah kekuasaan Jayakatwang dari Kediri. Kehidupan religius tersebut dibuktikan dengan berkembangnya ajaran agama baru yaitu ajaranTantrayana (Syiwa Budha) dengan kitab sucinya Tantra.

b. Dari sumber-sumber tersebut di atas. Kehidupan Budaya Dalam kehidupan budaya. Singosari sangat berkembang karena Singosari banyak meninggalkan bangunan monumental atau budaya lain yang berhubungan dengan agama yaitu seperti candi Kedal. ekonomi. Jatim. kehidupan sosial. pemandian atau pertirtaan serta kota Trowulan. karena Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu yang terbesar di Indonesia. Perkembangan tersebut sangat dimungkinkan karena Singosari merupakan daerah yang subur dan dapat memanfaatkan sungai Brantas dan Bengawan Solo sebagai sarana lalu lintas perdagangan dan pelayaran. Kitab Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca pada tahun 1365 menjelaskan tentang keadaan kota Majapahit. c. . walaupun tidak ditemukan sumber yang secara jelas tetapi sangat memungkinkan bahwa ekonomi Singosari ditekankan pada kehidupan pertanian dan perdagangan serta pelayaran. Kitab Sundayana menjelaskan tentang perang Babat. daerah Jajahannya dan perjalanan Hayam Wuruk mengelilingi daerah kekuasaannya. Sedangkan sumber dari luar negeri yang membuktikan kerajaan Majapahit diperoleh dari berita-berita Cina yaitu seperti berita yang ditulis pada masa dinasti Ming (1368-1643) dan berita dari MaHuan dalam bukunya Ying Yai menceritakan tentang keadaan masyarakat dan kota Majapahit tahun 1418 serta berita dari Portugis tahun 1518. Kitab Pararaton. Sumber-sumber Sejarah Sumber-sumber sejarah yang menjelaskan tentang kerajaan Majapahit sebagian besar berupa kitab sastra yaitu seperti: a. serta peninggalan budaya-budaya Majapahit. bekas ibukota Majapahit yang terletak di kota Mojokerto Jawa Timur. candi Singosari dan patung Joko Dolok yang merupakan perwujudan Kertanegara yang terletak di simpang tiga Surabaya. Di samping sumber sejarah di atas. KERAJAAN MAJAPAHIT Nama kerajaan Majapahit tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda. candi Jago. Kitab Usaha Jawa menjelaskan tentang penaklukan pulau Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar. dapat diketahui pemerintahan raja-raja Majapahit. sumber sejarah peninggalan Majapahit juga berupa seni bangunan seperti candi. d. selain menceritakan tentang raja-raja Singosari juga menjelaskan tentang raja-raja Majapahit.Dalam kehidupan ekonomi. pinti gerbang.

karena Jayanegara adalah raja yang lemah. Atas jasanya Gajah Mada menjadi patih Kahuripan tahun 1319 dan selanjutnya tahun 1321 diangkat menjadi patih Daha. Dengan kedatangan pasukan Kubilai Khan. maka Raden Wijaya melakukan berbagai tindakan yaitu seperti melanjutkan pembangunan Majapahit sebagai pusat pemerintahan. maka tahun 1293 Raden Wijaya dinobatkan menjadi raja pertama Majapahit dengan gelarKertarajasa Jayawisnuwardhana. maka dimanfaatkan untuk menyerang Jayakatwang di Kadiri. Dengan . Sedangkan pasukan Kubilai Khan melalui tipu muslihat Raden Wijaya dapat diusir dari pulau Jawa tahun 1293. Pemberontakan terhadap Majapahit tetap muncul. sehingga kekalahan Kertanegara dapat terbalaskan karena Jayakatwang akhirnya meninggal di Ujung Galuh. Pemberontakan tersebut muncul pada masa pemerintahan Jayanegara (Kala Geret). SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang kuat. Diantara pemberontakan tersebut yang paling berbahaya adalah pemberontakan Kuti tahun 1319 tetapi akhirnya dapat dipadamkan oleh pasukan Bhayangkari yang dipimpin Gajah Mada. pada masa pemerintahan Tribuana Tungga Dewi yaitu seperti pemberontakan Sadeng dan Keta di daerah Besuki tahun 1331. Dan pemberontakan tersebut juga berhasil dipadamkan oleh Gajah Mada. Walaupun demikian diantara para pengikutnya ada yang tidak puas dan akhirnya menjadi benih pemberontakan di Majapahit. Setelah berhasil mengusir pasukan Kubilai Khan. Atas jasa tersebut maka Gajah Mada diangkat menjadi Mahapatih Majapahit tahun 1333.Berdirinya kerajaan Majapahit adalah berkat usaha dan perjuangan Raden Wijaya dengan memanfaatkan kedatangan tentara Cina Mongol (Kubilai Khan) yang datang ke Pulau Jawa untuk menghukum Kertanegara. mengawini keempat putri Kertanegara dan membalas jasa dengan memberikan kekuasaan kepada para sahabat dan pengikutnya.

Dalam rangka menguasai Pajajaran tersebut.13 tersebut. Adityawarman dan Mpu Nala sehingga pada masa tersebut Majapahit mencapai puncak kebesarannya. Atas jasanya Adityawarman diangkat menjadi Raja Melayu tahun 1347 untuk menanamkan pengaruh Majapahit di Sumatera. Perang babat tersebut tentu sudah pernah Anda ketahui untuk itu silahkan Anda ceritakan kembali perang Babat tersebut menurut versi Anda. bahkan Semenanjung Malaya juga berhasil dikuasai Majapahit. Majapahit diperintah oleh Hayam Wuruk. Tahun 1364 Gajah Mada meninggal. Sehingga untuk mewujudkan sumpah tersebut. Gambar 8. Ia bergelar Rajasanegara dan dalam menjalankan pemerintahan yang didampingi oleh Mahapatih Gajah Mada. Peta kekuasaan Majapahit Setelah Anda menyimak gambar 2. Sehingga Majapahit mengalami kesulitan mencari penggantinya. Untuk itu dalam rangka menjaga keamanan dan memelihara kesatuan daerah kekuasaannya maka Majapahit memperkuat armada lautnya di bawah pimpinan Mpu Nala. pasukan Majapahit yang dipimpin Gajah Mada dan dibantu oleh Adityawarman melakukan politik ekspansi/penyerangan keberbagai daerah dan berhasil. maka Gajah Mada melakukan Politikperkawinan yang berakibat terjadinya peristiwa Babat tahun 1357. Wilayah kekuasaan Majapahit hampir meliputi seluruh wilayah nusantara. Meninggalnya .adanya Sumpah Amukti Palapa. maka Gajah Mada bercita-cita mempersatukan wilayah Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. karena daerah kekuasaannya hampir meliputi seluruh Nusantara dan Majapahit berkembang sebagai kerajaan Maritim sekaligus kerajaan Agraris. Dan juga berusaha menjalin persahabatan dengan negara-negara tentangga yang diistilahkan Mitrekasatata yang berarti sahabat atau sahabat sehaluan atau hidup berdampingan secara damai. Memang benar apa yang dicita-citakan oleh Gaja Mada melalui sumpahnya dapat terlaksana kecuali kerajaan Pajajaran (Sunda) yang belum dikuasainya. Baru tiga tahun kemudian digantikan oleh Gajah Enggon. Pada tahun 1350. Selanjutnya cerita Anda ditulis pada selembar kertas dan kumpulkan pada Guru bina Anda. tentu dalam pikiran Anda terlintas bahwa Gajah Mada berhasil mewujudkan sumpahnya.

Dalam kehidupan beragama raja membentukdewan khusus yaitu Dharmadjaksa ring kasaewan yang mengurus agamaHindu Syiwa dan Dharmadjaksa ring Kasogatan yang mengurus agama Budha keduanya dibantu oleh pejabat keagamaan yang disebut Dharma Upapatti. ketika Girindrawardhana memisahkan diri dari Majapahit dan menamakan dirinya sebagai raja Wilwatikta Daha Janggale Kadiri.1429) kehidupan politik Majapahit diwarnai oleh Perang Paregreg atau perang saudara antara Wikramawardhana dengan Bhre Wirabumi. Hal ini ditambah dengan adanya penyebaran Islam yang berpusat di Malaka serta munculnyakerajaan-kerajaan Islam yang menentang Majapahit maka keruntuhan Majapahit diambang pintu. Komoditi . Perang Paregreg terus berkelanjutan menyebabkan bintang Majapahit semakin pudar. bahwa masyarakat Majapahit di samping beragama Hindu. Kehidupan sosial yang penuh dengan toleransi juga dibuktikan melalui kitab Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular yang di dalamnya ditemukan kalimat “Bhinneka Tunggal Ika.TanHana Dharma mangrua”. Selanjutnya tahta Majapahit diduduki olehWikramawardhana. Pemerintahan Majapahit selalu berusaha meningkatkan pertaniannya dengan memperbaiki atau memelihara tanggul sepanjang sungai untuk mencegah banjir dan di samping itu juga memperbaikijalan-jalan jembatan untuk mempelancar lalu lintas perdagangan. keamanan rakyat terjamin. dimana hukum serta keadilan ditegakkandengan tidak pandang bulu. maka tentu perekonomian Majapahit bersumber dari pertanian. Kehidupan Ekonomi Sebagai negara agraris dan maritim. Hal ini seperti apa yang diceritakan oleh Ma-Huan tahun 1413. Tahun peristiwa tersebut di tulis dalam Candrasangkaleyang berbunyi “Hilang sirna kertaning bhumi”. bahkan tercipta toleransi. sehingga pemerintahan Hayam Wuruk mengalami kemunduran. kehidupan keagamaan Majapahit berjalan dengan baik. Majapahit runtuh tahun 1478. Kehidupan Sosial Sebagai kerajaan Hindu terbesar di Nusantara kehidupan sosial masyarakat Majapahit umumnya baik. Pada masa pemerintahan Wikramawardhana (tahun 1389 . semuanya hidup dengan rukun. kerajaan memperhatikan kepentingan rakyat. Budha juga ada yang beragama Islam. pelayaran. sehingga banyak daerah-daeah kekuasaannya yang melepaskan diri. Mengenai runtuhnya Majapahit ada beberapa pendapat yaitu: 1. 2. dan perdagangan yang saling menunjang dan saling melengkapi. Hayam Wuruk meninggal tahun 1389. Pendapat lain menjelaskan Majapahit runtuh karena diserang oleh Demakyang dipimpin oleh Adipati Unus tahun 1522. Anda masih ingat arti kalimat tersebut? Apabila Anda lupa buka kembali kegiatan belajar 1 modul ini. Dan berita Ma-Huan tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh Islam sudah ada di kerajaan Majapahit. Dengan adanya pejabat keagamaan tersebut.Gajah Mada sangat berpengaruh terhadap pemerintahan Hayam Wuruk.

dan karya sastra. merupakan salah satu contoh wujud akulturasi dengan kebudayaan India. Kelompok Candi Penataran Selain seni bangunan. peninggalan Majapahit juga berupa seni patung yaitu seperti patung perwujudan Raden Wijaya sebagai Hariharaatau sebagai Syiwa dan Wisnu dalam satu arca. atau petirtaan. selain kitab-kitab yang telah disebutkan pada uraian materi sebelumnya. Seni bangunan Majapahit antara lain pemandian. hasil peninggalan Majapahit berupa seni bangunan. Surabaya. gapura yang berbentuk seperti candi bentar maupun Bajang Retu. patung. Gambar 9. kitab Sorondaka yang berbentuk kidung dan juga ada kitab hukum yang ditulis oleh Gajahmada yaitu kitab Kutaramanawa yang digunakan sebagai dasar hukum di Majapahit. candi Penataran di Blitar dan masih banyak lagi candicandi peninggalan Majapahit yang lain. Sedangkan peninggalan Majapahit dalam bidang seni sastra juga cukup banyak. juga kitab-kitab yang lain yaitu seperti kitab Arjunawiwaha yang ditulis oleh Mpu Tantular. Dengan demikian dari kitab hukum tersebut. Sedayu. Sebagai kerajaan besar tentu kebudayaan Majapahit berkembang dengan baik. Daerah-daerah pelabuhan seperti Canggu. Kitab Hukum Kutaramanawadisusun berdasarkan kitab Hindu yang lebih tua yaitu kitab Kutarasastra danManawasastra. dan Tuban menjadi pusat perdagangan karena menumpang barang dagangan berupa hasil bumi dari daerah pedalaman. Gresik.perdagangan Majapahit adalah beras dan rempah-rempah. kitab Ranggalawe. patung putri Suhuta danpatung Tribhuwana sebagai Parwati. . Dengan demikian kehidupan ekonomi Majapahit cukup tinggi sehingga Majapahit dapat berkembang sebagai kerajaan besar.

dan Kristen. Dari Persia. Kedua jalur itu merupakan jalur perjalanan pedagang dan barang dagangannya yang berasal dari Barat dibawa ke Timur. Sebelum kita melihat lebih jauh tentang persebaran agama Hindu-Buddha. Pergantian kedua jenis angin tersebut memakan waktu 6 bulan sekali sehingga memengaruhi perjalanan kapal maupun darat. agama ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. India. Di Indonesia. Hindu-Buddha dan Perkembangannya di Indonesia Hindu-Buddha merupakan dua agama yang berasal dari satu negara berpenduduk padat di dunia. Dari India. 1. Asia Selatan.A. Dravida. Kata ini mengacu pada Sungai Indus yang menjadi sumber air bagi kehidupan di sekitarnya. Jalur darat melalui Malaka . kedua agama ini masih hidup dan berkembang sampai saat ini. Bangsa Arya yang berasal dari Asia Tengah berhasil mendesak bangsa asli India. Mereka inilah yang berperan dalam menyebarkan ajaran agama dan kebudayaan. Agama ini merupakan perpaduan antara agama yang dianut oleh bangsa Arya dan bangsa Dravida. dan Cina sudah tercipta sejak lama. dari sini dibawa oleh bangsa Eropa dengan kapal ke Venesia dan pelabuhan Lisabon di Spanyol. Hubungan internasional itu terjadi karena Indonesia memiliki posisi yang strategis dalam jalur perdagangan internasional. dan keledai menuju ke Persia. B. dan sebaliknya. Karena posisinya yang strategis. dan jalur perdagangan melalui darat (dikenal sebagai Jalur Sutra). Jalur perdagangan yang digunakan ialah jalur perdagangan melalui laut (dikenal sebagai Jalur Emas). Sumber ajaran agama Hindu terdapat dalam kitab suci Weda (terdiri atas empat kitab).Malaka . kita akan meninjau sejenak sejarah berdirinya kedua agama tersebut.daratan China dibawa oleh pedagang dengan kendaraan darat seperti onta. Brahmana (merupakan tafsir . Kata hindu berasal dari kata sindhu (bahasa Sanskerta) yang berarti sungai. barang dagangan dibawa ke pantai Laut Tengah dan selanjutnya oleh bangsa Eropa dibawa dengan kapal ke Venesia dan Lisabon di Spanyol. kemudian dibawa oleh pedagang melalui gurun pasir ke pantai Laut Tengah (Mediternia). Perdagangan melalui jalur itu juga dipengaruhi oleh adanya Angin Muson Barat Laut dan Angin Muson Tenggara. kuda. Peranan Perdagangan Internasional Hubungan internasional antara Indonesia dengan bangsa-bangsa di Asia Barat. Agama Hindu Agama Hindu berasal dari India. seperti HinduBuddha. Terjadi pembauran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida yang selanjutnya menurunkan generasi yang disebut bangsa Hindu.Gujarat (India) . Adapun jalur laut melalui Maluku . Indonesia memiliki bandar-bandar perdagangan yang disinggahi kaum pedagang. Islam.Persia atau ke Laut Merah.

Pancasradha merupakan keyakinan dasar umat Hindu. Moksa Tattwa: percaya bahwa kebahagiaan tertinggi merupakan tujuan akhir manusia Dalam masyarakat Hindu. Kitab ini ditulis ketika bangsa Arya menduduki Punjam. raja dan keturunannya. Dalam Agama Hindu ada lima keyakinan dan kepercayaan yang disebut dengan Pancasradha. Agama ini didasarkan pada ajaran Sidharta Gautama.dari kitab Weda). serta prajuritprajuritnya 3. Ketiga dewa tersebut ialah:  Dewa Brahma. Sungai Gangga dianggap keramat dan suci karena air Sungai Gangga dianggap dapat mensucikan abu jenazah yang dibuang ke dalamnya. Kendaraannya berupa angsa. Brahmana: terdiri atas pemimpin agama atau pendeta 2.  Dewa Syiwa. . Karmaphala Tattwa: percaya dengan adanya hukum sebab-akibat dalam setiap perbuatan 4. Kata weda berasal dari kata vid artinya tahu. Sidharta Gautama digelari Sang Buddha (orang yang mendapat pencerahan) karena ia mendapat penerangan yang sempurna setelah bertapa di tengah hutan. Wisnu bertugas memelihara alam semesta. Kelima keyakinan tersebut. dikenal lima kasta atau kelas. Nyepi. Widhi Tattwa: percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan segala aspeknya 2. Pemujaan terhadap para dewa dipimpin oleh seorang pendeta yang disebut brahmana. dan Siwaratri. Hari raya umat Hindu ialah Galungan. Ksatria: terdiri atas para bangsawan. yakni: 1. Sudra: terdiri atas para petani dan pekerja kasar 5. Agama ini timbul sebagai reaksi masyarakat terhadap peran kaum Brahmana yang dianggap terlalu berlebihan dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka.000 tahun sebelum Masehi. Pagerwesi. Kendaraannya berupa seekor burung garuda. Waisya: terdiri atas pengusaha dan pedagang 4. 3. Atma Tattwa: percaya dengan adanya jiwa dalam setiap makhluk 3. Kendaraannya seekor lembu. Agama Buddha Agama Buddha juga berasal dari India. Weda atau veda berarti pengetahuan suci. Syiwa bertugas sebagai perusak semua yang tidak lagi berguna di alam. dan Upanisad (memuat dasar-dasar filsafat hubungan antara manusia dan TUHAN). Punarbhawa Tattwa: percaya dengan adanya proses kelahiran kembali (reinkarnasi) 5.  Dewa Wisnu. Kuningan. Dewa-dewa utama dalam ajaran Hindu ialah Dewa Trimurti (kesatuan dari tiga dewa). Saraswati. 2. yaitu: 1. Brahma bertugas menciptakan alam semesta dan mengatur segala peristiwa di dunia. Paria: terdiri atas gelandangan (orang yang haram untuk disentuh) Tempat suci umat Hindu antara lain kota Benares yang dianggap sebagai tempat bersemayamnya Dewa Syiwa.

niat atau sikap yang benar. dan berlindung kepada Sanggha (perkumpulan) masyarakat pemeluk agama Buddha. Bidang Sosial Di bidang sosial. berbuat atau bertingkah laku yang benar. berusaha yang benar. Bidang Teknologi Perhatikanlah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Aspek-aspek tersebut meliputi bidang sosial. dan bersemedi yang benar. Mahayana yang mengajarkan bahwa untuk mencapai Nirwana. Sistem itu kemudian terpengaruh oleh ajaran Hindu-Buddha. Agama Buddha terbagi atas dua aliran. kesenian. Nafsu dapat ditindas melalui delapan jalan (astavidha). Pertama. b. Timbul kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. masyarakat Indonesia tersusun dalam kelompok-kelompok desa yang dipimpin oleh kepala suku. Umat Buddha merayakan Hari Raya Triwaisak. Pemeluk agama Buddha wajib melaksanakan tiga ikrar (Tri Ratna). Agama Buddha mencapai puncak kejayaannya pada zaman kekuasaan Raja Asoka (273-232 SM) yang menetapkan agama Buddha sebagai agama resmi negara. dan prasasti. dan Abdhidharmapitaka (berisi tentang penjelasan dan kupasan mengenai sosial beragama atau falsafah agama). Hinayana yang mengajarkan bahwa untuk mencapai Nirwana. 4. Dapatkah kamu bayangkan bahwa ratusan tahun yang lalu. a. berlindung kepada Dharma (ajaran) agama Buddha. Penderitaan dapat dihentikan dengan cara menindas trisna (nafsu). setiap orang punya hak dan kesempatan yang sama untuk mencapai kesempurnaan asalkan ia mampu mengendalikan dirinya sehingga bebas dari samsara. setiap orang harus mengembangkan sikap kebijaksanaan dan sifat welas asih. berbicara yang benar. tradisi Hindu-Buddha berpengaruh terhadap sistem kemasyarakatan dan pemerintahan. yaitu pandangan (ajaran) yang benar. sangat bergantung pada usaha diri melakukan meditasi. tempat bersemedi Sidharta Gautama. penghidupan yang benar. Dalam sistem pemerintahan asli Indonesia. telah ada teknologi yang mampu digunakan untuk membuat bangunan begitu indah?Peninggalan Hindu-Buddha dalam bidang seni bangunan (arsitektur) yang berkembang di Indonesia adalah yang berupa candi. menerima bodhi. Kitab suci agama Buddha ialah Tripitaka (Tiga Keranjang) yang terdiri atas Vinayapitaka (berisi tentang bermacam-macam aturan hidup dan hukum penentu cara hidup pemeluknya). Sutrantapitaka (berisi tentang pokok-pokok wejangan Sang Buddha). juga pendidikan. memerhatikan hal-hal yang benar. Tempattempat suci umat Buddha antara lain BodhGaya. Menurut ajaran Buddha. Candi di Indonesia berbentuk punden bertingkat yang digunakan sebagai makam raja dan bagian atas punden . Pengaruh Agama Hindu-Buddha di Indonesia Pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. dan wafatnya Sang Buddha yang bertepatan dengan saat bulan purnama pada bulan Mei. yupa. Kedua. yang merupakan peringatan kelahiran. yaitu: berlindung kepada Buddha. teknologi.Agama Buddha tidak mengakui pembagian kasta dalam masyarakat.

Pengaruh tradisi HinduBuddha di Indonesia tampak juga pada bidang kesenian. Kaum Brahmana adalah kelompok yang berwewenang memberikan pendidikan dan pengajaran dalam masyarakat Hindu-Buddha. Di antaranya Negarakertagama dan Barathayudha. dikemukakan oleh I-Tsing. bahwa di Sriwijaya terdapat "universitas" yang dapat menampung ratusan mahasiswa biarawan Buddha untuk belajar agama. khususnya di bidang sastra. dan hukum. pengaruh tradisi Hindu-Buddha dapat kita lihat bahwa sampai akhir abad ke-15. yaitu cerita Ramayana dan Mahabrata yang dijadikan lakon wayang. d. Kesenian Kamu pernah melihat tarian Bali atau menyaksikan seni beladiri Kongfu? Itulah contoh pengaruh tradisi kebudayaan Hindu-Buddha yang masih kita temui saat ini. Banyak kitab Hindu-Buddha yang menjadi aset bangsa saat ini. Dalam bidang seni rupa. Salah satu hasil dari perkembangan pendidikan.bertingkat itu dibuatkan patung rajanya. Candi yang bercorak Buddha antara lain Candi Borobudur dan Candi Kalasan. banyak kita ditemui hiasanhiasan pada dinding candi (relief) yang sesuai dengan unsur India. Ada juga hasil kesusastraan Indonesia yang sumbernya dari India. Di bidang seni sastra. pengaruh tradisi Hindu Buddha terlihat pada penggunaan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta pada prasasti-prasasti. . Adapun candi di India berbentuk stupa bulat yang digunakan sebagai tempat sembahyang atau memuja dewa. c. ilmu pengetahuan berkembang pesat. bahasa. khususnya seni rupa dan seni sastra. Candi yang bercorak Hindu antara lain Candi Prambanan dan Candi Dieng. Bidang Pendidikan Di bidang pendidikan.

glory (kejayaan. Bartolomeus Diaz sampai ke Tanjung Harapan (ujung selatan benua afrika) pada tahun 1486. adanya jiwa petualangan. C. C. Adanya ajaran Copernicus yang menyatakan bahwabumi ini bulat. terdorong untuk mewujudkan impian 3-G : gold (emas/kekayaan). Bartolomeus Diaz (1450 – 1500). Keinginan untuk mendapatkan rempah – rempah dari daerah asal. jajahan). D. . Jatuhnya kota Konstatinopel menimbulkan kesulitan bagi bangs a. 3. Faktor yang mempengaruhi kedatangan bangsa Eropa. Proses masuknya bangsa – bangsa Eropa ke Indonesia Kedatangan bangsa Eropa keIndonesia tidak terlepas dari perang salib (1096 – 1291) antara negara – negara Eropa melawan negara – negara Islam yang di pimpin oleh kerajaan Turki Usmani. kisah perjalanan Marcopolo ke dunia timur E. Kota ini menjadi koloni portugis pertama di India. Bangsa Portugis Atas dasar perjanjian Tordesilas (1494) Portugis di dalam melakukan pelayarannya menuju ke arah timur garis tordesilas. bahkan diperkenankan berdagang dan membangun benteng. 2. kekuasaan. 4. B. Bangsa – bangsa eropa yang masuk ke Indonesia 1. dari malaka Portugis menuju Maluku yang dipimpin oleh Antonia d‟abraw pada tahun 1512 di terima baik oleh raja Ternate. Perang berakhir dengan dikuasainya kota dagang Knstatinopel oleh Turki Usmani (1453). Dengan menyusuri pantai barat afrika. kompas. Beberapa pelaut bangsa portugis yang mempelopori penjelajahan samudera adalah sebagai berikut : A. C. dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudera bangsa Portugis. B. dan mendirikan kantor dagang di Goa.bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah – rempah dari dunia timur (Indonesia).5. Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ditemukannya peta. PERADABAN DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL 1. F. Pada tahun 1498 Vasco da gama berhasil mendarat di Kalikut (india). golpel (penyebaran agama nasrani). Al fonso berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. menempuh rute yang sama. Vasco da Gama (1469 – 1524). B. yaitu : A. Alfonso d‟Albuquerque (1445 – 1515). navigasi dll. KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA KOLONIAL EROPA A. penemuan Vasco da gama belum memuaskan.

sebagai pelopor dan berhasil mendarat di daerah kepulauan Bahama. karena kesombongan dan berlaku kasar. Pelaut Spanyol yang melaksanakan Penjelajahan Samudera. akhirnya di usir. Oleh karena itu Colombus disebut sebagai penemu dunia baru yaitu Amerika. Christoforus Colombus (1451 – 1506). dan berhasil membawa rempah – rempah.(del cano orang yang pertama berhasil mengelilingi dunia). 3. 2. melakukan peperangan. Dalam perkembangannya ambon tidak strategis lagi di . tiba di ternate pada tahun 1577. Untuk memperkuat kedudukannya. Thomas Candevish. yaitu : a. b. berusaha menguasai Indonesia namun gagal dan berhasil menguasai India. sewaktu mencoba mengatasi perang antar suku di daerah ini. pada tahun 1528 di capai kesepakatan Zaragosa yang isinya membagi duia ke dalam duawilayah kekuasaan. b. dari sana del cano pulang melalui rutenya Portugis dan tiba di eropa pada tahun 1522. mencetak uang. dengan mengikuti jalur pelayaran yang dirintis Magelhaends. Francis Drake. tiba di kepulauan Masava (nama awal kepulauan Filiphina) tahun 1520. tiba dibanten tahun 1598. c. Amerigo melakukan penyelidikan tentang benua yang ditemukan. yaitu : memonopoli perdagangan. Cornelis de Houtmans melalui jalur timur (portugis). melakukan ekspansi. melalui jalur yang sama pada tahun 1586. ditemani oleh Kapten Juan Sebastian del Cano. Mereka tiba di tidore pada tahun 1521. berkedudukan di ambon. bersikap baik. VOC oleh pemerintah belanda diberi hak istimewa (octrooi). perjalanan di lanjutkan di bawah pimpinan Del cano. Dengan adanya kesepakatan itu spanyol kembali ke Filipina dan portugis ke arah selatan. Daerah di sebelah utara Zaragosa merupakan milik spanyol dan daerah di sebelah selatan dinyatakan milik portugis. Untuk menghindarai persaingan yang tidak sehat pada tanggal 20 maret 1602 dibentuklah kongsi dagang bernama Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). Jacob van Niek dan Van waewyck. Keberhasilan itu kemudian mendorong orang – orang belanda datang ke indonesia. Inggris Kedatangan bangsa inggris ke indonesia dirintis oleh : a. b. memiliki tentara. Ferdinand Magelhaends (1480-1521). diangkatlah gubernur VOC pertama Pieter Both. Belanda a. Amerika pada tahun 1492. Magelhaendsn terbunuh. 4. Antara portugis dan spanyol berselisih kemabli . c.D. pada tahun 1596 berhasil mendarat di Banten. Benua itu kemudian dinamakan Amerika. Bangsa Spanyol Atas dasar perjanjian Tordesilas (1494) Spanyol di dalam melakukan pelayarannya menuju ke arah Barat garis tordesilas. setelah colombus ekspedisi selanjutnya di pimpin oleh Amerigo Vespuci berhasil mencapai daratan yang amat luas tidak jauh dari kepulauan Bahama.

dipergunakannya nama dan kata Portugis serta dikenalnya musik keroncong. yaitu dikenalnya agama Kristen. Perluasan Kekuasaan Kolonial di indonesia a) Kolinialiesme Kolinialisme berasal dari kata “koloni” berasal dari bahasa latin. Sistem koloni muncul pada zaman Yunani Kuno. Raja dan para pejabat lainnya semakin bergantung kepada kekuasaan asing. Kehidupan rakyat di daerah kekuasaan VOC pada umumnya menderita. tanah pemukiman atau jajahan. VOC sering melakukan intervensi terhadap persoalan-persoalan intern kerajaan. tetapi mereka tetap berhubungan dengan negeri asalnya dan memberi upeti. Praktik kolonialisme yang dilakukan oleh bangsa-bangsa barat atas wilayah Indonesia mengakibatkan terjadinya berbagai perubahan dalam aspek-aspek kehidupan masyarakat. Daerah-daerah tersebut diwajibkan menyerahkan hasil bumi yang diperlukan VOC dengan penggantian yang ditetapkan. Inilah yang disebut contingenten.bawah pimpinan Jan pieterzoon coen (JP Coen) tahun 1619 VOC berhasil merebut Jayakarta di ganti nama batavia sebagai markas besar VOC. Dalam bidang kebudayaan pengaruh corak barat sedikit demi sedikit mulai dikenal masyarakat Indonesia seiring dengan pelaksanaan kolonialisme. Untuk mencapai tujuannya VOC melakukan politik adu domba (devide at impera). Perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya pendapat para ahli paham kekuasaan dan ahli geopolitik di barat yang membenarkan dan menganggap perang dan ekspansi itu adalah dah untuk mempertahankan sebuah negara. Berikut ini beberapa budaya barat yang telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. . dalam masalah pergantian tahta kerajaan. VOC memperoleh hak monopoli di suatu tempat. Kedua kebijakan VOC tersebut menyebabkan semakin merosotnya kesejahteraan rakyat. Penyerahan demikian tidak memperoleh ganti rugi. Kolonialisme adalah bentuk penjajahan dengan cara mengambil sumber daya yang berada di wilayah jajahan tanpa memperhatikan keadaan orang pribumi. Perubahan-perubahan itu menunjukkan bahwa kedaulatan dan kekuasaan politik kaum pribumi sudah tidak begitu berarti. Misalnya. kerajaan-kerajaan yang bersangkutan akan dikendalikan oleh Belanda. dan “colonia”Yang berarti tanah. Rakyat diwajibkan untuk menyerahkan hasil bumi mereka untuk pajak. kekuasaan raja semakin merosot. dengan perjanjian. Kekuasaan dan pemerintahan kerajaan telah ditempatkan di bawah kekuasaan kolonial. Cara demikian disebut penyerahan wajib. Oleh karena kekuasaan kolonial semakin menguat. Akibatnya. Selain itu. petani Yunani berpindah dari negerinya yang tandus ke wilayah lain yang lebih subur untuk meningkatkan taraf hidupnya.

c) Merkantilisme Merupakan kebijakan politik dan ekonimi dari negara-negara imperialis dengan tujuan untuk memupuk kekayaan berupa logam mulia sebanyak-banyaknya sebagai standar dan ukuran kekayaan yang dimiliki.b) Imperialisme Imperialisme memiliki arti yaitu sistem penjajahan langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya. Jenis-jenis Imoperialisme : 1. memiliki kekayaan(Gold). Bertujuan untuk mencapai kejayaan(Glory). 2. Negara penganut imperialisme kuno : Portugis. Pelopor Imperialisme Modern adalah inggris. . Berdasarkan Waktu Munculnya : · Imperialisme Kuno. oleh karena itu timbul usaha-usaha untuk mencari daerah-daerah jajahan seluas mungkin. Perindustrian yang cukup besar itu membutukan banyak bahan mentah yang diperoleh dari daerah jajahan. Berdasarkan Tujuan penguasaan : o Imperialisme Politik Upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari negara lain. o Imperialisme Kebudayaan Suatu upaya untuk menguasai mentalitas dan jiwa dari negara lain. dan menyebarkan agama(Gospel). kesejahteraan dan kekuasaan negara tersebut. o Imperialisme Ekonomi Suatu upaya untuk dapat menguasai perekonomian negara lain. o Imperialisme Militer Suatu upaya untuk menguasai daerah-daerah dari negeri lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata. · Imperialisme Modern Bertujuan untuk melakukan pembangunan industri secara besar-besaran. dan spayol.

kapitalisme dan Revolusi Industri di negaranegara Barat(eropa) membawa akibat yang sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia. Strukture Birokrasi Kolinial Salah satu akibat dari perluasan dan pemantapan kekuasaan Hindia Belanda adalah perlunya tenaga-tenaga pribumi yang dapat mengerjakan beberapa keperluan administrasi pemerintahan. B. bangsa Belanda. dan kitap Undang-undang Dagang diberlakukan untuk orang-orang Cina untuk mempermudah pembuatan kontak-kontrak dengan mereka dan menjamin kepastian hukum bagi perdagangan orang-ornag belanda. A. kehutanan.d) Revolisi Industri Perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada awal dan merupakan kumpulan dari berbagai penemuan serta pengalaman yang mendatangkan kekayaan dengan tiba-tiba. Pada tahun 1848 Belanda membuat kitab hukum yaitu kitam Undang-undang Hukum Perdata(hukum benda atau hukum perjanjian. b. Perkembangan Strukture Birokrasi. Peimpin formal tradisional (raja atau bangsawan) yang bertindak sebagai penguasa daerah. sudah tidak memadai lagi. Menurut politik hukum . menguasai bahan-bahan perdagangan yang penting di indonesia seperti rempahrempah. Inggris. Sebab yang diperlukan pemerintahan Belanda bukan hanya penyambung pemerintahan. dan Sistem Hukum pada Masa Kolonial a. Sistem Hukum Kolonial. tetapi disesuaikan dengan sistem pemerintahan Belanda. bahkan kemiliteran dan kepolisian. Sistem Pemerintahan. Kedatangan mereka bertujuan untuk melaksanakan monopoli perdagangan. tetapi tenaga terlatih dalam berbagai jenis kegiatan seperti kesehatan. Sistem pemerintahan kolonial Pada sistem pemerintahan kolonial. dan Prancis juga telah sampai di Indonesia. c. pemerintahan dikendalikan oleh orang-orang Belanda dan para penguasa pribuminya atas dasar perintah dari Gubernur Jendarl. Pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17. Raja-raja tidak lagi dapat memerintah sesuai dengan tradisi yang diterima secara turun tenurun. Kebijakan Pemerintah Kolonial di Indonesia pada Abad ke-19 sampai Awal Abad Ke-20 Berkembangnya politik merkantilisme. Denmark.

C. sistem ekonomi yang di terapkan oleh pemerintah kolonial Belanda bersifat liberal dan mengembangkan sistem ekonomi kapitalisme.tersebut. Sementara orang Timur Asing yang terjuan dalam bidang perekonomian di antaranya sebagai pedagang kelontong dan menguasai pusat-pusat perekonomian yang di anggap strategis seperti mengontak pasar kepada pemerintahan kolonial belanda. · Pertanian dan perikanan : Pada masa kolonial banyak masyarakat Indonesia bergerak dalam bidang pertanian dan perikanan. kegiatan dagang dikuasai oleh pengusaha-pengusaha swasta asing. orang-orang indonesia dibiarkan hidup di bawah hukumnya sendiri. dan Swasta Asing a) Perkembangan Ekonomi Pemerintah kolonial Sejak VOC di bubarkan tahun 1799. juga banyak yang terjuan dalam bidang pertambangan. baik sebagai pedagang dan pembeli harus membayar sewa masuk. d) Pengaruh Perkembangan Ekonomi · Perdagangan : Pada masa pemerintahan kolinial Belanda. karena masyarakat tersebut hanya sebagai buruh atau tenaga kerja kasar dengan menerima upah yang sangat rendah. sehingga setiap orang yang memasuki pasar. pemerintah kolonial mencoba untk menggali potensi Indonesia melalui pelaksanaan tanam paksa. c) Perkembangan Ekonomi Masyarakat di Berbagai Daerah. Ekonomi masyarakat di berbagai daerah sulit untuk berkembang ke arah kemajuan. Namun hasil pertanian dan perikanannya sering tidak dapat mereka nikmati karena diramoas oleh pemerintah kolonial Belanda. yaitu hukum adat asli. b) Perkembangan Ekonomi Swasta Asing Pengusaha Swasta Belanda maupun orang-orang Eropa lainnya. Mundurnya kegiatan ekonomi bangsa Belanda pada masa itu di sebabkan karena negeri Belanda menjadi anggota koalisi untuk menghadapi pemerintah Napoleon Bonaparte dari Perancis. perkembangan perekonomian bangsa Belanda mengalami masa yang sangat suram. Untuk mengatasi ekonomi negara seperti ini. . Selain itu . Setelah tanam paksa di hapuskan. lebih banyak mengusahakan perkebunan-perkebunan dengan tanaman yang laku di pasar Eropa. Perluasan Aktifitas Ekonomi Pemerintah Kolonial.

Perlawanan Bangsa Indonesia Menentang Dominasi Asing Perlawanan sebelum 1800 Perlawanan berasal dari kerajaan Melawan VOC Tidak ada perjajian tertulis untuk melakukan kesepakatan Penyerangan masih tradisional Contoh Perlawanan : .· Industri dan Infrastruktur : pemerintahan belanda juga membangun infrastruktur seperti irigasi. Mereka menganggap bahwa sistem tersebut cocok dengan keadaan di tanah jajahan yang belum mengenal ekonomi uang. dan Industrialisasi dengan Perubahan di Pedesaam dan Proses Perkotaan Sejak VOC dibubarkan pada tahun 1799. yaitu golongan liberal dan golongan konservatif.Sultan Baabullah Menentang Portugis . bahwa perlawanan-perlawanan itu diilhami oleh ajaran-ajaran Islam. jalan raya. jembatan. Kebijakan Pemerintah Kolonial dalam Bidang Keagamaan Pemerintah kolonial menyadari . Monetelisasi. Kaumliberal mengajikan gagasan baru bagi kebijakan kolinial di Indonesia. agama Islam di pelajari secara ilmiah di negeri Belanda. Oleh karena itu. Dalam menentukan kebijakan pemerintahan di tanah jajahan. daerah Indonesia diserahkan kepada pemerintahan Kerajaan Belanda. jalan kereta api untuk menunjang kelancara pengangkutan hasilhasil perusahaan perkebunan dari daerah pedalaman ke daerah pantai atau pelabuhan yang akan meneruskan ke dunia luar. Seiring dengan hal itu. F. juga dilaksanakan ideologi. E.Adipati Unus Menyerang Portugis Di malaka . Hubungan Komersialisasi Ekonomi. 1. ada dua golongan politik yang berpengaruh di kalangan elitr Belanda. Kaum liberal juga mengusulkan agar sistem penyerahan paksa dihapuskan dan diganti dengan sistem penyerahan pajak. G. yang di tunjukan kepada kebebasan dan kesejahteraan penduduk. Sebaliknya kaum Konservatif ingin mempertahankan sistem politik dan sistem ekonomi yang di lakukan oleh VOC. aitu suatu ilmu yang bertujuan untuk mengenal lebih jauh tentang seluk beluk penduduk indonesia.

.Sultan Iskandar Muda menyerang Portugis.Sultan Agung Menyerang Belanda di Batavia 2. Contoh Perlawanan : Perlawanan Rakyat Maluku Perang Padri Perang Diponegoro Perang Aceh .. Perlawanan sesudah 1800 Melawan Pemerintahan Belanda Adanya Perjanjian yang bertujuan untuk melakukan kesepakatan Penyerangan sudah terkoordinasi dan modern.

1.2. dan Gabungan Republik Indonesia yang berdiri pada 29 Januari 1946. dan sosialis-komunis pada era awal kemerdekaan ternyata mengandung implikasi yang signifikan terhadap struktur kepemimpinan negara. yang memberikan kuasa legislatif terhadap badan tersebut. Serikat Rakyat Indonesia.5. Kemunculan partai-partai berhaluan sosialis-komunis pada awalnya merupakan bentuk pertumbuhan demokrasi di Indonesia. dipimpin oleh Sidik Djojosukaro. yaitu PNI penggabungan dari Partai Rakyat Indonesia. 2. yang sangat rawan oleh teror dan intimidasi pihak asing . agama. Keragaman Ideologi Partai Politik di Indonesia Maklumat Politik 3 November 1945. Hubungan antara KNIP dan Lembaga Pemerintahan Dilatar belakangi oleh berbagai situasi negara yang genting. Pada dasarnya. Di antaranya adalah partai politik berhaluan nasionalis. 2. Partai-partai politik tersebut mempunyai arah dan metode pergerakan yang berbeda-beda. Tugas Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) adalah membantu dan menjadi pengawas kinerja presiden dalam melaksanakan tugas pemerintahan. seperti keadaan Jakarta di awal 1946. berposisi seperti layaknya Dewan Perwakilan Rakyat untuk sementara waktu sebelum dilaksanakannya pemilihan umum untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang sebenarnya. seperti gubernur dan bupati. 16 Oktober 1945. KNIP mempunyai kuasa untuk memberikan usulan kebijakan kepada presiden dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.3. mengharuskan para petinggi bangsa untuk memindahkan ibu kota negara ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946 untuk sementara waktu. Hatta. Namun. Dengan maklumat itu. munculah partai-partai politik dengan berbagai ideologi. Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID) bertugas untuk membantu dan mengawasi jalannya kinerja pemerintahan di tataran lebih rendah daripada presiden. Perubahan otoritas KNIP dan munculnya berbagai partai politik di Indonesia menjadi dua katalisator utama terhadap perubahan struktur kekuasaan . seiring perkembangannya. Akibatnya. hadir sebagai sebuah peraturan dari pemerintah Indonesia yang bertujuan mengakomodasi suara rakyat yang majemuk. Hubungan antara Keragaman Ideologi dan Pembentukan Lembaga Kepresidenan Terdapatnya keragaman ideologi yang terbagi ke dalam golongan nasionalis. KNIP yang dibentuk pada 22 Agustus 1945. Sementara itu. PERADABAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA KEMERDEKAAN 2. yang dikeluarkan oleh Moh. posisi wewenang KNIP dikukuhkan melalui Maklumat X. partai ini menerapkan cara revolusioner yang tidak dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

fungsi dan mekanisme. 2. Berita Negara 1959 No. pada kesempatan itu. Hal itu merupakan manifestasi dari penguatan lembaga kepresidenan untuk dapat melaksanakan tugas negara dengan optimal. walaupun secara normatif ideal kurang atau tidak benar. yang dilaksanakan ini berdasarkan pada sistem “Trial and Error” yang perwujudannya senantiasa dipengaruhi bahkan diwarnai oleh berbagai paham politik yang ada serta disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang cepat berkembang. setelah dikeluarkannya Maklumat 3 November 1945. Maka problema dalam kehidupan bermasyarakat. Tindakan Soekarno mengeluarkan Dekrit pada tanggal 5 Juli 1959 dipersoalkan keabsahannya dari sudut yuridis konstitusional. Berbagai “Experiment” tersebut ternyata menimbulkan keadaan “excessive” (berlebihan) baik dalam bentuk “Ultra Demokrasi” (berdemokrasi secara berlebihan) seperti yang dialami antara tahun 1950-1959. Presiden Soekarno membentuk susunan kabinet sebagai pelaksana eksekutif dari lembaga kepresidenan Indonesia. Salah satu dasar pertimbangan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah gagalnya konstituante melaksanakan tugasnya. 75. diundangkan dengan resmi dalam Lembaran Negara tahun 1959 No. Sistem “Trial and Error” telah membuahkan sistem multi ideologi dan multi partai politik yang pada akhirnya melahirkan multi mayoritas. kondisi keragaman ideologi ini telah berperan besar dalam susunan lembaga kepresidenan negara. Pada masa ini Soekarno memakai sistem demokrasi terpimpin. pada dasarnya. Bahkan kemudian muncul penamaan sebagai suatu bentuk kualifikasi seperti “Demokrasi Terpimpin” dan “Demokrasi Pancasila”. 69 berintikan penetapan berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya lagi UUDS 1950. Naiknya Sutan Syahrir sebagai Perdana Menteri Indonesia juga memiliki andil dalam perubahan itu.4. sebab menurut UUDS 1950 Presiden tidak berwenang “memberlakukan” atau “tidak memberlakukan” sebuah UUD. mencerminkan komposisi yang mewakili keragaman ideologi di Indonesia. Susunan kabinet yang dibentuk pada 2 September 1945. Sistem ini yang mengungkapkan struktur. berbangsa dan bernegara yang berkembang pada waktu itu bukan masalah-masalah yang bersifat ideologis politik yang penuh dengan norma-norma ideal yang benar. tetapi masalah-masalah praktis politik yang mengandung realitas-realitas objektif serta mengandung pula kemungkinan-kemungkinan untuk dipecahkan secara baik. maupun suatu kediktatoran terselubung (verkapte diktatuur) dengan menggunakan nama demokrasi yang dikualifikasi (gekwalificeerde democratie). seperti yang dilakukan melalui dekrit.pemerintahan. Meskipun partai-partai politik baru bermunculan. Lembaga kepresidenan sendiri telah dibentuk pada 2 September 1945. dan pembentukan MPRS dan DPAS. Konfigurasi Politik Era Orde Lama Presiden Soekarno pada tanggal 5 Juli 1959 mengeluarkan Dekrit Presiden yang isinya pembubaran konstituante. keadaan ini terus berlangsung hingga .

sebagian besar lainnya diasingkan ke pulau Buru. NU. Yang Pro memandang dari kacamata politik. Pada masa Orde Baru pula pemerintahan menekankan stabilitas nasional dalam program politiknya dan untuk mencapai stabilitas nasional terlebih dahulu diawali dengan apa yang disebut dengan konsensus nasional. Surat yang kemudian dikenal dengan sebutan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) itu diartikan sebagai media pemberian wewenang kepada Soeharto secara penuh. Kenyataan ini berlangsung selama 10 tahun dan terpaksa harus kita bayar tingggi berupa : 1) Gerakan separatis pada tahun 1957 2) Konflik ideologi yang tajam yaitu antara Pancasila dan ideologi Islam. maka terjadilah Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959 dengan tujuan kembali ke UUD 1945 yang kemudian menjadi dialog Nasional yang seru antara yang Pro dan yang Kontra.5. Pada tanggal 1 Maret 1966 Presiden Soekarno dituntut untuk menandatangani sebuah surat yang memerintahkan pada Jenderal Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang perlu untuk keselamatan negara dan melindungi Soekarno sebagai Presiden. telah memberikan pelajaran-pelajaran politik yang sangat berharga walau harus kita bayar dengan biaya tinggi. Orde Baru dikukuhkan dalam sebuah sidang MPRS yang berlangsung pada Juni-Juli 1966. Akhirnya memang masalah Dekrit Presiden tersebut dapat diselesaikan oleh pemerintah Orde Baru. sehingga terjadi kemacetan total di bidang Dewan Konstituante pada tahun 1959. diantara ketetapan yang dihasilkan sidang tersebut adalah mengukuhkan Supersemar dan melarang PKI berikut ideologinya tubuh dan berkembang di Indonesia. sehingga Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kelak dijadikan salah satu sumber hukum dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagian diadili dan dieksekusi. Oleh karena konflik antara Pancasila dengan theokratis Islam fundamentalis itu telah mengancam kelangsungan hidup Negara Pancasila 17 Agustus 1945. setiap orang yang pernah terlibat dalam aktivitas PKI ditahan. 2.pecahnya pemberontakan DI/TII yang berhaluan theokratisme Islam fundamental (1952-1962) dan kemudian Pemilu 1955 melahirkan empat partai besar yaitu PNI. sedangkan yang Kontra dari kacamata Yuridis Konstitusional. berbangsa dan bernegara. Konfigurasi Politik Era Orde Baru Peristiwa yang lazim disebut Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) menandai pergantian orde dari Orde Lama ke Orde Baru. Selanjutnya pada perang revolusi yang berlangsung tahun 1960-1965. yaitu : . Ada dua macam konsensus nasional. yang sebenarnya juga merupakan prolog dari pemberontakan Gestapu/PKI pada tahun 1965. Masyumi dan PKI yang secara perlahan terjadi pergeseran politik ke sistem catur mayoritas. Menyusul PKI sebagai partai terlarang.

Dalam pemilu kali ini didapati Golongan Karya (Golkar) menjadi peserta pemilu. 2) Sedangkan konsensus kedua adalah konsensus mengenai cara-cara melaksanakan konsensus utama. TNI dan beberapa organisasi massa. Konsensus ini kemudian dituangkan kedalam TAP MPRS No. Kedua. gagasan ini menimbulkan sikap Pro dan Kontra karena dianggap membatasi atau mengekang aspirasi politik dan membentuk partai-partai hanya kedalam golongan nasional. konsensus kedua lahir sebagai lanjutan dari konsensus utama dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan. KOSGORO. Artinya. elemen-elemen penting yang terlibat dalam perumusan konsensus nasional antara lain pemerintah. Pertama. tokoh-tokoh lama tidak boleh duduk dalam kepengurusan partai. yang kemudian pula pada 20 Oktober 1984 mendirikan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar). Pasca pemilu 1971 muncul kembali ide-ide penyederhanaan partai yang dilandasi penilaian hal tersebut harus dilakukan karena partai politik selalu menjadi sumber yang mengganggu stabilitas. 3/1975 tentang Partai Politik . Konsensus pertama ini disebut juga dengan konsensus utama.1) Pertama berwujud kebulatan tekad pemerintah dan masyarakat untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. pemerintah memberi izin dengan dua syarat. Pemerintah orde baru juga melakukan tekanan terhadap partai-partai dengan basis massa Islam. Sekber Golkar ini merupakan organisasi besar yang dikonsolidasikan dalam kelompok-kelompok induk organisasi seperti SOKSI. Satu contoh ketika para tokoh Masyumi ingin menghidupkan kembali partainya yang telah dibekukan pemerintah Orde Lama. Pada mulanya Golkar merupakan gabungan dari berbagai macam organisasi fungsional dan kekaryaan. Berdasarkan semangat konsensus nasional itu pemerintah Orde Baru dapat melakukan tekanan-tekanan politik terhadap partai politik yang memiliki basis massa luas. Tujuannya antara lain memberikan perlindungan kepada kelompok-kelompok fungsional dan mengkoordinir mereka dalam front nasional. spiritual dan karya. Pada Pemilu 1971 partai-partai politik disaring melalui verifikasi hingga tinggal sepuluh partai politik yang dinilai memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilu. masyumi harus mengganti nama sehingga terkesan sebagai partai baru. Secara umum. XX/1966. MKGR dan lainnya sebagai “Political Battle Unit “ rezim orde baru. Terlebih kepada PNI yang nota bene partai besar dan dinilai memiliki kedekatan dengan rezim terdahulu. Pada tahun 1973 konsep penyederhanaan partai (Konsep Fusi) sudah dapat diterima oleh partai-partai yang ada dan dikukuhkan melalui Undang-Undang No. Beberapa hasil konsensus tersebut antara lain penyederhanaan partai politik dan keikutsertaan TNI/Polri dalam keanggotaan MPR/DPR. Konsensus kedua lahir antara pemerintah dan partaipartai politik dan masyarakat. sejak itu konsensus nasional memiliki kekuatan hukum yang mengikat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sarana rekruitmen politik. . Keempat fungsi tersebut sama-sama terkait dimana partai politik berperan dalam upaya mengartikulasikan kepentingan (Interests Articulation)dimana berbagai ide-ide diserap dan diadvokasikan sehingga dapat mempengaruhi materi kebijakan kenegaraan. menurut Miriam Budiardjo meliputi: 1) 2) 3) 4) Sarana komunikasi politik. Terkait sebagai sarana komunikasi politik. pandangan dan keyakinan kebebasan. fungsi partai politik secara garis besar adalah sebagai kendaraan untuk memenuhi aspirasi warga negara dalam mewujudkan hak memilih dan hak dipilihnya dalam kehidupan bernegara. dalam arti bahwa suatu partai politik akan berusaha untuk merebut kekuasaan secara konstitusional. partai politik berperan menyalurkan berbagai kepentingan yang berbeda-beda. Dari sejarah tersebut dapai dilihat bahwa keberadaan kepartaian di Indonesia bertujuan untuk : a) untuk menghapuskan penindasan dan pemerasan di Indonesia khususnya dan didunia pada umumnya (kolonialisme dan imperialisme). 1987. 1982. pikiran. Disamping itu. 2. Dengan demikian. Sosialisasi politik. sebagai ekspresi ide. visi dan kebijakan strategis yang menjadi pilihan partai politik serta sebagai sarana rekruitmen kaderisasi pemimpin Negara. sehingga setelah mendapatkan kekuasaannya yang legitimate maka partai politik ini akan mempunyai dan memberikan pengaruhnya dalam membuat kebijaksanaan yang akan digunakan dalam suatu pemerintahan. Selanjutnya. Partai Politik Melihat sejarah sepanjang Orde Lama sampai Orde Baru partai politik mempunyai peran dan posisi yang sangat penting sebagai kendaraan politik sekelompok elite yang berkuasa. 1992 dan 1997). Pada umumnya para ilmuwan politik menggambarkan adanya empat fungsi partai politik.dan Golongan. partai politik juga memiliki fungsi sebagai pembuat kebijaksanaan.6. sejarah kepartaian di Indonesia merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia. sistem fusi ini berlangsung hingga lima kali Pemilu selama pemerintahan orde baru (1977. b) untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Pengatur konflik. partai politik juga berperan mensosialisasikan ide. Sedangkan peran sebagai pengatur konflik.

keberadaan partai politik-partai politik ini sesungguhnya untuk meramaikan pesta demokrasi sebagai tanda adanya atau berlangsungnya proses pemilihan umum. yaitu. dimana belum ada pejabat khusus yang bertugas untuk menangani perekonomian Indonesia. setidaknya terdapat 3 (tiga) tujuan pemilihan umum di Indonesia. 2) Sedangkan landasan (faham. aliran atau ideologi) yang digunakan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan serta kedaulatan rakyat tersebut berbeda satu sama lain. Dengan demikian. Dalam proses pemilihan umum ini. kedua. 2. Mereka tidak dapat dipisahkan satu sama lain dikarenakan keduanya saling bergantungan dan mengisi. Kemudian. antara partai politik dengan pemilihan umum bagaikan dua sisi dalam mata uang yang sama. memungkinkan terjadinya pergantian pemerintah secara damai dan tertib. yaitu: 1) Kesamaan Cara untuk melaksanakan gerak kehidupan politik. 3. Untuk melaksanakan tujuan utama diatas perlu ditentukan sasaran antara. Dari perjalanan sejarah kehidupan politik Indonesia tersebut. Pemerintahan Negara yang demokratis. ekonomi dan budaya nusa dan bangsa. kemungkinan lembaga negara berfungsi sesuai dengan maksud UUD 1945. A. organisasi politik dan golongan fungsional. Untuk mewujudkan hal-hal tersebut ditempuh melalui prinsip adanya kedaulatan rakyat Indonesia. Kemerdekaan di bidang politik. yaitu didasarkan pada persatuan dan kesatuan yang bersumber pada kepentingan nasional dan bermuara pada kepentingan internasional. antara lain: 1. secara umum terdapat dua ciri utama yang mewarnai pendirian dan pergeseran masing-masing organisasi politik dan golongan fungsional yang ada. Menentukan Undang-Undang Dasar Negara yang memuat ketentuan-ketentuan dan norma-norma yang sesuai dengan nilai-nilai sosialistis paternalistic yang agamais dan manusiawi. KONDISI EKONOMI INDONESIA AWAL KEMERDEKAAN Keadaan ekonomi Indonesia pada akhir kekuasaan Jepang dan pada awal berdirinya Republik Indonesia sangat kacau dan sulit. Tinggalan pemerintah pendudukan Jepang dimana ekonomi .c) untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Latar belakang keadaan yang kacau tersebut disebabkan karena Indonesia yang baru saja merdeka belum memiliki pemerintahan yang baik. dan ketiga. untuk melaksanakan hak-hak asasi warga negara. Sebagai negara baru Indonesia belum mempunyai pola dan cara untuk mengatur ekonomi keuangan yang mantap.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sementara waktu menyatakan ada 3 mata uang yang berlaku di wilayah RI. Kondisi keamanan dalam negeri sendiri tidak stabil akibat sering terjadinya pergantian kabinet. Hasil pertanian mereka tidak dapat dijual. Politik keuangan yang berlaku di Indonesia dibuat di negara Belanda guna menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan untuk menghancurkan ekonomi nasional. Inflasi terjadi karena di satu sisi tidak terkendalinya peredaran uang yang dikeluarkan pemerintah Jepang di sisi lain ketersediaan barang menipis bahkan langka di beberapa daerah.saat pendudukan Jepang memang sudah buruk akibat pengeluaran pembiayaan perang Jepang. Kelangkaan ini terjadi akibat adanya blokade ekonomi oleh Belanda.  Beredarnya mata uang cadangan yang dikeluarkan oleh pasukan Sekutu dari bank-bank yang berhasil dikuasainya untuk biaya operasi dan gaji pegawai yanh jumlahnya mencapai 2.6 Milyar yang beredar di Jawa sedangkan secara umum uang yang beredar di masyarakat mencapai 4 milyar). yaitu:  Mata uang De Javasche Bank  Mata uang pemerintah Hindia Belanda . sementara nilai tukar mata uang yang mereka miliki sangat rendah. Faktor.  Repubik Indonesia sendiri belum memiliki mata uang sendiri sehingga pemerintah tidak dapat menyatakan bahwa mata uang pendudukan Jepang tidak berlaku. Karena inflasi ini kelompok yang paling menderita adalah para petani sebab pada masa pendudukan Jepang petani merupakan produsen yang paling banyak menyimpan mata uang Jepang. Pemerintah Indonesia yang baru saja berdiri tidak mampu mengendalikan dan menghentikan peredaran mata uang Jepang tersebut sebab Indonesia belum memiliki mata uang baru sebagai penggantinya. Membuat pemerintah baru Indonesia agak sulit untuk bangkit dari keterpurukan.faktor penyebab kacaunya perekonomian Indonesia 1945-1950 adalah sebagai berikut : Terjadi Inflasi yang sangat tinggi Inflasi tersebut dapat terjadi disebabakan karena :  Beredarnya mata uang Jepang di masyarakat dalam jumlah yang tak terkendali (pada bulan Agustus 1945 mencapai 1. Uang Jepang yang beredarsangat tinggi sedangkan kemampuan ekonomi untuk menyerap uang tersebut masih sangat rendah.3 milyar. Belanda masih tetap tidak mau mengakui kemerdeaan Indonesia dan masih terus melakukan pergolakan politik yang menghambat langkah kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. dimana hal tersebut mendukung ketidakstabilan ekonomi.

Dengan adanya blokade tersebut menyebabkan:     Barang-barang ekspor RI terlambat terkirim. Inflasi semakin tak terkendali sehingga rakyat menjadi gelisah. maka tidak ada mata uang baru. Untuk menekan Indonesia dengan harapan bisa dikuasai kembali oleh Belanda. Barang-barang dagangan milik Indonesia tidak dapat di ekspor bahkan banyak barangbarang ekspor Indonesia yang dibumi hanguskan. sehingga pemerintah Belanda dapat dengan mudah mengembalikan eksistensinya. Upaya sekutu tersebut merupakan salah satu bentuk pelangaran kesepakatan yaitu bahwa selama belum ada penyelesaian politik mengenai status Indonesia. Karena dukungan dari bidang pertanian inilah pemerintah Indonesia masih bertahan. Blokade ini dilakukan mulai bulan November 1945. sekalipun keadaan ekonomi sangat buruk. Tujuan/harapan Belanda dengan blokade ini adalah:    Agar ekonomi Indonesia mengalami kekacauan Agar terjadi kerusuhan sosial karena rakyat tidak percaya kepada pemerintah Indonesia. Melindungi bangsa Indonesia dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh bangsa lain. Adapun alasan dari pemerintah Belanda melakukan blokade ini adalah :    Mencegah masuknya senjata dan peralatan militer ke Indonesia. Karena tindakan sekutu tersebut maka pemerintah Indonesia pun mengeluarkan uang kertas baru yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai pengganti uang Jepang. Mencegah kelurnya hasil-hasil perkebunan milik Belanda dan milik asing lainnya. . Uang NICA ini dimaksudkan untuk menggantikan uang Jepang yang nilainya sudah sangat turun saat itu. Kekosongan kas Negara Kas Negara mengalami kekosongan karena pajak dan bea masuk lainnya belum ada sementara pengeluaran negara semakin bertambah. Indonesia kekurangan barang-barang import yang sangat dibutuhkan. Mata uang pendudukan Jepang Keadaan tersebut diperparah dengan diberlakukannya uang NICA di daerah yang diduduki sekutu pada tanggal 6 Maret 1946 oleh Panglima AFNEI yang baru (Letnan Jenderal Sir Montagu Stopford). Penghasilan pemerintah hanya bergantung kepada produksi pertanian. Adanya Blokade ekonomi dari Belanda Blokade oleh Belanda ini dilakukan dengan menutup (memblokir) pintu keluar-masuk perdagangan RI terutama melalui jalur laut dan pelabuhan-pelabuhan penting.

teh. karet. Usaha tersebut dilakukan sejak 1946 sampai akhir masa perang kemerdekaan. Mengadakan hubungan dagang langsung dengan luar negeri Membuka hubungan dagang langsung ke luar negeri dilakukan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Usaha bersifat politis. Tetapi selanjutnya kapal Amerika yang mengangkut barang pesanan RI dan akan memuat barang ekspor dari RI dicegat dan seluruh muatannya disita oleh kapal Angkatan Laut Belanda.B. dan lain-lain.000 ton beras dengan harga sangat rendah. Pemerintah melakukan hal ini sebab akibat blokade oleh Belanda maka hasil panen Indonesia yang melimpah tidak dapat dijual keluar negeri sehingga pemerintah berani memperkirakan bahwa pada pada musim panen 1946 akan diperoleh suplai hasil panen sebesar 200. Saat itu Indonesia tidak memikirkan harga karena yang penting adalah dukungan dari negara lain yang sangat diperlukan dalam perjuangan diplomatik dalam forum internasional. Dimana usaha tersebut dirintis oleh BTC (Banking and Trading Corporation) atau Perseroan Bank dan Perdagangan. Dan Indonesia berhasil memperoleh senjata. obat-obatan dan barang-barang lain yang dibutuhkan. Karena perairan di Sumatra sangatlah luas. Hasil transaksi pertama dari kerjasama tersebut adalah Amerika bersedia membeli barang-barang ekspor Indonesia seperti gula. maka pihak Belanda tidak mampu melakukan pengawasan secara ketat. terutama ke Singapura. Pelaksanaan ini dibantu oleh Angkatan laut RI serta pemerintah daerah penghasil barang-barang ekspor. Tujuan dari kontak ini adalah membuka jalur diplomatis ke berbagai negara. UPAYA MENGATASI BLOKADE EKONOMI BELANDA (NICA) Upaya pemerintah untuk keluar dari masalah blokade tersebut adalah sebagai berikut.). Usaha tersebut antara lain : Mengadakan kontak dagang dengan perusahaan swasta Amerika (Isbrantsen Inc. Adapun keuntungan politis yang diperoleh Indonesia dengan adanya kerjasama dengan India ini adalah Indonesia mendapatkan dukungan aktif dari India secara diplomatik atas perjuangan Indonesia di forum internasional. . yaitu Diplomasi Beras ke India Pemerintah Indonesia bersedia untuk membantu pemerintah India yang sedang ditimpa bahaya kelaparan dengan mengirimkan 500. Karena blokade Belanda di Jawa terlalu kuat maka usaha diarahkan untuk menembus blokade ekonomi Belanda di Sumatera dengan tujuan Malaysia dan Singapura. Sebagai imbalannya pemerintah India bersedia mengirimkan bahan pakaian yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Indonesia pada saat itu. Hasilnya Indonesia berhasil menyelundupkan karet yang mencapai puluhan ribu ton dari Sumatera ke luar negeri. dipimpin oleh Sumitro Djojohadikusumo dan Ong Eng Die.000 ton.000 sampai 400. suatu badan perdagangan semi-pemerintah yang membantu usaha ekonomi pemerintah.

Badan ini dipimpin oleh Sudarsono dibawah pengawasan Kementrian Kemakmuran. gubernur. Secra resmi badan ini merupakan badan yang memperjuangkan kepentingan politik di luar negeri. seperti : Masalah produksi dan distribusi makanan Tercapai kesepakatan bahwa sistem autarki lokal sebagai kelanjutan dari sistem ekonomi perang Jepang. . dan pejabat lainnya yang bertanggungjawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. 1) Konferensi Ekonomi Februari 1946 Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan. Tujuan Konferensi ini adalah untuk memperoleh kesepakatan dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak. secara berangsur-angsur akan dihapukan dan diganti dengan sistem desentralisasi. adalah sebagai berikut. Sementara itu tujuan dibentuk Bulog (Februari 1946) untuk melarang pengiriman bahan makanan antar karisidenan Status dan Administrasi perkebunan-perkebunan Keputusannya adalah semua perkebunan dikuasai oleh negara dengan sistem sentralisasi di bawah kementrian Kemakmuran. Dibentuk perwakilan kemetrian pertahanan di luar negeri yaitu Kementrian Pertahanan Urusan Luar Negeri (KPULN) yang dipimpin oleh Ali Jayengprawiro. namun secara rahasia berusaha menembus blokade ekonomi Belanda dengan melakukan perdagangan barter. Diharapkan dengan upaya ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. yang dipimpin oleh Menteri Kemakmuran (Darmawan Mangunkusumo). Masalah sandang Disepakati bahwa Badan Pengawasan Makanan Rakyat diganti dengan Badan Persediaan dan Pembagian Makanan (BPPM) yang bertujuan untuk mengatasi kesengsaraan rakyat Indonesia. KEBIJAKAN PEMERINTAHAN MENGHADAPI BURUKNYA KONDISI EKONOMI INDONESIA Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonominya mulai dilakukan sejak Februari 1946. Tugas pokok badan ini adalah membeli senjata dan perlengkapan angkatan perang. BPPM dapat dianggap sebagai awal dari terbentuknya Badan Urusan Logistik (Bulog). C. Selain itu juga berperan sebagai perantara dengan pedagang Singapura dan mengusahakan pengadaan kapal-kapal yang diperlukan. Sehingga diharapkan pendapatan negara dapat bertambah secara signifikan dengan nasionalisasi pabrik gula dan perkebunan tebu.Pemerintah RI pada 1947 membentuk perwakilan resmi di Singapura yang diberi nama Indonesian Office (Indoff).

000. 1. pada tahun pertama berhasil dikumpulkan uang sejumlah Rp. 2) Pinjaman Nasional Program ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan (Surachman) dengan persetujuan BPKNIP. sekaligus untuk menanamkan kepercayaan rakyat pada pemerintah RI.000. pengendalian harga. dan alokasi tenaga manusia. Tujuannya untuk mengumpulkan dana masyarakat bagi kepentingan perjuangan. masalah keuangan negara. bank ini berguna untuk penyaluran pinjaman nasional untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia kepada pemerintahan. Kesuksesan yang dicapai menunjukkan besarnya dukungan dan kepercayaan rakyat kepada Pemerintah RI. Untuk merealisasikan keinginan tersebut maka pada 6 Juni 1946 dibentuk Perusahaan Perkebunan Negara (PPN).000. Wapres Moh. distribusi. Badan ini dibentuk atas usul dari menteri kemakmuran AK. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun yang akhirnya disepakati Rencana Pembangunan Sepuluh Tahun.00.000. 6 Mei 1946 membahas mengenai masalah program ekonomi pemerintah.000.00 . Untuk mendukung program tersebut maka dibuat Bank Tabungan Pos. 3) Pembentukan Planning Board (Badan Perancang Ekonomi) 19 Januari 1947. Gani. .Konferensi kedua di Solo. Usaha ini mendapat respon yang besar dari rakyat terbukti dengan besar pinjaman yang ditawarkan pada bulan Juli 1946 sebesar Rp. pemerintah juga menunjuk rumah gadai untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan jangka waktu pengembalian selama 40 tahun. Rakyat dapat meminjam jika rakyat mau menyetor uang ke Bank Tabungan Pos dan rumah-rumah pegadaian. 500. dimana gula merupakan bahan ekspor penting sehingga harus dikuasai oleh negara. Selain itu. Hatta mengusulkan mengenai rehabilitasi pabrik gula.

Rasionalisasi meliputi penyempurnaan administrasi negara. Hal tersebut ditambah dengan adanya Pemberontakan PKI dan Agresi mIliter Belanda II yang mengakibatkan kesulitan ekonomi semakin memuncak. dan memberikan saran kepada pemerintah dalam merencanakan pembangunan ekonomi dan dalam rangka melakukan perundingan dengan pihak Belanda. Rencana tersebut belum berhasil dilaksanakan dengan baik karena situasi politik dan militer yang tidak memungkinkan. selain meningkatkan efisiensi. mengerahkan dana masyarakat melalui pinjaman nasional. Badan ini bertujuan untuk menasionalisasikan semua cabang produksi yang telah ada dengan mengubah ke dalam bentuk badan hukum. Bangunan umum vital milik asing dinasionalisasikan dengan pembayaran ganti rugi Perusahaan milik Jepang akan disita sebagai ganti rugi terhadap RI. Dan untuk menampung dana tersebut dibentuk Bank Pembangunan. Perkembangannya April 1947 badan ini diperluas menjadi Panitia Pemikir Siasat Ekonomi yang bertugas mempelajari. yang baru terlaksana tahun 1957. angkatan perang. Sejumlah angkatan perang dikurangi secara drastis untuk mengurangi beban negara di bidang ekonomi dan meningkatkan effisiensi angkatan perang dengan menyalurkan para bekas prajurit pada bidang-bidang produktif dan diurus oleh kementrian Pembangunan dan Pemuda. mengumpulkan data. Semua bangunan umum. Inti rencana ini adalah agar Indonesia membuka diri terhadap penanaman modal asing dan melakukan pinjaman baik ke dalam maupun ke luar negeri. 4) Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (Rera) 1948 Program ini bertujuan untuk mengurangi beban negara dalam bidang ekonomi. perkebunan. Untuk membiayai rencana pembangunan ekonomi tersebut pemerintah membuka diri terhadap penanaman modal asing. serta melibatkan badan-badan swasta dalam pembangunan ekonomi. Pendanaan untuk Rencana Pembangunan ini terbuka baik bagi pemodal dalam negeri maupun pemodal asing. Hal ini dilakukan dengan harapan agar Indonesia dapat menggunakan semua cabang produksi secara maksimal dan kuat di mata hukum internasional. Perusahaan modal asing lainnya dikembalikan kepada yang berhak sesudah diadakan perjanjian Republik Indonesia dengan Belanda. Perusahaan patungan (merger) diperkenankan berdiri sementara itu tanah partikelir dihapuskan. yaitu Agresi Militer Belanda I dan Perjanjian Linggarjati yang menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia yang memiliki potensi ekonomi jatuh ke tangan Belanda dan yang tersisa sebagian besar tergolong sebagai daerah miskin dan berpenduduk padat (Sumatera dan Jawa). melalui tabungan masyarakat. Rasionalisasi yang diusulkan oleh Mohammad . dan aparat ekonomi.Rencana Pembangunan 10 tahun tersebut adalah sebagai berikut. dan industri yang telah ada sebelum perang menjadi milik negara.

Program ini berupa Rencana Produksi Tiga tahun (1948-1950) mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis.R Motik ini bertujuan untuk :  Menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta.00. 6) Persatuan Tenaga Ekonomi (PTE) Organisasi yang dipimpin B. Kegiatan ini semakin mengalami kemunduran akibat Agresi Militer Belanda.J. agar pengusaha swasta memperkuat persatuan dan mengembangkan perekonomian nasional.  Selain PTE.Hatta diikuti dengan intensifikasi pertanian.277 HA Melakukan intensifikasi di Jawa dengan menanam bibit unggul Pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan. 5. Inti dari Kasimo Plan adalah untuk meningkatkan kehidupan rakyat dengan meningkatkan produksi bahan pangan. dan peningkatan peternakan.  Mengaktifkan kembali Gabungan Perusahaan Perindustrian dan Perusahaan Penting. 5) Rencana Kasimo (Kasimo Plan) Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I. Pusat Tembakau Indonesia.000. penanaman bibit unggul.000. . Di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit Transmigrasi bagi 20 juta penduduk Pulau Jawa dipindahkan ke Sumatera dalam jangka waktu 10-15 tahun.Kasimo.  Menggalang dan Melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.  Meskipun usaha PTE didukung pemerintah dan melibatkan dukungan dari pemerintah daerah namun perkembangannya PTE tidak dapat berjalan baik dan hanya mampu didirikan Bank PTE di Yogyakarta dengan modal awal Rp. perdagangan swasta lainnya juga membantu usaha ekonomi pemerintah adalah Banking and Trading Corporation (Perseroan Bank dan Perdagangan). Gabungan Saudagar Indonesia Daerah Aceh (GASIDA) dalam rangka memperbaiki ekonomi Indonesia. Rencana Kasimo ini adalah :      Menanami tanah kosong (tidak terurus) di Sumatera Timur seluas 281.

Bank ini merupakan bank umum milik pemerintah yang tujuan awal didirikannya adalah untuk melaksanakan koordinasi dalam pengurusan bidang ekonomi dan keuangan. Namun tugas tersebut pada akhirnya dijalankan oleh Bank Negara Indonesia (Bank Negara Indonesia 1946) yang dipimpin oleh Margono Djojohadikusumo. URIDAB (Uang Republik Indonesia Banten) di Banten dan . Mengenai pertukaran uang Rupiah Jepang diatur berdasarkan UU No. 1. 17 tahun 1946 yang dikeluarkan pada tanggal 1 Oktober 1946.00) uang Jepang sama dengan satu rupiah(Rp. 19 tahun 1946 tanggal 25 Oktober 1946.00) uang Jepang disamakan dengan satu ruapiah (Rp.00) ORI dengan perbandingan 1:10. BNI didirikan pada 1 November 1946. 100. Sehingga di beberapa daerah mengeluarkan mata uang sendiri.00) ORI dengan perbandingan 1:5. 50. Seratus rupiah (Rp. Adapun kebijakan penyetaraan mata uang adalah sebagai berikut: Di Jawa. Di Luar Jawa dan Madura. 100. Meskipun begitu usaha pemerintah untuk menjadikan ORI sebagai satu-satunya mata uang nasional tidak tercapai karena terpecah-pecahnya wilayah RI akibat perundingan IndonesiaBelanda. seperti URIPS (Uang Republik Propinsi Sumatera) di Sumatera. Tanggal 25 Oktoberselanjutnya dijadikan sebagai hari keuangan. Setiap sepuluh rupiah (Rp. yang berbeda dengan ORI. 10. Mengenai pengaturan nilai tukar uang ORI dengan valuta asing (nilai kurs mata uang ORI di pasar valuta asing) sebenarnya dipegang oleh Bank Negara yang sebelumnya telah dirintis bentuk prototipenya yaitu dengan pembentukan Bank Rakyat Indonesia (Shomin Ginko).7) Oeang Republik Indonesia (ORI) Melarang digunakan mata uang NICA dan yang lainnya serta hanya boleh menggunakan Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia berdasarkanUU No.00) ORI bernilai sama dengan emas murni seberat 5 gram. Lima puluh rupiah (Rp. URIBA (Uang Republik Indonesia Baru) di Aceh.

. Upaya-upaya pemerintah Indonesia tersebut dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia meskipun Belanda masih belum pergi dari Indonesia.Palembang.

PERADABAN DI INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA Gambar Ilustrasi. mendukung Dekrit 5 Juli 1959 e. anggota DPR (61 orang) b. ada beberapa tindakan penting yang dilakukan Presiden Soekarno sebagai tindak lanjut pelaksanaan Dekrit 5 Juli 1959. 1. diambil dari Google A.7. misalnya: d. Pembentukan MPRS Melalui Penpre No. utusan daerah (94 orang) c. Tindak Lanjut Pelaksanaan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959. setia kepada perjuangan RI 2. Anggota MPRS tersebut diangkat dari: a. mendukung manifesto politik f. Pembentukan DPAS . utusan golongan (200 orang) Mereka yang diangkat menjadi anggota MPRS tentu harus sejalan dan mendukung kebijakan presiden. 2 Tahun 1959 presiden membentuk lembaga baru MPRS yang diketuai Chaerussaleh.

4 Tahun 1960 tanggal 24 Agustus 1960. tetapi berdasarkan penetapan presiden yang dimungkinkan bisa diajak kerjasama dan gotong-royong. misalnya: Pidato presiden yang berjudul Penemuan Kembali Revolusi Kita diusulkan kepada DPAS agar dijadikan GBHN 3. Melaksanakan manifesto politik 4. Sementara golongan Islam menjadi berkurang wakilnya.Melalui Penpres No. Pembentukan Depernas . 13 Tahun 1959 pemerintah membentuk Front Nasional yang tugasnya: a. DPAS bertugas untuk menjawab pertanyaan presiden dan mengajukan usul kepada pemerintah. Susunan anggota DPAS terdiri atas: 1 orang ketua dan wakil. 8 orang utusan daerah. Karena pengangkatan DPAS berdasarkan Penpres maka banyak anggota DPAS yang hanya menyepakati keinginan presiden. 12 orang wakil parpol. Pengangkatan anggota DPRGR tidak berdasarkan komposisi kekuatan parpol yang ada. menyelesaikan revolusi nasional b. 3 Tahun 1959 pemerintah membentuk DPAS yang diketuai Roeslan Abdul Gani. Pembentukan DPRGR Setelah DPR hasil pemilu dibubarkan oleh presiden. tindakan presiden selanjutnya adalah membentuk DPRGR melalui Penpres No. Oleh karena itu. a. DPRGR dilantik tanggal 25 Juli 1960 oleh Presiden Soekarno. dan 24 orang wakil golongan. Yang diuntungkan dengan adanya kebijakan ini ialah PKI karena wakil PKI menjadi besar. Adapun tugasnya adalah sebagai berikut. Melaksanakan demokrasi terpimpin b. Melaksanakan amanat penderitaan rakyat c. Pembentukan Front Nasional tersebut merupakan penyimpangan terhadap UUD 1945 5. Pembentukan Front Nasional Melalui Penpres No. melaksanakan pembangunan c. mengembalikan Irian barat Keanggotaan Front Nasional diangkat berdasarkan Ketetapan Presiden. PKI dapat mendominasi Front Nasional.

Maksud dibentuknya Depernas ialah untuk merancang pembangunan nasional. Ghana : Jawaharlal Nehru : Gamal Abdul Nasser : N. Latar Belakang dan Pelopor Pendiri GNB Sebab yang mendorong berdirinya GNB ialah konflik Blok Barat dan Blok Timur yang memungcak ketika terjadi Krisis Cuba. Krumah Mengadakan KTT di Beograd tanggal 1-6 September 1961. menyerukan Blok Barat dan Blok Timur agar menghentikan perang dingin 3. Mesir e. Menyerukan Amerika Serikat dan uni Soviet agar damai b. Menyusun rencana pembangunan b. Yamin. Mengawasi pelaksanaan pembangunan c. Tugas Depernas adalah sebagai berikut a. Menilai hasil kerja mandataris MPRS Pada tahun 1963 Depernas diubah namanya menjadi Bappenas. Depernas beranggotakan 50 orang dan diketuai M. Yugoslavia : Yoseph Bros Tito c. Indonesia : Presiden Soekarno b. Tujuan . Gerakan Non-Blok 1. Hasilnya ialah berupa Piagam Beograd yang isinya sebagai berikut: a. Negara-negara berkembang tersebut dipelopori oleh: a. Pengertian Gerakan Non-Blok adalah gerakan negara-negara berkembang yang tidak memihak kepada salah satu pihak yang bertikai atau kepada salah satu blok baik Barat maupun Timur 2. B. India d. Pada waktu itu Uni Soviet membangun pangkalan peluru kendali besar-besaran di Cuba yang dapat mengancam keamanan Amerika Serikat.

Ke.Demokratisasi dalam hubungan internasional . I 1-6 September Beograd. GNB tidak memihak kepada salah satu blok b. melawan imperialisme iii. dekolonisasi ii. II 5-10 Oktober 1964 Kairo. melawan neo kolonialisme v. IV 5-9 September 1973 Algier.Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran para anggota . Aljazair .Tanggal Tempat hasil 1. GNB bukanlah blok tersendiri dan tidak tergabung dalam blok yang bertikai c.Masalah krisis Timur Tengah .Meningkatkan kerja sama ekonomi antaranggota .Kerjasama ekonomi dunia ketiga . ke luar : menciptakan perdamaian dunia b. Yugoslavia -Piagam Beograd . KTT merupakan pertemuan puncak kepala-kepala negara anggota GNB No. Prinsip GNB a.Menghapus segala bentuk penjajahan diatas dunia . III 8-10 September Lusaka. GNB merupakan wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang yang tidak pasif d.Tujuan GNB adalah sebagai berikut a. Zambia 1970 4. melawan apartheid dan zionisme 5. Mesir 3.Apartheid di Afrika Selatan 2. GNB menyokong perjuangan: i. melawan kolonialisme iv. KTT GNB KTT GNB diselenggarakan tiap 3 tahun sekali. ke dalam : menggalang kerja sama ekonomi sosial budaya para anggota yang dirasa masih ketinggian 4. melawan rasialisme vi.

Masalah bahaya nuklir 16-19 September Colombo.Masalah perang Teluk . Afrika Selatan Kuala Lumpur.Zone bebas nuklir diperluas 6.Keanggotaan PBB . IX 1-6 September 1989 1-6 September 1992 10. misalnya: .5. Indonesia .Mendukung sanksi politik apartheid di Afrika Selatan . Malaysia 13.Mengutuk infasi AS ke Libya Beograd.Dialog Utara-Selatan . XI 16-22 Oktober 1995 Kartagena. V . VII 7-12 Maret 1983 New Delhi.Menyerukan penghentian perlombaan senjata nuklir (AS-US) Harare.Memajukan negara berkembang .Menghentikan penggunaan senjata Nuklir .Masalah bantuan ekonomi bagi anggota GNB . Srilanka . Yugoslavia Jakarta. VIII 1-6 September 1986 .Kerja sama ekonomi Utara-Selatan .Memperkokoh persatuan 1976 . Cuba 7. X 11.Restruktur PBB . Relevansi GNB Pascaperang Dingin Walaupun perang dingin sudah berakhir.Dialog Selatan-Selatan . XII 1-6 September 1998 Durban.Masalah isu global . Zimbabwe .Peran PBB dalam tata ekonomi dunia baru .Relevansi GNB pasca perang dingin . Colombia 12.Demokrastisasi dalam hubungan internasional 9. India 8. peranan GNB tetap diperlukan bagi negaranegara berkembang. XIII Februari 2003 6. VI 3-9 September 1979 Havana.

d. DPR hasil pemilu 1955 dibubarkan presiden karena menolak RAPBN yang diajukan presiden 4. Presiden Soekarno diangkat menjadi presiden seumur hidup dalam sidang umum II MPRS/1963 6. Front Nasional. Pada masa ini banyak terjadi penyimpangan dalam praktik ketatanegaraan. Pembentukan lembaga-lembaga negara yang tidak diatur dalam UUD 1945 seperti: a. sebagai alat penekan bagi negara berkembang terhadap nagara maju c. DPRGR 7. Pidato presiden 17 Agustus 1959 dijadikan GBHN 5. MPRS b. 11 Maret 1966). Ketua MPRS merangkap Waperdam III 3.a. Penyimpangan-penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945 Masa demokrasi terpimpin disebut juga Orde Lama (5 Juli 1959 s. sosial dan budaya negara-negara anggota B. Anggota MPRS diangkat berdasarkan ketetapan presiden. Membelokkan politik luar negeri bebas aktif condong ke blok komunis . antara lain sebagai berikut: 1. mestinya lewat pemilu 2. sebgai alat perjuangan menghadapi isu global seperti isu HAM dan lingkungan hidup b. dan c. sebagai alat menggalang kerja sama ekonomi.

LATAR BELAKANG LAHIRNYA ORDE BARU  Adanya Gerakan 30 S/PKI  Kekosongan pimpinan Angkatan Darat  Demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa. Jawaban dari tuntutan itu terdapat pada 3 ketetapan sebagai berikut :  Pengukuhan tindakan pengemban Supersemar yang membubarkan PKI dan ormasnya ( TAP MPRS No. sehingga pada 20 Pebruari 1967 Presiden Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Memurnikan kembali politik luar negeri bebas aktif c. Dengan berkuasanya Soeharto memegang tampuk pemerintahan dimulailah babak baru yaitu Orde Baru.GR yang mengajukan tun tutan (Tritura : Pembubaran PKI. bangsa dan negara yang diletakkan pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945 atau sebagai koreksi terhadap penyelewengan penyelewengan yang terjadi pada masa lalu Tritura mengungkapkan keinginan rakyat yang mendalam untuk melaksanakan kehidupan bernegara sesuai dengan aspirasi masyarakat. . pemuda dan pelajar di depan gedung DPR. Menghentikan konfrontasi dengan Malaysia dan membentuk kerjasama ASEAN d.8. PERKEMBANGAN KEKUASAAN ORDE BARU Pada hakikatnya Orde Baru merupakan tatanan seluruh kehidupan rakyat. KEBIJAKAN PEMERINTAH ORDE BARU Setelah berhasil memulihkan keamanan kemudian pemerintah melaksanakan pembangunan b. Penyederhanaan Partai b. PERADABAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA ORDE BARU a. Pembersihan Kabinet Dwikora dan Turunkan harga barang )  Perubahan Kabinet ( Dwikora-Seratus menteri )  Tertembaknya mahasiswa Arif Rahman Hakim Akhirnya pada tanggal 11 Maret 1966 Presiden mengeluarkan Surat Perintah yang berisi tentang pemulihan keamanan dan jaminan keamanan bagi presiden Soekarno. XX / MPRS / 1966 ) Pada tanggal 3 Pebruari 1967 DPR-GR yang menganjurkan kepada Soeharto untuk melaksanakan Sidang Istimewa. Kembali menjadi anggota PBB c. IX / MPRS / 1966  Pelarangan paham dan ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme di Indonesia ( TAP MPRS No. Tahap selanjutnya adalah : a. IV dan No. XXV / MPRS / 1966 )  Pelurusan kembali tertib konstitusional berdasarkan Pancasila dan tertib hukum ( TAP MPRS No.

Keempat program ini disebut dengan Catur Karya Kabinet Ampera. Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat. Melanjutkan perjuangan anti imperialisme dan kolonialisme dalam segala bentuk. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis Pelaksanaan pembangunan tidak akan berjalan lancar tanpa ada pemerataan pembangunan yang menetapkan 8 jalur pemerataan. Pemerataan pembagian pendapatan d. Tujuan perjuangannya adalah menegakkan tata kehidupan negara yang didasarkan atas kemurnian pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. yakni : a. Pemerataan penyebaran pembangunan di seluruh wilayah tanah air h. Memperbaiki kehidupan rakyat terutama sandang dan pangan b. Melaksanakan Pemilu c. langkah yang dilakukannya adalah menciptakan stabilitas ekonomi politik. Kabinet yang pertamakali dibentuk adalah Kabinet AMPERA dengan tugas menciptakan stabilitas politik dan ekonomi sebagai persyaratan untuk melaksanakan pembangunan nasional yang disebut DWI DHARMA KABINET AMPERA. Pemeratan kesempatan memperoleh keadilan. Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan c. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita g. Pertumbuhan dan mobilitas penduduk Menurut Edward Ullman ada 3 faktor yang mempengaruhi timbulnya interaksi kota. Melaksanakan Politik Luar Negeri yang Bebas dan Aktif d. pangan dan perumahan. e. Pemerataan kesempatan kerja e. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya yang menuju pada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat b. PROSES PERTUMBUHAN DAN MOBILITAS PENDUDUK PADA MASA ORDE BARU a. Pertumbuhan ekonomi yang cukup timggi c. yaitu a. b. yaitu : . Adapun programnya antara lain : a. hususnya sandang. PROSES MENGUATNYA PERAN NEGARA PADA MASA ORDE BARU Sejak Orde Baru berkuasa telah banyak perubahan yang dicapai oleh bangsa Indonesia. d. Pemerataan berusaha f.Nasional jangka pendek dan jangka panjang melalui Pelita yang tidak terlepas dari Trilogi Pembangunan.

Masing-masing titik sentral memiliki daya tarik terhadap penduduk untuk tinggal disekitarnya dengan daya jangkau yang berbeda. DAMPAK REVOLUSI HIJAU DAN INDUSTRIALISASI TERHADAP PERUBAHAN TEKNLOGI DAN LINGKUNGAN DI BERBAGAI DAERAH PADA MASA ORDE BARU 1. sosial maupun budaya. Pusat-Pusat pertumbuhan di Indonesia pada masa Orde Baru Untuk mengetahui munculnya pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia terdapat 2 teori yaitu :  Teori Tempat Sentral ( central place theory ) oleh Walter Christaller Bahwa Pusat lokasi aktivitas yang melayani berbagai kebutuhan penduduk harus berada di suatu tempat sentral yaitu tempat yang memungkinkan partisipasi manusia dengan jumlah yang maksimum. Faktor penyebab suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan Suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan disebabkan oleh beberapa hal antara lain : 1. kecamatan. Sarana dan prasarana transportasi 4. Adanya wilayah yang saling melengkapi 2. dan jagung yang membuat hasil panen komoditas tersebut meningkat di begara-negara berkembang. Adanya kesempatan untuk berinteraksi 3. Adanya kemudahan transfer/pemindahan dalam ruang Dalam kaitannya dengan interaksi kota tersebut. Revolusi Hijau. padi. propinsi ataupun ibukota Negara. Hubungan timbal balik antara kota dengan kota maupun antara kota dengan desa dapat menyebabkan munculnya gejala-gejala yang baru yang meliputi aspek ekonomi. Pertambahan penduduk harus diimbangi dengan . Kondisi fisik wilayah 2. Kekayaan sumber daya alam 3. Kawasan yang menjadi pusat pembangunan dinamakan pusat-pusat atau kutub-kutub pertumbuhan. Revolusi Hijau merupakan revolusi biji-bijian dari hasil penemuan ilmiah berupa benih unggul dari berbagai varietas gandum.1. Gejala ini dapat bersifat positif ataupun negatif bagi desa dan kota.Tempat sentral itu berupa ibukota kabupaten. Dari kutub inilah proses pembangunan menyebarke wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Revolusi hijau lahir karena masalah pertambahan penduduk yang pesat. b. maka mobilitas penduduk dapat diartikan sebagai suatu perpindahan penduduk baik secara teritorial ataupun geografis.  Teori Kutub Pertumbuhan ( Growth Pole Theory ) oleh Lerroux Bahwa pembangunan yang terjadi di manapun tidak terjadi secara serentak tapi muncul pada tempat-tempat tertentu dengan kecepatan dan identitas yang berbeda. Adanya industry B.

Perkembangan Industrialisasi a. Industri Non Pertanian • Industri Semen • Industri Besi baja • Industri Perakitan kendaraan bermotor • Industri elektronik • Industri kapal laut • Industri Kapal terbang . Produksi pertanian belum mampu memenuhiseluruh kebutuhan masyarakat. Penggunaan pupuk baru d. Ekstensifikasi c. Mencari metode yang tepat untuk pemberantasan hama 2. Mekanisasi pertanian c. Tingkat produksi pertanian yang masih sangat rendah c. Hal ini didasari oleh : a. Perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia Masyarakat Indonesia yang agraris menjadikan pertabian sebagai sektor penting dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Intensifikasi b. Diversifikasi d. Industri Pertanian • Industri pengolahan hasil tanaman pangan termasuk hortikultura • Industri pengolahan hasil perkebunan • Industri pengolahan hasil perikanan • Industri pengolahan hasil hutan • Industri pupuk • Industri Pestisida • Industri Mesin dan peralatan pertanian b. Kebutuhan masyarakat yang meningkat dengan pesat b. Pembukaan lahan pertanian baru b.peningkatan produksi pertanian. Untuk meningkatkan produksi pertanian pemerintah mengupayakan : a. Upaya peningkatan produksi pertanian digalakkan melalui : a. Rehabilitasi 3.

Timbulnya krisis politik. Habibie bertekad untuk mewujudkan pemerintrahan yang bersih dan bebas dari KKN. sosial. 1. Pada tanggal 22 Mei 1998 Habibie membentuk kabinet Reformasi Pembangunan yang terdiri dari 16 orang menteri yang diambil dari unsur militer. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaharuan dan perubahan terutama perbaikan dalam bidang politik. PERADABAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA REFORMASI Munculnya Reformasi di Indonesia disebabkan oleh :  Ketidakadilan di bidang politik. Melikuidasi beberapa bank bermasalah 4. Setelah BJ Habibie dilantik menjadi presiden RI pada tanggal 21 Mei 1998 maka tugasnya adalah memimpin bangsa Indonesia dengan memperhatikan secara sungguh-sungguh aspirasi rakyat yang berkembang dalam pelaksanaan reformasi secara menyeluruh. Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang diisyaratkan oleh IMF . hukum. Usaha dalam bidang ekonomi adalah : 1. Reformasi merupakan suatu perubahan tatanan perikehidupan lama dengan tatanan kehidupan yang baru dan secara hukum menuju ke arah perbaikan. Merekonstruksi perekonomian Indonesia 3. Golkar. ekonomi dan hukum. Menaikkan nilai tukar Rupiahterhadap Dollar AS hingga di bawah Rp.000 5. ekonomi dan hukum     Pemerintah Orde baru tidak konsisten dan konsekwen terhadap tekad awal munculnya orde baru yaitu melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen dalam tatanan kehidupan bernasyarakat. ekonomi dan kepercayaan. Tanggal 25 Mei 1998 diselenggarakan pertemuan I dan berhasil membentuk komite untuk merancang Undangundang politik yang lebih longgar dalam waktu 1 tahun dan menyetujui masa jabatan presiden maksimal 2 periode. PPP dan PDI. Munculnya suatu keinginan untuk terus menerus mempertahankan kekuasaannya ( status quo ) Terjadinya penyimpangan dan penyelewengan terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 yang direkayasa untuk melindungi kepentingan penguasa. Merekapitulasi perbankan 2.9. berbangsa dan bernegara.

B. Karyawan yang di PHK itu menambah jumlah pengangguran sehingga jumlah pengangguran mencapai 40 juta orang. Dan juga menarik kembali para investor untuk menanamkan modalnya ke Indonesia sehingga dapat membuka lapangan kerja. guru dan buku-buku untuk pendidikan umum dengan harga terjangkau Penyediaan klinik. 2.Oleh karena itu pemerintah harus membuka lapangan kerja baru yang dapat menampung para penganggur tersebut. komunikasi. .Reformasi di bidang hukum disesuaikan dengan aspirasi yang berkembang di kalangan masyarakat dan mendapat sambutan baik karena reformasi hukum yang dilakukan nya mengarah kepada tatanan hukum yang didambakan oleh masyarakat. ortodoks yaitu produk hukum lebih mencerminkan keinginan pemerintah dan tertutup terhadap kelompok-kelompok sosial maupun individu dalam masyarakat. dokter dan obat-obatan untuk kesehatan umum dengan harga yang terjangkau pula. air minum. Sementara itu harga sembako semakin tinggi sehingga banyak karyawan yang menuntut kenaikan gaji pada perusahaan yang pada akhirnya berimabas pada memPHKkan karyawannya. Dampaknya adalah maraknya tindakan kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat. KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DI BERBAGAI DAERAH SEJAK REFORMASI 1. pemerintah melihat 5 sektor kebijakan yang harus digarap yaitu :      Perluasan lapangan kerja secara terus menerus melalui investasi dalam dan luar negeri seefisien mungkin Penyediaan barang kebutuhan pokok sehari-hari untuk memenuhi permintaan pada harga yang terjangkau Penyediaan fasilitas umum seperti : rumah. listrik. bahan bakar. KONDISI EKONOMI Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyat. angkutan. dengan harga yang terjangkau Penyediaan ruang sekolah. Selama Orde baru karakter hukum bersifat konservatif. KONDISI SOSIAL MASYARAKAT Sejak krisis moneter tahun 1997 perusahaan swasta mengalami kerugian dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful