APA ITU PUPUK ZA

Posted on 06/27/2012 by oksigenpertanian MNEGENAL PUPUK ZA Ayo kita membahas ap itu pupuk ZA ? apa kandungan pupuk ZA ? Apa kegunaan pupuk ZA bagi tanaman terutama pada tanaman padi. Pupuk ZA : Adik Pupuk Urea Pupuk ZA dikenal dengan sebutan pupuk Amonium Sulfat. Pupuk ZA ini mengandung 21 % hara makro N dan 24 % sulfur. Dengan melihat kandungan hara makronya maka pupuk ini dikatagorikan dalam pupuk tunggal. Pupuk ZA, dengan melihat hara makro N nya bisa dikatakan “adik’ dari pupuk Urea. Kalau pupuk ZA hara makro N nya 21 % sedangkan pupuk Urea sekitar 46 % hara N. Rumus Kimia Pupuk ZA Nama lain dari pupuk ZA adalah Amonium Sulfat. Rumus kimia Amonium Sulfat adalah (NH4)2SO4. Kelebihan pupuk ini adalah terdapat kandungan sulfur di dalamnya. Bahkan kandungan sulfur lebih besar dari hara N. Dengan adanya unsur sulfur, pemakain pupuk ZA, sangat baik diberikan pada awal tanam. ” tapi Mas Nurman, mending pake pupuk urea, 2 atau 3 hari tanaman dah kelihatan hijaunya. Kalau pake ZA bisa 6-7 hari baru kelihatan hijau” ” betul pak, tapi di pupuk ZA terdapat unsur lain (pupuk lain). Tanaman akan tumbuh lebih bagus perkembangannya. Lebih stabil daya serap tanaman” Artinya bila pakai pupuk ZA, daya serap tanaman akan lebih lama,sehingga hijau daun bertahan lebih lama bila dibandingkan urea. Pembicaan berlanjut,,, ” ada lagi kelebihan pupuk ini, Mas Nurman?” ” iya pak, belerang dalam pupuk ZA sangat membantu perkembangan pucuk, akar dan anakan. Dan yang lebih penting hal ini,,, “ ” teruskan, mas” ” bila sawah bapak kekurangan unsur belerang maka umur tanaman padi bapak akan lebih lama”

Supaya tanaman tumbuh sempurna dan menghasilkan hasil bagus. Supaya pertumbuhannya bagus. Saya pernah bertanya sama penjual pupuk bersubsidi. bila tak ada pupuk urea maka pupuk ZA bisa dijadikan penggantinya. Seperti : NPK Kujang. Hal ini disebabkan karena banyak petani yang belum mengetahui manfaat pupuk ZA ini. Padahal pupuk ZA ada. sayur mayur ( Fosfat :SP36/TS ) dan Lauk Pauk ( Kalium :KCL/ZK). “apakah pupuk urea ada?” ” kosong. anak kecil harus makan minimal Nasi. pemerintah meracik pupuk majemuk/lengkap. Bagaimana kalau anak kecil makan nasi saja dalam hidupnya? apakah dia akan tumbuh dengan sempurna? Demikian pula. Oleh sebab itu. NPK Ponska. Pupuk ZA sebagai Subsitusi Urea Dengan pemahaman di atas.Dengan demikian. Pemahaman Pupuk Dalam berbagai kesempatan berinteraksi dengan petani. saya lebih suka mengatakan dan menyarankan kepada petani : gunakan pupuk ZA untuk pemupukan awal tanam. mas” ” kalau pupuk ZA ada pak?” ” ada. maka dapat dihitung berapa persamaan antara pupuk urea dan pupuk ZA. Tanpa melihat unsur lain dalam pupuk ZA . lumayan banyak mas” Jadi. Dalam 100 kg urea setara dengan 219 kg pupuk ZA. bila tanaman padi diberikan urea saja? apakah akan tumbuh sempurna? jelas tidak. bila tak ada pupuk urea di toko petani tak membeli urea. Perbandingan Pupuk Urea dengan Pupuk ZA Dengan melihat kandungan hara makro N nya. Nasi bagi tanaman adalah pupuk Urea/ZA. Digenapkan jadi 210 kg Jadi 100 kg urea = 210 kg ZA Ini hitungan hara makro N nya. Sayur Mayur dan Lauk Pauk. Dengan alasan di atas. NPK pelangi dll. saya selalu memberikan pemahaman bahwa pupuk bagi tanaman seperti makanan bagi perkembangan anak kecil.

73kg Urea/47. saya sudah jelaskan bahwa pupuk ZA/Urea terdapat pada pupuk majemuk seperti : NPK Kujang. Pupuk ZA/Urea ada Dalam Pupuk NPK Majemuk Pada tulisan materi SL PTT Padi.6 kg Urea/71. 8.89 kg SP36 dan 8.Tetapi dengan adanya unsur lain seperti sulfat di dalam ZA menurut saya perbandingan di atas tak seperti tsb. Berikut ini adalah salah satu cara yang amat mudah untuk membuat pupuk organik cair ( POC ).4 kg ZA.3 kg Urea/35. Bahan dan alat: Kotoran domba/kambing Air bersih (dalam artian tidak tercemar bahan kimia beracun/berbahaya) . Dalam 1 karung NPK Pelangi terdapat 21. 13. Filed under: PUPUK | 2 Komentar » MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR Posted on 06/16/2012 by oksigenpertanian Untuk membuat POC banyak media dan bahan yang dapat kita gunakan.7 kg ZA. Dalam 1 karung NPK kujang terdapat 32.6 kg ZA.5 kg KCL.33 kg KCL. bisa jadi 100 kg pupuk urea setara dengan 160 kg ZA. NPK Ponska dan NPK Pelangi.33 kg SP36 dan 6. Dalam 1 karung NPK Ponska terdapat 16.5 kg SP36 dan 12. Gambar di bawah ini adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan.66 kg KCL. 20.

dan Kalium (potasium). Jadi buang air seni adalah sebuah anugrah !!!. Fosfor. Sumber : http://dusunlaman. Berdasarkan penelitian ternyata kandungan air seni (urine) manusia masih mengandung bahan kimia seperti Nitrogen.Ragi tape (boleh ditambah bioaktivator seperti yang banyak dijual di pasar. Dalam setahun. pupuk dapat digunakan. Mari kita hitung berapa kandungan urine kita selama setahun ( 500 liter) dalam bentuk pupuk kimia.4 kg pupuk SP-36 Untuk 1 kg Kalium (potasium) setara dengan 1. Mengapa? Bila menumpuk dan tidak dikeluarkan. FMIPA-Institut Pertanian Bogor : sebanyak 70% bahan makanan (nutrisi) yang dikonsumsi manusia dikeluarkan dalam bentuk air seni.7 kg pupukKCL .7 kg pupuk Urea atau 19 kg pupuk ZA Untuk 0. Berikan pada tanaman 1 minggu 1 kali. Menurut Syaefudin yang merupakan Asisten Dosen Metabolisme. Di samping sebuah anugrah. campurkan 15 cc air POC ke dalam 1 liter air. kalau ada) Tong/drum ukuran volume 100-120 liter Setelah satu pekan. Manfaatnya adalah keniscayaan. Filed under: KOMPOS/JERAMI | Tinggalkan sebuah Komentar » MEMBUAT POC DARI AIR URINE Posted on 06/16/2012 by oksigenpertanian Ada hal menarik yang patut kita ketahui dari air seni kita. Sebelum digunakan untuk memupuk.5 kg fosfor. Untuk 4 kg nitrogen setara dengan 8. Jumlah ini setara dengan 4 kg nitrogen. dan 1 kg potasium. seseorang dapat mengeluarkan air kencing kira-kira sebesar 500 liter.5 kg Fosfat setara dengan 1. Unsur ini adalah unsur makro yang dibutuhkan tanaman. ternyata urine manusia bisa digunakan sebagai POC ( Pupuk Organik Cair ) karena mengandung unsur makro yang dibutuhkan manusia.net/2009/01/cara-mudah-membuat-pupuk-organik-cair-poc/ Bila POC tsb sudah kita buat maka aplikasi dapat lakukan setiap 10 hari sekali atau bisa juga setiap 7 hari sekali. Dengan memakai POC tsb maka penggunaan pupuk kimia bisa kita kurangi. Paling cocok untuk diterapkan pada tanaman hortikultura. 0. maka akan menjadi racun yang malah membahayakan tubuh. Departemen Biokimia. Pada tulisan sebelumnya saya menulis POC buat tanaman padi.

Pradhan dan rekannya dari Universitas Kuopio. . Bahkan pertumbuhan. dengan syarat komposisi bahan mengikuti ketentuan yang ada.blogspot. dari hasil penelitiannya menunjukan. kemampuan pupuk urin sama dengan pupuk buatan industri pada dosis 180 kg N per hektar. Hasilnya. Pembuatan POC Urin Manusia Ala Kang Aji 1. air kelapa 10 liter. Serangga yang biasanya ikut mati akibat penggunaan pupuk industri juga berkurang dengan menggunakan pupuk alami ini. EM4 dll atau Biostarter dari Air Liur.03%. Tapi kalau dilihat dari % nya relatif sedikit. Kandungan : N 0. K 0. Coba lihat kandungan hara dalam pupuk organik. Berikut ini adalah hasil penelitian urine manusia dari berbagai negara yang saya ambil dari http://bertanimandiri. Lebih jauh lagi. Swedia. Salah satu masalah yang dikhawatirkan dari pemanfaatan pupuk jenis ini adalah rasa produk tanamannya. P2O5 0. bakteri 1 liter dan gula pasir 1 kg.html Menurut Ian Caldwell dan Arno Rosemarin dari Stockholm Environment Institute. hal tersebut dapat membantu tercapainya ketahanan pangan dan mendukung tersedianya nutrisi yang lebih baik. Penelitian ilmuwan ini membuktikan bahwa air seni manusia dapat digunakan sebagai pupuk tanpa mengancam nilai kehigienisan tanaman yang berarti. Sementara MnKeni bersama teman-temannya dari Universitas Fort Hare. penggunaan air seni sebagai pupuk berkemungkinan mempengaruhi mutu hasil tanaman.Tapi ini adalah pupuk organik. dan kandungan klorida tanaman sedikit lebih tinggi jika menggunakan pupuk air seni. biomassa. Mereka membandingkan penggunaan air kencing manusia sebagai pupuk kubis dengan pupuk buatan industri.12 %. Namun.com/2010/11/pemanfaatan-urin-sebagai-pupuk-cair. Finlandia. Bakteri yang digunakan EM TANI. Bahan terdiri dari urin 10 liter. Afrika Selatan. Sebagai contoh Pupuk Organik NASA 500 ml yang telah mendapatkan sertifikasi organik oleh Deptan dengan analisa lab Sucofindo. Jumlah tersebut boleh disesuaikan dengan kebutuhan. penggunaan urin dan kotoran manusia sebagai pupuk adalah cara utama dalam menerapkan pertanian berkelanjutan.31% Secara umum saya belum begitu paham berapa kandungan NASA bila dikonversi ke dalam pupuk kimia. permasalahan ini ditepis oleh penelitian Surendra K. 2. bahwa penggunaan urin sebagai sumber nitrogen sebanding dengan pupuk urea. Logikanya. rasa produk makanannya juga tak berkurang meski tanaman yang menjadi bahan bakunya diberi pupuk urin. Selain itu.

4. kemudian dimasukan kedalam molter. Fermentasi selesai setelah 2 minggu.3. Filed under: PUPUK | Tinggalkan sebuah Komentar » . Semua bahan diaduk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful