MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR

BAB. I PENDAHULUAN

A.

Deskripsi Dalam modul ini Anda akan mempelajari bagaimana mempersiapkan menggambar dengan komputer, cara menggunakan perintah dan melakukan penggambaran, bagaimana cara membuat jadwal, cara mendiagnosa gambar-gambar. Apabila Anda telah mempelajari dan menguasai modul ini, maka Anda diharapkan dapat mengoperasikan komputer dan menggambar gambar kerja dengan benar.

B.

Prasyarat Dalam mempelajari modul ini tidak ada prasyarat khusus, namun Anda diharapkan sudah mampu membaca dan menerjemahkan gambar konstruksi yang akan digunakan dalam membuat contoh aplikasi dalam komputer. Selain itu juga mampu merencanakan dan mengatur pekerjaan konstruksi melakukan pengukuran komputer dan perhitungan mampu sederhana. mampu Karena membaca dalam dan

menggunakan

harus

menerjemahkan gambar konstruksi, maka merencanakan dan mengatur pekerjaan konstruksi juga harus dipahami dengan benar, khususnya melakukan pengukuran dan perhitungan sederhana.

C.

Petunjuk Penggunaan Modul 1. Pelajari daftar isi serta skema kedudukan modul dengan cermat dan teliti. Karena dalam skema modul akan nampak kedudukan modul yang sedang Anda pelajari dengan modul-modul yang lain 2. Kerjakan soal-soal dalam cek kemampuan untuk mengukur sampai sejauh mana pengetahuan yang telah Anda miliki 3. Apabila dari soal dalam cek kemampuan telah Anda kerjakan dan 70 % terjawab dengan benar, maka Anda dapat langsung menuju Evaluasi untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Tetapi apabila hasil jawaban Anda

Modul AutoCAD 2D

1

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR

tidak mencapai 70% benar, maka Anda harus mengikuti kegiatan pemelajaran dalam modul ini 4. Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan dengan benar untuk mempermudah dalam memahami suatu proses pekerjaan 5. Pahami setiap materi teori dasar yang akan menunjang dalam penguasaan suatu pekerjaan dengan membaca secara teliti. Kemudian kerjakan soal-soal evaluasi sebagai sarana latihan 6. Untuk menjawab tes formatif usahakan memberi jawaban yang singkat, jelas dan kerjakan sesuai dengan kemampuan Anda setelah mempelajari modul ini 7. Bila terdapat penugasan, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan bilamana perlu konsultasikan hasil tersebut pada guru/instruktur 8. Catatlah kesulitan yang Anda dapatkan dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru pada saat kegiatan tatap muka. Bacalah referensi lainnya yang berhubungan dengan materi modul agar Anda

mendapatkan tambahan pengetahuan.

D.

Tujuan Akhir Setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat: 1. Mempersiapkan gambar dengan komputer 2. Paham akan menggunakan perintah AutoCAD 2010 3. Melakukan penggambaran dengan komputer 4. Merapihkan gambar-gambar yang sudah selesai.

Modul AutoCAD 2D

2

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR

E. Kompetensi

KOMPETENSI : Juru Gambar Arsitektur KODE : AR 001 DURASI PEMELAJARAN : 50 Jam @ 45 menit LEVEL KOMPETENSI KUNCI A 1 B 1 C 1 D 1 E 1 F 1 G 2

KONDISI KINERJA

Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya: ▪ Manual instruksi penggunaan komputer dan perangkat lunak ▪ Peralatan komputer dan perangkat lunak yang dibutuhkan ▪ Area kerja yang sesuai MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

KOMPETENSI

KRITERIA KINERJA

LINGKUP BELAJAR

Modul AutoCAD 2D

3

Juru Gambar Arsitektur KRITERIA KINERJA  Melaksanakan Prosedur K3 dan lingkungan ditempat kerja  Bekerjasama dengan rekan kerja dan lingkungan sosial yang beragam  Mendiagnosa gambar-gambar sketsa/draft  Mengidentifikasik an bahan dan alat yang diperlukan  Membuat jadual kerja  Melakukan penggambaran  Menyiapkan / merapihkan gambar dan laporan LINGKUP BELAJAR  Pelatihan dan Praktek  DasardasarKomputer berdasarkan Manual  IPC dan Perangkat  Lunaknya MATERI POKOK PEMELAJARAN SIKAP  Cermat  Teliti  Bersungguhsungguh PENGETAHUAN  Dasar-dasar Komputer dan pengoperasionalann ya KETERAMPILAN  Terampil mempersiapka n prapelayanan komputer Modul AutoCAD 2D 4 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR KOMPETENSI 1.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR F. 2. Perangkat keras apa saja yang terletak di luar CPU! Buatlah cover laporan suatu proyek! Buatlah contoh salah satu perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya)! Modul AutoCAD 2D 5 . 3. Cek Kemampuan 1.

II PEMELAJARAN A.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR BAB. Memahami Sistem koordinat pada AutoCAD 2010 5. Membuat laporan hasil penggambaran Tanda Tangan Instuktur Jenis Kegiatan  Membuka Program dan menyimpan gambar AutoCAD 2010 di komputer  Memahami tampilan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan 2 jam dasar AutoCAD 2010  Memahami koordinat AutoCAD 2010  Memahami perintahperintah dasar di Sistem pada 3 jam 5 jam AutoCAD 2010  Menyiapkan / merapikan gambargambar yang sudah selesai 15 jam 5 jam Modul AutoCAD 2D 6 . Membuka Program AutoCAD 2010 di komputer 2. Memahami tampilan dasar AutoCAD 2010 3. Menyiapkan/ merapikan gambar-gambar yang sudah selesai 7. Rencana Belajar Peserta Diklat Kompetensi Kriteria Kinerja : : Juru Gambar 1. Melakukan penggambaran 6. Menyimpan File AutoCAD 2010 4.

Mengklik Start. yang dapat dilihat sebagai berikut : Modul AutoCAD 2D 7 . Uraian Materi 1. b. 2.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR B. B. Memahami tampilan dasar pada AutoCAD 2010. 3. Autodesk. Tujuan Kegiatan Pemelajaran Setelah mempelajari kegiatan belajar 1. Pengertian tersebut dimulai dari pemahaman dasar tentang tampilan AutoCAD 2010. Memahami tampilan dasar AutoCAD 2010 Pada AutoCAD 2010. Programs.1 Kegiatan Belajar Kegiatan Belajar 1: Pengenalan AutoCAD 2010 a. Memahami dasar-dasar untuk menggambar dengan AutoCAD 2010. AutoCAD 2010. terdapat beberapa pengertian dasar yang harus dipahami untuk mengunakan program AutoCAD dengan baik. Mengklik shortcut AutoCAD 2010 yang terdapat pada tampilan layar Windows. dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : a. 2. diharapkan anda dapat: 1. Membuka Program AutoCAD 2010 Untuk membuka program AutoCAD 2010 di komputer yang telah diinstal program AutoCAD 2010. Memahami sistem koordinat pada AutoCAD. b.

Save. Open. merupakan klasifikasi perintah berdasarkan fungsinya. Menu pada Quick Access Toolbar dapat ditampilkan dan disembunyikan sesuai dengan setting yang dilakukan dengan memilih check list atau menonaktifkannya. Redo. adalah pilihan menu pada baris paling atas tampilan layar AutoCAD 2010. b. yang menampilkan perintah berdasarkan klasifikasinya dalam bentuk drop down( tersusun dari atas ke bawah). Undo. tampilan AutoCAD 2010 terdiri dari 7 bagian yakni : a. yang terdiri dari menu New. Quick Access Toolbar. Bentuk menu bar dapat dilihat sebagai berikut (untuk menu bar draw) : Modul AutoCAD 2D 8 . menu Bar : adalah icon tulisan-tulisan yang terdapat di bagian atas dari tampilan AutoCAD 2010. dll.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Pada dasarnya. Plot.

sebagaimana berikut : Home. Parametric. dengan dikelompokkan menjadi beberapa panel. View. Tabs : adalah kumpulan perintah yang mengklasifikasi perintah-perintah pada AutoCAD. Annotate. namun dapat diaktifkan dengan memilih menampilkan menu bar pada Quick Access Toolbar. c.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Berbeda dengan versi AutoCAD sebelumnya. Modul AutoCAD 2D 9 . pada AutoCAD 2010 menu bar tidak langsung ditampilkan pada layar. namun perintah diklasifikasi dengan lebih luas. Manage. Insert. Tabs merupakan versi terbaru dari Menu Bar untuk AutoCAD 2010. Sepintas Tabs mirip dengan Menu Bar. dll. sehingga Menu Bar tidak ditampilkan langsung pada default template AutoCAD 2010.

Workspace : adalah pengaturan yang dapat dilakukan untuk mempermudah penggambaran dengan AutoCAD 2010. dengan isi perintah di setiap panel title mirip dengan perintah-perintah yang terklasifikasi di Menu bar pada AutoCAD 2008. g.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR d. Drawing area : adalah area menggambar AutoCAD 2010 f. Panels : adalah icon berbentuk lambang perintah yang merupakan sub bagian dari Tabs. Panel merupakan perintah-perintah yang terklasifikasi lagi berdasarkan panel tittle. Workspace memberi pilihan untuk menggunakan workspace. e. bergantung kebutuhan pengguna. Modul AutoCAD 2D 10 . workspace dapat disetting dengan sangat mudah dan sangat dinamis. Pada AutoCAD 2010. command window : adalah tampilan perintah yang sedang dikerjakan oleh AutoCAD 2010.

Posisi suatu titik terhadap sumbu-sumbu X dan Y disebut dengan koordinat. Sedangkan UCS adalah sistem koordinat yang dapat diubah-ubah (diputar dan dipindah) sesuai keinginan pengguna. Modul AutoCAD 2D 11 . yaitu Koordinat dunia (WCS: World Coordinate System) dan koordinat pengguna (UCS: User Coordinate System). Ada beberapa macam sistem koordinat yang diterapkan pada program aplikasi AutoCAD. 4. Arah dan lokasinya selalu tetap. dilakukan dengan mengklik save as pada toolbars atau mengklik file pada menu bar. dan arah vertikal diwakili oleh sumbu Y. dan mengoperasikan sistem koordinat pengguna (user coordinate sistem) adalah UCS. dan memilih klik pada save as. Memahami sistem koordinat pada AutoCAD Perintah untuk mendefinisikan. Penggambaran dua dimensi pada program aplikasi AutoCAD dinyatakan dengan nilai-nilai penunjuk arah horisontal dan vertikal. Arah horisontal diwakili oleh sumbu X. Koordinat dunia adalah sistem koordinat yang menggunakan acuan bumi dan bersifat absolute. menyimpan. sehingga obyek gambar yang dihasilkan dan penempatannya benar-benar terukur. tidak bisa dipindah-pindahkan atau diputar-putar. Setiap sistem koordinat bekerja pada kondisi tertentu yang berbeda antara satu dengan lainnya. AutoCAD menyediakan dua sistem koordinat.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 3. Penggambaran dua dimensi pada program aplikasi AutoCAD didasarkan pada sistem koordinat. Menyimpan hasil penggambaran dengan AutoCAD 2010 Untuk menyimpan hasil gambar dengan AutoCAD 2010.

sedangkan sumbu vertikal disebut sumbu Y. Garis horisontal disebut sumbu X.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Ada beberapa sistem koordinat yang merupakan dasar dari penggambaran dalam program aplikasi AutoCAD. Koordinat Kartesius/Kartesian (format : X. Y) Koordinat Kartesius adalah Koordinat yang diawali oleh nilai (x. antara lain adalah: 1.0 dimana titik 0. Modul AutoCAD 2D 12 .) dan untuk memisahkan nilai desimal digunakan tanda titik (.0 terletak p ada perpotongan garis vertikal dan horisontal yang disebut sumbu. Sistem ini menggunakan perhitungan suatu titik terhadap titik 0.y) yang menunjukkan letak suatu titik koordinat terhadap titik koordinat (0. Untuk memisahkan nilai sumbu X dan sumbu Y digunakan tanda koma (.).0) terhadap UCS aktif.

sehingga nilai x dan y mewakili besar jarak antara suatu titik koordinat dengan titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu x dan y. Modul AutoCAD 2D 13 . Penulisan koordinat relatif pada penggambaran dalam AutoCAD yaitu (@X. Koordinat Relatif (format: @X. X : adalah nilai untuk arah mendatar (searah sumbu X) dengan memasukkan nilai positif akan mengarah ke kanan dan apabila negative akan mengarah ke kiri. . Y : adalah nilai pemisah koordinat : adalah nilai untuk arah tegak (searah sumbu Y) dengan memasukkan nilai positif akan mengarah ke atas dan apabila negatif akan mengarah ke bawah.Y).Y) Koordinat Relatif adalah koordinat yang mengacu pada titik koordinat sebelurnnya. @ : menunjukan bahwa nilai yang mengikutinya adalah jarak titik koordinat dari titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu sumbu x dan y.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 2.

D < : : Distance/jarak panjang ditutung dari titik terakhir adalah tanda pernisah yang berfungsi untuk memisahkan nilai input jarak dengan nilai sudut. A : Angle/sudut dihitung dari sumbu X positif Nilai sudut diberikan dalam satuan derajat. dengan memasukkan nilai jarak dan arah penempatan berdasarkan nilai sudut dalam satu Penulisan koordinat polar pada penggambaran dalam AutoCAD yaitu @D<A. @ : menunjukan bahwa nilai yang mengikutinya adalah jarak titik koordinat sebelumnya terhadap arah sumbu- titik koordinat dari sumbu x dan y. Modul AutoCAD 2D 14 . Koordinat Polar (f ormat : @D<A) Koordinat Polar adalah sistem koordinat pemakai yang digunakan untuk menentukan titik penempatan koordinat berikutnya dari titik saat ini.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 3.

Catatan: CW (Clock Wise) = Searah Jarum Jam CCW (Clock Counter Wise) = Berlawanan Arah Jarum Jam 5.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Lihat Gambar dibawah ini untuk ilustrasi nilai arah sudut yang dapat Anda masukkan sebagai penentu arah penempatan titik. Modul AutoCAD 2D 15 . sebaliknya akan bernilai negatif jika arah putaran sudut searah dengan arah putaran jarum jam. Memahami Pengukuran Sudut pada AutoCAD Putaran sudut pada AutoCAD bernilai positif jika arah putarannya berlawan dengan arah putaran jarum jam. Gambar di bawah ini menunjukkan cara pengukuran sudut dalam AutoCAD.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 0 (nol) derajat pada AutoCAD sama dengan posisi Jam 3:00 Setiap garis yang ditarik horizontal dari arah kiri ke kanan mempunyai sudut 0 derajat Setiap garis yang ditarik horizontal dari kanan ke kiri mempunyai sudut 180 derajat Setiap garis yang ditarik vertikal dari bawah ke atas mempunyai sudut 90 derajat Setiap garis yang ditarik vertikal dari atas ke bawah mempunyai sudut 270 derajat. Anda terlebih dahulu harus tahu berapa sudutnya.Y. dan berapa panjang garis yang akan dibuat tersebut. Bagaimana jika Anda ingin membuat garis seperti gambar di bawah ini: Kini saatnya Anda membuat garis yang miring tersebut dengan cara Koordinat Polar Relatif. Modul AutoCAD 2D 16 . sudutnya 30 derajat). contoh : @5<30 (dibaca: dari titik terakhir. jaraknya 5 unit. pada polar relatif formatnya adalah @ (shift +2) kemudian ketik jaraknya kemudian simbol < kemudian ketikan sudutnya. Anda dapat menggunakan ketiga sistem koordinat tersebut di atas sesuai dengan informasi yang tersedia atau sesuai dengan kondisi yang paling memungkinkan digunakannya salah satu dari cara tersebut. Jika pada koordinat relatif anda menambahkan simbol @ (shift +2) kemudian X. Pada saat membuat garis.

Jika Anda ingin menggunakan antarmuka Classic. bisa sulit untuk menemukan dengan cepat. Sebagai contoh. kita mengutamakan bekerja dengan perintah keystroke/keyboard. Ikon bekerja dengan baik. Anda mungkin juga mempelajari antarmuka baru. AutoCAD tidak terkecuali. layar akan terlihat berbeda jika Anda bekerja di 2D dibandingkan ketika bekerja dengan 3D. Setting tutorial ini akan berurusan dengan workspace baru baru. Menu pull-down akan mengakses hampir semua perintah. tetapi karena Anda akan melihat. Anda akan berada di 2D Drafting & Annotation workspace. Ada banyak cara untuk melakukan hal-hal dalam program Windows. tata letak layar baru telah ditambahkan. Ada juga pilihan untuk AutoCAD Classic (tampilan layar dari Versi 2000-2008). Karena Anda adalah pengguna baru. tetapi cara ini lambat dalam melakukan sesuatu. dan dalam beberapa program CAD lain. Setiap orang akan mengembangkan cara yang terbaik baginya. gunakan tutorial untuk AutoCAD 2008. ikon dapat ditempatkan di manapun pada layar. Ikon pada AutoCAD 2010 ditemukan Modul AutoCAD 2D 17 . Seting ini dengan mengklik di bagian kanan bawah layar AutoCAD ikon seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Alasan untuk ini adalah karena dengan keystroke akan bekerja dalam hampir semua versi AutoCAD (termasuk versi DOS). Program ini sekarang memungkinkan Anda untuk bekerja dalam ruang kerja berbeda tergantung pada apa yang Anda kerjakan. Anda mungkin bekerja pada komputer lain. yang sudah diatur berbeda dari kebiasaan Anda. Dalam program ini. Untuk 2 tingkat pertama tutorial. Memahami Perintah-perintah dasar pada AutoCAD 2 dimensi Dengan diperkenalkannya AutoCAD 2010.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 6.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR pada ribbon. Line: untuk menggambar garis lurus. Anda juga dapat menyesuaikan Toolbar sehingga Anda memiliki perintah yang paling umum pada satu toolbar. toolbar dimensioning adalah salah satu yang Anda tidak inginkan menempati ruang pada layar Anda saat menggambar. cukup klik pada tab yang sesuai untuk membuka panel yang Anda butuhkan. Berikut ini diperkenalkan sejumlah perintah dasar pada AutoCAD 1. Untuk menghapus pita agar memiliki ruang gambar yang luas. Sebagai contoh. tetapi sangat berguna ketika Anda membuat dimensi gambar. klik pada ikon "Clean Screen" di sudut kanan bawah layar. klik lagi ikon yang sama. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:  Pada baris perintah ketik: LINE (atau) L dan tekan tombol ENTER atau SPACE BAR  Pilih ikon garis dari Panel DRAW Semua cara itu akan melakukan hal yang sama yaitu memerintahkan AutoCAD untuk menggambar garis AutoCAD adalah program populer karena dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan individu. Toolbar adalah contoh yang baik untuk hal ini. Untuk kembali ke tampilan standar. Contoh: Jika Anda ingin menarik garis. Anda dapat dengan mudah menghilangkan tollbar ini sehingga Anda memiliki ruang gambar lebih luas. dibagi menjadi panel. Contoh 1: Command: Klik Line Command: _line Specify first point: Klik 1 Specify next point or [Undo]: Klik 2 Specify next point or [Undo]: Klik 3 Specify next point or [Close/Undo]: Klik 4 Modul AutoCAD 2D 18 . Anda dapat memiliki toolbar yang paling sering digunakan pada layar sepanjang waktu.

2 @2. Kartesian Polar K. K.0 @2. Relatif K. dan koordinatif polar.1 5.1 @2<0 @2.Y) Klik Line 1. koordinatif relatif.1 (@X.1 3.24<27 19 .Y) Klik Line 1.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Specify next point or [Close/Undo]:  Command: Contoh 2: Gambarlah soal disamping dengan koordinat yaitu koordinat 3 cara sistem kartesius/Kartesian.1 (@D<A) Klik Line 1. Command Command: Command: _line Specify first point: Specify next point or [Undo]: Specify next point or Modul AutoCAD 2D (X.

Contoh : Command : Klik Ray Command : _ray spesify start point: klik 1 kali(sebagai titik pusat garis) Specify through point: Klik 1 (Sebagai titik pusat garis) Specify through point: Klik 2 ( ke arah jarum jam) Specify through point: Klik 3 Specify through point: Klik 4 Specify through point: Klik 5 Specify through point:  Command: Modul AutoCAD 2D 20 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR [Close/Undo]: Specify next point or [Close/Undo]: Specify next point or [Close/Undo]: Specify next point or [Close/Undo]:  Soal latihan: Buatlah gambar berikut ini dengan 3 cara sistem kooordinat!   c c c 1.2 @2<90 2.4 @-4. Ray: untuk menggambar garis bantu yang panjangnya tak terhingga dimulai dari titik pusat tertentu.0 @4<180 5.4 @0.

melainkan 2 arah putaran .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 3. namun pada construction line garis yang terbentuk tidak satu arah. Construction Line: untuk menggambar garis bantu yang panjangnya tak terhingga. Contoh: Command: Klik Construction Line Command: _xline Specify a point or [Hor/Ver/Ang/Bisect/Offset]: Specify through point: Klik 1 (Sebagai titik pusat garis) Specify through point: Klik 2 Specify through point: Klik 3 Specify through point: Klik 4 Specify through point: Klik 5 Specify through point:  Command: Modul AutoCAD 2D 21 . Mirip dengan Ray.

00. Namun sebetulnya ada perbedaan antara gambar line dan polyline. sedangkan pada polyline saling terikat erat. Polyline: untuk menggambar garis. Multiline: untuk mengambar dua garis atau lebih yang sejajar. tanpa terputus (satu kesatuan).MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 4. yaitu pada gambar line ruas yang satu terpisah dengan ruas yang lain. Style = STANDARD Specify start point or [Justification/Scale/STyle]: Klik 1 Specify next point: Klik 2 Specify next point or [Undo]: Klik 3 Specify next point or [Close/Undo]: Klik 4 Specify next point or [Close/Undo]:  Command: 5. Contoh : Command: Klik Polyline Command: _pline Specify start point: Klik 1 Current line-width is 0.0000 Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: Klik 2 Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: Klik 3 Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: Klik 4 Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]:  Modul AutoCAD 2D 22 . Contoh: Command: Klik Multiline Command: _mline Current settings: Justification = Top. Scale =15. Gambar yang terbentuk nampaknya seperti gambar line.

Polygon: untuk menggambar segi banyak sampai 1024 sudut. dan Segi 10 7. Circum).MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Gambar Polyline Cobalah pada perintah [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width] 6. dengan acuan di dalam lingkaran dan di luar lingkaran (Incircum. Rectangle: untuk menggambar segi empat Contoh: Command: Klik Rectang Command: _rectang Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: Klik 1 Modul AutoCAD 2D 23 . Contoh poligon dengan 5 sudut: Command: Klik Polygon Command: _polygon Enter number of sides <4>: 5 Specify center of polygon or [Edge]: Klik titik tengah polygon Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>:  Specify radius of circle: 100 Command: Polygon Segi-5. Segi 7.

Arc: untuk menggambar busur lingkaran Contoh: Command: Klik Arc Command: _arc Specify start point of arc or [CEnter]: Klik 1 Specify second point of arc or [CEnter/ENd]: Klik 2 Specify end point of arc: Klik 3 Busur Lingkaran Melalui Tiga Titik Yang Diketahui 9. Spline: untuk menggambar garis lengkung Contoh: Modul AutoCAD 2D 24 . Circle: untuk menggambar lingkaran Contoh: Command: Klik Circle Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: Klik 1 (Titik pusat lingkaran) Specify radius of circle or [Diameter]: Klik 2 Command:  Lingkaran yang Diketahui Titik Pusat dan Radius 10.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Specify other corner point: Klik 2 Command:  Segiempat (Rectangle) 8.

Ellipse: untuk membuat ellips Contoh: Command: Klik Ellipse Command: _ellipse Specify axis endpoint of ellipse or [Arc/Center]: Klik 1 (titik pusat) Specify other endpoint of axis: Klik 2 (Sumbu panjang) Specify distance to other axis or [Rotation]: Klik 3 (Sumbu pendek) Command: Modul AutoCAD 2D 25 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Klik Spline Command: _spline Specify first point or [Object]: Klik titik 1 Specify next point: Klik titik 2 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 3 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 4 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 5 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 6 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 7 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 8 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 9 Specify next point or [Close/Fit tolerance] <start tangent>: Klik titik 10 Specify start tangent:  Specify end tangent:  11.

Contoh : Membuat meja belajar set. Make Block: untuk membuat sekelompok obyek (blok) dengan nama tertentu. dengan menggunakan perintah line berbentuk gambar berikut ini : Command: Klik Create Block Tampilan di layar akan berbentuk seperti di bawah ini Pada Name ketik nama block : Meja Belajar Pada Base Point yang bertanda yang diinginkan pada yang sudah dibuat. untuk disimpan dan dipanggil. klik lalu pilih base point Modul AutoCAD 2D 26 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 12.

Insert Block: untuk menyisipkan Block pada gambar Contoh : menyisipkan block yang sudah dibuat diatas. Command : Insert Block Pada tampilan akan terlihat seperti berikut ini : Modul AutoCAD 2D 27 . klik lalu select Kemudian  dan OK 13.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Kemudian pada Objects yang bertanda object yang sudah dibuat.

Region: perintah untuk membuat lapisan pada obyek polyline tertutup pada AutoCAD 3 Dimensi. 14.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Klik OK ditampilkan. Gambar titik ini dapat diprogram. sehingga besar dan bentuknya seperti pada gambar disamping ini.). untuk membuat Text. 16. dengan pola yang dipilih pada hatch. maka objek berbentuk meja belajar set akan dapat Point. Bidang Area Sebelum dan Sesudah diisi dengan Pola Tertentu 15. untuk menggambar Titik (. 15. Multiline Text. Contoh: Command: Klik Multiline Text Command: _mtext Current text style: "Standard" Text height: 2. Hatch: untuk mengisi bidang area tertutup.5 Specify first corner: Klik kiri atas pada layar Specify opposite corner or [Height/Justify/Line spacing/Rotation/Style/ Width]: Modul AutoCAD 2D 28 .

Mulai AutoCAD dengan membuat file gambar baru dengan cara mengklik tombol aplikasi (pojok kiri atas) kemudian klik tombol New untuk memunculkan flyout. meminta Anda untuk memilih template gambar untuk digunakan (seperti yang ditunjukkan di bawah ini): Modul AutoCAD 2D 29 . Anda akan melihat kotak dialog terbuka. klik pada Drawing. kemudian Klik OK Command: '_textscr Gambar Kotak Dialog Multiline Text Langkah-langkah mengerjakan latihan : 1.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Klik kanan bawah bidang yang akan ditulisi. Setelah Anda melihat flyout. Tulislah “Saya sedang belajar Multiline Text”.m. selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti pada gambar 1.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Klik template file "acad. setelah itu. ketik Z <ENTER> E <ENTER> ini akan memperbesar luas area gambar dan membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang Anda gambar (Catatan: setelah langkah ini. pada monitor tidak terlihat perubahan yang terjadi).dwt" kemudian tekan tombol Open untuk melanjutkan ke layar gambar. ketik 0.7 <enter>. Modul AutoCAD 2D 30 . Menentukan luas area gambar dengan cara : ketik limits <enter>.0 <enter> ketik 10. 2.

Elipse.Buatlah gambar berikut ini : 2. Hatch. Buatlah sebuah kusen dan pintu seperti gambar disamping ini. Multiline.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR c. Ukuran dan bentuk disesuaikan dengan gambar! Apabila ada hal yang kurang jelas segera tanyakan pada guru/instruktur diklat. Rectangle. Polygon. Polyline. Circle. d. dan Multiline Text. Tugas 1. Arc. Modul AutoCAD 2D 31 . Rangkuman Beberapa perintah dasar yang sering digunakan untuk menggambar obyek adalah Line.

Tes Formatif 1.5 6 40 6 6 10 60 80 10 6 11 15 Modul AutoCAD 2D 32 . Apakah fungsi dari perintah Arc? 8 24 10 10 17.5 15 11 8 4. Apakah fungsi dari perintah Line? 10 92 10 6 8 64 8 6 2.5 50 20 50 10 10 200 5 27. Apakah fungsi dari perintah Hatch? 5.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR e. Apakah fungsi dari perintah Multiline Text? 10 50 27. Apakah fungsi dari perintah Multline? 3.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR B. Tujuan Kegiatan Pemelajaran Setelah mempelajari kegiatan belajar 3. Menggunakan fungsi perintah pendukung pada AutoCAD Kriteria Kinerja : a. Memodifikasi gambar pada AutoCAD 2010 2. Contoh: Gambar pohon akan di copy ke sebelah kanan Command: Klik Copy Modul AutoCAD 2D 33 . Rencana Belajar Peserta Diklat Kompetensi : Juru Gambar 1. Erase: berfungsi untuk menghapus gambar obyek. 1. untuk mempercepat proses selesainya gambar yang Anda buat. Contoh : Gambar mobil pada gambar di bawah ini akan dihapus Command: Klik Erase Command: _erase Select objects: (Klik gambar mobil) 1 found Select objects:  Command: Sebelum gambar mobil dihapus mobil dihapus Menghapus Gambar Mobil Setelah gambar 2. diharapkan Anda dapat memodifikasi gambar pada AutoCAD 2010. Uraian Materi Memodifikasi gambar sangat diperlukan. b.2 Kegiatan Belajar 2: Modifikasi Gambar pada AutoCAD 2010 A. Copy: berfungsi untuk membuat duplikat gambar.

Contoh: Gambar kursi akan dicerminkan ke sebelah kanannya Command: Klik Mirror Command: _mirror Select objects: Klik gambar kursi yang akan dicerminkan 1 found Select objects:  Specify first point of mirror line: Klik K Specify second point of mirror line: Klik L (Titik K dan L merupakan garis cermin) Delete source objects? [Yes/No] <N>:  Command: Modul AutoCAD 2D 34 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: _copy Select objects: Klik gambar pohon 1 found Select objects:  Specify base point or displacement. Mirror: untuk mencerminkan gambar. or [Multiple]: Klik tempat yang akan dijadikan base point Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: Klik tempat gambar hasil copian Command:  Sebelum gambar pohon dicopy gambar pohon dicopy Setelah Gambar Mengcopy Gambar Pohon 3.

0000>: 10 Select object to offset or <exit>: Klik gambar 1 Specify point on side to offset: Klik sebelah atas gambar Select object to offset or <exit>:  Gambar 1 sebelum di offset offset ke sebelah atas Gambar 1 setelah di Gambar Membuat Garis Sejajar dengan Offset 5.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Gambar di Sebelah Kiri dicerminkan ke Kanan dengan Sumbu K-L Gambar Mencerminkan Gambar 4. Array: untuk membuat duplikasi gambar. sekaligus menyusun secara rectangular (baris dan kolom) atau polar (melingkar) Contoh : menggambar Array Rectangular 2 baris. 2 kolom Dengan objek yang di array sebuah persegi ukuran 1 x 1 Modul AutoCAD 2D 35 . Offset: untuk menggambar sejajar dengan garis asli Contoh: Command: Klik Offset Command: _offset Specify offset distance or [Through] <1.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Klik Array Maka tampilan Array adalah sebagai berikut : Klik pada pilihan icon Rectangular Array Pada Select objects : Pilih persegi A 1 found Select objects:  Pada Rows. dan jarak antar objek yang direncanakan 5 satuan. dan jarak antar objek yang direncanakan 5 satuan. maka pada Row Offset diisi : 6 Pada Column Offset diisi jarak antara objek ditambahkan dengan panjang pada horizontal. isi jumlah objek yang akan diperbanyak kearah horizontal <1>: 2 Pada Offset distance and direction : Pada Row Offset diisi jarak antara objek ditambahkan dengan panjang pada vertical. panjang objek adalah 1 satuan.Contoh. panjang objek adalah 1 satuan. isi jumlah objek yang akan diperbanyak kearah vertikal <1>: 2 Pada Columns . maka pada Column Offset diisi : 6 Command:  Modul AutoCAD 2D 36 .Contoh.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Objek sebelum rectangular array Objek setelah rectangular array Contoh menggambar Polar Array Objek yang di array adalah lingkaran dengan diameter 1 satuan dan garis dengan panjang 10 satuan Command: Klik Array Command: _array Klik pada pilihan icon Polar Array Modul AutoCAD 2D 37 .

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Pada found Select objects:  klik Pada Select objects : Pilih gambar : 1 Pada center point : pilih titik ujung dari garis lurus Pada akan dibuat : misalnya 12 Pada objek akan di array: misalnya 360 Modul AutoCAD 2D disi sesuai jumlah objek yang diisi sesuai berapa derajat 38 .

Move: untuk memindahkan gambar ke tempat lain Contoh: Command: Klik Move Command: _move Select objects: Klik gambar pohon 1 found Select objects:  Specify base point or displacement: Klik pohon Specify second point of displacement or <use first point as displacement>: Klik sebelah kanan gambar lampu Gambar Memindahkan Gambar Pohon ke Sebelah Kanan Lampu Modul AutoCAD 2D 39 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command:  Maka objek yang dihasilkan adalah sebagai berikut : Objek sebelum polar array Objek setelah polar array 6.

Contoh: Command: Klik Scale Command: _scale Select objects: Klik gambar sekrup 1 found Select objects:  Specify base point: Klik tengah-tengah gambar Specify scale factor or [Reference]: 2 Command:  Gambar Memperbesar Gambar Dua Kali Lipat dengan Scale 9.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 7. Stretch: mengulur gambar sesuai dengan yang diinginkan Contoh: Command: Klik Stretch Command: _stretch Modul AutoCAD 2D 40 . Scale: untuk memperbesar/memperkecil (merubah skala) gambar. Rotate: untuk memutar gambar Contoh: Command: Klik Rotate Command: _rotate Current positive angle in UCS: ANGDIR=counterclockwise ANGBASE=0 Select objects: Klik gambar A 1 found Select objects:  Specify base point: Klik ujung kiri bawah gambar Specify rotation angle or [Reference]: 45 Command: Gambar Empat Persegi Panjang yang diputar 45o dititik A 8.

Contoh: Gambar garis a yang panjangnya 110 unit akan diperpanjang sampai 200 unit.0000 Select an object or [DElta/Percent/Total/DYnamic]: T Specify total length or [Angle] <110.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Select objects to stretch by crossing-window or crossing-polygon. Lengthen: untuk memindahkan obyek atau memperpanjang/ memperpendek obyek.0000)>: 200 Select an object to change or [Undo]:  Command: Memperpanjang Garis A yang Semula 110 Unit menjadi Gambar B Panjang 200 Unit Modul AutoCAD 2D 41 . Command: Klik Lengthen Command: _lengthen Select an object or [DElta/Percent/Total/DYnamic]: Klik garis a Current length: 110. Select objects: Klik titik 1 Specify opposite corner: Klik titik 2 1 found Select objects:  Specify base point or displacement: Klik Titik A Specify second point of displacement: Klik titik B Command:  Sebelum gambar di Stretch titik A di Stretch ke titik B Setelah Menggeser titik A ke titik B dengan Stretch Gambar Menggunakan Perintah Stretch 10.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Gambar Menggunakan Perintah Lenghten 15. Select objects: Klik garis r 1 found Select objects:  Select object to extend or [Project/Edge/Undo]: Klik garis p Select object to extend or [Project/Edge/Undo]: Klik garis q Select object to extend or [Project/Edge/Undo]:  Modul AutoCAD 2D 42 . Contoh: Command: Klik Extend Command: _extend Current settings: Projection=UCS Edge=None Select boundary edges . Extend: untuk memperpanjang garis sampai bertemu garis tertentu. Trim: untuk memotong panjang garis yang berpotongan.. dengan Trim Command: Klik Trim Command: _trim Current settings: Projection=UCS Edge=None Select cutting edges: Klik garis pemotong m Select objects:  Select object to trim or [Project/Edge/Undo]: Klik garis k yang berada di sebelah kanan m Select object to trim or [Project/Edge/Undo]: Klik garis l yang berada di sebelah kanan m Select object to trim or [Project/Edge/Undo]:  Command: Garis k dan l sebelum dipotong garis m Garis k dan l setelah dipotong garis m Gambar Memotong Garis dengan Trim 12.. Contoh: garis k dan l dipotong garis m.

0000.0000 Select first line or [Polyline/Distance/Angle/Trim/Method]: Klik garis k Select second line: Klik garis l Modul AutoCAD 2D 43 . Dist2 = 30. Break: untuk memutus garis Contoh: Command: Klik Break Command: _break Select object: Klik titik A Specify second break point or [First point]: Klik titik B Command:  Sebelum diputus diputus Gambar Memutuskan Garis dengan Break Setelah 14. Contoh: Command: Klik Chamfer Command: _chamfer (TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 30. Chamfer: untuk membuat patahan dua garis.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Garis p dan q sebelum di perpanjang sampai garis r Garis p dan q setelah di perpanjang sampai garis r Gambar Memperpanjang Garis dengan Extend 13.

Explode: untuk memecah garis yang semula menyatu Contoh: Command: Klik Explode Command: _explode Select objects: Klik garis LM Select objects:  Modul AutoCAD 2D 1 found 44 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Garis k dan l sebelum di patahkan Garis k dan l setelah di patahkan Gambar Membuat patahan dua obyek garis 15.0000 Select first object or [Polyline/Radius/Trim]: Klik garis k Select second object: Klik garis l Command: Gambar Membulatkan Ujung Pertemuan Dua Garis dengan Radius Tertentu 16. Contoh: Command: Klik Fillet Command: _fillet Current settings: Mode = TRIM. Radius = 30. Fillet: untuk membuat lengkungan.

Trim. Chamfer. bila garis NM di klik nampak garis NM telah lepas dari ikatan dengan garis KL. Extend. Scale. Gambar Memecah Ikatan Perpotongan Garis c.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Command: Sebelum di Explode. M dan N terikat erat. Break. bila garis NM di Klik maka nampak pada titik K. Array. d. Rangkuman Untuk memodifikasi gambar terdapat 16 perintah yaitu Erase. Lenghten. L. Fillet. Copy. Tugas Modul AutoCAD 2D 45 . Move. Mirror. KN dan LM. dan Explode. Stretch. Setelah di Explode. Rotate. Offset.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Modul AutoCAD 2D 46 .

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Modul AutoCAD 2D 47 .

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Modul AutoCAD 2D 48 .

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR

B.3 Kegiatan Belajar 3: Fungsi Perintah pendukung(drafting Setting) pada AutoCAD 2010 a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran Setelah mempelajari kegiatan belajar 3, diharapkan Anda dapat: 1. Menggunakan fungsi perintah pendukung pada AutoCAD 2. Menggunakan fungsi tombol keyboard dalam AutoCAD.

b.

Uraian Materi Mengetahui perintah pendukung pada AutoCAD dapat digunakan untuk mempercepat proses selesainya gambar yang Anda buat. Perintahperintah tersebut tidak digunakan untuk membuat suatu gambar, namun untuk mempermudah dan mempercepat penempatan kursor pada waktu memulai menggambar suatu obyek. Perintah tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

1. SNAP SNAP adalah perintah untuk membatasi gerakan kursor pada interval tertentu, sehingga kursor hanya dapat bergerak pada setiap jarak yang Anda tentukan. Dengan SNAP Anda juga dapat merotasi grid snap. a) Snap spacing(jarak snap):

Modul AutoCAD 2D

49

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Pilihan ini dilakukan dengan memberikan nilai snap pada pertanyaan di atas. Misal Anda memasukan angka 5, kursor hanya akan bergerak setiap 5 unit. Anda tidak bisa menempatkan kursor pada koordinat 4 atau koordinat yang bukan kelipatan 5, baik untuk x dan untuk y. Agar lebih jelas Anda dapat mencobanya. b) On/off: Pilihan ini untuk mengaktifkan/mematikan snap tanpa mengubah nilai snap. Anda dapat juga menggunakan tombol F9, atau klik tombol SNAP pada baris status. c) Aspect: Pilihan ini digunakan jika Anda ingin memberikan interval snap yang berbeda antara arah horizontal (sumbu x) dan vertikal (y) Pilihan ini tidak tersedia jika style snap aktif adalah ISOMETRIK. Specify horizontal spacing <current>: tentukan jarak snap pada arah sumbu x Specify vertikal spacing <current>: tentukan jarak snap Pada arah sumbu y d) Rotate: Pilihan ini digunakan untuk menentukan titik basis/poros snap dan sudut rotasinya, relative terhadap UCS aktif. Anda dapat memberikan sudut antar -90 dan 90 derajat. Nilai positif akan memutar sumbu snap berlawanan jarum jam mengelilingi titik basis. Nilai negative merotasi dengan arah jarum jam. Specify base point <current> tentukan titik basis untuk snap specify rotation angle <current> tentukan sudut rotasi

2. GRID GRID adalah perintah untuk menghidupkan/mematikan titik-titik grid dalam viewport aktif dan mengaturnya jaraknya. Area yang diisi oleh titik-titik grid adalah sebesar limit aktif. Tujuan grid hanya semata-mata untuk referensi visual untuk

memprediksi jarak dan besar limit, sebagaimana pada buku millimeter

Modul AutoCAD 2D

50

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR

block. AutoCAD tidak akan mencetak grid dan juga tidak di anggapnya sebagai obyek a) Grid spacing (x): Pilihan ini digunakan untuk menentukan jarak grid dalam satuan unit. Memasukan nilai 5 artinya, titik grid akan muncul setiap 5 unit, baik secara horizontal dan vertikal. Menyertakan "X" dibelakang angka akan mengambil interval snap sebagai referensi jarak grid. Misalkan Anda memberi nilai 2X, maka jarak grid adalah dua kali dari jarak snapnya. b) On/off: Pilihan ini untuk menghidupkan/mematikan titik grid dan layer. Anda dapat juga mengklik tombol GRID pada baris status atau menekan tombol F7. c) Snap: Pilihan ini akan menghasilkan jarak grid sebesar jarak snap. Sama dengan Anda memberikan nilai 1X sebagai jarak grid. d) Asepct: Pilihan ini digunakan apabila Anda ingin membedakan antara jarak grid horizontal dan vertikal. AutoCAD akan menanyakan jarak horizontal (sumbu x) dan jarak vertikal (sumbu Y)

3. ORTHO ORTHO adalah perintah untuk menghidupkan/mematikan pembatas arah gerakan kursor, sejajar dengan sumbu X dan sumbu Y. Memilih ON akan memaksa garis yang Anda buat sejajar dengan sumbu X atau sumbu Y (tergantung gerakan kursor, apakah lebih dekat kearah vertikal atau horizontal). Memilih OFF akan mematikan pembatas arah tersebut. Anda dapat juga melakukannya dengan menekan tombol F8, atau klik tombol ORTHO di baris status.

4. OBJECT SNAP(OSNAP) Object Snap adalah perintah untuk menghidupkan/mematikan tanda simbol posisi titik tertentu pada gambar yang dapat membantu
Modul AutoCAD 2D

51

Jika Anda menekan tombol "Options" pada kotak dialog di atas. ketika crosshair menemukan ujung garis atau busur.menempatkan tepat pada pada obyek (dimana saja sepanjang objek) Paralel-Snaps menempatkan sejajar dengan garis tertentu M2P – menempatkan pada tengah-tengah antara 2 titik yang dipilih Catatan: setelah checkbox dicentang. simbol kotak kecil akan muncul). Modul AutoCAD 2D 52 . sesuaikan dengan warna background layar.mengunci baik diawal atau diakhir dari sebuah objek seperti garis Midpoint . Sejumlah icon di bawah ini merupakan Object Snap yang ada pada CAD. (contoh.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR penggambaran dengan CAD. simbol akan muncul di layar ketika crosshair menemukan titik snap yang valid.mengunci di 'node/titik' Quadrant . ini mungkin diperlukan.mengunci di salah satu dari empat kuadran lingkaran Intersesction .mengunci di tengah tepat dari garis atau busur Center . ICON SETTING ujung Titik tengah Pusat Node Kuadran Persimpangan Perpanjangan M2P ICON SETTING Penyisipan Point Tegak lurus Garis singgung Terdekat Semu Persimpangan Paralel Titik tengah antara 2 titik Anda dapat memilih modus mana yang Anda inginkan serta mengaktifkannya dengan cara mencentang checkbox nya. Berikut adalah keterangan singkat dari daftar pilihan modus yang terdapat dalam kotak dialog tersebut di atas: Endpoint .mengunci pada perpanjangan bayangan dari sebuah atau baris busur Insertion – mengunci di titik penyisipan obyek (seperti sebuah blok atau teks) Perpendicular – mengunci ke titik tegak lurus objek yang dipilih Tangent .mengunci pada titik singgung lingkaran atau busur Nearest . Anda dapat mengubah ukuran aperture dan warna Osnaps.mengunci di titik-pusat lingkaran atau busur Node .mengunci di titik di mana dua objek bersilangan Extension .

Anda dapat juga menghidupkan/mematikan otrack dengan mengklik tombol OTRACK pada baris status. 7. Untuk mengganti/memberi ketebalan garis/lineweight bisa lewat layer atau lewat lineweight properties. geser kembali mouse secara horizontal atau vertikal (sesuai keinginan) untuk menampilkan garis titik-titik yang menuntun kursor pada jalur horizontal/vertikal terhadap titik snap yang tertangkap tadi. Otrack berpengaruh hanya jika Anda mengaktifkan osnap. LWT (LINEWEIGHT) LWT untuk memperlihatkan ketebalan garis pada layer monitor/drawing area. DYNAMIC INPUT Dynamic Input Berfungsi sama dengan Command Line. 5. Dengan otrack. Tanpa mengklik pada obyek tersebut. kursor dapat berjalan sepanjang jalur yang ditentukan berdasarkan osnap tertentu. Lineweight (LW) adalah perintah untuk mengatur tebal garis suatu obyek saat dicetak. OTRACK OTRACK adalah mematikan/menghidupkan osnap tracking (OTRACK).MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Latihan penggunaan osnaps akan kita terapkan pada latihan-latihan penggunaan perintah-perintah gambar selanjutnya. sehingga osnap bekerja. Lineweight dapat diterapkan pada semua obyek AutoCAD. Modul AutoCAD 2D 53 . Gerakkanlah kursor melintasi obyek yang diinginkan. atau mengubah variabel sistem AUTOSNAP 6. yang membantu memberi petunjuk perintah apa yang dilakukan oleh CAD.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 8. jenis printer/plotter. MODEL MODEL adalah perintah untuk memindahkan ruang kerja dari model ke layout dan akan berubah menjadi mengembalikan ke model. AutoCAD tidak membatasi jumlah lapisan yang dibuat dalam suatu file. Dalam Layout ukuran gambar dalam keadaan skala cetak. dan teks-teks keterangan. dan sebagainya. Tab Layout adalah suatu lembar kerja yang mempresentasikan kertas cetakan. Namun di sini Anda tidak dapat menata kertas pencetakan sebagaimana pada paperspace. Modul AutoCAD 2D 54 . orientasi gambar (landscape atau portrait). lapisan untuk lantai. viewport-viewport. 9. lapisan untuk taman. Misalnya lapisan untuk menempatkan gambar dinding. Dengan Layout Anda dapat mengatur jenis ukuran kertas. lapisan untuk furniture. LAYER Layer adalah perintah untuk membuat lapisan dan mengatur propertinya. Yang dimaksud dengan lapisan di sini adalah lembaran tempat Anda menggambar. untuk Tab Model merupakan ruang model yang berfungsi untuk membuat model baik 2D dan 3D secara leluasa. dan Anda bebas menempatkan obyek di lapisan manapun yang telah Anda buat. dan berfungsi untuk mengelompokan gambar berdasarkan kategori tertentu. klik Tab Model. Sebuah layout dapat terdiri dari kop judul. paper.

lapisan baru bernama Layer1. gantilah nama lapisan tersebut dengan beberapa nama sekaligus yang masingmasing dipisahkan oleh koma. sehingga menyulitkan Anda mengedit bagian per bagian. Setiap koma yang Anda berikan akan dianggap sebagai lapisan baru. Anda dapat langsung mengetik nama yang Anda inginkan sebelum memulai proses lain. Untuk membuat beberapa lapisan baru. Sebelum Anda membuat Iapisan.  New Tombol ini digunakan untuk membuat lapisan baru. Lapisan 0 tidak dapat dihapus atau diganti namanya. Anda dapat mengklik tombol New beberapa kali dan mengganti nama lapisan. Modul AutoCAD 2D 55 . Nama lapisan boleh mencapai hingga 31 karakter. yaitu 0. bisa jadi gambar Anda sedemikian padat. tanpa spasi dan karakter khusus. khususnya jika Anda mempunyai gambar besar dan rumit.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Tahap membuat lapisan baru. Secara default. AutoCAD menyediakan satu lapisan.

Anda hanya dapat menghapus lapisan yang tidak memiliki suatu referensi yang termasuk lapisan yang memiliki referensi adalah lapisan 0. akan ditempatkan pada lapisan ini. lapisan yang sedang aktif. Gambar apapun yang Anda buat setelah itu.  Delete Menghapus definisi lapisan yang sedang dipilih dari daftar. dan lapisan Xref. Penghapusan lapisan juga dapat dilakukan dengan perintah PURGE yang dilakukan dari command line.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR  Current Mengaktifkan lapisan yang sedang dipilih dari daftar. lapisan DEFPOINTS.  Show/hide details Digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan informasi detail suatu lapisan. Details Berisi keterangan tambahan sebagai akses alternative. lapisan yang di dalamnya terdapat obyek. Membuat Layer Kontrol Layer Kontrol Warna Kontrol Linetype Kontrol Linetype Toolbar Object Properties Modul AutoCAD 2D 56 . untuk mengontrol properti-properti tambahan. Details Layer Properties Manager  12.

lalu klik lagi pada nama tersebut. Dalam keadaan mati. kliklah nama lapisan. Kotak Daftar Nama Lapisan Berikut adalah properti-properti yang ada dalam kotak daftar: a) Name Kolom ini merupakan nama-nama lapisan yang telah didefinisikan. Dalam keadaan On. icon lampu berwarna kuning. Untuk memilih semua. Namun demikian. tekanlah tombol Ctrl setiap kali memilih. atau tekan ctrl A. klik tombol kanan mouse. lalu pilihlah select All pada menu shortcut yang muncul. c) Freeze/Thaw in All Viewports Kolom ini untuk mernbekukan dan mencairkan lapisan secara global(semua viewport). Lapisan hidup akan diperlihatkan di layer dan dapat dicetak. Untuk memilih lebih dari satu nama lapisan. AotoCAD tetap akan memprosesnya saat regenerisi gambar. b) On/Off Kolom ini untuk mematikan dan menghidupkan lapisan. Lapisan yang beku tidak diperlihatkan di layer. dan ketiklah nama yang diinginkan.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR  Kotak Daftar Nama Lapisan Kotak ini memperlihatkan nama-nama lapisan yang telah didefinisikan beserta propertinya. Untuk mengganti nama. icon lampu berwarna abu-abu. tidak dapat dicetak. Lapisan yang mati tidak akan terlihat di layer dan tidak bisa dicetak. kliklah icon properti pada baris Iapisan. dan tidak ikut diproses saat Modul AutoCAD 2D 57 . Untuk mengubah properti suatu lapisan. atau Zoom dan Hide.

lalu klik OK. tetapi tidak ingin mengeditnya sama sekali. icon matahari berwarna kuning. lalu klik OK. Anda akan kembali ke kotak dialog Select Linetype. f) Linetype Kolom ini digunakan untuk mengubah tipe garis lapisan. e) Color Kolom ini digunakan untuk mengubah warna lapisan. Tipe garis akan diterapkan pada lapisan. g) Lineweight Modul AutoCAD 2D 58 .Kliklah icon warna pada nama lapisan yang diinginkan. hide. dan AutoCAD akan membuka kotak dialog Select Color yang berisi daftar warna. maupun rendering. gembok akan terbuka. Obyek dalam lapisan yang dikunci tidak dapat diedit. Pilihlah tipe garis yang ingin dimuat. Dalam keadaan Freeze. d) Lock/Unlock Kolom ini berfungsi untuk mengunci dan membuka kunci lapisan tanpa menyembunyikannya dari layer. Dalam keadaan locked (terkunci) gembok akan tertutup. Dalam keadaan Unlocked (terbuka). icon matahari berwarna abu-abu. Thraw akan menampilkan kembali lapisan di layer. Pilihan berguna jika Anda ingin menampilkan gambar. Dalam keadaan Thaw. zoom. AutoCAD akan membuka kotak dialog select linetype yang berisi daftar tipe garis yang telah dimuat ke dalam gambar. Kliklah tipe garis yang baru dimuat itu.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR regenerasi. Apabila tipe garis yang Anda inginkan belum tersedia dalam daftar. kliklah Load untuk membuka kotak dialog select linetype.

Kliklah kolom ini pada lapisan yang diinginkan.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR Kolom ini berfungsi untuk mengubah tebal garis suatu lapisan. dan segitiga. apakah suatu lapisan ikut dicetak atau tidak. Modul AutoCAD 2D 59 . obyek pada lapisan tidak akan dicetak meskipun diperlihatkan di layer. Langkah-langkah membuat layer: Dalam hal ini. Akan muncul kotak dialog Select Polt Style. h) Plot Style Kolom ini berfungsi untuk mengubah style pencetakan suatu lapisan. Untuk lengkungan. Setting ini tidak memberikan dampak pada lapisan yang beku (freeze) maupun lapisan yang mati (off). Pilihlah nama style pencetakan yang diinginkan. Tetapi sebelum membuat obyek Anda terlebih dahulu harus mensetting layer (lapisan) terlebih dahulu baru kemudian membuat obyek. Jika Anda mematikan pencetakan. kotak adalah Dashdot. baik dalam keadaan Plot maupun Don't plot. Kotak dialog Lineweight akan terbuka. i) PIot/Don't Plot Properti ini untuk mengontrol. kotak. Anda harus membuat tiga lapisan baru yaitu Lengkungan. tipe garisnya adalah hidden. dan segitiga adalah Center. Kliklah nama style pencetakan pada lapisan yang diinginkan. Lalu pilih tebal yang diinginkan. karena lapisan seperti itu tidak akan dicetak.

Saat ini. Pilihlah warna yang diinginkan (misalnya merah). Klik tulisan Continuous yang ada di baris Lengkungan. Ulangi lagi langkah nomer 3 di atas untuk membuat dua buah lapisan lagi. 4. Atau klik icon . yang tertera dalam kotak dialog hanyalah Continuous. sekarang kita akan mengatur tipe garis untuk lapisan Lengkungan. 6.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 1. 5. 8. Setelah itu. Kliklah tombol New satu kali. yaitu Kotak dan Segitiga. lalu klik OK. sehingga dalam kotak daftar tertera nama lapisan baru bernama Layer 1. sehingga mincul kotak dialog Select Color. 3. Akan muncul kotak dialog Layer managers. Ketik: Lengkungan pada Layer 1. Sehingga muncul kotak Select Linetype. masing-masing dengan warna yang Anda sukai (misal kuning dan biru). Ulangi langkah nomor 6 untuk mengatur warna lapisan Kotak dan Segitiga. Berikan perintah Layer atau klik format . AutoCAD akan menimpa nama Layer1 menjadi Lengkungan. kemudian klik Layer. sehingga akan muncul gambar berikut ini: Gambar Kotak Dialog Layer Properties Manager 2. Jika selesai. 7. kita akan mengatur warna setiap !apisan Kliklah tulisan White yang ada dibaris lapisan Lengkungan. Modul AutoCAD 2D 60 .

Berikut ini beberapa tombol fungsi dari AutoCAD. pilih line type Dashdot dan Center. Pilih kembali nama Hidden dan klik OK. Perintah dari prompt command : Help Command: Tekan F1 Modul AutoCAD 2D 61 . Klik continuous pada lapisan Lengkungan. Klik OK untuk menutup kotak dialog Layer manager. kemudian Select linetype. maka akan tersa manfaatnya. Apabila Anda sering menggunakannya. klik Load. 10.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 9. F1 Menampilkan Help atas perintah yang sedang berjalan. a. 11. Posisi tombol tersebut berada pada deretan paling atas. Ulangi 8-9 untuk lapisan Kotak dan Segitiga. carilah tipe garis Hidden setelah itu klik nama Hidden dan klik OK. Pada keyboard ada beberapa tombol yang dapat Anda pakai untuk mempermudah proses menggambar dengan program AutoCad. Setelah itu kembali ke Select line type.

F4  Calibrate Tablet sebelum dihidupkan Command: Tekan F4 CALibrate the TABLET before turning it ON <Tablet off> e. F2  Memasuki layar teks/layar grafis. Perintah dari prompt command: TEXTSCR/GRAPHSCR Command: Tekan F2 c. Perintah dari prompt command : ISOPLANE Command: Tekan F5 Command: <Isoplane Right> Command: <Isoplane Left> Command: <Isoplane Top> Command: <Isoplane Right>  Tekan F5  Tekan F5  Tekan F5 Modul AutoCAD 2D 62 . F5  Memindahkan sumbu isometric aktif. dan Right. yaitu berturut-turut Left. F3  Menghidupkan/mematikan Osnap Command: Tekan F3 Command: <Osnap on>  Tekan F3 Command: <Osnap off> d. Top.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR b.

Perintah dari prompt command : ORTHO Command: Tekan F8 Command: <Ortho on> Command: <Ortho off> F9  Menghidupkan/mematikan Snap. Perintah dari prompt command : GRID ON/OFF Command: Tekan F7 Command: <Grid on> Command: <Grid off> h. F6  Menghidupkan/mematikan koordinat pada baris status.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR f. Perintah dari prompt command : COORDS Command: Tekan F6 Command: <Coords on> Command: <Coords off> Command: <Coords on> g. F8  Menghidupkan/mematikan ortho. j. F10 Menghidupkan/mematikan menu Polar Perintah dari prompt command : Polar ON/OFF Command: Tekan F10 Command: <Polar on> Command: <Polar off>  Tekan F10 Modul AutoCAD 2D 63 . Perintah dari prompt command : SNAP ON/OFF Command: Tekan F9 Command: <Snap on> Command: <Snap off>  Tekan F9  Tekan F8  Tekan F7  Tekan F6  Tekan F6 i. F7  Menghidupkan/mematikan Grid di layar.

Pada keyboard ada 10 fungsi perintah yang dapat digunakan dalam program AutoCAd yaitu: F1. F7. F3. LWT. Rangkuman Beberapa perintah pendukung pada AutoCAD adalah SNAP. Apakah fungsi tombol F7? 6. ORTHO. Gambar tersebut sama dengan gambar soal pada kegiatan belajar 2 dan 3! e. F4. Apakah pengertian Grid? 3. dan MODEL. F9. F8. Apakah fungsi tombol 3? 4. Grid. Tes Formatif 1. dan fungsi tombol F1–F10 pada gambar yang Anda buat.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR c. Apakah fungsi tombol F9? Modul AutoCAD 2D 64 . d. F6. OTRACK. Dari beberapa perintah diatas adalah untuk mempercepat proses menggambar dengan program AutoCAD 2002. Apakah fungsi tombol F6? 5. DYN. Apakah fungsi tombol F8? 7. Tugas Aplikasikan kegunaan Snap. Apakah pengertian Snap? 2. OSNAP. F2. GRID. dan F10. F5. Ortho.

Apakah fungsi dari perintah Copy? 3. Tes Praktik Gambarlah soal berikut ini sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan! TEMBOK 1/2 BATU TRASRAM SLOOF 20/20 MUKA TANAH LANTAI TEGEL PASIR URUG TANAH DIPADATKAN 90 60° BATU KALI TANPA SPESI 90 100 110 100 Modul AutoCAD 2D 65 . Tes Tertulis Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas! 1. Apakah fungsi dari perintah Move? 6. Apakah fungsi dari perintah Scale? 8. Apakah fungsi dari perintah Offset? 5. III EVALUASI A. Apakah fungsi dari perintah Mirror? 4. Apakah fungsi dari perintah Trim? 9. Apakah fungsi dari perintah Extend? 10. Apakah fungsi dari perintah Rotate? 7.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR BAB. Apakah fungsi dari perintah Erase? 2. Apakah fungsi dari perintah Explode? B.

MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR BALOK PENGGANTUNG 8 12 BALOK PENYOKONG 8 12 12 BEGEL U BALOK PENYOKONG 8/12 BEGEL PELAT 10 MURBAUT BALOK KUNCI 8 12 BALOK DATAR 8 12 20 30 DETIL D Modul AutoCAD 2D 12 66 .

00 9.TAMU R. 2.00 R.50 TERAS 1.TIDUR 0. 9.50 3.00 R. Kunci Jawaban 1. Berfungsi untuk menggambar sejajar dengan garis asli. Modul AutoCAD 2D 67 .00 2. Berfungsi untuk menghapus obyek/gambar. Berfungsi untuk mencerminkan gambar.00 3. 5.00 3. Berfungsi untuk memindahkan gambar ke tempat lain. Berfungsi untuk memecah garis yang semula menyatu.80 2. Berfungsi untuk memotong panjang garis yang berpotongan. 4. Berfungsi untuk memperpanjang garis sampai bertemu garis tertentu.00 DENAH SKALA 1 : 100 C.00 3.50 3. Berfungsi untuk membesar/memperkecil gambar.TIDUR R.00 KM/WC GUDANG 2. 6. Berfungsi untuk memutar gambar.MAKAN 8. 8. 7. 3. Berfungsi untuk membuat duplikat gambar.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR 0. 10.TIDUR R.KELUARGA DAPUR 1.00 R.00 1.

1. Kualitas Produk Kerja 3.1. Ketelitian 4. Lembar Penilaian Tes Praktik Nama Peserta No. Inisiatif 4.3. Induk Program Keahlian Nama Jenis Pekerjaan : : : : PEDOMAN PENILAIAN No. 3 2 3 5 10 10 20 25 10 25 60 2 2 2 2 2 10 3 2 5 100 Skor Keterangan Perolehan 4 5 Modul AutoCAD 2D 68 . Variasi garis 3. 2 Persiapan 1. Sikap/Etos Kerja 4. Cara membuat gambar 2. Hasil gambar Sub total IV.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR D. Aspek Penilaian 1 I. Penggunaan alat 4.1.2. Menghidupkan Komputer Sub total II.3.2. Ketepatan ukuran 3.1.1.2.2.5. Langkah kerja Sub total III. Persiapan Pra Pelayanan Komputer 1. Membersihkan tempat Sub total Total Langkah Skor Maks. Mematikan Komputer 5. Mematikan dengan cara yang benar 5. Tanggung jawab 4.4. Proses (Sistematika & Kerja) 2. Kemandirian Sub total V.2.

terarah.2.1. terarah. Cara membuat gambar  Cara membuat gambar sesuai prosedur  Cara membuat gambar tidak sesuai prosedur 2.  Langkah kerja tidak pedoman.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR KRITERIA PENILAIAN No. dan sistematis. I. Ketepatan ukuran 3. Hasil gambar Modul AutoCAD 2D 69 . Aspek Penilaian Kriteria Penilaian Skor 2 1 3 1 Persiapan 1. Menghidupkan Komputer  Dapat menghidupkan komputer sesuai prosedur  Dapat menghidupkan komputer tidak sesuai prosedur Proses (Sistematika & Langkah Kerja) 2.1. Variasi garis  Ketepatan ukuran sesuai  Ketetapatan ukuran tidak sesuai  Ada berbagai macam variasi garis  Tidak ada macam variasi garis  Hasil gambar sesuai dengan soal  Hasil gambar tidak sesuai dengan soal II.3.2. dan sistematis. 25 5 10 5 25 5 3.1.2. Langkah kerja  Langkah kerja sesuai pedoman. Kualitas Produk Kerja 3. Persiapan Pra Pelayanan  Pra Pelayanan Komputer Komputer disiapkan sesuai kebutuhan  Pra Pelayanan Komputer disiapkan sesuai kebutuhan 1. 10 2 10 2 III.

3. Sikap/Etos Kerja 4.4.1. Penggunaan Alat 4.1. Ketelitian 4. Inisiatif 4.2. Mematikan Komputer 5.2. Membersihkan tempat Modul AutoCAD 2D 70 .MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR IV. Kemandirian  Menggunakan alat dengan benar dan sesuai fungsinya  Tidak menggunakan alat dengan benar dan sesuai fungsinya  Bertanggung jawab dengan alat dan bahan yang dipergunakan  Tidak bertanggung jawab dengan alat dan bahan yang dipergunakan  Tidak banyak melakukan kesalahan kerja  Banyak melakukan kesalahan kerja  Memiliki inisiatif bekerja  Kurang/tidak memiliki inisiatif kerja  Bekerja tanpa banyak diperintah  Bekerja dengan sedikit diperintah  Bekerja dengan banyak diperintah  Mematikan komputer dengan cara yang benar  Mematikan komputer tidak dengan cara yang benar  Membersihkan tempat setelah selesai mengerjakan  Membersihkan tempat setelah selesai mengerjakan 2 0 2 0 2 1 2 1 2 1 0 V. Tanggung jawab 4.5. Mematikan komputer 3 1 2 0 5.

maka Anda berhak untuk melanjutkan ke topik/modul berikutnya. Modul AutoCAD 2D 71 . Mintalah pada pengajar/instruktur untuk melakukan uji kompetensi dengan sistem penilaiannya dilakukan langsung apabila Anda telah menyelesaikan suatu kompetensi tertentu. maka Anda berhak untuk mengikuti tes praktik untuk menguji kompetensi yang telah dipelajari. IV PENUTUP Setelah menyelesaikan modul ini. Kemudian selanjutnya hasil tersebut dapat dijadikan sebagai penentu standard pemenuhan kompetensi tertentu dan bila memenuhi syarat Anda berhak mendapatkan sertifikat kompetensi. Dan apabila Anda dinyatakan memenuhi syarat kelulusan dari hasil evalusi dalam modul ini. Atau apabila Anda telah menyelesaikan seluruh evaluasi dari setiap modul. maka hasil yang berupa nilai dari instruktur atau berupa porto folio dapat dijadikan sebagai bahan verifikasi.MODUL DIKLAT CAD CIVIL DASAR BAB.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful