P. 1
BAB III

BAB III

|Views: 1|Likes:

More info:

Published by: Achmad Uswat Thahara Tahrir on Jan 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2014

pdf

text

original

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Lokasi Dan Waktu Penelitian Untuk melakukan analisis dan mendapatkan data berdasarkan latar belakang masalah yang diajukan maka penulis melakukan penelitian pada CV. Idrusindo yang berlokasi di jalan Cendrawasih V No. 30 A telpon 0411859760. Penelitian ini dilaksanakan dimulai bulan Mei 2012 sampai Juli 2012.

3.2

Teknik Pengumpulan data Pada kegiatan penelitian ini, menggunakan beberapa metode yang

dijadikan sebagai cara pengumpulan data yang dibutuhkan, yaitu : a. Metode Observasi Observasi adalah mengamati secara langsung pelaksanaan kegiatan yang terjadi di CV. Idrusindo dan wawancara kepada pemilik dan karyawan. Yaitu dengan mengamati proses pengolahan data persediaan pada CV. Idrusindo dengan mendatangi secara langsung. b. Metode Wawancara Wawancara adalah bertanya langsung kepada pemilik dan karyawan yang berhubungan dengan penulisan ini serta data tertulis yang diperoleh dari perusahaan tersebut. Yaitu dengan memberikan pertanyaan kepada karyawan dan pimpinan untuk mengetahui sistem pengolahan data persediaan barang yang berjalan pada CV. Idrusindo.

20

21 c. Metode Pustaka Penelitian ini dilakukan guna mencari referensi yang berhubungan dengan apa yang didapatkan dilapangan dan yang akan menjadi pengembangan selanjutnya demi kelancaran suatu penelitian. Yaitu dengan membaca bukubuku yang berkaitan dengan penulisan.

3.3 3.3.1

Alat dan Bahan Penelitian Alat Penelitian

3.3.1.1 Software 1. Microsoft Visual Basic 6 merupakan program yang telah dilengkapi dengan ratus pernyataan, fungsi dan kata kunci ysang langsung berkaitan langsung dengan GUI (Craphical User Onterface) 2. MySQL merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL. 3. Crystal Report merupakan program khusus untuk membuat laporan yang terpisah dengan program Microsoft Visual Basic 6.0 3.3.1.2 Hardware Hardware yang digunakan adalah Komputer atau Laptop 3.3.1.3 Sistem Operasi Sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP atau Windows 7 3.3.1.4 Alat Desain Sistem 1. Bagan Alir Dokumen 2. Kamus Data

22 3.3.2 Bahan Penelitian Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1. Produk yang di jual CV. Idrusindo 2. Laporan penjualan dan persediaan 3.4 Tahap Penelitian Tahap penelitian yang di rancang dalam penelitian adalah sebagai berikut : 1. Survei/Observasi : mengumpulkan informasi yang dilakukan secara langsung ke tempat penelitian atau melalui studi literatur. 2. Pengumpulan data, merupakan kegiatan penggunaan metode dan intrumen yang telah di tentukan dan diuji validitas dan reabilitasnya untuk mencari informasi atau kondisi lokasi penelitian. 3. Analisis sistem, analisa yang dilakukan untuk menentukan input dan output yang diinginkan berdasarkan data yang diperoleh.

4. Perancangan sistem, merupakan strategi untuk memecahkan masalah dan
mengembangkan solusi terbaik bagi permasalahan.

5. Pengujian system, proses yang dilakukan pada sistem untuk memeriksa
dan mengevaluasi validitas sistem dengan persyaratan yang berbeda serta mendeteksi kesalahan sistem secara keseluruhan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->