LAPORAN PROYEK FISIKA

KAMERA LUBANG JARUM (PINHOLE)

DISUSUN OLEH :  CLARA SINTA PAWESTRI  DITA CHAIRUNNISA  DWIKA DYAH MAHARANI  PUTRI MAYSURA NINGTYAS  SITI MUNAWAROH

1

Tujuan ……….. 4 B. 8 B.……………………………. Landasan teori ……………………………………………. Hasil ……………………………………………………………………………………………. Latar belakang …………………………………………………………………………. 9 A.……………………… 1 2) Daftar isi …………………………………………………………………………………………. 3 B.KELAS TUGAS Daftar Isi : : XI IPA 2 : FISIKA hal 1) Cover ……………………………………………………………………….2 3) Pendahuluan …………………………………………………………………………………….. 8 C.………………………………………………………………………………. Daftar pustaka ………………………………………………………………………….……………………………………………….………………… 9 B. Alat dan bahan …………………………………………………………………………. 3 4) Metodologi ……………………………………………………………………………………… 4 A. Cara kerja …………………………………. 8 A. 9 2 . Cara membuat …………………………………………………………………………… 5 5) Pembahasan ……………………………………………………………………………………. Kesimpulan ………………………………………………………………. 3 C. 3 A. Kekurangan ………………………………………………………………………………… 8 6) Penutup …………………………………………………………………………………………….

akan dibiaskan oleh lensa dan bayangannya tepat jatuh pada permukaan film. Engan begitu kita tidak perlu repot-repot ke photo stuio lagi hanya sekedar untuk berfoto. 3 . Cahaya yang datang dari benda yang akan difoto atau di ambil gambarnya.1. intenitas cahaya diatur terlebih dahulu oleh celah diafragma. LANDASAN TEORI Konsep fisika yang kai gunakan sebagai landasan teori untuk membuat proyek ini adalah konsep optika yeng memanfaatkan sifat mata yang digunakan dalam pembuatan kamera. Namun sebelum terbentuk bayangan di film. Struktur sebuah kamera sederhana sangat mirip dengan mata. Namun semua itu. Iphone . B. hingga ke tablet PC semuanya memberikan fasilitas kamera. LATAR BELAKANG Alasan kami memilih proyek ini adalah karena dunia fotografi sedang marak diperbincangkan keberaaannya . yaitu terdiri dari sebuah lensa cembung seperti lensa mata dalam mata. Karena itulah. kami berusaha untuk menciptakan sebuah kamera yang harganya relatif terjangkau agar tidak hanya kalangan tertentu saja yang memunyai kamera tersebut. Derajat gelapnya gambar akan ditentukan oleh besarnya celah diafragma. TUJUAN Tujuan kami membuat proyek ini adalah untuk menghasilkan sebuah kamera yang pada umumnya berharga relatif mahal menjadi sebuah benda yang memungkinkan dimiliki oleh semua kalangan tak terkecuali kalangan menengah kebawah. handphone . Selain itu kami juga ingin mengetahui bagaimana kalau konsep fisika benar benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya optik. hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu karena harganya relatif mahal. PSP . Serta membuktikan bahwa sebuah benda yang menurut kebanyakan orang lumayan berharga dan berharga cukup tinggi dapat dibuat oleh bahan bahan yang sangat sederhana dan mudah didapatkan. C. mulai dari kamera itu sendiri. PENDAHULUAN A.

terbalik dan diperkecil. e. METODOLOGI A.bisa coca cola solasi kabel roll film. f.Bayangan yang terbentuk pada kamera yaitu nyata. ALAT DAN BAHAN a. 2. c. kotak korek api kaleng minuman bekas. g. b.(yang baru) Roll film bekas/kosong spiral untuk menjilid buku jarum gunting spidol hitam 4 . i. h. d.

kira-kira agak kecil dari kotak korek api. 2) Buat juga lubang segi 4 di pembungkus kotak korek api 3) Kemudian gunting kaleng minuman tadi.melobanginya cukup kecil saja yang penting berlubang 5 .B.4cm) lalu warnai dengan warna hitam. CARA MEMBUAT 1) Buatlah frame di bagian dalam korek api.(lebar lobang cukup framenya 2.lalu lubangi dengan jarum tepat di bagian tengah.

(yang baru). 6) Gunakan spiral untuk membuat penanda klik. 5) Lalu bikin shutter. lalu tempel di ujung roll film.gunanya untuk membuka tutup lubang jarum di kotak korek api.4) Tempelkan potongan kaleng tadi dengan bungkus kotak korek api lalu di isolasi lihat gambar . 6 .

7) Ukur terlebih dahulu 2. Misalnya ada 7 lubang.4 itu ada berapa lubang di filmnya. 9) Lalu satukan ujung film yang baru dengan sisa ujung roll film bekas/kosong dengan isolasi lihat gambar: 10) Masukan bagian dalam korek api seperti gambar di bawah 7 .maka akan terdengar 7x bunyi klik 8) Setelah itu masukkan filmnya kedalam kotak korek api yang telah di buat tadi.

usahakan isolasi dengan sangat rapat agar tidak ada cahaya yang masuk kedalam kotak.11) Setelah itu isolasi setiap bagian ujung-ujungnya. winder gunanya untuk memutar film.. 12) Buat winder dengan pembuka tutup kaleng. 8 . 13) Dan hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah ini.

untuk cahaya terang atau outdoor cukup buka shutternya kurang lebih 3-5 detik Lalu tutup.tapi shutter harus dalam kondisi tertutup. Untuk menggunakan di malam hari lumayan lama 10-30 menit. KEKURANGAN Kekurangan dari kamera ini adalah kita tidak mengetahui apakah gambar tersebut sudah terambil atau belum karena tidak ada ertanda 9 . Begitu seterusnya. C.jarak lobang dari film dan banyak lagi faktor yang mempengaruhi hasil gambar.Untuk cahaya sedang 10-15 detik lalu tutup.besar ukuran lubang.3. Saat mengambil gambar usahakan untuk tidak goyang agar hasilnya maksimal. B. Waktu dalam pengambilan gambar tergantung dari kondisi cahaya yang masuk. CARA KERJA Cara mengunakannya cukup membuka shutter lalu diamkan beberapa saat. Semua tergantung dari cahaya. Lalu kalau ingin mengambil gambar lagi cukup memutar saja rollnya. PEMBAHASAN A.terkadang bisa sampai 1 jam. HASIL Kami dapat memmbuat sebuah kamera sederhana yang pada jaman dahulu merupakan cikal bakal dari berbagai macam kamera yang sudah sangat canggih dengan memanfaatkan konse fisika otika yaitu mata yang sifatnya sama dengan kaera yaitu nyata terbalik diperkecil.

wawan-junaidi.blogsp ot.com%2F2010%2F10%2Fkamera-lubang10 . Kamera Lubang Jarum: LOUIS DAGUERRE 4. Kita hanya bisa emperkirakan gambar tersebut sudah terambil atau belum dengan cara memperkirakan waktu misalnya sekitar 3-5 detik disiang hari dan 10-30 menit dimalam hari. DAFTAR PUSTAKA 1. 4.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd =2&cad=rja&ved=0CCIQFjAB&url=http%3A%2F%2Feflianda.blogspot. Karena itu semua tergantung pada cahaya yang asuk kedalam lubang jarum kamera.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd =2&cad=rja&ved=0CCEQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwawanjunaidi.google.co. Dan juga kita tidak bisa mengatur fokus dengan menggunakan kamera pinhole ini.google.com 3. KESIMPULAN Kesimpulan yang kami dapat dari tugas proyek kali ini bahwa konsep fisika ternyata memang benar benar diterapkan dalan kehidupan sehari hari dan sangat bermanfaat untuk memperudah manusia dalam melangsungkan kehidupannya.com%2F2012%2F06%2Fcara-membuat-kamera-lubang-jarumatau. PENUTUP A.co.blogspot.html&ei=_lKjUIOVFovirAe9jICADg&usg=AFQjCNEEUE3H6l6q ziErY0Q8zN9yIA1Rvw 2. http://www. B.seperti blitz dan sebagainya. Dan ternyata barang mahal seperti kamera dapat dibuat denngan cara yang mudah dan sederhana tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal walaupun tetap dengan beberapa kekurangan. http://www.

http://www.co.google.com%2Fmsg00244.google. http://www.html&ei=a lejUI_bNIXnrAff_oHYBw&usg=AFQjCNH7NG43C8F7pwIlmJQpJ AKZ-cplcQ 11 .com%2F2009%2F12%2Flouisdaguerre.html&ei=alejUI_bNIXnrAff_oHYBw&usg=AFQjCNEXhqF UWMLOEHYQBa2EG-HDTar3yg 6.html&ei=alejUI_bNIXnrAff_oHYBw&usg=AFQjCNGiv1YR_Bquj6s3DD3hAy_n-voew 5.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd =3&cad=rja&ved=0CCoQFjAC&url=http%3A%2F%2Fkameralubangja rum.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd =4&cad=rja&ved=0CDEQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwww.mailarchive.blogspot.jarum.co.com%2Flensa%40yahoogroups.