P. 1
Tugas Softskill 5 Januari 2013

Tugas Softskill 5 Januari 2013

|Views: 17|Likes:
Published by Lukman Hakim

More info:

Published by: Lukman Hakim on Jan 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2013

pdf

text

original

TUGAS SOFTSKILL TEORI ORGANISASI UMUM# Dosen : Anisah

Nama Kelas NPM

: : :

Lukman Hakim 2 KA 40 14111146

UNIVERSITAS GUNADARMA FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI JURUSAN SISTEM INFORMASI PTA 2012/2013

PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. Operator Telekomunikasi, Innformasi, Media, Edutainment dan Services (TIMES)

Produk yang dihasilkan 1. Telecomunication Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis

perusahaan,Telkom melayani sambungan telpon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service,telepon nirkabel tidak bergerak,layanan komunikasi

data,broadband,satelit,penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon selular yang dilayani oleh anak perusahaan telkomsel. 2. Information Layanan informasimerupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economic Business.Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegerasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services dan Managed Application/IT outsourching,e-payment dan IT enabler Services.

3. Edutainment Edutainment menjadi salsh satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda.Telkom menawarkan beragam layanan diantaranya RBT,SMS Content, portal dll. Secara umum job description adalah seperti ini : STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

DIREKSI

DIREKTUR UTAMA

DIREKTUR KEUANGAN

DIREKTUR PERSONALIA

DIREKTUR

MANAGER

MANAGER PERSONALIA

MANAGER PEMASARAN

MANAGER PABRIK

ADM. & GUDANG

DIVISI

DIVISI

DIVISI

DIVISI

DIVISI

1. DEWAN DIREKSI Dewan direksi terdiri dari satu orang direktur utama, tiga orang wakil direktur utama dan enam orang direktur. Tugas utama dari direksi : a. Menentukan usaha sebagai pimpinan umum dalam mengelola perusahaan. b. Memegang kekuasaan secara penuh dan bertanggung jawab terhadap pengembangan perusahaan secara keseluruhan. c. Menentukan kebijakan yang dilaksanakan perusahaan, melakukan penjadwalan seluruh kegiatan perusahaan. Tanggung jawab dari direksi : Untuk mengelola usaha perseroan sesuai anggaran dasar. Secara formal direksi mengadakan tiga kali rapat direksi untuk mengevaluasi kinerja operasional dan keuangan perseroan, serta meninjau strategi dan hal-hal penting lainnya. Selain itu beberapa pertemuan informal juga dilaksanakan untuk membahas dan menyetujui hal- hal yang membutuhkan perhatian segera. 2. DIREKTUR UTAMA Tugas utama dari direktur utama : a. Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretarian. b. Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan. c. Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan rekening penggunaan air dari langganan. d. Mengkoordinasikan perlengkapan. e. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dewan direksi. f. Dalam melaksanakan tugas-tugas, direktur umum bertanggung jawab kepada dewan direksi. g. Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif. dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatan

h. Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya bekerja sama dengan MD atau CEO ). i. Memimpin rapat umum, dalam hal untuk memastikan pelaksanaan tata tertib, keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat, mengarahkan diskusi kea rah consensus, menjalankan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan. j. Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar. k. Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan subkomite, sehingga tercapai keselarasan dan efektifitas. l. Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh BOD atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan dalam meeting-meeting BOD. m. Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai standar etika dan hukum, sehingga refrensi dalam ( apapun satandar dokumen kebijakan direktur yang mungkin anda gunakan ).

3. DIREKTUR Tugas utama dari direktur : a. Menetapkan prosedur perusahaan ditiap-tiap manager untuk mencapai sasaran yang ditetapkan perusahaan. b. Menetapkan tujuan dari tiap-tiap manager yang ada. c. Mengawasi dan mengkoordinir kegiatan-kegiatan dari manager secara periodic dan pertanggungjawabannya. d. Mengadakan pengangkatan, mutasi dan pemberhentian karyawan beserta gajinya. e. Menetapkan kebijakan operasional perusahaan untuk jangka pendek. f. Sebagai pimpinan dari perusahaan.

4. DIREKTUR KEUANGAN Tugas utama dari direktur keuangan : a. Direktur keuangan dapat membentuk organ setingkat dibawahnya yang jumlahnya ditetapkan dengan persetujuan dewan direksi. b. Mengawasi operasional mengenai keuangan perusahaan. c. Melakukan pengecekan lapangan mengenai bagian keuangan.

d. Meminta pertanggungjawaban dari tiap-tiap bagian yang ada dibawahnya. e. Mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada mengenai bagian keuangan. f. Menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci tentang keuangan. g. Menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk menjamin tidak adanya kebocoran dalam bagian keuangan.

5. DIREKTUR PERSONALIA Tugas utama direktur personalia : a. Mengembangkan sistem perencanaan personalia dan pengendalian kebijakan pegawai. b. Melaksanakan kebutuhan administrasi dan kepegawaian. c. Membina pengembangan staff administrasi.

6. MANAGER Tugas utama dari manager : Tugas utama seorang manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variable ( karakteristik, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya ) ke dalam suatu tujuan organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian. Adapun mekanisme yang diperlukan untuk menyatukan variable diatas adalah sebagi berikut : a. Pengarahan (direction ) yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi dan lain-lain. b. Rancangan organisasi dan pekerjaan. c. Seleksi, pelatihan, penilaian, dan pengembangan. d. Sistem komunikasi dan pengendalian. e. Sistem reward.

7. MANAGER PERSONALIA Tugas utama dari manager personalia : a. Membuat pengorganisasian, perencanaan program dan pengendalian unit personalia. b. Membuat flow process administrasi seluruh kegiatan personalia.

c. Sistem penyediaan data karyawan, surat-surat serta form administrasi kegiatan personalia. d. Membuat dan memastikan sistem dokumentasinya efektif. e. Membuat sistem pelaporan seluruh kegiatan personalia.

8. MANAGER PEMASARAN Tugas utama dari manager pemasaran : a. Menetapkan prosedur operasional informasi yang lebih efisien. b. Melaporkan hasil kerja kepada direktur secra berkala. c. Bertanggung jawab penuh tentang fungsi dan tugas sebagai kepala bagian pemasaran secara berkala kepada direktur.

9. MANAGER PABRIK Tugas utama dari manager pabrik : a. Berkaitan kepada direktur Bertanggung jawab kepada direktur perusahaan langsung. Melakukan konsultasi berkala agar tercapai keselarasan pelaksanaan tugas.

b. Berkaitan dengan produksi Bersama-sama dengan bagian lain untuk mengantisipasi dan mengatasi berbagai persoalan produksi. Mengarahkan setiap bagian yang ditunjuk oleh direktur perusahaan. Bersama-sama dengan supervisor menangani masalah pabrik. Manager pabrik membawahi PPC, produksi, pembelian, dan gudang bahan baku.

10. ADM & GUDANG Tugas utama dari Adm & Gudang : Bagian ini akan mengecek semua administrasi dan transaksi berhubungan dengan jalannya perusahaan. Bagian ini terdiri dari CMT, Accounting dan kasir. a. CMT bertugas untuk mengurus hal-hal berkaitan dengan pihak outsourcing. b. Accounting bertugas untuk melakukan pembukuan transaksi yang terjadi. c. Kasir bertugas untuk membuat laporan penerimaan dan pengeluaran uang harian.

11. DIVISI REGIONAL Tugas utama dari divisi regional : a. Mengelola asset untuk menjalankan bisnis secara benar sesuai arah perusahaan. b. Menyepakati target kinerja dengan direksi. c. Beroperasi sebagai badan usaha yang memberi keuntungan kepada pemilik modal. d. Menjalankan kebijakan dan prosedur baku yang ditetapkan oleh kantor pusat. e. Menciptakan dan meningkatkan nilai tambah perusahaan bagi pemilik modal, calon penanam modal dan pemangku kepentingan.

REKRUITMENT 1. PERENCANAAN Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja (preparation and selection) a. Persiapan, dalam persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan /forecast akan pekerjaan yang lowong,jumlahnya,waktunya, dll. Ada 2 faktor persiapan yaitu factor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru,struktur organisasi, departemen yang ada dan factor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasca tenaga kerja dll. 2. REKRUTMENT & SELEKSI a. Rekrutment tenaga kerja adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manager, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM organisasi atau perusahaan.Dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan/job deskripsi dan juga spesifikasi pekerjaan/job specification. b. Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada.

3. PELATIHAN, PENGEMBANGAN & PENILAIAN PRESTASI a. Pengembangan dan evaluasi karyawan.Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli dibidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja kerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi. b. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai. Kompensasi adalah imbalan atau kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontibusinya dapat maksimal dari waktu ke waktu. 4. PROMOSI, PEMINDAHAN & PEMISAHAN a. Promosi adalah sebuah jenis transfer yang meliputi penugasan kembali seorang pegawai pada sebuah posisi yang kemungkinan besar diberikan pembayaran yang lebih tinggi dan tanggung jawab, hak dan kesempatan yang lebih besar. b. Pemisahan/pemberhentian adalah perpindahan sementara atau tidak definitive seorang pegawai dari daftar gaji. c. Pengunduran diri adalah pemisahan pegawai yang telah menyelesaikan masa kerja maksimalnya dari organisasi atau umumnya dikenal dengan istilah pensiun.

Referensi : Priyangga-rizki.blogspot.com/2012/04/struktur-organisasi-perusahaan.html. www.telkom.co.id/info-perusahaan/telkom/index.html?lid=id www.miswans.com/merekrut-dan mengelola-karyawan.html. id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->