RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Nama Sekolah Bidang Studi Kelas/ Semester Pertemuan KeWaktu : SMK AL-HIDAYAH 1 : Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran) : X (Sepuluh) AP-1 / 1 (satu) : 11 dan 12 : 3 jam pelajaran

Pertemuan 1 Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1 x 40 menit (1 jam pelajaran) : : :

”Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi”. ”Menerima dan menyampaikan informasi”. ”Menangani penerimaan informasi. A. Materi Pembelajaran ”Menangani penerimaan informasi. B. Tujuan Pembelajaran ”Peserta didik dapat menangani penerimaan informasi”. C. Metode Pembelajaran 1. Ceramah, 2. Tanya jawab. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan Guru mengatur penataan kerapihan kelas.

1

Siswa mendiskusikan cara menangani penerimaan informasi.Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan cara penerimaan informasi. Konsolidasi Pembelajaran . . b. Eksplorasi . F. dibahas. Namun.Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan yang disampaikan guru. hamdalah. E. Memulai pelajaran dengan menyampaikan tema materi terlebih dahulu.- Guru memberi salam dan memimpin pembacaan doa. 3. 2. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa.Guru menggarisbawahi tentang pentingnya memahami cara menangani penerimaan informasi. guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai 2 . berikut. dan Kegiatan Akhir Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan Guru memberikan kesimpulan akhir mengenai materi yang telah materi yang telah diberikan. Guru memeriksa daftar absensi siswa. tidak semua orang terampil dalam melakukan komunikasi. sebenarnya sudah biasa dilakukan dalam setiap melakukan komunikasi di kehidupan sehari-hari. . Sumber/ Bahan/ Alat Belajar Guru memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya. Kegiatan Inti Dalam kegiatan inti. a. Pembentukan Sikap dan Perilaku Menerima informasi. Apersepsi materi. . Oleh karena itu. dengan pemberian materi ini diharapkan siswa mampu mengetahui bagaimana cara-cara menerima informasi yang baik dan benar.Guru menjelaskan tentang bagaimana cara dalam menerima informasi. salam.

Peserta didik dapat melakukan penyampaian informasi. Diskusi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Metode Pembelajaran 1. 2005. 2. Penerbit: Erlangga. Lembar Kerja Siswa. 1. Buku Komunikasi Organisasi. Menangani penerimaan informasi. Materi Pembelajaran No. C. Tanya jawab. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung. Pertemuan 2 Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 2 x 40 menit (2 jam pelajaran) : : : ”Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi”. ”Menerima dan menyampaikan informasi”. Pemberian tugas. LCD Proyektor. b. Keterampilan Dasar Komunikasi. A. 2011. Cara menerima dan menyampaikan informasi Pembahasan Keterampilan membaca Keterampilan mendengarkan B. 3.- Modul. Karangan: Sri Endang R. Peserta didik dapat menangani penerimaan informasi. 3 . dkk. Materi 1. 2. Melakukan penyampaian informasi. Tujuan Pembelajaran a. Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Untuk SMK dan MAK. Sakti.

.Siswa mendiskusikan tentang cara-cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Kegiatan Pendahuluan Guru mengatur penataan kerapihan kelas. Apersepsi materi. Memulai pelajaran dengan menyampaikan tema materi terlebih dahulu. Guru memeriksa daftar absensi siswa. Pembentukan Sikap dan Perilaku Untuk dapat menerima dan menyampaikan informasi dalam kehidupan sehari-hari. guru dan siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut. E. hamdalah.Guru menjelaskan tentang cara menerima dan menyampaikan informasi. 2.Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan yang disampaikan guru. Guru memberi salam dan memimpin pembacaan doa. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa. c. dan Kegiatan Akhir Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan Guru memberikan kesimpulan akhir mengenai materi yang telah materi yang telah diberikan. dibahas. peserta didik harus dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi. 4 . Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1. d. 3. Guru memberikan tugas. Kegiatan Inti Dalam kegiatan inti. .D. Konsolidasi Pembelajaran . salam. .Guru mengajak siswa untuk menelaah berbagai hal mengenai cara meningkatkan keterampilan berkomunikasi. .Siswa menyampaikan pendapat dari hasil diskusi yang dilakukan. Eksplorasi .Guru menggarisbawahi tentang pentingnya meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

2011. G. Memperluas wawasan. keterampilan mendengarkan. Mengetahui nilai-nilai kehidupan. PenerbitPT Remaja Rosdakarya Bandung. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar a. Penilaian Teknik : Tes tertulis. 1. keterampilan menulis. 2. Keterampilan Dasar Komunikasi. Sebutkan manfaat dari kegiatan membaca? Apakah pengertian dari mendengarkan? b. Bentuk instrument : Uraian. 2005. Manfaat membaca antara lain: tulisan. LCD Proyektor. Buku Komunikasi Organisasi. Karangan: Sri Endang R. 5 . Soal. dan pengalaman. Modul. Mengembangkan pola pikir. F. dan keterampilan bertanya secara efektif. Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi Untuk SMK dan MAK.yang meliputi keterampilan membaca. pengetahuan. dkk. Lembar Kerja Siswa. keterampilan berbicara. Sakti. dengan pemberian materi ini diharapkan siswa mampu mengetahui bagaimana cara-cara menerima dan menyampaikan informasi yang baik dan benar. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Kunci Jawaban a. Penerbit: Erlangga. Oleh karena itu. baik nilai moral maupun Memahami lebih dalam materi yang disajikan dalam suatu spiritual.

Oktober 2011 Guru Pamong Mahasiswa PPKT Dra. Melancarkan berbicara karena menguasai susunan kalimat. Noorvara Santosa 6 . Dyah Utami Kepala SMK Al-Hidayah 1 Nurul Imron Drs.b. Mendengarkan adalah usaha untuk memperoleh pengertian dengan menggunakan indera pendengar dan kemampuan pikiran untuk mengadakan interpretasi terhadap kritik atau pesan yang diterima. Pedoman Penilaian Soal memiliki bobot nilai masing-masing 50. yaitu 100. Mengetahui. dengan pemberian jawaban yang benar dan tepat. baik secara lisan maupun tertulis. Sehingga. Jakarta. c. siswa akan memperoleh nilai maksimal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful